BUSINESS BOARD
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
Total Views: 122321 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 7 of 202 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›

kira_mid9 - 25/10/2008 11:37 PM
#121

Hmm.... g udah lama gak ikutin perpajakan, sebelumnya cuman para direksi yang dimintai NPWP,karyawan masih bisa lewat sih.Kalo buka usaha, mgkn harus lihat skala usahanya, kalo kecil,trus didatangin petugas pajak, pindah ajaPeace: . Kalo usahanya gede,mgkn harus mempertimbangkan menggunakan jasa orang buat meminimalkan biaya pajak kita.
meooong - 26/10/2008 10:16 PM
#122

waduh kl pk pindah kyknya ga bs deh... ini sih lg pertimbangan mo ush ya skala kira2 kcil menengah. kata tmen gw bs diakalin y pajaknya, jd nti ada orang yg bertanggung jawab, byr pajaknya smua lwt dia ibarat kata dia yg jd pemilik usaha bukannya gw, jd gw disana ibarat kata cm pekerja biasa.. gmn tuh ya..??

oh iya mo tny lg.. hehehehe.. seandainya gw bkn npwp tuh karna gw jalanin ush itu nti kena pajak perorangan apa badan..?? tq..

mo bikin tkt nti kena teror lanjutan, ga bikin nti kl kena gep bs + runyam,.. pajak2.. ckckckcckk... gila:gila:
metal - 26/10/2008 10:34 PM
#123

Nanya nih
Kalo usaha jasa service dan jual laptop bekas pajaknya apa aja yah?
Jual beli barang 2nd kena PPN ga sih?

Ini punya temen gw dah berdiri 10 tahun kaga pernah lapor dan ga pernah ketahuan,gara2 emang ga ngerti urusan gnan hammer:
Kira2 kalo mo pengakuan dosa kenanya sakit ga yah?Mumpung ada sunset policy D
Apa sebaiknya dibubarin trus bikin baru lagi yak?

Gw jadi accountingnya rada puyeng juga mo mutusin gmn

Mohon sarannya...

cendol for sure beer:
meooong - 26/10/2008 10:47 PM
#124

kbetulan br td dr pameran JCC dpt buku ttg sunset policy...

kl dia sukarela daptar npwp sblm des 31 2008, maka yg dihilangkan adalah denda administratifnya saja yg sebesar 2%/bln dikalikan masa terhutang, dlm kasus ini adalah 10 tahun * 12 = 120 bulan. tetapi jumlah pajak terhutang yg 120 bulan itu harus tetap dibayarkan.. misal pajak terhutang slm 1 bln adlh 100.000 maka dikalikan 120 bulan = 12 juta.

tolong dikoreksi kl saya salah... D
metal - 26/10/2008 11:02 PM
#125

@tas
NPWP dah ada bos hammer:
Yang ga ada NPWP pemilik.
kalo misal 12 jeti keknya mending dibubarin deh.Soalnya gw dapet info bikin perusahaan baru resmi cuman kena 1,5 jeti malu:
kira_mid9 - 26/10/2008 11:20 PM
#126

Quote:
Original Posted By meooong
waduh kl pk pindah kyknya ga bs deh... ini sih lg pertimbangan mo ush ya skala kira2 kcil menengah. kata tmen gw bs diakalin y pajaknya, jd nti ada orang yg bertanggung jawab, byr pajaknya smua lwt dia ibarat kata dia yg jd pemilik usaha bukannya gw, jd gw disana ibarat kata cm pekerja biasa.. gmn tuh ya..??

oh iya mo tny lg.. hehehehe.. seandainya gw bkn npwp tuh karna gw jalanin ush itu nti kena pajak perorangan apa badan..?? tq..

mo bikin tkt nti kena teror lanjutan, ga bikin nti kl kena gep bs + runyam,.. pajak2.. ckckckcckk... gila:gila:


Biasanya orang yg ngurus pajak itu,cuman bantuin nyetor pajak,lapor pajak, bikin laporan pajak tahunan,nama di npwpnya tetap kamu, entar kena masalah dia yg maju nego sama orang pajak. Banyak koq yg kerja gituan bisa pribadi, bisa dari kantor akuntan, bisa jg pegawai pajaknyaD

NPWP itu tergantung subyek pajaknya , misalnya kamu cuman buka toko,PD, entar hitung pajaknya perorangan,karena sebagai pemilik tunggal .
Nah kalo misalnya CV,PT harus punya NPWP sendiri,hitungnya pajak badan,trus sebagai pemilik modal atau direksi jg harus punya NPWP tersendiri ( jadi NPWP nya 2, hitung pajaknya jg 2, badan sama pajak pribadi)
meooong - 26/10/2008 11:23 PM
#127

ya makanya.. ga tau jg neh.. mo terusin apa bikin baru enaknya.. tp kl bikin br cm 1,5 ya enak bikin br x.. trus pk sunset policy isi SPT Tahunan PPh sejumlah yg pingin dibyr aja.. katanya SPT itu dianggap benar tidak dilakukan pemeriksaan lg...

mesti tny pakarnya ni bos.. D

@atas
tp yg dr pengalaman neh jg dr crita2 orang, kl kna masalah palagi yg berat malah nti kita ditinggal kabur ma konsultannya.. piye tuh..?? kl cm usaha kecil2an ga mpe berat2 x yak.. D
kira_mid9 - 26/10/2008 11:25 PM
#128

Quote:
Original Posted By metal
@tas
NPWP dah ada bos hammer:
Yang ga ada NPWP pemilik.
kalo misal 12 jeti keknya mending dibubarin deh.Soalnya gw dapet info bikin perusahaan baru resmi cuman kena 1,5 jeti malu:


Maksudnya NPWP usahanya sudah ada? Kalo udah ada susah buat cabut NPWP nya , harus dilakukan pemeriksaan pajak dulu baru bisa di cabut ( lebih repot dari cabut gigi D).Kalo ketauan kurang bayar harus dibayar dulu.
kira_mid9 - 26/10/2008 11:47 PM
#129

Sunset policy sebenarnya buat jaring pajak jangka panjang. Memang dijamin tidak akan diperiksa untuk tahun sebelumnya,tapi menurut kamu untuk tahun berikutnya diperiksa gak?(menurut g diperiksa). Kalo ketahuan waktu sunset policy lapornya gak benar,bisa runyam. Jadi yg menggunakan fasilitas sunset policy harus tergantung niat orangnya.
Untuk misalnya konsultan pajak,biasanya mereka men-set sendiri nilai yg dilapor,omset ratusan juta perbulan diset cuman bayar Rp.50.000. Kalo misalnya pajak melakukan cross check dengan harta kamu gimana?misalnya PBB,Pajak kendaraan,mengecek tabungan,pasti ketauan. Di SPT Pribadi ada halaman " Daftar harta dan hutang pribadi" (g paling anti bagian itu). Semua orang jg mau kalo ditawarin bisa membuat pajak jadi bayar 50.000 . Tapi kalo ketauan yg bayar bukan konsultannya,kalo pemilik ngak mau bayar,konsultan jg kaburD
noprexcaem - 26/10/2008 11:59 PM
#130

Gw mo tanya,gw kerja d bag keuangan karaoke di jogja.......mlz bgt klo urusan ma pajak coz urusannya cm ttg duit melulu..btw klo waktu pemeriksaan tuh yang diperiksa apanya yah???gw kan pilih pelaporan sendiri nah klo waktu diperiksa ternyata gak cocok ma riilnya ada sanksi hukumnya g???pidana/ perdata??hahaha banyak nanya ya???..enaknya gimana yah????
metal - 27/10/2008 12:06 AM
#131

Quote:
ya makanya.. ga tau jg neh.. mo terusin apa bikin baru enaknya.. tp kl bikin br cm 1,5 ya enak bikin br x.. trus pk sunset policy isi SPT Tahunan PPh sejumlah yg pingin dibyr aja.. katanya SPT itu dianggap benar tidak dilakukan pemeriksaan lg...

mesti tny pakarnya ni bos..

Quote:

Maksudnya NPWP usahanya sudah ada? Kalo udah ada susah buat cabut NPWP nya , harus dilakukan pemeriksaan pajak dulu baru bisa di cabut ( lebih repot dari cabut gigi ).Kalo ketauan kurang bayar harus dibayar dulu.


Nah lo,jadi bingung gw,sebenernya gw bisa aja bikin SPT sebelumnya nihil 10tahun kebelakang,tapi kira2 untuk SSP bulanan (dia juga ga lapor \( ) tahun 2008 dia kena denda ga yah?Gw baca2 500rb kalo telat (kali brapa bulan tuh) hammer:

Oh ya,btw jual beli barang 2nd sebenernya kena PPN ga sih?
meooong - 27/10/2008 12:23 AM
#132

kl dh pny npwp kyknya jual beli apapun kena PPn deh.. bingung:

Quote:
Gw mo tanya,gw kerja d bag keuangan karaoke di jogja.......mlz bgt klo urusan ma pajak coz urusannya cm ttg duit melulu..btw klo waktu pemeriksaan tuh yang diperiksa apanya yah???gw kan pilih pelaporan sendiri nah klo waktu diperiksa ternyata gak cocok ma riilnya ada sanksi hukumnya g???pidana/ perdata??hahaha banyak nanya ya???..enaknya gimana yah????

kl mnrt buku yg gw baca seh bs kena sanksi administratif.. tp kl pidana ga tau jg yak.. D
kakashsensei - 27/10/2008 11:12 AM
#133

Quote:
Original Posted By metal
Nanya nih
Kalo usaha jasa service dan jual laptop bekas pajaknya apa aja yah?
Jual beli barang 2nd kena PPN ga sih?

pertanyaan ini udah pernah kamu tanyaiin neh di tred sebelah...cool:
jawabannya :
Quote:
Original Posted By thiec
Tarif Pajak Penghasilan selama satu tahun :
Tarif bisa dilihat di UU No.17 Tahun 2000 Pasal 17 (Berlaku sd 31 Desember 2008) dan UU No.36 Tahun 2008 yang mulai berlaku 01 Januari 2008.

Transaksi Jual-Beli :
Dikenakan PPN sebesar 10% (Asumsi CV anda pasti udah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak dan wajib menerbitkan Faktur Pajak)

Transaksi Jasa service :
Dikenakan PPh Pasal 23 sebesar 4,5% dari nilai Jasa (diluar pengantian material APABILA TAGIHAN DIPISAH)
Note : Yang memotong adalah Pihak pemakai jasa, jadi anda menerima nilai net dari jasa dan Bukti Potong PPh Psl.23
Bukti Potong ini bisa digunakan sebagai pengurang pajak tahunan.


Beli barang second atau baru, pada dasarnya sama saja. Karena pada saat dijual kembali wajib dikenakan PPN dari nilai jual.


Quote:
Original Posted By metal
Nah lo,jadi bingung gw,sebenernya gw bisa aja bikin SPT sebelumnya nihil 10tahun kebelakang,tapi kira2 untuk SSP bulanan (dia juga ga lapor \( ) tahun 2008 dia kena denda ga yah?Gw baca2 500rb kalo telat (kali brapa bulan tuh) hammer:

Oh ya,btw jual beli barang 2nd sebenernya kena PPN ga sih?

klo ssp nihil (mis. ssp utk pph badan) dan telat lapor maka kamu dikenakan denda adm sebesar 100rb/bln sejak telat lapor (utk satu masa,, klo 12 bln ya berarti 1,2jt). klo ppn nihil tp tdk sampaikan spt,,baru kena denda adm 500rb/masa.
jual beli barang 2nd udah dijawab diatas...beer:
Quote:
Original Posted By meooong
kl dh pny npwp kyknya jual beli apapun kena PPn deh.. bingung:


kl mnrt buku yg gw baca seh bs kena sanksi administratif.. tp kl pidana ga tau jg yak.. D

ga punya npwp pun klo beli brg pasti kena PPN,,soalnya PPN memang terkait/unsur barang yg dijual (namanya juga Pajak Pertambahan Nilai=pajak yg dikenakan atas setiap nilai yg bertambah pada barang/jasa kena pajak yg diserahkan/dijual).
sanksi pidana juga bisa diterapkan pada wp (pasal 38 & 39 UUD No.28 Tahun 2007=UU KUP).
kira_mid9 - 27/10/2008 12:01 PM
#134

Untuk PPN ; pengusaha harus dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak), jadi punya NPWP belum tentu punya PKP dan bisa membuat faktur pajak+menagih PPN.Dulu peraturannya kalo omset >=360 jt/tahun (utk perusahaan dagang) harus dikukuhkan sbg PKP (ngak tau deh kalo skrg).Atau mengajukan PKP atas kemauan sendiri karena terkait usaha,misalnya PT harus PKP ;bertransaksi dengan perusahaan besar yg hanya mau menerbitkan faktur pajak standar dan mengharuskan clientnya punya NPWP&PKP
meppy - 27/10/2008 12:21 PM
#135

bro,mau tanya kalo kita bangun rumah baru gt,habis bangun biasanya didatangin orang pajak yah?,kita kena pajak brp?,kl kita bangun sendiri trus cara hitung pajaknya gimana,kan beda kl kita ks ke pemborong,biayanya biasanya detail.

sama kl yg kerja di future,kan dr perusahan udah bilang komisinya udah ga kena pajak,tp kita ga dikasih a1nya gimana bro cara lapornya kl gitu?,sama aja kita ga bayar pajak,thanks
kira_mid9 - 27/10/2008 12:48 PM
#136

Quote:
Original Posted By meppy

sama kl yg kerja di future,kan dr perusahan udah bilang komisinya udah ga kena pajak,tp kita ga dikasih a1nya gimana bro cara lapornya kl gitu?,sama aja kita ga bayar pajak,thanks


Kalo gak dikasih A1,mgkn ngak dilaporin sama perusahaan. jadi kamunya jg jgn lapor sendiri,entar ketauan bohongnya.
Untuk PPN atas membangun sendiri,mgkn yg lain bisa bantuin (udah lama gak liat pajak)
meooong - 27/10/2008 01:57 PM
#137

Quote:
Original Posted By kira_mid9
Untuk PPN ; pengusaha harus dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak), jadi punya NPWP belum tentu punya PKP dan bisa membuat faktur pajak+menagih PPN.Dulu peraturannya kalo omset >=360 jt/tahun (utk perusahaan dagang) harus dikukuhkan sbg PKP (ngak tau deh kalo skrg).Atau mengajukan PKP atas kemauan sendiri karena terkait usaha,misalnya PT harus PKP ;bertransaksi dengan perusahaan besar yg hanya mau menerbitkan faktur pajak standar dan mengharuskan clientnya punya NPWP&PKP

nah kl omset ga nyampe 360jt/thn artinya ntu bukan pengusaha kena pajak..?? yg artinya lg ga ush byr pajak...?? D
kakashsensei - 27/10/2008 02:13 PM
#138

Quote:
Original Posted By kira_mid9
Untuk PPN ; pengusaha harus dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha Kena Pajak), jadi punya NPWP belum tentu punya PKP dan bisa membuat faktur pajak+menagih PPN.Dulu peraturannya kalo omset >=360 jt/tahun (utk perusahaan dagang) harus dikukuhkan sbg PKP (ngak tau deh kalo skrg).Atau mengajukan PKP atas kemauan sendiri karena terkait usaha,misalnya PT harus PKP ;bertransaksi dengan perusahaan besar yg hanya mau menerbitkan faktur pajak standar dan mengharuskan clientnya punya NPWP&PKP


cuma mo nambahin bahwa pengusaha kecil (yaitu pengusaha yang selama satu tahun buku melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan atau Jasa Kena Pajak dengan jumlah peredaran bruto dan atau penerimaan bruto tidak lebih dari 600jt),, boleh tidak melaporkan usahanya utk dikukuhkan sebagai PKP (lihat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 552/KMK.04/2000 jo Keputusan Menteri Keuangan Nomor 571/KMK.03/2003)...beer:
Quote:
Original Posted By meooong
nah kl omset ga nyampe 360jt/thn artinya ntu bukan pengusaha kena pajak..?? yg artinya lg ga ush byr pajak...?? D

maksudnya omzet
geforce6100 - 27/10/2008 02:26 PM
#139

mau tanya nih , gua kan ada npwp dan rutin bayar . Masalah nya alamat npwp gua masih tempat tinggal yang lama ( tempat tinggal orang tua yang lama ) sedangkan ktp sudah tempat tinggal yang baru ( numpang orang tua ). Dan gua juga ada rencana mau pindah rumah . Perlu kah gua lapor ke kantor pajak mengenai perpindahan alamat? soal nya denger2 kalo pindah alamat bakal kena periksa ... thx
kakashsensei - 27/10/2008 02:30 PM
#140

Quote:
Original Posted By meppy
bro,mau tanya kalo kita bangun rumah baru gt,habis bangun biasanya didatangin orang pajak yah?,kita kena pajak brp?,kl kita bangun sendiri trus cara hitung pajaknya gimana,kan beda kl kita ks ke pemborong,biayanya biasanya detail.


dasar hukumnya :
Kep Menkeu No. 554/KMK.04/2000 jo Kep Menkeu No.320/KMK.03/2002
Pasal 1

Dalam keputusan Menteri Keuangan ini, yang dimaksud dengan kegiatan membangun sendiri adalah kegiatan membangun sendiri bangunan yang diperuntukkan bagi tempat tinggal atau tempat usaha dengan luas bangunan 400 m2 (empat ratus meter persegi) atau lebih dan bersifat permanen.
[COLOR="Red"]tulisan merah = diubah menjadi 200 m2 sesuai Kep Menkeu No.320/KMK.03/2002[/COLOR]

Pasal 2
(1) Atas kegiatan membangun sendiri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 dikenakan Pajak Pertambahan Nilai dengan tarif 10% (sepuluh persen) dikalikan dengan Dasar Pengenaan Pajak.

(2) Dasar Pengenaan Pajak atas kegiatan membangun sendiri adalah 40% (empat puluh persen) dari jumlah biaya yang dikeluarkan dan atau yang dibayarkan untuk membangun bangunan tersebut, tidak termasuk harga perolehan tanah.

jadi PPN-nya = 10% x 40% x jumlah biaya yang dikeluarkan
Page 7 of 202 | ‹ First  < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK