BUSINESS BOARD
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK
Total Views: 122321 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 202 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

kakashsensei - 27/10/2008 02:48 PM
#141

Quote:
Original Posted By geforce6100
mau tanya nih , gua kan ada npwp dan rutin bayar . Masalah nya alamat npwp gua masih tempat tinggal yang lama ( tempat tinggal orang tua yang lama ) sedangkan ktp sudah tempat tinggal yang baru ( numpang orang tua ). Dan gua juga ada rencana mau pindah rumah . Perlu kah gua lapor ke kantor pajak mengenai perpindahan alamat? soal nya denger2 kalo pindah alamat bakal kena periksa ... thx


masalah diperiksa ato ngga,, menurutku tergantung dari apakah masih ada diperkirakan tunggakan pajak dari tahun-tahun sebelumnya atau KPP Lama ingin menguji kepatuhan dari WP tsb dalam memenuhi kewajiban perpajakannya selama terdaftar sebagai Wajib Pajak di KPP lama sampai dengan pajak terakhir sebelum berpindahnya tempat terdaftar Wajib Pajak sebagaimana tujuan dilakukannya Pemeriksaan Sederhana Lapangan (PSL). Jadi bisa saja WP pindah alamat tidak diperisa dengan asumsi bahwa menurut KPP Lama WP tsb sudah tertib administrasi...beer:

coba baca2 SE - 07/PJ.7/2005 jo SE - 06/PJ.7/2003
kira_mid9 - 27/10/2008 02:54 PM
#142

Quote:
Original Posted By kakashsensei
cuma mo nambahin bahwa pengusaha kecil (yaitu pengusaha yang selama satu tahun buku melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan atau Jasa Kena Pajak dengan jumlah peredaran bruto dan atau penerimaan bruto tidak lebih dari 600jt),, boleh tidak melaporkan usahanya utk dikukuhkan sebagai PKP (lihat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 552/KMK.04/2000 jo Keputusan Menteri Keuangan Nomor 571/KMK.03/2003)...beer:



Bro yang satu ini benar2 detail , thanks yah beer:
kakashsensei - 27/10/2008 03:03 PM
#143

Quote:
Original Posted By kira_mid9
Bro yang satu ini benar2 detail , thanks yah beer:

sama2 bro...kita saling mengisi ya...supaya gak diboongin terus sama oknum/"keparat" pajak...beer:
esnanas - 27/10/2008 03:11 PM
#144

ikutan nongkrong linux2: beer:

btw, ada yg namanya mcupert ga disini?? D
mercy17 - 27/10/2008 03:14 PM
#145

Ikut nimbrung yak..

Kantor lama gw kan udah ga da operasional, udah mo tutup. Laporan pajaknya gimana ya Bro? Perlu lapor kalo kita udah tutup ga?
esnanas - 27/10/2008 03:14 PM
#146

Quote:
Original Posted By geforce6100
mau tanya nih , gua kan ada npwp dan rutin bayar . Masalah nya alamat npwp gua masih tempat tinggal yang lama ( tempat tinggal orang tua yang lama ) sedangkan ktp sudah tempat tinggal yang baru ( numpang orang tua ). Dan gua juga ada rencana mau pindah rumah . Perlu kah gua lapor ke kantor pajak mengenai perpindahan alamat? soal nya denger2 kalo pindah alamat bakal kena periksa ... thx


coba hubungi AR loe..
AR = account representative, itu perwakilan loe alias konsultan resmi loe di ktr pajak
kalo masih dalam wilayah kerja ktr pajak yg sama nanti data loe tinggal di update aja
jgn takut dimintai bayaran..skrg sih udah ga model yg kyk gituan D

smg membantu beer:
esnanas - 27/10/2008 03:16 PM
#147

Quote:
Original Posted By mercy17
Ikut nimbrung yak..

Kantor lama gw kan udah ga da operasional, udah mo tutup. Laporan pajaknya gimana ya Bro? Perlu lapor kalo kita udah tutup ga?


selama NPWP nya masih ada (belum dicabut) tetep lapor bro..
ati2 lho kalo ga lapor dendanya gede hammer:
NPWP bisa dicabut kalo ada akte pembubaran dari notaris..tapi nanti harus diperiksa dulu

smg membantu beer:
kakashsensei - 27/10/2008 03:32 PM
#148

Quote:
Original Posted By mercy17
Ikut nimbrung yak..

Kantor lama gw kan udah ga da operasional, udah mo tutup. Laporan pajaknya gimana ya Bro? Perlu lapor kalo kita udah tutup ga?


Quote:
Original Posted By esnanas
selama NPWP nya masih ada (belum dicabut) tetep lapor bro..
ati2 lho kalo ga lapor dendanya gede hammer:
NPWP bisa dicabut kalo ada akte pembubaran dari notaris..tapi nanti harus diperiksa dulu

smg membantu beer:

setuju dengan juragan esnanas...beer:
juragan mercy17 tetep lapor aja nihil ini...ntar klo udah 5 thn berturut2 gak operasional minta hapus npwp aja...D
diamondXXX - 27/10/2008 03:33 PM
#149

Saya bisa Gabung...
siapa tau bisa membuat thread ini lebih menarik.......
mohon bimbingan dari teman2 senior.
Met Kenal....
meooong - 27/10/2008 03:45 PM
#150

oh lapor nihil trus slm 5thn bs apus npwp ya..??

oh iy.. ada bbrp prtnyaan lg nh kl ga kbratan jwb D
1. dipage2 sblmnya kan ada yg tny tuh ttg byr kredit rmh yg nilainya mlebihi gaji dia, krdit byr 5jt, gaji 2 jt slisih 3jt, trus solusinya yg 3jt itu diblng hibah dr ortu, nh prtanyaannya nti ortu bs dipriksa ga tuh perihal 3jt dpt duit drmn..??

2. sy pny tmen yg pny usaha yg slalu diteror trus oleh ptugas pajak (minta duit utk ini itu), nh katanya dia dh laporin tuh ptugas... tp koq ya ntu org msh trus2an ae minta duit..?? katanya ditjen pajak bkl nindak tegas ptugas yg sprt itu..??

tq.. D
esnanas - 27/10/2008 04:06 PM
#151

Quote:
Original Posted By meooong
oh lapor nihil trus slm 5thn bs apus npwp ya..??

bisa...minta penghapusan npwp aja ke ktr pajak
asal ada akta pembubaran notaris

Quote:

oh iy.. ada bbrp prtnyaan lg nh kl ga kbratan jwb D
1. dipage2 sblmnya kan ada yg tny tuh ttg byr kredit rmh yg nilainya mlebihi gaji dia, krdit byr 5jt, gaji 2 jt slisih 3jt, trus solusinya yg 3jt itu diblng hibah dr ortu, nh prtanyaannya nti ortu bs dipriksa ga tuh perihal 3jt dpt duit drmn..??

setau gw pemeriksaan tuh ada kriteria2nya
misal PPh loe lebih bayar..jelas diperiksa
atau ada data pendukung lain yg menunjukkan subjek pajak ada penghasilan lain yg signifikan
lagian kalo ga salah knp takut diperiksa?? D

Quote:

2. sy pny tmen yg pny usaha yg slalu diteror trus oleh ptugas pajak (minta duit utk ini itu), nh katanya dia dh laporin tuh ptugas... tp koq ya ntu org msh trus2an ae minta duit..?? katanya ditjen pajak bkl nindak tegas ptugas yg sprt itu..??

tq.. D


lapornya kemana dulu bos??
udah nyoba kesini??
Call Center : (021) 500200
email : [email]pusat.pengaduan.pajak@gmail.com[/email]
SMS Center : 0813 178 PAJAK (0813 178 72525)
SMS Dirjen Pajak : 08128 DARMIN (08128 327646)
Telepon : (021) 5250208, 5251609, 5262880
meooong - 27/10/2008 04:08 PM
#152

thx bos tak ksh tau dl tmenku itu.. D
kakashsensei - 27/10/2008 04:32 PM
#153

Quote:
Original Posted By meooong
oh lapor nihil trus slm 5thn bs apus npwp ya..??


ya ga harus nunggu 5thn sih...tapi seenggak2nya masih dapet "bayaran" utk ngurusin pajak perusahaan...shakehand

tapi mungkin ini bisa jadi rujukan (supaya dasar hukumnya kuat) :
Keputusan Dirjen Pajak - KEP - 161/PJ./2001 jo PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR PER - 160/PJ/2007 beer:
vieblue - 27/10/2008 04:38 PM
#154

Thread yg menarik..

Saya belum punya npwp, rencananya mau bikin nih secara istri dikantor dimintai no npwp dan katanya bisa ngikut npwp suami??

Nah masalahnya pekerjaan saya arsitekur & interior desain freelance yg ga tentu dapat jobnya ditambah hasil dari joinan usaha bersama teman yg ga tentu jg hasilnya ( sy ga ikut ngejalanin usaha itu, cuma titip modal dan terima hasil) hitungan pajaknya gimana ya?? trus untuk isi jenis pekerjaannya apa??

tq \)
mercy17 - 27/10/2008 05:44 PM
#155

Berarti mesti hubungi notaris dulu ya? Ok, thx infonya
kakashsensei - 27/10/2008 06:11 PM
#156

Quote:
Original Posted By vieblue
Thread yg menarik..

Saya belum punya npwp, rencananya mau bikin nih secara istri dikantor dimintai no npwp dan katanya bisa ngikut npwp suami??

Nah masalahnya pekerjaan saya arsitekur & interior desain freelance yg ga tentu dapat jobnya ditambah hasil dari joinan usaha bersama teman yg ga tentu jg hasilnya ( sy ga ikut ngejalanin usaha itu, cuma titip modal dan terima hasil) hitungan pajaknya gimana ya?? trus untuk isi jenis pekerjaannya apa??

tq \)

klo suami sudah ber-npwp istri bisa ikutan pake npwp suaminya...D

klo anda memiliki usaha/pekerjaan bebas maka bisa menghitung pajak berdasarkan pencatatan ato pembukuan penghasilan anda.

kriteria yg bagaimana/siapa yg melakukan pencatatan atau pembukuan bisa dilihat di :
Keputusan Dirjen Pajak No. KEP - 536/PJ./2000 jo Peraturan Menteri Keuangan No. 01/PMK.03/2007

utk lampiran Norma Penghitungan Peredaran Bruto (jika menggunakan pencatatan) bisa dilihat di:
http://pajak.go.id/lampiran/00PJ_KEP536.htm

untuk Tarif PPh Oran Pribadi :
Undang-Undang No. 17 TAHUN 2000 Pasal 17 ayat 1

untuk PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) :
Peraturan Menteri Keuangan No. 137/PMK.03/2005

jika anda menggunakan pencatatan maka utk menghitung PPh adalah :
((Penghasilan kotor x Norma) – PTKP) x Tarif = PPh Terutang

beer:beer:
mercy17 - 27/10/2008 07:15 PM
#157

Bro, mo nanya lagi yah..

Untuk Fixed Asset. Inventaris kantor kan ada 2 kelompok. Apa kriterianya masuk kelompok 1 atau 2 nya?

Thx b4
kakashsensei - 28/10/2008 09:17 AM
#158

Quote:
Original Posted By mercy17
Bro, mo nanya lagi yah..

Untuk Fixed Asset. Inventaris kantor kan ada 2 kelompok. Apa kriterianya masuk kelompok 1 atau 2 nya?

Thx b4

biasanya dilihat dari masa manfaat inventaris kantor itu sendiri dan jenis usaha...beer:

anda bisa melihat kriteria2nya disini :
KMK no.138/KMK.03/2002
mikoreza - 30/10/2008 10:51 AM
#159

Quote:
Original Posted By kakashsensei
biasanya dilihat dari masa manfaat inventaris kantor itu sendiri dan jenis usaha...beer:

anda bisa melihat kriteria2nya disini :
KMK no.138/KMK.03/2002


thx bro. nais inpoh. btw.... knapa tuch kena bata merah bata\)b\)b
kakashsensei - 30/10/2008 01:52 PM
#160

Quote:
Original Posted By mikoreza
thx bro. nais inpoh. btw.... knapa tuch kena bata merah bata\)b\)b

biasalah orang yg ga suka "tempat terang"..D
Page 8 of 202 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > [ DISKUSI ] Yang ngerasa susah gara2 PAJAK