BUSINESS BOARD
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
Total Views: 122321 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 14 of 202 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 >  Last ›

kakashsensei - 20/11/2008 10:16 AM
#261

Quote:
Original Posted By bangke_kodok
mau nanya juga dong...

critanya gw bikin perusahaan dan dah dapet NPWP, dan perusahaan pun dah terdaftar PKP..
nah...beberapa bulan perusahaan gw itu vakum, hampir 6 bulanan, dan pada bulan ke tujuh datang surat teguran dari kantor pajak klo ga ngelaporin pajak..
kena denda 500rb per masa tagihan utk ppn and 100rb/masa tagihan untuk pph klo ga salah...

nah...gw kan bingung..hampir kena 4juta kirang buat bayar apa yang gak gw transaksiin...gw sadar klo gw salah ga ngelaporin..tapi di bulan2 awal ga ada form SPT atau surat2 apaun ke alamat kantor...

gmn baiknya penyelesaiannya?? ada rekomendasi??
makasi sebelumnya..


knapa ga lapor? apakah karena anda mengira akan dikirimi blanko spt masa oleh kpp utk anda isi lalu dilapor? AR anda ga pernah memberitahu bgmn melapor spt?

saia lbh cenderung rekomendasinya @NinjaUsil. anda bisa katakan ke AR nya kolo anda mengira akan dikirimi oleh kpp blanko spt masa utk diisi dan dilapor, jd msh menunggu kiriman. sepertinya ini ckp beralasan (yg penting anda memang ga tau dan mengira demikian). kolo ga bs jg, cb lgs ke sie penagihan krn mrk yg keluarin surat teguran, stp, skp, dll mgkn bs "nego" (maap,,bkn mo ngajarin sesat ya...Yb).

kolo pake saran @koncorono agak ekstrim (maaf gan...:Peace\) dan pastinya keluar duit lbh byk. krn keknya peradilan pjk ga = ptun ato ptn, ga pake jaksa. keknya yg ada cuma hakim, fiskus, wp dan konsultannya. konsultan ini biasanya bersertifikasi nasional min brevet b (keluar biaya brp utk ini?). bs aja wp sendiri tp hrs punya sertifikasi nasioanl brevet (punya ga?). kolo pun msk peradilan pjk, sdh bs dipastikan anda yg kalah dan hrs byr semua denda (dan byr by konsultan, kolo pake...).
kolo mau "maen mata" sm hakim pasti sulit krn ada fiskus. kolo mau "maen mata" sm fiskus ya dr skr aja...D (sekali lg maap, bkn mo ngajarin sesat...Yb)
kakashsensei - 20/11/2008 10:28 AM
#262

Quote:
Original Posted By Bilubinu
Kalo misalnya bikin surat pernyataan yang menyatakan kalo mobil tsb digunakan sebagai mobil dinas perusahaan gitu bisa gak ya? Jadi gak perlu keluar biaya buat balik nama hammer:

saran saia kolo mau gampang, ya udah masukin aja biaya kirim ke dlm (hpp) brg. dan ga usah menyatakan mobil pick up tsb yg dipake ngangkut brg, anggap aja ngangkut brgnya pake angkutan umum (tp bkn disewa/dicarter khusus utk ngangkut brg tsb). lbh aman dan ga repot kan? ga keluar biaya lg (balik nama, dsb)...army:

tp mobil jd ga bs dibiayakan/disusutkan ya amazed: gpp kan? yg penting kan biaya angkutnya bs jd biaya fiskal...D
kakashsensei - 20/11/2008 10:30 AM
#263

kts:cd:
koncorono - 20/11/2008 01:48 PM
#264

Quote:
Original Posted By kakashsensei


kolo pake saran @koncorono agak ekstrim (maaf gan...:Peace\) dan pastinya keluar duit lbh byk. krn keknya peradilan pjk ga = ptun ato ptn, ga pake jaksa. keknya yg ada cuma hakim, fiskus, wp dan konsultannya. konsultan ini biasanya bersertifikasi nasional min brevet b (keluar biaya brp utk ini?). bs aja wp sendiri tp hrs punya sertifikasi nasioanl brevet (punya ga?). kolo pun msk peradilan pjk, sdh bs dipastikan anda yg kalah dan hrs byr semua denda (dan byr by konsultan, kolo pake...).
kolo mau "maen mata" sm hakim pasti sulit krn ada fiskus. kolo mau "maen mata" sm fiskus ya dr skr aja...D (sekali lg maap, bkn mo ngajarin sesat...Yb)


