TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Total Views: 94117 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 295 of 307 | ‹ First  < 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 >  Last ›

wabe - 14/09/2012 07:03 PM
#5881

Quote:
Original Posted By ghe-na
ga tau juga jenis nya om
cuman di toko pertanian kalo ga salah harganya 8rb/kilo, warnanya hijau...
kalo buat tomat, biasanya kalo sudah berbunga, daunnya yang bawah saya potelin om, trus tunas air saya musnahkan, jadi si tomat fokus untuk proses membesarkan buah... jangan kekurangan air juga (brandywine saya kekurangan air malah buahnya pecah) CMIIW
om Hend juga sering tanam tomat, trus tante tomatcherry juga, cuman jarang nongol beliau D



morning glory ya om?

terong jadi lalap? bingungs
terong ijo yang kecil2 ya om? leunca apa bahasa indonesianya (lupa). kalo itu sih emang sering di lalapin, tapi kalo yang terong ungu, ga pernah liat, hihihi


Quote:
Original Posted By Hendri0482
Suka banget liatnya.. thumbup:

Dibening pake jagung manis.. genit:



Hadir.. :request

Thanks Om,, itu dia bunga yg ada di avatar saya ( Japanesse Morning Glory ) malu



Ga ngerti juga,, tomat yg masih ijo juga kadang khan suka dipake buat nyambel.. bingungs



mungkin racunnya cuma berpengaruh terhadap orang bule & serangga
orang indonesia, terutama urang sunda & yg demen lalap kaga pengaruh bingungs
jamesdude001 - 14/09/2012 08:19 PM
#5882

Quote:
Original Posted By ghe-na
Share dikit tentang kandungan racun dalam beberapa tanaman
Sumber ada di bawah

1. Apel
Spoiler for Apel
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Ternyata buah ini berbahaya, tapi untungnya hanya bagian biji saja. Para Ilmuwan berhasil menemukan bahwa biji apel tadi mengandung cyanogenic glycoside, atau sianida.Memang belum pasti berapa banyak biji yang harus Anda telan untuk dapat mematikan, tapi setidaknya, begitu makan apel dan Anda merasakan sakit perut, atau muntah-muntah, keringat berlebihan, segera ke dokter dan minta pertolongan atas keracunan sianida, sianida sudah terkenal mematikan!

2. Bayam
Spoiler for Bayam
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium sehingga kalsium tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan membentuk kristal yang dapat mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Kandungan asam oksalat yang tinggi pada bayam bisa berbahaya pada seseorang sebab hanya dengan 4-5 gram asam oksalat dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa.

Gejalanya : gangguan pencernaan ( kram perut dan muntah – muntah ) yang dengan cepat diikuti gangguan peredaran darah, pecahnya pembuluh darah, dan kematian pada kasus berat.
Tips : masak hingga mendidih kemudian buang airnya untuk mengurangi kandungan asam oksalat selain itu jangan mengkonsumsi bayam secara berlebihan.

3. Jengkol
Spoiler for jengkol
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung asam jengkolat, keracunan terjadi jika kita mengkonsumsi jengkol dalam keadaan mentah juga tergantung pada kerentanan seseorang terhadap asam jengkolat.

Gejalanya : gejala pada umumnya timbul dalam waktu 5 – 12 jam setelah makan jengkol dimana terjadi mual, nyeri perut, muntah, dan susah buang air kecil karena tersumbatnya saluran kencing.

Tips : racun jengkol dapat dikurangi dengan perebusan n perendaman dengan air selain itu buang mata pada biji jengkol karena kandungan racun terbesar ada pada bagian ini

4. Kacang Merah
Spoiler for kacang merah
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung fitohemaglutinin yang dapat membuat sel darah merah n darah putih menggumpal jika dikonsumsi secara mentah atau kurang matang.

Gejalanya : mual muntah dan nyeri perut yang diikuti oleh diare. Biasanya gejala keracunan ini akan sembuh setelah tanpa obat setelah 4 – 5 hari.

Tips : pastikan memasak kacang merah hinga benar matang,lebih baik rendam kacang merah dalam air bersih selama minimal 5 jam. Buang air rendamannya lalu rebus dalam air bersih sampai mendidih selama 10 menit kemudian diamkan selama 45 – 60 menit sampai teksturnya lembut.

5. Kacang Tanah
Spoiler for Kacang tanah
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

mengandung aflatoksin yang diproduksi oleh kapang aspergillus flavus dimana banyak terdapat pada kacang dan produk olahannya.

Gejala : mual dan muntah sedangkan efek jangka panjangnya akan menimbulkan kanker hati.

Tips : jangan pilih kacang tanah yang berwarna hitam kehijauan, rasanya pahit, berlubang, keriput, sebagian kulit arinya terkelupas dan berkadar air tinggi. Pemasakan biasa g akan mematikan racundalam kacang tanah sebab aflatoksin baru akan rusak pada suhu 250 C jadi caranya ialah dengan menjemur dahulu kacang tanah yang sudah di kupas selama 6 jam untuk melemahkan 50% racun. Simpan produk olahan kacang dalam kulkas untuk menghambat pertumbuhan kapang tersebut

6. Kentang
Spoiler for Kentang
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung solanin dan chaconine dari golongan gikoalkoloid dimana banyak pada kentang yang bernoda hijau pada umbinya, bertunas, dan secara fisik telah rusa atau membusuk

Gejala : gejala keracunan biasanya muncul 8 – 12 jam setelah menyantap kentang yang bernoda hijau, berupa rasa terbakar di mulut, sakit perut, mual, muntah, diare, sulit bernafas, gangguan detak jantung dan sakit kepala.

Tips : hindari memilih kentang yang bernoda hijau, rasanya pahit, banyak matanya dan bertunas. Jika terlanjur membeli kentang bernoda hijau, buang noda hijau, lalu rendam kentang dalam larutan air yang telah dicampur garam sebelum diolah ataupun dengan cara menyimpan kentang di tempat yang sejuk, kering dan gelap. Hindari menyimpan kentang di tempat yang terpapar sinar matahari atau cahaya sebab dapat menyebabkan terbentuknya solanin.

7. Seledri
Spoiler for seledri
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung psoralen dari golongan kumarin dimana jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan sensitivitas pada kulit jika terkena sinar matahari.

Gejala : kulit menjadi kering dan mudah terbakar oleh sinar matahari dimana efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker kulit.

Tips : hindari terlalu banyak mengkonsumsi seledri mentah. Akan lebih aman jika seledri dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sebab psoralen dapat terurai melalui proses pemasakan sehingga menimbulkan keracunan.

8. Singkong
Spoiler for singkong
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung linamarin dan lotaustralin dimana racun ini akan bereaksi dengan enxim dalam tubuh kemudian berubah menjadi hidrogen sianida yang sangat beracun. Racun ini banyak terdapat pada singkong yang mentah atau dimasak kurang sempurna dimana singkong yang pahit lebih banyak racunnya daripada yang manis.

Gejala : timbul beberapa jam setelah makan singkong berupa kesulitan bernafas, mual, muntah, diare, pusing, lemah, kejang, detak jantung g teratur, dan pada kasus berat dapat menyebabkan kematian karena sulit bernafas.

Tips : umbi singkong yang beracun ditandai dengan rasa pahit dan bau langu. Merebus dan merendam air dalam air mengalir dapat mengurangi kadar racun HCN sebab HCN dapat larut didalam air. Selain itu khusus untuk singkong pahit, cuci singkong untuk menghilangkan tanah yang menempel, kupas kulitnya, potong – potong singkong lalu rendam dalam air hangat yang bersih selama beberapa hari. Buang rendaman air cucian sebelum dimasak.

9. Tomat
Spoiler for Tomat
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung atropin dan solanin dari golongan gikoalkoloid dimana banyak terdapat pada tomat muda yang belum matang, rasanya pahit, dan berwarna hijau muda. Racun ini biasanya akan hilang setelah tomat matang dan siap dikonsumsi.

Gejala : perdarahan akut di saluran cerna, letih, sulit bernafas, menggigil, sakit kepala, kelumpuhan bahkan kematian pada kasus yang berat.

Tips : sebaiknya konsumsi tomat setelah matang dimana kandungan solanin akan berubah menjadi solanidin yang efeknya tidak merugikan, namun pada orang yang alergi dapat menyebabkan penyakit atritis

10. Ceri
Spoiler for ceri
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Buah yang satu ini sering kita jumpai utk berbagai hiasan kue ataupun dikonsumsi langsung. Terkadang ketika memakan buah ceri secara tdk sengaja akan menelan atau mengunyah biji ceri tersebut, padahal pada daun dan bibit/biji ceri terdapat zat yang mengandung racun yaitu asam Prussic (Sianida Hidrogen). Dimana bila dikonsumsi dengan dosis sedikit akan menimbulkan pusing, mual bahkan tidak sadarkan diri. Kalau dengan dosis banyak maka yang terjadi adalah sesak nafas, tekanan darah naik bahkan gagal ginjal yang bisa mengakibatkan koma&kematian karena saluran pernafasan. Bila ingin memakan buah ceri pilihlah yang matang dengan warna merah yang segar&jangan lupa utk tidak menelan atau mengunyah biji buah ceri.

Sumber


wah kalo om sich hajar aja dan bismillah aja makannya....karena menurut om sikap paranoid sama makanan itu gak baik...terlebih sayuran yang umum di konsumsi...menurut om lebih jahat pikiran dan jiwa yang parno bikin stress...yang jahat bukan racunnya,tp paranoidnya tante...
Penjelajah2012 - 14/09/2012 10:24 PM
#5883

Quote:
Original Posted By ghe-na
lah, saya sering bikin nyampel cabe muda + tomat muda + teri + jengki (uppss) bingungs

kalo pest organik, manjur ga om? saya blom pernah nyoba, dulu pake bawang putih aja D


:matabelo

Saya sempet coba daun tomat,, susu,, sama air sabun campur minyak goreng,, pada gagal soalnya ga continiu nyemprotnya.. o

Quote:
Original Posted By ghe-na
Share dikit tentang kandungan racun dalam beberapa tanaman
Sumber ada di bawah

1. Apel
Spoiler for Apel
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Ternyata buah ini berbahaya, tapi untungnya hanya bagian biji saja. Para Ilmuwan berhasil menemukan bahwa biji apel tadi mengandung cyanogenic glycoside, atau sianida.Memang belum pasti berapa banyak biji yang harus Anda telan untuk dapat mematikan, tapi setidaknya, begitu makan apel dan Anda merasakan sakit perut, atau muntah-muntah, keringat berlebihan, segera ke dokter dan minta pertolongan atas keracunan sianida, sianida sudah terkenal mematikan!

2. Bayam
Spoiler for Bayam
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium sehingga kalsium tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan membentuk kristal yang dapat mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Kandungan asam oksalat yang tinggi pada bayam bisa berbahaya pada seseorang sebab hanya dengan 4-5 gram asam oksalat dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa.

Gejalanya : gangguan pencernaan ( kram perut dan muntah – muntah ) yang dengan cepat diikuti gangguan peredaran darah, pecahnya pembuluh darah, dan kematian pada kasus berat.
Tips : masak hingga mendidih kemudian buang airnya untuk mengurangi kandungan asam oksalat selain itu jangan mengkonsumsi bayam secara berlebihan.

3. Jengkol
Spoiler for jengkol
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung asam jengkolat, keracunan terjadi jika kita mengkonsumsi jengkol dalam keadaan mentah juga tergantung pada kerentanan seseorang terhadap asam jengkolat.

Gejalanya : gejala pada umumnya timbul dalam waktu 5 – 12 jam setelah makan jengkol dimana terjadi mual, nyeri perut, muntah, dan susah buang air kecil karena tersumbatnya saluran kencing.

Tips : racun jengkol dapat dikurangi dengan perebusan n perendaman dengan air selain itu buang mata pada biji jengkol karena kandungan racun terbesar ada pada bagian ini

4. Kacang Merah
Spoiler for kacang merah
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung fitohemaglutinin yang dapat membuat sel darah merah n darah putih menggumpal jika dikonsumsi secara mentah atau kurang matang.

Gejalanya : mual muntah dan nyeri perut yang diikuti oleh diare. Biasanya gejala keracunan ini akan sembuh setelah tanpa obat setelah 4 – 5 hari.

Tips : pastikan memasak kacang merah hinga benar matang,lebih baik rendam kacang merah dalam air bersih selama minimal 5 jam. Buang air rendamannya lalu rebus dalam air bersih sampai mendidih selama 10 menit kemudian diamkan selama 45 – 60 menit sampai teksturnya lembut.

5. Kacang Tanah
Spoiler for Kacang tanah
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

mengandung aflatoksin yang diproduksi oleh kapang aspergillus flavus dimana banyak terdapat pada kacang dan produk olahannya.

Gejala : mual dan muntah sedangkan efek jangka panjangnya akan menimbulkan kanker hati.

Tips : jangan pilih kacang tanah yang berwarna hitam kehijauan, rasanya pahit, berlubang, keriput, sebagian kulit arinya terkelupas dan berkadar air tinggi. Pemasakan biasa g akan mematikan racundalam kacang tanah sebab aflatoksin baru akan rusak pada suhu 250 C jadi caranya ialah dengan menjemur dahulu kacang tanah yang sudah di kupas selama 6 jam untuk melemahkan 50% racun. Simpan produk olahan kacang dalam kulkas untuk menghambat pertumbuhan kapang tersebut

6. Kentang
Spoiler for Kentang
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung solanin dan chaconine dari golongan gikoalkoloid dimana banyak pada kentang yang bernoda hijau pada umbinya, bertunas, dan secara fisik telah rusa atau membusuk

Gejala : gejala keracunan biasanya muncul 8 – 12 jam setelah menyantap kentang yang bernoda hijau, berupa rasa terbakar di mulut, sakit perut, mual, muntah, diare, sulit bernafas, gangguan detak jantung dan sakit kepala.

Tips : hindari memilih kentang yang bernoda hijau, rasanya pahit, banyak matanya dan bertunas. Jika terlanjur membeli kentang bernoda hijau, buang noda hijau, lalu rendam kentang dalam larutan air yang telah dicampur garam sebelum diolah ataupun dengan cara menyimpan kentang di tempat yang sejuk, kering dan gelap. Hindari menyimpan kentang di tempat yang terpapar sinar matahari atau cahaya sebab dapat menyebabkan terbentuknya solanin.

7. Seledri
Spoiler for seledri
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung psoralen dari golongan kumarin dimana jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan sensitivitas pada kulit jika terkena sinar matahari.

Gejala : kulit menjadi kering dan mudah terbakar oleh sinar matahari dimana efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker kulit.

Tips : hindari terlalu banyak mengkonsumsi seledri mentah. Akan lebih aman jika seledri dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sebab psoralen dapat terurai melalui proses pemasakan sehingga menimbulkan keracunan.

8. Singkong
Spoiler for singkong
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung linamarin dan lotaustralin dimana racun ini akan bereaksi dengan enxim dalam tubuh kemudian berubah menjadi hidrogen sianida yang sangat beracun. Racun ini banyak terdapat pada singkong yang mentah atau dimasak kurang sempurna dimana singkong yang pahit lebih banyak racunnya daripada yang manis.

Gejala : timbul beberapa jam setelah makan singkong berupa kesulitan bernafas, mual, muntah, diare, pusing, lemah, kejang, detak jantung g teratur, dan pada kasus berat dapat menyebabkan kematian karena sulit bernafas.

Tips : umbi singkong yang beracun ditandai dengan rasa pahit dan bau langu. Merebus dan merendam air dalam air mengalir dapat mengurangi kadar racun HCN sebab HCN dapat larut didalam air. Selain itu khusus untuk singkong pahit, cuci singkong untuk menghilangkan tanah yang menempel, kupas kulitnya, potong – potong singkong lalu rendam dalam air hangat yang bersih selama beberapa hari. Buang rendaman air cucian sebelum dimasak.

9. Tomat
Spoiler for Tomat
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Mengandung atropin dan solanin dari golongan gikoalkoloid dimana banyak terdapat pada tomat muda yang belum matang, rasanya pahit, dan berwarna hijau muda. Racun ini biasanya akan hilang setelah tomat matang dan siap dikonsumsi.

Gejala : perdarahan akut di saluran cerna, letih, sulit bernafas, menggigil, sakit kepala, kelumpuhan bahkan kematian pada kasus yang berat.

Tips : sebaiknya konsumsi tomat setelah matang dimana kandungan solanin akan berubah menjadi solanidin yang efeknya tidak merugikan, namun pada orang yang alergi dapat menyebabkan penyakit atritis

10. Ceri
Spoiler for ceri
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

Buah yang satu ini sering kita jumpai utk berbagai hiasan kue ataupun dikonsumsi langsung. Terkadang ketika memakan buah ceri secara tdk sengaja akan menelan atau mengunyah biji ceri tersebut, padahal pada daun dan bibit/biji ceri terdapat zat yang mengandung racun yaitu asam Prussic (Sianida Hidrogen). Dimana bila dikonsumsi dengan dosis sedikit akan menimbulkan pusing, mual bahkan tidak sadarkan diri. Kalau dengan dosis banyak maka yang terjadi adalah sesak nafas, tekanan darah naik bahkan gagal ginjal yang bisa mengakibatkan koma&kematian karena saluran pernafasan. Bila ingin memakan buah ceri pilihlah yang matang dengan warna merah yang segar&jangan lupa utk tidak menelan atau mengunyah biji buah ceri.

Sumber


Nice inpo ini.. :thumbup

Quote:
Original Posted By wabe
mungkin racunnya cuma berpengaruh terhadap orang bule & serangga
orang indonesia, terutama urang sunda & yg demen lalap kaga pengaruh bingungs


Bisa jadi.. bingung:
Penjelajah2012 - 14/09/2012 10:50 PM
#5884

Ada yg mateng lagi tomatnya.. \)

Spoiler for
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
achiepanita - 15/09/2012 01:15 AM
#5885

ada yang kecil2 udah ijoooo
Spoiler for kebanyakan tebar benih
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
jamesdude001 - 15/09/2012 07:39 AM
#5886

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Ada yg mateng lagi tomatnya.. \)

Spoiler for
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

tomat apaan nie om?
jamesdude001 - 15/09/2012 07:41 AM
#5887

Quote:
Original Posted By achiepanita
ada yang kecil2 udah ijoooo
Spoiler for kebanyakan tebar benih
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

ini pohon apa tante?tanem di pot aja sistem keroyokan nanemnya tan,hemat tempat
ghe-na - 15/09/2012 09:50 AM
#5888

Quote:
Original Posted By wabe
mungkin racunnya cuma berpengaruh terhadap orang bule & serangga
orang indonesia, terutama urang sunda & yg demen lalap kaga pengaruh bingungs

keknya sih iya om, "ytc" saya orang sunda, apaaa aja jadi lalapan ngakaks
Quote:
Original Posted By jamesdude001
wah kalo om sich hajar aja dan bismillah aja makannya....karena menurut om sikap paranoid sama makanan itu gak baik...terlebih sayuran yang umum di konsumsi...menurut om lebih jahat pikiran dan jiwa yang parno bikin stress...yang jahat bukan racunnya,tp paranoidnya tante...

bener juga sih om, ntar lama2, ini takut, itu takut, ujung2nya ga makan o
Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
:matabelo

Saya sempet coba daun tomat,, susu,, sama air sabun campur minyak goreng,, pada gagal soalnya ga continiu nyemprotnya.. o



Nice inpo ini.. :thumbup



Bisa jadi.. bingung:

sama om, kalo pest organik keknya ga bisa diharapkan 1 kali pake langsung maknyuss D

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Ada yg mateng lagi tomatnya.. \)

Spoiler for
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

segerrr... kok saya nanam tomat, 1 kali periode aja ya om... abis matang semuanya ga ada bunga nya lagi alias tiwas capedes

Quote:
Original Posted By achiepanita
ada yang kecil2 udah ijoooo
Spoiler for kebanyakan tebar benih
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2

time to repotting, tante D
Penjelajah2012 - 15/09/2012 09:52 AM
#5889

Quote:
Original Posted By achiepanita
ada yang kecil2 udah ijoooo
Spoiler for kebanyakan tebar benih
Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2


Sakompi.. D

Quote:
Original Posted By jamesdude001
tomat apaan nie om?


Masih Mortgage Lifter yg kemaren Om.. \)

Quote:
Original Posted By ghe-na
keknya sih iya om, "ytc" saya orang sunda, apaaa aja jadi lalapan ngakaks

bener juga sih om, ntar lama2, ini takut, itu takut, ujung2nya ga makan o

sama om, kalo pest organik keknya ga bisa diharapkan 1 kali pake langsung maknyuss D

segerrr... kok saya nanam tomat, 1 kali periode aja ya om... abis matang semuanya ga ada bunga nya lagi alias tiwas capedes

time to repotting, tante D


Iya,, harus telaten.. \)
Saya mah kurang telaten, jadi gagal.. D

---

Keabisan energi kayanya yah.. think:
ghe-na - 15/09/2012 09:56 AM
#5890

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Sakompi.. D



Masih Mortgage Lifter yg kemaren Om.. \)



Iya,, harus telaten.. \)
Saya mah kurang telaten, jadi gagal.. D

---

Keabisan energi kayanya yah.. think:

sepertinya sih begitu om... tapi ini kasus cuman buat tomat2 unik...
kalo tomat kampung mah, ga diapa2in juga buahnya rame, tahan lama pula hammer
Penjelajah2012 - 15/09/2012 09:59 AM
#5891

Ada yg udah pernah coba tanem Pakcoy dalam water cup kecil.. think:
Kira2 bisa sampe panen ga yah.. think:

Banyak water cup nganggur nih.. D

Kira2 mau dicoba kaya gini :

Spoiler for

Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Water Cup sedikit lebih besar dari akua gelas+busa filter akuarium


Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Ditumpuk,, Cup yg bawah ga dikasih lubang buat bekel air..


Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Siap ditanami,, korban percobaanya PakCoy dari Om Jim.. Yb

Penjelajah2012 - 15/09/2012 10:01 AM
#5892

Quote:
Original Posted By ghe-na
sepertinya sih begitu om... tapi ini kasus cuman buat tomat2 unik...
kalo tomat kampung mah, ga diapa2in juga buahnya rame, tahan lama pula hammer


Iya yah,, apalagi Tomat Cherry,, kuat bener.. ngakaks
ghe-na - 15/09/2012 10:11 AM
#5893

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Ada yg udah pernah coba tanem Pakcoy dalam water cup kecil.. think:
Kira2 bisa sampe panen ga yah.. think:

Banyak water cup nganggur nih.. D

Kira2 mau dicoba kaya gini :

Spoiler for

Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Water Cup sedikit lebih besar dari akua gelas+busa filter akuarium


Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Ditumpuk,, Cup yg bawah ga dikasih lubang buat bekel air..


Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Siap ditanami,, korban percobaanya PakCoy dari Om Jim.. Yb



bisa kok om, apalagi kalo hydroponik, saya malah lebih kecil dari itu cup nya D
tapi kalo pake tanah, dulu saya pake polibeg buat pembibitan, sawinya jadi kuntet, plus tanahnya padat gegara akarnya banyak banget, tapi ga pake stock air kek om hend sih....
coba aja om, ntar post hasilnya :thumbup

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Iya yah,, apalagi Tomat Cherry,, kuat bener.. ngakaks


ho oh o
Penjelajah2012 - 15/09/2012 10:15 AM
#5894

Quote:
Original Posted By ghe-na
bisa kok om, apalagi kalo hydroponik, saya malah lebih kecil dari itu cup nya D
tapi kalo pake tanah, dulu saya pake polibeg buat pembibitan, sawinya jadi kuntet, plus tanahnya padat gegara akarnya banyak banget

ho oh o


Saya mau pake old-style lagi nih Tante.. malu


Jadi keras yah.. think:
Kalo gitu mau cobain yg satu gelas lagi pake perlite-vermiculite+guano dikit buat perbandingan ( Thanks Om B2S ) \)
ghe-na - 15/09/2012 10:21 AM
#5895

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Saya mau pake old-style lagi nih Tante.. malu


Jadi keras yah.. think:
Kalo gitu mau cobain yg satu gelas lagi pake perlite-vermiculite+guano dikit buat perbandingan ( Thanks Om B2S ) \)


jadiin bahan percobaan dulu, hihihiih D
Hendri0482 - 15/09/2012 10:26 AM
#5896

Quote:
Original Posted By ghe-na
jadiin bahan percobaan dulu, hihihiih D


Iya.. ngakaks

===

Sabtu,, 15/09/12,, peletakan biji pertama. cool: D o hammer:
Back2School - 15/09/2012 10:31 AM
#5897

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Saya mau pake old-style lagi nih Tante.. malu


Jadi keras yah.. think:
Kalo gitu mau cobain yg satu gelas lagi pake perlite-vermiculite+guano dikit buat perbandingan ( Thanks Om B2S ) \)


sy kena summon nih
selamat berkebun om.hend D
Penjelajah2012 - 15/09/2012 12:41 PM
#5898

Quote:
Original Posted By Back2School
sy kena summon nih
selamat berkebun om.hend D


Thanks Om.. D

Wismilak.. Yb
jamesdude001 - 15/09/2012 04:09 PM
#5899

Quote:
Original Posted By Penjelajah2012
Ada yg udah pernah coba tanem Pakcoy dalam water cup kecil.. think:
Kira2 bisa sampe panen ga yah.. think:

Banyak water cup nganggur nih.. D

Kira2 mau dicoba kaya gini :

Spoiler for

Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Water Cup sedikit lebih besar dari akua gelas+busa filter akuarium


Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Ditumpuk,, Cup yg bawah ga dikasih lubang buat bekel air..


Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2
Siap ditanami,, korban percobaanya PakCoy dari Om Jim.. Yb


pernah om...bs tumbuh subur kok di water cup kalo pake water cup brarti cm bs di tanamin 1 seed aja ya om...mainnya sportif gak bs keroyokan
ngakaks ...trus buat jadi satu porsi masakan brarti minimal harus 7-10 water cup ya om, kl untuk pakchoy jangan panen terlalu tua om gak enak "keras & gak cruncy om....
Hendri0482 - 15/09/2012 04:51 PM
#5900

Quote:
Original Posted By jamesdude001
pernah om...bs tumbuh subur kok di water cup kalo pake water cup brarti cm bs di tanamin 1 seed aja ya om...mainnya sportif gak bs keroyokan
ngakaks ...trus buat jadi satu porsi masakan brarti minimal harus 7-10 water cup ya om, kl untuk pakchoy jangan panen terlalu tua om gak enak "keras & gak cruncy om....


Udah Om Jim,, saya nanem di 7 cup,, masing2 1 seed,, ditanam indoor.. \)

Nanti saya apdet kalo sukses nanemya.. ngakaks
Page 295 of 307 | ‹ First  < 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Vegetable Lovers - Official Thread - Part 2