Saltwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > Untuk NEWBIE AQ Laut..
Total Views: 147424 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 208 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›

Hullahope - 25/09/2008 11:22 AM
#41

2. LPS Tank (Large Polip Scleractinia Tank)
Nah ini merupakan salah satu contoh reef tank.. Yaitu tank dengan kombinasi ikan, live rock, coral LPS..

Pemeliharaannya lebih mudah dibanding SPS.. Namun tetap membutuhkan peralatan yang lengkap dan insensitas pencahayaan yang cukup..

Parameter air harus dijaga dan juga kualitas air harus baik apabila ingin memelihara LPS.. Daya tahan coral2 LPS lebih baik dibandingkan dengan coral2 SPS.. D D

Spoiler for LPS Tank
Untuk NEWBIE AQ Laut..



Cheers
beer:
Hullahope - 25/09/2008 11:35 AM
#42

3. SPS Tank (Small Polip Scleractinia Tank)
SPS tank....Jika mendengar/membaca tulisan ”SPS” sudah terbayang di benak kita bagaimana persyaratan yang dibutuhkan untuk memeliharanya, baik itu pengetahuan, persiapan peralatan, maupun perawatannya setiap hari.

Sedikit saja perubahan yang terjadi (baik itu pencahayaan , kualitas air menjadi tidak stabil), koral SPS dapat mati di hari itu juga. Maka. reefer seringkali dianggap sudah mencapai ”master”nya jika sudah mampu memelihara SPS tank. Karena itu koral SPS sangat tidak dianjurkan untuk dipelihara oleh newbie baru.

Memelihara SPS tidak hanya sekedar membuat mereka bertahan hidup , tapi juga bagaimana caranya agar mereka bisa mengeluarkan warna asli mereka yang cemerlang, bagaimana arus yang tepat untuknya, dan bagaimana caranya agar mereka tumbuh dengan baik di aquarium kita. Itulah kesulitan yang sebenarnya dalam memelihara koral SPS

Spoiler for SPS Tank
Untuk NEWBIE AQ Laut..



Cheers
beer:
dusunaquarium - 26/09/2008 12:01 AM
#43

tadi clarkii clownfish gw mateee...., udah kena whitespot lebih dari sebulan, diobatin gak sembuh2 juga.pas dipisahin tanknya mati dia guys. hiks sedih bgt gw
Hullahope - 26/09/2008 12:54 PM
#44

Quote:
Original Posted By dusunaquarium
tadi clarkii clownfish gw mateee...., udah kena whitespot lebih dari sebulan, diobatin gak sembuh2 juga.pas dipisahin tanknya mati dia guys. hiks sedih bgt gw


Turut berduka yah bro norose:
BiJi_HaNgAt - 27/09/2008 08:30 AM
#45

sepengalaman gue miara ikan..
kalo mau ikan lepas dari penyakit.. mesti sedia akuarium mini.. buat dikarantina..
pake heater.. suhu mayan tinggiin ampe 35 (seinget gue.. )
gelembung udara dikencengin.. sembur pake kompa air..biar kadar oksigen tinggi.ikan ngga megap2.. rata2 seminggu gue gituin ikan baru.. semua sehat..
theSevenHeaven - 27/09/2008 01:21 PM
#46

gw udah bukan newbie om,,,,,,,
deadkennedyroll - 27/09/2008 04:59 PM
#47

Bos, bikin filter buat saltwater gimana sih?? Trus kira2 budgetnya butuh brapa yah??

Bantulah saia yang newbie ini ;)
jontobias - 03/10/2008 09:00 PM
#48

tergantung ukuran tanknya berapa. mau filter yg simpel apa rumit? kalo simpel = murah, kalo rumit pastinya lbh mahal.
yg pasti harus ada skimmer (jantungnya aquarium laut). trus orientasi tanknya mau yg gmana? piara ikan aja ato mau pake koral (SPS/LPS)?
kalo masi baru, saran saya miara ikan dan live rock dulu aja, sambil belajar...
muliavncg - 03/10/2008 10:32 PM
#49

ikutan sharing yah...hasil dari pengalaman aja sih..

pertama2 kalo mo piara ikan laut..tuh butuh kesabaran...masukkan karang ( beli yang masih basah..dalam arti tuh karang masih hidup...
jangan beli karang yang udah kering...

setelah karang disusun..isi air lautnya...( inget jangan beli apa2 dulu..termasuk jenis2 anemon)

biarkan air laut tersebut 2 mingguan tanpa ikan dan anemon sama sekali...makin lama makin bagus...

tapi filter..skimmer harus sudah terpasang yah...

(kalo mo tau tuh karang hidup apa engga...gelapin aja ruangan..ambil senter coba liat pas malem2 ada kehidupan ga? kalo ada kehidupan berarti karangnya masih bagus...

nah setelah 2 minggu isi deh dengan berbagai macam anemon...
terus diemin lagi semingguan ( lebih lama lebig bagus) tanpa ikan...

dijamin deh semuanya awet...
gak usah ganti2 aer deh
palingan sebulan sekali aja ganti 1/4...

selamat mencobaD
jontobias - 04/10/2008 02:28 AM
#50

maaf sebelumnya bro muliavncg, mau nambahin dikit dari komen anda, jgn marah ya please...

pertama2 kalo mo piara ikan laut..tuh butuh kesabaran...masukkan karang ( beli yang masih basah..dalam arti tuh karang masih hidup...
jangan beli karang yang udah kering.. karang= live rock = karang yg hidup, biasanya warnanya merah keungu2an. dan banyak kepitingnya. kalo bisa waktu sampe rumah, taro karangnya di lantai, siram beberapa kali dgn aer tawar, tinggalin bentar, ntar kepiting2 bakal kluar. baru masukin ke tank. cara ini akan bunuh banyak organisme yg ada di karang, tapi kalo menurut pengalaman saya, kepiting harus dimusnahkan.klao sudah terlanjur ada kepiting di tank, bakal susah ngambilnya. jangan lupa pasirnya untuk dasar tank, jgn pasir bali yah, pasir yg halus aja. tapi tergantung org juga sih..

setelah karang disusun..isi air lautnya...( inget jangan beli apa2 dulu..termasuk jenis2 anemon)
biarkan air laut tersebut 2 mingguan tanpa ikan dan anemon sama sekali...makin lama makin bagus... untuk memancing bakteri yg akan berguna untuk proses cycling, kasi aja udang kupas dikit di aquarium yg sudah diisi aer, kalo uda dirasa cukup, ambil lg udangnya. isi ikan kalo bisa tunggu sebulan aja, itu juga dikit2... sabar... kalo mau 2 minggu juga gpp si, nemo cukup kuat untuk dites pertama kali masuk tank nya.

ini dari pengalaman saya, mgkn beda dengan senior2 yg lain, thx...
muliavncg - 04/10/2008 08:59 AM
#51

^
iya ga papa kok..btw aku sis..iya tentu aja mesti pake pasir...cuma aku gak jelasin..pan udah pada tau...
kalo aku sih caranya gitu...demen soalnya kalo ada kepitingnya....
tapi cara diatas manjur lho..
jontobias - 04/10/2008 10:37 AM
#52

kalo aku sih caranya gitu...demen soalnya kalo ada kepitingnya....

walah, demen ama kepiting?? itu malah sering jadi masalah lho buat tank ku ama temen2 lain, emang ga parah2 amat, tapi cukup mnjengkelkan,he3.
thanks sis, btw sekarang uda ga piara ikan laut lg ya? piara apa sekarang kalo blh tau?
muliavncg - 04/10/2008 10:45 AM
#53

Quote:
Original Posted By jontobias
kalo aku sih caranya gitu...demen soalnya kalo ada kepitingnya....

walah, demen ama kepiting?? itu malah sering jadi masalah lho buat tank ku ama temen2 lain, emang ga parah2 amat, tapi cukup mnjengkelkan,he3.
thanks sis, btw sekarang uda ga piara ikan laut lg ya? piara apa sekarang kalo blh tau?


aku maen ikan laut udah lama..dulu sih getol bgt..udah piara macem..sampe kuda laut..ubur2...cuma kalo kuda laut ribet kasih makannya..mesti pake rebon idup...
iya kalo ada kepiting gitu kan lucu juga...lagian kepitingnya biasanya gak tahan lama kok..udah keburu dimakan sama gurita cincin biru.

oh kalo sekarang cuma piara tanaman sama anjing..
jontobias - 04/10/2008 10:57 AM
#54

iya seh, anak2 kos yg ce2 juga kalo liat kepiting, maunya dipiara aja, ditaro di tempat kecil ma mereka,he3. tinggal di jakarta? waduh, OOT...
muliavncg - 04/10/2008 11:31 AM
#55

tangerang
MedanShop - 08/10/2008 01:26 PM
#56

gue masih newbie banget sama Aqua Laut.
saya mau pelihara Gurita Laut, diperlukan apa aja yah ?
ukuran tank +- 40 x 30 atau lebih kecil aja.
apakah diperlukan live rock juga ?
kimighazali - 11/10/2008 12:44 AM
#57

Quote:
Original Posted By MedanShop
gue masih newbie banget sama Aqua Laut.
saya mau pelihara Gurita Laut, diperlukan apa aja yah ?
ukuran tank +- 40 x 30 atau lebih kecil aja.
apakah diperlukan live rock juga ?


kl emang mo sistem filtrasi yg bgs ya hrs pake live rock tuh bro... tank gw semuanya jg ada pake live rock tuh baek yg FO atopun yg reef...
MedanShop - 11/10/2008 12:52 PM
#58

anak medan juga ?
bisa sharing via YM
DIDI2008 - 14/10/2008 06:35 PM
#59

Memang bener bro . . . kalo menurut saya sih untuk marine ini ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan memelihara aqua ini :

- Putuskan apakah anda mau memelihara ikan saja atau terumbu saja.
Ini berhubungan dengan Budget yang anda cadangkan dan tingkat kesulitan yang
akan di hadapi.
Jika ingin memelihara ikan saja tidak perlu beli chiller dan merawatnya relatif lebih mudah dibandingkan dengan memelihara terumbu karang, dan lagi pula biaya perawatannya lebih kecil pula.
Jika ingin memelihara terumbu karang, selain biaya lebih mahal juga perawatannya harus lebih telaten.

- Untuk mencapai ekosistem yang stabil di aqua , biasanya di butuhkan waktu minimal sekitar 1 tahun, jadi selama 1 tahun itu diperlukan kerja telaten untuk menjaga kualitas aqua tersebut yang mencakup, pergantian air, filterisasi dan kebersihan aqua.
Jika aqua sudah stabil ( aqua saya berumur 4 tahun ) dan ekosistem sudah jalan bagus ga diganti airnya selama 1 tahun lebih juga ga apa - apa . . . ikan tidak mati begitu juga jamur dan tanaman lainnya ( cuma kualitas tanaman jadi kurang bagus )
Seharusnya pergantian air laut setiap 2 minggu 1 kali ( yang baik ) supaya nutrisi yang ada di laut tetap terjaga di aqua.

Demikian sharing saja lho . .
7358291 - 15/10/2008 05:29 AM
#60

bwat pemula saya saranin bikin aquanya 60x30x30 yang sumpnya disamping mau FO atau reef juga bisa dan ngga makan biaya yang terlalu mahal..
Page 3 of 208 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > Untuk NEWBIE AQ Laut..