itu prosedur menurut UU
tapi peraturan ga sesuai kenyataan bos D

btw masuk peradilan pajak pasti kalah ? D udah pernah blm ? D
blm pernah denger fiskus kalah di pengadilan pajak ya ....

dimana2 fiskus itu berjalan atas nama UU dimana keadaan dianggap absolut yang penerapannya aja kadang masi ambigu n terkesan memaksa WP untuk mengakui analisa dari fiskus

sedangkan WP berjalan diatas realita...( keadaan tidak memanipulasi data )

Pengadilan Pajak kan final keputusan dari SKP intinya cari jalan tengah.....
masa WP udah taat sadar NPWP yang dikarenakan kelalaiannya harus bayar ? sedangkan tidak melihat kondisi WP yang masi baru ?
dicoba deh....Pengadilan Pajak ga seserem itu koq D

cara ekstrem yang dihindari oleh fiskus D

@kakahsensei
selamet nih batanya udah jadi cendol beer:
budis535 - 20/11/2008 02:22 PM
#265

Bros
gw mo tny ya mengenai sunset ini.
gw blom pny npwp dan gw karyawan dimana tiap bulan gaji gw uda dipotong oleh bozz...

klo gw minta npwp sebelum sunset berakhir......
apakah pengahsilan tahun2 lalu hrs dilaporkan? jika iya....berapa lama ke belakang ya?

Thx ya bros
kakashsensei - 20/11/2008 02:56 PM
#266

Quote:
Original Posted By koncorono
itu prosedur menurut UU
tapi peraturan ga sesuai kenyataan bos D

btw masuk peradilan pajak pasti kalah ? D udah pernah blm ? D
blm pernah denger fiskus kalah di pengadilan pajak ya ....

dimana2 fiskus itu berjalan atas nama UU dimana keadaan dianggap absolut yang penerapannya aja kadang masi ambigu n terkesan memaksa WP untuk mengakui analisa dari fiskus

sedangkan WP berjalan diatas realita...( keadaan tidak memanipulasi data )

Pengadilan Pajak kan final keputusan dari SKP intinya cari jalan tengah.....
masa WP udah taat sadar NPWP yang dikarenakan kelalaiannya harus bayar ? sedangkan tidak melihat kondisi WP yang masi baru ?
dicoba deh....Pengadilan Pajak ga seserem itu koq D

cara ekstrem yang dihindari oleh fiskus D

@kakahsensei
selamet nih batanya udah jadi cendol beer:


apakah peradilan pjk pakai/merujuk uu atau kenyataan?

saia ga blg msk peradilan pjk pasti kalah, tp kolo lihat kasusnya kyk @bangke_kodok itu bakal menang atao kalah? saia seh blm pernah ngalemin peradilan pjk...
kolo fiskus kalah diperadilan pjk udah sering denger (dr tmn2 di konsultan)...tp bkn utk kasus seperti ini yg sudah jelas dmn letak kesalahannya...
tp ga tau jg deh kolo emg peradilan pjk bs mempertimbangkan alasan wp msh baru...Yb
kolo alasan tsb bs disetujui, bakalan boleh dunk ga kena denda karena alasan wp baru, betul gak? artinya utk thn dpn byk yg bebas denda! wah, asik dunkz...D

kolo fiskus memaksa wp mengakui analisanya yg bener, wp tinggal tunjukkan datanya lah yg valid (tinggal bisa tunjukin ato ngga; valid ato "valid"). kolo cuma "valid" ya terpaksa setuju analisa fiskus!
jd ternyata peranan ada di wp mao bener ato "bener"!\)b

cara ekstrem ok, asal ga jd byk kluar duit, ya ga?\)b
kakashsensei - 20/11/2008 03:01 PM
#267

Quote:
Original Posted By budis535
Bros
gw mo tny ya mengenai sunset ini.
gw blom pny npwp dan gw karyawan dimana tiap bulan gaji gw uda dipotong oleh bozz...

klo gw minta npwp sebelum sunset berakhir......
apakah pengahsilan tahun2 lalu hrs dilaporkan? jika iya....berapa lama ke belakang ya?

Thx ya bros

cb liat2 page 1-5 deh, udah byk dibahas...Yb
budionok - 20/11/2008 05:38 PM
#268

please advice :

1. Apakah perhitungan NORMA tiap tahun berubah...atau tiap tahun sama 20% ??
2. Usaha saya UMK export rotan, gimana cara hitung pajaknya..? Ada yang bilang pakai norma 20%..?? Norma 20% di hitung dari mana...??
abahtr1972 - 20/11/2008 07:12 PM
#269

Quote:
Original Posted By Bilubinu
Bro, gw mo tanya nih. Gw kan punya toko, kalo ada pesenan pelanggan ngirimnya pake mobil box ato pick up. Nah masalahnya mobil box n pick up itu atas nama gw (ga tau dari awal). Jadinya kan beban pajak ga bisa dibebankan k toko. Solusinya gimana yah? Padahal gw bli jg pake duit dari toko. Masa gw harus balik nama?


Kalo lihat penjelasannya, Sebenarnya nggak masalah selama Itu mobil memang dipake untuk usaha Toko... karena Tokonya milik pribadi. Apalagi mobilnya Pickup and Box... mana ada Mobil Pickup & Box dipake untuk pelesiran...

ilovekaskus (sorry sibuk buat TA nih... udah deadline)
abahtr1972 - 20/11/2008 07:14 PM
#270

Quote:
Original Posted By kakashsensei
kts:cd:


He... he... Untung ada kakashsensei... maho
abahtr1972 - 20/11/2008 07:25 PM
#271

Quote:
Original Posted By budionok
please advice :

1. Apakah perhitungan NORMA tiap tahun berubah...atau tiap tahun sama 20% ??
2. Usaha saya UMK export rotan, gimana cara hitung pajaknya..? Ada yang bilang pakai norma 20%..?? Norma 20% di hitung dari mana...??


Norma tidak selalu setiap tahun berubah Bro... terakhir setahu aku masih pake KEP - 536/PJ./2000 yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 01/PMK.03/2007.

Contoh hitungan

Wajib Pajak A kawin dan mempunyai 3 (tiga) orang anak. Ia seorang dokter bertempat tinggal di Jakarta yang juga memiliki industri rotan di Cirebon.


- Peredaran Usaha dari Industri Rotan (setahun) di Cirebon Rp. 200.000.000,00

- Penerimaan bruto sebagai dokter (setahun) di Jakarta Rp. 72.000.000,00

Penghasilan neto dihitung sebagai berikut :
- Dari industri rotan :
12,5% X Rp. 200.000.000,00 = Rp. 25.000.000,00
- Sebagai dokter :
45% X Rp. 72.000.000,00 = Rp. 32.400.000,00

jumlah penghasilan Neto = Rp. 57.400.000,00


Penghasilan Kena Pajak = Penghasilan Neto dikurangi Penghasilan Tidak Kena Pajak

Rp. 57.400.000,00 - Rp. 18.000.000,00 = Rp. 39.400.000,00

Pajak penghasilan yang terutang :

- 5% X Rp. 25.000.000,00 = Rp. 1.250.000,00
-10% X Rp.14.400.000,00 = Rp. 1.440.000,00

Jumlah = Rp. 2.690.000,00


Catatan :
a. Angka 12,5% untuk industri rotan, lihat kode 33100
b. Angka 45% sebagai dokter, lihat kode 93213
c. Istri tidak punya penghasilan.

Norma penghitungan Penghasilan Neto dikelompokkan menurut wilayah sebagai berikut :

a. 10 (sepuluh) ibukota propinsi yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Manado, Makassar, dan Pontianak;
b. ibukota propinsi lainnya;
c. daerah lainnya.

