Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★
Total Views: 5483 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

ButoGalak - 23/09/2011 12:34 AM
#21

hhhmmm ini pembahasan berat mbah D

btw thx sudah share shakehand2
angel3wijaya - 23/09/2011 12:51 AM
#22

Quote:
Original Posted By ButoGalak
hhhmmm ini pembahasan berat mbah D

btw thx sudah share shakehand2


memang mbah...
mgkn jika dishare bersama para sepuh & sedulur bisa jadi manfaat & keberkahan mbah
klenut - 23/09/2011 02:18 AM
#23

jero ieu mah euy...he he

nice share thumbup:
Digdadinaya - 23/09/2011 07:27 AM
#24

waaaaaahhhhh.....asyik....ternyata ada trit Hidayat jati ni...

(buku yang sempet bikin ane hampir gila -dalam arti sebenarnya- waktu jaman SMA....)

waktu pertama kali masuk forbud ane kira trit kyk gini pasti udah pernah ada dan udah ditutup...tapi ternyata saya masih diberi kesempatan ikut menyaksikan lahirnya trit ini....\)

bantu rate aja ya...belom bisa nyendol.
angel3wijaya - 23/09/2011 08:11 AM
#25

Quote:
Original Posted By klenut
jero ieu mah euy...he he

nice share thumbup:


hatur nuhun, kang

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
waaaaaahhhhh.....asyik....ternyata ada trit Hidayat jati ni...

(buku yang sempet bikin ane hampir gila -dalam arti sebenarnya- waktu jaman SMA....)

waktu pertama kali masuk forbud ane kira trit kyk gini pasti udah pernah ada dan udah ditutup...tapi ternyata saya masih diberi kesempatan ikut menyaksikan lahirnya trit ini....\)

bantu rate aja ya...belom bisa nyendol.



yang penting kita harus bisa bijak utk membaca juga memahaminya kang,
saya rasa yg lebih kontroversial adalah suluk gatholoco
angel3wijaya - 23/09/2011 08:12 AM
#26

Spoiler for Bab. 4 Kayektening Kahanan Kang Maha Luhur
Quote:
Original Posted By ]
Quote:
Original Posted By ]
Quote:


>[B"►

[/B]
[SIZE="3"]Wewejangan ingkang kaping sekawan dipun wastani : Kayektening Kahanan Kang Maha Luhur. Inggih punika pambukaning tata malige ing dalem betal makmur, awit dening pamejangipun ambuka kodrat iradatipun Pangeran Kang Maha Suci enggenipun karsa anjumenengaken mali gening dat minongka betulah katata wonten sirahing manungsa, punika sajatosipun dados pitedahan kayektening kahanan satunggal-satunggal, anandhakaken kalarating dat Kang Maha Luhur, langgeng mboten kenging wewah gingsir saking kahanan jati.
Kasebut ing dalem daliling ngelmi ingkang kaping sekawan, nukilan saking warahing kitab Insan Kamil. Amratelakaken wangsiting Pangeran Maha Suci dhateng kangjeng nabi Muhammad Rosulolah.

Ajaran yang keempat disebut Kayektening Kahanan Kang Maha Luhur, yaitu pambukaning tata malige ing dalem betal makmur. Disebut demikian karena ini mengajarkan tentang hal ambuka (membuka) kodrat-iradat (kekuasaan dan kehendak) Tuhan Yang Maha Suci ketika bermaksud mendirikan tahta dat untuk tempat tinggal, yang ditempatkan di (dalam) kepala manusia. Sebenarnya ini mnjadi bukti akan keadaan yang nyata satu demi satu, menandakan pula bahwa kalarat dat Yang Maha Tinggi itu abadi, tak dapat bergeming dari keadaan sejati.
Disebutkan di dalam dalil ilmu ke empat ini, yang dikutip dari kitab Insan kamil dan yang menerangkan tentang petunjuk Allah Yang Maha Suci kepada Kanjeng Nabi Muhammad Rosulullah.

Ayat ingkang kapisan karaos ing rahsa makaten jarwanipun.
“ Sajatine ingsun anata malige ana sajrone betal makmur, iku omah enggoning parameyaningsun, jumeneng ana sirahe Adam, kang ana ing sirah iku dimak, hiya iku utek, kang ana antarane utek iku manik, sajro ning napsu iku sukma, sajrone sukma iku rahsa, sajrone rahsa iku ingsun. Ora ana Pangeran nanging Ingsun Dat Kang Nglimputi Kahan Jati”.
Menggah dunungipun makaten.
1. Sirah punika wiyosipun kahananing betal makmur, tegesipun griya kang arame.
2. Utek kahananing kontha, anarik wahananing cahya, dados pambukaning netya.
3. Manik kahananing pramana, anarik wahananing warna, dados pambukaning paningal.
4. Budi kahananing pranawa, tegesipun padhanging manah, anarik wahananing karsa, dados pambukaning pamicara.
5. Napsu kahananing hawa, anarik wahananing swara, dados pambukaning pamiyarsa.
6. Sukma kahananing nyawa, anarik wahananing cipta, dados pambukaning panggoda.
7. Rahsa kahananing atma, anarik wahananing wisesa, dados pambukaning pangraos.

Ayat pertama terasa dalam rahsa bermakna demikian :
“ Sebenarnya Aku mengatur tahta di dalam betal makmur (rumah sejahtera) itu tempatku tanpa tanding, berdiri di kepala Adam, sedang yang ada dikepala itu dimak yaitu otak, diantara keduanya ialah manik, dan di dalam nafsu adalah sukma. Di dalam sukma itu rahsa, dan di dalam rahsa itu adalah Aku. Tak ada Allah melainkan Aku, Dat Yang Melingkupi keadaan yang sebenarnya”.
Adapun jelasnya demikian :
1. Kepala itu ialah betal makmur, berarti rumah yang ramai.
2. Otak itu kontha yang menarik adanya cahay, dan menjadikan terbukanya kesan pada raut wajah.
3. Manik adalah penglihatan yang menyingkap tabir warna, menjadikan terbukanya mata.
4. Budi itu terang, maksudnya hati yang terang, menarik adanya kemauan, menimbulkan terbukanya pembicaraan.
5. Nafsu itu hawa, menarik adanya suara, menjadikan terbukanya pendengaran.
6. Sukma adalah nyawa, menarik adanya cipta sehingga membuat terbukanya godaan.
7. Rahsa ialah atma (hidup, nyawa) menarik kekuasaan tinggi menyebabkan terbukanya perasaan.

Wasiyating guru ingkang medharaken ngelmi pambukaning malige ing dalem betal makmur, utaminipun anglampahana mboten kersa dhahar ulama utak akaliyan ulam manik. Madyanipun sampun ngantos amastani polo kaliyan manik, kabar pakantukipun ingkang sampun kalampahan asring katarimah ngelminipun. Dene ingkang mesthi wajib dipun lampahi punika mung ambirat napsu hawa, manawi kalampahan makaten saestu katarimah ngelminipun.

Wasiat guru yang menerangkan tentang ilmu pambukaning malige ing dalem betal makmur, itu seyogyanya dijalankan oleh murid dengan pantangan makan daging, otak dan mata. Setidak-tidaknya jangan sampai menyebut kepala dan mata. Menurut kabar bagi yang telah melaksanakan, akan berhasil dalam ilmunya. Sedang yang harus dijalani ialah menghilangkan hawa nafsu, dan apabila dapat melaksanakan hal itu, pasti ilmunya dapat terpenuhi.

ButoGalak - 23/09/2011 08:23 AM
#27

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
hatur nuhun, kang

yang penting kita harus bisa bijak utk membaca juga memahaminya kang,
saya rasa yg lebih kontroversial adalah suluk gatholoco


menurut saya mending yg gatholoco/darmogandul mbah....kalo yg ini lebih ke sufistik hakekat,......menurut R.Ng Ronggowarsito "sejatine ora ana apa2, sing ana iku dudu" ya inilah mbulet sejati Peace:
angel3wijaya - 23/09/2011 08:31 AM
#28

Quote:
Original Posted By ButoGalak
menurut saya mending yg gatholoco/darmogandul mbah....kalo yg ini lebih ke sufistik hakekat,......menurut R.Ng Ronggowarsito "sejatine ora ana apa2, sing ana iku dudu" ya inilah mbulet sejati Peace:


saya juga berpendapat seperti itu, mbah
sebab isi dari Gatholoco,Centhini & Dharmogandul lebih ke arah cerita perjalan sesorang
beda halnya dgn Hidayat Jati yg lgsg mengarah pada ajaran...
jika nanti thread ini menjadi kontroversi, mgkn saya akan minta mbah momod utk menutupnya...
ButoGalak - 23/09/2011 08:44 AM
#29

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
saya juga berpendapat seperti itu, mbah
sebab isi dari Gatholoco,Centhini & Dharmogandul lebih ke arah cerita perjalan sesorang
beda halnya dgn Hidayat Jati yg lgsg mengarah pada ajaran...
jika nanti thread ini menjadi kontroversi, mgkn saya akan minta mbah momod utk menutupnya...


sebenarnya ini lebih ke forum spiritual mbah kalo mau lebih memperdalam lagi...disana banyak master2 yg mungkin bisa menggalinya...asalkan gak ketemu yg dagang ayat2 aja ngakak
Digdadinaya - 23/09/2011 08:46 AM
#30

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
hatur nuhun, kang

yang penting kita harus bisa bijak utk membaca juga memahaminya kang,
saya rasa yg lebih kontroversial adalah suluk gatholoco


Quote:
Original Posted By ButoGalak
menurut saya mending yg gatholoco/darmogandul mbah....kalo yg ini lebih ke sufistik hakekat,......menurut R.Ng Ronggowarsito "sejatine ora ana apa2, sing ana iku dudu" ya inilah mbulet sejati Peace:


Quote:
Original Posted By angel3wijaya
saya juga berpendapat seperti itu, mbah
sebab isi dari Gatholoco,Centhini & Dharmogandul lebih ke arah cerita perjalan sesorang
beda halnya dgn Hidayat Jati yg lgsg mengarah pada ajaran...
jika nanti thread ini menjadi kontroversi, mgkn saya akan minta mbah momod utk menutupnya...


itulah kenapa saya bilang serat ini semapt bikin saya gila...karena butuh kebijaksanaan yang luar biasa buat paham..(kebijaksanaan yang mungkin orang tua saja belom punya..apalagi waktu saya SMA)

Serat ini memang lebih berupa ajaran yang ditarik lebih lanjut pada "manunggaling kawula lan Gusti".Berbeda dengan Gatolocho,Centhini atau Darmogandul yang isinya lebih banyak cerita dengan hikmah,maksud dan tujuan. HIdayah Jati memang sebuah ajaran...yang menurut para Wali pun Mursyid dan Murid -nyaharus orang2 yang terpilih..supaya tidak terjadi pembedaan makna dan salah jalan...

============================= edited

gak tau ini harusnya di Spiritual ato mana...tapi enakan disini aja...saya males ke spiritual..hehehehehe
angel3wijaya - 23/09/2011 09:02 AM
#31

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
itulah kenapa saya bilang serat ini semapt bikin saya gila...karena butuh kebijaksanaan yang luar biasa buat paham..(kebijaksanaan yang mungkin orang tua saja belom punya..apalagi waktu saya SMA)

Serat ini memang lebih berupa ajaran yang ditarik lebih lanjut pada "manunggaling kawula lan Gusti".Berbeda dengan Gatolocho,Centhini atau Darmogandul yang isinya lebih banyak cerita dengan hikmah,maksud dan tujuan. HIdayah Jati memang sebuah ajaran...yang menurut para Wali pun Mursyid dan Murid -nyaharus orang2 yang terpilih..supaya tidak terjadi pembedaan makna dan salah jalan...

============================= edited

gak tau ini harusnya di Spiritual ato mana...tapi enakan disini aja...saya males ke spiritual..hehehehehe


alasan saya utk di share disini juga sudah sempat dibicarakan dgn sepuh disni
karena dlm buku ini diterangkan pada kata pengantar "usaha pengembangan kebudayaan nasional yg bersumber dari kebudayaan daerah lewat naskah2 kuno-nya" Peace:
ButoGalak - 23/09/2011 09:09 AM
#32

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
alasan saya utk di share disini juga sudah sempat dibicarakan dgn sepuh disni
karena dlm buku ini diterangkan pada kata pengantar "usaha pengembangan kebudayaan nasional yg bersumber dari kebudayaan daerah lewat naskah2 kuno-nya" Peace:


kalo hemat saya mending disini aja mbah lebih santai D kalo di forspri ntar pada kritis2, blom lagi ketemu yg jualan ayat D ...lagipula disana aturannya lebih ketat sekarang Peace:
angel3wijaya - 23/09/2011 09:19 AM
#33

Quote:
Original Posted By ButoGalak
kalo hemat saya mending disini aja mbah lebih santai D kalo di forspri ntar pada kritis2, blom lagi ketemu yg jualan ayat D ...lagipula disana aturannya lebih ketat sekarang Peace:


saya setuju mbah shakehand
buhitoz - 23/09/2011 09:34 AM
#34

Quote:
Original Posted By ButoGalak
kalo hemat saya mending disini aja mbah lebih santai D kalo di forspri ntar pada kritis2, blom lagi ketemu yg jualan ayat D ...lagipula disana aturannya lebih ketat sekarang Peace:


Quote:
Original Posted By angel3wijaya
saya setuju mbah shakehand


akur, mbah....
kalo ngobrolnya rileks.... bisa nyambung biasanya
hateisworthless - 23/09/2011 09:55 AM
#35

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
alasan saya utk di share disini juga sudah sempat dibicarakan dgn sepuh disni
karena dlm buku ini diterangkan pada kata pengantar "usaha pengembangan kebudayaan nasional yg bersumber dari kebudayaan daerah lewat naskah2 kuno-nya" Peace:


lanjut disini aja dulu gan TS,
nanti kita lihat perkembangan threadnya
monggo dilanjut gan pembabarannya

shakehand2
angel3wijaya - 23/09/2011 09:58 AM
#36

Quote:
Original Posted By hateisworthless
lanjut disini aja dulu gan TS,
nanti kita lihat perkembangan threadnya
monggo dilanjut gan pembabarannya

shakehand2


iya mbah,
bab selanjutnya sedang disalin...jadi agak bersabar Peace:
zeth - 23/09/2011 10:03 AM
#37

Nice thread,gaan

shakehand


Cuman berat dan lebih kearah spiritual,nih.
Mungkin lebih cocok buat ditaruh di forum sebelah.
angel3wijaya - 23/09/2011 10:35 AM
#38

Quote:
Original Posted By zeth
Nice thread,gaan

shakehand


Cuman berat dan lebih kearah spiritual,nih.
Mungkin lebih cocok buat ditaruh di forum sebelah.

saya mempertimbangkan usulan para sepuh disini kang,
karena dalam buku ini disebutkan utk lebih memahami unsur budaya lokal,
disamping itu saya juga belum mengenal para sepuh disana (ditakutkan menjadi sara),
jadi mgkn lebih baik disini dulu kang Peace:
zeth - 23/09/2011 10:48 AM
#39

Quote:
Original Posted By angel3wijaya
saya mempertimbangkan usulan para sepuh disini kang,
karena dalam buku ini disebutkan utk lebih memahami unsur budaya lokal,
disamping itu saya juga belum mengenal para sepuh disana (ditakutkan menjadi sara),
jadi mgkn lebih baik disini dulu kang Peace:


Kalau sudah kearahan pemahaman seperti;

sajatine Ingsun dat kang amurba amisesa kang kawasa anitahake sawiji-wiji, dadi sanalika, sampurna saka kodrat Ingsun, ing kono wus kanyatan pratandhaning apngalIngsun kang minangka bebukaning iradatIngsun, kang dhingin Ingsun anitahake kayu aran sajaratulyakin tumuwuh ing sajroning alam ngadammakdum ajali abadi. Nuli cahya aran nur muhammad, nuli kaca aran mirhatulkayai, nuli nyawa aran roh ilapi, nuli damar aran kandil, nuli sesotya aran darah, nuli dhindhing jalal aran kijab. Iku kang minangka warananing kalaratIngsun.

Sebenarnya masuknya sudah bukan budaya lokal lagi..tapi pemahaman Islam menurut versi Jawa.
Atau sebetulnya agama itu juga bagian dari Budaya,ya???

ngakak
angel3wijaya - 23/09/2011 11:11 AM
#40

Quote:
Original Posted By zeth

Sebenarnya masuknya sudah bukan budaya lokal lagi..tapi pemahaman Islam menurut versi Jawa.
Atau sebetulnya agama itu juga bagian dari Budaya,ya???

ngakak




berat pertanyaannya mbah...hammer: Peace:
Page 2 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★