Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★
Total Views: 5483 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

buhitoz - 23/09/2011 07:47 PM
#61

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
manut para sesepuh....

kalopun mo membabarkan isinya juga g kuat mikirnya..bisa2 jadi stress edisi kedua..hehe


hihihihihi....hlah, udah sembuh toh....
...kirain lagi berobat jalan....Yb
angel3wijaya - 23/09/2011 09:02 PM
#62

Quote:
Original Posted By balaprabu
untuk agan tsnya, mbah angel saya sarankan tambahin tulisan:

Praktek dan maksud terpendam dalam materi diluar tanggung jawab penulis hehehehe Peace:

jadi tidak ada kewajiban ts untuk menjelaskan apa maksud materi ini, jadi sajikan saja sebagai sebuah bentuk kitab budaya yang diartikan masing masing pihak yang membacanya.

sudah saya pindahin ke pejwan kang

Quote:
Original Posted By zeth
Kalau ini saya setuju,mbah.
Urusan pendalaman materi..terserah masing2.


shakehand2


terima kasih dukungannya kang

Quote:
Original Posted By buhitoz
akur
shakehand

★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★

★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★
wah ada pict.nya ntar saya pindahin ke depan

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
manut para sesepuh....

kalopun mo membabarkan isinya juga g kuat mikirnya..bisa2 jadi stress edisi kedua..hehe


benar kang Peace:

Quote:
Original Posted By adiawae
manttaaap agan, ane ikut baca trit nya ...

mangga kang..shakehand
angel3wijaya - 23/09/2011 09:20 PM
#63

Spoiler for Bab. 5 Kayektene Kahanan Kang Maha Agung
Quote:
Original Posted By ]
Quote:
Original Posted By ]
Quote:


>[B"►

[/B]
[SIZE="3"]Wewejangan ingkang kaping ganggsal punika dipun wastani : Kayektene Kahanan Kang Maha Agung. Inggih punika pambukaning tata malige ing dalem betal mukharam. Awit dening pamejangipun ambuka kodrat iradating Pangeran Kang Maha Suci, enggenipun karsa anjenengaken malige ing dat minongka betulah katata wonten dhadhaning manungsa. Punika sajatosipun inggih dados pitedahan kayektene kahanan satunggal-satunggal, anandhakaken kalarating dat Kang Maha Mulya, langgeng mboten kenging ewah gingsir saking kahanan jati.

Ajaran kelima ialah yang disebut : Kayektene Kahanan Kang Maha Agung (kenyataan adanya Yang Maha Agung), yaitu pambukaning tata malige ing dalem betal mukharam. Disebut demikian karena ajarannya mengenai ambuka kodrat iradating Pangeran Kang Maha Suci (membuka takdir Tuhan Yang Maha Suci), yaitu sewaktu Tuhan hendak mendirikan tahta dat untuk tempat tinggal yang ditempatkan di (dalam) dada manusia. Ini sebenarnya menjadi petunjuk satu demi satu akan keadaan yang sebenarnya dan menandakan kalarat dat Yang Maha Mulia itu abadi tak berubah-ubah dari keadaan sejati.

Kasebut wonten daliling ngelmi ingkang kaping gangsal, inggih ugi sami nukil saking sarahing kitab Insan Kamil, amratelakaken wangsiting Pangeran Kang Maha Suci dhateng kangjeng Nabi Muhammad Rosulolah. Ayat ingkang kaping kalih karaos ing dalem rahsa makaten jarwanipun.
“ Sejatine ingsun anata malige ana sajrone betal mukharam. Iku omah enggoning larangan Ingsun, jumeneng ana dhadhaning Adam. Kang ana sajroning dhadha iku ati, kang ana antaraning ati iku jantung, sajroning jantung iku budi, sajroning budi iku jinem, hiya iku angen-angen, sajroning angen-angen iku sukma, sajroning sukma iku rahsa, sajroning rahsa iku Ingsun. Ora ana ing Pangeran, nanging Ingsun Dat kang anglimputi Kahanan Jati”.

Disebutkan di dalam dalil ilmu kelima ini nukilan dari keterangan kitab Insan Kamil yang menyebutkan akan wangsit Tuhan Yang Maha suci kepada Kanjeng Nabi Muhammad Rosulullah pada ayat kedua terasa dalam rahsa berarti demikian :“ Sebenarnya Aku Mengatur tahta di dalam betal mukharam (rumah yang mulia) itu Larangan Ku, berada di dada Adam. Di dalam dada tersebut ada hati, dan yang ada diantaranya yaitu jantung. Di dalam jantung terdapat budi, sedangkan budi itu sendiri diam, yaitu angan-angan. Sukma terdapat di dalam angan-angan,
dan di dalam sukma itu ada rahsa, ya di dalam rahsa itulah Aku. Tidak ada Tuhan melainkan Aku, Dat yang melingkupi keadaan sejati.

Menggah dunungipun makaten.
1. Dhadha, punika wiyosipun kahananing betal mukharam, tegesipun griya ingkang kaawisan.
2. Ati, kahananing pancadriya, tegesipun manah gangsal, anarik wahananing napsu, dados wahyaning napas.
3. Jantung, kahananing pancamoya, tegesipun osik gangsal, anarik wahananing birahi, dados wahyaning ketek.
4. Budi, kahananing pranawa, padhanging manah, anarik wahananing karsa, dados wahyaning pamicara.
5. Jinem, inggih punika angen-angen, kahananing panggraita, anarik wahananing swara, dados wahyaning pamiyarsa.
6. Sukma, kahananing nyawa, anarik wahananing cipta, dados wahyaning panggoda.
7. Rahsa, kahananing atma, anarik wahananing wisesa, dados wahyaning pangraos.

Sedang jelasnya demikian :
1. Dada ini adalah betal mukharam, yaitu rumah larangan.
2. Hati adalah panca indra, artinya lima hati, menarik nafsu menjadikan adanya nafas.
3. Jantung ialah panca maya, artinya lima angan-angan, menarik berahi, menyebabkan adanya denyut.
4. Budi adalah terang, artinya hati yang terang, menarik kehendak, menjadikan adanya kata-kata.
5. Jinem ini angan-angan, yaitu pengertian bathin, menarik suara, menyebabkan adanya pendengaran.
6. Sukma adalah nyawa, menarik cipta menjadika adanya godaan.
7. Rahsa ini ialah jiwa, menarik kekuasaan tinggi, menimbulkan adanya perasaan.

Wasiyating guru ingkang amedharaken ngelmi pambukaning tata malige ing dalem betal mukharam, utaminipun ngalampahana mboten dhahar ulam manah kaliyan ulan jantung, madyanipun sampun ngantos amastani angen-angen. Kabar pakantukipun ingkang sampun kalampahan asring katarimah ngelminipun, dene ingkang mesthi wajib dipun lampahi punika amung anyegah pangunek-unek salebeting batos, angesthiya panggalih trima, lila temen, utami. Menggah utami punika dumunung wonten sabar darana, manawi kalampahan makaten, saestu katarima ngelminipun.

Wasiat guru yang membicarakan tentang ilmu pambukaning tata malige ing dalem betal mukharam, seyogyanya
murid pantang makan daging hati dan jantung, setidak-tidaknya jangan menyebut dalam angan-angan. Menurut
berita, apa yang telah terjadi bila dilaksanakan, ilmunya akan berhasil. Sedanngkan yang wajib dilakukan ialah menahan semua yang kurang puas di dalam hati. Usahakan berhati ikhlas, jujur dan utama. Adapun utama itu berada di dalam hati yang sabar, apabila dapat melaksanakannya, maka ilmunya tentu dapat terpenuhi.

balaprabu - 24/09/2011 06:02 PM
#64

menanti kelanjutannya mbah beer:
angel.wijaya - 24/09/2011 06:06 PM
#65

Quote:
Original Posted By balaprabu
menanti kelanjutannya mbah beer:


habis maghrib saya up date mbah..
diberesi dulu hasilnya, takut ada yg kelewat Peace:
balaprabu - 24/09/2011 06:18 PM
#66

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
habis maghrib saya up date mbah..
diberesi dulu hasilnya, takut ada yg kelewat Peace:


oke mbah, siiiip thumbup:
angel.wijaya - 24/09/2011 07:06 PM
#67

Spoiler for Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci
Quote:
Original Posted By ]
Quote:
Original Posted By ]
Quote:


>[B"►

>[SIZE="5""►
Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci.[/SIZE][/B]


angel.wijaya - 24/09/2011 07:07 PM
#68

Spoiler for Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci lanjutan
Quote:
Original Posted By ]
Quote:
Original Posted By ]
Quote:

lanjutan
>[B"►

>[SIZE="5""►
Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci .[/SIZE][/B]

ButoGalak - 24/09/2011 07:07 PM
#69

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
Spoiler for Bab. 6 Kayektene Kahanan Kang Maha Suci


^^ wah ini tentang martabat tujuh D

lanjutgan shakehand2
angel.wijaya - 24/09/2011 08:28 PM
#70

Quote:
Original Posted By ButoGalak
^^ wah ini tentang martabat tujuh D

lanjutgan shakehand2


wah mbah buto mampir juga shakehand
balaprabu - 25/09/2011 12:47 AM
#71

Quote:
Dene pitedahan makaten :
Baga timbanging konthol, purana timbanging pringsilan ing salajengipun sami kaliyan ingatasipun amejang dhateng kakung. Anggenipun amardi supados sami marsudi ing waskithaning sangkan paran.


ini dia baru top mbah thumbup: iloveindonesias
angel.wijaya - 25/09/2011 12:56 AM
#72

Quote:
Original Posted By balaprabu
ini dia baru top mbah thumbup: iloveindonesias


walah ga ke sensor ntuh malu:
balaprabu - 25/09/2011 01:02 AM
#73

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
walah ga ke sensor ntuh malu:


perumpamaanya tu lho, bener bener manteb. karena tepat sasaran. hehehe. ya aslinya kan memang tulisan seratnya begitu mbah. biarin saja \)
angel.wijaya - 25/09/2011 01:07 AM
#74

Quote:
Original Posted By balaprabu
perumpamaanya tu lho, bener bener manteb. karena tepat sasaran. hehehe. ya aslinya kan memang tulisan seratnya begitu mbah. biarin saja \)


nanti di bab Munabiyating Hidayat Jati & Warahing Maklumat Jati sya tulis apa adanya aja,
itu ada beberapa kata yg saya sensor mbah
balaprabu - 25/09/2011 01:10 AM
#75

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
nanti di bab Munabiyating Hidayat Jati & Warahing Maklumat Jati sya tulis apa adanya aja,
itu ada beberapa kata yg saya sensor mbah


weleh tulis aja apa adanya mbah, kita kan ga bahas kepornoannya toh?lagian artinya apa ga beda mbah kalo disensor?
angel.wijaya - 25/09/2011 01:16 AM
#76

Quote:
Original Posted By balaprabu
weleh tulis aja apa adanya mbah, kita kan ga bahas kepornoannya toh?lagian artinya apa ga beda mbah kalo disensor?


sebenarnya cuma beda kata2nya saja,
spt larangan & khontol sama2 kemaluan laki
balaprabu - 25/09/2011 09:19 AM
#77

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
sebenarnya cuma beda kata2nya saja,
spt larangan & khontol sama2 kemaluan laki


hem sama ya?kalo hutan larangan berarti hutan..... shutup:
Digdadinaya - 25/09/2011 09:25 AM
#78

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
sebenarnya cuma beda kata2nya saja,
spt larangan & khontol sama2 kemaluan laki


kalo harus disensor segala yo ribet...wong disini nanti juga bakal mbahas otak,hati dan mani....
balaprabu - 25/09/2011 09:37 AM
#79

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
kalo harus disensor segala yo ribet...wong disini nanti juga bakal mbahas otak,hati dan mani....


wah mbah digda ternyata sudah paham dan hapal mengenai isi kitab ini thumbup:
angel.wijaya - 25/09/2011 09:40 AM
#80

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
kalo harus disensor segala yo ribet...wong disini nanti juga bakal mbahas otak,hati dan mani....


nda koq mbah...nanti saya update lagi deh Peace:
wah si mbah ternyata sudah faham betul akan isinya thumbup:
Page 4 of 11 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > ★★★★★ [share] Serat Hidayat Jati ★★★★★