Daftar lengkap klik disini
abahtr1972 - 20/11/2008 07:34 PM
#272

Quote:
Original Posted By kakashsensei
apakah peradilan pjk pakai/merujuk uu atau kenyataan?

saia ga blg msk peradilan pjk pasti kalah, tp kolo lihat kasusnya kyk @bangke_kodok itu bakal menang atao kalah? saia seh blm pernah ngalemin peradilan pjk...
kolo fiskus kalah diperadilan pjk udah sering denger (dr tmn2 di konsultan)...tp bkn utk kasus seperti ini yg sudah jelas dmn letak kesalahannya...
tp ga tau jg deh kolo emg peradilan pjk bs mempertimbangkan alasan wp msh baru...Yb
kolo alasan tsb bs disetujui, bakalan boleh dunk ga kena denda karena alasan wp baru, betul gak? artinya utk thn dpn byk yg bebas denda! wah, asik dunkz...D

kolo fiskus memaksa wp mengakui analisanya yg bener, wp tinggal tunjukkan datanya lah yg valid (tinggal bisa tunjukin ato ngga; valid ato "valid"). kolo cuma "valid" ya terpaksa setuju analisa fiskus!
jd ternyata peranan ada di wp mao bener ato "bener"!\)b

cara ekstrem ok, asal ga jd byk kluar duit, ya ga?\)b


Sebenarnya di Peradilan Pajak kemungkinan WP menang lebih besar... selama WP dalam melaporkan pajaknya sudah sesuai UU. Karena Peradilan Pajak lebih melihat makna yang ada di UU pajak dibanding aturan bawahnya... Apalagi banyak penjelasan dan penjabaran UU yang bisa di debat ...

Kalau ada yang butuh ke PP saya bisa nyaranin temen yang biasa nanganin & banyak yang berhasil dimenangin...
jepe - 20/11/2008 08:29 PM
#273
Bingung Soal Pajak
saudara saya buka toko warnet kecil2an,perlu ga yha npwp gt??
aplg kan predikat pajak di indo agak menyeramkan,kan banyak kasus soal itu,entah di permainkan ma org2 pajaknya,entah dikejar2 terus ma org pajak..
tolong dibantu yha
ymettle - 20/11/2008 09:44 PM
#274

Quote:
Original Posted By budionok
please advice :

1. Apakah perhitungan NORMA tiap tahun berubah...atau tiap tahun sama 20% ??
2. Usaha saya UMK export rotan, gimana cara hitung pajaknya..? Ada yang bilang pakai norma 20%..?? Norma 20% di hitung dari mana...??


ehem, nubi coba jawab...

setau gw norma diterapkan kalo wp tdk mempunyai pembukuan.
Dalam kasus pemeriksaan pajak dimana wp tidak memiliki pembukuan maka akan dikenakan pengenaan pajak berdasarkan norma.

Pajak export = 0% bila menggunakan bahan baku dalam negri.
Jadi pembelian bahan baku yg dikenakan ppn dapat di restitusikan.

CMIIW
cowo79 - 21/11/2008 11:09 AM
#275

mo nanya dong

gw baru kemaren coba lapor SPT via pos (TIKI) soalnya KPP gw jauh dan SPT Nihil, nah kwitansi dari tiki itu bisa di jadikan Bukti Penerimaan Surat (BPS) ga? soalnya kalo lapor langsung ke KPP kan dapet BPS yg stripe kuning di pinggirnya
leonhart185 - 21/11/2008 12:32 PM
#276

Thread yg mantep !!!
Thx buat TS beer:
kita wajib bayar pajak tapi ngga pernah diajarin cara2 nya yg bener oleh negara...

@ TS

gw mau tanya, kl gw ktp dari jogja, tapi gw trading saham yg kantornya di jakarta... Kan kalo mau buat npwp harus ada surat kelurahan, nah kalo kasus ini gmn?? suratnya dari mana??

Selain itu hasil dari keuntungan biasanya udah dipotong income tax padahal saya belum punya npwp, apakah setelah saya punya npwp potongan itu yang masuk ke pajak saya ato saya masih harus bayar lagi dari keuntungan yang saya terima...

Thx buat yg mau bantu ....
abahtr1972 - 21/11/2008 08:07 PM
#277

Quote:
Original Posted By jepe
saudara saya buka toko warnet kecil2an,perlu ga yha npwp gt??
aplg kan predikat pajak di indo agak menyeramkan,kan banyak kasus soal itu,entah di permainkan ma org2 pajaknya,entah dikejar2 terus ma org pajak..
tolong dibantu yha


Penghasilan Netonya berapa? kalo dia diatas PTKP harus ber NPWP tuh...
Kalo sekarang paradigma pajak udah berubah bro... (belum semuanya sih... masih transisi).
Yah kalo ente nggak bayar pajak ya pasti dikejar-kejar he he he
abahtr1972 - 21/11/2008 08:15 PM
#278

Quote:
Original Posted By ymettle
ehem, nubi coba jawab...

setau gw norma diterapkan kalo wp tdk mempunyai pembukuan.
Dalam kasus pemeriksaan pajak dimana wp tidak memiliki pembukuan maka akan dikenakan pengenaan pajak berdasarkan norma.

Pajak export = 0% bila menggunakan bahan baku dalam negri.
Jadi pembelian bahan baku yg dikenakan ppn dapat di restitusikan.

CMIIW


Norma dipake sebenarnya untuk memudahkan WP yang omzetnya di bawah 1,8 M dan tidak mampu menyelenggarakan pembukuan, jadi hanya diwajibkan menyelenggarakan pencatatan. Tapi kalo di atas 1,8 M wajib n kudu pake pembukuan.

Kalo Omzenta udah 1,8 M atau lebih tapi nggak juga menyelenggarakan pembukuan maka Fiskus akan menetapkannya pake Norma ditambah sanksi kenaikan 50%.

Pajak Export yang 0% itu untuk PPN bro... sedangkan Norma untuk ngitung PPh (Pajak Penghasilan)...
abahtr1972 - 21/11/2008 08:31 PM
#279

Quote:
Original Posted By cowo79
mo nanya dong

gw baru kemaren coba lapor SPT via pos (TIKI) soalnya KPP gw jauh dan SPT Nihil, nah kwitansi dari tiki itu bisa di jadikan Bukti Penerimaan Surat (BPS) ga? soalnya kalo lapor langsung ke KPP kan dapet BPS yg stripe kuning di pinggirnya


Bisa Bro...

Dasarnya PerMenKeu-181/PMK.03/2007

Pasal 8

(1) Penyampaian SPT oleh Wajib Pajak ke Kantor Pelayanan Pajak, atau tempat lain yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pajak, dapat dilakukan.:

1. secara langsung;

2. melalui pos dengan bukti pengiriman surat; atau

3. dengan cara lain.

(2) Cara lain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c meliputi:

a. Melalui perusahaan jasa ekspedisi atau jasa kurir dengan bukti pengiriman surat; atau

b. e-Filling melalui ASP.
abahtr1972 - 21/11/2008 08:44 PM
#280

Quote:
Original Posted By leonhart185
Thread yg mantep !!!
Thx buat TS beer:
kita wajib bayar pajak tapi ngga pernah diajarin cara2 nya yg bener oleh negara...

@ TS

gw mau tanya, kl gw ktp dari jogja, tapi gw trading saham yg kantornya di jakarta... Kan kalo mau buat npwp harus ada surat kelurahan, nah kalo kasus ini gmn?? suratnya dari mana??

Selain itu hasil dari keuntungan biasanya udah dipotong income tax padahal saya belum punya npwp, apakah setelah saya punya npwp potongan itu yang masuk ke pajak saya ato saya masih harus bayar lagi dari keuntungan yang saya terima...

Thx buat yg mau bantu ....


NPWP basenya domisili Bos... jadi kudu buat NPWPnya di Jogja.
Untuk transaksi saham di bursa efek emang dikenakan PPh yang bersifat Final, artinya setelah dipotong tidak lagi bisa diperhitungkan di akhir tahun. Jadi memang tidak ada kewajiban NPWP.
Kecuali .... punya penghasilan lain ... maho
Page 14 of 202 | ‹ First  < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK