BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Total Views: 87632 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 66 of 105 | ‹ First  < 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 >  Last ›

alexa.v - 08/02/2012 11:04 AM
#1301

SRC 2012
Bulan : Februari

ASAL USUL MANUSA DAN SEKS
Sebuah Sinopsis


Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Buku: Eleven Minutes

Pengarang: Paulo Coelho

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tebal: 357 halaman

Harga : Rp. 55.000,-


Membaca buku ini sepertinya sedang membaca suatu asal usul: sebuah riwayat. Di dalamnya tidak saja ditemukan asal manusia, namun juga perilaku dan cara menikmati seks!

Coelho mendasarkan asal manusia pada pendapat Plato yang berpendapat bahwa pada awal penciptaan dahulu, laki-laki dan perempuan adalah makhluk yang tergabung dalam satu tubuh: memiliki dua kepala yang dapat memandang ke dua sisi yang berbeda, memiliki dua alat kelamin, empat kaki, dan empat lengan.

Tapi kondisi tubuh manusia yang demikian membuat dewa Yunani cemburu. Empat lengan memungkinkan makhluk tersebut bekerja lebih keras. Dua wajah membuat makhluk tersebut lebih waspada. Empat kaki membuat makhuk ini dapat menempuh perjalanan tanpa lelah. Dan lebih membahayakan bagi dewa Yunani tersebut adalah dengan memiliki dua organ kelamin, memungkinkan makhluk tersebut dapat bereproduksi tanpa pasangan.

Maka Dewa Zeus, demikian nama dewa Yunani tersebut, mempunyai rencana untuk mengurangi kekuatan makhluk tersebut. Maka dengan cambukan kilat Sang Dewa memotong makhluk tersebut menjadi dua bagian. Maka terciptalah laki-laki dan perempuan. Di satu sisi, dengan menjadi duanya makhluk tersebut menyebabkan bertambahnya jumlah populasi makhluk ini. Namun di sisi lain, proses yang dilakukan Sang Dewa itu melemahkan makhluk yang disebut manusia tersebut. Manusia menjadi lemah dan kacau karena mereka harus mencari sebagian dirinya yang hilang dan memeluknya. Dan pada saat mereka saling berpelukan maka kekuatan mereka pun akan pulih kembali. Perbuatan manusia yang saling memeluk dan menyatu kembali inilah yang kita sebut seks atau persetubuhan.

****

Tokoh utama dalam buku ini adalah Maria, seorang gadis dari Brazil yang tumbuh dengan angan-angan suatu saat nanti akan bertemu laki-laki idaman, menikah, punya anak, bahagia. Sebuah angan-angan standar. Memang. Lalu Maria sampai pada titik tidak yakin akan menemukan cinta sejati, meninggalkan kampung halamannya, pergi ke Swiss dan akhirnya menjadi pelacur.

Lantas apa yang membuat Coelho memberi judul “Sebelas Menit” untuk bukunya ini? Ada apa dengan sebelas menit? Sebelas menit adalah rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan persetubuhan. Sebelas menit adalah bagian dari yang Maria lakukan sebagai seorang pelacur di klub bernama Copacabana. Hidup Maria berputar di sekitar sebelas menit itu. Maria mencoba mengerti dan bertanya mengapa banyak orang menimbun hasrat dan energi, mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi sebelas menit yang kemudian hilang.

Maria berusaha keras untuk tidak jatuh cinta. Baginya, jatuh cinta berarti harus berhenti menjadi pelacur. Sebab dalam cinta ada hati yang turut bermain. Tapi toh pada akhirnya ia menyerah pada seorang pelukis bernama Ralf dan mencintainya. Namun berkat cinta terhadap Ralf membuat Maria mengerti bahwa untuk orang yang saling mencintai, tidak ada yang namanya sebelas menit. Bagi Maria, bercumbu tidak harus bersentuhan fisik. Maria sampai pada pengertian bahwa bercumbu adalah saling menyenangkan pasangan. "Orang yang benar-benar mencinta, sesungguhnya selalu bercumbu, meskipun secara badaniah mereka jauh dari kekasihnya. Manakala tubuh mereka menyatu, itu hanyalah pelampiasan dari cinta yang melimpah. Buat mereka, sebelas menit itu tak pernah ada, sebab tarian cinta mereka abadi”. Ujar Maria. Akankah maria meninggalkan Profesinya dan kembali ke tanah kelahirannya? Atau akan terus berpetualang dengan semua yang ada sekarang? Emm saya sarankan anda membacanya langsung.

Bagi orang yang saling jatuh cinta, esensi bercumbu adalah saling menyenangkan pasangannya. Di sana tidak ditemukan keharusan sentuhan fisikal. Cinta melampaui ketubuhan. Sehingga, bersama cinta, tidak ada lagi yang namanya sebelas menit. Bagi yang bercinta, keabadian cinta mewujud dalam tarian cinta.

Membaca karya-karya Paulo Coelho sepertinya selalu memerlukan perenungan. Penulis yang konsisten mendedah misteri kehidupan ini ternyata juga berani menulis topik tabu yang biasanya dihindari penikmat buku genre ini: persetubuhan. Penulis dalam kata pengantarnya juga mengakui, ini adalah karya yang sedikit berbeda. Dia tidak hanya ingin menulis apa yang pembaca ingin baca, tapi juga realitas yang ada di sekeliling kita.

Seperti buku-buku sebelumnya, buku ini juga merupakan cerita yang berdasarkan pada pencarian identitas yang mengantarkan para pembaca untuk lebih paham issu tentang seks (dalam prostitusi), seks yang sakral dan seks yang dilandasi cinta. Di dalam buku ini, Coelho tidak saja menggambarkan tentang cara berhubungan yang sangat sensual, namun juga melukiskan hubungan intim yang didasari dengan kekerasan dan dengan cara itu si tokoh utama menikmati seks. Orang mengenal mode ini sebagai masokisme. (saya sampai merinding dibuatnya).

Dengan membaca buku ini, sepertinya Coelho ingin mengajak kita untuk mendefinisikan ulang tentang keotentikan cinta, seks, dan persetubuhan.
Antara ketiganya semestinya memanglah saling menyebabakibatkan.
Namun dalam kehidupan sehari-sehari, bahkan dalam kehidupan rumah tangga sepasang suami istri, persetubuhan terjadi sering tanpa dilandasi oleh cinta dan seks.
Atau mungkin cinta terbangun tanpa mesti ada persetubuhan.
Karena toh pada akhirnya cinta, seks dan persetubuhan adalah persoalan persepsi dan perspektif. Tidak lebih dan tidak kurang!

Buku ini wajib dibaca untuk wanita dan laki laki dewasa, atau remaja yang ingin mengetahui asal usul manusia dan seks.


Akhirnya saya gak tanggung tanggung ngasih 5 dari 5 bintang yang saya punya.
bosminum - 08/02/2012 11:31 AM
#1302

ane trauma baca buku paulo coelho. mungkin gk serasi sama selera ane. yah selera orang beda beda ya. buku pertama dan terakhir yg saya baca karya paulo coelho, Bridal.

rekomendasi saya mungkin jg pada suka

BeeKeeper`s Apprentice

cocok buat yg suka agatha christie, apalagi yg penggemar serial sherlock holmes. two thumbs up buat Laurie R King, meskipun katanya bukan beliau yang menulis novel ini, tapi dikasih sama orang gk dikenal yg ditaruh didepan rumahnya. enak banget Yb
VanDaniestha - 10/02/2012 10:45 PM
#1303
[My Review] Ranah 3 Warna - A. Fuadi
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Sinopsis

Alif baru saja tamat dari Pondok Madani. Dia bahkan sudah bisa bermimpi dalam bahasa Arab dan Inggris. Impiannya? Tinggi betul. Ingin belajar teknologi tinggi di Bandung seperti Habibie, lalu merantau sampai ke Amerika.

Dengan semangat menggelegak dia pulang ke Maninjau dan tak sabar ingin segera kuliah. Namun kawan karibnya, Randai, meragukan dia mampu lulus UMPTN. Lalu dia sadar, ada satu hal penting yang dia tidak punya. Ijazah SMA. Bagaimana mungkin mengejar semua cita-cita tinggi tadi tanpa ijazah?

Terinspirasi semangat tim dinamit Denmark, dia mendobrak rintangan berat. Baru saja dia bisa tersenyum, badai masalah menggempurnya silih berganti tanpa ampun. Alif letih dan mulai bertanya-tanya: "Sampai kapan aku harus teguh bersabar menghadapi semua cobaan hidup ini?" Hampir saja dia menyerah.

Rupanya "mantra" man jadda wajada saja tidak cukup sakti dalam memenangkan hidup. Alif teringat "mantra" kedua yang diajarkan di Pondok Madani: man shabara zhafira. Siapa yang bersabar akan beruntung. Berbekal kedua mantra itu dia songsong badai hidup satu persatu. Bisakah dia memenangkan semua impiannya?

Ke mana nasib membawa Alif? Apa saja 3 ranah berbeda warna itu? Siapakah Raisa? Bagaimana persaingannya dengan Randai? Apa kabar Sahibul Menara? Kenapa sampai muncul Obelix, orang Indian dan Michael Jordan dan Kesatria Berpantun? Apa hadiah Tuhan buat sebuah kesabaran yang kukuh?

Ranah 3 Warna adalah hikayat bagaimana impian tetap wajib dibela habis-habisan walau hidup terus digelung nestapa.

=========================================


Sebelumnya maaf saya ambil ini dari review di Goodreads saya sendiri, karena males tulis ulang

Buku ini mungkin bisa disebut Otobiografi Ahmad Fuadi secara tidak harafiah.

Buku kedua dari Trilogi ini berhasil membuat saya terhanyut dalam setiap kata, Fuadi menciptakan tulisan bermotivasi tanpa harus membuat bosan pembaca.

Buku ini berkisah di tahun dimana Alif Fikri lulus dari pondok pesantren dan ingin masuk perguruan tinggi negeri, tapi apa daya Alif tidak mempunyai Ijazah SMA untuk masuk kuliah. Dengan tekad dan semangat yang biasanya selalu muncul ketika dia ingat mantra ¨Man Jadda Wa Jadda¨ telah merubah nasibnya.

Di Buku ini, Alif secara terus menerus dihantam nelangsa berkepanjangan, hilang masalah, muncul satu, tapi itu tak membuat semangatnya surut, kita terus akan terpana membaca sampai bab terakhir,

d buku ini tak melulu cerita serius atau perjuangan berat Alif menempuh badai hidup terkadang A. Fuadi pun menyisipkan Humor ditengah keseriusan cerita.

Dijamin anda tak akan menyesal setelah membacanya.
anda justru akan termotivasi
gelegeleg - 11/02/2012 02:34 AM
#1304

cuma mau ngebenerin gan, Icylandar itu yg ngarang orang Indonesia, novel fiksi karya penulis lokal
daninoviandi - 11/02/2012 02:02 PM
#1305
Rahasia Shambhala - Mancari Wawasan Kesebelas (CelestineProphecy #3) - James Redfield
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Spoiler for review
Quote:
Di pegunungan terpencil berselimut salju di dekat Tibet, tinggallah sebuah komunitas bernama Shambhala, atau Shangri-La, yang sejak lama berselang dianggap mitos belaka. Di tempat ini ada pengetahuan yang telah berabad-abad disembunyikan, dan pemahaman yang bisa memberikan pengaruh sangat besar terhadap cara tiap orang menjalani hidupnya.
Pencarian akan Shambhala berawal dari ucapan seorang remaja serta visi seorang teman lama. Petunjuk-petunjuk minim itu, serta sinkronisitas yang kuat, berlanjut dengan perjalanan ke Kathmandu, Nepal, kemudian ke Lhasa, Tibet. Di tengah badai salju dan pegunungan berbahaya, ada sekte rahasia Tibet yang menjaga berbagai legenda misterius petunjuk-petunjuk verbal yang disampaikan turun-temurun selama berabad-abad, tentang perubahan-perubahan dalam jiwa, yang mesti dialami sebelum bisa memasuki Shambhala.
Akhirnya, di bawah kejaran agen-agen rahasia Cina, kita mesti melewati wilayah di mana kemarahan dan kasih bertarung untuk menang, untuk menuju tempat di mana realitas mencengangkan tentang energi doa manusia kemampuan kita yang belum dikembangkan untuk meningkatkan sinkronisitas dalam hidup kita dan mempengaruhi apa yang akan terjadi pada kita di masa depan akan dipaparkan.


gw cuma ngerate buku ini 2/5...bukan, bukan gara2 buku ini jelek, buku ini bagus kok, tapi terlalu rumit, mungkin otak gw gak nyampe, sialnya buku ini layaknya obat tidur buat gw, baru baca sebentar udah bikin ngantuk dan mengawang2, kadang2 saking sampai ketidurannya, kata2 yg gw berhasil baca kok gak sama ama yg tertulis di bukunya..dan hebatnya lagi, baru dibaca beberapa saat, sebentar kemudian gw udah lupa isinya hammer:

enough curhatnya...

so, garis besar buku ini terjadi di Tibet, berbeda dengan 2 buku sebelumnya yg berseting di benua amerika . masih seputar pencarian si "aku" tentang wawasan-wawasan baru, dan kali wawasan ke sebelas yg dicari,selain itu dicari pula perluasan2 dari wawasan yg telah diketahui. berseting di tibet, buku ini bercerita tentang kehadiran si "aku" di tibet gara2 panggilan dan pemberitahuan misterius dari tetangganya. sesampainya di tibet, ternyata si "aku" ini dicari dan diburu oleh polisi cina akibat terkait buronan yg menyertainya. pencarian itu akhirnya membuahkan hasil ketika dia sampai di shambhala, dimana disana banyak pengetahuan baru yg dia dapat, diantaranya dimana energi tercipta tanpa harus bersumber dari sumber2 yg dibuat2, tetapi cukup dari medan-doa yg dibuat oleh diri masing2.

well, buku ini juga berisi tentang penjelasan berbagai macam agama, walaupun tidak cukup deti. dan yg jelas buku ini dapat digolongkan buku BN (bikin ngawang2) buat gw, tapi silakan coba baca bagi yg menginginkan pengetahuan lebih lanjut
dewok - 11/02/2012 03:16 PM
#1306

Dua Nuansa Saling Melengkapi

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Asli: Rectoverso
Penulis: Dee/Dewi Lestari
Alih Bahasa: -
Desain Sampul: -
Penerbit: Good Faith Production
Tgl Terbit: Cet. ke-4; Januari 2009
Ukuran: 154 hlm; 14×21.5 cm
Tgl beli: 29 Jan 2012, Lapak Buku Blok M Square
Rating: 3.5/5


“… Mereka yang tidak paham dahsyatnya api akan mengobarkannya dengan sembrono. Mereka yang tidak paham energi cinta akan meledakkannya dengan sia-sia. Dirinya bukan malaikat yang tahu siapa lebih mencintai siapa dan untuk berapa lama. Tidak penting. Ia sudah tahu. Cintanya adalah paket air mata, keringat dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang.”


Sebetulnya saya sedikit trauma dengan karya Dewi Lestari, karena supernova berhasil melemparkan saya ke sudut ruangan dengan satu pemahaman bahwa sayalah orang terbodoh di dunia karena tidak berhasil menaklukkannya.

Namun ketakutan saya sirna seiring saya membuka lembar demi lembar rectoverso. Meskipun menggunakan bahasa yg puitis dan melankolis yg cenderung berlebih buku ini tidaklah sesulit pendahulunya. Dan sayapun menaklukkannya…

Kuncinya jangan terburu-buru! Saya memilih untuk mendengarkan CD nya terlebih dahulu untuk mendapatkan feelnya, sambil memanjakan mata saya dengan desain grafisnya, menekan-nekan emboss judulnya, dan berlama-lama menatap ilustrasi didalamnya. Meskipun saya sedikit terganggu dengan foto yg terkesan dipaksakan harus masuk semua, tidaklah mengurangi minat saya untuk cepat-cepat membacanya.

Saya putar ulang CD nya dan perlahan saya nikmati sambil membaca bukunya. 11 kisah, 11 lagu dan jangan lupakan 11 puisi kait mengait menciptakan nuansa yang unik.


“… Aku teringat detik-detik yang kugenggam. Hangat senyumnya, napasnya, tubuhnya, dan hujan ini mengguyur semua hangat itu, menghanyutkannya bersama air sungai, bermuara entah kemana. Hujan mendobrak paksa genggamanku dan merampas milikku yang paling berharga. Hujan bahkan membasuh air mata yang belum ada. Membuatku seolah-olah menangis. Aku tidak ingin menangis. Aku hanya ingin ia pulang. Cepat pulang. Jangan pergi lagi.”


Perpaduan cerita yang sedih dengan lagu yg sendu, mengusikku kembali ke masa lalu dan akupun menangis…
CSdnadychi - 11/02/2012 08:50 PM
#1307

Quote:

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul: Suami Sempurna
Karangan: Nurul F Huda
Penerbit: FLP (Forum Lingkar Pena)
Harga: lupa hammer:


Pak Rudi, saya pergi. Malam ini Bapak tidak usah membawa saya aborsi karena saya sudah tidak di Batam lagi. Kalau boleh saya meminta, cukuplah seorang Tatik korban terakhir Bapak. Iming-iming kerja sambilan, tapi ternyata pelacur pesanan. Bapak punya anak, keluarga, dan jabatan di PT. Cukuplah dengan itu, Pak, tidak perlu lagi menjadi germo kami, para pekerja yang memang lemah secara posisi dan ekonomi.

Tatik.


Itu adalah salah satu penggalan dari cuplikan cerita berjudul Merpati Kelabu. Di dalam buku ini, terdapat 14 cerita lainnya yang memiliki tema tersendiri. Seperti misalnya cerita Aku adalah Ayah, menceritakan kisah seorang lelaki yang berusaha untuk mengenal dekat anak-anaknya setelah sekian tahun dia tak pernah mendekatkan diri pada anak-anaknya karena kesibukannya di kantor. Kemudian ada pula kisah Mutiara Kelabu, menceritakan mengenai kisah seorang Ibu yang berusaha mati-matian agar anak perempuannya tidak mengikuti jejaknya sebagai seorang wanita panggilan.

Sungguh, membaca cerita-cerita Alm. Mbak Nurul membuat saya trenyuh. Sekalipun cerita ini fiksi, tetapi beliau menuliskannya seolah menuliskan fakta. Dalam bentuk cerpen yang sederhana, halus, tetapi penuh makna. Saya menyukai bagaimana dia menceritakan kisah-kisah tersebut dengan gaya yang ringan dan penggalian 'perasaan' setiap tokoh juga terasa amat mendalam. Kata-kata beliau begitu tenang dan santai, tidak agresif dan menggebu, membuat saya jadi bisa berpikir tenang serta logis untuk memahami apa yang ingin dia sampaikan. \)

Kalau dikatakan, sebenarnya cerita-cerita di dalam buku ini adalah kejadian-kejadian yang sering terjadi di lingkungan kita, entah itu disadari atau tidak.

rate 5/5 untuk buku ini \)
bosminum - 11/02/2012 11:03 PM
#1308
Review : Every Dead Thing
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : Every Dead Thing
Pengarang : John Connolly
Rate : 3/5 ( -by TS- )

Permisi gan, mau review novel buat kontes serapium reading challenge 2012. cendolb

Quote:

Seperti judulnya, novel ini menyajikan banyak kematian didalamnya yang disuguhkan secara blak-blakan dan mungkin bagi sebagian orang yang membacanya merasa jijik, termasuk saya. Pada permulaan cerita saja udah dibuka dengan pembunuhan atas istri dan anak perempuan sang pemeran utama yang dibunuh dengan sadis, yaitu dikuliti dan dibuka bagian tubuhnya sehingga organ dalamnya kelihatan. Hampir di semua isi cerita menjelaskan secara detail tentang kondisi korban yang dibunuh dengan sadis. So gak dianjurkan baca novel ini sambil makan, selain bisa mengurangi nafsu makan, juga bisa mengurangi konsentrasi makan yang bikin gak sadar kalau ada lalat yg hinggap di makanan, dan Hap!... kok ada yg kriuk..kriuk...Yb

Every Dead Thing kalo menurut saya sebenarnya di bagi jadi 2 bagian. Pertama ialah ketika Bird, panggilan si tokoh utama, yg setelah kematian kedua istri dan anaknya, keluar dari kepolisian dan lalu bekerja sendiri a.k.a freelance. Lalu di New York, Bird yg awalnya cuma disewa untuk menemukan seorang gadis, berakar hingga ke kasus pembunuhan anak" yang sebenarnya telah berlangsung puluhan tahun yg lalu. Disini Bird juga harus berhadapan dg mafia super besar yg amat ditakuti. Di kisah ini John tidak banyak menggambarkan kisah" pembunuhan yg kejam seperti di awal cerita. Tapi alur cerita dari pembunuhan anak" ini juga membuat saya jijik. Bagi yg membaca novel ini pasti mengerti dan merasakan perasaan yg sama. Bagi yg belum membaca silahkan membaca. Tapi jangan sambil makan yah \)b.

Setelah kasus di New York selesai, background akan berganti ke New Orleans yg lebih berbau keringat dan darah. Disini inti cerita yg sebenarnya. Bird melacak pembunuh istri dan anaknya, yg nanti disebut sebagai pengembara, hingga ke New Orleans dan lagi" akan Bird harus berhadapan dg mafia yg super duper maknyus, bukan cuma satu, tapi dua kelompok mafia. Di New Orleans John menyajikan kita tokoh antagonis yg sempurna yg terus bersembunyi didalam siluet hitam sembari meninggalkan jejak" pada korban"nya yg oleh John ditulis dengan keindahan bak tarian penari balet dan syahdu penyair Lebanon (maak....knp gw tulis review malah jijay yah ngakak). Banyak sekali pembaca akan mendapati rincian physic korban" sang pengembara yg sebenarnya menvisualisasikan "karya seni"-nya berdasarkan sebuah buku. Intinya korban di perlakukan hampir sama seperti anak dan istri si tokoh utama dengan beberapa detail tambahan yang akan membuat perut jadi mulas. Disini Bird akan menyusun teka-teki untuk menangkap sang pengembara. Endingnya, yah antara bisa ditebak dan tidak bisa. Bisa ditebaknya, mungkin kalo thriller-mania juga pasti tau, pelakunya org disekitar si tokoh utama (Oops...capedes). Tidak bisa ditebaknya, ya inilah hebatnya John Connolly, sang antagonis tidak bisa ditebak. Dan begitu Bird berhasil membuka kedok sang pengembara, saya cuma bisa bilang, "Wooooh....."

Every Dead Thing bukan novel yang smart. Yah, mungkin dia pakenya esia atau fren, yg jelas menurut TS novel ini gk pake smart. Alur ceritanya cuma satu arah, maksudnya ceritanya cuma berjalan lurus, dan kemudian peristiwa" baru terjadi. Yang membuat novel ini masih nempel di mata saya, dalam arti dibaca, kalo nempel beneran picek dong, ialah kisah" pembunuhannya yang....hmmm brutal. Bayangin aja seorang ibu yg sedang hamil dibelah tubuhnya dari dada hingga ke (-maaf-) kemaluannya. Duh...jadi merinding. Alur ceritanya pun tidak ada yg istimewa. Dan menurut TS lagi penyelidikan si tokoh utama kurang menarik. Tidak ada bagian cerita yg membuat ts berseru, atau bahkan cuma berpikir, "Oooh,...", "Woow..", "Beh!", "Gila!", "Ow, begitu,", "Busyet!", "Arghhh!!!", "Maak!", "Aduh...", "Tolongin, Mak!", "Argh!! Mak,...", "ADA KECOAAAAAA!!!"........:berbusas

Tapi yaah, novel ini sah-sah aja di baca terutama bagi yg suka cerita thriller. Buktinya TS kasih 3 bintang untuk novel Every Dead Thing karya John Connolly.


- Terima Kasih -
KeviNoir - 12/02/2012 03:59 PM
#1309

maaf gan ane oot tapi ane bener2 butuh bgt, ane lagi nyari buku ini gan :

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

mungkin agan2 disini ada yg tau dmn tempat/ toko buku yg jual, bahkan di emperan pun ane cari..
sebelumnya makasih gan \)
bosminum - 12/02/2012 04:13 PM
#1310

Review >>>>

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : Every Dead Thing
Pengarang : John Connolly
TS rate : 3/5

Quote:

yaa...satu lagi nih buku thriller yg wajib dibaca thriller-mania. Isi novel ini banyak adegan" sadis yang alih" bikin bulu kuduk merinding alias goosebumps, tapi bikin perut mules dan gak nafsu makan.

Cerita dimulai dengan terbunuhnya istri dan anak perempuan sang tokoh utama yang dipanggil Bird. Cara kematian merekapun sungguh tragis. John Connolly banyak menyuguhkan potongan" tubuh, organ dalam, dan tidak ketinggalan darah segar kepada para pembacanya ( emang dikira kita ini vampir apa?! batas kita kan muggles capedes ).

Lalu karena sedih berdukas Bird keluar dari kepolisian dan bekerja sendiri a.k.a freelance. Berawal dari tugasnya mencari seorang wanita yg dinyatakan hilang, ia malah menemukan sebuah kasus puluhan tahun yang lalu tentang pembunuhan sadis anak" belasan tahun. Sekali lagi John Connolly memamerkan kepiawaiannya membuat perut para pembacanya mules.

Dari New York cerita beralih ke New Orleans. Nah, disini lah cerita sebenarnya dimulai. Pembunuh istri dan anak perempuan Bird, yang dipanggil Sang Pengembara, banyak menunjukkan karya seninya disini yang kebanyakan diukir diatas nafas orang" yang dikenal oleh Bird (wah, gw bisa puitis juga malu).

Ceritanya sih sebenarnya datar. Gk ada adegan" yg wah yg bikin saya terkesiap seperti, "Wow..", atau "Ah...", "Oooow....", "Gila!", "Wew..", "Argh!!!", "Maaak....", "Sini Mak, ada KECOAAAA..!!" ngacir2
Ketika membaca, apalagi sebelum tokoh utama di New Orleans, saya sering merasa bosan. Menurut saya ceritanya cuma dibuat berlebihan di bagian yang menjelaskan kondisi korban yang terbunuh ( yang mana membuat perut jadi mual ), itu saja. Sisanya biasa aja. Tapi endingnya cukup keren. Yah dimana-mana cerita thriller itu yang paling ditunggu kan endingnya. Siapa sebenarnya sang pengembara si tokoh antagonis ini diakhir cerita baru saya terkesiap, "Oooow,...", "Fiuh...., tengs mak." Ceritanya cukup seru dan saya kasih rating 3/5.

oyxpik - 13/02/2012 09:25 AM
#1311
The Enchanted Castle - E. Nesbit
[CODE]Judul : The Enchanted Castle
Penulis : E. Nesbit
Genre : Fantasi, Petualangan, Klasik, Anak-anak
SRC bulan Februari[/CODE]


Spoiler for cover
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


Spoiler for sinopsis
Seorang anak pernah bercerita tentang kastil penuh keajaiban yang ditemukan di sekitar jalan Salisbury. Gerald, Jimmy, dan Kathleen mencari tahu tentang kebenaran cerita tersebut. Betapa kagetnya mereka ketika tahu bahwa ternyata kastil itu memang ada. Bayangkan, mereka melihatnya dengan mata kepala mereka sendiri.

Ada kastil, air terjun, rusa-rusa yang berlalu lalang, patung-patung putih... ada yang kurang ya ? Oh ya, bila ada kastil pasti ada putri ! Benar saja, mereka menemukan seorang putri yang terbaring tidur di tengah-tengah labirin selama ratusan tahun. Jimmy menciumnya dan bangunlah putri tidur itu. Dia sangat berterima kasih dan mengundang Gerald, Jimmy, dan Kathleen ke kastilnya yang penuh keajaiban.

Akhirnya... mereka pun hidup bahagia selama-lamanya...

Ets, tunggu sebentar... ternyata putri itu bukanlah putri. Dia adalah gadis biasa, Mabel, keponakan dari penjaga kastil Yalding. Bahkan dia tidak benar-benar tidur selama ratusan tahun menunggu pangeran, dia cuma pura-pura berbaring di sana dengan kostum putri. Segala omongannya tentang kastil yang penuh keajaiban juga tak kalah bohongnya.

Mungkin Mabel sudah biasa berbohong. Namun, kebohongannya kali ini akan membawanya ke dalam jurang masalah yang entah dimana ujungnya.


Tertipu... benar-benar tertipu. Ini adalah buku yang paling cepat menipu saya. Sama cepatnya dengan tipuan-tipuan yang dkeluarkan Mabel. Oh, oke, mungkin memang sebagian karena salah saya. Saya punya kebiasaan tidak membaca sinopsis sebelum memilih suatu buku, tapi... bener deh, saya merasa tertipu habis-habisan.

Saya kira buku ini adalah dongeng yang mencakup 50% putri dan pangeran, 40% ibu tiri jahat dan 10 % kastil megah. Ternyata... tidak. Walaupun tertipu, saya benar-benar senang dengan ide ceritanya. Kastil, kerajaan, putri dan pangeran, hidup bahagia selamanya bla bla bla... terlalu monoton... Sebaliknya si penulis membuat cerita dari menyenangkan-membosankan menjadi menyenangkan-lucu-mengerikan-seru. D Menurut saya ini adalah poin lebih untuk Nesbit menyajikan twist di awal cerita dan meningkatkan rasa penasaran pembaca.

Tokoh utama yang diciptakan adalah keempat anak yang melakukan petualangan saat liburan sekolah. Karakter keempatnya lumayan kuat tertanam di dalam cerita. Gerald sang pemimpin pemberani, Kathleen si polos, Mabel si pembuat masalah namun setia pada temannya, dan Jimmy... karakter favorit saya, karena tokoh ini mengingatkan saya pada Ron Weasley.

Ini buku klasik... Seperti yang saya duga, kata-kata yang digunakan sangat indah. Bagi yang membaca versi asli, percakapan-percakapan antar tokoh juga banyak menggunakan istilah-istilah British jaman dulu. Berhubung saya sedang tertarik dengan bahasa ini, saya senang sekali dapat banyak ilmu dan kosa kata baru. Yah... walaupun butuh cek kamus pada kata-kata tertentu akibat kemampuan pas-pasan. Oh ya, narasi dari penulisnya lucu dan menghibur karena ditulis seperti berbicara kepada pembaca, bahkan kadang Nesbit 'menyapa' pembaca dari dalam narasinya. :addfriends

Petualangannya juga lumayan menghibur. Banyak keajaiban-keajaiban yang terjadi, seperti bisa menghilang (lagi-lagi teringat Harry Potter : jubah gaib), mengabulkan permintaan, dan ada makhluk-makhluk aneh yang muncul di buku ini. Ada suatu adegan melibatkan makhluk bernama Uglies Wuglies yang menurut saya lumayan menakutkan. Well... bagus sih untuk orang dewasa yang membacanya akan menjadi daya tarik sendiri, namun sepertinya... anak-anak kecil akan ketakutan ketika membayangkan makhluk satu ini. capedes Bayangin, saya aja merinding... apalagi anak kecil. berdukas
Selain itu, petualangannya rumit untuk anak-anak. Bahkan orang dewasa seperti saya merasakan petualangannya rumit dan banyak sekali kejadian-kejadian aneh yang terjadi seperti tidak ada jedanya. capedes

Setting tempat sangat kuat ditonjolkan dalam buku ini. Ya, gambaran-gambaran tentang kastil Yalding di deskripsikan dengan baik dan indah oleh penulis.

Pokoknya buku ini bisa mendamaikan hati dengan kata-katanya dan membuat kesal sendiri dengan tipuan imutnya. Pastinya, pesan moral yang tersirat di dalam buku ini banyak sekali. D Yang suka bohong dan berdoa aneh-aneh, siap-siap merasakan sensasi disindir habis-habisan oleh penulis.

Cocok untuk anak-anak atau dewasa yang suka dengan buku anak-anak dan petualangan magis yang seru. Ingat Coraline ? Harry Potter ? Yang suka buku-buku itu, Enchanted Castle bagus untuk dibaca jika senggang. Cocok juga untuk yang suka dengan buku klasik, atau para pembaca buku klasik pemula seperti saya. Oh ya, yang saya review ini ebook bahasa aslinya ( bisa didapatkan gratis dan legal di Project Guterneberg). Yang tidak suka ebook jangan kecil hati, soalnya buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan terbit dalam naungan penerbit Atria. \)

3/5 untuk Enchanted Castle.

Happy Reading chap... D D
daninoviandi - 13/02/2012 09:47 AM
#1312

^
^
^
ada indonya?genit:
brb cari info di GR ngacir:
natheo1213 - 13/02/2012 09:55 AM
#1313

Spoiler for Cover
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul: Kartu Kedua Belas (Twelfth Card)
Pengarang: Jeffery Deaver
Terbitan: GPU
Tahun Terbit: 2005

Kartu ke 12 dari deretan kartu Tarot bergambar seorang pria yg digantung terbalik. Kartu ini yg ditemukan oleh polisi di lokasi percobaan pembunuhan seorang remaja berusia 16 th, Geneva Settle, disamping barang2 lainnya yg dpt diidentifikasikan sebagai paket pemerkosaan. Tapi dari cara si pelaku "menghabisi" manekin, yg secara cerdas dijadikan "pengganti" dirinya oleh Geneva, ada keraguan apakah benar niat awal si pelaku ada memperkosa ?? Bila tidak, apa tujuan sebenarnya ??

Lincoln Rhyme, seorang alumnus kepolisian yg menderita kelumpuhan akibat tertimpa beton yg runtuh ketika bertugas, bertanggung jawab dalam membongkar kasus ini. Bersama rekan polisinya, Amelia Sachs, juga team kepolisian setempat, Rhyme benar2 harus memeras satu2-nya asset dirinya yg tersisa yg bisa digunakan, otaknya. Benarkah tujuan si pelaku hanya tertuju kepada seorang remaja 16 th ?? Atau ada hal lain di balik rencana pembunuhan yg diatur dg rapi tersebut ?? Lalu apa hubungan kartu ke-12 dengan semuanya ??

Sebuah novel luar biasa dari seorang Jeffery Deaver. Novel yg mengaduk-aduk jalan cerita. Mulai dari alur yg berloncatan dari masa sekarang ke masa lalu, yg dihubungkan hanya dari artikel surat kabar terbitan lama maupun surat2 keluarga yg tersisa, sampai ke perubahan arah penyelidikan Rhyme yg tidak terduga-duga. Salah satu novel dg twist terbanyak yg pernah saya baca. Bahkan ketika pembaca beranggapan semua nya telah berakhir ternyata pembaca masih terus dikejutkan dg fakta2 baru yg dimunculkan.

Walaupun sempat terkesan agak berputar-putar karena banyaknya fakta yg harus ditampilkan, cerita berhasil dibawakan dg menarik. Deaver menunjukan kemampuannya bercerita dg detail, termasuk langkah2 dalam analisa forensik yg dilakukan oleh Rhyme & teamnya.

Hanya ada satu kelemahan yg cukup mengganggu (buat saya pribadi), novel yg bagus ini terasa terlalu komersil buat saya. Terlalu banyak penyebutan merk tertentu dari peralatan yg digunakan yg sebetulnya sudah cukup terwakili dg penyebutan jenis peralatannya saja. Misalnya saja ketika harus mengcopy dokumen tokoh novel merasa perlu menyebutkan "...dokumen ini dapat kau gandakan dengan mesin fotocopy X (merk mesin fotocopy terkenal) di sebelah situ..." Begitu juga dg penyebutan merk2 terkenal lainnya sepanjang cerita... ngakaks hammers

Overall, buku ini adalah sebuah novel yg layak dan termasuk wajib dibaca utk pencinta novel bergenre detektif & kriminal...

Rate: 4 of 5
bosminum - 13/02/2012 10:43 AM
#1314

Quote:
Original Posted By natheo1213
Spoiler for Cover
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul: Kartu Kedua Belas (Twelfth Card)
Pengarang: Jeffery Deaver
Terbitan: GPU
Tahun Terbit: 2005

Kartu ke 12 dari deretan kartu Tarot bergambar seorang pria yg digantung terbalik. Kartu ini yg ditemukan oleh polisi di lokasi percobaan pembunuhan seorang remaja berusia 16 th, Geneva Settle, disamping barang2 lainnya yg dpt diidentifikasikan sebagai paket pemerkosaan. Tapi dari cara si pelaku "menghabisi" manekin, yg secara cerdas dijadikan "pengganti" dirinya oleh Geneva, ada keraguan apakah benar niat awal si pelaku ada memperkosa ?? Bila tidak, apa tujuan sebenarnya ??

Lincoln Rhyme, seorang alumnus kepolisian yg menderita kelumpuhan akibat tertimpa beton yg runtuh ketika bertugas, bertanggung jawab dalam membongkar kasus ini. Bersama rekan polisinya, Amelia Sachs, juga team kepolisian setempat, Rhyme benar2 harus memeras satu2-nya asset dirinya yg tersisa yg bisa digunakan, otaknya. Benarkah tujuan si pelaku hanya tertuju kepada seorang remaja 16 th ?? Atau ada hal lain di balik rencana pembunuhan yg diatur dg rapi tersebut ?? Lalu apa hubungan kartu ke-12 dengan semuanya ??

Sebuah novel luar biasa dari seorang Jeffery Deaver. Novel yg mengaduk-aduk jalan cerita. Mulai dari alur yg berloncatan dari masa sekarang ke masa lalu, yg dihubungkan hanya dari artikel surat kabar terbitan lama maupun surat2 keluarga yg tersisa, sampai ke perubahan arah penyelidikan Rhyme yg tidak terduga-duga. Salah satu novel dg twist terbanyak yg pernah saya baca. Bahkan ketika pembaca beranggapan semua nya telah berakhir ternyata pembaca masih terus dikejutkan dg fakta2 baru yg dimunculkan.

Walaupun sempat terkesan agak berputar-putar karena banyaknya fakta yg harus ditampilkan, cerita berhasil dibawakan dg menarik. Deaver menunjukan kemampuannya bercerita dg detail, termasuk langkah2 dalam analisa forensik yg dilakukan oleh Rhyme & teamnya.

Hanya ada satu kelemahan yg cukup mengganggu (buat saya pribadi), novel yg bagus ini terasa terlalu komersil buat saya. Terlalu banyak penyebutan merk tertentu dari peralatan yg digunakan yg sebetulnya sudah cukup terwakili dg penyebutan jenis peralatannya saja. Misalnya saja ketika harus mengcopy dokumen tokoh novel merasa perlu menyebutkan "...dokumen ini dapat kau gandakan dengan mesin fotocopy X (merk mesin fotocopy terkenal) di sebelah situ..." Begitu juga dg penyebutan merk2 terkenal lainnya sepanjang cerita... ngakaks hammers

Overall, buku ini adalah sebuah novel yg layak dan termasuk wajib dibaca utk pencinta novel bergenre detektif & kriminal...

Rate: 4 of 5


wah barusan semalem ane borong di gramedia sunter. ngakak seep dah jd gk nyesel ane belinya. jujur aja ane beli seharga 10rb doang. awalnya cm buat koleksi aja dan gk yakin sm ceritanya, soalnya ane demen novel spt karya jeffery deaver. kalo tyt bagus wah...lega deh.

info : di gramedia sunter mall novelnya sering diobral. wkt ane beli novel twelft card ini, ane ty novel Bartilamaeus ada gk, katanya udh gk ada lg. kemaren diobral di sana (ada 3 meja yg majang byk novel yg diobral), harga 10rb-20rb doang. nah dr situ lah ane beli buku twelft card ini seharga 10rb dan 3 buku lainnya. padahal siangnya ane udh pesen novel Bartilamaeus sama Nicholas Flamel all the series di bukabuk*.com. gila kan gan. murah banget. ada yg tau gk dimana lagi yg sering obral novel murah, tp bukan yg murahan yah???Yb
natheo1213 - 13/02/2012 10:51 AM
#1315

Quote:
Original Posted By bosminum
wah barusan semalem ane borong di gramedia sunter. ngakak seep dah jd gk nyesel ane belinya. jujur aja ane beli seharga 10rb doang. awalnya cm buat koleksi aja dan gk yakin sm ceritanya, soalnya ane demen novel spt karya jeffery deaver. kalo tyt bagus wah...lega deh.

info : di gramedia sunter mall novelnya sering diobral. wkt ane beli novel twelft card ini, ane ty novel Bartilamaeus ada gk, katanya udh gk ada lg. kemaren diobral di sana (ada 3 meja yg majang byk novel yg diobral), harga 10rb-20rb doang. nah dr situ lah ane beli buku twelft card ini seharga 10rb dan 3 buku lainnya. padahal siangnya ane udh pesen novel Bartilamaeus sama Nicholas Flamel all the series di bukabuk*.com. gila kan gan. murah banget. ada yg tau gk dimana lagi yg sering obral novel murah, tp bukan yg murahan yah???Yb


Ane dapetnya juga obralan, gan... malu:
Waktu itu borong 3 judul Deaver bareng yg Speaking in Tongue & Bone Collector... 3-3nya maknyus koq, walopun yg speaking in tongue ada bbrp hal yg mengganjal... D

Rata2 gramed sekarang sering obral buku2 stock lama, bukan cuma di Sunter yg di Teras Kota, BSD, jg sering obralan.... \D/
daninoviandi - 13/02/2012 11:13 AM
#1316

Quote:
Original Posted By bosminum
Review >>>>

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : Every Dead Thing
Pengarang : John Connolly
TS rate : 3/5

gw lagi baca john connolly yg book of lost thing,sejenis kah?think:
bosminum - 13/02/2012 12:15 PM
#1317

Quote:
Original Posted By natheo1213
Ane dapetnya juga obralan, gan... malu:
Waktu itu borong 3 judul Deaver bareng yg Speaking in Tongue & Bone Collector... 3-3nya maknyus koq, walopun yg speaking in tongue ada bbrp hal yg mengganjal... D

Rata2 gramed sekarang sering obral buku2 stock lama, bukan cuma di Sunter yg di Teras Kota, BSD, jg sering obralan.... \D/


hammer: ternyata sama" ngincer yg murah Yb bone collector mantaf ya gan. :cheers:

Quote:
Original Posted By daninoviandi
gw lagi baca john connolly yg book of lost thing,sejenis kah?think:


yah genrenya mungkin sama gan. tapi menurut ane beda banget. itu lah hebatnya john connolly, novel"nya unik. tp book of lost thing lebih seru menurut pendapat ane. Yb bukunya obralan jg gan? cendolb
teebite - 13/02/2012 01:07 PM
#1318

menarik nii ceritanya The Lost Army of Cambyses
bosminum - 13/02/2012 02:14 PM
#1319

- 18 Seconds -

buat sesepuh yg juga suka novel thriller.

moga" blm ada yg review novel satu ini

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : 18 Seconds
Pengarang : George D Schuman
Penerbit : Gramed
rate : 5/5

Quote:


Sherry Moore, seorang, cantik psikis buta, memiliki kemampuan luar biasa untuk 'melihat' delapan belas detik terakhir kehidupan korban pembunuhan itu dengan menyentuh mayat. Dia menggunakan hadiahnya untuk membantu orang lain memecahkan misteri hanya dia bisa memasuki. Sykes pembunuh berantai Earl tidak pernah tertangkap atas pembunuhan kejam itu. Sebaliknya, itu adalah kecelakaan mobil mematikan yang mendarat dia di penjara. Sekarang, tahun kemudian, ia bebas dan lapar untuk membalas dendam. Pengaturan pemandangan pada Letnan Kelly O'Shaunisy, putri penculiknya, ia kembali ke kampung pantai nya Wildwood, New Jersey - dan mengerikan itu, cara-cara membunuh. Ketika Letnan O'Shaunisy mulai menyelidiki hilangnya perempuan muda dari daerah terpencil dermaga, ia menjumpai frustasi buntu petunjuk dan lebih banyak kematian. Keputusasaan nya mengarah untuk menerima bantuan Sherry, tetapi bukan tanpa konsekuensi. Bersama-sama, kedua wanita berangkat untuk menemukan identitas si pembunuh dan menjadi dilibatkan dalam web berbahaya yang bisa membuat mereka kehilangan hidup mereka. Dengan dua pahlawan berkesan, berdebar pulsa ketegangan, dan tikungan yang akan membuat pembaca menebak-nebak sampai halaman terakhir, 18 DETIK memperkenalkan bakat menulis yang kuat untuk adegan ketegangan.


Novel terbaik ane di bulan januari kemaren. cendolb cocok banget buat sepuh yg haus cerita thriller berbau misteri. alur ceritanya sempurna kalo menurut ane, dan tokoh" didalemnya hidup banget. tokoh utama, Sherry Moore, mendapat peranan yg wajar dan menarik, gk berlebihan seperti di novel thriller lainnya. pokoknya ini novel wajib buat thriller-mania. 2 novel lainnya yg juga recommended banget dari ane, second sight dan last breath dari pengarang yg sama.
metallisedheart - 13/02/2012 09:13 PM
#1320
SRC 2012 - Januari
Spoiler for cover
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


Judul : Wanita
Judul Asli : The Female
Pengarang : Paul I. Wellman
Penerbit : GPU
Tahun Terbit: 2005 (terbitan pertama 1953)
Tebal : 528 halaman, Hardcover

Mendalami Karakter Seorang Wanita

Ada sementara kota yang bersifat jantan dari pembawaannya, penuh asap, hiruk pikuk, dan berbangga dengan kerja-kerja membosankan yang seolah-olah suatu keutamaan. Sementara yang lain berperangai betina, suka kenikmatan, mencandui kefanaan, dan mengejar tetekbengek yang remeh.

Bila ini benar, tak pernah dalam sejarah ada kota yang lebih bertabiat seperti wanita, dalam kemewahan, tingkah, dan kemolekannya daripada Konstantinopel, yang dalam tahun 521 Masehi kadang masih disebut orang dengan nama kuno Byzantium.

Membaca dua paragraf awalnya saja mungkin kita akan berpikiran bahwa buku ini, kalau boleh meminjam istilah dari teman saya, 'sastra banget'. Namun jika membaca lebih jauh lagi menurut saya bahasanya masih standar dalam artian mudah dimengerti namun memberikan kesan manis untuk saya pribadi.

Bercerita tentang Theodora, seorang pelacur di Jalan Hawa (semacam Gang Dolly kalau di Surabaya) yang memang sudah dipersiapkan oleh ibunya yang berprofesi serupa untuk melanjutkan karir di dunia pelacuran. Cerita berlanjut dengan sebuah pesta seks penuh intrik dan dendam yang menjadi batu loncatan dalam karirnya, membuatnya menjadi selir seorang gubernur.

Sang gubernur yang ternyata seorang biseks membuat harga diri Theodora seakan tergadaikan. Amarahnya kepada suaminya ia lampiaskan dengan berselingkuh dengan seorang budak hingga akhirnya hamil. Namun, dosa itu akhirnya terkuak juga hingga akhirnya ia dibuang ke Gurun Sahara. Dan berkat tekad yang kuat ia berhasil bertahan hidup.

Singkat cerita (tentunya Anda harus membaca sendiri), dengan kecerdasan dan intrik politiknya ia akhirnya mencapai puncak kekuasaan sebagai maharani Konstantinopel, sebagai ratu dari Justinianus. Buku ini seakan menjadi bukti dari pepatah 'Di balik setiap pria sukses, ada seorang wanita hebat'. Meskipun pada akhirnya sejarah menyebut Justinianus sebagai 'Yang Agung' dan Theodora sebagai 'Yang terkenal dengan nama buruk' karena memang toh anda tidak harus memihak pada Theodora seperti yang diungkapkan penulis secara tersirat pada bagian endingnya.

Terdiri dari 30 bagian ditambah 'Apa yang terjadi sesudahnya' sebagai pengurai benang sejarah, buku ini benar-benar laik untuk dibaca. Terutama bagi Anda para wanita.
Page 66 of 105 | ‹ First  < 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu