TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Total Views: 21777 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 39 of 39 | ‹ First  < 34 35 36 37 38 39

verdefoliae - 30/04/2012 05:30 PM
#761

Om/tante sekalian, seminggu lalu ane nyemai biji/fig tin dr iseedyou, mpe sekarang blom ada tanda numbuh .......bantet ato emang lama ya??
btw benarkah nanem fig dari biji itu lama dan ga bakal dapet kyk parentnya so ga sesuai ama usaha yg dikeluarkan ??????

makasih
Najwa.Zanetti - 30/04/2012 05:45 PM
#762

Quote:
Original Posted By verdefoliae
Om/tante sekalian, seminggu lalu ane nyemai biji/fig tin dr iseedyou, mpe sekarang blom ada tanda numbuh .......bantet ato emang lama ya??
btw benarkah nanem fig dari biji itu lama dan ga bakal dapet kyk parentnya so ga sesuai ama usaha yg dikeluarkan ??????

makasih


Dari pada semai biji, mending beli yg dari cangkokan om, lebih cepat berbuah, soal harga variatif kok ada yang mahal ada yg murah tergantung jenis nya.
PePpito74 - 10/05/2012 04:16 AM
#763

Halo agan2 semua, salam kenal.

Nubie asal bandung, ingin meminta sedikit (banyak lebih baik) saran dari para agan2 disini.
Nubie pernah beberapa kali mencoba menyemai tanaman berjenis vine, lebih tepatnya Wisteria, baik wisteria sinensis maupun yg floribunda.
Soal benih berkecambah dan berubah menjadi seedling sering kali tidak ada masalah, masalah muncul malahan waktu sudah keluar 2 atau 3 set daun tetap, seedling sepertinya berhenti bertumbuh, lama-kelamaan malah layu dan akhirnya selalu mati. (padahal akar terlihat sehat sampai kadang keluar dari pot)
Apakah ada kesalahan dari media, kelembaban atau hal lainnya, nubie ngga ngerti.
Untuk info: seedling biasanya nubie taruh di tepi jendela (kena matahari pagi), pot seedling selalu nubie taruh diatas sebuah tray dan diganjal (maksudnya supaya lembab tapi ngga terendam), media yg biasa nubie pakai adalah campuran kompos jadi, pasir malang, dan humus andam/sekam bakar. Penyiraman kadang 2-3 hari sekali dimana nubie baca bahwa jenis tanaman ini suka keadaan lembab.
Apakah nubie terlalu sering menyiram atau apa juga kurang mengerti, apakah kekurangan sinar matahari kah (vine ini butuh full sun sampai partial shade, apakah semenjak seedling sudah harus diterapkan?)

Info tambahan (kelembaban udara di kediaman nubie berkisar antara 60%-70%)

Mudah2 an ada agan2 yg bisa memberi nubie petunjuk.


Nubie sertakan link tentang vine ini.


http://www.fs.fed.us/database/feis/plants/vine/wisspp/all.html

Sedikit penampakan.....ingin dehhhhhh


SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)



Trim's

NB: apakah ada agan2 yg mengerti cara merawat seedling family pinaceae? Seperti pinus, cedar, ataupun fir?
shakuya - 29/06/2012 11:41 PM
#764

Quote:
Original Posted By Leego
Permisi , kalo mau nyemaikan SF gimana caranya ya? bisa nggak kalo dengan cara hidroponik ?

tolong dong bimbingannya dengan cara hidroponik maupun tidak

thanks


Kalo saya biasanya rendem air bersih selama semalam _yang ngambang jangan dibuang. biasanya ga ngaruh ngambang atau tenggelam_. Baru ditanam di media tanam besoknya_pendam kedalaman 3cm_... o Kalo bijinya fresh, biasanya cepat pecah biji, keluar akar.
koncleng - 20/07/2012 09:22 PM
#765
Biji Saga
Quote:
Original Posted By simbah koprol
gan, nanya cara germinating biji saga yg ngerambat, biasa dipake buat obat batuk & sariawan. biji fresh baru metik sedompolan..


Gan, Udah ada yang share tentang germinatin biji saga kah ?

abuhamzahsempru - 09/10/2012 06:32 PM
#766

Om cara semai mint gimana yah?
dilopez - 10/10/2012 07:55 AM
#767

Quote:
Original Posted By abuhamzahsempru
om cara semai mint gimana yah?


mint, beli aja di supermarket., mint mudah tumbuh dengan stek, yang jelas tanahnya agak lembab dan terkena sinar matahari, klo dah kelura akar sering2 di siram biar basah terus tapi gak terendam yah.
weediya - 12/10/2012 11:32 PM
#768

Quote:
Original Posted By mochimo
Tak buatin thread baru buat nampung pertanyaan seputar perkecambahan biji (cara n teknik ngecambahin biji).

Yang mau ngasih tips n trik, dipersilahkan ^^
Ane ikut numpang belajar yak D



benih padi biasanya kalo mau ditanam direndam air dulu gan, tujuannya biar cepet tumbuh. atau dalam bahasa ilmuan, biar dormansinya patah. sebelum ditanam, benih padi disemai dulu di wadah. jd ga langsung di sawah.
weediya - 12/10/2012 11:36 PM
#769

Quote:
Original Posted By koncleng
Gan, Udah ada yang share tentang germinatin biji saga kah ?



sebelum ditanam biji saga biasanya dilukai dulu. misalnya digosok pake kertas amplas. agar air mudah masuk dan biji mudah berkecambah. soalnya biji saga termasuk biji keras.
irman.marwan - 13/10/2012 04:34 PM
#770

Quote:
Original Posted By weediya
sebelum ditanam biji saga biasanya dilukai dulu. misalnya digosok pake kertas amplas. agar air mudah masuk dan biji mudah berkecambah. soalnya biji saga termasuk biji keras.


kalau untuk seed saga saya belum pernah melukainya berdukas
paling taro saja di kapas basah atau tempat lembab D
menurut saya pertumbuhannya sama kayak toge (kacang ijo) cuma agak lama dikit D
Cibubur Kennel - 16/10/2012 10:49 AM
#771

Nubie mau numpang tanya dong.

Semaian saia ada yg udah berdaun 2 atau 4.

Mindahinnya harus dengan media lama atau ga papa kalo media lamanya digugurkan sampe tinggal akar dan langsung ditancepin dan dikuburin di media baru?

Trus kalo mindahin baby gitu sebaiknya posisi akar tanaman diletakkan di dasar, tengah, atau agak atas di pot yang baru?

Sebelumnya makasih atas penjelasannya... iloveindonesias
miro.ihsan - 17/10/2012 06:53 PM
#772

boleh tanya gimana cara ngecambahin biji mangga? bingungs cz bru ja beli mangga gedong nih.. mungkin aja seenak buahnya sundulgans
miro.ihsan - 17/10/2012 07:17 PM
#773

Quote:
Original Posted By weediya
benih padi biasanya kalo mau ditanam direndam air dulu gan, tujuannya biar cepet tumbuh. atau dalam bahasa ilmuan, biar dormansinya patah. sebelum ditanam, benih padi disemai dulu di wadah. jd ga langsung di sawah.


sebenarnya dalam proses perendaman pada benih padi bertujuan untuk mempermudah proses imbibisi (masuknya air pada benih melalui pori2 pada kulit benih)yang berguna sebagai proses aktifasi enzim2 yang terdapat pada lempeng lembaga benih itu sendiri sehingga embrio dapat kembali aktif
miro.ihsan - 17/10/2012 07:21 PM
#774

Quote:
Original Posted By Cibubur Kennel
Nubie mau numpang tanya dong.

Semaian saia ada yg udah berdaun 2 atau 4.

Mindahinnya harus dengan media lama atau ga papa kalo media lamanya digugurkan sampe tinggal akar dan langsung ditancepin dan dikuburin di media baru?

Trus kalo mindahin baby gitu sebaiknya posisi akar tanaman diletakkan di dasar, tengah, atau agak atas di pot yang baru?

Sebelumnya makasih atas penjelasannya... iloveindonesias



agan nyemai tanaman apa? klo tanaman yang diproduksi adalah bagian akarnya mesti berhati2 banget pada proses perpindahannya.. biasanya ane melakukan dengan cara dimampatkan akar dan media tanamnya, agar tidak ada akar-akar yag patah sehingga tidak mengganggu proses penyerapan nutrisi bagi tanaman itu sendiri
weediya - 20/10/2012 01:48 AM
#775

pematahan dormansi benih
agan dan sista ternyata benih kacang tnaah punya dormansi loo...
padahal banyak literatur yang nyebutin kalo benih tanaman horti itu ga punya masa dorman.

beberapa cara pematahan dormansi kacang tanah
1. direndam air
2. rendam KNO3 0,2%
3. oven benih selama 7 hari


SELAMAT MENCOBA
Page 39 of 39 | ‹ First  < 34 35 36 37 38 39
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)