BUSINESS BOARD
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
Total Views: 122321 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 196 of 202 | ‹ First  < 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 >  Last ›

moontalk - 03/06/2012 05:28 PM
#3901

Quote:
Original Posted By jackazzt
mau tanya nih, gan..

- Mengenai PPh Pasal 21, Biaya Jabatan di peraturan terbarunya itu kan kena 5% nih dari penghasilan bruto, nah itu ada batas pengenaan maksimalnya nggak?
(soalnya ini ane liat di modul perpajakan belanja negara yg ane dapet itu ada batas maksimal pengenaan Rp 1.296.000,- per tahun)
Kayaknya dah naek deh gan, maksimal Rp 6 juta setahun

- Lalu mau tanya kalo kita beli BBM untuk keperluan operasional perusahaan itu kena pajak pasal berapa aja? PPN sama apa aja?
Beli BBM masukin biaya usaha aja, kayaknya dah gak kena PPN deh

mohon bantuannya y, gan... \)b
resan18s - 04/06/2012 01:46 PM
#3902

Quote:
Original Posted By billydekaskus
Thanks infonya, udah cukup ngerti... jadi walaupun PPN 0 tetap harus dilaporkan...

Nah yang jadi pertanyaan apa yang menandakan bahwa jualan template online ini adalah termasuk export?

Nanti takutnya kalau kita laporin PPN 0, pas diperiksa sama orang pajak disalah-salahin jadi harus bayar PPN (kita yang tanggung) ....


nah ini gan yang masih ane bingung juga, soalnya kalau transaksi dengan luar negeri tetep harus ada dokumen pendukung yaitu PEB atau PIB meskipun transaksinya online, tapi untuk BKP tidak berwujud dalam hal ini digital susah untuk membuat dokumen pendukung, ane juga lagi mendiskusikannya gan... maaf ya... hehehe....


Quote:
Original Posted By ariefgnj
gan nyebutin nya yang bener pasal 4A UU PPN No 8 th 1983 jo No, 42 th 2009,, ingat loh gan UU PPN 8 th 1983 belum pernah di cabut. atau kalu ngga yg paling aman kita nyebutnya UU PPN 1983 (titik)... [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK

kta dosen PPN Pak Untung


ups, salah ketik, iya gan itu maksudnya, 8 tahun 1983, tahun 2000 ngga ada hehehe,,,, makasih bos koreksinya... :thumbup



Quote:
Original Posted By ZenX_Master
warga negara yang baik adalah warga negara yang melunasi pajaknya. ha ha ha (ketawa hambar)

juni nanti ane akan mulai kerja dan akan mulai menyumbangkan sebagian penghasilan ane untuk menggendutkan perut2 pejabat tinggi. wish me luck [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK:


ya pandangan kita tentang ini "menyumbangkan sebagian penghasilan ane untuk menggendutkan perut2 pejabat tinggi" tidak usah diperhatikan gan, yang penting kita menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, masalah uang tersebut bagaimana tindaklanjutnya kita serahkan ke Alloh SWT aja gan, semoga dapat digunakan dengan sabaik-baiknya, toh kalau memang ada yang menyelewengkan tetap ada akan dihukum...
hukum didunia bisa lolos, tapi ingat juga gan, ngga akan ada yang bisa lolos dengan hukum di akherat, jadi positif thinking aja... hehe...

CMIIW D

Quote:
Original Posted By juve2lia
pengembalian PPnBM
gan sy mau tanya tentang mekanisme pengembalian PPnBM oleh dealer sesuai dengan KEP-229/PJ/2003 12 Agustus 2003
persh sy dealer mobil transaksi dengan koperasi taksi
sesuai peraturan taksi plat kuning tidak kena PPnBM
jadi saya akan menyerahkan mobil tsb kpd kop taksi dengan faktur pajak yg nilainya telah dikurangi dengan PPnBM yg telah dipungut dr ATPM sy.

jadi persh sy akan mengajukan pengembalian PPnBM tersebut.
untuk syarat2 dlm KEP-229/PJ/2003 saya sudah jelas sekali.

saya ingin tanya bagaimana mekanismenya dari mulai surat permohonan sampai dikembalikannya uang PPnBM tsb, dan kaitannya dengan SPT masa PPN 1111 yg harus saya laporkan terutama pengisian faktur pajak keluaran yg berkaitan dengan transaksi dgn kop. taksi tersebut.

sekian pertanyaan sy gan, tq


menurut saya sama halnya seperti restitusi pada umumnya gan, tapi disini harus melampirkan SKB PPnBMnya

CMIIW D

Quote:
Original Posted By jackazzt
mau tanya nih, gan..

- Mengenai PPh Pasal 21, Biaya Jabatan di peraturan terbarunya itu kan kena 5% nih dari penghasilan bruto, nah itu ada batas pengenaan maksimalnya nggak?
(soalnya ini ane liat di modul perpajakan belanja negara yg ane dapet itu ada batas maksimal pengenaan Rp 1.296.000,- per tahun)

- Lalu mau tanya kalo kita beli BBM untuk keperluan operasional perusahaan itu kena pajak pasal berapa aja? PPN sama apa aja?

mohon bantuannya y, gan... [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK


- Mengenai PPh Pasal 21, Biaya Jabatan di peraturan terbarunya itu kan kena 5%
maksimal sebulan 500 ribu, dan setahun 6 juta gan, kalau 5% dari penghasilan bruto lebih dari itu yang dipakai 500 ribu sebulan atau 6 juta setahun tergantung penghitungan bruto agan

- Lalu mau tanya kalo kita beli BBM untuk keperluan operasional perusahaan itu kena pajak pasal berapa aja? PPN sama apa aja?
pembeliannya sistemnya gimana gan?? apakah diberi uang bensin yang nantinya pegawai membeli sendiri-sendiri, atau berupa kupon bensin,
setahu ane kalau membeli sendiri-sendiri cukup dijadikan biaya yang nantinya didalam pembuatan laporan laba rugi bisa dibebankan (Deductible Expenses), kalau sistemnya kupon, beli langsung dari Pertamina/Swasta, nah kalau tidak salah ingat dipotong PPh Pasal 22 tarifnya kalau Pertamina 0,25% dari penjualan, kalau swasta 0,3% dari penjualan. kalau PPN pasti ada gan, soalnya yang namanya Pertamina/Swasta yang jual BBM rata rata sudah menjadi PKP

CMIIW D
JusT Yu - 04/06/2012 11:04 PM
#3903

Permisi agan-agan sekalian, mau minta bantuannya nih.
Ada yang terdaftar di KPP2 Bandung sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi?
Minta tolong isiin kuesioner buat skripsi saya dong. \)



Terimakasih atas kesediannya.
Semoga kebaikannya dibalas Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin. \)
helloox - 05/06/2012 12:31 PM
#3904

permisi agan-agan

ane mo minta bantuan nih.
ane kan lagi nyusun skripsi ya mengenai pengurangan pph pasal 25.

nah ane butuh narasumber dari pihak wp, tp blom dapet\(

ada ga agan-agan disini yang kerja di perusahaan (bagian pajak) yang pernah mengajukan pengurangan pph pasal 25, baik yang ditolak atau diterima (ane perlu dua2nya niho)?

atau kalau ada yang konsultan dan pernah menangani klien yang mengajukan pengurangan pph pasal 25 jug bole

klo ada, ane mnta tolong untuk jadi narasumber skripsi ane.

oiya ini buat yang di jakarta aja yak. makasih banyak sebelumnya
wanifx - 18/06/2012 12:48 PM
#3905

Gan mo nanya, hitungan Pph21 itu kan di setahunkan bagaimana klo kasusnya gini. Ane kerja di bayar harian mulai 1 April 2012 kemudian dapat gaji 10 juta setelah sebulan kerja. Bulan mei tidak ada penghasilan karena tidak kerja. Bulan Juni kerja lagi dapet pengahasilan 10 juta lagi. Begitu terus hingga Desember.

Artinya ane cuma terima gaji april , Juni, Agust, Okto, Des ( 5 x 10 = 50jt)
Bagaimanakah hitungann yang benernya untuk PPH21???

Terima kasih sebelumnya
akh.isk87 - 18/06/2012 02:06 PM
#3906

Quote:
Original Posted By wanifx
Gan mo nanya, hitungan Pph21 itu kan di setahunkan bagaimana klo kasusnya gini. Ane kerja di bayar harian mulai 1 April 2012 kemudian dapat gaji 10 juta setelah sebulan kerja. Bulan mei tidak ada penghasilan karena tidak kerja. Bulan Juni kerja lagi dapet pengahasilan 10 juta lagi. Begitu terus hingga Desember.

