TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Total Views: 21777 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 13 of 39 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›

cinde42 - 16/09/2010 03:47 PM
#241

Quote:
Original Posted By simbah koprol
copas
Spoiler for penyemaian seed cendana


1.Rendam biji selama 2 malam / 48jam di dalam ember yang berisi air setengah ember. Setelah 2 hari perhatikan kondisi biji. Pisahkan biji yang tenggelam dan yang terapung karena biji yang tenggelam adalah yang berkualitas tinggi, sedangkan yang terapung adalah kurang berkualitas.cukup mudah..boleh direndam dengan ari kurang lebih 1 hari..

2. Sediakan semaian menggunakan tanah hitam yang telah digembur.

3. Taburkan biji yang telah direndam 2malam keatas semaian yang telah disiram (basah) dengan rata kemudian taburkan sedikit tanah hitam keatas biji. Pastikan tanah tidak menutupi keseluruhkan biji tadi.

4. Siram 2 kali sehari yaitu pagi dan sore, ini untuk mempercepat proses percambahan.

5. Sediakan Polibag kecil dengan menggunakan media tanah hitam.

6. Perhatikan semaian setiap hari, jika ada biji yang pecah dan keluar sedikit tunas,cepat-cepat pindahkan ke dalam polibag dengan cara mengorek biji bersama dengan tanah dan masukkan ke dalam polibag yang telah disiram (basah). Ulangi ini sehingga semua biji yang pecah habis dipindahkan ke polibag.

7. Setelah dipindahkan ke dalam polibag, siraman cuma perlu 2hari sekali, dan tempatkan polibag ditempat yang terlindung dari cahaya matahari yang terik.
jangan lupa diberi inang(spt kriminil atau lombok)

8. Benih dapat ditanam ke tanah setelah tinggi 15cm atau lebih.

Anak pohon Cendana tidak memerlukan kawasan yang terlalu bersih, ia lebih suka di sekeliling semak atau ia tumbuh subur dibawah lindungan pohon2 tinggi. Seperti di dalam kebun karet / kebun buah-buahan.

9. setelah tinggi pohon Cendana mencapai 3m, bagian pucuk perlu berbunga / dipotong terus, ini adalah bertujuan pohon tidak tumbuh terlalu tinggi dan kualitas / cabang dapat diperlihara.

10. Pohon cendana matang pada tahun ke-8.


ane belum nyoba sih....
mbak lika ,mbak cinde & om ale.do , mungkin bisa coba cara ini kalau seed dari ane dah sampai


ini disiram apa di semprot tanahnya. Yak mari qta tunggu 8 tahun lagee hahahaSHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
cinde42 - 16/09/2010 03:53 PM
#242

Quote:
Original Posted By mochimo
Nyemai biji kaktus di rumah... Dengan media baru.

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Satu udah mulai kecambah, hari kedua setelah semai malu:

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


wkwkwk ternyata pk batu semen bisa. Aku kira cuma aku aja hehe diriku nyemai pake pasir zeolith minta dari mimi *kucingku*SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
simbah koprol - 16/09/2010 04:00 PM
#243

Quote:
Original Posted By cinde42
wkwkwk ternyata pk batu semen bisa. Aku kira cuma aku aja hehe diriku nyemai pake pasir zeolith minta dari mimi *kucingku*[/RIGHT]


hmmm.. zeolith ex toilet training kitten ya....
cinde42 - 16/09/2010 04:33 PM
#244

Quote:
Original Posted By simbah koprol


hmmm.. zeolith ex toilet training kitten ya....


ga lah mbah yg msh dlam bungkusnya hehehe. Yg ex kan dikubur wekekekekSHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
mochimo - 16/09/2010 04:45 PM
#245

Media aneh2 macam perlite, vermiculite ma zeolite disini susah mba. Jd musti akal2an, he2x

Quote:
Original Posted By cinde42


wkwkwk ternyata pk batu semen bisa. Aku kira cuma aku aja hehe diriku nyemai pake pasir zeolith minta dari mimi *kucingku*
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
cinde42 - 16/09/2010 05:12 PM
#246

Quote:
Original Posted By mochimo
Media aneh2 macam perlite, vermiculite ma zeolite disini susah mba. Jd musti akal2an, he2x



eh emank pasir zeolite bs ya buat nyemai? Hbs ga punya pasir malang jd cm akal2anku aja heheSHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
mochimo - 16/09/2010 05:15 PM
#247

Quote:
Original Posted By cinde42
eh emank pasir zeolite bs ya buat nyemai? Hbs ga punya pasir malang jd cm akal2anku aja heheSHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Bisa deh kayaknya, cuma musti memperhatikan sifat media nya. Zeolite kan nyerap air tuh ^^
tamayasa70 - 17/09/2010 08:23 AM
#248

Eduleku stelah 4 minggu. 4 dah numbuh, malah dah mau kluar calon daunnya. spino cuman baru 2 yg ada tanda2 kluar akar. medianya asal2an aja xi xi ximalu
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
sisanya masih ngantri. tak taruh aja di atas pasmal. perlu di cariin sinar pagi gk sekali2 mo????
mochimo - 17/09/2010 08:27 AM
#249

Quote:
Original Posted By tamayasa70
Eduleku stelah 4 minggu. 4 dah numbuh, malah dah mau kluar calon daunnya. spino cuman baru 2 yg ada tanda2 kluar akar. medianya asal2an aja xi xi ximalu
sisanya masih ngantri. tak taruh aja di atas pasmal. perlu di cariin sinar pagi gk sekali2 mo????


:thumbup ^^

Wah, klo Edule, nunggu om Alwyp neh jawabnya malu:
Belum pernah nyoba ooom nanam Dioon. Klo disaya bisa saya rendam abis tuh sisanya, he he.. Suka iseng nih.
tamayasa70 - 17/09/2010 09:15 AM
#250

Quote:
Original Posted By mochimo
:thumbup ^^

Wah, klo Edule, nunggu om Alwyp neh jawabnya malu:
Belum pernah nyoba ooom nanam Dioon. Klo disaya bisa saya rendam abis tuh sisanya, he he.. Suka iseng nih.


dulu dah tak rendem 3-4 hari, pake air, B1, atonik ama fungiside. diganti tiap hari. harusnya pake air tok ya mo??
mochimo - 17/09/2010 09:30 AM
#251

Quote:
Original Posted By tamayasa70
dulu dah tak rendem 3-4 hari, pake air, B1, atonik ama fungiside. diganti tiap hari. harusnya pake air tok ya mo??


Bahan2nya sih nda masalah, cm klo mau oversoak masih kurang lama om.. Biasanya 1 minggu dah ada kluar calon akar, sisanya menyusul ga beraturan nongol. Tapi lupa ngcek malah bisa busuk bijinya nohope:
simbah koprol - 18/09/2010 12:06 PM
#252

baru kelar semai seed blt dari bli tama...
ga ada pot kecil, akhirnya pakai mika ex pembungkus kue.. totalnya ada 8 kotak,
Spoiler for ditaruh di teras yg kena matahari pagi...

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Spoiler for seedling karendang dengan cara semaian yg sama.

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Alwyp2008 - 30/09/2010 07:03 AM
#253

--mudah2 an sabtu minggu ini gak ada yg ganggu...cd

Jadi bisa konsen nyemai biji hasil BLT dan yg dibeli kemarin \(......mudah2an masih bisa tumbuh ......malus
mochimo - 08/10/2010 10:57 PM
#254

^.^

nyemai A.capricorne sp major yg dulu ditarik dari pasar. Iseng2 pake cara oversoak. Yg 1 malam dr 10 dah numbuh 3 (hari ke 2 setelah semai).

Batch ke 2 dan 3, @10, mau di semai setelah oversoak 1 mgu dan 10 hari.

Dilamain krn mau mudik lg, he2x, klo germinate susah kontrolx, penghuni baru kontrakan ga ada sense tanaman, kmrn ampir modar tanaman aye, pdhl punya kebun luas lho..
Quote:
Original Posted By Alwyp2008
--mudah2 an sabtu minggu ini gak ada yg ganggu...cd

Jadi bisa konsen nyemai biji hasil BLT dan yg dibeli kemarin \(......mudah2an masih bisa tumbuh ......malus
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
cinde42 - 09/10/2010 06:09 AM
#255

Quote:
Original Posted By mochimo
^.^

nyemai A.capricorne sp major yg dulu ditarik dari pasar. Iseng2 pake cara oversoak. Yg 1 malam dr 10 dah numbuh 3 (hari ke 2 setelah semai).

Batch ke 2 dan 3, @10, mau di semai setelah oversoak 1 mgu dan 10 hari.

Dilamain krn mau mudik lg, he2x, klo germinate susah kontrolx, penghuni baru kontrakan ga ada sense tanaman, kmrn ampir modar tanaman aye, pdhl punya kebun luas lho..


hi3 susah ya kalo kalo ditinggal2 mudik itu? Jenis apa thu kang?

Ni lg semai cendana blt dr simbh koprol. Ko lama ya hahaha baru jg 3hr heheSHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
mochimo - 09/10/2010 06:57 AM
#256

Kaktus mba.. Iya nih, susah bener, nyiram pun ogah. Untung holyhock sy ga mati, pdhl sensitif ne tanaman. Mau d bw mudik aja, jadi aman d rumah ortu ada yg siram2 D
Quote:
Original Posted By cinde42


hi3 susah ya kalo kalo ditinggal2 mudik itu? Jenis apa thu kang?

Ni lg semai cendana blt dr simbh koprol. Ko lama ya hahaha baru jg 3hr hehe
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Alwyp2008 - 09/10/2010 07:10 AM
#257

Quote:
Original Posted By tamayasa70
Eduleku stelah 4 minggu. 4 dah numbuh, malah dah mau kluar calon daunnya. spino cuman baru 2 yg ada tanda2 kluar akar. medianya asal2an aja xi xi ximalu
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
sisanya masih ngantri. tak taruh aja di atas pasmal. perlu di cariin sinar pagi gk sekali2 mo????


Om Tama...biji dion nya dipendam separo biar proses pertumbuhannya terpicu \)
tamayasa70 - 09/10/2010 07:19 AM
#258

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
Om Tama...biji dion nya dipendam separo biar proses pertumbuhannya terpicu \)


OOOooooooo gitu ya. so far cuman 4 edule ama 2 spino yg tumbuh.(sabar sihhhhh, baru jg 2 bulan) ktnya ada yg nyampai 8 bulan. xi xi xi. sampai 1 kontrak sy belom jg tumbuh bijinya.ngakak
cinde42 - 09/10/2010 07:35 AM
#259

Asterias ato astro? Eh sama ga sih Hehe bs ya di oversoak? Rada horor sih inget mg yg di oversoak pas mindahin ke media jd metong hi3
Quote:
Original Posted By mochimo
Kaktus mba.. Iya nih, susah bener, nyiram pun ogah. Untung holyhock sy ga mati, pdhl sensitif ne tanaman. Mau d bw mudik aja, jadi aman d rumah ortu ada yg siram2 D
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
mochimo - 09/10/2010 08:19 AM
#260

MG apa mba? Klo pengalaman, tipe biji kecil cukup 1 hari dah ngakar, tp krn yg biasa cepet aja, ga praktis oversoak. Klo yg besar ky alba, bisa ajah, 3 hari dah ngakar, cuman yaa pas disemai musti steril dr serangga (bijix dh kebuka).
Quote:
Original Posted By cinde42
Asterias ato astro? Eh sama ga sih Hehe bs ya di oversoak? Rada horor sih inget mg yg di oversoak pas mindahin ke media jd metong hi3
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Page 13 of 39 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)