TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Total Views: 21777 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 15 of 39 | ‹ First  < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 >  Last ›

dilopez - 14/10/2010 08:43 AM
#281

Quote:
Original Posted By mochimo
Irregular om, ga tentu, tp ga sulit kog. Klo diretakin blm pnah coba. Metode kumbung = sungkup malu:

Yg leci udah bhasil, tp tanahx overdosis hara, jd tgl 1 nohope:. Nah, cherry tmbh dgn baik, cepet bgt, tgl 1 juga, kata d rumah sempet dibersihin, dikira bibit gulma. Tp kemarin jalan, nemu puun dgn daun yg mirip2, udah gede, :confused), mau liat buahx ntar, kali aja cherry jenis lain D.

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


ntar klo ada leci lagi say kirimin deh bersama bibit matoa...kalo lagi berbuah disini, wah cherry numbuh juga? di tempat saya gak tuh om, bagaimana caranya bisa kasih langkah2nya?

klo gingko gak saya sungkup tapi saya retakin , tapi bukannya retak malah kaya kekupas , masih bisa numbuh gak yah?

yang ceri ada picnya gak penasaran, takutnya ada yg kebuang malah numbuh di pinggir jalan :P
dilopez - 15/10/2010 11:31 AM
#282

tadi malam lagi cek pot, sambil benahin bibit gingko yang kebanjiran gara2 hujan lebat, eh nemu bibit kopi yang lagi kecambah wah senangnya, mulai mggu ini pinjam cam, upload ke kaskus.
tungeng - 16/10/2010 04:06 AM
#283

[QUOTE=mochimo;293943474]Irregular om, ga tentu, tp ga sulit kog. Klo diretakin blm pnah coba. Metode kumbung = sungkup malu:


mo ....info media semai keluarga berry dong,br dpt dr temen nih
sekalian ama media semai aloe hehehe.
thanks
oPembasmiHamao - 16/10/2010 08:05 AM
#284

Quote:
Original Posted By tungeng
[QUOTE=mochimo;293943474]Irregular om, ga tentu, tp ga sulit kog. Klo diretakin blm pnah coba. Metode kumbung = sungkup malu:


mo ....info media semai keluarga berry dong,br dpt dr temen nih
sekalian ama media semai aloe hehehe.
thanks


tanah kebun aja om.....udh bagus o
mochimo - 16/10/2010 08:56 AM
#285

Boleh om.. malu: ini mau pulang kampung sekalian nengok. Sy bingung ma tan cherry nya, nanti tak uplod dh picx. Mudah2an ga salah.

Klo ginko, sy ngu hasilx aja klo gt, kalo cepet kn bgs. \)

Quote:
Original Posted By dilopez


ntar klo ada leci lagi say kirimin deh bersama bibit matoa...kalo lagi berbuah disini, wah cherry numbuh juga? di tempat saya gak tuh om, bagaimana caranya bisa kasih langkah2nya?

klo gingko gak saya sungkup tapi saya retakin , tapi bukannya retak malah kaya kekupas , masih bisa numbuh gak yah?

yang ceri ada picnya gak penasaran, takutnya ada yg kebuang malah numbuh di pinggir jalan :P
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
mochimo - 16/10/2010 08:57 AM
#286

genit:

Quote:
Original Posted By dilopez
tadi malam lagi cek pot, sambil benahin bibit gingko yang kebanjiran gara2 hujan lebat, eh nemu bibit kopi yang lagi kecambah wah senangnya, mulai mggu ini pinjam cam, upload ke kaskus.
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
mochimo - 16/10/2010 09:01 AM
#287

Berry2an biasanya di cold stratification dulu. Br disemai biasa. Waktu didinginkanx msh bgg, ad yg blg 1 mgu dh ckp, ad jg yg sampe 1 bulan. D.
~
klo aloe, ngikut media palm aj om, potx tserah, klo kecil aloex ikutan mini D.
Quote:
Original Posted By tungeng
[QUOTE=mochimo;293943474]Irregular om, ga tentu, tp ga sulit kog. Klo diretakin blm pnah coba. Metode kumbung = sungkup malu:


mo ....info media semai keluarga berry dong,br dpt dr temen nih
sekalian ama media semai aloe hehehe.
thanks
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
dilopez - 17/10/2010 01:07 PM
#288
999
nih hasil germinatti beberapa tanaman saya;

kopi

Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


mATOA
Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


leci

Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


dan teman3 yang lain dalam barisan,srikaya merah, kopi, matoa terakhir leci

Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
[/indent]
mochimo - 17/10/2010 03:42 PM
#289

Quote:
Original Posted By dilopez
nih hasil germinatti beberapa tanaman saya;

kopi

Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


mATOA
Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


leci

Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


dan teman3 yang lain dalam barisan,srikaya merah, kopi, matoa terakhir leci

Spoiler for
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
[/indent]


Medianya kog lembab sepertinya?
dilopez - 17/10/2010 08:39 PM
#290

Quote:
Original Posted By mochimo
Medianya kog lembab sepertinya?


oh baru di diram om, emang harus lembab terus, kebetulan itu rumput kering fermentasi jadi kaya bokashi buatan sendiri, cuma pengen numbuhin jamur kaya di tempe jadi di buat lembab katanya klo udah tumbuh jamur berarti dah berhasil, solany dulu pernah , pada media keluar spora miselum a[a yah namanya bikin tanaman subur karena mnghasilkan mikroba organik dan bakteri baik buat tumbuhan yang mengikat nitrogen
mochimo - 18/10/2010 08:07 AM
#291

Quote:
Original Posted By dilopez
oh baru di diram om, emang harus lembab terus, kebetulan itu rumput kering fermentasi jadi kaya bokashi buatan sendiri, cuma pengen numbuhin jamur kaya di tempe jadi di buat lembab katanya klo udah tumbuh jamur berarti dah berhasil, solany dulu pernah , pada media keluar spora miselum a[a yah namanya bikin tanaman subur karena mnghasilkan mikroba organik dan bakteri baik buat tumbuhan yang mengikat nitrogen


matabelo:
Ilmu baru nih genit:

inokulannya numbuh sendiri (bawaan rumput fermentasi) atau ditambahin belakangan om??
dilopez - 18/10/2010 08:20 AM
#292

Quote:
Original Posted By mochimo
matabelo:
Ilmu baru nih genit:

inokulannya numbuh sendiri (bawaan rumput fermentasi) atau ditambahin belakangan om??




ilmu baru gak juga, baca2 cara bikin bokashi aja, gak ada jerami, cacahan rumput kering terus di ungkep sambil di kasih em4 sampai berapa minggu ntr berubah agak kehitaman, klo sekilas kaya tahi sapi tapi gak bau dan gak panas,,, lebih aman untuk tanaman, bedanya klo tahi sapi harus tunggu dingin kalo ini rumput yang di cacah di jemur atau di ungkep sehari sambil di basahin dengan em4 setelah itu tinggal taruh jadi media gak bikin mati tanaman, klo tahi sapi kan harus nunggu bermingggu sampai dingin.

cuma mau keluarin miselum jamurnya kelembapan harus pas, kalo kelembapan pas, ntar di media akan timbul jamur kaya di tempe putih dan halus kaya benang itu baru bagus bakteri baik pengikat nitrogen dan mikroba udah terbentuk, kalo kaya gitu tanaman tahan sama hama, itu yang saya tahu berdasarkan pengalaman waktu di media anggrek.

jadi inokulannya bersamaan dngan rumput yang di fermentasi, kalo gak bisa juga ambil jamur putih yang di tempe, di tempel dengan rumpt yang ada di media sambil di atur kelembapannya.klo berkembang berarti dah pas.saya juga mau coba tempe mentah di campur dengan em 4 kemudian di campur dengan media yang ada di atur kelembapannya, tujuan buat pengadaan pupuk untuk media.
mochimo - 18/10/2010 08:24 AM
#293

Quote:
Original Posted By dilopez
di tambah belakangan, cuma buat kopi lama dan matoa juga lama, di kasih rumput fermentasi biar dapet unsur hara aja terus biar subur...soalnya kemarin medianya tanah merah dan seiit sekam tok...

ilmu baru gak juga, baca2 cara bikin bokashi aja, gak ada jerami, cacahan rumput kering terus di ungkep sambil di kasih em4 sampai berapa minggu ntr berubah agak kehitaman, klo sekilas kaya tahi sapi tapi gak bau dan gak panas,,, lebih aman untuk tanaman, beanya klo tahi sapi harus tunggu dingin kalo ini rumput yang di cacah di jemur atau di ungkep sehari sambil di basahin dengan em4 setelah itu tinggal taruh jadi media gak bikin mati tanaman, klo tahi sapi kan harus nunggu bermingggu sampai dingin.

cuma mau keluarin miselum jamurnya kelembapan harus pas, kalo kelembapan pas, ntar di media akan timbul jamur kaya di tempe putih dan halus kaya benang itu baru bagus bakteri baik pengikat nitrogen dan mikroba udah terbentuk, kalo kaya gitu tanaman tahan sama hama, itu yang saya tahu berdasarkan pengalaman waktu di media anggrek


Berarti saya yang ketinggalan ilmu hammer:, padahal dulu pas magang laporannya fermentasi rumput purun tikus buat sawit nohope:.

Mau dipraktekan aaah, kebetulan halaman samping rumah banyak rumputnya, mau dibersihkan. Kemarin bingung treatmentnya kaya apa, rumput cuma di tumpuk di bawah puun mangga doank.
dilopez - 18/10/2010 08:31 AM
#294

Quote:
Original Posted By mochimo
Berarti saya yang ketinggalan ilmu hammer:, padahal dulu pas magang laporannya fermentasi rumput purun tikus buat sawit nohope:.

Mau dipraktekan aaah, kebetulan halaman samping rumah banyak rumputnya, mau dibersihkan. Kemarin bingung treatmentnya kaya apa, rumput cuma di tumpuk di bawah puun mangga doank.


udah saya edit sebagian tadi saya sempet bingung ama pertanyaan om, wah klo bnayak rumput enak bgt, saya harus nayri dulu, maklum sawah susah disini, jadi rumput juga susah harus nyari, di tumpuk di bwah mangga juga bagus om, cuma di tutp pake plastik dan sebelomnya di siram em4, selama sebulan, sambil bolak balik rumputnya .


jadi rumput di siram em4, setelah itu diaduk2 atau yang bagian atas di balik kebagian bawah terus bagian bawah di siram air kemudain di tutup plastik atau daun pisang. selama seminggu di jaga kelembapannya biar tumbuh miselum jamur putih kaya tempe,katanya itu bagus, karena jamur putih seperti benang2 tipis dapat mengikat nitrogen di udara, makanya tempe bagus untuk manusia, karena jamurnya secara gak langsung adalah bakteri probiotik. CMIIW
cinde42 - 18/10/2010 09:15 AM
#295

waaah lg bahas bokashi yaaa... iyaaa ni aku jg pake pokoknya by product dapur deeh kek bekas potongan bayam, kangkung, kulit bawang, ampas teh, cucian beras, daun2 dikebon dicinccang masupin box rapat ksh gulaa ma em4. hahaha ga tau bener pa ga tuu... jd smp skrg aku lum pernah pake npk ato zpt. pengen full organik niiSHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
dilopez - 18/10/2010 09:23 AM
#296

Quote:
Original Posted By cinde42
waaah lg bahas bokashi yaaa... iyaaa ni aku jg pake pokoknya by product dapur deeh kek bekas potongan bayam, kangkung, kulit bawang, ampas teh, cucian beras, daun2 dikebon dicinccang masupin box rapat ksh gulaa ma em4. hahaha ga tau bener pa ga tuu... jd smp skrg aku lum pernah pake npk ato zpt. pengen full organik niiSHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


udah bener mbak, klo saay modenya bokashi dari jerami dngan campuran tempe dan em 4.

loh berasa OOT yah nih kan germinasi bukan pupu thread :P
oPembasmiHamao - 18/10/2010 11:28 AM
#297

Top nih thumbup:

cuma kalo bokashi saya beli jadi Yb...gak sempat bikinnya \( \(

Lagi nyoba Kascing kebetulan ada teman yg produksi...mo di liat lebih bagus mana antara bokashi dng kascing o
dilopez - 18/10/2010 11:30 AM
#298

Quote:
Original Posted By oPembasmiHamao
Top nih thumbup:

cuma kalo bokashi saya beli jadi Yb...gak sempat bikinnya \( \(

Lagi nyoba Kascing kebetulan ada teman yg produksi...mo di liat lebih bagus mana antara bokashi dng kascing o


lebih bagus lagi klo bokshi di masukin cacing om, hasil kascingnya dah di jamin bagus
cinde42 - 18/10/2010 12:31 PM
#299

Quote:
Original Posted By dilopez
udah bener mbak, klo saay modenya bokashi dari jerami dngan campuran tempe dan em 4.

loh berasa OOT yah nih kan germinasi bukan pupu thread :P
i

hihihihi... iya berasa OOT hbs belum ada dana buat beli pupuk komersil secara pengangguran mo minta duit jg ga dikasi hahaha
oPembasmiHamao - 18/10/2010 02:08 PM
#300

Quote:
Original Posted By dilopez
lebih bagus lagi klo bokshi di masukin cacing om, hasil kascingnya dah di jamin bagus


patut dicoba cuma biaya produksinya jadi membengkak D D

kascing 1 kg 5000 aja udh pada protes o

Quote:
Original Posted By cinde42
i

hihihihi... iya berasa OOT hbs belum ada dana buat beli pupuk komersil secara pengangguran mo minta duit jg ga dikasi hahaha


minta pacaranya donk D
Page 15 of 39 | ‹ First  < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)