BUSINESS BOARD
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
Total Views: 122321 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 198 of 202 | ‹ First  < 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 > 

buatcintaku - 26/06/2012 07:49 PM
#3941

halo juragan
ane mau nanya nih

masalah makanan

nah makanan yg dibelikan oleh perusahaan untuk karyawannya itu masuk dalam biaya produksi apa ga?
misal: makanan buat yang lembur gitu(proyek konstruksi)

untuk laporan fiskal itu biaya makan dikeluarkan ga(alias kalo dikeluarkan untuk laporan fiskal kan untungnya bertambah)?

ini lagi audit nih gan

thanks
[ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
bidadari oh bidadari™
racau - 27/06/2012 12:57 AM
#3942

gan, kalo mau nanya2 tentang cukai dan pajak impor bisa di sini ga?
thanks, dan maaf sebelumnya kalau salah kamar hammer:
htk - 27/06/2012 04:29 PM
#3943

Quote:
Original Posted By buatcintaku
halo juragan
ane mau nanya nih

masalah makanan

nah makanan yg dibelikan oleh perusahaan untuk karyawannya itu masuk dalam biaya produksi apa ga?
misal: makanan buat yang lembur gitu(proyek konstruksi)

untuk laporan fiskal itu biaya makan dikeluarkan ga(alias kalo dikeluarkan untuk laporan fiskal kan untungnya bertambah)?

ini lagi audit nih gan

thanks
[ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
bidadari oh bidadari™


selama makanan itu untuk seluruh karyawan, dan menyangkut 3M, boleh dibiayakan..
untuk laporan rugi laba, berarti gak usah di koreksi fiskal
isnur - 27/06/2012 04:33 PM
#3944

numpang tanya

kalo cabang perusahaan untuk penomoran npwpnya seperti apa ya?
apakah untuk cabang yg terdaftar di kpp yg berbeda penomorannya dari 001 lagi atau berlanjut dari cabang yg terdaftar sebelumnya dari kpp yg berbeda

ilustrasi:
01 - 123 - 674 - 1 - 028 - 000 >-- Kantor Pusat
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 001 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 002 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 952 - 001 >-- Cabang Jayapura

atau

01 - 123 - 674 - 1 - 028 - 000 >-- Kantor Pusat
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 001 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 002 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 952 - 003 >-- Cabang Jayapura

dari 2 ilustrasi di atas yg bener yg mana gan? malus
pabochorom - 27/06/2012 10:13 PM
#3945

Quote:
Original Posted By isnur
numpang tanya

kalo cabang perusahaan untuk penomoran npwpnya seperti apa ya?
apakah untuk cabang yg terdaftar di kpp yg berbeda penomorannya dari 001 lagi atau berlanjut dari cabang yg terdaftar sebelumnya dari kpp yg berbeda

ilustrasi:
01 - 123 - 674 - 1 - 028 - 000 >-- Kantor Pusat
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 001 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 002 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 952 - 001 >-- Cabang Jayapura

atau

01 - 123 - 674 - 1 - 028 - 000 >-- Kantor Pusat
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 001 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 611 - 002 >-- Cabang surabaya Genteng
01 - 123 - 674 - 1 - 952 - 003 >-- Cabang Jayapura

dari 2 ilustrasi di atas yg bener yg mana gan? malus


yang bener yang contoh pertama
tiap kantor bakal mulai dari 001 lagi
isnur - 28/06/2012 08:32 AM
#3946

Quote:
Original Posted By pabochorom
yang bener yang contoh pertama
tiap kantor bakal mulai dari 001 lagi


ada dasar hukumnya ga gan?
ane udah ke KPP katanya yg bener kaya ilustrasi yg ke 2 tapi ane ragu makanya pending dulu buat daftar..org KPP juga ga ngerti ditanya dasarnya
teddyjoe17 - 28/06/2012 08:44 AM
#3947

Quote:
Original Posted By ngewapisan
jadi ane baru bayar pajaknya kalo ane dapet dividen ya gan?
tapi ane kan kagak dapet fee gan, karena semua modal ditanggung ama boss ane...
soalnya perusahaannya baru berdiri pertengahan tahun kemaren, dan awal tahun baru memperoleh pengesahan dari kemenkumham...
ane ngeri aja om, kagak ngerti banget masalah perpajakan...
ane kepikirannya buat cabut aja gan nama ane dari akte pendirian perusahaan..

thanks for your advice
best regard


setahu sy dividen yg dibagikan kpd orang pribadi itu dikenakan PPh Final gan, dipotong oleh perusahaan,jd bukan dibayar sendiri oleh agan
htk - 28/06/2012 08:46 AM
#3948

Quote:
Original Posted By isnur
ada dasar hukumnya ga gan?
ane udah ke KPP katanya yg bener kaya ilustrasi yg ke 2 tapi ane ragu makanya pending dulu buat daftar..org KPP juga ga ngerti ditanya dasarnya


yang bener ilustrasi ke 1 bro, soalnya perusahaan gw gitu..
daftarin dulu aja perusahaannya, kalo masalah penomoran kan yang tentuin KPP
bangbing - 28/06/2012 12:41 PM
#3949

ane mo nanya dong
apa mungkin petugas pajak tiba2 nelfon dan nanya2 pajak?
tadi ada orang yg nelpon ane,ngakunya dari kantor pajak, awalnya ane sempet percaya aja,tp kayaknya penipuan deh

dia ngaku sebagai orang yg ngurus pajak didaerah ane, trus ane bilang kalau ane udah urus pajak ke kantor pajak di daerah ane dengan ibu (lupa namanya),, eh setelah ane bilang klo ane udah bayar pajak dan sudah urus pajak, yg nelpon langsung ilang suaranyacapedes
htk - 28/06/2012 01:22 PM
#3950

Quote:
Original Posted By bangbing
ane mo nanya dong
apa mungkin petugas pajak tiba2 nelfon dan nanya2 pajak?
tadi ada orang yg nelpon ane,ngakunya dari kantor pajak, awalnya ane sempet percaya aja,tp kayaknya penipuan deh

dia ngaku sebagai orang yg ngurus pajak didaerah ane, trus ane bilang kalau ane udah urus pajak ke kantor pajak di daerah ane dengan ibu (lupa namanya),, eh setelah ane bilang klo ane udah bayar pajak dan sudah urus pajak, yg nelpon langsung ilang suaranyacapedes


keliatannya oknum yang cari2 deh..
pabochorom - 29/06/2012 10:00 PM
#3951

Quote:
Original Posted By isnur
ada dasar hukumnya ga gan?
ane udah ke KPP katanya yg bener kaya ilustrasi yg ke 2 tapi ane ragu makanya pending dulu buat daftar..org KPP juga ga ngerti ditanya dasarnya


wah klo nanya dasar hukum ane gak tau deh
hasil gugling2 mengutip dari forum pajak tetangga ya itu sepertinya sih peraturan internal jadi gak ke publikasi

Ane sih yakin ilustrasi pertama yang betul (berdasarkan pengalaman)
klo nanya ke KPP terutama petugas NPWPnya kadang mereka gak gitu menguasai peraturan gan, cuma tau nginput data aja.. nah klo nanya2 aturan mungkin agan harus ke ARnya atau bisa juga ke kring pajak 500200 tuh

klo boleh nanya
ente ragu penomoran mana yg bener sama ragu buat daftar apa hubungannya ya?
klo KPP udah ngeluarin nomor dan kasih SKT ya kita terima2 aja, tuh nomor pasti bisa dipake ini buat bayar di bank, ngapain pusing2 mikirin gan


Quote:
Original Posted By bangbing
ane mo nanya dong
apa mungkin petugas pajak tiba2 nelfon dan nanya2 pajak?
tadi ada orang yg nelpon ane,ngakunya dari kantor pajak, awalnya ane sempet percaya aja,tp kayaknya penipuan deh

dia ngaku sebagai orang yg ngurus pajak didaerah ane, trus ane bilang kalau ane udah urus pajak ke kantor pajak di daerah ane dengan ibu (lupa namanya),, eh setelah ane bilang klo ane udah bayar pajak dan sudah urus pajak, yg nelpon langsung ilang suaranyacapedes


hati - hati gan, ane juga pernah.. katanya ada acara gini2 dr KPP ane trus ada biaya daftar 1juta
langsung aja ane telpon KPP ane nanyain emang bener mau ngadain acara atau nggak, eh katanya nggak.. klo ada cara pasti diundang resmi pake surat koq
untaker - 02/07/2012 10:15 AM
#3952

Gan mau nanya soal pajak buat trainer / pelatih yang berasal dari konsultan.

Jadi tempat ane kerja meminta jasa konsultan (personal) buat menjadi trainer untuk staf-staf dan juga orang-orang dari rekanan (partner) mengenai suatu topik, misalnya Training Tentang Manajemen Waktu.

Nah, apakah yang dikenakan itu PPh 21 (Jasa penceramah/moderator), atau PPh 23 (Jasa konsultan / Jasa Teknik).

Terima kasih
htk - 02/07/2012 11:35 AM
#3953

Quote:
Original Posted By untaker
Gan mau nanya soal pajak buat trainer / pelatih yang berasal dari konsultan.

Jadi tempat ane kerja meminta jasa konsultan (personal) buat menjadi trainer untuk staf-staf dan juga orang-orang dari rekanan (partner) mengenai suatu topik, misalnya Training Tentang Manajemen Waktu.

Nah, apakah yang dikenakan itu PPh 21 (Jasa penceramah/moderator), atau PPh 23 (Jasa konsultan / Jasa Teknik).

Terima kasih


musti diliat, yang jadi konsultan nya orang pribadi atau badan, misal PT, kalo orang pribadi potong pph21, kalo badan potong pph23

cmiiw
xslashx - 02/07/2012 04:03 PM
#3954

kalo Mau bikin Usaha Dagang(UD) kena pajaknya brp?

Atau selain UD jenis lainnya apa buat perseorangan, jenis barangnya accesories gitu
moontalk - 02/07/2012 05:27 PM
#3955

Quote:
Original Posted By xslashx
kalo Mau bikin Usaha Dagang(UD) kena pajaknya brp?

Atau selain UD jenis lainnya apa buat perseorangan, jenis barangnya accesories gitu


kalo yg agan maksud adalah Pajak penghasilan maka gak dilihat sampeyan pake UD ato gak
namanya pajak penghasilan ya dikenakan atas penghasilannya bukan karena bentuknya
hanya ada pembedaan bentuk perorangan dan badan hukum. dan UD itu merupakan penamaan aja tapi pajaknya tetep ikut perorangan
ngewapisan - 05/07/2012 08:13 AM
#3956

Quote:
Original Posted By teddyjoe17
setahu sy dividen yg dibagikan kpd orang pribadi itu dikenakan PPh Final gan, dipotong oleh perusahaan,jd bukan dibayar sendiri oleh agan


owh gitu gan? jadi udah include PPh perusahaan yah?
thanks gan infonya
isnur - 05/07/2012 09:46 AM
#3957

Quote:
Original Posted By ngewapisan


owh gitu gan? jadi udah include PPh perusahaan yah?
thanks gan infonya


perusahaan sebagai pembayar dividen wajib melakukan pemotongan PPh Final sebesar 10%

ente sebagai penerima penghasilan dapat bukti potong tapi ga bisa dijadiin kredit pajak di SPT OP

jelasnya bisa diliat di PMK 111 Th. 2010
giliconsul84 - 05/07/2012 12:47 PM
#3958

ninggalin jejak dulu akh!kali aja bisa nimbrung next time...\)b
Yb
kakashsensei - 05/07/2012 05:59 PM
#3959

Quote:
Original Posted By buatcintaku
halo juragan
ane mau nanya nih

masalah makanan

nah makanan yg dibelikan oleh perusahaan untuk karyawannya itu masuk dalam biaya produksi apa ga?
misal: makanan buat yang lembur gitu(proyek konstruksi)

untuk laporan fiskal itu biaya makan dikeluarkan ga(alias kalo dikeluarkan untuk laporan fiskal kan untungnya bertambah)?

ini lagi audit nih gan

thanks
[ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
bidadari oh bidadari™


Quote:
Original Posted By htk
selama makanan itu untuk seluruh karyawan, dan menyangkut 3M, boleh dibiayakan..
untuk laporan rugi laba, berarti gak usah di koreksi fiskal


klo natura gini bukannya ga boleh dibiayakan ya gan?
kecuali utk daerah tertentu yg diatur di PMK (ga inget nomer brapa D) ato natura dikasi sama yg bukan WP ato WP yg penghasilannya kena PPh final.

klo ga salah supaya bisa dibiayakan (ga koreksi fiskal) mending dikasinya dalam bentuk uang aja.

cmiiw \)
htk - 06/07/2012 10:46 AM
#3960

Quote:
Original Posted By kakashsensei
klo natura gini bukannya ga boleh dibiayakan ya gan?
kecuali utk daerah tertentu yg diatur di PMK (ga inget nomer brapa D) ato natura dikasi sama yg bukan WP ato WP yg penghasilannya kena PPh final.

klo ga salah supaya bisa dibiayakan (ga koreksi fiskal) mending dikasinya dalam bentuk uang aja.

cmiiw \)


kecuali cuman beberapa orang karyawan yang dapet baru gak boleh dibiayakan, musti koreksi fiskal..
kalo dikasih dalam bentuk uang, kena pph21 kan...

tapi semua balik lagi ke si pemeriksa sih...
Page 198 of 202 | ‹ First  < 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 > 
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK