TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Total Views: 21777 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 39 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›

dilopez - 12/04/2010 10:49 AM
#101

Quote:
Original Posted By menyott
gw mah gak sabaran kalo ama biji prunus, ribet bener...mending langsung beli pohonnya p


TAU T4 BLI poonnya gan? nanya pohon cherry yang di kasih pohon kersen...waduh susah deh
mochimo - 12/04/2010 12:49 PM
#102

Quote:
Original Posted By glodok_man
nanya nih,

saya mau bikin kecambah, buat dimakan, seperti toge gitu,
kalau toge kan dari kacang ijo, sudah saya coba, direnden dulu 24 jam, abis itu ditaruh tempat lembab dan gelap, ( saya taruh saringan dan saya kasih tutup handuk kecil yang sehari sekali saya basahin) dalam 3 hari udah tumbuh tuh toge.

sekarang saya coba cara yang sama untuk kacang tanah dan kacang kedelai kok enggak bisa ya?
yang kacang tanah lama tumbuhnya, 4 hari baru pendek, 5 hari masih lumayan pendek dan tumbuh jamur ( jadi gak bisa dimakan)

yang kedelai malah lebih cepat bau daripada berakar.

gimana ya?
apa perlakuannya beda?

thanks - maaf kalau salah treat.


Saya curiga masalahnya ada pada keberadaan handuk itu kang, coba ganti ama plastik transparan ^^
glodok_man - 12/04/2010 10:34 PM
#103

ssaya coba gan, kalau yang kacng ijo, oke banget pake sistem handuk, dia butuh gelap kalau gak salah.
tanamart - 02/05/2010 09:01 PM
#104

Quote:
Original Posted By satria2002
beberapa hari yang lalu ane juga sempat nyemai biji zaitun ini mbah...
belom tahu juga secara pasti untuk proses nyemai yang benar gimana caranya...

seperti biasa biji langsung saya semai di media tanam seadanya (sekam bakar+pupuk organik yang ane beli di nursery terdekat) di kedalaman sekitar 1cm dari permukaan media, sampai hari ini belom ada penampakan kecambah...

btw menurut info dari mbah google germinate biji zaitun ini antara 30-120 hari untuk berkecambah pada suhu media sekitar 18-21derajat celcius.. cmiiw


Skrg udah da tanda2 berhasil kan kang? He..he.. You're thumbup: man.
satria2002 - 02/05/2010 10:50 PM
#105

Quote:
Original Posted By tanamart
Skrg udah da tanda2 berhasil kan kang? He..he.. You're thumbup: man.

betul...betul...betul... pake teknik peretakan biji..
yang penting asal jangan pake tang.... D bisa terbelah jadi dua bagian.. hammer:
tanamart - 03/05/2010 09:08 AM
#106

Quote:
Original Posted By satria2002
betul...betul...betul... pake teknik peretakan biji..
yang penting asal jangan pake tang.... D bisa terbelah jadi dua bagian.. hammer:


mas, btw kmrn kan biji zaitun ama misua di gosok ampe berlubang pada bagian pucuk yg lancip, pengalaman spyn cukup ditipisin aja kulit zaitunnya ato memang ampe retak/berlubang, klo zaitun spyn dibagian mana yg diretakin?
satria2002 - 03/05/2010 08:15 PM
#107

Quote:
Original Posted By tanamart
mas, btw kmrn kan biji zaitun ama misua di gosok ampe berlubang pada bagian pucuk yg lancip, pengalaman spyn cukup ditipisin aja kulit zaitunnya ato memang ampe retak/berlubang, klo zaitun spyn dibagian mana yg diretakin?


ane meniru tutorial ini mba'..... o

membuat cekukan/retakan pada biji pake kikir..

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

jadinya seperti ini...

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

sumber: http://www.growhomegardenplants.com/?p=313
simbah koprol - 04/05/2010 09:47 AM
#108

Quote:
Original Posted By satria2002


ane meniru tutorial ini mba'..... o

membuat cekukan/retakan pada biji pake kikir..

jadinya seperti ini...


oooo.. gitu ya..
kudu eker" media di pot 40 nie.. nyari 17 seed zaitun yg dah ditancepin 3 minggu yg lalu...SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
anekaflora - 04/05/2010 11:46 AM
#109

numpang nyimak dulu gan, skalian mo tanya neh kalo ada yang dah berpengalaman menyemai biji pachypodium
tanamart - 04/05/2010 12:00 PM
#110

Quote:
Original Posted By anekaflora
numpang nyimak dulu gan, skalian mo tanya neh kalo ada yang dah berpengalaman menyemai biji pachypodium


Mas joyo datanglah.. Mas joyo datanglah.. Anekaflora memanggilmu... ngakak kaya manggil roh aja ya... He..
satria2002 - 04/05/2010 01:48 PM
#111

Quote:
Original Posted By anekaflora
numpang nyimak dulu gan, skalian mo tanya neh kalo ada yang dah berpengalaman menyemai biji pachypodium


Quote:
Original Posted By tanamart
Mas joyo datanglah.. Mas joyo datanglah.. Anekaflora memanggilmu... ngakak kaya manggil roh aja ya... He..


dapet dari mbah google... gak ngerti artinya... hammer:

"Seed is the only means by which plants reproduce in nature. Tape up the pair of horn-like pods when they turn pale brown with strips of masking tape or cotton yarn. This will prevent the fruit from splitting when mature and releasing the seed. Seeds soon lose their viability. Harvest fresh seed from the taped up pods and sow in a ± 5 mm deep, sterile, sandy medium (4 parts fine and 4 parts coarse river sand; 1 part sieved, well-rotten compost; 1 part perlite; 1 part vermiculite) in summer. Keep moist and at a temperature of 27-35°C to ensure rapid germination. All seed not germinated after 6 weeks can be regarded as nonviable."
anekaflora - 04/05/2010 02:41 PM
#112

Quote:
Original Posted By satria2002
dapet dari mbah google... gak ngerti artinya... hammer:

"Seed is the only means by which plants reproduce in nature. Tape up the pair of horn-like pods when they turn pale brown with strips of masking tape or cotton yarn. This will prevent the fruit from splitting when mature and releasing the seed. Seeds soon lose their viability. Harvest fresh seed from the taped up pods and sow in a ± 5 mm deep, sterile, sandy medium (4 parts fine and 4 parts coarse river sand; 1 part sieved, well-rotten compost; 1 part perlite; 1 part vermiculite) in summer. Keep moist and at a temperature of 27-35°C to ensure rapid germination. All seed not germinated after 6 weeks can be regarded as nonviable."



thanks gan dah bantu, walau saya juga gak ngerti artinya ngakak
simbah koprol - 04/05/2010 08:06 PM
#113

Quote:
Original Posted By anekaflora
thanks gan dah bantu, walau saya juga gak ngerti artinya ngakak

google translate ... mau bingung atau ga ngerti :
Benih adalah satu-satunya cara dengan mana tanaman bereproduksi di alam. Tape menaiki sepasang tanduk polong-seperti ketika mereka menjadi pucat coklat dengan strip dari masking tape atau benang kapas. Ini akan mencegah buah dari pemisahan saat jatuh tempo dan melepaskan biji. Bibit segera kehilangan viabilitas mereka. Panen segar benih dari polong direkam dan menabur dalam perlit 1 bagian dalam ± 5 mm, steril, berpasir menengah (4 bagian halus dan 4 bagian pasir kasar sungai; 1 bagian disaring, kompos baik busuk;; 1 vermiculit bagian) di musim panas. Jauhkan lembab dan pada temperatur 27-35 ° C untuk memastikan perkecambahan cepat. Semua benih berkecambah tidak setelah 6 minggu dapat dianggap sebagai nonviable
satria2002 - 04/05/2010 08:13 PM
#114

Quote:
Original Posted By anekaflora
thanks gan dah bantu, walau saya juga gak ngerti artinya ngakak


Quote:
Original Posted By simbah koprol
google translate ... mau bingung atau ga ngerti :
Benih adalah satu-satunya cara dengan mana tanaman bereproduksi di alam. Tape menaiki sepasang tanduk polong-seperti ketika mereka menjadi pucat coklat dengan strip dari masking tape atau benang kapas. Ini akan mencegah buah dari pemisahan saat jatuh tempo dan melepaskan biji. Bibit segera kehilangan viabilitas mereka. Panen segar benih dari polong direkam dan menabur dalam perlit 1 bagian dalam ± 5 mm, steril, berpasir menengah (4 bagian halus dan 4 bagian pasir kasar sungai; 1 bagian disaring, kompos baik busuk;; 1 vermiculit bagian) di musim panas. Jauhkan lembab dan pada temperatur 27-35 ° C untuk memastikan perkecambahan cepat. Semua benih berkecambah tidak setelah 6 minggu dapat dianggap sebagai nonviable

makin bingung baca bahasa indonesia versi mbah google..... bingung:
tanamart - 05/05/2010 10:16 AM
#115

Quote:
Original Posted By satria2002
ane meniru tutorial ini mba'..... o

membuat cekukan/retakan pada biji pake kikir..

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

jadinya seperti ini...

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

sumber: http://www.growhomegardenplants.com/?p=313


bang yul, zaitun saia udah keluar daunnya ne......... punya spyn gmn
satria2002 - 05/05/2010 10:40 AM
#116

Quote:
Original Posted By tanamart
bang yul, zaitun saia udah keluar daunnya ne......... punya spyn gmn


ini mba' pic kecambah biji zaitun ane...

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
satria2002 - 06/05/2010 10:46 AM
#117

^ pic kecambah zaitun udah diganti.... o
dilopez - 06/05/2010 02:24 PM
#118

Quote:
Original Posted By satria2002
dapet dari mbah google... gak ngerti artinya... hammer:

"Seed is the only means by which plants reproduce in nature. Tape up the pair of horn-like pods when they turn pale brown with strips of masking tape or cotton yarn. This will prevent the fruit from splitting when mature and releasing the seed. Seeds soon lose their viability. Harvest fresh seed from the taped up pods and sow in a ± 5 mm deep, sterile, sandy medium (4 parts fine and 4 parts coarse river sand; 1 part sieved, well-rotten compost; 1 part perlite; 1 part vermiculite) in summer. Keep moist and at a temperature of 27-35°C to ensure rapid germination. All seed not germinated after 6 weeks can be regarded as nonviable."


mencoba bantu terjemahkan yah gan, semoga ngerti

benih biji adalah mrupakan hasil reproduksi tanaman di alam.bungkuslah bakal biji tersebut dengan isolasi atau benang ketika mereka mulai berubah warna dan matang untuk melepaskan benih. benih tersebut kemudian akan melepaskan energi untuk mengelurakan biji tsb. bibit segar dapat di panen dan letakan pada kedalaman tanah 5cm kurang lebih , steril, dengan media kompossisi pasir sungai, 1 kotoran yang telah di ayak bersih, 1 bagian kerikil1 bagian kotoran cacing. pada musim panas, buatlah lembab pada temp 27 -35 celcius untuk mempercepat kecambah keluar. semua benih yang dalam 6 minggu tidak berkecambah maka benih tersebut busuk

sekian terjemahan saya CMIIW
tanamart - 07/05/2010 09:39 AM
#119

Quote:
Original Posted By satria2002
^ pic kecambah zaitun udah diganti.... o

pic zaitun baru bisa upload mas.........
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
satria2002 - 07/05/2010 10:32 AM
#120

Quote:
Original Posted By tanamart
pic zaitun baru bisa upload mas.........
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


mantap mba' thumbup:
daunnya udah mulai mekar... punya ane masih nutup.... o
Page 6 of 39 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)