BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Total Views: 87632 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 105 of 105 | ‹ First  < 100 101 102 103 104 105

after_dark - 11/10/2012 02:00 PM
#2081

SRC September 2012

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Aku pulang ke rumah dalam keadaan lebih miskin beberapa ratus dolar, tapi lebih kaya dengan lebih banyak buku daripada yang bisa kubawa. Ini adalah kalimat yang diucapkan Sara Gruen setelah ia membeli duplikat buku buku langka di Ringling Circus Museum. Waktu itu ia sedang mengadakan riset untuk sebuah buku yang akan ia tulis. Berbulan bulan kemudian, ia berhasil menyelesaikan buku itu, yang ia beri judul Air Untuk Gajah.

Air Untuk Gajah, apabila dimaknai secara lugas tentu saja mempunyai arti yang biasa saja. Apa menariknya memberi air untuk seekor gajah? Meski kita belum tahu apakah air itu untuk minum, atau untuk mandi, gosok gigi, keramas, atau buat cebok, tapi tetap saja hal itu tidak begitu menarik. Untunglah, judul buku ini ternyata hanyalah sebuah idiom, ungkapan yang mempunyai arti kurang lebih melakukan pekerjaan yang berat. Pekerjaan berat apa itu? Yang jelas sih, bukan manggul gajah sambil kayang loh ya kakak. Ciyus. Miapah.

Tokoh utama buku ini ialah seorang laki laki jomblo, ganteng, dan calon dokter hewan tapi bukan saya, melainkan Jacob Jankowski yang sedang stress karena seminggu sebelum ujian akhir dokter hewan, kedua orang tuanya meninggal dunia. Jacob kemudian memutuskan pergi dari rumah dan ketika ia sedang berjalan di tepi rel kereta api, melintaslah sebuah kereta api, dan ia langsung melompat ke dalamnya.
Ternyata kereta api itu adalah sebuah rombongan sirkus Benzini Bersaudara Pertunjukan Paling Spektakuler di Dunia, milik Paman Al yang ambisius dan lebih mementingkan kepentingan hewan hewan miliknya dari pada kepentingan para pekerjanya. Sampai sampai ia tega melempar orang orang yang ia anggap sudah tidak berguna lagi dari dalam gerbong kereta api ketika sedang melaju kencang.
Jacob kemudian menjadi dokter hewan bagi rombongan sirkus itu atas rekomendasi August, seorang kepala pertunjukan yang mempunyai sifat unik, yaitu ia bisa menjadi orang yang sangat baik tapi ketika marah ia kan berubah menjadi sangat mengerikan. August mempunyai istri bernama Marlena, seorang bintang pertunjukan sirkus yang berhasil menawan hati Jacob. Apakah Jacob akan berhasil mendapatkan hati Marlena? Bagaimana reaksi August kepada Jacob?

Kisah perebutan cinta macam ini barangkali klise, dan mudah untuk ditebak, tapi masih ada cerita lain yang menarik untuk disimak. Tentang Rosie misalnya. Rosie ialah gajah betina yang baru saja dibeli oleh Paman Al untuk melengkapi koleksinya, dan ia adalah seekor gajah yang bandel dan tidak mau di atur ( sebagai contoh Rosie tega memakan sayuran milik penduduk sekitar ), hingga kemudian diketahui sebuah cara untuk membuatnya menjadi gajah yang penurut. Sangat penurut, hingga Rosie akan benar benar mengangkat kaki apabila disuruh untuk mengangkat kaki.
Juga kisah mengenai bagaimana kehidupan sebenarnya di balik megahnya sebuah sirkus. Bagaimana menyedihkannya para pekerja ketika gajinya ditunda karena sepi penonton. Bagaimana memprihatinkan kondisi hewan hewan yang terpaksa memakan makanan yang tidak layak, atau terpaksa dipotong demi kelangsungan hidup hewan lainnya.

Air Untuk Gajah bukanlah sebuah buku yang rumit untuk diikuti, meski ditulis dengan menggunakan dua pendekatan yang berbeda, yaitu melalui cerita Jacob pada waktu masih muda, dan Jacob ketika lanjut usia. Dan, jujur saja, cerita Jacob tua sedikit tidak menarik karena hanya berisi keresahan dirinya menghuni panti jompo, sedang ia merasa masih cukup kuat untuk melakukan kegiatannya sendiri.
Kedua pendekatan ini, diceritakan secara bergantian sehingga alurnya terkesan maju dan mundur, dan menurut saya hal itu sangat tepat karena apabila buku ini ditulis dengan alur maju, maka ketika tiba pada bagian Jacob tua, akan terasa membosankan.
Di dalam buku ini juga terdapat foto foto asli milik Ringling Circus, sebuah kelompok sirkus yang ada di dunia nyata, dan dalam buku ini juga diceritakan merupakan saingan dari kelompok sirkus Benzini Bersaudara, dan juga foto kelompok sirkus yang lainnya.
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Pada akhirnya Air Untuk Gajah mampu memberikan sebuah cerita yang kompleks, cinta segitiga, atraksi sirkus menakjubkan, gajah yang cerdas, kekejaman serta tumpahan darah, yang menjadi sebuah ironi dari gemerlapnya panggung sirkus, tanpa membuat kening saya berkerut. Dan, buku ini pantas mendapat rating 4, dari 5 bintang. Buku ini juga telah diadaptasi menjadi film pada tahun 2011, dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Jacob, dan Reese Witherspoon, sebagai Marlena, dan gajah sebagai Rosie. Tapi, saya belum nonton filmnya. #persoalan

Judul: Air Untuk Gajah
Penulis: Sara Gruen
Jumlah Halaman: 506
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
dewok - 11/10/2012 02:06 PM
#2082

Quote:
Original Posted By after_dark
SRC Agustus 2012

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Aku pulang ke rumah dalam keadaan lebih miskin beberapa ratus dolar, tapi lebih kaya dengan lebih banyak buku daripada yang bisa kubawa. Ini adalah kalimat yang diucapkan Sara Gruen setelah ia membeli duplikat buku buku langka di Ringling Circus Museum. Waktu itu ia sedang mengadakan riset untuk sebuah buku yang akan ia tulis. Berbulan bulan kemudian, ia berhasil menyelesaikan buku itu, yang ia beri judul Air Untuk Gajah.

Air Untuk Gajah, apabila dimaknai secara lugas tentu saja mempunyai arti yang biasa saja. Apa menariknya memberi air untuk seekor gajah? Meski kita belum tahu apakah air itu untuk minum, atau untuk mandi, gosok gigi, keramas, atau buat cebok, tapi tetap saja hal itu tidak begitu menarik. Untunglah, judul buku ini ternyata hanyalah sebuah idiom, ungkapan yang mempunyai arti kurang lebih melakukan pekerjaan yang berat. Pekerjaan berat apa itu? Yang jelas sih, bukan manggul gajah sambil kayang loh ya kakak. Ciyus. Miapah.

Tokoh utama buku ini ialah seorang laki laki jomblo, ganteng, dan calon dokter hewan tapi bukan saya, melainkan Jacob Jankowski yang sedang stress karena seminggu sebelum ujian akhir dokter hewan, kedua orang tuanya meninggal dunia. Jacob kemudian memutuskan pergi dari rumah dan ketika ia sedang berjalan di tepi rel kereta api, melintaslah sebuah kereta api, dan ia langsung melompat ke dalamnya.
Ternyata kereta api itu adalah sebuah rombongan sirkus Benzini Bersaudara Pertunjukan Paling Spektakuler di Dunia, milik Paman Al yang ambisius dan lebih mementingkan kepentingan hewan hewan miliknya dari pada kepentingan para pekerjanya. Sampai sampai ia tega melempar orang orang yang ia anggap sudah tidak berguna lagi dari dalam gerbong kereta api ketika sedang melaju kencang.
Jacob kemudian menjadi dokter hewan bagi rombongan sirkus itu atas rekomendasi August, seorang kepala pertunjukan yang mempunyai sifat unik, yaitu ia bisa menjadi orang yang sangat baik tapi ketika marah ia kan berubah menjadi sangat mengerikan. August mempunyai istri bernama Marlena, seorang bintang pertunjukan sirkus yang berhasil menawan hati Jacob. Apakah Jacob akan berhasil mendapatkan hati Marlena? Bagaimana reaksi August kepada Jacob?

Kisah perebutan cinta macam ini barangkali klise, dan mudah untuk ditebak, tapi masih ada cerita lain yang menarik untuk disimak. Tentang Rosie misalnya. Rosie ialah gajah betina yang baru saja dibeli oleh Paman Al untuk melengkapi koleksinya, dan ia adalah seekor gajah yang bandel dan tidak mau di atur ( sebagai contoh Rosie tega memakan sayuran milik penduduk sekitar ), hingga kemudian diketahui sebuah cara untuk membuatnya menjadi gajah yang penurut. Sangat penurut, hingga Rosie akan benar benar mengangkat kaki apabila disuruh untuk mengangkat kaki.
Juga kisah mengenai bagaimana kehidupan sebenarnya di balik megahnya sebuah sirkus. Bagaimana menyedihkannya para pekerja ketika gajinya ditunda karena sepi penonton. Bagaimana memprihatinkan kondisi hewan hewan yang terpaksa memakan makanan yang tidak layak, atau terpaksa dipotong demi kelangsungan hidup hewan lainnya.

Air Untuk Gajah bukanlah sebuah buku yang rumit untuk diikuti, meski ditulis dengan menggunakan dua pendekatan yang berbeda, yaitu melalui cerita Jacob pada waktu masih muda, dan Jacob ketika lanjut usia. Dan, jujur saja, cerita Jacob tua sedikit tidak menarik karena hanya berisi keresahan dirinya menghuni panti jompo, sedang ia merasa masih cukup kuat untuk melakukan kegiatannya sendiri.
Kedua pendekatan ini, diceritakan secara bergantian sehingga alurnya terkesan maju dan mundur, dan menurut saya hal itu sangat tepat karena apabila buku ini ditulis dengan alur maju, maka ketika tiba pada bagian Jacob tua, akan terasa membosankan.
Di dalam buku ini juga terdapat foto foto asli milik Ringling Circus, sebuah kelompok sirkus yang ada di dunia nyata, dan dalam buku ini juga diceritakan merupakan saingan dari kelompok sirkus Benzini Bersaudara, dan juga foto kelompok sirkus yang lainnya.
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Pada akhirnya Air Untuk Gajah mampu memberikan sebuah cerita yang kompleks, cinta segitiga, atraksi sirkus menakjubkan, gajah yang cerdas, kekejaman serta tumpahan darah, yang menjadi sebuah ironi dari gemerlapnya panggung sirkus, tanpa membuat kening saya berkerut. Dan, buku ini pantas mendapat rating 4, dari 5 bintang. Buku ini juga telah diadaptasi menjadi film pada tahun 2011, dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Jacob, dan Reese Witherspoon, sebagai Marlena, dan gajah sebagai RosieTapi, saya belum nonton filmnya. #persoalan

Judul: Air Untuk Gajah
Penulis: Sara Gruen
Jumlah Halaman: 506
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama


noted om iwan... seperti biasa reviewnya bagus dan sangat jenaka D
baru denger nama penulisnya om, ini debutan bukan ya
dewok - 11/10/2012 02:09 PM
#2083

Quote:
Original Posted By aztecclan
POP UP BOOK : Buku Untuk Tangan Terampil

[CENTER]Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


wow reviewnya non-fiksi yah gan... jd penasaran kira-kira jurinya nanti bakal meniali seperti apa D

noted ya gan... #1 di bulan oktober
after_dark - 11/10/2012 02:11 PM
#2084

Quote:
Original Posted By dewok
noted om iwan... seperti biasa reviewnya bagus dan sangat jenaka D
baru denger nama penulisnya om, ini debutan bukan ya


kagets: udah keburu dikuote, itu atasny salah mbak, hrusnya SRC September, bukan Agustus hammer:

udah ngeluarin 3 buku , cuma ya itu di sini gak begitu dikenal o
dewok - 11/10/2012 02:15 PM
#2085

Quote:
Original Posted By after_dark
kagets: udah keburu dikuote, itu atasny salah mbak, hrusnya SRC September, bukan Agustus hammer:

udah ngeluarin 3 buku , cuma ya itu di sini gak begitu dikenal o


kebiasaan langsung samber sih om... ngakaks

3 buku dah diterjemahin smuakah? ato baru ini saja... klo udah smuanya seharusnya (minimal) pernah denger *sombong* padahal rak buku ga lepas dari fantasy hammer:
after_dark - 11/10/2012 02:21 PM
#2086

Quote:
Original Posted By dewok
kebiasaan langsung samber sih om... ngakaks

3 buku dah diterjemahin smuakah? ato baru ini saja... klo udah smuanya seharusnya (minimal) pernah denger *sombong* padahal rak buku ga lepas dari fantasy hammer:


baru ini doang yg diterjemahin, semuanya berhubungan sama hewan hewan gitu.. mirip kaya Yan Martel kali ya imo..
heroinez - 11/10/2012 04:17 PM
#2087

Life Without Limits

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Sebuah buku tentang pengembangan diri, yang menceritakan tentang kehidupan si penulis, Nick Vujicic.
Nick adalah anak pertama dari tiga saudara, terlahir tanpa tangan dan kaki. Ibunya shock ketika mengetahui bayi yang dilahirkan ternyata cacat.

berikut cuplikan paragraf, pada bab pertama

"Sebenarnya Pak", dokter anak itu coba menerangkan sehalus mungkin, "anak Anda tidak memiliki lengan ataupun tungkai".

Ayahku mulai terkulai lemas karena terkejut dan sedih.

Ayahku duduk temangu, tak mampu berkata-kata untuk sementara waktu, sebelum insting-nya sebagai pelindung bekerja. Ia bergegas masuk untuk mengatakannya kepada ibuku sebelum ibuku melihatku, tetapi ayahku kaget saat melihat ibuku terbaring di ranjang, menangis. Staf persalinan telah memberitahu ibuku tentang kondisiku. Mereka menawarkan untuk membawaku kepada ibuku, tetapi ibuku tidak mau menggendongku. Ia meminta staf menyingkirkanku.

Para perawat menangis, bidan menangis. Dan sudah pasti aku menangis! Akhirnya mereka membaringkanku di sebelah ibuku, masih terbungkus, dan ibuku tidak kuasa melihat apa yang ada di depan matanya : anaknya yang tak berlengan dan tak bertungkai.


sungguh inspiratif banget!
gue aja sesekali nangis baca nih buku.

Nick menceritakan pengalaman hidupnya, dari masa kanak-kanak, sampe Menjadi remaja, dan berhasil menjadi pembicara internasional, dan seringdiundang ke sekolah-sekolah, gereja,dan organisasi pemuda. Bahkan Nick sering diundang ke negara-negar lain ....


Kesimpulan, Bukunya sangat memotivasi. Cocok dibaca oleh orang2 yg lagi "galau" Mengajarkan dan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur.

MUST READ!!!!
Box.of.hope - 11/10/2012 05:16 PM
#2088

Quote:
Original Posted By heroinez
Life Without Limits

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Sebuah buku tentang pengembangan diri, yang menceritakan tentang kehidupan si penulis, Nick Vujicic.
Nick adalah anak pertama dari tiga saudara, terlahir tanpa tangan dan kaki. Ibunya shock ketika mengetahui bayi yang dilahirkan ternyata cacat.

berikut cuplikan paragraf, pada bab pertama

"Sebenarnya Pak", dokter anak itu coba menerangkan sehalus mungkin, "anak Anda tidak memiliki lengan ataupun tungkai".

Ayahku mulai terkulai lemas karena terkejut dan sedih.

Ayahku duduk temangu, tak mampu berkata-kata untuk sementara waktu, sebelum insting-nya sebagai pelindung bekerja. Ia bergegas masuk untuk mengatakannya kepada ibuku sebelum ibuku melihatku, tetapi ayahku kaget saat melihat ibuku terbaring di ranjang, menangis. Staf persalinan telah memberitahu ibuku tentang kondisiku. Mereka menawarkan untuk membawaku kepada ibuku, tetapi ibuku tidak mau menggendongku. Ia meminta staf menyingkirkanku.

Para perawat menangis, bidan menangis. Dan sudah pasti aku menangis! Akhirnya mereka membaringkanku di sebelah ibuku, masih terbungkus, dan ibuku tidak kuasa melihat apa yang ada di depan matanya : anaknya yang tak berlengan dan tak bertungkai.


sungguh inspiratif banget!
gue aja sesekali nangis baca nih buku.

Nick menceritakan pengalaman hidupnya, dari masa kanak-kanak, sampe Menjadi remaja, dan berhasil menjadi pembicara internasional, dan seringdiundang ke sekolah-sekolah, gereja,dan organisasi pemuda. Bahkan Nick sering diundang ke negara-negar lain ....


Kesimpulan, Bukunya sangat memotivasi. Cocok dibaca oleh orang2 yg lagi "galau" Mengajarkan dan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur.

MUST READ!!!!


numpang tanya gan, buku motivasi dengan aliran seperti ini kan cukup banyak...kaya hirotada ototake dengan "no one's perfect", trus ane lupa ada buku seorang america tanpa pinggang kebawah berhasil manjat gunung kilimanjaro dengan tema yg kurang lebih sama....orang dengan keterbatasan tp dengan sikap dan semangat luar biasa..

Nah si nick ini memang fenomenal ane suka liat video nya di youtube..
klo dari segi bukunya, apa sih yg menarik dari bukunya si nick dibandingkan dengan yg sejenis?
Kyuuki - 13/10/2012 03:21 AM
#2089

Judul
Tokaido Inn: Mimpi Samurai, Pencurian Rubi, dan Siasat Kabuki; Kisah Seikei Konoike

Penulis
Dorothy & Thomas Hoobler

Penerbit
Dastan Books

Tanggal terbit
Desember - 2008

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

BACK COVER

Jepang abad ke-18 zaman Tokugawa. Seikei Konoike, seorang anak pedagang berusia empat belas tahun, ingin menjadi seorang samurai. Namun, sistem feodal pada masa itu tidak memungkinkan orang berpindah kasta.

Suatu hari, sebuah batu rubi yang akan dipersembahkan oleh Tuan Hakuseki kepada Shogun menghilang ketika ia menginap di penginapan Tokaido. Analisa Seikei menarik perhatian Hakim Ooka, orang yang ditugaskan menyelidiki kejadian tersebut. Maka Hakim Ooka mengajak Seikei untuk membantu penyelidikan.

Sekaranglah kesempatan Seikei untuk menjadi seorang samurai. Mampukah Seikei menempuh jalan samurai? Bisakah kasus tersebut diungkap? Petualangan pun dimulai. Ternyata ada kisah lain dan rencana pembalasan dendam di balik kasus tersebut...


REVIEW

Awalnya, ane meragukan novel ini. Ane sempet mikir novel ini nggak menarik (padahal belum dibaca). Ane bahkan mulai baca novel ini gara-gara kepaksa, nggak ada kerjaan lain. Namun, setelah dibaca... ane nggak bisa berhenti. Ternyata novel ini emang pantas menyandang gelar pemenang Silver Award.
D

Inti cerita dalam novel ini mirip dengan cerita-cerita detektif, namun tentu dengan konsep budaya Jepang yang kental. Pesan moral (yang ane dapet) dari buku ini adalah, selama kita memiliki tekad yang kuat dan diikuti oleh usaha yang keras, maka kita pasti bisa menggapai apa pun. Seperti halnya Seikei, yang meski terlahir sebagai anak seorang pedagang, namun berkat tekad dan usahanya, pada akhirnya dia bisa menjadi seorang samurai.

***

Meski buku ini murni fiksi, namun beberapa karakternya diambil dari tokoh di dunia nyata. Salah satunya adalah Hakim Ooka (Tadasuke Ooka). Dia adalah teman sekaligus penasihat Yoshimune, shogun kedelapan rezim Tokugawa. Ia tak pernah setuju dengan interogasi melalui cara penyiksaan karena khawatir nantinya orang tak bersalah jadi mengaku hanya karena tak tahan deraan. Ia lebih memilih penyelidikan yang menyeluruh sebelum menentukan biang keladi kasus. Hakim Ooka juga dijuluki Sherlock Holmes versi Jepang.

***

Penilaian (dari ane): 3,5/5
Catatan: Wajib dibaca bagi penggemar cerita detektif, samurai dan budaya Jepang.
cuzco99 - 14/10/2012 12:26 PM
#2090
high recomended gan!!!
Misi gan, kl ane ada tiga buku rekomendasi tingkat tinggi. Tmn ane kn kerja di salah satu penerbit di surabaya, namanya Surabaya Intelectual Club (penerbit SIC) nah makanya ane sering banget minta pnjem buku ke dia & ane kesengsem sama sebagian buku dari penerbitnya gan. Meskipun kebanyakan karyanya dar penulis lokal tp justru itulah kekuatannya, soalnya karakter penulis lokal sangat mumpuni dan khas. Nih 3 bukunya

3. Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Buku ini sekilas memang kayak novel kebanyakan gan, tp pas ane udah ngebaca, wuih, lumayan menyentuh. Human interestnya kuat banget. Ternyata tersimpan sebongkah kekuatan yg superdahsyat dalam diri seorang wanta yang rapuh. Diceritakan dengan model buku harian yang unik, ane aja sampek terharu berdukas gan. Tapi meski lumyan mngharukan cerita dalam buku ini tidak diceritakan secara menye & cengeng, tp keren...
Nih, profile bukunya, mampir aja http://penerbitsic.com/index.php?route=product/product&filter_name=diary%20si%20mom&product_id=75

2. Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

ini juga menarik gan, buku ilmiah & penelitian ini mengeksplorasi banyak sekali fenomena2 plus pemikiran didalam ligkup masyarakat penghui stren kali. Selama ini mngkin kita tak tau bahwa warga strenkali membuat sebuah gerakan terstruktur semenjak jaman orde baru. klik aja profilnya nih,,http://penerbitsic.com/index.php?route=product/product&filter_name=gerakan%20sosial&product_id=347

1. Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Nah, ini nih highest recomended dr ane gan. Buku ini menyajikan kumpulan 99 puisi historis yang menggambarkan suasana sudut kota Surabaya beserta dinamikanya. Tp agan tau sapa yg nulis? yg nulis ternyata pengayuh beck gan! gila ane jg gk percaya kl tukang becak yg nulis buku ini. ternyata mereka bisa romantis & berjiwa sastra juga ya. isinya sangat bagus tanpa kata hiperbol yg berlebihan, sesui proporsi. Kilk aja profil bukunya di http://penerbitsic.com/index.php?route=product/product&filter_name=puisi%20pleidoi&product_id=396
daninoviandi - 14/10/2012 07:00 PM
#2091

Quote:
Original Posted By komet795
lha emang puhdan bukunya ngga kebalik? eek:
iya konsepnya sih keren
sayang kurang rapi D

iya kebalik juga mot D
gw kirain salah cetak, taunya beneran welcome to Luna Lovegood hammer
oyxpik - 15/10/2012 12:31 PM
#2092
Home is Where Your Family is !
Eight Cousins

[CODE]SRC bulan Juli 2012
Penulis : Louisa May Alcott
Judul : Eight Cousins
Penerbit : Feedbooks (Versi kindle)
[/CODE]

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Quote:

Setelah Rose kehilangan kedua orang tuanya, dia terpaksa tinggal bersama bibi-bibi ayahnya untuk sementara sebelum Paman Alec yang memegang hak asuhnya datang. Namun anak gadis yang cantik dan manis ini sangat dirundung kesedihan yang mendalam sehingga membuat pusing tujuh keliling keenam wanita Campbell. Bibi Plenty sudah memberikan Rose akses bebas ke lemari besar berisi porselen miliknya yang menarik dan unik, Bibi Peace sudah mencoba mengajak Rose untuk membuat baju boneka yang lucu dan pastinya disukai oleh semua anak perempuan lain, bahkan mereka sudah mencoba mendatangkan teman perempuan untuk Rose, gadis tetangga yang bernama Ariadne Blish.

Namun semua itu tiada membuahkan secercah senyum pun pada wajah cantik Rose Campbell. Bagaimana tidak, Aunt-Hill sangatlah suram dan sifat bibi-bibinya malah membuat Rose merasa tersiksa. Ditambah lagi dia adalah satu-satunya anak perempuan di keluarga besar Campbell karena semua sepupunya adalah laki-laki. Kasihan Rose, satu-satunya orang yang disukainya hanyalah Phebe si periang, pembantu keluarga Campbell.

Uh-oh, sebenarnya bibi-bibi Campbell ingin Rose tersenyum kembali namun mereka mulai kehabisan ide. Akhirnya Paman Alec datang dan meminta waktu satu tahun kepada Bibi-Bibi Campbell untuk dapat mengeluarkan Rose dari jurang kesedihan. Para Bibi pun setuju, dan dengan berbagai cara Paman Alec, dibantu oleh Bibi-Bibi Campbell dan sepupu-sepupu Rose yang menyebut dirinya sebagai The Klan, serta Phebe berusaha untuk mengembalikan cahaya kebahagiaan di wajah gadis kecil itu.

Mampukah mereka merubah Rose menjadi gadis periang ? Apakah Paman Alec bisa membuat Rose tersenyum kembali dalam waktu yang singkat ? Dan apakah Rose bisa menemukan kembali tempat yang bisa disebutnya rumah ?



Satu lagi cerita tentang anak gadis sebatang kara karena kedua orang tuanya meninggal. Satu lagi cerita tentang perempuan kecil yang dititipkan ke rumah keluarganya dan tidak bisa beradaptasi pada awalnya. Memang pada awalnya saya sedikit merasa bosan dengan tema cerita yang satu ini, karena beberapa buku klasik anak-anak yang saya baca bercerita tentang anak yatim piatu yang sebatang kara, contohnya saja Secret Garden dan Oliver Twist. Tapi setelah melihat cover bukunya yang bergambar anak perempuan berusia remaja yang dikelilingi oleh tujuh remaja lelaki sedikit menggelitik saya untuk membacanya. Sepupu-sepupu Rose ini yang membuat saya tertarik dan akhirnya menguatkan diri untuk membuka halaman demi halaman.


Ya, karakter di buku ini lumayan banyak untuk ukuran buku yang mempunyai jumlah halaman 224 buah. Dari awal buku saja saya sudah disodorkan imajinasi tentang paman-paman Rose yang semuanya baik dan menyenangkan, bibi-bibi Rose yang bermacam-macam sifatnya, ada yang stylish dan fashionable, ada yang kolot, ada yang keibuan dan ramah, ada juga yang tukang panik dan menganggap Rose punya penyakit mematikan. Bukan hanya itu lho yang bervariasi seperti tutty fruity, sepupu-sepupu Rose yang mempunyai gender yang sama itu juga berbeda karakternya. Archie si pemimpin dan berusaha untuk bermoral baik di depan Rose, si Charlie yang rada-rada sengak dan sering ngusilin Rose, si Jamie yang lucu dan imut, Steve yang metroseksual, Mac si kutu buku, dan Will serta Geordie yang masih dalam masa labil. Banyak dan membuat bingung di awal buku. Namun lama kelamaan seiring cerita berjalan, Louisa May Alcott mampu membuat saya tertarik dan akhirnya… saya pun merasa mengenal karakter demi karakter dan mereka tampak nyata. Semua tokoh punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, tidak ada yang menjadi malaikat di sini, bahkan Rose pun punya kelemahan. Karena keragamannya saya bisa menyukai, kadang kesal, bahkan terharu akibat tokoh-tokoh rekaan penulis. Ini poin yang sangat saya suka, buku ini mampu membuat saya merasa “sayang” dan peduli dengan semua tokoh yang ada di dalamnya.

Dengan alur yang berjalan maju dan tempo yang sedang, penulis membagi buku ini ke dalam 23 bab dan di tiap bab terdapat bumbu konflik-konflik kecil yang kadang tidak terlalu nyambung antara bab satu dengan yang lain. Yah, buku ini seperti benar-benar menceritakan tentang keseharian Rose di Aunt Hill yang dikelilingi oleh keluarga barunya dan konflik yang ditemukan sehari-harinya beragam. Satu lagi yang menarik dari cerita ini adalah saya tertarik dengan beberapa pendapat penulis yang diselipkan di ceritanya. Banyak kontroversi yang dihasilkan karena penulis lebih cenderung mendukung feminisme melalui buku ini. Seperti pendapat penulis mengenai model pakaian para wanita di zaman itu yang ditunjukkan dengan Paman Alec yang mengomel habis-habisan karena tidak setuju dengan Bibi Clara yang merasa Rose wajib memakai korset. Di dalam buku ini juga terdapat cerita dimana para laki-laki mencemooh anting-anting yang dikenakan Rose dan mengatakannya sebagai hal yang tidak penting. Selain masalah feminism, banyak hal lain yang dibahas misalnya ketidaksetujuan penulis mengenai bahasa gaul (slang) yang dipakai anak-anak remaja saat itu yang ditandai dengan adegan ibu Will dan Geordie yang menyita buku cerita berbahasa tidak karuan itu. Masih banyak lagi pendapat pribadi dan isu-isu lain yang ditorehkan penulis di dalam lembar demi lembar cerita klasik ini.

Bagi saya buku ini benar-benar mudah untuk dinikmati. Manis dan romantis mungkin merupakan dua kata yang cocok untuk menggambarkan hubungan kekeluargaan yang dijalin antaa keluaga Campbell. Siapa bilang romantisme hanya bisa diciptakan oleh dua pasangan yang sedang mabuk cinta ? Keluarga yang saling mencintai satu sama lain dan saling membahagiakan satu sama lain juga bisa menumbuhkan hal itu.Untuk para pembaca wanita yang disana, saya merekomendasikan buku ini untuk kalian. Hey, bukan berarti para kaum adam tidak boleh membacanya juga lho ! \)
Versi ebook berbahasa original buku ini bisa didapatkan secara gratis dan legal, dan sudah tersedia juga terjemahan bahasa Indonesianya oleh penerbit Mizan. Ayo silahkan dibaca.

"Here's our little peace-maker!" said Archie, shaking hands with vigour. But Charlie added, with a look that made Rose very proud and happy, " And my little sister"

4.5/5
komet795 - 15/10/2012 02:37 PM
#2093

Quote:
Original Posted By daninoviandi
iya kebalik juga mot D
gw kirain salah cetak, taunya beneran welcome to Luna Lovegood hammer


hahaha itu juga aku karena nanya sama temenku itu ngakaks
kalo gak, ya gak mudeng juga p
eclips3 - 18/10/2012 03:02 PM
#2094
Menggali Mutiara Kehidupan Hammerfest
Spoiler for
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


Mutiara Kehidupan Berbalut Salju
by. Alief Bakhtiar
LeutikaPrio, Yogyakarta
978-602-225-186-6



Seperti yang kita pahami dari perkataan Peter Drucker bahwa tidak ada negara yang miskin, tetapi yang ada adalah negara yang salah kelola, maka itulah barangkali pesan yang ingin disampaikan seluruh isi buku ini dengan mengambil satu latar tunggal kota Hammerfest di utara Norwegia.

Hammerfest, seperti kebanyakan kota di bagian utara Eropa lainnya, cuaca dingin dan badai salju merupakan ancaman yang siap memangsa setiap saat. Matahari yang pada musim panas kadang tidak beranjak turun hingga tengah malam, atau keadaan masih gelap buta saat jam 12 siang, bukan lagi pemandangan langka. Namun, apa yang membuat kota ini maju dan memiliki kelayakan hidup nomor 2 di dunia ? Inilah yang menarik dari buku ini, karena diceritakan menggunakan kacamata warga Indonesia yang bekerja disana, tanpa lupa membuat pertanyaan balik bagi pembaca di negerinya sendiri.

Di awali dengan kisah handphone yang hilang, hingga cerita jalanan di atas es berbatu, kumpulan kisah ini mengajak kita untuk menyelami kearifan lokal budaya Eropa yang mendiami kota paling utara di benua itu. Kisah tentang handphone misalnya, kita diajak mengagumi nilai kejujuran masyarakat Hammerferst yang menyerahkan ke pihak berwewenang jika menemukan barang hilang. Lalu kisah lain misalnya operator TV tidak menayangkan siaran gosip selebriti karena menganggap melanggar privasi seseorang, cukup membuktikan betapa hak-hak asasi seorang sangat dijunjung tinggi. Di kisah lain disebutkan suasana kerja dibentuk saling memotivasi, tidak ada tindakan cari muka atau saling menjatuhkan harga diri satu sama lain, serta pengoptimalan kemajuan teknologi. Sebanyak lima puluh kisah yang merangkai buku ini juga berisi pesan-pesan akan kemandirian seorang wanita, keamanan memasuki masa pensiun, trik menjaga ukhuwah sesama umat manusia, menyikapi pasangan hidup, bahkan tatakrama menggunakan toilet. Tak lupa, sebuah kisah mobil Perdana Menteri yang dibeli dari kocek peribadinya terpaksa diganti karena mendapat teguran dari rakyatnya, suatu hal yang sangat paradoks di negeri kita. Dari semua kisah memesona di atas, tak salah rupanya jika buku ini diberi judul “Mutiara Kehidupan Berbalut Salju” karena toh memang semua pesan-pesan yang disampaikannya sarat dengan nilai mutiara : berharga, indah dan abadi.

Namun diatas semua cerita luar biasa di atas, kepiawaian Alief Bakhtiar-lah, sang penulis, yang mampu merangkai fragmen tersebut menjadi semacam antologi cerpen. Membaca buku ini mirip-mirip dengan membaca Chicken Soup for the Soul, setiap lini kehidupan bercerita dimana tokoh di tiap lini menguakkan kisah mereka sendiri-sendiri, sehingga pembaca tidak perlu khawatir jika ingin meloncat ke beberapa halaman, karena toh bukan cerita berantai atau setia pada alur. Bakhtiar sendiri boleh di bilang berbeda pola penyajiannya. Dia membahas semua lini dengan tokoh dan latar yang itu-itu saja: suasana laboratorium tempat dia bekerja, asrama tempat tinggalnya, jalanan yang dilaluinya dari asrama ke kantor, dan liburan akhir pekan. Cerita yang sangat sederhana. Tapi kemasan sederhana itu pulalah yang membuatnya berhasil mengonduksikan apa yang hendak disampaikannya. Bakhtiar menggunakan kata-kata simpel dalam bahasanya sehingga sekonyong-konyong kita membaca novel metro pop, suatu keunikan untuk penulis yang berusia di atas 40 tahun dimana kesan tulisan serius acapkali di alamatkan rentang umur itu. Jadi, buang jauh-jauh harapan anda jika ingin menemukan prosa, atau istilah-istilah sosial politik yang kedengarannya njelimet. Pembaca tidak akan menemukannya disini. Bakhtiar sangat paham bahwa tata bertutur seperti inilah yang mampu ditangkap pembaca Indonesia, terutama pendidikan kalangan bawah, karena memang keminiman pendidikanlah yang membuat negeri kita banyak pekerjaan rumah. Dan kalaupun harus ada kritik, perangkaian kalimat sederhana Bakhtiar-lah yang dianggap penikmat sastra kurang greget. Namun, Bakhtiar rupanya lebih memilih keindahan pesan dibanding keanggunan literasi.

Demi Bangsa

Suatu berkah bagi saya sempat bertemu penulisnya saat kunjungan ke tempat kerjanya—sesuatu yang sangat kebetulan. Ketika menanyakan perihal penerbitan buku ini, jawaban beliau sangat singkat,”Demi bangsa kita!” Bakhtiar menambahkan bahwa kondisi bangsa kita sudah memasuki titik kritis dalam hal persoalan moral, suatu keadaan yang kontradiktif sebagai penduduk Muslim terbesar di dunia. Buku ini semata-mata dimaksudkan agar nilai-nilai di dalamnya dapat diserap oleh anak bangsa utamanya pengambil kebijakan di pemerintahan demi terciptanya good governance.

Siapapun mafhum dengan keadaan bangsa yang memprihatinkan belakangan ini. Tuntutan kesejahteraan buruh, harga bahan bakar melonjak, korupsi aparat negara yang merajalela, penegak hukum yang diragukan kredibilitasnya—semuanya seperti mengaburi jalan menuju cita-cita kemerdekaan yakni terwujudnya kehidupan sesuai dasar negara Indonesia. Untuk menjangkau ranah itu, tak disalah lagi, komunitas pemerintahan yang terbentuk dari personel-personel anak bangsa perlu disokong oleh nilai-nilai persona yang adiluhung, merakyat dan sarat nilai agama. Sebagai negara yang beragama, kita masih terus meyakini bahwa nilai-nilai agama sangat relevan dalam penciptaan tatanan pemerintahan yang bersih serta kehidupan yang nyaman. Lalu, kenapa justru negara yang penduduknya kurang religi atau bahkan atheis, praktek-praktek kehidupannya malah sangat religi ? Mungkin betul kata ulama Muhammad Abduh yang berujar,“Saya melihat Islam di Eropa, namun orang Muslim banyak saya temukan di negara Arab.” Tentu saja, ini tidak bermaksud menyinggung kalangan tertentu, namun andai semua nilai agama—agama apapun—benar-benar ditransformasikan ke dalam kehidupan nyata, barangkali penegak hukum tak perlu repot memburu buronan, atau hal ihwal korupsi yang membuat negeri ini nelangsa dan tersaruk-saruk menuju kesejahteraan. Jika melihat segala kesemrawutan masalah di negeri kita, perlulah kita mempertanyakan, benarkah bangsa kita seperti yang dikatakan Peter Drucker ? Salah kelola ?

Di lain sisi, bagaimana teknologi benar-benar diefektifkan di Hammerfest patut diacungi jempol, misalnya penyajian materi pelatihan yang super-praktis, sarana transportasi massal yang nyaman dan sistem on-line. Uniknya adalah ini kota kecil yang berdiri di tubir kutub utara dan hampir segala hal yang merisaukan di belahan bumi lain tak ditemui disini. Contoh lain adalah tata kelola lingkungan yang tetap lestari sehingga pabrik, perkantoran, pelabuhan dan rumah kawasan penduduk dapat berdampingan tanpa saling merusak. Benar-benar suatu konsep yang layak dijadikan brainstorming.

Sekalipun buku ini condong dipandang sebagai bentuk komparasi budaya—tanpa bermaksud mendiskreditkan bangsa kita—sama sekali tidak berisi kata-kata dogmatis, malah terkesan suatu cermin agung yang membuat kita kembali merenung bahwa kondisi iklim tak bersahabat di Hammerfest saja bisa menciptakan kehidupan penuh keharmonisan, lalu seperti apakah kita mengarungi kehidupan di tanah tropis kita yang diberkahi dua musim ini ?

Sebagai negara yang lilitan masalahnya tak kunjung terurai, tak pelak lagi, sari kehidupan yang dinarasikan Bakhtiar dapat dijadikan suluh bagi jiwa kita. Silakan meng-copy karakter dalam buku ini dan melekatkannya dalam pribadi kita, lalu mengaplikasikannya dalam bentuk terkecil, tahap demi tahap. Semoga dari yang kecil ini dapat menghasilkan jubah mutiara, setidaknya bagi diri kita sendiri. Yang dituturkan Bakhtiar bak kerikil pondasi yang membentuk pilar moral dan kelak akhirnya membentuk jiwa agung. Sejauh kita tidak mengabaikan hal sederhana terkait keanggunan karakter, selama itu pula kita terhindar persoalan hidup. Meminjam istilah Mark Haddon, seorang penulis Inggris, bahwa beberapa hal dalam hidup ini tidak bisa diabaikan sekalipun itu hanya bintik gatal, maka layakkah penyimpangan moral sekalipun dalam kuantitas terkecil diabaikan begitu saja ?

Dan di atas segalanya, bukan perkara gampang bagi seorang sarjana kimia untuk menangkap, menulis dan mengemas segala pengalamannya menjadi sebuah buku. Sebagai sesama sarjana di bidang kimia, tentu saja, saya patut mengapresiasi mengingat kalangan akademisi di jalur eksakta umumnya berhadapan dengan tulisan serius, bahasa kaku, angka-angka dan simbol-simbol mutlak. Bakhtiar rupanya berhasil membuat pengecualian. Bakhtiar tidak hanya mampu menggali mutiara yang membaluti kehidupan bersalju di Hammerfest, tetapi juga menegaskan sebuah pertanyaan balik yang menyentak batin kita : mutiara apakah yang sudah membaluti kehidupan kita di tanah tropis ini ?


Rate 5/5
ShinkenGold - 18/10/2012 07:42 PM
#2095

Spoiler for coverr
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu



[FONT="Comic Sans MS"]Buku yang menceritakan Kito Aya motivator favorit ogut:addfriends dan teman temannya sebanyak 58 surat.

Overall ini lebih seperti keping kepingan surat yang di bukukan dannn diterbitkan setelah diary 1 gallon of tears eh itu drama i liter of tears ding.Kumpulan surat ini sendiri memiliki kurun waktu urut,mulai dari SMP hingga menjelang ajal di rumah sakit.

Seperti banyak gadis lainnya bisa dikatakan Kito Aya susah untuk move on ketika masa sulit,sepanjanga hidupnya yang berawal masuk SMA untuk anak normal.Ogut saranin untuk sedikit mainstream nonton dramanya dulu,1 liter of tears, karena meski side story itu drama menggambarkan hidup aya dengan kurun wkatu yang cepat dan bikin campur aduk ati

Sangat disaran kan membaca ini untk motivasi dan menyalami dengan salam sangat superrrr ala gads belia yang susah move on hammer:[/FONT]

Ratenya 4/5 aja deh soalnya ga ada gambar asli D
Page 105 of 105 | ‹ First  < 100 101 102 103 104 105
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu