TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Total Views: 94117 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 16 of 307 | ‹ First  < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 >  Last ›

JungleBoy77 - 24/09/2011 01:34 PM
#301

Quote:
Original Posted By yummygummy
kenapa pada ga suka pake vegetables bed yah? padahal lebih gampang cuman papan dibuat kotak di isi tanah utk top soil...trus bisa tanam apaaa ajah...


Pengen sih, sayang ga punya pekarangan \(
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
sorra1991 - 24/09/2011 01:38 PM
#302

Quote:
Original Posted By whend82


kalo teori konspirasinya begini om
> benih hibrida unggul tahan penyakit murah
> petani pada beli benih hibrida
> benih non hibrida tidak dikembangkan
> pasar dimonopoli benih hibrida
> petani lupa/merasa repot dengan metode pembibitan
> petani ketergantungan pada perusahaan
> perusahaan mengendalikan harga bibit
> kelangkaan dan penimbunan bibit di distributor

skenario yang sama terjadi dengan pertanian organik khususnya penggunaan pupuk organik di Indonesia. Dimulai dengan Revolusi Hijau tahun 80an dengan memperkenalkan pupuk anorganik yang bisa dibuat dengan murah dan cepat (BTW saya pernah berkunjung ke Pabrik Pupuk Kujang taun 2002an n tur proses pembuatan pupuk dengan bahan utama kalo gak salah gas bumi CMIIW). Tinggal ganti yang di atas bibit hibrida dengan pupuk anorganik trus bibit biasa dengan Kompos n MOL.

nah 1980-2011, entah sengaja atau tidak disengaja berhasil menurunkan kemandirian petani Indonesia dan kesuburan tanahnya.
yang untung? perusahaan multinasional yang bikin pupuk.
Sekarang benih hibrida masih murah, gak tau 20-30 tahun lagi takuts

Waspadalah army: (ala Bang Napi)

BTW mana nih japrem cendol abis ISO D D


Sharing dari sisi hilang'y petani dan sawah/ladang'y.
Awal'y petani keluar rumah shubuh dan kembali sore, disela-sela waktu itu mereka kumpul disurau atau saung membahas sawah/kebun mereka entah pembibitin ato hal lain.
Sejak investasi LN masuk investor mendirikan pabrik di dekat sawah liat kerawang dsk.
Anak2 petani mulai melirik pekerjaan yg 'dianggap elit' dibanding bertani.
Disatu sisi para orang tua mulai renta dan tdk dipungkiri sawah/kebun diwarisi ke anak.
Krn anak sudah 'nyaman' dgn kerja pabrik'y dan ga mau kotor, dijual lah lahan tsb. Pemilik baru otomatis org lain bahkan dari luar lingkungan.
Entah apa membuat mereka lupa kalau sistem kebanyakan pabrik kontrak dan yg terampil yg bertahan, sehingga bny dr anak petani ini akhir'y lengser dr pekerjaan'y.
Apa mereka dpt? Sawah/kebun sdh dijual, dapur hrs tetap ngebul, menggantungkan diri ke ortu dah ga mungkin, anak-istri butuh biaya, kerjaan tak ada.
Wal hasil mereka jd buruh musiman disawah/kebun'y sendiri.
Ini sekelumit cerita hilang'y petani di negri agraris.
Percaya ato tidak ini sudah terjadi. Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
whend82 - 24/09/2011 01:47 PM
#303

Met siang semua sun:

Quote:
Original Posted By curavee
klo cimplukan ini tan., suka tumbuh liar ditempat saya.
cuma perasaan lebih cantik liat yang difoto ama tante kiuku deh tinimbang liat aslinya D

Paparazzi profesional khusus tanaman gitu loh D

Quote:
Original Posted By curavee

wah dapat bonus ciplukan yah om..

pasti sebel ya om liat tomat berbunga kok ga mau jadi buah.. tomat dapur saya jg yg jadi buahnya cuma +-50% aja., sisanya bunganya pada rontok..capedes



wah si om double.. D



klo F2 kualitasnya dah menurun ya om?


menurun ato enggak relatif om
bisa jadi hasil dehibrida lebih disukai dari yang hibdrid


Quote:
Original Posted By carnivor4
ya maap soalnya pake hape malus


selamat pagi trit ijo kisss


Quote:
Original Posted By choppedLiver
Selamat pagi semuaaaa... mari kita cangkul2 hari ini D


Saya juga baru aja nanem2 tomat sendiri. Mudahan lebi enak hasilnya dari beli.





Beefsteak di rumah baru aja berbunga. Satu puun tanem di pot 30, ada sebagian lain yg di tanah. Ntar bisa dipake jadi perbandingan.
Mungkin karena kurang hara ya... kalo yg cabe udah sy bandingin, yg di pot buahnya jadi berkurang ukurannya setelah panen pertama walaupun udah ditambah taikam dan NPK. Entah unsur apa yg kurang.


Quote:
Original Posted By muliyaditrust
mungkin unsur mikro nya om.... memang kalo dibandingan dengan tanam di tanah sudah pasti lbh gede dari pada tanam di pot/polibag.


Quote:
Original Posted By pedangpetir
pagii om..
wah saia pagi ini gak nyangkul2 cuma nyiram2.. tar rencana mw beli metan.. sekalian sekarung aja lah..
semangaat!! army:

btw ada yang dulu dapet blt om kindral via om kisw yang ada paprika, terung dsb..? ada beefsteak nya bukan ya..? rolleyes:
*tulisan yang di plastiknya susah dibaca, mw nanya korlap nya gak enak.. malu:



pagiii juga om.. sun:
udah siram2 blon..?


Quote:
Original Posted By bayu1989
page om tante

kalo kembangkol tu bgs nya pke polybag ato pot yg ukuran brp y??


Quote:
Original Posted By kaxtus
ane ketinggalan pindahan trit vegi..\(


Quote:
Original Posted By yummygummy
kenapa pada ga suka pake vegetables bed yah? padahal lebih gampang cuman papan dibuat kotak di isi tanah utk top soil...trus bisa tanam apaaa ajah...

Raised bed ya mbak?
Harga Papan sini mahal mbak o
yang panjang 2.5 m aja 20rb an
jadi masih lebih ekonomis pake polibag
tapi saya ada rencana mau bikin si ntar kalo yang di polibag keliatan bagus malus


Quote:
Original Posted By choppedLiver
polibeg juga bisa bikin temperatur metan di akar taneman jadi tinggi, jadi merana.
Tapi bed susah untuk tanem wortel DD

bikin kotak khusus wortel yang tinggi aja om, tumpangin atas raised bed nya trus isi tanah

Quote:
Original Posted By kiookiookoo
setuju! entah karena sengaja berniat jahat atau karena tidak bisa berpikir padu dan panjang (=kebodohan/ketidaktahuan), pemerintah ga punya kebijaksanaan yang baik bagi petani kita.

begitulah mbak, sukanya mikir jangka pendek aja
sekarang lahan di Indo butuh 2-3 tahun untuk memulihkan kesuburannya
itu pun kalo petaninya mau bikin kompos

Quote:
Original Posted By kiookiookoo

saya juga kurang tau, Tante...

dulu pas ada BLT tomat dan tomatillo, ramai2 disebut kalau tomatillo itu ternyata ciplukan. nah, saya saat itu belum tau apa itu ciplukan. baru sekarang lihat krn ada pohon yang numbuh sendiri di polibek cabe.

cuma hasil browsing di wiki:
"The tomatillo is also known as the husk tomato, jamberry, husk cherry, Mexican tomato, or ground cherry, although these names can also refer to other species in the Physalis genus."

cuma kalau lihat gambar di internet, tomatillo lebih kelihatan bulet/gendut dan sepertinya lebih besar.



digoyang2 tangkai terdekat pas ada bunga yang mekar. ati2 jangan sampe patah D


Quote:
Original Posted By kiookiookoo
oyaa.. selamat pagiii semua! sun:


Quote:
Original Posted By carnivor4
pagi mbak kisss
ini baru selesai siram2 D


pagi sang penebar racun hammer:


Quote:
Original Posted By sinul
selamat pagi all...^__^

happy tanem2 ya hari ini...


Quote:
Original Posted By Hendri0482
Pagi Veglovers.. Weekend waktu yang tepat buat bertanam...

Ada yang punya alamat Om aliewied ama Om Tanakatoru?
Klo kirim BLT pake perangko biasanya yang berapa yah ? ( Yg dalem ama luar kota )

Thanx..


Dalam kota saya kasi 1500
luar kota saya kasi 2000

tapi lain kali jadi korlap mungkin yang luar pulau mau saya kasi tercatat aja

Quote:
Original Posted By tomatcherry
Apa-apa yang monopoli ujung2 past gak beres om.

yang kaya makin kaya dan yang miskin makin lapar mbak berdukas

Quote:
Original Posted By tomatcherry
Belanja digunung mana om, Organik farmnya romo Agatho ya.... katanya sih jauh lebih murah klo ada grup buy bisa di drop ke grup kordinator tiap minggu.

Maksudnya saya kan tinggal di gunung
trus ada sawah yang dikelola orang (diparokan) jadi gak perlu beli beras
halaman ditumbuhin segala macem walau berantakan hammer:
kalo mau jadi vegetarian trus makan rebusan sebenernya nyaris gak perlu belanja p
jauh banget ama anggaran konsumsi waktu saya masih kerja di Jakarta. Buat makan sendiri aja minimal alokasi dana 1 juta/bulan

Quote:
Original Posted By tomatcherry
GMO: Genetically Modified Organism. Biar tanamannya tahan terhadap penyakit tertentu di rekayasa secara genetik dengan memasukkan gen tanaman lain, yang terkenal secara luas adalah kedelai GMO dari USA. Katanya sih berbahaya bagi kesehatan.

o yang pake radiasi itu yah?
memang bisa bikin tanaman unggul, tapi ya kebanyakan steril trus gak bisa dikembangbiakkan sendiri trus kita mesti terus menerus beli

wah kedelai kita kan sebagian besar ngimpor. Kecap, tahu, tempe yang kita makan statusnya gimana? takuts

Quote:
Original Posted By tomatcherry
Itu lho mas di Buana Tani di situ bisa beli meteran, jadi klo dari bawah sebelum pasar. Tokonya lumayan gede dan ada mereknya dan disebelah kanan. Tanya aja orang sekitar pasti tau.

Pasar mana mbak?
rute angkot dari leuwipanjang dong? o

Quote:
Original Posted By tomatcherry
Tapi dehybridisasi itu asyik lho om, klo ada yang dikejar aku lagi bantuin temen buat ngedehybridisasi sunsugar x green copia tujuannya pengen tomat cherry tapi yang striped (dwi warna dan bergaris-garis). Dari satu jenis bibit dapetnya tomat macem2 ada yang daunnya biasa atau daunnya kaya kentang.

Oh om ronald toh....


masih baru belajar menanam mbak, mungkin beberapa bulan lagi nyoba kalo mulai sedikit mahir malus
whend82 - 24/09/2011 01:57 PM
#304

Quote:
Original Posted By JungleBoy77
Pengen sih, sayang ga punya pekarangan \(
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2


nah saya ngitung bikin 1x2 m aja ntar bakal butuh:
2 sisi (panjang 2 meter) x 2 lembar papan x @20.000 = 80.000
2 sisi (panjang 1 meter) x 1 lembar papan x @20.000 = 40.000
jadinya 120.000
kalo beli polibag ukuran 20x30 bisa dapet 5 Kg x @ +-100 helai

abis eksperimen SIP polibag + reservoir kolam terpal, ntar atas kolam terpalnya pengen pasang raised beds Peace:

Quote:
Original Posted By sorra1991
Sharing dari sisi hilang'y petani dan sawah/ladang'y.
Awal'y petani keluar rumah shubuh dan kembali sore, disela-sela waktu itu mereka kumpul disurau atau saung membahas sawah/kebun mereka entah pembibitin ato hal lain.
Sejak investasi LN masuk investor mendirikan pabrik di dekat sawah liat kerawang dsk.
Anak2 petani mulai melirik pekerjaan yg 'dianggap elit' dibanding bertani.
Disatu sisi para orang tua mulai renta dan tdk dipungkiri sawah/kebun diwarisi ke anak.
Krn anak sudah 'nyaman' dgn kerja pabrik'y dan ga mau kotor, dijual lah lahan tsb. Pemilik baru otomatis org lain bahkan dari luar lingkungan.
Entah apa membuat mereka lupa kalau sistem kebanyakan pabrik kontrak dan yg terampil yg bertahan, sehingga bny dr anak petani ini akhir'y lengser dr pekerjaan'y.
Apa mereka dpt? Sawah/kebun sdh dijual, dapur hrs tetap ngebul, menggantungkan diri ke ortu dah ga mungkin, anak-istri butuh biaya, kerjaan tak ada.
Wal hasil mereka jd buruh musiman disawah/kebun'y sendiri.
Ini sekelumit cerita hilang'y petani di negri agraris.
Percaya ato tidak ini sudah terjadi. Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2


wah percaya banget saya om yogo
orang saya liat sendiri tetangga saya, temen-temen sekelas saya waktu SD (saya SD di kampung o) sekarang pada begitu.
makanya sekarang pengen belajar tani yang modern (tapi terjangkau) dan dicoba dulu sendiri biar nanti bisa sharing.
Hendri0482 - 24/09/2011 03:06 PM
#305

Quote:
Original Posted By whend82


Dalam kota saya kasi 1500
luar kota saya kasi 2000

tapi lain kali jadi korlap mungkin yang luar pulau mau saya kasi tercatat aja


Pasar mana mbak?
rute angkot dari leuwipanjang dong? o





Thanx Om..

Klo ga salah Buana Tani di deket Pasar Lembang Om..
Arteroz - 24/09/2011 04:20 PM
#306

waaah saya ketinggalan topik kemaren \(
masih di bahas g' y om..?

Quote:
Original Posted By JungleBoy77
Pengen sih, sayang ga punya pekarangan \(
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2


kalau yang gini saya pakenya genteng di susun2 buat pengganti kayu om..
soalnya kalau kayu g' tahan lama..
tapi y mletot2 bikinan saya om o
sorra1991 - 24/09/2011 04:20 PM
#307

Quote:
Original Posted By whend82


nah saya ngitung bikin 1x2 m aja ntar bakal butuh:
2 sisi (panjang 2 meter) x 2 lembar papan x @20.000 = 80.000
2 sisi (panjang 1 meter) x 1 lembar papan x @20.000 = 40.000
jadinya 120.000
kalo beli polibag ukuran 20x30 bisa dapet 5 Kg x @ +-100 helai

abis eksperimen SIP polibag + reservoir kolam terpal, ntar atas kolam terpalnya pengen pasang raised beds Peace:



wah percaya banget saya om yogo
orang saya liat sendiri tetangga saya, temen-temen sekelas saya waktu SD (saya SD di kampung o) sekarang pada begitu.
makanya sekarang pengen belajar tani yang modern (tapi terjangkau) dan dicoba dulu sendiri biar nanti bisa sharing.


:thumbup
Mudah2an langkah positif om bisa di contoh. Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
aliewid - 24/09/2011 04:33 PM
#308

Quote:
Original Posted By cikadong2
saya ada kalo alamat om Aliewid...saya PM ya om \)

terima kasih ya om, ini inet lemot sangat. udah gitu dari pagi ngantri bikin e-KTP
Quote:
Original Posted By Hendri0482
Ok,,Thanx Om..

mohon maaf ya om, ane ga nongol2. maapkan saya om, :sorry
bayu1989 - 24/09/2011 04:43 PM
#309

Quote:
Original Posted By yummygummy
kenapa pada ga suka pake vegetables bed yah? padahal lebih gampang cuman papan dibuat kotak di isi tanah utk top soil...trus bisa tanam apaaa ajah...


bukannya nggak suka tante,,maklum aj tgl dperumahan yg lahannya sempit,,,
nanti kalo udh bs beli tanah kosong baru dch eksperimen lg
whend82 - 24/09/2011 04:49 PM
#310

Quote:
Original Posted By Hendri0482
Thanx Om..

Klo ga salah Buana Tani di deket Pasar Lembang Om..

wah lembang yah? jauh juga...
makasi infona om shakehand

Quote:
Original Posted By Arteroz
waaah saya ketinggalan topik kemaren \(
masih di bahas g' y om..?



kalau yang gini saya pakenya genteng di susun2 buat pengganti kayu om..
soalnya kalau kayu g' tahan lama..
tapi y mletot2 bikinan saya om o

Topik apa nih?

kalo gantinya genteng pake bata gak disemen kuat gak yah? think:


Quote:
Original Posted By sorra1991
:thumbup
Mudah2an langkah positif om bisa di contoh. Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

makasi om shakehand
dalam 3 bulan saya baru praktek bikin kompos sama nyemai hammer:
tapi alon-alon asal kelakon o

Quote:
Original Posted By aliewid
terima kasih ya om, ini inet lemot sangat. udah gitu dari pagi ngantri bikin e-KTP

mohon maaf ya om, ane ga nongol2. maapkan saya om, :sorry


wah e-KTP ntar fungsinya gimana om?
Arteroz - 24/09/2011 04:51 PM
#311

Quote:
Original Posted By whend82
wah lembang yah? jauh juga...
makasi infona om shakehand


Topik apa nih?

kalo gantinya genteng pake bata gak disemen kuat gak yah? think:



makasi om shakehand
dalam 3 bulan saya baru praktek bikin kompos sama nyemai hammer:
tapi alon-alon asal kelakon o



wah e-KTP ntar fungsinya gimana om?


topik yang F1, GMO, konspirasi, mafia biji, dkk iku om D

kalau g' ujan kuat om D
aliewid - 24/09/2011 05:10 PM
#312

Quote:
Original Posted By whend82
wah lembang yah? jauh juga...
makasi infona om shakehand


Topik apa nih?

kalo gantinya genteng pake bata gak disemen kuat gak yah? think:



makasi om shakehand
dalam 3 bulan saya baru praktek bikin kompos sama nyemai hammer:
tapi alon-alon asal kelakon o



wah e-KTP ntar fungsinya gimana om?


jadi tinggal gesek aja om, langsung keluar datanya. \)
ngasih datanya macem2 ada sidik jari, tanda tangan, poto iris mata,sama oto muka deh D
whend82 - 24/09/2011 05:14 PM
#313

Quote:
Original Posted By Arteroz
topik yang F1, GMO, konspirasi, mafia biji, dkk iku om D

kalau g' ujan kuat om D


wwkwkwk yang itu... D
itu mah teori konspirasi aja om, dan kekecewaan saya sebagai anak petani yang dibesarkan di desa petani ngeliat Patani ngan ukur Daki

cuman saya kalo kecewa ma konspirasi gak ikutan pelatihan militer ato ledakin hotel melainkan gabung di FT ;)

ikut nimbrung aja om, reply. Kalo masih ada yang mau bahas ntar juga ada lagi yang bales \)

hmm berdasarkan hitungan sekilas di otak saya si bakal lebih murah dari harga papan trus mayan tahan lama beberapa tahun si kalo pake bata
cuman ya kurang portabel aja. Kalo pake papan sepertinya lebih gampang dipindah
whend82 - 24/09/2011 05:17 PM
#314

Quote:
Original Posted By aliewid
jadi tinggal gesek aja om, langsung keluar datanya. \)
ngasih datanya macem2 ada sidik jari, tanda tangan, poto iris mata,sama oto muka deh D


walah sampe iris mata segala :matabelo
ntar polisi jakarta bisa kayak pilm2 kriminal di luar gitu dong yah, cari sidik jari pake sopwer D D
Arteroz - 24/09/2011 05:18 PM
#315

Quote:
Original Posted By whend82
wwkwkwk yang itu... D
itu mah teori konspirasi aja om, dan kekecewaan saya sebagai anak petani yang dibesarkan di desa petani ngeliat Patani ngan ukur Daki

cuman saya kalo kecewa ma konspirasi gak ikutan pelatihan militer ato ledakin hotel melainkan gabung di FT ;)

ikut nimbrung aja om, reply. Kalo masih ada yang mau bahas ntar juga ada lagi yang bales \)

hmm berdasarkan hitungan sekilas di otak saya si bakal lebih murah dari harga papan trus mayan tahan lama beberapa tahun si kalo pake bata
cuman ya kurang portabel aja. Kalo pake papan sepertinya lebih gampang dipindah


nyambung dari tengah g' asik om D
nanti saya cari2 info di kampus yang bisa di bikin hot topik di FT om D

lahan saya sempit om..
jadinya lebih enak pake itu..
la apa lahannya mau di pindah2 om..?
kalau misal mau di pindah lumayan om buat olahraga Peace:
kan g' disemen om..
aliewid - 24/09/2011 05:27 PM
#316

Quote:
Original Posted By whend82
walah sampe iris mata segala :matabelo
ntar polisi jakarta bisa kayak pilm2 kriminal di luar gitu dong yah, cari sidik jari pake sopwer D D


mungkin bisa hehehehe. tapi apa modal polis indo hammer:
whend82 - 24/09/2011 05:29 PM
#317

Quote:
Original Posted By Arteroz
nyambung dari tengah g' asik om D
nanti saya cari2 info di kampus yang bisa di bikin hot topik di FT om D

lahan saya sempit om..
jadinya lebih enak pake itu..
la apa lahannya mau di pindah2 om..?
kalau misal mau di pindah lumayan om buat olahraga Peace:
kan g' disemen om..


saya dari SIP sekarang lagi baca2 Permaculture, cuman kalo ini sepertinya butuh lahan luas.

Kalo pake papan, trus bawahannya kasi alas kan bisa dipindah ama tanah + tanamannya. Digotong rame-rame D

o iya dah liat kecambah Tomat San Marzano dari om will muncul 1 lagi
sekarang H+7 berarti 3 dari 4 udah berkecambah dengan sukses Yb

saya nyemainya pake gelas plastik bawahnya dibolongin, trus taro di baki yang dikasi air. Plus reservoir cadangan Botol Plastik 1.5 L yang dibolongin bawahnya
dalam seminggu gak disiram/dispray sedikit pun tapi mesem tetap lembab. Hidup SIP iloveindonesias
Arteroz - 24/09/2011 05:36 PM
#318

Quote:
Original Posted By whend82
saya dari SIP sekarang lagi baca2 Permaculture, cuman kalo ini sepertinya butuh lahan luas.

Kalo pake papan, trus bawahannya kasi alas kan bisa dipindah ama tanah + tanamannya. Digotong rame-rame D

o iya dah liat kecambah Tomat San Marzano dari om will muncul 1 lagi
sekarang H+7 berarti 3 dari 4 udah berkecambah dengan sukses Yb

saya nyemainya pake gelas plastik bawahnya dibolongin, trus taro di baki yang dikasi air. Plus reservoir cadangan Botol Plastik 1.5 L yang dibolongin bawahnya
dalam seminggu gak disiram/dispary sedikit pun tapi mesem tetap lembab. Hidup SIP iloveindonesias


dipindah2 kayak mindahin rumah dunk om ngakaks

SIP master :thumbup

wah kalau di FT tiap orang punya spesialisasi y om D

ooom need help di trit SIP o
whend82 - 24/09/2011 05:51 PM
#319

Quote:
Original Posted By Arteroz
dipindah2 kayak mindahin rumah dunk om ngakaks

SIP master :thumbup

wah kalau di FT tiap orang punya spesialisasi y om D

ooom need help di trit SIP o


weleh saya mah SIP nubie
yang master mah kayak om yudi, loeb, curavee dll yang pamer pic dan panen D
Arteroz - 24/09/2011 05:58 PM
#320

Quote:
Original Posted By whend82
weleh saya mah SIP nubie
yang master mah kayak om yudi, loeb, curavee dll yang pamer pic dan panen D


y neg gitu suhunya dech om D
Page 16 of 307 | ‹ First  < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2