Artinya ane cuma terima gaji april , Juni, Agust, Okto, Des ( 5 x 10 = 50jt)
Bagaimanakah hitungann yang benernya untuk PPH21???

Terima kasih sebelumnya

gan baca per-31/pj/2009 dan lampirannya,
resan18s - 18/06/2012 02:18 PM
#3907

Quote:
Original Posted By wanifx
Gan mo nanya, hitungan Pph21 itu kan di setahunkan bagaimana klo kasusnya gini. Ane kerja di bayar harian mulai 1 April 2012 kemudian dapat gaji 10 juta setelah sebulan kerja. Bulan mei tidak ada penghasilan karena tidak kerja. Bulan Juni kerja lagi dapet pengahasilan 10 juta lagi. Begitu terus hingga Desember.

Artinya ane cuma terima gaji april , Juni, Agust, Okto, Des ( 5 x 10 = 50jt)
Bagaimanakah hitungann yang benernya untuk PPH21???

Terima kasih sebelumnya


gini gan, penghasilan yang diterima agan kan perhari, berarti penghasilan agan 10juta/26 hari = 384.615 buletin ya biar enak gampangnya 390.000 perhari

asumsi ane agan masuk pegawai yang dibayar harian
ada tiga level gan
1. jika akumulasi penghasilan < 1.320.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = 5% x (penghasilan Bruto sehari-150.000)
2. Jika akumulasi penghasilan 6.000.000 < penghasilan > 1320.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = 5% x (penghasilan bruto sehari-PTKP sehari)
2. jika akumulasi penghasilan > 6.000.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = tarif pasal 17 UU PPh x (Penghasilan Bruto sehari x 360 - PTKP setahun)

nah kalau penghasilan agan sehari 390.000 maka
hari 1 : 5 % x (390.000-150.000) = 12.000 (akumulasi belum sampai 1.320.000)
sampai dengan hari ke 3 PPh yang dipotong tetap 12.000

nah di hari ke 4 udah berubah gan, pake yang ke 2 karena akumulasi penghasilan udah 1.560.000
maka penghitungannya:
Akum penghasilan : 1560.000
PTKP 4 hari : 176.000
PKP : 1560.000-176.000 = 1.384.000
PPh : 69.200, PPh yang sudah dipotong hari 1-3 : 12.000 x 3 : 36.000, PPh yang dipotong hari ke 4 : 69.200 - 36.000 : 33.200

penghitungan di hari ke lima ngga kayak diatas lho, p[enghitungan diatasterjadi dikarenakan adanya perpindahan metode gan...
untuk penghitungan ke hari ke 5
PPh : 5% x (390.000-44.000) : 17.300

begitu seterusnya gan,.... untuk akumulasi berlaku hanya untuk perbulan, jadi kalau ganti bulan maka akumulasinya jadi 0 (nol) lagi

CMIIW Peace:
wanifx - 18/06/2012 03:00 PM
#3908

Quote:
Original Posted By resan18s
gini gan, penghasilan yang diterima agan kan perhari, berarti penghasilan agan 10juta/26 hari = 384.615 buletin ya biar enak gampangnya 390.000 perhari

asumsi ane agan masuk pegawai yang dibayar harian
ada tiga level gan
1. jika akumulasi penghasilan < 1.320.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = 5% x (penghasilan Bruto sehari-150.000)
2. Jika akumulasi penghasilan 6.000.000 < penghasilan > 1320.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = 5% x (penghasilan bruto sehari-PTKP sehari)
2. jika akumulasi penghasilan > 6.000.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = tarif pasal 17 UU PPh x (Penghasilan Bruto sehari x 360 - PTKP setahun)

nah kalau penghasilan agan sehari 390.000 maka
hari 1 : 5 % x (390.000-150.000) = 12.000 (akumulasi belum sampai 1.320.000)
sampai dengan hari ke 3 PPh yang dipotong tetap 12.000

nah di hari ke 4 udah berubah gan, pake yang ke 2 karena akumulasi penghasilan udah 1.560.000
maka penghitungannya:
Akum penghasilan : 1560.000
PTKP 4 hari : 176.000
PKP : 1560.000-176.000 = 1.384.000
PPh : 69.200, PPh yang sudah dipotong hari 1-3 : 12.000 x 3 : 36.000, PPh yang dipotong hari ke 4 : 69.200 - 36.000 : 33.200

penghitungan di hari ke lima ngga kayak diatas lho, p[enghitungan diatasterjadi dikarenakan adanya perpindahan metode gan...
untuk penghitungan ke hari ke 5
PPh : 5% x (390.000-44.000) : 17.300

begitu seterusnya gan,.... untuk akumulasi berlaku hanya untuk perbulan, jadi kalau ganti bulan maka akumulasinya jadi 0 (nol) lagi

CMIIW Peace:


Wow, ruwet yah gan hitungannya. Ane mo mencoba menjadi warga negara yang baik tapi ruwet \)
Jadi klo orang yang di gaji harian hitungan pajaknya tidak di setahunkan begitu yah?? Karena tempat kerja motongnya disetahunkan??? \(

O iya gan, bisa kasih sumbernya rumus yang agan berikan, jadi punya bukti untuk adu argumen ke pemberi kerja
resan18s - 18/06/2012 07:52 PM
#3909

Quote:
Original Posted By wanifx
Wow, ruwet yah gan hitungannya. Ane mo mencoba menjadi warga negara yang baik tapi ruwet [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
Jadi klo orang yang di gaji harian hitungan pajaknya tidak di setahunkan begitu yah?? Karena tempat kerja motongnya disetahunkan??? [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK

O iya gan, bisa kasih sumbernya rumus yang agan berikan, jadi punya bukti untuk adu argumen ke pemberi kerja



kalau buat pegawai penerima upah harian gitu gan, cek di PER 31/PJ.03/2009 jo PER 57/PJ.03/2009 di penjelasannya ada kok...



Posted with [color=orange]kaskusBetaQR[/color]
pabochorom - 18/06/2012 09:48 PM
#3910

Quote:
Original Posted By resan18s
gini gan, penghasilan yang diterima agan kan perhari, berarti penghasilan agan 10juta/26 hari = 384.615 buletin ya biar enak gampangnya 390.000 perhari

asumsi ane agan masuk pegawai yang dibayar harian
ada tiga level gan
1. jika akumulasi penghasilan < 1.320.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = 5% x (penghasilan Bruto sehari-150.000)
2. Jika akumulasi penghasilan 6.000.000 < penghasilan > 1320.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = 5% x (penghasilan bruto sehari-PTKP sehari)
2. jika akumulasi penghasilan > 6.000.000 maka penghitungannya
PPh Pasal 21 = tarif pasal 17 UU PPh x (Penghasilan Bruto sehari x 360 - PTKP setahun)

nah kalau penghasilan agan sehari 390.000 maka
hari 1 : 5 % x (390.000-150.000) = 12.000 (akumulasi belum sampai 1.320.000)
sampai dengan hari ke 3 PPh yang dipotong tetap 12.000

nah di hari ke 4 udah berubah gan, pake yang ke 2 karena akumulasi penghasilan udah 1.560.000
maka penghitungannya:
Akum penghasilan : 1560.000
PTKP 4 hari : 176.000
PKP : 1560.000-176.000 = 1.384.000
PPh : 69.200, PPh yang sudah dipotong hari 1-3 : 12.000 x 3 : 36.000, PPh yang dipotong hari ke 4 : 69.200 - 36.000 : 33.200

penghitungan di hari ke lima ngga kayak diatas lho, p[enghitungan diatasterjadi dikarenakan adanya perpindahan metode gan...
untuk penghitungan ke hari ke 5
PPh : 5% x (390.000-44.000) : 17.300

begitu seterusnya gan,.... untuk akumulasi berlaku hanya untuk perbulan, jadi kalau ganti bulan maka akumulasinya jadi 0 (nol) lagi

CMIIW Peace:


hmm klo dibayarkannya harian, ane setuju2 aja sama itungan di atas

tp klo emang dibayarnya bulanan bukannya tinggal setahunkan aja seprti biasa nanti akhirnya tinggal bagi dua belas lagi ??? CMIIW


Buat agan wanifx, keliatannya emang ruwet tapi itu karena namanya pemberian upah harian pada kenyataannya gak untuk jangka waktu lama,
Klo jangka waktu lama ya kasian akuntannya ribet ngasih dan itung upah hariannya, mending langsung aja diitung bulanannya \)
wanifx - 19/06/2012 09:39 AM
#3911

Quote:
Original Posted By pabochorom
hmm klo dibayarkannya harian, ane setuju2 aja sama itungan di atas

tp klo emang dibayarnya bulanan bukannya tinggal setahunkan aja seprti biasa nanti akhirnya tinggal bagi dua belas lagi ??? CMIIW


Buat agan wanifx, keliatannya emang ruwet tapi itu karena namanya pemberian upah harian pada kenyataannya gak untuk jangka waktu lama,
Klo jangka waktu lama ya kasian akuntannya ribet ngasih dan itung upah hariannya, mending langsung aja diitung bulanannya \)


Gini kan, seperti yang ane ceritakan diatas, emang di bayarkannya per bulan, tapi nyatanya kerjanya adalah upah harian. Yah tau sendirilah perusahaan outsourcing Indonesia

Jadi klo ane terima gaji setahun hanya 5 kali, apakah menghitung upah disetahunkan itu tetep gaji diterima tiap bulan x 12?? Ini perhitungan yang dilakukan oleh tempat kerja ane \(
juve2lia - 19/06/2012 10:41 AM
#3912

gan mau tanya tentang pengalihan biaya sewa bangunan:

PT. A menyewa bangunan dan sudah memotong dan melaporkan PPh 42
PEMILIK PT. A membuka perusahaan baru PT. B (pemiliknya sama)
PT. B secara fisik yg menggunakan bangunan yg disewa oleh PT. A
pertanyannya bisakah pengakuan biaya sewa dan bukpot PPh 42 dari PT. A dipindah ke PT. B, misalnya dengan surat permohonan ke KPP terdaftar???
sehingga PT. A tidak perlu menyewakan bangunan tersebut ke PT. B, dan ga kena PPh 42 lagi.
moontalk - 19/06/2012 05:58 PM
#3913

Quote:
Original Posted By juve2lia
gan mau tanya tentang pengalihan biaya sewa bangunan:

PT. A menyewa bangunan dan sudah memotong dan melaporkan PPh 42
PEMILIK PT. A membuka perusahaan baru PT. B (pemiliknya sama)
PT. B secara fisik yg menggunakan bangunan yg disewa oleh PT. A
pertanyannya bisakah pengakuan biaya sewa dan bukpot PPh 42 dari PT. A dipindah ke PT. B, misalnya dengan surat permohonan ke KPP terdaftar???
sehingga PT. A tidak perlu menyewakan bangunan tersebut ke PT. B, dan ga kena PPh 42 lagi.


kalo menurut sya sih gak bisa
karena perusahaan2 tsb merupakan suatu entitas yang berbeda yang masing masing mempunyai penghasilan dan biaya

nanti kalo diperbolehkan bisa saling oper biaya dan kredit pajak dong antar perusahaan

dalam perjanjian PT A dengan pemilik gedung apakah diperbolehkan menyewakan kembali ke perushaan yg laen?
pabochorom - 19/06/2012 10:13 PM
#3914

Quote:
Original Posted By wanifx
Gini kan, seperti yang ane ceritakan diatas, emang di bayarkannya per bulan, tapi nyatanya kerjanya adalah upah harian. Yah tau sendirilah perusahaan outsourcing Indonesia

Jadi klo ane terima gaji setahun hanya 5 kali, apakah menghitung upah disetahunkan itu tetep gaji diterima tiap bulan x 12?? Ini perhitungan yang dilakukan oleh tempat kerja ane \(


iya gan, setau ane upha harian yg dibayarkan bulanan perhitungannya tinggal disetahunkan aja (x12) ntar pajaknya ketauan tinggal bagi 12 lagi

tapi tetep CMIIW loh ya
ane masih belajar2 juga, nunggu suhu2 di sini untuk konfirmasinya \)
wanifx - 20/06/2012 09:36 AM
#3915

Gan ada yang tau gak, di PPH21 itu ada 5% x gaji yang jadi PTKP. "gaji" yang dimaksud apakah gaji pokok ataukah gaji Bruto sebulan???
wanifx - 20/06/2012 09:42 AM
#3916

Quote:
Original Posted By pabochorom
iya gan, setau ane upha harian yg dibayarkan bulanan perhitungannya tinggal disetahunkan aja (x12) ntar pajaknya ketauan tinggal bagi 12 lagi

tapi tetep CMIIW loh ya
ane masih belajar2 juga, nunggu suhu2 di sini untuk konfirmasinya \)


Agan pabochorom, menurut ane yah gak bisa gitu, karena ini perhitungannya adalah progressif, jadi makin besar penghasilan dalam setahun akan makin banyak potongannya

Misal nih yah dapet 10jt 5x dalm setahun akan beda pajaknya dengan 10jt 12x setahun. CMMIW juga
diamselalu - 20/06/2012 11:09 AM
#3917

gan
tanya dong
gini

kemarin baru aja bikin cv nah udah SKT ama PKP

tapi sampe sekarang masih belum ada aktivitas pekerjaan yg menyebabkan belum adanya penghasilan

nah kalo kek gitu yg dilapor untuk pajaknya apa aja ya gan?
ane brsing2 yg perlu dilapor itu yg pph 21 ama ph 25 bener ga tuh?
nah musti pake ssp juga ga gan?kan masih belum ada pemasukan nih
pengeluaran yg berhubungan dengan pajak ya masih belum ada
thanks
pabochorom - 20/06/2012 01:18 PM
#3918

Quote:
Original Posted By wanifx
Agan pabochorom, menurut ane yah gak bisa gitu, karena ini perhitungannya adalah progressif, jadi makin besar penghasilan dalam setahun akan makin banyak potongannya

Misal nih yah dapet 10jt 5x dalm setahun akan beda pajaknya dengan 10jt 12x setahun. CMMIW juga


10jt x12 itu kan mencari pajak terutang setahun gan, nah nanti dibagi 12 lagi baru ketemulah pajak terutang hanya untuk bulan itu

klo dia kerja lima bulan berarti dapetlah 5 bukti potong (tiap bulannya satu)

10jt x5 sama 10jt x12 klo dalam keadaan yg sama (katakanlah ad apegawai tetep yg kerja 5 bulan sama ada pegawai tetap yg kerja 12 bulan) memang pasti beda krn progresifnya pasti kena bebebrapa lapisan

masalahnya ini adalah 'upah harian' yg dibayarkan bulanan.. setau ane pajak terutangnya ya diitung yg terutang dibulan dibayarakannya aja. Dan cara ngitungnya langsung disetaunkan.. gak perlu diitung sehari2 lewat 150rbnya atau gak dsb itu

Quote:
Original Posted By resan18s
kalau buat pegawai penerima upah harian gitu gan, cek di PER 31/PJ.03/2009 jo PER 57/PJ.03/2009 di penjelasannya ada kok...



ane cek di lampiran peraturan yg dikasih agan, upah harian yg dibayarkan bulanan juga gitu gan ngitungnya langsung dikali 12 aja

tetep CMIIW, seneng makin banyak ilmu sharing di sini
moontalk - 20/06/2012 02:03 PM
#3919

Quote:
Original Posted By wanifx
Gan ada yang tau gak, di PPH21 itu ada 5% x gaji yang jadi PTKP. "gaji" yang dimaksud apakah gaji pokok ataukah gaji Bruto sebulan???


mungkin yg agan maksud itu Biaya Jabatan ya
besarnya 5 % x Gaji bruto maksimal besarnya 6 juta setahun

kalo PTKP tetep jumlahnya 15.840.000 setahun untuk pribadi WP
moontalk - 20/06/2012 02:05 PM
#3920

Quote:
Original Posted By diamselalu
gan
tanya dong
gini

kemarin baru aja bikin cv nah udah SKT ama PKP

tapi sampe sekarang masih belum ada aktivitas pekerjaan yg menyebabkan belum adanya penghasilan

nah kalo kek gitu yg dilapor untuk pajaknya apa aja ya gan?
ane brsing2 yg perlu dilapor itu yg pph 21 ama ph 25 bener ga tuh?
nah musti pake ssp juga ga gan?kan masih belum ada pemasukan nih
pengeluaran yg berhubungan dengan pajak ya masih belum ada
thanks


Yang wajib dilaporkan rutin per bulan
SPT Masa PPh 21, PPh 25 dan PPN

Untuk pelaporan SPT Masa PPh 25 form nya pake SSP
untuk yg lain gak perlu SSP kalo masih nihil
Page 196 of 202 | ‹ First  < 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK