Mamalia
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > ##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
Total Views: 96161 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 289 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

PoPoN-dAo - 22/09/2011 06:11 PM
#1
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---3rd---
Karena yang lama gak ada kelanjutan dan sudah ada penjelasan dari admin untuk buka yang baru, maka mari kita resmikan pembukaan kembali thread landak...
hayo yang kangen.. o
biarkan thread ini lestari dan berisi D

berikut informasi2 yang berguna bagi yang ingin dan baru memelihara landak.

What is a hedgehog?-
A hedgehog in general is most commonly recognized as a small mammal with a coat of stiff, pointy quills covering their backs. They have pointy noses, and slightly bulging eyes located on the sides of the face. Their ears are typically rounded, though in some species, they are elongated, and located high on the sides of the head. They do have tails, but they are small and stubby, and of very little functional use. They can roll up in a ball when threatened.
What kind of animal are hedgehogs?-
Contrary to some beliefs, hedgehogs are NOT rodents. They belong to a group of animals called insectivores, along with animals such as moles, shrews, and voles. They are absolutely NOT related to porcupines, even though the somewhat similar appearances lead many people to mistake hedgehogs for baby porcupines. There are many types of hedgehogs, but the ones most commonly kept as pets are of the "Atelerix" group. For more information about other types of hedgehogs, please check out our Articles section.
Aren't there different kinds of hedgehogs?-
Yes. There are many different types of hedgehogs, scattered all over Europe, Asia, and Africa. Almost all of the hedgehogs kept as pets in North America are of the same type though.
Aren't hedgehogs wild animals?-
While it is true that hedgehogs are a quite recently domesticated species, the hedgehogs that we have are technically NOT wild animals. Our pet hedgehogs are a mixture of two different types of hedgehogs, and are not a naturally occurring variety.
Where do hedgehogs live in the wild?-
Essentially, across a wide percentage of Europe, Asia, Africa, and Australia. There are no hedgehog species that are native to North or South America. The hedgehogs that are most commonly kept as pets are typically from Africa. Our hedgehogs typically live in the plains regions, in areas that are often hot and dry.
What do wild hedgehogs eat?-
Hedgehogs are considered to be insectivores, which means that their main diet is insects of various types. As well, hedgehogs seem to be somewhat opportunistic, and are willing to eat small rodents, reptiles, ground nesting bird eggs and fledglings, and the occasional bits of plant materials such as vegetables and fruits.
How do wild hedgehogs live?-
Wild hedgehogs typically are solitary animals, other than mothers with offspring, and pairs during mating. They often have a home territory where they base their wanderings around. Females will often share territory, though remaining in their own seperate habits and behaviors. Males may be more territorial, and less tolerant of other males staking out the same territory. Hedgehogs don't burrow themselves, but they seem to enjoy taking advantage of pre-dug burrows that were created by other animals such as rabbits, hares, badgers, and other burrowing animals. They often line these burrows with grasses and leaves, creating a snug den where they sleep during the day. Hedgehogs are primarily nocturnal, doing their hunting and wandering between the hours of dusk and dawn. They are relatively slow moving animals, though are capable of short bursts of speed, but have been known to travel a couple of miles in a single night while searching for food. Their typical slow movement, and tendancy to roll into a ball when frightened causes their primary "predator" in many habitats to be automobiles.

few photos
Spoiler for foto2

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

hansip - 22/09/2011 06:11 PM
#2
Autolock Thread by Hansip
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/6699982 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
hansip - 22/09/2011 06:11 PM
#3
Autolock Thread by Hansip
Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/3967848 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
PoPoN-dAo - 22/09/2011 06:11 PM
#4

Ada lagi FAQ dari Jobaja3raja
Dimana tempat yang terbaik untuk membeli hedgehog?
Umumnya, lebih baik membeli hewan peliharaan dari peternak (breeder) daripada toko hewan (pet shop) , tetapi sayangnya ini tidak selalu mungkin. Dimana pun anda beli akhirnya, pastikan peternak atau toko tersebut mempunyai paling sedikit informasi akan umur dan latar belakang akan hedgehognya.

Jika ada beberapa hedgehog untuk yang dipilih, hedgehog mana yang harus saya pilih?
Anda dapat memilih satu ekor hedgehog karena mereka hidup menyendiri (solitaire) yg artinya anda bisa memelihara hanya 1 ekor landak dan berani dijamin, si landak susu tidak akan kesepian atau mencoba kabur dan umumnya tidak suka bersama-sama dalam satu kandang.
Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika anda tidak mau mengembang-biakan. Hedgehog siap untuk berkembang-biak paling cepat 8 minggu tetapi sebaiknya betina jangan diternak sebelum umur 5 bulan, jadi berhati-hatilah.

Watak Ini adalah salah satu yang penting dan sebaiknya menjadi satu faktor keputusan apakah anda akan membeli hewan itu atau tidak. Setelah memilih salah satu calon, telitilah dengan baik. Apakah dia membuka gulungan setelah beberapa detik? Apakah dia mengklik, lompat atau mendesis? Mendesis tidak apa-apa. Dia hanya sedikit takut terancam anda karena dia tidak mengenal anda. Tetapi mengklik berarti dia mencoba mengancam anda.

Sikap ini tidak dapat diterima dan sebaiknya anda mencari hedgehog lainnya yang sifatnya lebih baik. Setiap hedgehog berbeda dan unik. Beberapa suka bermain dan bertualang, sedangkan yang lain mungkin lebih suka dielus dan dipeluk. Anda akan lebih puas dengan hewan peliharaan anda yang baru jika anda memilih salah satu yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup anda.


Memilih hedgehog yang sehat.

* Apakah matanya baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan?
* Apakah hidungnya bersih dan tidak meler atau tidak kering kusam?
* Apakah telinganya pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya? Seringkali telinga dikunyah oleh anaknya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu dikhawatirkan.
* Apakah bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut maupun ada kotoran yg menempel ataupun kerak?
* Periksa kandangnya, apakah kehijauan atau ada bekas diare?
* Apakah badan hedgehognya gemuk? (bukan lemak)
* Taruhlah ditempat yang datar seperti meja dan lihat dia berjalan. Apakah dia terhuyung-huyung atau kesulitan untuk tetap tegak?
* Apakah anda mendengar derikan pada saat dia bernafas? (Jangan buat kekeliruan, hedgehod berkomunikasi dengan mengeluarkan bunyi seperti chirping(siulan), purring atau cheeping untuk bunyi derik radang paru-paru.


Jenis kelamin hedgehog
Betina dan jantan keduanya sama dapat menjadi hewan peliharaan yang baik jadi keputusan ini tergantung pada anda sendiri. Anda dapat cepat membedakan jantan atau betina. Jika hedgehog jinak dan bersahabat, perlahan putar roll over dan lihat ke daerah ekornya. Alat kelamin betina dekat dengan anus, sementara alat kelamin jantan agak keatas perutnya. Jaraknya kurang lebih 1,5 cm pada anak/hoglet jantan. Tetapi, jarak ini bertambah menjadi 2 cm atau lebih pada saat dewasa.

Umur berapa sebaiknya sebelum hedgehog dapat di bawah pulang ke rumah?
Jangan pernah membawa pulang ke rumah sebelum umurnya paling sedikit enam minggu. Hedgehog yang lebih tua juga boleh, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa hedgehog muda, lebih baik kesempatannya menjalin ikatan dengan anda.


Kandang macam apa yang mereka perlukan?
Hedgehog anda akan membutuhkan rumah yang aman karena mereka termasuk pemanjat yang baik dan dapat mudah sekali keluar dari kandang jika tutup atasnya terbuka yang umumnya kandang untuk marmut atau kelinci. Jika anda menggunakan kandang dengan atas terbuka, kandang tersebut harus memiliki daerah licin/datar paling sedikit tingginya 30 cm dan memiliki area lantai 40 x 60 cm. Aquarium 60 cm juga cukup sesuai. Tetapi juga harus memiliki sirkulasi yang baik dan penerangan yang cukup tetapi jangan terkena sinar matahari langsung pada siang hari.

Taruhlah rumah baru hedgehog anda di daerah yang nyaman, hangat, pencahayaan yang cukup, bebas dari sampah dan sinar matahari langsung. Mereka paling nyaman pada suhu antara 18-27 derajat Celsius.

Sebagai tambahan kandangnya, hedgehog anda juga akan membutuhkan perlengkapan dibawah ini:
Alas: serutan aspen, pinus adalah pilihan yang terbaik untuk alas/bedding. Jangan serutan cedar. Tongkol jagung (corn cobb) yang telah dihancurkan juga dapat menjadi alas yang baik dan aman dipakai untuk betina dan yang dewasa, tetapi sebaiknya tidak dipakai untuk jantan yang masih muda. Taruh alas setinggi kira-kira 5 cm secara rata di lantai kandangnya.

Tempat Makanan: Tempat makanan perlu cukup lebar dan berat untuk mencegah hedgehog anda membalikan isinya dan menggunakannya sebagai mainan. Keramik kecil yang digunakan untuk roden kecil adalah tempat makanan yang baik untuk hedgehog. Lebar atau diameter tempat makanan bisa 8 – 16 cm dan ketinggiannya sebaiknya jangan melampui dari 8 cm.

Botol air: Botol air lebih baik daripada tempat minum yang terbuka. Hedgehog suka sekali mengisi tempat air minumnya yang terbuka dengan serutan sehingga menyulitkan mereka sendiri untuk mendapatkan air yang cukup.

Tempat persembunyian: Ini dapat yang sederhana seperti pipa pvc 4 inch, teko plastik, atau kotak bekas sepatu ditambah dengan lubang. Kotak ini sebaiknya diganti setiap 2 atau 3 minggu. Sekali.

Kotak kotoran (litter box): Hewann peliharaan anda akan menggunakannya jika anda menyediakannya. Kotak kecil dalam 5 cm, 15 x 20 cm, setengahnya cukup diisi dengan pasir zeolite no.2 dicampur pasir bali


Makanan apa yang saya harus berikan dan berapa banyak?
Di Indonesia belum dijual pakan khusus untuk landak, anda bisa memberikan makanan anjing / kucing yang berupa makanan kering (pellet).
Makanan variasi (snack) seperti ulat hongkong /ulat jerman, mealworm, dan jangkrik dan buah-buahan dan sayuran.

Makanan tambahan (snack)ini sebaiknya tidak diberikan lebih dari 3 atau 4 kali dalam seminggu. Makanan kering (pellet) sebaiknya menjadi makanan utamanya. Sementara makanan kering dapat diberikan secara bebas untuk semuanya,
Untuk hedgehogs yang kegemukan (obesitas), makanan tambahan sebaiknya hanya diberikan tidak lebih dari 15 menit lalu angkat sisanya.

Jangan memberikan makanan yang merupakan produk susu maupun coklat, karena pencernaan landak itu intoleransi laktosa...alias tidak tahan terhadap laktosa, dijamin langsung mencret deh.

Perawatan dan Penanganan
Waktu anda membawa pulang hedgehog yang baru, taruhlah dia di kandang dan biarkan dia sendiri paling sedikit sehari (1x24jam). Anda dapat mengangkat dan memegangnya sekali atau dua kali dalam beberapa menit di hari pertama, tetapi ingat, kemungkinan hedgehog memerlukan waktu seminggu sebelum dia serasa seperti dirumahnya sendiri lagi.
Bayi hedgehogs memerlukan tidur yang cukup pada bulan pertamanya setelah dia bersama anda, jadi jangan terlalu khawatir jika pertamanya dia banyak tidur.

Reproduksi kapan dan bagaimana
Dihabitat aslinya, mereka menyambut musim kimpoi (kimpoi) dengan teriakan riuh rendah para jantan, mirip dengkuran ehm ehm. Mereka mulai berubah bentuk. Kelenjar kelaminnya membengkak, sampai perutnya membuncit. Tetapi perut buncit ini justru membuat mereka seksi di mata para betina. Landak jantan pamer perut buncitnya sambil mengelilingi betinanya terus-menerus, diiringi dengkuran secara berkala yang ritmis, sampai betina yang dirayu akhirnya merebahkan semua duri tegangnya.

Rayuan gombal berakhir, dan diikuti acara pacaran, berupa ambus-ambus (saling menyentuh hidung masing-masing). Selesai acara ini, perkimpoian dimulai. Bagi yang berjiwa romantis, jangan bayangkan suasana mesra, mereka akan saling mengigit, mendesis (kalau bisa jambak2an kali) bahkan sampai berdarah-darah, Yang jantan akan mengelilingi yang betina beberapa jam sebelum acara kimpoi (mating), setelah mengelilingi 10-12 kali, akhirnya yang betina tunduk, merebahkan durinya dan si jantan berpegang pada bahu si betina dengan mengigitnya ck ck ck dan terjadilah proses alami yg akan menghasilkan regenerasi.

semasa kehamilan, sampai melahirkan sebaiknya jantan dan betina dipisah, tiga puluh lima hari kemudian lahirlah anak-anak landak susu, 4 - 7 ekor sekaligus, tapi berurutan. Mula-mula masih merah, buta, dan tidak berduri. Akan tetapi, ajaibnya, dalam beberapa jam saja duri lunak mereka muncul dari dalam kulit. Setelah beberapa bulan, duri "percobaan" yang masih lunak itu tanggal untuk diganti dengan duri lain yang lebih betulan.

Induk landak akan memberikan ASIL (air susu ibu landak) secara eksklusif selama 1 bulan, begitu si bayi melek dan siap2 belajar berjalan, si ibu jg akan mulai proses penyapihan / cerai susu, walaupun ada ibu landak yg akan tetap menyusui selama si anak terus ada disamping si ibu
proses penyapihan ini adalah yg terpenting dan proses pertama yg dipelajari si anak landak :
apakah yg dimakan ibuku?
anak landak akan mulai mencoba2 merangkak masuk ketempat makanan, pertama2 akan diketemukan sisa kunyahan si anak, bahkan bekas lepehan/muntahan..

bagaimana dan kapan ibuku makan?
semakin besar, anak landak itu akan semakin sering berkeliaran, keluar dari hiding box, akan terlihat lucu karena si anak akan membuntuti si ibu kemana saja si ibu pergi.
PoPoN-dAo - 22/09/2011 06:11 PM
#5

Tanya Jawab sederhana untuk para kaskuser yang baru dan ingin memelihara landak yang imut nan loecoe ini

Q : Landak gw kok kerjaannya cm tidur2an aja ya. apa wajar?
A : Wajar banget, sifat landak emang noctural yakni binatang malam. disiang hari biasa kerjaannya cm tidur, sesekali bangun makan dan minum.
kalau mau liat landak yang belum adaptasi aktif coba bangun di tengah malam jam 12 an.
kebiasaan landak bisa diubah untuk aktif di siang hari asal siangnya sering diajak maen nanti lama2 kebiasaannya berubah kok.

Q : Bagusan mana ya cat food atau dog food, terus kalau kasih ulet bagus ulet jerman atau ulet hongkong?
A : Makanan cat food atau dog food (yang kering) disarankan sebagai makanan menu utama, di utamanakan cari yang komposisinya fat kecil (
PoPoN-dAo - 22/09/2011 06:11 PM
#6

Quote:
........lanjutan....
Jenis2 kutu/mites
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
Saroptic lebih dikenal sebagai scabies atau sarcoptic mange. Kutu ini tidak pandang bulu..selama hostnya itu berbulu atau hidup..manusia juga bisa diserang loh..hati2 ya pemiliknya juga bisa berkutu
tanda2 terserang scabies seperti reaksi alergi (iritasi pada kulit).
Bila kita "menyisir" kulitnya beberapa kali, kita baru bisa melihat tuh kutu
umur scabies ini 21 hari
Ingat selama imunitas si landak tidak turun /jelek, nih kutu bakal jadi teman setia kok he he he

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
psoroptes yang lebih parah, mereka ngak seperti kutu2 lain, mereka mencari perlindungan dan beranak pinak dibawah kulit, umurnya sih cuma 9 hari tapi sekali beranak..alamak deh..biasanya menyerang binatang ternak ketimbang binatang peliharaan

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
jenis chorioptes ini bentuknya rada oval abu2/putih, berpindah dari host ke host atau dari serbuknya juga..kalau infeksi dari kutu ini, kelihatan kulit menjadi bercak kasar dan seperti berketombe tapi berlapis2 pada ujung2nya

Karena semua jenis kutu /tick/flea/mite bisa hidup di host atau binatang lain, usahakan untuk memutus rantai/siklus kehidupan si kutu.
Saya mendapat pengalaman dari sharing dengan breeder anjing maupun kelinci, mereka biasanya mulai kewalahan kalau masuk musim hujan, kalau anjing biasanya terlihat kutunya karena jenis kutu flea/tick.
Tapi kelinci, hamster, marmut, biasanya terserang kutu –mites yang minta ampun kecilnya, kadang2 kita lengah dan tahu2, binatang kita mulai berkerak di bagian sela2 kaki, pinggiran kuping, sekitar mulut.
Biasanya mereka ”menyikat” kerak2 tersebut hingga copot dan berdarah, baru di berikan betadine, salep scabies atau salep anti kutu apapun.
Binatang itupun dimandikan, area kandang disemprot dengan anti kutu dsb


Q : Bagaimana sih cara mandiin landak?
A : gampang banget kok... berikut caranya (terjemahan langsung dan tambahan dari jobaja3raja)

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
Hedgie atau landak susu sesuai dengan habitatnya tinggal dipermukaan tanah, mereka selalu harus kering, makanya landak susu tidak perlu dimandikan sering2..
Apabila mereka menemukan bau yang bau/tidak dikenal, mereka suka menebarkan ludah mereka yang telah berbentuk busa diantara duri mereka dan kegiatan ini membuat mereka jadi kotor..Inilah yang disebut self anointing, Kalau kegiatan self anointing ini semakin sering, sudah saat nya si landak susu mandi...

Kamu dapat memandikan mereka di baskom, tempat cuci, bak mandi, untuk lebih simpel, saya lebih suka menggunakan wastafel, lebih baik lagi untuk menyiapkan airnya dulu, supaya tidak terlalu panas sehingga membuat landak trauma (dikira mo direbus...)
Usahakan selalu mengecek temperatur air terlebih dahulu sebelum mencelupkan si landak.

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
red : tambahan nih, boleh juga diguyur langsung dengan shower..asal...tidak lama2..tidak kerendam hidungnya..

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
Landak susu adalah perenang yang baik, sehingga aman membuat mereka "berenang" di wastafel yang berisi air cukup dalam, tapi jangan pernah ditinggalkan sendirian ya, karena apabila mereka cape, mereka akan tenggelam atau memanjat keluar sehingga bisa jatuh kelantai, terlebih2 bila anak kita yang memandikan si landak, bisa bareng mandi akhirnya

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
untuk sabunnya..bisa mengunakan segala jenis sabun /sampoo cair, pilih yang tidak memakai wewangian dan tidak dianjurkan sabun pribadi anda
Tuangkan kira2 segenggam ketangan, kemudian usapkan di punggung, perut dan kaki...hindari mata dan telinga. setelah selesai, siram dengan air hingga bersih.

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
Kalau ada kotoran yang bandel, bisa kita gunakan sikat gigi, pastikan kalau kita telah membilas sabun hingga benar2 bersih, kemudian bungkus si landak dalam handuk, dan tepuk2 hingga kering. pastikan mereka punya tempat berlindung yang kering untuk menunggu duri2 mereka kering total

Pastikan sikat giginya bukan bekas menyikat gigi maupun menyikat lantai kamar mandi ataupun pantat panci, karena segala cairan kimia itu berbahaya untuk binatang peliharaan
(red : waduh..bekas kita jg ngak boleh? emangnya kita kuman?)

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Ingat, jangan mengajak landak anda piknik keluar setelah mandi, biarpun cuaca sedang cerah. Landak susu amat sensitif dengan perubahan cuaca, bisa pilek.
Ganti peralatan atau kandangnya setelah 10 menit, peralatan yang basah akan membuat landak susu sakit atau serba salah..(salting gitu loh)
red: kayanya setiap g mandiin, g pasti bersih2 kandang sekalian, ganti serbuk, ganti tempat air, periksa2...bukan 10 menit lagi..

Disarankan mandiin satu2, jangan sekaligus, karena ada kemungkinan, landak saling melukai karena berantem atau dijadikan sarana untuk memanjat.
(red : Wah yg bikin artikel ini pasti cuma punya 1...kaga tau kali..serunya mandi masal..)

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
peralatannya bisa pake ember yang ceper tp cukup tinggi atau baskom, gunanya tinggi krn mencegah landak manjat keluar, jangan coba2 pake panci, dandang...apalagi kolam renang..

originally taken from this post


Q : Bagaimana tipe kandang yang baik?
A : kandang sih terserah, FYI landak itu jago manjat.
aquarium boleh2 aja sih cm perlu diperhatikan memungkin kan gak dia manjat keluar.
tp untuk sirkulasi yang lebih baik mending pake kandang berjeruji.

referensi kandang
Quote:
When it comes to hedgehog caging, bigger is better, but expensive isn't always best. In fact, it's best to start out with something cheap and easy to acquire, and then to upgrade once you have your pet and a better idea of what of he or she needs.

* The minimum space requirement for your cage is 2 square feet. You need to be able to fit a solid surface wheel that is at least 11", a water bottle, food bowl, hiding place, toys, and still have room for the hedgehog to move and play.

* Cages with plastic bases are best. Since plastic is a non-porous surface, you can use a clorox wipe or a bleach and water solution to clean and sanitize. Wooden floored cages should never be used because feces and urine will get into the wood and cannot be cleaned. Metal floored cages will corrode quickly when exposed to waste and create a rust spot that is dangerous to your hedgehog's feet.
* Hedgehogs are excellent escaper's, so you want a cage that closes completely or one that has a top.
* Cages should protect the hedgehog from drafts, while allowing good ventilation.
* Use a sturdy cage stand or elevate your cage off the floor.
* Single level cages are best. For your hedgehog's safety, avoid ramps or ledges. Most hedgehogs prefer a single level.
* Consider cages with a wide top opening for easy access for cleaning and wheel removal.


Examples of Proper Cages
The Marchioro Cage
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4


The Marchioro cage is our favorite of all the cages of similar style. It has a top with a large opening so you can easily get your hedgehog's hut and wheel in and out of the cage. The top also makes it easy to scoop out the beddingfor cleaning, although the bars detach easily from the base as well. The Marchioro has a smaller side door in the front to make it easy to access your pet at playtime.

Price: $50 - $140 depending on size (Noh harga diluar mahal banget nohope: )

The Sterilite Storage Container (yang ini pilihan murah nih)

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

The Sterilite is the economical hedgehog owner's answer to caging. It's cheap, durable, lightweight, and available at your local Walmart. Start with one that is at least 90qts, and use a drill or a soldering iron to put air holes in the top and the sides. Keep the holes nickel size or smaller so you don't have to worry about your hedgehog getting suck while attempting to escape. More holes will create better circulation and stop ammonia from building up.

Price: $10 - $15


APA YANG GAK BOLEH DIJADIIN KANDANG!!

Quote:
Please Don't Buy 'All Metal' Cages for Your Hedgehogs

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

It is our experience that cages with metal floors rust very quickly when exposed to urine or feces. The rusted spots are rough and dangerous to your hedgehog's feet. Metal also holds in heat and cold, which can be very bad for your hedgehog, since they are a temperature sensitive animal.

If you must have a 2nd level, please be sure the ramp is solid and has a gentile slope. Your hedgehog could get his or her foot stuck in a grid ramp and it could end up costing both you and your hedgehog dearly. So you don't have to worry about Hedgie falling and getting hurt, we recommend single level cages.

If you are looking for an appropriate cage, please consider either a Marchioro rabbit/ guinea pig cage which has a plastic floor and metal bars, or a clear 90+ qt Sterilite storage container with lid.
PoPoN-dAo - 22/09/2011 06:11 PM
#7

anak2 landak pasti ud kangen bgt ma ni thread D D D berbusa:


link thread lama...https://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=865661

sabar ya pasti info2 yang baik gw rekap..
yusatir - 22/09/2011 06:11 PM
#8

Quote:
Berhubung peraturan baru kaskus yang membatasi setiap tread hanya 500page

Mohon tread ini diisi dengan info2 seputar hedgehog yang berguna

maka untuk ngobrol santai, absen pagi ampe malem, jualan kaos dan aksesoris landak, kenal2an, pembicaraan gathering dan sebagainya....

mohon menuju ke TKP >>> disini

Mari menciptakan Forum Hedgehog lover yang lebih tertib, bebas dari kejar postingan dll supaya umurnya lebih panjang... dan proses belajar melihara landak berjalan dengan baik...


(numpang posting yah om popon kiss )
irvavri - 22/09/2011 06:11 PM
#9
Klub Landak mini Indonesia Kaskus (KLIK)
Terima kasih kepada Moderator, Agan PoPoN-dAo, dan sesepuh landak mini lainnya, akhirnya Klub Landak mini Indonesia Kaskus (KLIK) telah resmi berdiri di kaskus dan akan trus menjadi bagian dari trit Hedgehog Lover yang telah ada...

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
credit for agan parkz


Kaskuser semua, Klub ini masih baru, klo diibaratkan, KLIK masih dalam beta versionnya, masih banyak bugs dan error pada programnya, dan kita sangat terbuka sekali untuk kritik dan saran yang membangun. Sekali lagi, ane sebagai pembuat postingan ini mohon maaf klo ada salah kata/ucap/ketik. Untuk kaskuser yang dewasa pemikirannya, kita butuh saran dan kritik yang membangun agar tidak terjadi salah paham antara kaskuser dengan KLIK. Satu hal lagi, klo mengharapkan perubahan cepet, kami dari tim formatur memohon maaf karena tidak mungkin melakukan hal tersebut, kami juga punya kehidupan nyata yang mesti diurus, terutama pets kami, si landak mini atau hedgehog. Thanks...

Klub Landak mini Indonesia Kaskus (KLIK) ini berdiri karena keresahan dari beberapa hobiist landak mini di kaskus yang melihat perdagangan landak mini mulai tidak melihat kualitas dan keunikan dari seekor landak mini. Usaha dan keringat yang dicucurkan para breeder agar landak mini bisa berkembang biak dan menghasilkan keturunan unggul pun terancam sia-sia dan tidak dihargai buyers. Oleh karena itu, pada hari ini, 16 Oktober 2010 jam 18.00 s.d. jam 20.00 beberapa dari kami bertemu muka di sebuah warung kopi (warkop) di dalam PIM 1 dan memutuskan untuk mengumpulkan para pecinta landak mini di kaskus khususnya para breeder untuk menjaga kualitas dan keunikan seekor landak mini.

Jangka pendek KLIK berusaha mengumpulkan semua pecinta landak mini di seluruh kota di Indonesia. Selanjutnya kita akan berusaha mengumpulkan teman-teman tiap regional untuk saling bertemu muka. Silakan teman-teman menggunakan fasilitas di klub ini dengan semaksimal mungkin.

Jangka menengah kita akan launching basecamp landak mini, target awal untuk daerah JADEBOTABEK dan sekitarnya. Sehingga kita bisa saling bertemu muka di basecamp yang bisa juga sebagai tempat jualan landak mini, tanpa harus membuat rencana pertemuan dari jauh-jauh hari. Dengan adanya basecamp ini, kita dapat membuat planning demi kamajuan KLIK ke depannya.

Jangka panjang KLIK akan mengadakan sebuah Gathering Akbar sekaligus pameran landak mini. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, orang awam akan mulai tertarik untuk memelihara dan teman-teman breeder pun akan semakin kewalahan melayani pembeli.

Sukses untuk KLIK
(hasil kopdar 16 Oktober 2010)

Papan Pengumuman untuk (member) KLIK
In progress, sekarang apa yang mau diributkan?
Bagi yang masih yakin dengan KLIK, tunggu tanggal main utk pameran dan kontes landak mini di Indonesia. Search aja di FB klo mau diskusi lebih jauh...


Sekali lagi, kami MOHON MAAF sebesar-besarnya jika ada kesalahpahaman di antara kaskuser semua dengan adanya kebijakan ini sebelumnya. Jujur aja, kami masih dalam progress untuk membentuk organisasi yang solid. Kedepannya, KLIK disini hanya akan menjadi ajang silaturahim pecinta Landak Mini di kaskus dan tidak akan melakukan kebijakan pemaksaan harga lagi. Semoga dengan keputusan ini, kaskuser mengerti dan kami harap peran kaskuser dalam memberikan kritik dan saran yang membangun. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dan terima kasih atas perhatiannya...
irvavri - 22/09/2011 06:11 PM
#10
Beberapa gathering duriners sebelum akhirnya terbentuk KLIK & IHA
KopDar pertama (16 Oktober 2010) @salah satu warkop deket 21 PIM 1
Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
nyang hadir:
irvavri
Rezkie
rimbog
martin1803
alexandrean
Camank
husenkemal
adhitew
M. Firdaus >- temennya adhitew



KopDar kedua (30 Oktober 2010) @gultik dan KFC Blok M
Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for di rumah om Camank
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
nyang hadir:
irvavri
rimbog
Camank
landakdragon
relafado
adhitew
M. Firdaus >- temennya adhitew



KopDar Nasional ketiga (26 Desember 2010) @foodcourt Plaza Senayan
Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

Spoiler for ganteng dan cantik
##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4

nyang hadir:
arych
andylandak
hugoboss214
galaxyboss
lmbe
bezza
b4d_b0yz2004
animallovers
lepidonjr
irvavri
Camank
relafado
adhitew
barongsai85
ckukung
parkz
muydits(muhidin dan pradita)
arie.lesmana
alexandrean
irvavri - 22/09/2011 06:11 PM
#11

reserved by hundelieb
Fialena - 22/09/2011 06:13 PM
#12

buset ternyata post ane trakir...
td yg nanya obat, dah cari di pet shop tanjung duren? setau ane ada deh di tanjung duren raya nya pet shop.
kalo ga coba ke muara karang, disono jg ada bbrp pet shop.

atau kalo mo bawa ke klinik, di deket emporium ada klinik hewan, cuma tau jual obatnya kaga...
jd yg pertama dirumah baru hammer:
ma.susan24 - 22/09/2011 06:14 PM
#13

Quote:
Original Posted By Fialena
buset ternyata post ane trakir...
td yg nanya obat, dah cari di pet shop tanjung duren? setau ane ada deh di tanjung duren raya nya pet shop.
kalo ga coba ke muara karang, disono jg ada bbrp pet shop.

atau kalo mo bawa ke klinik, di deket emporium ada klinik hewan, cuma tau jual obatnya kaga...
jd yg pertama dirumah baru hammer:


buset cepet amat mak keduax-nya.. hammers
dr.sapi - 22/09/2011 06:15 PM
#14

reserved for info
ma.susan24 - 22/09/2011 06:15 PM
#15

SARAN BUAT YANG MAU BELI LANDAK:
- belilah di breeder terpercaya yang cukup dikenal, karena lebih gampang diajak ngobrol \)
- cari info sebanyak2nya sebelum mulai piara, karena landak mahluk hidup, jadi kasian kalo terlantar
- JANGAN KEBURU TERGIUR HARGA MURAH... terutama dari seller yang ga meyakinkan.. karena belum tentu kondisi fisik & mental landaknya bagus..
- pastikan landak yang anda beli sehat, doyan makan, aktif & lincah

CARA GAMPANG MENGECEK LANDAK YANG DIBELI SEHAT ATO GA
- aktif & lincah >- kalo diangkat berontak, ngebola, kalo ditaruh suka kayak penasaran gt, endus2 sana sini
- mata >- ga belekan, sinar mata pasti beda antara yang sakit ama yang sehat
- duri >- ga botak, pitak dll
- kulit >- ga ada kutu, scabies dll.. liatin di kulit kepalanya, ada benda putih2 kecil2 jalan2 ga? nah itu kutu. ada kerak2 ga? kalo ditarik apa keraknya gampang lepas ato ga?
- perut >- cek perutnya apa ada bekas ijo2. kalo ada, jangan dibeli deh. tu artinya sakit pup ijo2, bisa koit.
- perut lagi >- kalo diraba, apa kerasa rusuknya. kalo iya, berarti terlalu kurus. tapi ga masalah sih, bisa kita gemukin ndiri dengan makanan yang bergizi.
- kaki >- semua berfungsi normal, ga ada yang keliatan cacat.
- kuping >- ketombean ga? kalo ya, berarti bisa jadi ada ketombe beneran ato kutu. ini bisa di treatment dng mandi & obat kutu.
- makan lahap, terutama makan ulet hk/ulet jerman/ulet bambu/jengkrik.
- paling penting >- jangan mudah tergiur harga murah. kadang ada yang jual murah banget, tapi kondisi landak ga bagus. sebisa mungkin belilah di breeder yang terpercaya & bisa diajak ngobrol. Landak yang dijual pun biasanya dah lulus quality control.. D

PERTOLONGAN PERTAMA LANDAK PUP IJO
Ciri2 pup ijo:
- landak lemes, ga mau makan apapun termasuk ulet hk, minum ogah2an
- pup ijo2 berlendir, warna kadang bisa dari warna muda trus ijo tua..
- bentuk pup makin lama makin encer
- kalo dah parah bisa sampe muntah2 ijo juga

Pertolongan pertama:
- cekokin air madu/sari kurma biar ga dehidrasi
- pastikan kandangnya selalu bersih dari pup ijo2nya
- siapkan air minum segar & ulet hk di tempat makan selalu
- bisa diberi diatab untuk menghentikan pupnya, dosis 1/16 untuk dicampur air & dicekokkan sekitar 2-3x sehari. kalau tidak ada perubahan, SEGERA BAWA KE DOKTER
- setelah diatab, bisa dilanjutkan dengan norit di dosis yang sama untuk netralisir racun di badannya.

NB: sebagian besar landak akan `lewat` bila terkena sakit ini, tapi dengan ketelatenan & semangat juang majikannya, landak juga akan punya fighting spirit yang kuat untuk hidup. \)
cara paling aman bila landak terkena pup ijo, SEGERA BAWA KE DOKTER HEWAN TERDEKAT.

LANDAK ANDA GARUK2 MULU??? COBA CEK...
- liat di belahan kepalanya, apa ada putih2 kecil2 jalan2 wira wiri.. kalo iya, itu kutu
- apa ada ketombe/kerak di duri landak anda?
- serbuk kayunya berdebu/kotor? bisa dipikirkan untuk ganti merk. \)

Pertolongan pertama:
- mandikan sampe bersih & keringkan dengan hair dryer.
- tunggu sampai badannya benar2 kering, terutama di daerah perut & lipatan kaki & tangan.. untuk ini, pisahkan dia di container/ember yang bersih tanpa serbuk kayu
- jangan lupa kasih ulet hk setelah dimandikan biar happy.. :Peace
- setelah kering betul, teteskan 2-3 tetes minyak kayu putih (yak betul, minyak kayu putih yang buat manusia.. D)
- kalau setelah beberapa hari dia masi garuk2 & putih2 masi jalan2 di kepala, teteskan obat kutu anjing/kucing.. tapi hanya 1-2 tetes saja.
- JANGAN MENGGUNAKAN OBAT KUTU SPRAY yang disemprotkan langsung ke durinya, karena tidak kena sasaran.. dan sangat berbahaya kalau sampe kejilat landaknya.. lebih baik teteskan saja di daerah tengkuk & punggung yang tidak terjangkau lidah landak kalau2 dia annointing. \)

CIRI2 LANDAK HAMIL:
kehamilan landak rata2 terlihat dari umur 2minggu up...
- landak kalo dah hamil, ogah dikimpoi ma jantannya, bawaannya ngeles mulu.. kadang si jantan malah digigit balik.. hammers
- setelah 2 minggu kehamilan, perutnya bila diraba kerasa kenceng2
- putingnya jadi keliatan nongol2 & rada2 panjang berisi
- pup-nya gede2, lebih gede dari sebelum hamil
- pee-nya kadang baunya ampun2..
- makannya jadi banyak banget, kadang bisa 2-3x lipat biasanya.. tapi ati2 jangan sampe obesitas..


segini dulu yeee... tar ada lagi, gw tambahin.. D
Fialena - 22/09/2011 06:22 PM
#16

Quote:
Original Posted By ma.susan24
buset cepet amat mak keduax-nya.. hammers


ane jg ga tau mak, tau2 dah di auto lock ma hansip... takut jawabannya ga kebaca, ane post ulang dimari o

btw bentar... mo pajang kasih ibu seorang sal matabelo:

Spoiler for kasih ibu

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
malem2 nyusu kemaren si sape... sal masih maw nyusuin o

Spoiler for ketauan difoto

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
liat tangannya sal... langsung melindungi anaknya gitu tau gw lg foto2 hammer:
dr.sapi - 22/09/2011 06:23 PM
#17

Quote:
Original Posted By Fialena
buset ternyata post ane trakir...
td yg nanya obat, dah cari di pet shop tanjung duren? setau ane ada deh di tanjung duren raya nya pet shop.
kalo ga coba ke muara karang, disono jg ada bbrp pet shop.

atau kalo mo bawa ke klinik, di deket emporium ada klinik hewan, cuma tau jual obatnya kaga...
jd yg pertama dirumah baru hammer:


wkwkwkwkwk,,iya mak, tadi ane mau ngepost malah thread udh pindah wkwkwkwkw
ahdir - 22/09/2011 06:28 PM
#18

WAh udah ganti kamar lagi, salam kenal agan dan aganwati
buitenzorg29 - 22/09/2011 06:32 PM
#19

wah udah pindah rumah
semoga makin solid deh sesama hedgie lovers
numpang pkiwan ya
ma.susan24 - 22/09/2011 06:48 PM
#20

Quote:
Original Posted By Fialena
ane jg ga tau mak, tau2 dah di auto lock ma hansip... takut jawabannya ga kebaca, ane post ulang dimari o

btw bentar... mo pajang kasih ibu seorang sal matabelo:

Spoiler for kasih ibu

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
malem2 nyusu kemaren si sape... sal masih maw nyusuin o

Spoiler for ketauan difoto

##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4
liat tangannya sal... langsung melindungi anaknya gitu tau gw lg foto2 hammer:


cakepnya anak si sal.. matabelo:
kapan maen ke rumah si sape?? D

Quote:
Original Posted By ahdir
WAh udah ganti kamar lagi, salam kenal agan dan aganwati


:salken \)

Quote:
Original Posted By buitenzorg29
wah udah pindah rumah
semoga makin solid deh sesama hedgie lovers
numpang pkiwan ya


iyo om.. ga terasa yah.. udah 4 episode neh.. ngakaks
Page 1 of 289 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Mamalia > ##^^Hedgehog Lover Come In^^## ---2nd--- - Part 4