TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)
Total Views: 21777 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 39 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

tanamart - 22/06/2010 12:22 PM
#141

Quote:
Original Posted By dilopez
LAGI GERMINATE dioscrea elephantus dan olive seeds nih, cuma gak tau berapa lama yah biar bisa keluar tunasnya, dan biar bisa berhasil tingktannya germinasinya ada saran gak?


Quote:
Original Posted By tanamart
mas, btw kmrn kan biji zaitun ama misua di gosok ampe berlubang pada bagian pucuk yg lancip, pengalaman spyn cukup ditipisin aja kulit zaitunnya ato memang ampe retak/berlubang, klo zaitun spyn dibagian mana yg diretakin?


Quote:
Original Posted By satria2002
ane meniru tutorial ini mba'..... o

membuat cekukan/retakan pada biji pake kikir..

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

jadinya seperti ini...

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

sumber: http://www.growhomegardenplants.com/?p=313


Quote:
Original Posted By satria2002
ini mba' pic kecambah biji zaitun ane...

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


Quote:
Original Posted By tanamart
pic zaitun baru bisa upload mas.........
SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)


semoga bisa membantu untuk semai olive, dioscorea kang 4l3x lebih berpengalaman coba share ke beliau......
Alwyp2008 - 22/06/2010 12:44 PM
#142

Quote:
Original Posted By tanamart
semoga bisa membantu untuk semai olive, dioscorea kang 4l3x lebih berpengalaman coba share ke beliau......


itu biji zaitun atawa biji lainnya?

Biji zaitun dari om tanamart beda \) apa beda jenis yah?
tanamart - 22/06/2010 12:57 PM
#143

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
itu biji zaitun atawa biji lainnya?

Biji zaitun dari om tanamart beda \) apa beda jenis yah?


yup itu zaitun kang, bedanya satu udah digosok/dikikir satu belom.......
liat ukurannya yg atas, sama kan...........\)
Alwyp2008 - 22/06/2010 01:05 PM
#144

Quote:
Original Posted By tanamart
yup itu zaitun kang, bedanya satu udah digosok/dikikir satu belom.......
liat ukurannya yg atas, sama kan...........\)


sett dah rajin amat biji imut2 gitu di kikir lah megangnya susah D

mending rendam GA3 atau colchisin D............ngacir2
dilopez - 22/06/2010 03:21 PM
#145

Quote:
Original Posted By mochimo
Leci nya dah kecambah tuh kang ^^. Senangnya...
Ceri, masih adem ayem, tapi bijinya ga jamuran kog, masih tidur aja.
Olive direndem Asam sulfat kang, germination ratenya sekitar 90% (katanya lho). Hasil penelitian orang.


wah syukur deh bro klo dah kecambah, di rumah juga dah berdaun 4 nih, tinggl nunggu tunas, jangan terlalu kena sinar, tanahnya basah aja gak papa asal poros.

sama nih ceri masih dormant aja, harus di crack nih tapi jgn smapi kena dalmnya, katanya bisa tuh, klo asam sulfat lom coba nih.
dilopez - 22/06/2010 03:25 PM
#146

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
sett dah rajin amat biji imut2 gitu di kikir lah megangnya susah D

mending rendam GA3 atau colchisin D............ngacir2


iya nih kang, lama gak sih nunggu zaitun kecambah, udh saya bolongin dikit cuma yah itu megangnya susah setengah mati, klo pke GA3 gak tau beli dimana, di jual bebas gak yah, ntar malah di kasih vit b1 dah, gregetan nih kaya sherina klo lihat pic zaitun di atas, lama gak yah germinatenya.
tanamart - 22/06/2010 03:34 PM
#147

Quote:
Original Posted By dilopez
iya nih kang, lama gak sih nunggu zaitun kecambah, udh saya bolongin dikit cuma yah itu megangnya susah setengah mati, klo pke GA3 gak tau beli dimana, di jual bebas gak yah, ntar malah di kasih vit b1 dah, gregetan nih kaya sherina klo lihat pic zaitun di atas, lama gak yah germinatenya.


biji zaitun saya mulai pecah cangkang setelah 1-10 hari, akarnya mulai muncul..... untuk membuka kotiledon(daun pertama) perlu sekitar 10 hari juga bro abis itu, daun2 mulai tumbuh.... jd lebih seneng ngeliat dau2 mulai tumbuh
giberelin baru buka BLT di T n G, di FJB ada juga dilapak bro tanduran
dilopez - 22/06/2010 03:39 PM
#148

Quote:
Original Posted By tanamart
biji zaitun saya mulai pecah cangkang setelah 1-10 hari, akarnya mulai muncul..... untuk membuka kotiledon(daun pertama) perlu sekitar 10 hari juga bro abis itu, daun2 mulai tumbuh.... jd lebih seneng ngeliat dau2 mulai tumbuh
giberelin baru buka BLT di T n G, di FJB ada juga dilapak bro tanduran


wah saya dah lewat 10 hari lom lihat dah pecah lom yah, mau 20 hari daun juga lom klihatan, klo si om ada lnagkah2 lain gak apa sam ama saya, saya ampalas dikit, karena takut retak jadi pelan deh, terus saya tanam di media , saya buat lembab dan di letakn di t4 adem, tapi pot say tidak sungkup dengan plastik, ada yg salah dengan metode saya gak
tanamart - 22/06/2010 03:44 PM
#149

Quote:
Original Posted By dilopez
wah saya dah lewat 10 hari lom lihat dah pecah lom yah, mau 20 hari daun juga lom klihatan, klo si om ada lnagkah2 lain gak apa sam ama saya, saya ampalas dikit, karena takut retak jadi pelan deh, terus saya tanam di media , saya buat lembab dan di letakn di t4 adem, tapi pot say tidak sungkup dengan plastik, ada yg salah dengan metode saya gak

pengalaman pribadi, yaitu biji di gosok2 pake batako (amplas jg bisa, krn capek ngamplas kmrn malah tak gunting kedua sisi ujungnya) sampe berlubang... tak rendem semalam pake b1, trus pagi tak semai dengan media standart letakin di tempat teduh, tidak disungkup punya saya kmrn.... jaga kelembaban media bro
dilopez - 22/06/2010 03:51 PM
#150

Quote:
Original Posted By tanamart
pengalaman pribadi, yaitu biji di gosok2 pake batako (amplas jg bisa, krn capek ngamplas kmrn malah tak gunting kedua sisi ujungnya) sampe berlubang... tak rendem semalam pake b1, trus pagi tak semai dengan media standart letakin di tempat teduh, tidak disungkup punya saya kmrn.... jaga kelembaban media bro


udah juga sama yah, tapi kok lom keluar yah, hmm sabar2 deh klo akhir bulan lom keluar saya pesen lagi yah m, oh iya kemarin dapet bonus bibit yg kaya jarum bijinya plantae ocidental, itu gimana klo om tanamart udah ada yg bertunas lom?
Alwyp2008 - 22/06/2010 06:33 PM
#151

Quote:
Original Posted By dilopez
udah juga sama yah, tapi kok lom keluar yah, hmm sabar2 deh klo akhir bulan lom keluar saya pesen lagi yah m, oh iya kemarin dapet bonus bibit yg kaya jarum bijinya plantae ocidental, itu gimana klo om tanamart udah ada yg bertunas lom?


FYI = share aja...o (blm dicoba nih + penasaran Yb)

http://scialert.net/fulltext/?doi=jbs.2009.825.828&org=11

Chemical scarification: Olive seeds soaked in sulphuric acid 97% for 0, 3, 6 and 9 h at 25°C. Seeds and acid solution mixed at 1:2 ratio. The mixtures had been agitated during treatment periods to prevent accumulation of dark resin compounds (Hartmann et al., 2001).

Mechanical scarification: Mechanical scarification treatments applied by ForsBERGLINE-Forsbergs, Inc. The apparatus consist of two cylinders, which the body of inner cylinder is rough and movement of seeds between the cylinders leads to mechanical scarification of hard endocarp. Mechanical scarification treatment was carried out by spinning the handle of the instrument, till the hard endocarps became thin and shiny, but not pierced (Hartmann et al., 2001).

Seeds placed in running tap water for 12 h and then surface sterilized by 10% Clorox for 15 min, after scarification treatments.

Cold stratification: Surface sterilized seeds mixed with coco peath in 1:3 ratio. The mixture placed in pitted plastic bags and incubated at 15°C for 1500 h (Lagarda et al., 1983a; Voyiatzis and Porlingis, 1987).

After stratification period, seeds washed and sowed in plastic bags (20x25 cm) containing a mixture of sand, soil and peat (1:1:1 ratio). Seeds placed in 2 cm depth of the media uniformly (one seed per pot). The bags placed under mist system in the research greenhouse of the Department of Horticultural Science of Shiraz University at 25±3/15±3 (°C), day/night temperature for 65 days. Germination of seeds recorded at 2 days intervals. At the end of experiment, percentage of seed germination, cumulative seed germination and length of roots, height of shoots and number of leaves per seedling reported.

RESULTS

The results showed that mechanical and chemical scarification treatments increase olive cultivars seed germination to their respective controls significantly.
niniellg - 22/06/2010 08:42 PM
#152

ada yg pernah ngecambahin biji loquat/biwa? hasil dari baca2.. katanya abis makan buah nya trus tuh biji langsung aja ditanam, hmmm.. uda sebulan tp kok blom terjadi apa2 ya?
mochimo - 24/06/2010 10:02 AM
#153

Quote:
Original Posted By niniellg
ada yg pernah ngecambahin biji loquat/biwa? hasil dari baca2.. katanya abis makan buah nya trus tuh biji langsung aja ditanam, hmmm.. uda sebulan tp kok blom terjadi apa2 ya?


Jangan dibuang yak.

Selama bijinya masih dalam kondisi baik, ga jamuran, ga busuk dll, berarti belum saatnya biji kecambah. Klo mau paksa bangun, ya satpam nya turun tangan, Mr.GA3 D
niniellg - 24/06/2010 11:27 AM
#154

Quote:
Original Posted By mochimo
Jangan dibuang yak.

Selama bijinya masih dalam kondisi baik, ga jamuran, ga busuk dll, berarti belum saatnya biji kecambah. Klo mau paksa bangun, ya satpam nya turun tangan, Mr.GA3 D


sayang ga bs bayar pak satpam utk bangunin tuh biji, hehehe... akhirnya krn ga tahan kemaren saia korek2 tuh polibag, ngintip apakah biji dlm kondisi baek2 saja, ternyata oh ternyata... alhamdulillah dah muncul secuil akarnya....
mochimo - 24/06/2010 11:30 AM
#155

Quote:
Original Posted By niniellg
sayang ga bs bayar pak satpam utk bangunin tuh biji, hehehe... akhirnya krn ga tahan kemaren saia korek2 tuh polibag, ngintip apakah biji dlm kondisi baek2 saja, ternyata oh ternyata... alhamdulillah dah muncul secuil akarnya....


Ga pernah gagal memberikan kejutan mereka ya ^^
mochimo - 24/06/2010 05:44 PM
#156

Ini seedling biji tanaman gorek,

Biji direndam terlebih dahulu, bijinya keras banget, kurang lebih biji palm kerasnya. Trus dipendam dalam media semai, trus diselubungi ma serasah daun.

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

proses kecambahnya unik, biji mula2 mengembung dan lapisan luarnya meluruh, sehingga nampak seperti membusuk, sempat kecele saya, padahal dengan begitu, akar mulai menyelinap keluar. Sampai keluar daun biji sekitar 1 bulan setelah semai. Daun biji unik juga, bentuknya pinnate, biasanya klo biji tanaman, apalagi tropis daun bijinya melembar.
Alwyp2008 - 24/06/2010 06:25 PM
#157

Quote:
Original Posted By mochimo
Ini seedling biji tanaman gorek,

Biji direndam terlebih dahulu, bijinya keras banget, kurang lebih biji palm kerasnya. Trus dipendam dalam media semai, trus diselubungi ma serasah daun.

SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)

proses kecambahnya unik, biji mula2 mengembung dan lapisan luarnya meluruh, sehingga nampak seperti membusuk, sempat kecele saya, padahal dengan begitu, akar mulai menyelinap keluar. Sampai keluar daun biji sekitar 1 bulan setelah semai. Daun biji unik juga, bentuknya pinnate, biasanya klo biji tanaman, apalagi tropis daun bijinya melembar.


tanaman apa nih Mo???
mochimo - 24/06/2010 06:31 PM
#158

Quote:
Original Posted By Alwyp2008
tanaman apa nih Mo???


Saya lupa nama ilmiahnya mas Alwyp, klo nama lokalnya, ya itu tadi, gorek.
Asalnya dari Kalimantan Timur. Setahu saya, nda pernah liat di Kalsel.
mochimo - 24/06/2010 06:44 PM
#159

[QUOTE=conil;196444945]buahnya keras spt batu, isinya spt kacang putih gitu besarnya ga beda sama asam kuranji

CAESALPINIA BONDUC - GRAY NICKER.

CAESALPINIA BONDUC Synonym
Caesalpinia crista, guilandina bonduc, caesalpinia bonducella.
Common name
Gray nicker, nicker seed, bonduc nut, nicker nut, nicker bean, yellow nicker, benga nut.
Family
Fabaceae (Caesalpiniaceae).

Overview
Gray nicker is a twisted, woody shrub than can grow quite big in the Amazon Rainforest; up to 20' high.
It behaves more like a liana (woody vine) and can use the other trees as support.
Leaves are bipinnate, large prickly pods and spiny stems.
The hard and shiny seeds are green turning gray.
They are used for jewelry.

Medicinal applications
Antiperiodic, febrifuge, resembles quinine in action, treatment for snake bites.

Hardiness
USDA zone 8 B - 11.

Propagation
Seeds.

Culture
Sandy loam soil, protect from frost.

http://www.tropilab.com/caesalpiniabonduc.html

/QUOTE]

Ini info dari mas Conil ^^
Ternyata air bijinya, bisa digunakan sebagai bahan herbal obat. Juga sebagai obat kuat nih, klo dah merid bisa disandingkan nih mana yang lebih hebat, gorek atau pasak bumi ^^
Alwyp2008 - 24/06/2010 07:06 PM
#160

Quote:
Original Posted By mochimo
[QUOTE=conil;196444945]buahnya keras spt batu, isinya spt kacang putih gitu besarnya ga beda sama asam kuranji

CAESALPINIA BONDUC - GRAY NICKER.

CAESALPINIA BONDUC Synonym
Caesalpinia crista, guilandina bonduc, caesalpinia bonducella.
Common name
Gray nicker, nicker seed, bonduc nut, nicker nut, nicker bean, yellow nicker, benga nut.
Family
Fabaceae (Caesalpiniaceae).

Overview
Gray nicker is a twisted, woody shrub than can grow quite big in the Amazon Rainforest; up to 20' high.
It behaves more like a liana (woody vine) and can use the other trees as support.
Leaves are bipinnate, large prickly pods and spiny stems.
The hard and shiny seeds are green turning gray.
They are used for jewelry.

Medicinal applications
Antiperiodic, febrifuge, resembles quinine in action, treatment for snake bites.

Hardiness
USDA zone 8 B - 11.

Propagation
Seeds.

Culture
Sandy loam soil, protect from frost.

http://www.tropilab.com/caesalpiniabonduc.html

/QUOTE]

Ini info dari mas Conil ^^
Ternyata air bijinya, bisa digunakan sebagai bahan herbal obat. Juga sebagai obat kuat nih, klo dah merid bisa disandingkan nih mana yang lebih hebat, gorek atau pasak bumi ^^


wah udah persiapan nih Bro chimo D ...sekalian tanam panax gingseng tuh yg ada di lapak om tanamanrt \)


iya dicari pake mbah gugel yg muncul kok kapsul xoxixiixix D
Page 8 of 39 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > SHARE--> Ngecambahin Biji (Germination euy!)