BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Total Views: 87632 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 60 of 105 | ‹ First  < 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 >  Last ›

daninoviandi - 12/01/2012 04:54 PM
#1181

Quote:
Original Posted By dewok
Bluue Bloods buku pertamanya puh... itu bahan immortal reading challenge bulan ini... jadi inget belum kebaca...

Post review dr blog sendiri boleh ga puh?


immortal reading challenge apa pula hammer:

tinggal copas aja atuh mbak p
dewok - 12/01/2012 10:54 PM
#1182

Quote:
Original Posted By daninoviandi
immortal reading challenge apa pula hammer:

tinggal copas aja atuh mbak p


challenge juga tp khusus buku fantasy p
oh kirain ga boleh, klo gt aku pindahin yg di blog kesini deh \)
dewok - 12/01/2012 10:58 PM
#1183

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Asli: Pengakuan Pariyem
Penulis: Linus Suryadi AG.
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tgl Terbit: Cet. ke-1; Juni 2009
Ukuran: 314 hlm; 13 x 19 cm
Tgl beli: Cimahi, 28 Sept 2009
Rating: 3/5

Spoiler for Sinopsis

Sinopsis (Spoiler Alert):

PARIYEM, nama saya
Lahir di Wonosari Gunung Kidul pulau Jawa
Tapi kerja di kota pedalaman Ngayogyakarta
Umur saya 25 tahun sekarang
-tapi nuwun sewu
tanggal lahir saya lupa
Tapi saya ingat betul weton saya
Wukunya Kuningan
di bawah lindungan bethara Indra
Jumat Wage waktunya
ketika hari bangun fajar

Itu adalah sepenggal prosa pembuka buku ini. Ya buku ini bertutur tentang Pariyem seorang wanita Jawa, dari desa yg bekerja sebagai “babu” di kota besar Yogyakarta. Laiknya seorang babu, kehidupan Pariyem dipenuhi dengan pengabdian terhadap tuannya. Pariyem sosok yg digambarkan lugu, sabar dan nrimo adalah potret wanita Jawa pada umumnya.

Masa kecil Pariyem boleh dibilang bahagia, bapaknya seorang pemain ketoprak dan simboknya sindhen wayang kulit. Ia kerap mengikut ibunya manggung, duduk manis di belakang dalang. Setelah dewasa ia ngenger di rumah KRT. Cokro Sentono di nDalem Suryomentaraman, Ngayogyakarta sebagai babu.

Istri Ndoro Kanjeng, RA. Cahya Wulaningsih biasa dipanggil nDoro Ayu, seorang yg ayu, luwes, halus tutur katanya, teduh pandangannya serta memiliki jiwa yg luhur dan mulia. Mereka mempunyai 2 orang putra, laki-laki dan perempuan. Yg laki-laki bernama RB. Aryo Atmojo, seorang mahasiswa kuliah di UGM jurusan filsafat. Yg perempuan bernama RA. Wiwit Setyowati, kuliah di Sarjana Wiyata dan sore harinya ngajar beksan di nDalem Pendopo Taman Siswa.

Pariyem betah dan krasan kerja disana, karena keluarga nDoro kanjeng tidak pernah membeda-bedakan status. Hingga pada suatu hari Pariyem dan Den Bagus Ario melakukan hubungan yg tidak seharusnya dilakukan. Pariyem pasrah dan tak kuasa menolak, malah ia menikmati dan menghayati perannya. Toh ia sudah tak perawan lagi, sudah ia berikan kepada Kliwon di sebuah gubuk kecil sepulang nonton wayang. Jadi saat Den Aryo menginginkannya, Pariyem lilo dan nrimo. Nilai-nilai luhur wanita Jawa sudah ia lupakan, harga diri dan kehormatan sudah tak tersisa.

Masalahpun muncul saat tiga bulan kemudian Den Ayu Wiwit menemukan Pariyem muntah-muntah. Malam harinya diadakan pertemuan keluarga dan semuanya setuju Pariyem dikembalikan ke rumahnya hingga melahirkan. Setelah melahirkan ia boleh kembali bekerja di nDalem Suryomentaraman. Semua kebutuhan dan biaya hidup sang bayi akan dipenuhi nDoro Kanjeng. Sekali lagi Pariyem harus pasrah saat tak ada pernikahan, tak ada upacara resmi, dan gendhing Kebo Giro.

Ya, Pariyem saya
Maria Magdalena Pariyem lengkapnya
“Iyem” panggilan sehari-harinya
di Wonosari Gunung Kidul
Tata lahirnya, saya hanya babu
tapi batinnya, saya selir baru.


Catatankoe:

Tak salah rasanya saat itu sy mengambil buku ini dari sebuah toko buku di Cimahi, Bandung. Inilah kali pertama sy berkenalan dengan prosa lirik dan segera sy jatuh cinta dengannya. Sy tak paham seperti apa prosa itu sebenarnya, toh sy tetap menikmati irama kalimat dalam buku ini hingga halaman terakhir.

Pengulangan lirik tidak terasa membosankan karena disampaikan dengan ringan. Bahkan saat berbicara masalah ranjang, saya tidak merasa “saru” membacanya karena digambarkan dengan sopan dan indah. Pada akhirnya meski sy harus menggeleng tak setuju dengan tingkah polah keluarga nDoro Kanjeng dan memberikan nilai negatif, tetap buku ini adalah buku yg patut dibaca.

Kutipan Favorit:

“Lha di sorga, Gusti Allah tak bertanya:
Agamamu apa di dunia? Tapi ia bertanya:
di dunia kamu berbuat apa?”
-p.18

“Lha iya, orang Jawa itu
Kalau ditaling
dan ditarung
Kalau dipepet
dan dilelet
Kalau dibului
dan dicakra
Kalau diwignyan
dan dipengkal
Dia akan bebunyi
dia akan hidup
Tapi kalau dia dipangku
dia akan mati kutu”
-p.47
Putri Dangdut - 13/01/2012 03:40 PM
#1184

Ini Mau Menerbitkan Buku atau Mau Tanding Tinju sih?
Semacam review Rumah Kopi Singa Tertawa

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Sebenarnya aku kesulitan me-review buku ini. Dari judulnya saja sudah ambigu, apa maksud coba Rumah Kopi Singa Tertawa? Rumah Kopi mungkin merujuk ke semacam cafe atau sejenis warung kopi, tapi kenapa ada singa yang tertawa pula? Aduh sungguh geje. Tapi, teman cobalah buka di halaman pertama kau akan menemukan Cara-cara Mati yang Kurang Aduhai dimana di endingnya kau akan shock luar biasa, kok bisa? Ah sial nih yang nulis! Mungkin seperti itu kau akan bergumam.

Cerita kedua tentang Dosa Besar No. 14, Yusi benar-benar gila, kenapa langsung nomor 14, nomor 1 sampai 13 nya dosa macam apa? *banghead* Lalu cerita Sebelum Peluncuran, apa yang terjadi dengan seorang penulis yang mau menerbitkan bukunya untuk pertama kalinya? Kenapa begitu gelisah dan tergoda untuk menenggak Dianabol yang berisi testosteron yang kata temannya bikin kuat itu, ini mau meluncurkan buku atau mau tanding tinju sih?

Pernah mengalami kejadian dimana kau mengendus masakan tetangga dan sangat berharap tetangga mengirimkan makanannya padamu, tapi setelah kejadian -si tetangga mengirimkan makanan padamu bukan hanya sekali tapi berkali-kali- kau berharap kau punya keberanian untuk sekali dua kali menolak masakan tetanggamu itu, cobalah intip cerita pasutri Dari Dapur Bu Sewon.

Lalu ada kisah tiga pria yang berlari di padang pasir demi menghindari badai gurun, dan berakhir dengan memakan sup dari binatang yang suka makan tahi. Yaikkk! Pliss cerita ini tidak menjijikkan, tapi lucu, teramat lucu. Tiga pria ini sama sialnya dengan orang-orang yang terkena Hukum Murphy di karang Api yang menjadi pamungkas dari buku geje ini. Waduh, apa pula itu Hukum Murphy? matabelo:

Nah, itu sedikit cuplikan yang ada di kumpulan cerpen Rumah Kopi Singa Tertawa yang ditulis Yusi Avianto Pareanom. Ada 18 cerita dalam buku ini yang aku yakin untuk yang suka cerpen kalian jadi mau mau mau lagi baca cerita yang lainnya. Bukunya sendiri diterbitkan oleh Penerbit Banana, penerbit kecil sih...tapipak, kau tak akan menyesal berjuang mendapatkan buku ini --yang katanya teman sih langka.

Eh Yusi juga pernah membacakan cerpennya Ajal Anwar Sadat di Cempaka Putih di Salihara lho, ah yang waktu itu serapium juga diundang itu lho D Di buku ini ada juga cerpen tersebut.

Sebagai penutup, aku bagikan dialog menggelitik yang ada dalam buku ini...

Spoiler for Cara-caraMatiYangKurangAduhai
"Siong, kamu mau nggak dikasih main tiga kali sama...katakanlah Sora Aoi, atau salah satu dari merekalah, terus dibikin mati?"
"Mainnya sih kebayang enaknya, Bos. Pengin sih ngrasain. Tapi ngapain juga, Bos, dapat yang biasa-biasa juga oke, asal tidak mati. Mati tidak enak, tidak bisa lihat yang bagus-bagus."
"Dasar pandir! Kau kan bisa main dua kali saja, terus pulang"


Spoiler for RumahKopiSingaTertawa
"LIHAT tuh mbak-mbak yang baru datang dan duduk di situ. Mantap, bung."
"Jangkrik! Matamu itu lho. Apa lupa pelajaran di sekolah? Tataplah orang pada matanya..."
"Kecuali susu mereka benar-benar bulat..."
"Jangkrik! Salah posisi aku."


Ah, terima kasih buat yang ngasih buku ini ke aku D

Quote:
Identitas Buku:
Judul: Rumah Kopi Singa Tertawa
Penulis: Yusi Avianto Pareanom
Penerbit: Banana
Jumlah Halaman: 172 halaman
Rate: 4/5
*cocok dibaca buat yang suka sastra dan ingin ketawa*
daninoviandi - 13/01/2012 04:40 PM
#1185
The Woman He Loved Before by Dorothy Koomson
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Spoiler for review
Quote:
"Seperti apa sosok wanita yang pernah mengisi hati pasangan kita?

Bagai kotak pandora, pertanyaan itu selalu menggoda Libby sepanjang pernikahannya dengan Jack. Suaminya itu begitu sempurna, terlalu sempurna malah, kecuali ditinggal mati isterinya dalam usia muda. Hingga akhirnya, tutup kotak itu terbuka sudah. Tanpa sengaja, Jack menyerukan nama itu di salah satu lelapnya. Eve.

Nama itu kemudian bagai menderanya. Benak Libby disibukkan dengan segala macam rekaannya tentang Eve. Namun, semakin jauh penelusurannya, justru pesona Eve lah yang semakin terasa olehnya. Libby harus mengetahuinya. Masihkah Jack mencintai Eve? Di balik gelengan kuat kepalanya, mata biru suaminya memancarkan kegelisahan.

The Woman He Loved Before, menuturkan betapa kepercayaan dan komitmen selalu menjadi tiang penyangga sebuah hubungan. Ditulis dengan plot yang manis dan penuh kejutan, sekali lagi kita diajak bertanya, apakah cinta yang kita impikan memang benar-benar kita butuhkan dan sungguh layak diperjuangkan?


Sang mantan D

liat judul dan cover pasti mengira ini adalah buku drama biasa yg endingnya happy, gampang ketebak..tapi tunggu dulu, buku ini tak sesderhana itu, buku ini rumit ceritanya, semua hal ternyata berhubungan di buku ini, dan jawaban dari buku ini ada di dalam buku (harian D)

buku ini bercerita tentang pasangan Libby dan Jack, dan si Jack ini pernah punya istri yang meninggal secara misterius bernama Eve, dan tidak bisa dipungkiri klo Eve itu merupakan cinta sejati dari Jack. Libby yang penasarann tentunya ingin mengetahui seperti apakah masa lalu Jack dn Eve, karena jack tak mau terang2an memberitahu Libby akibat luka gara2 kematian Eve masih tetap ada di dalam hatinya. buku ini alurnya maju mundur, dan bercerita dari sudut pandang masing2 tokoh, Libby, Jack dan Eve, ya Eve! Eve di buku ini bercerita melalui buku hariannya yang tak sengaja ditemukan Libby di gudang bawah tanah, dan tanpa mesti menyuruh Jack bercerita, Libby secara otomatis telah mengetahui masa lalu Jack dan Eve melalui buku harian Eve ini. di buku harian ini terungkap bahwa Eve terjebak masa lalu yang suram, sampai2 ada keluarga Jack yang ternyata mengenal Eve ini dan ternyata bermasalah dengan Eve di masa lalunya. dan itulah kunci tentang kematian Eve yang selama ini tersembunyi, dan juga menjadi kunci mengapa kehidupan pasangan kaya di luar negeri tidak semudah yang dikira.

oh iya, ada lagi sudut pandang satu orang lain di buku ini, siapakah itu?silahkan baca bukunya sendiri, soalnya bakal spoiler abis jika diceritakan disini semua.

Di buku ini keadaan Libby yaitu sehabis kecelakaan, dan akibat kecelakaan itulah yang menyebabkan Libby dan Jack terjebak kejadian masa lalu yang mau tak mau pada akhirnya semuanya mesti dibuka untuk menjelaskan semua.


kejutannya di buku ini, teknologi sangat berperan di buku ini, sehingga endingnya sangat tidak disangka2 D


rate=4/5


Available on Perpus Serap
peacekeeper - 13/01/2012 04:52 PM
#1186

Mod, sebenernya buku ini udah di review ama dani. cuma yg mau ikutan SRC kudu masukin review di sini katanya malu:

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Buku : When God was a Rabbit
Penulis : Sarah Winman
Penerjemah : Rini Nurul Badariah
Penyunting : Dhewiberta
Penerbit : Bentang Pustaka
Harga : lupa

Hal yang harus kita temukan kali pertama, adalah alasan untuk hidup. Kalau tak ada alasan, buat apa repot-repot ?. Keberadaan harus bertujuan : agar sanggup menahan derita hidup secara terhormat, memberi kita alasan untuk tidak menyerah. Maknanya harus meresap dalam hati kita, bukan otak kita. Kita harus memahami makna kesengsaraan itu sendiri.


Sebuah novel yang sarat kesatiran ini bersetting di Inggris pada tahun 60-70 an, lalu pindah ke new york sebelum kejadian menghebohkan yg meluluh lantakkan world trade center pada tanggal 9 september.
Elanor Maud seorang gadis cilik yang biasa dipanggil elly, memiliki keluarga yang sempurna. Ayah, ibu serta seorang kakak laki-laki yang menyayanginya, semua bermula baik-baik saja sampai suatu ketika masalah dimulai.
Kakek & nenek elly tewas dalam sebuah kecelakaan, sehingga menimbulkan depresi yang mendalam pada Ibunya. Dari kejadian itulah, Elly mulai mempertanyakan bagaimana Tuhan bekerja. Pernahkah kita bertanya pada diri kita, kenapa Tuhan masih saja memberikan hal-hal yang baik untuk orang-orang yang jahat? dan mengapa harus terjadi hal-hal yang buruk pada orang-orang yang baik?. Pertanyaan ini lah yg ditanyakan elly kepada ibunya.

"Apakah Tuhan mengasihi semua orang ?" tanyanya pada ibunya
"tentu saja" jawab ibunya
"Apakah Tuhan mengasihi pembunuh?"
"Ya"
"perampok?"
"Ya"
"tinja?" tanyanya lanjut
"Tinja bukan makhluk hidup sayang" jawab ibunya serius
"Tapi, kalau ya, akankah Tuhan mengasihinya?"
"Ya, kurasa begitu." jawab ibunya.

Itulah sekelumit percakapan Elly dengan ibunya, Percakapan Itu terjadi ketika Elly mendapati dirinya lahir dari sebuah kehamilan tak terencana. Hal yang sama yang menurut dia terjadi juga pada proses kelahiran Yesus Kristus. Pernyataan yang polos, yang membuatnya dihukum oleh pendeta di sekolah minggu nya. Saya tertawa pada bagian ini, bukan maksud untuk menghina Yesus Kristus, tapi tertawa karena Elly polos sekali, kepolosan seorang anak kecil yg digambarkan dengan tepat dan baik oleh Sarah Winman.

Secara umum, buku ini bercerita tentang hubungan penuh kasih antara Elly dan Joe kakaknya serta dengan Jenny penny teman sekolahnya. Tinggal di lingkungan keluarga yang secara kasat mata bahagia, tidak membuat Elly lepas dari masalah. Mr. Golan, tetangga baru nya yang seorang yahudi ternyata pernah melakukan pelecehan seksual terhadap elly, tak hanya itu.. Elly yang selama ini "kagum" dengan cerita-cerita Mr. Golan tentang bagaimana Ia menjadi korban dari tragedi Holocaust dan berhasil selamat dari kamp penyiksaan, ternyata harus menelan kenyataan pahit kalau seluruh cerita nya adalah bohong. Hal ini terungkap saat saudari Mr. Golan yang bernama Esther memberitahunya saat Mr. Golan yang ternyata memiliki cacat mental itu ditemukan bunuh diri.

Berawal dari hal itulah.. dihukum di sekolah minggunya, lalu menjadi korban pelecehan seksual, dan mendapati dibohongi oleh orang yang sudah dipercayainya, membuat Elly berfikir kalau Tuhan mencintai semua orang, kecuali dirinya. Dan pemikiran tersebut akhirnya berujung pada kesimpulan, jika Tuhan tidak mencintainya, maka Ia harus menemukan sesuatu yang bisa mencintainya. Hal ini lah yang membuat Elly dengan senang hati menerima usulan Joe untuk menamai trewelu belgia (salah satu jenis kelinci) yang baru saja diterimanya dari Joe sabagai hadiah Natal dengan nama GOD yang berarti Tuhan. Sindiran yang cerdas.

Dibalik semua masalah yang harus dihadapi oleh Elly seperti kasus pelecehan seksual terhadap dirinya, penyakit kanker yang diderita ibunya, bunuh diri, pemboman, penculikan, sampai kenyataan bahwa ternyata kakak tercintanya menderita disorientasi seksual, buku ini juga mengajarkan kita tentang hubungan kasih antara kakak dan adik serta persahabatan yang tulus. Selain itu pula Sarah Winman dengan cantik mampu meramu sebuah cerita dan mengkaitkan dengan peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi. Seperti mengadopsi cerita penculikan J Paul Getty III yang terjadi pada tahun 1973 ke dalam satu karakter, lalu tentang kematian John Lenon dan mendiang Putri Diana, sampai peristiwa 9/11.

Membaca buku ini rasanya kayak makan permen Nano-nano, kadang sedih, kadang tertawa bahkan tak jarang tersenyum getir. Jujur saja, jenis buku yang (menurut istilah teman saya Dani Noviandy) bisa membuat otak mengawang-ngawang seperti ini bukan buku favorite saya. Hanya cerita yang bagus saja yang bisa membuat saya bertahan untuk membacanya sampai akhir, dan ternyata.. saya membaca buku ini sampai akhir (horeeeee !!!!) . Overall, empat bintang buat buku ini.
Zuko99 - 13/01/2012 08:44 PM
#1187

If I should Speak,..
Ini Novel religi Islami,..
Lumayan buat mengingatkan kita yg muslim,..
Isinya agak penuh 'ceramah' D
Tapi lumayan,.. thumbup:
Karna saya memang perlu di ceramahin,... hammer: hehe

Spoiler for Tamika
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


Novel catatan nurani Muallaf Amerika,..

Mungkin (menurut saya) harusnya bukan catatan nurani Muallaf Amerika,
tapi catatan nurani 'calon' Muallaf Amerika,...

Buku ini bercerita tentang pertemanan (secara gak sengaja) Tamika, Aminah dan Dee-Durrah (nama islamnya). Aminah adalah sosok muslimah Amerika yang benar-benar taat. Dee, teman dekat Aminah sedari kecil, Seorang muslimah yang agak memberontak, padahal, tadinya Dee, malah lebih taat daripada Aminah. Namun, seiring waktu Dee berubah.

Kemudian ada Tamika, yang karena suatu kasus, terusir dari kamarnya... dan harus se-apartemen dengan Dee dan Aminah. Kebetulan si Tamika ini sedang meneliti tentang agama Islam (tugas kuliah). Mau gak mau dia banyak bertanya soal Islam kepada Aminah. Setelah tau lebih jauh, ternyata Agama ini mengusik hati nya. Dia yakin, tapi belum berani.

Apalagi pertemanannya dengan Dee yg asyik, sempat membuatnya lupa soal kegundahan hati yg dirasakan karna mempelajari Islam.

Setelah tinggal beberapa lembar terakhir, saya sempat heran, kok si Tamika belum Muallaf juga?? dimana konfliknya? dimana gregetnya?

Ternyata sodara-sodara, puncaknya itu ada di akhir-akhir buku. saat tinggal beberapa lembar lagi, ceritanya malah jadi sedih, Dee meninggal, kecelakaan lalulintas setelah dia dan Tamika, pulang dari pesta musim semi. Setelah meninggalnya Dee, barulah Tamika meminta bantuan Aminah untuk ber-Islam. D

Dari sinopsisnya, tadinya saya pikir buku ini isinya pergulatan seorang muslimah muallaf Amerika, perjuangan menghadapi keluarga, teman dan lingkungan.
Tapi ternyata, lebih ke pergulatannya sebelum jadi Muallaf, cerita setelah Tamika Muallaf hampir biasa aja, sedikit sekali, dan kayak gak ada tantangannya,.. hehe,..

Gaya bercerita penulis lumayan banget, mudah dipahami, gak neko-neko dan alurnya jelas.

rate : 3/5
Suami_Yang_Baik - 15/01/2012 11:17 AM
#1188

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Quote:
Damai dengan Alam, Kearifan Hidup Orang Baduy

Alam dan manusia Baduy boleh jadi merupakan "Tabungan" Tuhan yang masih tersisa, atau sengaja disisakan Tuhan dari sekian banyak kekayaan ciptaanNya (termasuk agama) di muka bumi yang kini sudah mulai berubah, rusak dan rapuh. Tabungan itu dipertahankan oleh Orang Baduy sebagai modal dan bekal sekaligus cermin bagi perbaikan masa depan dunia.

Kehidupan di sana tampak seperti tak berubah. Jarum jam seolah-olah berputar sangat lambat. Sikap "diam" Orang Baduy adalah sebuah proses kerja bathin dan kreativitas hidup alami yang terus menerus dipertahankan selama ribuan tahun untuk menjaga kelestarian dan keutuhan alam


     Buku kecil sederhana yg hanya sekitar 190an halaman tp buat sy sangat menarik.
Buat yg ingin tahu tentang Orang Baduy dgn segala kehidupannya boleh baca buku ini.
Memang ini bukan buku yang kumplit yg detail yg membicarakan suatu Budaya/Suku, tp menurut sy buku ini sudah sangat cukup menggambarkan kegiatan Orang Baduy.

Asli, sy jadi pengen maen kesana, ke Baduy. Cuma tmn2 lingkungan sy kurang suka sama wisata budaya, mungkin sudah ga jaman buat anak muda skr, maen ketempat seperti itu. D

Buku ini menyadarkan kita bahwa puncak kebahagiaan dan kedamaian hidup yang sebenrnanya dapat dicapai tatkala kita bisa memelihara dan menyatu dengan alam secara total.
Sen Tjiaw, Jurnalis, Stockhlom, Swedia.

5/5
oyxpik - 16/01/2012 12:00 AM
#1189
When You Reach Me - Rebecca Stead
Spoiler for see the cover
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


Judul : When You Reach Me
Pengarang : Rebecca Stead
SRC 2012 - Januari


Quote:
M,
Ini sulit. Lebih sulit dari yang kamu kira, walaupun dengan bantuanmu. Tapi aku sudah berlatih dan persiapanku sudah cukup. Aku datang untuk menyelamatkan hidup temanmu dan hidupku sendiri.

Aku hanya meminta dua hal

Pertama, kamu harus menulis surat kepadaku
Kedua, tolong jangan lupa menyebutkan lokasi kunci apartemenmu di surat itu

Perjalanan ini sulit. Aku tidak akan menjadi diriku saat kita bertemu.

Ketika pertama kali Miranda menemukan surat pendek misterius di dalam apartemennya, dia dan ibunya mencoba untuk berpikir bahwa surat itu adalah surat nyasar. Namun setelah surat kedua datang kepada Miranda, dia tidak bisa lagi berpura-pura untuk cuek. Bagaimana tidak, surat itu jelas-jelas ditujukan kepada dirinya...Miranda. Ini membuat Miranda ketakutan dan kebingungan.

Masalah lain juga menyita pikiran Miranda. Seperti Sal, sahabat baiknya sejak kecil, dipukuli orang dan setelah kejadian itu Sal tidak mau bicara dengannya lagi. Atau tentang ibunya yang akan menghadapi menjadi kontestan kuis berhadiah jutaan dolar.

Miranda mulai berpikir, kenapa Sal berubah ? Siapa yang meninggalkan surat kecil untuk dirinya ? Dan yang paling dia takutkan adalah... hidup seseorang dalam bahaya, tapi hidup siapakah itu ?

Yak ini dia, pemenang Newberry Award tahun 2010 ! Jujur saya membaca buku ini karena gelar Newberry yang didapat dan akhirnya bertengger di cover buku. Saya cukup penasaran untuk mengetahui seperti apa pemenang Newberry di tahun-tahun terakhir. Bagaimana bagusnya buku ini sampai menang award ?

Membaca buku ini, kesan pertama yang saya rasakan adalah santai. Sangat santai, kata-kata yang digunakan Rebecca Stead dalam menggambarkan cerita Miranda sangat luwes, simpel dan tidak bertele-tele. Saking santainya buku ini saya selesaikan dalam sehari. Diambil dari sudut pandang seorang gadis 12 tahun yang hidup di tahun 1979, kepolosan Miranda masih kental terlihat. Kehidupan karakter utama dengan orang-orang di sekelilingnya juga menjadi bagian besar dalam buku ini. Nah ini salah satu kelebihan dari buku ini, gambaran kehidupan yang biasa-biasa saja dapat diceritakan dengan lucu dan menarik sehingga membuat saya tersenyum-senyum sendiri.

Dari awal buku penulis sudah menyajikan clue clue untuk misteri yang menjadi titik tengah dari buku. Mungkin banyak yang mengira kalau misteri di buku anak-anak sangat kentara terlihat dan cheesy untuk dibaca orang dewasa, namun tidak untuk buku ini. Saya sendiri harus berpikir dan membaca ulang untuk mendapatkan clue clue yang ada dan menghubungkannya. Hmm, dalam kata lain sesuatu yang rumit tersimpan di dalam buku yang simple dan sederhana ini. Walaupun rumit, tenang saja... setelah di awal saya membaca dengan penuh tanda tanya dan penuh dengan kata "HAH?" di akhir saya mengerti dan berkata "Ooooh!" D

Penyelesaian di akhir sangat memberikan pencerahan bagi saya, sadar kalau ternyata jawabannya ada di depan mata dan dalam sekejap semuanya berhubungan. Seperti kata Miranda di dalam buku ini, "And when the veil lifts, we can see the world as it really is, just for those few seconds before it settles down again. We see all the beauty, and cruelty, and sadness, and love. But mostly we are happy not to."

Cocok untuk dibaca semua umur, walau target utamanya anak-anak tapi ada beberapa penjelasan di buku ini yang mungkin kurang bisa dimengerti oleh anak-anak. Dari segi moral, cerita di dalamnya bisa jadi panutan untuk anak-anak dan jadi pengingat untuk orang dewasa.

Ini adalah jenis buku yang bisa dibaca pada waktu santai dan termasuk jenis buku yang bisa dibaca berulang-ulang. Saya juga merekomendasikan buku ini kepada penggemar buku berjudul A Wrinkle in Time, karena Stead sangat sering menyebut tentang buku itu di dalam cerita ini.

Jadi... apakah menurut saya buku ini berhak untuk Newberry Award ? Ya ! Semoga penerbit dalam negeri mau menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. \)

Rating : 4/5 :angel
natheo1213 - 16/01/2012 11:02 AM
#1190

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : Lidah tak Bertulang (Speaking in Tongue)
Pengarang: Jeffery Deaver
Terbitan: GPU
Jumlah Halaman: 448 halaman

Apa yang terjadi jika seorang pengacara yg dijuluki si Lidah Perak harus berhadapan dengan piskilog ulung yg menaruh dendam kesumat terhadap dirinya ??

Tate Collier, seorang mantan Jaksa Persemakmuran, memiliki curiculum vitae yang sangat gemilang ketika masih bertugas. Kemampuannya menyihir dan mempengaruhi hakim & juri hingga memenangkan kasus2 yang ditanganinya sangat luar biasa, suatu kemampuan yang membuat dirinya mendapat julukan si Lidah Perak. Tapi kini, setelah ia mengundurkan diri dari jabatannya, ia dihadapkan pada seorang lawan yang sepadan dengannya dalam hal mempengaruhi orang. Aaron Mathews, seorang psikolog handal yg terlatih menerka kelemahan dan permasalahan pasien2nya hanya dengan memperhatikan sinar matanya. Kemampuan yang membuatnya dapat mengeksploitasi, memanipulasi dan menyerang titik lemah pihak2 yang berseberangan dengan dirinya.

Salah satu novel yang cukup membuat gw stress ketika membacanya. Pengarang dengan lihai berhasil merangkai cerita saat ini dan flashback2 menjadi satu kesatuan yang menegangkan. Terutama sekali kemampuan Mathews dalam memanipulasi dan menekan kelemahan2 org yg dihadapinya cukup menciutkan nyali sekaligus takjub akan kekuatan dari kata2. Sayangnya kesan kehebatan yg dibangun di awal cerita ternyata dirusak sendiri oleh pengarang ketika di akhir cerita dimunculkan lubang2 yang akhirnya merusak keseluruhan skenario yg dirancang. Malah ada bbrp detail yg terlewatkan shg pembaca harus menebak-nebak sendiri bgmn bisa si X atau si Y lolos dari jebakan.

Secara umum novel ini cukup menarik utk dibaca, tapi kalau boleh membandingkan, Tirai-nya Agatha Christie yg juga menceritakan tokoh antagonis dg kemampuan psikolog yg jenius jauh lebih gemilang, baik dari segi cerita juga ending yang super.

Rate: 3 of 5
enrinal25 - 16/01/2012 07:00 PM
#1191

SRC-2012
Bulan: Januari
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul: Winter in Tokyo
Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Hal: 320 halaman
Kategori: Metropop
Harga: Rp 40.000,-

Tetangga baruku, Nishimura Kazuto, datang ke Tokyo untuk mencari suasana baru. Itulah katanya, tapi menurutku alasannya lebih dari itu. Dia orang yang baik, menyenangkan, dan bisa diandalkan. Perlahan-lahan---mungkin sejak malam Natal itu---aku mulai memandangnya dengan cara yang berbeda. Dan sejak itu pula rasanya sulit membayangkan hidup tanpa dia.
Keiko tentang Kazuto

Sejak awal aku sudah merasa ada sesuatu yang menari dari Ishida Keiko. Segalanya terasa menyenangkan bila dia ada. Segalanya terasa baik bila dia ada. Saat ini di dalam hatinya masih ada seseorang yang ditunggunya. Cinta pertamanya. Kuharap dia bisa berhenti memikirkan orang itu dan mulai melihatku. Karena hidup tanpa dirinya sama sekali bukan hidup.
Kazuto tentang Keiko

Mereka pertama kali bertemu di awal musim dingin di Tokyo. Selama sebulan bersama, perasaan baru pun mulai terbentuk. Lalu segalanya berubah ketika suatu hari salah seorang dari mereka terbangun dan sama sekali tidak mengingat semua yang terjadi selama sebulan terakhir, termasuk orang yang tadinya sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya

Latar budaya Jepang dan terkhusus daerah Harajuku, ditampilkan dengan anggun dan manis oleh Ilana. Selama membacanya saya serasa sedang menonton dorama, sinetron khas Jepang. Visualisasi tempat dan karakter tokoh-tokohnya mengingatkan saya pada dorama favorit saya, Tokyo Love Story. Belum lagi cinta segi-empat yang coba diciptakan Ilana di sini, mengingatkan saya pada 4 tokoh sentral di dorama tersebut.

Awalnya ia mengira itu biasa saja.Namun lama kelamaan ia merasakan ada yang hilang dari hidupnya.Sesuatu yang selalu menemaninya selama dia Tokyo.
Dan selama proses pengembalian ingatan itu,ia selalu berpapasan dengan wanita tetangga apartemennya.
Mereka mengalami proses panjang agar dapat kembali bersama.Dan sewaktu si pria mendaptkan kembali ingatannya,itulah akhir sempurna bagi keduanya.

Pada epilog,diceritakan bagaimana kedua orang ini bisa mempunyai keterkaitan.Suatu kebetulan yang aneh.Karena pada akhirnya,mereka bisa bertemu dan bahkan mengalami kembali rasa 10 tahun lalu.

Rate: 3/5
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
SbrAmn - 16/01/2012 10:50 PM
#1192

Manusia Setengah Salmon Yb
Putri Dangdut - 18/01/2012 03:35 PM
#1193
Perihal 5 Cm dan 2 - Donny Dhirgantoro
Kasihan Sekali Donny!
Semacam curhat buku 5 cm dan 2

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Aku menyelesaikan membaca 2 dengan tertatih-tatih, kelelahan dan penuh caci maki. Ketika selesai kesanku terhadap 2 hanya sebuah gumaman kecil, "kasihan sekali Donny." Aku bisa membayangkan bagaimana tertekannya dia dengan pertanyaan orang-orang yang menunggu buku keduanya hadir setelah 'sukses' dengan 5 cm. Ekspetasi orang-orang begitu tinggi, pasti ini tantangan sendiri untuk Donny.

5 cm sendiri bukanlah buku yang sukses-sukses amat sih. Di satu forum, dia dimasukkan dalam daftar buku terjelek. Beberapa orang berpendapat jika 5 cm too much alias lebay, atau malah kebalikannya 'cuma segitu doang'. Cuma cerita orang-orang naik gunung, cuma cerita menaklukan Gunung Semeru yang nggak tinggi-tinggi amat, walau yang bilang juga belum tentu sanggup untuk menaklukan Semeru.

Ada lagi yang bilang 5 cm tak layak disebut novel, isinya cuma kutipan-kutipan lagu, buku, dan tokoh-tokoh. 5 cm lebih cocok disebut sebagai kumpulan kutipan dibanding sebuah novel. Bahkan ketika 5 cm hadir dalam bentuk komik, seorang teman membelinya sekedar mendapat uang receh untuk parkir. Ah ironis sekali.

Tetapi aku termasuk dalam kategori orang yang senang dengan 5 cm. Bagiku 5 cm jenis buku yang aku tak bisa berhenti membacanya hingga tamat dalam satu waktu.

Bahkan kutipan-kutipannya yang lumayan dahsyat masih sangat kuingat, contoh kutipan di bawah ini:

Quote:
“Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung... mengambang......5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa...


Jika beberapa orang memasukkan 5 cm ke dalam buku motivasi, maka 5 cm adalah buku motivasi dimana aku tidak menguap ketika membacanya, tidak geregetan untuk merobek-robek bukunya, tidak pula berakhir dengan keinginan untuk menembak kepala si penulis. 5 cm cocok dibaca buat kamu, kamu, dan kamu yang lagi suntuk berat, hopeless berat...

Nah, kalau 2 cocok dibaca untuk kamu yang sedang kelebihan berat badan. Yeah ceritanya tentang seorang gadis yang terlahir dengan badan besar. Entah karena apa, tidak ada penjelasan yang cukup yang menjelaskan perihal penyakit Gusni, tokoh utama dalam novel ini. Ide ceritanya cukup sederhana, tak perlu sinopsis berbusa-busa, 2 adalah cerita tentang gadis berbadan besar yang bercita-cita menjadi pemain bulu tangkis. Sangat absurd yah? Tapi, Donny meraciknya menjadi sebuah cerita yang lumayan seru untuk beberapa teman yang telah membacanya.

Bagiku sendiri, ceritanya membosankan. Aku memberi nilai 1/5 untuk 2, sangat jauh berbeda dengan 5 Cm yang walaupun dicaci maki orang, tetap aku menyukainya. 2 adalah jenis buku yang cuma mau aku sewa di rental buku, itu pun masih merasa sangat rugi. Bukan jenis buku yang mau aku koleksi ataupun aku share ke teman.

Kesan yang aku dapat dari 2 adalah Donny tampak terburu-buru menuliskannya, tanpa riset yang mendalam. Contohnya tentang penyakit si tokoh utama, disebutkan Gusni berbadan besar karena memang sudah keturunan atau semacam itu. Joke-jokenya juga adalah jenis joke yang bikin aku mengerutkan kening, memutar mata lalu komentar, "ngomong apa sih dia?" berusaha lucu tapi jadi garing. Begitu pun dengan dialog-dialognya, amat dipaksakan.

Jika saja aku tidak dalam keadaan krisis buku, 2 adalah jenis buku yang akan aku timbun paling bawah, sampai lapuk, digerogoti ngengat dan terlupakan. Tapi jangan meremehkan kemampuan Donny ah, karena bahkan Tuhan pun tidak pernah D
becta - 18/01/2012 07:03 PM
#1194

how to be a pirate

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

sinopsi : kali ini hiccup belajar buat jadi bajak laut yang baik ala viking \)

review : masih seperti yang buku satunya... dengan gimmic2 dari ilustrati penulis biikin buku ini jadi gampang dan cepet banget di baca. alur yang cepet dan ngga bertele2 banget. oia lupa penterjemaahan ke bahasa indonesianya itu jadi telihat lucu .. baik dari para karakternya atau dari naganya itu \) hahahaha


rate : 4/5
Zuko99 - 18/01/2012 11:16 PM
#1195

SRC-2012
Bulan : Januari

When God was a Rabbit
Sarah Winman

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Singkatnya, bisa saya bilang buku ini : Tragedi yang diceritakan dengan diselingi gurauan.

Hal 52 :
"Kau dapat peran apa?"
"Pengurus penginapan?" Tanyanya "Pengurus penginapan yang luka?"
Aku menggeleng, tubuhku hampir meledak karna tawa. Aku menengadah pada Nancy dan berkata "Pengurus penginapan yang buta."


Hal 63 :
Aku terkesima menyaksikan berbagai imajinasi di dalam rumah ini, seganjil apapun kelihatannya. ini tidak mirip benar dengan keseharianku ; deretan rumah berteras dengan kebun persegi panjang dan rutinitas seandal kursi yang kokoh. Di dunia ini segala hal tidak cocok, atau bahkan hasil ikut-ikutan. Di dunia ini tiada harmonisasi. Inilah dunia drama, tempat komedi dan tragedi berebut lahan.
--Elly menggambarkan rumah Jenny Penny sahabatnya.


Beberapa halaman di buku ini sengaja saya lipet, untuk dibaca-baca lagi selain untuk kepentingan review,.. D
Pas di bagian yang bikin ngakak sendiri di pagi buta,.. Di bagian yg bikin posisi pewe, baca sambil senderan, jadi duduk tegak,.. Dan bagian yg bikin menghela nafas,.. Bukan kecewa, bukan sedih, bukan apa-apa. Cuman ada banyak bagian di buku ini yg bikin menghela nafas, itu aja.

Karna tragedi mungkin, banyak tragedi, di masa kecil Eleanor Maud, yang coba di ceritakan dengan gaya humoris sama si penulis - Sarah Winman. Entah kenapa dia bisa bikin cerita segitu santainya, soal Atheis, disorientasi seksual, pelecehan seksual sama anak kecil, tragedi 911 dan bahkan KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga-Jenny Penny dewasa) yang berujung pada pembunuhan.

Semua tragedi dalam keluarga Elly dan Joe (Kakaknya) dibagi jadi 2 bagian di buku ini.
Masa kecil sampai ketika Elly remaja dan masa ketika Elly dewasa.

Di bagian masa kecil sampai remajanya, saya seperti membaca buku harian memang seorang anak-anak, walau tragedi gimana juga, tetap anak-anak, polos dan memahami segala sesuatu sesukanya.
Di bagian buku lain, yang dimulai ketika Elly (tau-tau) berumur 27 tahun, diceritakan dengan gaya yang lebih dewasa (menyesuaikan umur Elly mungkin).

Jadi buku ini, memoar keluarga Elly ;
- soal ayahnya yang seorang pengacara Atheis, berhenti jadi pengacara karna rasa bersalah, dan mulai berhenti jadi Atheis karna akhirnya Tuhan, mengabulkan doanya - Menang undian Football.
- Soal abang tersayangnya yang gay. Dan tetap begitu sampai akhir buku (padahal saya sempet berdoa dia tobat jadi gay).
- Soal bibinya si Aktris Nancy Portman yang Lesbi, jatuh cinta sama Ibu Elly, tapi berhasil menjodohkannya sama Ayah Elly. Diceritakan hampir menikah dengan seorang aktor (karna semua perempuan cantik sudah punya kekasih-termasuk ibu Elly).
- Teman akrabnya Jenny Penny, yang di besarkan seorang ibu Gipsi yang gak biasa.
- Charlie-Kekasih sejati Joe.
- Arthur dan Ginger yang tadinya sekedar tamu di rumah mereka, belakangan malah jadi lebih dari saudara
- dan tragedi yang melingkupi orang-orang ini.

Sebenernya (versi saya) buku ini lumayan,.. Asyik malah (saya berniat membacanya lagi kapan-kapan) tapi sayangnya, ada beberapa bagian yang deskripsi nya kurang jelas,.. Membuat saya harus baca lagi kalimat-kalimat di belakangnya,.. dan pas saya gak ngerti juga, saya nyerah,.. hehe.
Gak maksa untuk bener-bener paham, dan lanjut ke halaman selanjutnya.

Bagi penggemar cerita yang happy ending pun, kemungkinan gak bakal kecewa kalau baca buku ini, karna endingnya cukup happy.

ratenya buku ini menurut saya 3.5 of 5
dewok - 19/01/2012 01:02 AM
#1196

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Asli: When the Wind Blows
Penulis: James Patterson
Alih Bahasa: Diniarty Pandia
Desain Sampul: Eduard Iwan Mangopang
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tgl Terbit: Cet. ke-1; Januari 2002
Ukuran: 512 hlm; 11 x 18 cm
Tgl beli: Jakarta, 04 Agustus 2002
Rating: 3.5/5

Sinopsis (Spoiler Alert):
Frannie O’Neil seorang dokter hewan yg terobsesi dengan pekerjaannya setelah kematian suaminya yg misterius. Selang beberapa saat kemudian seorang dokter, kolega suaminya yg juga sahabat baiknya ditemukan mati di rumahnya. Hal ini membuat Frannie teringat kembali dengan peristiwa kematian suaminya yg tragis dan membuatnya sedikit limbung.

Dalam perjalanan pulang, di dekat hutan Frannie melihat sesosok gadis remaja cantik berambut pirang. Gadis itu tampak normal seperti umumnya tapi ada satu keanehan, di sepanjang lengannya tumbuh sayap berwarna putih keperakkan. Frannie menganggap kondisinya yg tidak stabil yang telah membuatnya melihat fenomena aneh tersebut. Namun pada kesempatan kedua Frannie bertemu kembali dengan gadis itu mau tak mau Frannie harus mempercayainya.

Akhirnya berkat bantuan Kit Harisson, seorang agen FBI yg sedang menyamar, Frannie berhasil menemukan gadis itu dan membawanya pulang ke rumah. Maximum atau Max, bercerita bahwa dirinya memang sengaja diciptakan seperti itu. Selain dia masih ada beberapa anak lain termasuk Matthew adiknya yg juga bersayap dan bisa terbang sepertinya. Frannie dan Kit baru menyadari bahwa ada sekelompok ilmuwan gila yg coba bermain menjadi Tuhan dan ada kemungkinan David, suami Frannie, terlibat di dalamnya. Dan sekarang merekalah target selanjutnya.

Catatankoe:
Akhirnya sy baca ulang buku ini karena salah satu kawan sy bercerita bahwa buku (the) Angel Experiment terinspirasi dari buku ini. Jujur sy sudah lupa dengan jalan ceritanya, karena hampir 10 tahun yg lalu saya membacanya. Meskipun demikian buku ini tetap “up-to-date” dan enak dibaca. Terjemahan bukunya juga bagus sekali, humor-humornya bisa diterjemahkan dengan baik. Tidak banyak istilah yg sulit dipahami.

Kalau di Angel Experiment, Max atau Maximum adalah tokoh utamanya maka buku ini lebih banyak bercerita dari sudut pandang Frannie. Alurnya mengalir dengan cepat dan chapternya pendek-pendek. Suasana pegunungan yg jauh dari kota sangat terasa dan hei… ada saatnya saya merasa mencium bau hutan pinus.

Ceritanya cukup menegangkan dan membuat saya tak sabar ingin segera menghabiskannya. Meskipun ada beberapa bagian yg tak jelas dalam buku ini seperti soal Adam, Eve dan bayi Anne Hutton sy tetap merekomendasikan buku ini, apalagi jika anda berniat membaca Maxmum Ride Series. Lupakan logika karena ini buku fantasy.

Kutipan Favorit:

“Tidurkan seseorang. Seperti yang mereka lakukan pada binatang. Bukan kematian, bukan pembunuhan-cuma tidur yang damai” -p.35

“Oh. Aku tadi ‘betul-betul’ terbang.” -p.500

NOTE: Copas dari blog pribadi D
rusak_mata - 19/01/2012 01:59 PM
#1197

THE MAZE RUNNER
James Dashner
Fantasy, Dissytopia, Mistery, Pre-Appocalypse
Spoiler for cover
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


baca ini = FRUSTATED

..literally, entah berapa banyak kata2 frustated dan narasi2 yg bikin frustated

Spoiler for sinopsis dikit dari gw
kisah dimulai ketika thomas terbangun di sebuah ruang kosong gelap dengan ingatan yg samar2, thomas hanya berhasil mengingat dengan jelas siapa namanya, tp untuk hal2 detil lainya ingatannya hilang. tak lama secercah cahaya muncul, betapa kagetnya thomas ketika melihat sekumpulan remaja dan bocah memenuhi ruang pandangnya dengan ekspresi yang menyiratkan rasa penasaran akut. Siapa mereka? dimana aku? apa yang...kenapa aku tidak ingat apa2? Frustated.

seiring waktu yang diselingi narasi2 desperate dan frustating, thomas mempelajari bahwa dia berada di Glade, haven d tengah2 maze rakasasa dan berbahaya. Glader, penghuni glade, ternyata mengalami hal yg sama seperti Thomas. terbangun di Box dan tidak ingat apa2 selain nama mereka sendiri.

untuk bertahan hidup dan menghindari ketidakwarasan dini, para glader,yg kesemuanya cowo, mengerjakan apapun untuk bertahan hidup dan mencari jalan keluar dari maze. pekerjaan2 umum seperti bercocok tanam,beternak, membangun, bersih2 dan tentu saja, runner.

hal ini yg terus mengusik thomas. dia merasa familier dengan maze, sedari awal dia mendengar kata runner, dia langsung yakin untuk menjadi runner, padahal ini adalah pekerjaan terbahaya di Maze!! belum lagi kata2 Gally, bahwa dia mengingat thomas ketika changing,dia yakin thomas adalah org berbahaya.

apa sebenarnya maze ini, kenapa dalam waktu 2 tahun belum bisa dipecahkan jg, dan setelah 2 tahun,sehari setelah thomas tiba, seorang gadis muncul di BOX, yg sebelum koma membisikan, "ini akan segera berakhir". Misteri apa yg menanti dipintu keluar maze, jika memang ada, dan jika gadis itu benar bahwa maze akan segera berakhir, good or bad ending yg menanti para glader?


kagak tebel2 amat deh ini novel, sebentar jg kelar. novel ini jenis novel yg begitu dibaca sulit untuk dilepaskan. misteri yang dbangun cukup memikat, walopun diselingi kata2 frustated dan narasi2 emosi yg bikin senewen. emosinya gak terlalu ketangkep pula.

rate 3.5/5
Suami_Yang_Baik - 19/01/2012 08:43 PM
#1198

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Quote:
Dewa Ruci
Pelayaran Pertama Menaklukan Tujuh Samudra
KRI Dewa Ruci masih kerap melanglang buana, mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia. Hingga kini KRI Dewa Ruci juga masih saja mengundang decak kagum. Tetapi, bagaimana kisah perjalanan muhibah keliling dunianya yang pertama pada 1964? Kisah-kisah menarik apa saja yang dialami Cornelis Kowaas, penulis sekaligus reporter dan juru kamera yang ikut mengarungi tujuh samudra dan mengunjungi lima benua bersama kapal layar itu?

Apa saja suka duka para awak KRI dewa Ruci saat mengarungi Samudra Pasfifik yang gana, juga saat menyebrangi Lautan Atlantik yang terkenal dengan ombak raksasa dan topannya yang dahsyat?

Sebuah buku yang membangkitkan semangat bahari diantara generasi muda Indonesia. Wajib dibaca para pecinta petualangan dan kegiatan travelling. Juga oleh para taruna Angkatan Laut yang perlu mencontoh dedikasi, patriotisme dan heroisme yang telah diperlihatkan para awak KRCI Dewa Ruci dalam pelayaran keliling dunia mereka yang pertama


     Inilah ini, buku yg sangat menarik. Baca buku ini spt membaca buku dongeng yg penuh petualangan, yg sebenrnya adalah cerita nyata. Tegang, bikin ketawa, merinding, bangga, campur aduk.
Benar2 buku petualangan yang mantap.

Buku ini pernah menjadi buku wajib untuk SLTP/SLTA waktu tahun 60an.
Dan sbtulnya buku ini kumpulan surat yg ditulis lgs diatas kapal untuk menceritakan kpd bangsa Indonesia dan dterbitkan di majalah mingguan Cakrawala.
Sempat jg 'menghilang' karena alasan 'politik' pada tahun awal 70an.
Sy yakin ga akan nyesel baca buku ini.
JALESVEVA JAYAMAHE!!!


They walk like gods..
Wanita tua di Broadway

5/5
Izunayuma - 19/01/2012 09:18 PM
#1199

THE VIRGIN BLUE

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


Judul Buku : The Virgin Blue (Biru Sang Perawan)
Penulis : Tracy Chevalier
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 353


Novel yang masuk dalam kategori Historical Fiction ini bersetting tahun abad 16 dan awal abad 20 di Perancis.

Perancis abad 16
Isabelle du Moulin seorang gadis kecil berambut merah yang mendapat julukan "La Rousse" dari penduduk desanya karena rambutnya berwarna seperti Sang Perawan Suci atau yang dikenal sebagai Bunda Maria. Awalnya ia merasa bangga sampai suatu saat datang seorang laki-laki bernama Monsieur Marcel yang membawa kepercayaan baru yang disebut penduduk setempat dengan "Kebenaran". Laki-laki itu menyampaikan bahwa Sang Perawan atau Bunda Maria telah ternoda dan menghalangi jalan menuju "Kebenaran". Sejak itu, penduduk desa mulai bersikap tidak ramah padanya. Bahkan setelah ia menikah dengan seorang pemuda dari keluarga kaya bernama Etienne Tournier, masyarakat tetap berprasangka buruk sehingga ia memutuskan menutup rambut merahnya menggunakan kain. Tapi meskipun keluarganya penganut "Kebenaran", di dalam hatinya ia tetap seorang Katolik yang memuja Sang Perawan. Saat terjadi pembantaian terhadap Kaum Kristen di Perancis, Isabelle dan keluarganya mengungsi ke Swiss.

Perancis abad 20
Ella Tournier dan suaminya Rick middleton yang berkebangsaan Amerika pindah ke Perancis. Kepindahan mereka dikarenakan Rick mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan di Lisle-sur-Tarn, kota kecil di selatan Perancis. Awal kepindahan mereka diwarnai sikap was-was Ella karena merasa "berbeda" di kota yang asing baginya. Hal ini diperparah dengan bahasa Perancis Ella yang belum lancar sehingga menimbulkan kesalahpahaman saat berkomunikasi dengan warga sekitar dan juga mimpi buruk yang sama hampir tiap malam. Untuk mengisi waktu luangnya, ia mengirim surat kepada sepupunya yang bernama Jacob Tournier di Swiss. Dalam surat balasannya, Jacob menuliskan bahwa mereka memiliki nenek moyang bernama Etienne Tournier. Rasa penasaran akan asal-usulnya, membawa Ella dan teman dekatnya yang seorang pustakawan bernama Jean-Paul ke dalam petualangan yang seru dan mengubah hidupnya selamanya.

Awalnya saya pikir novel ini seperti novel Tracy Chevalier yang pernah saya baca sebelumnya, terinspirasi oleh sejarah di masa lampau yang diramu menjadi fiksi. Ternyata saya mendapat kejutan karena adanya tokoh Ella dari abad 20. Tapi saya sedikit kecewa karena mengharapkan petualangan Ella dan Jean lebih seru dan lebih mendalam lagi. Ada beberapa hal yang dibuat menggantung dan seperti diserahkan kepada pembaca untuk menebak apa yang terjadi. Tapi keseluruhan novel saya anggap bagus dan Tracy Chevalier masih menjadi salah satu pengarang favorit saya.

Rating: 4/5
alexa.v - 20/01/2012 08:53 AM
#1200
SRC 2012 Bulan Januari "Whisper"
Spoiler for gambar
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


Judul Buku : Whisper
Pengarang : Phoebe Kitanidis
Jumlah Halaman : 318
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Harga : 44.800,-

Aku mau secangkir kopi…
Kuharap dia menyembunyikan kecantikannya…
Kuharap dia tidak tahu apa yang dikatakan Ben tentangnya…
Kuharap aku tahu berapa banyak kalori dalam sebuah muffin…

Bagi joy mendengar bisikan bukanlah hal yang luar biasa. Dia telah terbiasa berjalan sambil mendengarkan keinginan terdalam dan tergelap orang lain. Dia memanfaatkan kemampuannya demi kebaikan “untuk membuat orang lain senang dan mengabulkan keinginan mereka. Sebaliknya bagi Jessica, kakaknya, anugrah keluarga ini dianggap kutukan dan dia menggunakannya untuk membuat orang lain, terutama Joy, sengsara.

Akan tetapi, saat mendengar bisikan Jessica, “Aku ingin membunuh pendengaranku dan membunuh diriku sendiri kalau memang itu yang harus kulakukan”. Joy tahu dia harus menyelamatkan kakaknya. Walaupun itu berarti dia harus meninggalkan teman-temannya dan kabur bersama cowok yang baru dikenalnya: cowok yang juga memiliki rahasia kelamnya sendiri.

Joy berharap dia tidak terlambat…

********

Buku ini menceritakan satu keluarga dengan berbagai konflik di dalamnya. Dalam buku ini diceritakan satu keluarga yang mempunyai kelebihan. Uniknya kelebihan itu hanya dimiliki oleh anggota keluarga yang berjenis kelamin perempuan. Mereka dapat mendengarkan BISIKAN atau keinginan orang orang yang berada di sekelilingnya dengan jarak tertentu. Pendengaran istimewa atau disebut (PENDENGAR). Dalam keluarga Robert C. Stefani, J.D, pendengaran istimewa itu diturunkan oleh sang Istri dan hanya diturunkan pada para perempuannya, sehingga kedua anak perempuannya mewariksannya: Joy Marie sang adik (15 tahun) dan kakaknya Jessica “icka” (18 tahun).

Dengan kelebihannya mereka mempunyai reaksi yang berbeda atau hampir bertolak belakang. Joy menggunakan kelebihannya itu untuk menyenangkan teman-temannya dan mengabulkan segala keinginannya. Dengan kelebihannya itu, ia dapat masuk ke dalam lingkungan yang paling berpengaruh di sekolah. Dia cukup dapat mengelola pikiran-pikiran di sekitarnya menjadi suatu tindakan. Baginya, berbuat baik adalah satu hal yang paling membuatnya bahagia. Meskipun untuk itu ia harus menekan keinginannya sendiri.

Sang kakak sangat tidak suka dengan kelebihan yang ia dapat. Untuk menghilangkan bisikan-bisikan di sekitarnya, ia rela menggunakan narkoba sampai akhirnya ia over dosis.

Sejak lama mereka berdua tidak lagi bersama dan bertegur sapa, bahkan dan tidak akur. Sampai akhirnya Joy dapat mendengar bisikan-bisikan dari sang kakak yang ingin menghilangkan bisikan walau dengan membunuh dirinya sendinya sendiri. Joy panik dan berusaha menemukan kakaknya.

Buku ini beralur maju mundur. Ada Kalanya penulis menceritakan saat ini dan tiba-tiba penulis merubah menjadi kejadian-kejadian beberapa tahun lalu ketika mereka kecil. Membaca buku ini sangat terasa kalau penulis hanya mengekspos karakter Joy dan icka dengan segala bisikannya dan kemampuan mendengarnya, dan tidak ada hal yang dikupas lebih jauh dari itu.

Ada 3 kutipan yang saya suka dalam buku ini, yaitu:
pertama, “Tidak mungkin dua Pendengar bisa mendengarkan hal yang sama”.

Kedua, “Tetapi kalau kamu menemukan hal baik dari seseorang, kamu akan hampir selalu menemukannya”. (hal:10).

ketiga, “Mendengar bukan satu-satunya cara untuk mengetahui sesuatu, Kamu dapat menggunakan logika, dan menafsirkan bukti”. (hal :155)

Membaca buku ini nyaris membuat saya bosan. Jalan ceritanya mudah ditebak dan terlalu banyak umpatan-umpatan yang sedikit kasar dan berulang-ulang.

Pesan moral yang saya tangkap dari buku ini adalah pertama, lebih baik mengatakan kebenaran walau itu buruk. Kedua, menjadi diri sendiri lebih baik daripada menjadi pribadi yang diinginkan orang lain. Dan ketiga, narkoba tidak menyelesaikan masalah yang datang, malah menimbulkan masalah baru yang lebih rumit .

Overall 2.5 Bintang buat buku ini.
Page 60 of 105 | ‹ First  < 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu