TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Total Views: 21777 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 39 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

RaiD0u - 12/11/2009 05:47 PM
#21

wah thread bgs...
gw jg pernah, tp tanaman bunga matahari n zodia, sayang gagal, krn rentan hama...
BramDerisco - 13/11/2009 07:36 AM
#22

ikutan belajar juga.. selalu gagal menyemai biji bunga matahari o
ice-pack - 27/12/2009 12:23 AM
#23

agan, saya nyemai beberapa biji tanaman (cassia, kembang merak, and keluarganya acacia, tp ga jelas speciesnya apa).

Nah, ada beberapa yg berhasil berkecambah dalam 3-8 hari, yg ini no prob.

Yg belom berkecambah ini yg masalah gan, bijinya kok kayak ada jamur putih2 (kayak benang2 halus). Apakah ini:
(1) normal,
(2) perlu perhatian khusus, atau
(3) tinggal di buang aja ya ??
(kalo dr literatur, emang germination nya ngga seragam, ada yg sampe 3 minggu br berkecambah).

Help please.
Felungsky - 27/12/2009 10:13 PM
#24

Sblm nya salam hormat dl utk para suhu n sesepuh. shakehand
Nubi minta ijin sharing cr ngecambahin biji. D
1. Jgn pake wadah yg besar / tinggi utk ngecambahin biji, kira2 diameter 5cm, tinggi 5cm.
2. Isi media dgn sekam bakar. Sisakan 1-0,5cm dr ujung atas wadah, tergantung besar kecilnya biji. Sekam bakar nya jangan dipadatkan ya..
3. Taruh biji, secara beraturan n simetris, lalu tutupi dgn sekam bakar. Lalu semprotkan dgn growmore merah atau vit B1 (cari aja di toko trubus) hingga basah bngt. Lalu bungkus dgn plastik yg transparan. Taruh di tempat yg tdk terkena sinar matahari.
4. Biarkan selama 1 minggu. Bila sebelum 1 minggu sudah muncul perakaran atau pecah biji, atau terlihat hijau2 calon tunas, buka plastik dan taruh media di tempat terbuka yg teduh, ada cahaya matahari tp tdk terkena terik langsung. Teruskan siram dgn growmore merah hingga tunas agak besar.
5. Bila dlm 1 minggu blm terlihat tanda2 pertumbuhan akar atau pecah biji, buka plastik dan taruh di tempat teduh spt pd langkah 4.
6. Takaran pupuk tdk blh banyak2, cm sbg suplemen air. Krn kalo kebanyakan malah matee tunasnya

Dah gt aja ya, kiranya pengalaman nubi bs bermanfaat sekedar membuka wawasan, bukan bermaksud menggurui atau sok pinter. Kalo ada yg salah, atau kurang, nubi mohon bimbingan dr para suhu n sesepuh.
Thanks shakehand D
ice-pack - 29/12/2009 01:37 AM
#25

bos Felungsky, sampe berkecambah sih udah beberapa, tapi masalah jamur yg putih2 itu loh......

Kalo berkecambahnya cepet, sebelom nongol tu jamur udah saya pindahin ke nursery pot, yg ketinggalan belum berkecambah di germination pot ini yg bikin puyeng....
jendol13 - 29/12/2009 09:23 AM
#26

Quote:
Original Posted By RaiD0u
wah thread bgs...
gw jg pernah, tp tanaman bunga matahari n zodia, sayang gagal, krn rentan hama...


wah bunga matahari susah ya?...padal tertarik ma yang ada di fjb.......full color
Sak-suk - 29/12/2009 09:45 AM
#27

Quote:
Original Posted By ice-pack
bos Felungsky, sampe berkecambah sih udah beberapa, tapi masalah jamur yg putih2 itu loh......

Kalo berkecambahnya cepet, sebelom nongol tu jamur udah saya pindahin ke nursery pot, yg ketinggalan belum berkecambah di germination pot ini yg bikin puyeng....


Untuk mengatasi jamur, saya pernah baca sebelum digunakan media tanam sebaiknya direndam dulu dengan fungisida.
saya_neeh - 29/12/2009 09:50 AM
#28

Permisi, numpang tanyamalu:

Kalo biji salak n pepaya gimana?
Felungsky - 29/12/2009 09:55 AM
#29

Quote:
Original Posted By ice-pack
bos Felungsky, sampe berkecambah sih udah beberapa, tapi masalah jamur yg putih2 itu loh......

Kalo berkecambahnya cepet, sebelom nongol tu jamur udah saya pindahin ke nursery pot, yg ketinggalan belum berkecambah di germination pot ini yg bikin puyeng....


salam dulu om shakehand
met kenal ya boss D
sy msh nubie neh om tp mudah2an bs bantu2 ya.. D
1. Yg dikecambahin biji apa nih om?
2. Trus media pembibitannya apa?
3. Kalo jamur, setau sy dipakein fungsida om (cari di toko trubus deh om) setau sy di media pembibitannya disemprotin fungisida.
Gitu aja dulu ya om, utk lbh jelasnya nunggu para suhu aja om.. Sy msh nubi.
Sak-suk - 29/12/2009 09:57 AM
#30

Kalau salak saya kurang tau gan. Kalau pepaya sih, pernah liat teman disebar aja bijinya juga tumbuh, ada juga yang bijinya dijemur dulu sesudah kering baru ditanam.
mochimo - 29/12/2009 05:19 PM
#31

Quote:
Original Posted By saya_neeh
Permisi, numpang tanyamalu:

Kalo biji salak n pepaya gimana?


Mudah banget bro.. Tinggal taruh di medium yang gembur n lembab ^^
Klo salak, saya biasa lempar ke sela sela tanaman lain aja yang lembab, nanti dia tumbuh sendiri kog ^^. Klo pepaya, bisa lempar langsung, tapi sedikit aja yang selamat, klo mau banyak, dikasih fungisida aja
mochimo - 29/12/2009 05:21 PM
#32

Quote:
Original Posted By jendol13
wah bunga matahari susah ya?...padal tertarik ma yang ada di fjb.......full color


Coba tanya bro Cow, beliau berhasil numbuhin dengan sukses ^^
saya_neeh - 29/12/2009 07:52 PM
#33

Quote:
Original Posted By mochimo
Mudah banget bro.. Tinggal taruh di medium yang gembur n lembab ^^
Klo salak, saya biasa lempar ke sela sela tanaman lain aja yang lembab, nanti dia tumbuh sendiri kog ^^. Klo pepaya, bisa lempar langsung, tapi sedikit aja yang selamat, klo mau banyak, dikasih fungisida aja


Quote:
Original Posted By Sak-suk
Kalau salak saya kurang tau gan. Kalau pepaya sih, pernah liat teman disebar aja bijinya juga tumbuh, ada juga yang bijinya dijemur dulu sesudah kering baru ditanam.


makasih Om. Cari fungisida dulu. Btw, perlu pake naungan/pelindung dari sinar matahari gak ya?
mochimo - 30/12/2009 02:51 PM
#34

Quote:
Original Posted By saya_neeh
makasih Om. Cari fungisida dulu. Btw, perlu pake naungan/pelindung dari sinar matahari gak ya?


Iya.. Secukupnya aja ^^
Btw, bukan Om, masih newbie saya
jendol13 - 30/12/2009 04:40 PM
#35

Quote:
Original Posted By mochimo
Coba tanya bro Cow, beliau berhasil numbuhin dengan sukses ^^


okre..cuman katany atanaman itu perlu full sun ya? nohope:
gak jadi tertarik deh...karena tempate udah di booking ma seedling adeniumku...malu:
pengen berkebun tapi terbatas lahannya........
ice-pack - 31/12/2009 01:54 AM
#36

Quote:
Original Posted By Sak-suk
Untuk mengatasi jamur, saya pernah baca sebelum digunakan media tanam sebaiknya direndam dulu dengan fungisida.

Thanks utk sarannya, nanti saya coba untuk next batch.


Quote:
Original Posted By Felungsky
salam dulu om shakehand
met kenal ya boss D
sy msh nubie neh om tp mudah2an bs bantu2 ya.. D
1. Yg dikecambahin biji apa nih om?
2. Trus media pembibitannya apa?
3. Kalo jamur, setau sy dipakein fungsida om (cari di toko trubus deh om) setau sy di media pembibitannya disemprotin fungisida.
Gitu aja dulu ya om, utk lbh jelasnya nunggu para suhu aja om.. Sy msh nubi.

1) Macem2 bos, dari kembang meraksalam, sampe kenari. Tergantung lg dapetnya biji apa.

2) pasir+kompos+tanah humus (2:1:1), di jemur sebelum di pake.

3) Thanks utk sarannya, nanti saya coba dan report hasilnya.


Quote:
Original Posted By mochimo
Iya.. Secukupnya aja ^^
Btw, bukan Om, masih newbie saya

newbie bangkotan ini mah :P
saya_neeh - 03/01/2010 01:39 AM
#37

Quote:
Original Posted By mochimo
iya.. Secukupnya aja ^^
btw, bukan om, masih newbie saya



Quote:
Original Posted By ice-pack

newbie bangkotan ini mah p


:d
choytob - 03/01/2010 02:18 AM
#38

bro mochi...ane mo tanya klo ngecambahin biji bunga tulip gimana yah? Apa sama aja kaya biji2 taneman yg lain? Apa kemungkinan ga bakal tumbuh? Ane mau tanem di lampung, \).....
mochimo - 03/01/2010 09:45 AM
#39

Quote:
Original Posted By jendol13
okre..cuman katany atanaman itu perlu full sun ya? nohope:
gak jadi tertarik deh...karena tempate udah di booking ma seedling adeniumku...malu:
pengen berkebun tapi terbatas lahannya........


Iya, supaya tumbuhnya ga moloooooooor. Bagusnya full sun. Namanya juga bunga matahari ^^
mochimo - 03/01/2010 09:48 AM
#40

Quote:
Original Posted By choytob
bro mochi...ane mo tanya klo ngecambahin biji bunga tulip gimana yah? Apa sama aja kaya biji2 taneman yg lain? Apa kemungkinan ga bakal tumbuh? Ane mau tanem di lampung, \).....


Setahu saya Tulip tanaman yang butuh suasana dingin bro..
Mungkin bisa dicoba, diletakin di lemari es selama beberapa waktu, baru ditumbuhin di media. Klo ada banyak punya bijinya, saya sarankan dibeda bedain metodenya, supaya bisa tahu yang mana yang berhasil. Klo semuanya sekaligus, pas gagal ya gagal semua deh.

Met bereksperimen n kabari ya hasilnya
Page 2 of 39 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)