BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Total Views: 87632 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 68 of 105 | ‹ First  < 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 >  Last ›

yorimaru - 19/02/2012 05:57 PM
#1341

Quote:
Original Posted By hoaxman
ini udah ada belom? ane liat di index ga ada D

The Sea of Trolls, Nancy Farmer



Spoiler for "takut spoiler"
Novel ini mengisahkan tentang peristiwa di Tahun 793, ketika Pantai Inggris diserang untuk pertama kalinya oleh Viking. Seorang anak bernama Jack, desanya diserang oleh sekelompok Viking, terutama Berserker. Dia bersama adiknya ditawan dan dijadikan Budak oleh mereka. Jack sebenarnya ingin dijual Berserker tersebut untuk ditukarkan dengan bahan2 makanan dan perhiasan. Tetapi setelah mengetahui Jack adalah seorang bard, yang bisa melantunkan lagu dan puisi dengan kekuatan kehidupan, Pemimpin Berserker Olaf One Brow, tertarik padanya sehingga tidak jadi menjual dia.

Novel ini menceritakan tentang penyelamatan adik Jack, Lucy yang akan dipersembahkan oleh Istri - yang adalah makhluk half troll - dari Raja Viking yang memimpin desa Olaf, Ivar the Boneless kepada Dewi Freya. Jack, bersama Olaf One Brow, dan beberapa Prajurit Berserker lainnya harus ke Jotunheim - Negeri para Troll, dan mencari Sumur Mimir dan mengambil airnya sebagai pengetahuan untuk Jack, merupakan satu-satunya cara untuk menyelamatkan Lucy dalam genggaman makhluk setengah Troll tersebut.

Serangan makhluk mitologi norse dan suguhan Geografis yang ekstrim benar-benar membuat Jack dan kru Olaf kesulitan untuk bertahan di Jotunheim.

Novel Recomended banget bagi penggemar Mitologi, terutama mitologi norse. Novel yang berdasarkan Sejarah tapi tetep mebubung tinggi Imajinasi


maaf kalo bole tau ini ada versi bhs indo gak ya?
gw lagi koleksi novel2 mitologi..
baru dapet yg yunani..

mungkin agak OOT, tapi kalo bole gw minta saran2 buku mitologi - sejarah donk o


Quote:
Original Posted By samanosuke20


Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
CONSPIRANTA (5/5)



skalian tanya ini kan buku ke 2, nyambung ga critanya sama buku 1?
trus kalo buku ke 1 nya gimana kira? worthed?
Evangeline - 20/02/2012 01:35 AM
#1342
Review Buku SRC : Feb 2012
Judul: Every Boy's Got One
Pengarang: Meg Cabot

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Kau pasti akan berpikir bahwa seorang Jane Harris adalah wanita gila yang bisa-bisanya membenci seorang pria tampan yang berprofesi sebagai penulis buku dan koresponden luar negeri untuk The New York Journal. Well, dalam bukunya, "Every Boy's Got One", MEG CABOT akan memberitahumu mengapa kartunis sukses seperti Jane Harris melakukan hal itu.

Untuk memulainya, Cal tidak mengenal Wondercat. Maksudku, siapa sih yang tidak tahu karakter kucing dalam komik karya Jane yang akan segera difilmkan oleh Cartoon Network itu? Hanya Cal Landon pastinya. Tidak hanya itu, si tampan Cal Langdon ternyata juga sosok yang tidak percaya kekuatan cinta dan romantisme. Yah, tipikal pria menyebalkan yang punya misi membuat Mark Levine, calon suami Holly Caputo yang juga sahabat Jane, menyadari bahwa kawi n lari yang romantis ini merupakan sebuah kesalahan besar. Jadi, aku tidak heran sih kalau Jane dan Cal seringkali beradu argumen.

Jujur saja, menurutku tidak ada hal baru yang ditawarkan Meg Cabot dalam buku ini. Dua tokoh utama yang memiliki pendapat berbeda, sama-sama keras kepala, namun terperangkap dalam situasi dimana mereka harus bekerjasama untuk menyelamatkan sebuah pernikahan. Sesuatu yang berbau Guys Vs. Girls dan hal-hal yang membuat kita saling membenci namun di saat yang bersamaan merupakan daya tarik yang tak dapat dihindari. Tipikal chick-lit!

Gaya bahasa ringan yang dibalut dalam bentuk catatan harian, e-mail, pesan singkat dan sejenisnya membuat buku ini sedikit lebih menarik dari buku lain yang bertema sama. Dan, rasanya harus kuberitahu dari awal bahwa buku ini adalah tipe buku-yang-kau-baca-saat-kau-tidak-sedang-mencari-sesuatu-yang-serius. Meskipun begitu, jika kau memutuskan untuk membaca lebih lanjut, kau akan mengerti mengapa wanita cenderung jatuh cinta pada pria yang salah.




Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku FavoritmuSerapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku FavoritmuSerapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
shadowprincess - 20/02/2012 07:05 AM
#1343

Quote:
Original Posted By after_dark
SRC 2012 : Februari

Extremely Loud and Incredibly Close
Penulis: Jonathan Safran Foer
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Tiba tiba saja, saya ingin menjadi orang ganteng pertama yang pergi memanjat pohon toge, dan melemparkan buku ini ke tanah, kemudian saya diamkan selama sebulan penuh hingga tumbuh jamur, lalu saya makan, meskipun saya menyadari hal itu masih tak cukup buat menghilangkan kekecewaan yang saya alami.
Tapi, tentu saja hal itu hanya sebatas keinginan, tanpa pernah menjadi kenyataan. Sebab nyatanya saya jauh dari pohon toge, tidak akan melemparkan buku ke tanah, tidak makan jamur buku, tapi, saya masih tetap kecewa, plus tetap ganteng sebagaimana biasa.
Kemudian saya pun mulai menyalahkan orang orang dari Arena, Daily Telegraph, dan Observer, sebab di masa lalu telah dengan percaya diri menuliskan kata kata pujian pada lembar sampul;'Memikat',Mengharu Biru','Spektakuler'. Menyalahkan Stephen Daldry, yang telah menggandeng Tom Hanks dan Sandra Bullock untuk membuat versi layar lebar daripada buku ini. Kedua hal itulah yang sekiranya menjadi biang keladi atas membubung tingginya harapan akan betapa menariknya buku ini. Dan seperti yang telah saya singgung sebelumnya, buku ini tidak sesuai dengan harapan. Saya kuciwa.

Ialah Oskar Schell, yang pada umurnya yang masih belia telah ditinggalkan oleh ayahnya yang ikut menjadi korban dalam peristiwa 11 September. Anak laki laki ini, yang begitu merasa kehilangan sosok ayahnya, kemudian sedikit merasa terhibur manakala pada suatu hari ia menemukan sebuah kunci, yang ia yakini sebagai milik ayahnya. Waktu itu ia sendirian di dalam kamar ayahnya, merasa kesal oleh tingkah laku ibunya di ruang tamu yang sedang tertawa bersama teman laki laki, saat itulah ia melihat sebuah vas bunga di atas lemari.
Ia mengambil kursi dan beberapa tumpuk buku sebagai pijakan, sebab lemari itu terlalu tinggi. Namun, tak sengaja ia menjatuhkan vas
bunga itu, dan pecah. Sewaktu sedang membersihkan pecahan vas bunga, ia menemukan amplop yang berisi kunci. Ia tak tahu, lubang kunci manakah yang cocok dengan kunci itu. Satu satunya petunjuk hanyalah sebuah tulisan pada amplop; 'Black'.
Ia pun kemudian berusaha untuk mencari tahu siapa 'Black' itu sebenarnya, dengan cara menemui semua orang yang mempunyai nama 'Black';Aron Black, Abby Black, William Black,serta Black yang lainnya, meski sayangnya ia tidak berusaha untuk mencari Kamen Rider Black, sebab kalau itu terjadi, tentunya akan membuat buku ini menjadi menarik.

Err..sangat susah buat saya untuk menikmati buku ini. Bukan karena ceritanya yang tidak menarik, meskipun memang ternyata tidak begitu menarik juga sih, melainkan cara penulisannya yang bikin bingung. Jonathan S Foer menulis buku ini dengan gaya yang sama sekali berbeda dengan penulis kebanyakan. Ketika biasanya penulis berusaha keras untuk memberikan sebuah tulisan yang memudahkan orang lain untuk membaca, maka Jonathan S Foer berlaku sebaliknya.
Ia menulis seenak udelnya sendiri yang mengakibatkan buku ini menjadi sulit untuk dibaca. Sebagai contoh, penulisan dialog. Lazimnya dialog ditulis satu dialog dalam satu baris, dan dialog berikutnya ditulis di bawahnya. Tapi Jonathan S Foern malah menulis hampir semua dialog berikutnya, di samping dialog sebelumnya. Tapi, puncak dari segala proses 'seenak udelnya' sendiri itu terjadi pada halaman 345 - 348; tulisannya sama sekali tidak bisa dibaca.
Barangkali seandainya buku ini ditulis menggunakan tulisan hanacaraka pada lembar daun lontar milik Brama Kumbara, atau tulisan hieroglyph pada dinding piramid, atau tulisan 4l4y pada dinding dinding Facebook, masih dimaklumi kalau sampai saya tidak bisa membacanya, tapi kalau jenis tulisan Times New Roman, diketik komputer dan tidak bisa dibaca, itu kan sesuatu banget namanya. Betul tidak mbak Sahrini?
Sahrininya ga ada mas.
Pergi kemana emang?
Jangan memilihh akkyuuuu...
Malah nanyi nohope:

Dan, ketidaknyamanan dalam hal penulisan itu pun berimbas pada menurunnya daya tangkap saya terhadap apa yang disebut sebagai jalan cerita. Cerita yang sebenarnya tidak begitu kompleks itu pun menjadi kelihatan berbelit belit kesana kemari, dan errr..pokoknya gitu deh ye, bikin pusing bacanya ngakaks:
Tapi meski begitu, buku ini bukannya tanpa kelebihan, sebab nyatanya biarpun secuil, Jonathan S Foer mampu menghadirkan momen momen yang mampu menggetarkan hati, meski paragraf sebelumnya dan sesudahnya tetap bikin mabok. Ini membuktikan bahwa sebenarnya Jonathan S Foer penulis yang bukan sembarangan, penulis yang sesuatu banget lah. Betul tidak mbak Sahrini?
Sahrininya ga ada mas.
Jangan memilih akkyuuu...
*keduluan nyanyi \(

Kelebihan yang lain ialah adanya ilustrasi foto hitam putih yang menunjukkan apa saja yang disebutkan di dalam buku. Misalnya tokoh utama menyebutkan kunci,kura kura, sidik jari maka nanti akan ada foto kunci, kura kura, sidik jari, dan seterusnya. Bahkan lembar pertama buku ini diisi secara berurutan oleh sebuah foto lubang kunci, burung burung terbang, dan sisi samping sebuah apartemen.

Pada akhirnya buku ini bukan untuk semua orang, termasuk saya. Butuh perjuangan yang besar untuk menyelesaikannya. Ini adalah buku paling unik, tapi juga sekaligus paling menyebalkan yang pernah saya baca. Tidak cocok untuk dibaca sambil santai ongkang ongkang kaki di bawah pohon ditemani secangkir teh di sore hari, tidak cocok dibaca bersama keluarga anda, atau kekasih anda, atau teman tapi mesra anda, atau binatang peliharaan anda, atau temannya tentenya bapaknya ibunya adiknya sepupunya tetangganya adiknya neneknya teman anda. Pokoke kudu dibaca dalam kondisi siap tempur deh, dan jangan lupa... helmnya dicopot, biar keliatan ;) .
Sudah ye.. D



ane jagoin ente menang SRC gan D kiss
anndra88 - 20/02/2012 06:23 PM
#1344

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Trilogi "mawar merah"

cerita karangan luna torashygu yang berjudul mawar merah terdiri dari tiga buku : mosaik, metamorfosis, dan matahari. Sampulnya sih nggak meyakinkan buat saya, tapi setelah baca sinopsisnya jadi lumayan penasaran. Pertama baca sih agak binggung, karena setting tempatnya yang berpindah". tapi semakin di baca semakin penasaran. Semakin di tebak ceritanya, semakin penasaran juga. Karena yang di tebak, kadang meleset. Cerita yang penuh kejutan dan membuat saya tidak bisa berhenti untuk membacanya lagi dan lagi hingga buku itu tamat. Bagi yang tidak terbiasa membaca novel dengan alur maju mundur, pasti merasa cukup binggung. Namun jika di baca dengan seksama, buku yang bener" recommend banget buat di baca, apalagi buat yang senang dengan petualangan dan tebak menebak. Endingnya cukup mengharukan, nggak pernah terfikirpun kalo endingnya bakal seperti itu. Salut buat Luna yang sudah membangkitkan emosional saya setiap membacanya,D
shadowprincess - 21/02/2012 07:50 AM
#1345

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul My Partner
No. ISBN 9789792280173
Penulis Retni SB
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit Februari - 2012
Jumlah Halaman 288

Setelah mengajukan diri untuk menjaga thread "Teenlit/Chicklit/Metropop Discussion Thread" di basecamp serapium di facebook, dan disetujui.. aku sepertinya harus lebih sering baca-baca novel metropop, chicklit dan teenlit agar setidaknya kalau ada yang tanya-tanya di thread itu aku bisa jawab D. Ada beberapa peserta diskusi yang mengajukan Dewi Sekar, Retni SB dan Clara Ng sebagai penulis favorit mereka.. Aku jadi penasaran, soalnya seingatku, aku belum pernah baca satupun karya mereka. Dan dari hasil hunting buku ketiga penulis tersebut, salah satunya yang aku dapat yaitu buku ini, buku terbaru nya mbak Retni SB. \)

Cerita dimulai dengan nasib buruk yang menimpa Tita, seorang gadis manis lulusan arsitektur. Ayahnya divonis oleh MA terlibat korupsi bersama-sama yang merugikan negara sebanyak 110 milyar, hal yang menurut Tita sangat mustahil mengingat track record ayahnya sangat bersih. Tita menganggap ayahnya hanya dijadikan tumbal oleh orang-orang di atasnya yg lebih punya kuasa.
Selain ayah yang dipenjara, Tita harus juga menghadapi cobaan lain.. ibu nya tak kuat menanggung derita ini sehingga menderita gangguan psikis dan harus dirawat di panti rehabilitasi lalu kedua sahabatnya masa kuliah yang meninggalkannya bahkan sampai pacar nya pun ikut-ikutan meninggalkannya, bahkan demi membayar kerugian negara yang mencapai 110 milyar itu seluruh aset keluarganya disita.. termasuk rumah yang saat ini ditempati dan bahkan uang tabungannya yang gak seberapa itu. Ibaratnya sudah jatuh, tertimpa tangga, ketumpahan cat, kepleset, terjungkal, masuk sumur, benjol, berdarah-darah kemudian dicaplok buaya nganga. nohope:

Dari sini pengalaman Tita dimulai.. dia akhirnya kost bersama teman-teman nya semasa smu dan bekerja di perusahaan kecil seorang arsitek yang pernah mengerjakan proyek pembuatan taman di Rumah nya, yang karya nya pernah dia hina! hahahha, kalau kejadian ini beneran ada pasti bakal kapok itu Tita, orang yang tadinya dia hina-hina karyanya sekarang malah jadi bos nya D. Pelajaran pertama yang bisa kita ambil adalah, hidup gak selalu berada di atas jadi jangan terlalu sombong D

Bos barunya Tita ini namanya Jodik, tipikal preman menurut Tita. Bukan tipe cowok yang akan menghujani wanita dengan kata-kata lembut mendayu-dayu, bukan juga tipe cowok yang bakal luluh dengan kecengengan dan kemanjaan wanita, pokoknya ni cowok tipe orang yg melihat wanita sebagai makhluk yang sejajar.. gak ada privillage, semua dilihat dari kemampuan.. gak ada kemampuan mau itu cewek cantiknya se alluna maharani tetep aja gak dilirik D *tipe kesukaan gw banget* D

Dari sini, kisah dimulai.. gimana kisah personal antara tita dan jodik serta kerjasama professionalisme antara keduanya.. pelajaran kedua yang bisa di dapet dari hubungan dua insan ini adalah.. Don't Judge a book by its cover D kenapa begitu??? baca sendiri lah D

Buku ini menarik \) Aku bisa terbawa arus cerita nya saat membacanya, tutur bahasa nya tidak kaku, walau banyak umpatan seperti "monyet" nohope:. Tapi mungkin umpatan itu dimaksudkan agar suasana akrab tercipta dari buku ini. Begitu juga alurnya, tidak terlalu cepat dan tidak juga terlalu lambat.

Ini pertama kalinya aku baca buku nya mbak Retni SB, dan aku cukup puas. Konfliknya tidak terlalu berbelit-belit, tidak terlalu sinetron heheh. Aku berikan 3 bintang buat buku ini \)

Rate 3/5

*Available on perpus serapium kisss
daninoviandi - 21/02/2012 09:37 AM
#1346

^
^
^
^
mau coba buku Retni SB yang laen? BBM istri gw ya D
bosminum - 21/02/2012 11:34 AM
#1347
The Alchemist - Nicholas Flamel
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : The Alchemist - The Secret of The Immortal Nicholas Flamel #1
Pengarang : Michael Scoot
Penerbit : Matahati
Harga : Rp. 57.800,-
Rate ; 3.5/5

Quote:

Descriptions

Nicholas Flamel Kebenaran: Nicholas Flamel, yang lahir di Paris pada tanggal 28 September 1330, dikenal sebagai Alchemyst termasyhur di masanya. Ia berusaha menciptakan ramuan untuk hidup abadi, dan mengubah logam biasa menjadi emas murni. Menurut catatan, sang Alchemyst meninggal pada tahun 1418, tetapi ketika dibongkar ternyata makamnya kosong. Legenda: Nicholas Flamel masih hidup karena ia berhasil menemukan ramuan untuk hidup abadi. Semua rahasianya ada dalam Buku Abraham sang Magus. Jika jatuh ke tangan orang yang salah, buku itu dapat membawa petaka bagi umat manusia.


Terkadang, legenda merupakan kebenaran


Sinopsis


Josh dan Sophie Newman tidak menyangka, ternyata pemilik Small Book Shop tempat Josh bekerja merupakan Nicholas Flamel, sang Alchemyst yang berusia lebih dari 600 tahun! Rahasia di balik umur panjangnya adalah Buku Abraham sang Magus, harta berharga yang telah dijaga Flamel seumur hidupnya. Kedua remaja berusia 15 tahun ini terlibat dalam perseteruan yang berusia ribuan tahun, ketika musuh bebuyutan sang Alchemyst, Dr. John Dee, berhasil merampas Buku Abraham dan menculik istri Nicholas, Perenelle Flamel.
Kehidupan Josh dan Sophie seketika berubah. Terutama setelah mengetahui ternyata mereka bukan sekadar remaja biasa. Dalam diri si kembar tersimpan sebuah kekuatan hebat yang kelak akan menjadikan mereka penyelamat dunia.


Seperti mendapatkan peta harta karun dan berharap akan menemukan sebuah ruangan rahasia yang dinding"nya berdesain mediteranian kuno berlapis emas yang isinya penuh dengan barang" peninggalan bajak laut kuno atau perompak seperti dalam cerita aladin dan begitu saya mengatakan, "open sesame", sebuah pintu lain akan terbuka dan didalamnya tersimpan sebuah lampu ajaib dari emas yang akan mengeluarkan jin bila digosok dan mengabulkan 3 permintaan saya. Tapi bukan itu yang saya temukan. Setelah membaca review di trit khusus Nicholas Flamel di Forum Buku Kaskus, saya membawa terbang pikiran saya sendiri kalau buku ini akan seperti, kalau tidak Harry Potter karya J. K. Rowling atau Narnia, paling tidak kisah fantasi epik karya J. R. R. Tolkien The Hobbit ( The Lord of The Ring saya belum baca ). Namun saya mendapati diri saya kecewa. Bukan salah novel ini sih. Ceritanya menarik dan mampu menghipnotis saya selama 2 hari ( saya membacanya sampai selesai dalam wkt 2 malam, rekor membaca novel untuk saya sendiri Yb). Tapi sebagaimana novel fantasi yang mengambil setting dunia modern, novel ini masih jauh dibanding Harry Potter apalagi The Hobbit. Ya mungkin latar modern gk cocok buat saya bila ceritanya fantasi epik apalagi yg menghadirkan tokoh" legenda. Tapi lebih dari itu, seperti yang saya bilang novel ini menghipnotis saya sehingga tidak bisa lepas dari tangan saya selama 2 hari belakangan, The Alchemist sangat pas untuk pembaca yang suka cerita fantasi epik seperti karya J. R. R Tolkien (The Hobbit, The Book of Lost Tales, The Silmarillon, The History of Middle Earth, wah recommend deh. Ops, ini kan bukan review buku Tolkiencapedes), yang buat saya adalah masternya cerita fantasi. Novel ini juga, The Alchemist, menambah wawasan tentang cerita" kuno yang mungkin selama ini kita cuma tahu kulitnya saja, seperti sphinx dan dewi kucing Mesir yang diceritakan sebagai tokoh antagonis. Dan lebih uniknya lagi, semua tokoh di cerita ini adalah riil, katanya lho, mulai dari Nicholas Flamelnya sendiri dan Dr. John Dee yang memang dulu pernah jadi tangan kanannya ratu Elizabeth, sampai penyihir tua di desa terpencil dan keponakannya yang bernama Schatchat. Tokoh rekaan cuma 2 orang anak kembar yang menjadi tokoh utama mendampingi Nicholas Flamel. Yah, saya cukup puas dengan novel ini. Lagipula saya baru baca seri pertamanya. Masih ada 4 seri lagi. Dan saya yakin ceritanya akan lebih seru lagi.

Selamat membaca....cendolb
wimpy13 - 21/02/2012 04:31 PM
#1348

diary si bocah tengil ngakaks
dewok - 21/02/2012 05:39 PM
#1349

Aku Nggak berbuat Itu Kok!

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

24 Wajah Billy
Judul asli: The Minds of Billy Milligan
Penulis: Daniel Keyes
Penerjemah: Miriasti dan Meda Satrio
Penerbit: Qanita, Bandung


Pernahkah anda merasa kehilangan waktu dan tak sadar apa saja yg telah anda kerjakan hari itu? Mungkin ada baiknya anda memeriksakan diri ke psikiater karena siapa tahu, ada yg telah merebut tempat utama selama anda tertidur.

William Stanley Milligan (Billy), 23 tahun, ditangkap oleh kepolisian Ohio, Amerika Serikat dengan tuduhan penculikan dan pemerkosaan terhadap 3 orang wanita di sekitar kampus Ohio State University. Billy tentu saja menyangkal tuduhan tersebut karena ia merasa tidak pernah melakukannya.

Dari hasil pemeriksaan psikologis pertama, Billy memiliki IQ 68 dan diduga menderita penyakit skizofrenia akut. Atas dasar hasil pemeriksaan tersebut, tim pembelanya dibantu oleh dr. Caul, seorang psikiater yg berempati pada Billy, berjuang supaya Billy bisa mendapatkan perawatan yg layak.

Billy ternyata memiliki kepribadian majemuk. Bukan hanya 2 kepribadian tapi 24 sekaligus. 24 kepribadian tersebut silih berganti mengambil alih tempat utama. Billy adalah Arthur, pria asal Inggris yg memiliki intelektual tinggi, Ragen, 24 tahun, pria temperamental berkebangsaan Yugoslavia yg ahli dalam pertahanan diri, sangat melindungi wanita dan anak kecil. Billy juga Danny, 14 tahun, seorang anak laki-laki yg selalu memiliki ketakutan tersendiri terhadap pria dewasa. Adalana, 19 tahun, lesbian yg pintar memasak, pemalu dan kesepian.

Allen, Tommy, David, Christene, Christopher, Kevin, Phillip, dsb.

Buku ini terbagi dalam tiga bagian. Bagian pertama, menceritakan kisah Billy saat ditangkap oleh polisi dan munculnya 10 kepribadian utama. Bagian kedua, kemunculan sang Guru yg memiliki kesadaran penuh hasil fusi dari 24 kepribadian lainnya. Bagian ketiga adalah cerita usai kemelut terjadi, yg menceritakan kondisi Billy yg mulai terkendali setelah mengetahui kebenaran cerita dan bagaimana Billy menghadapi tekanan dari masayrakat sekitarnya.

Meskipun buku ini bukan buku baru, tetap saja sebuah buku yg pantas dibaca siapapun juga terutama oleh praktisi dunia kedokteran, psikiater dan psikolog bahkan para politisi. Dari buku ini kita bisa belajar untuk tidak menghakimi orang lain sebelum kita tahu dengan pasti akar masalahnya. Memang Billy telah melakukan kejahatan tapi dia juga korban. Sayang buku ini berakhir dengan ending yg sedikit menggantung dan tanpa kejelasan akan nasib Billy.
Izunayuma - 21/02/2012 07:58 PM
#1350


The 13 Treasures
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Penulis : Michelle Harrison
Penerbit : Dastan Books
Tebal : 356 halaman

Quote:
"Faerie" berasal dari bahasa Perancis yang artinya adalah makhluk mistis legenda dan cerita rakyat, juga dikenal sebagai fairy, fayre, fey, atau makhluk kecil.

"Glamor faerie" : Ilusi magis yang sangat kuat sehingga mampu menipu yang melihatnya untuk memercayai apa yang mereka lihat sebagai kenyataan

Perlindungan dari faerie mencakup berbagai metode dengan alat sederhana, seperti garam, memakai warna merah, membalik pakaian, menaruh paku besi di paku, atau berada di dekat air mengalir.


Ya, buku ini bercerita tentang dunia faerie (peri). Buku ini adalah buku pertama dari trilogi: The 13 Treasures, The 13 Curses and The 13 Secrets.

Tokoh utama dari buku ini adalah gadis berusia 13 tahun bernama Tanya. Ia memiliki penglihatan kedua sehingga dapat melihat kaum faerie. Hal ini sangat mengganggunya karena faerie - faerie tersebut membuat hidupnya tidak tenang.

Karena tidak ada yang percaya bahwa ia dapat melihat faerie, ia sering dianggap berhalusinasi atau berbohong untuk mencari perhatian. Hal inilah yang akhirnya membawa ia untuk "diungsikan" ke rumah neneknya. Di rumah neneknya yang berbentuk Manor itu, ia menemukan sebuah rahasia yang dapat membahayakan hidupnya.

Bersama Fabian, anak pengurus Manor, Tanya berusaha menemukan jawaban dari semua keanehan yang terjadi di sekitarnya. Dan tanpa disangka ia menemukan pula alasan mengapa ia memiliki penglihatan kedua.

Saya selalu suka dengan cerita tentang fairy. Dari semua makhluk mistis seperti werewolf, vampir, mermaid, dan masih banyak lainnya, saya paling menyukai fairy. Menurut saya, mereka indah sekaligus misterius dan berbahaya. Dan buku ini salah satu yang paling lengkap menceritakan tentang fairy. Saya tidak sabar menanti kelanjutannya D

Rating : 4,5/5
adityahadi - 22/02/2012 05:17 AM
#1351
Cerita Cinta Enrico - Ayu Utami
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : Cerita Cinta Enrico
Pengarang : Ayu Utami
Halaman : 244 Halaman
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Tahun Terbit : 2012

Enrico adalah anak kebetulan ... karena ibunya, Synie Masmirah bertemu ayahnya, Muhammad Irsad di kala pria itu kebetulan baru saja mencukur janggut dan berhenti merokok, hingga muncullah benih-benih cinta di antara mereka.

Enrico adalah anak pemberontak ... yang ketika bayi terpaksa keluar masuk hutan demi menghindari desing peluru dari tentara tanah airnya sendiri.

Enrico adalah seorang pecinta ... namun sejak kecil cinta itu telah direnggut oleh ketukan pintu Pendeta Yehuwa.

Enrico adalah seorang aktivis ... yang bersedia menjadi martir di Gerbang Rene Louis Conrad, ITB sebelum diselamatkan oleh gerombolan mahasiswi pemberani.

Enrico adalah sebuah samaran ... karena nama aslinya bukan itu, melainkan Prasetya Riksa. Ibunya yang bersikukuh memberinya nama Enrico, seperti seorang penyanyi tenor asal Negeri Pizza.

Sepanjang 244 halaman buku ini menceritakan tentang kisah cinta dan pergolakan hati tokoh Enrico sejak dalam buaian hingga saat ini. Tentang bagaimana dia menjalani 53 tahun kehidupan di tengah-tengah pemberontakan PRRI di bumi Andalas, perjuangan mahasiswa melawan pemenjaraan ideologi di Bandung, hingga pergulatan cinta dengan Nona A yang magis dan filosofis.

Buku ini sudah menarik mulai dari halaman sampul, yang didesain sendiri oleh Ayu Utami, penulis buku ini. Dengan runut kita mendapat penggambaran tentang keinginan asasi seorang anak kecil (hingga dewasa sekalipun bahkan) yaitu, kasih sayang dan pengakuan. Hal itu selalu dia dapatkan dari May (Mama), namun hal itu hilang begitu Sanda, kakaknya meninggal. Pay (Papa) berusaha menggantikan posisi May, tapi dia tak pernah bisa memenuhi dahaga Enrico akan kebutuhan naluriah tersebut.

Pengalaman masa kecil itulah yang membentuk pola pikir Enrico tentang agama, cinta, dan kehidupan. Ia pun melampiaskannya dengan hobi naik gunung, fotografi, dan wanita. Sayang, dia tak pernah bisa melupakan sosok May ketika menjalin hubungan dengan lawan jenis, yang membuatnya apatis dalam cinta, hingga akhirnya ia bertemu Nona A, seorang seniman yang begitu kompleks kepribadiannya.

Ayu Utami, sang penulis, seperti ‘menelanjangi’ dirinya sendiri lewat sosok Enrico dalam buku ini. Bukan secara kiasan, tapi dalam arti yang sebenarnya. Ia juga memberi nuansa lucu, menggemaskan, seru, dan romantis dengan porsi yang tepat, hingga kita bisa nyaman menikmati buku ini. Layaknya buku-buku Ayu Utami yang lain, Cerita Cinta Enrico juga menawarkan imaji-imaji inspiratif. Kali ini dalam bentuk diskusi romantis dan reinkarnasi kebudayaan yang menarik.

Buku ini benar-benar ungkapan kasih sayang yang terindah. Sama sekali tidak ada ‘kesalahan ontologis’ yang membuat saya mampu melepas buku ini sejak pertama kali menyentuhnya.

Rate : 4 / 5
VanDaniestha - 22/02/2012 10:49 AM
#1352

#SRC Januari 2012

Winter in Tokyo - Ilana Tan

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Judul: Winter in Tokyo
Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Hal: 320 halaman
Kategori: Metropop
Harga: Rp 40.000,-

Sesuai judulnya, buku ini benar-benar membawa kita dalam susana dinginnya Tokyo pada saat Winter (Musim Dingin).
selagi membacanya serasa benar-benar ada didalam latar tesebut, penggambarannya jelas.

Alur cerita disini juga cukup bagus, gampang dimengerti dari halaman ke halaman.

Btw rekomended deh ini Novel \)
ramundro - 22/02/2012 04:04 PM
#1353
Review Buku SRC : Februari 2012 (ramundro)
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul : Evernight (Seri 1)
Pengarang : Claudia Gray
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Rate : 5/10
Resensi :

Pertama membaca buku ini, saya tidak mengira bahwa buku ini bercerita tentang vampir. Si pengarang, dengan cantik menyembunyikan fakta ini, dan meledakkannya di tengah-tengah cerita ketika pembaca sudah mengira ini hanyalah novel percintaan remaja biasa, antara dua tokoh utama, Bianca dan Lucas, di sebuah akademi Evernight. Begitu cantiknya, bahkan fakta utama dalam buku ini baru akan terekspose di tengah buku dengan cara yang sama sekali tidak akan diduga oleh pembaca.

Buku ini menyajikan sisi lain dari dunia yang selama ini kita kenal. Bahwa ada banyak vampir di sekitar kita, dan kita tidak dapat mengenalinya. Buku ini juga juga membantah opini tentang vampir yang selama ini kita ketahui. Misalnya, orang yang digigit oleh vampir tidak langsung menjadi vampir. Seseorang harus digigit sampai mati baru ia bisa menjadi seorang vampir.

Selain itu, cerita cinta yang ditampilkan antara Bianca dan Lucas juga sangat kuat, bahkan ada beberapa bagian yang terlalu intim, dan tidak begitu cocok untuk pembaca yang belum cukup umur. Penulis nampaknya benar-benar menghayati dalam menceritakan adegan-adegan seperti ini. Hihihi.

Awalnya saya tidak menduga bahwa ini adalah buku seri, karena memang tidak ada keterangan di awal-awal buku. Sehingga saya sempat mencela bahwa konflik dalam buku ini terlalu biasa dan tidak kuat. Juga endingnya yang menggantung sempat membuat saya bertanya-tanya 'Kok udah selesai?'. Dan ketika saya membaca halaman setelah kata 'TAMAT', barulah saya tahu bahwa ini adalah buku seri hammer. Nah, kalau untuk ukuran buku seri, tingkat konflik yang tadinya saya nilai 'terlalu biasa', bisa saya naikkan derajatnya menjadi 'biasa'. Hahaha.

Buku ini tidak disarankan untuk dibaca anak-anak di bawah umur, karena banyaknya adegan-adegan intim yang disajikan.

Rating : 5/10.
daninoviandi - 22/02/2012 04:08 PM
#1354
Bilangan Fu by Ayu Utami
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Spoiler for review
Quote:
Yuda, seorang pemanjat tebing dan petaruh yang membenci kota, sinis dan skeptis. Toh ia memiliki mimpi-mimpi intim dan ganjil yang membuat ia terobsesi pada sebuah bilangan bukan rasional bernama bilangan fu.

Parang Jati, seorang pemuda bermata bidadari berjari dua belas. Sejak pertemuan mereka, ia seolah memiliki misi untuk membuat Yuda berganti agama dari “pemanjat kotor” menjadi “pemanjat bersih”.

Persahabatan itu melibatkan mereka pada cinta segitiga dan petualangan yang menuntut pengorbanan. Di dalamnya, dengan latar pegunungan kapur di pantai Selatan Jawa, bilangan bukan rasional fu samar-samar menampakkan diri.


Pertama kali liat resensi buku ini di koran kompas, entah tahun kapan, sekitar 2008 mungkin, waktu itu lagi giat2nya ngisi TTS kompas \) dan dulu cuma berpikir, sepertinya buku ini seru, tapi belum ada keinginan buat beli, masih picky waktu itu.
sekitar 2011, setelah bergabung dengan book review dan berkenalan dengan salah seorang seraper asal bandung, dan komankomen di trit SFTH-nya, akhirnya terpilihlah dapet hadiah pulsa 100ribu dari beliau, dan entah kenapa, waktu itu langsung aku tawar dengan buku Bilangan Fu ini, karena dari gembar-gembor beliau, buku ini wajib baca (iya..iya..aku tau aku konyol menukarkan pulsa 100rb dengan sebuah novel), dan sampailah buku ini sekitar bulan juli..

entah kenapa, walaupun udah lama ada, buku ini belum menggerakan hatiku buat membacanya, bahkan tidak untuk membuka segelnya, sampai akhirnya ada acara Bienale Sastra di Salihara, dan kebetulan ada mbak Ayu Utami disana, barulah buku ini kubuka plastiknya, ya, hanya sekedar untuk meminta tanda tangan beliau, dan akhirnya memang kesampaian, itu sekitar bulan Oktober, sempat foto bareng juga \)

tapi cuma itu, buku ini tetap aku simpan di rak, masih menolak untuk aku baca, entah kenapa...
bahkan sampai mbak Ayu jadi kontributor di forum buku, buku ini masih belum aku baca, sampai suatu saat, di bulan Februari, bakal ada acara launching bukunya mbak Ayu yang berjudul Cerita Cinta Enrico di acara the lounge kaskus, yang kebetulan bakal dihadiri oleh anak2 forum buku, maka bertekadlah aku untuk menyelesaikan buku ini, biar gak melongo tar pas acara, dan siapa tau ada kuis berhadiahnya, hahaha...


and the review is...

mengutip dulu kata2 dari Mbak Ayu Utami...
Quote:
Original Posted By Ayu Utami
@JasmineJava

Parasit Lajang kan esai-esai pendek. Temanya juga sederhana. Jadi, pasti gampang dibaca.

Bilangan Fu itu ibaratnya emang buat pelari half-marathon (22km), sementara Saman dan Manjali&Cakrabirawa buat pelari 3atau 5 kilometer. Parasit Lajang untuk 1 km.
Ibarat panjat tebing, Bilangan Fu buat grade 5.10, kalau Saman, Larung dan Manjali&Cakrabirawa ibarat mendaki gunung tanpa keterjalan.

Jadi, masing-masing buku punya derajat kesulitan dan tantangan. Karena manusia berbeda-beda. Bahkan satu manusia pun bisa berbeda dari waktu ke waktu... ya gak? cendolb

Yang ringan bisa indah. Tapi bukan berarti yang berat berarti jelek.
Yang berat bisa mantap. Tapi bukan berarti yang ringan tidak berisi. cendolb

Oya. Ex Parasit Lajang akan terbit tahun ini tapi bukan di awal. Di awal ada pendahuluannya, yang berjudul..... CERITA CINTA ENRICO.....


yang dibold : akhirnya aku ngerti kalimat ini, yup..bukunya kompleks, bahkan sangat kompleks, segala hal dibahas dan dijelaskan di buku ini, mulai dari TV yang isinya kuntilanak, kebudayaan sunda-jawa (hingga kenapa timbul mitos cewe jawa gak boleh nikah sama cowo sunda, which is gw banget), kerajaan-kerajaan jawa-sunda, sundel bolong, cerita2 politik, hingga urusan oksigen dan ozon

tapi apa sih sebenarnya bilangan fu??
- 1 : a = 1 x a = 1, a bukan 1; a = bilangan fu
- bilangan antara 0 dan 1
- "kembaran" bilangan hu (coba saja ucapkan bilangan fu dengan bibir monyong)
- dll. (BN soalnya hammer\)

tokohnya yaitu Yuda, seorang pemanjat tebing yang tergila2 dengan taruhan, dan juga sex, yg sayangnya masih memanjat tebing dengan cara yang kotor, hingga akhirnya dia bertemu Parang Jati, yg gara2 taruhan pula, akhirnya Yuda mesti mengalah pada Parang Jati untuk merubah "agamanya" menjadi pemanjat bersih, dan kejadian ini juga yg membawa Yuda pada petualangannya dengan Jati dan Marja (pacarnya Yuda, partner in sex-nya Yuda, teman tapi mesranya Jati) di sebuah desa di pantai selatan yang masih percaya pada Nyi Roro Kidul, dan masih kental budaya kejawennya, mulai dari kebangkitan arwah dari kubur, hingga konflik antar agama & kepercayaan, bahkan konflik antar Polri dan TNI.

well, dengan kutipan2 berita yang dicuplik dari koran, hingga ilustrasi gambar yang sebenarnya kurang jelas juga (gak ada keterangan), serta segala masalah yg konmpleks, dan juga berbagai bidang yang seolah2 menyatu di buku ini, pembaca diajak untuk mengalihkan fokusnya di tiap bab, kadang2 bahas agama, lalu pindah bahas politik, dan sayangnya juga, perbedaan waktu di buku ini kurang jelas, hingga pembaca masih harus meraba2, sedang dimana dan sedang menjadi apakah dia.

satu lagi yang perlu ditekankan, buku ini sangat vulgar, banyak istilah2 mengenai seks dan kekelaminan yang diumbar di buku ini, meskipun bukan buku tentang sex sih, jadi buku ini khusus untuk dewasa ya, biar yang belum dewasa gak berfantasi yang macem2 \). sebelnya, seolah2, kisah Yuda dan Jati aku kok nangkepnya kaya pasangan sejenis ya, walaupun memang itu mungkin ungkapan kasih sayang yang lain, tapi tetap aja agak aneh.


dan gw dapet buku ini, dengan adanya kira2 20 halaman dengan posisi terbalik, entah emang bagian dari buku atau gagal cetak nohope:

overall, buku ini emang keren, walaupun cuma sedikit yang saya mengerti (BNhammer\), i'll give rate 4 of 5 \)
PandiaLangdia - 22/02/2012 07:23 PM
#1355
Review Kumcer "Atas Nama Malam", karya Seno Gumira Ajidarma (4/5)
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Buku langka ini saya dapatkan di Bang Deni Blok M Square pada awal Februari tahun ini. Saya senang beli sama dia karena ngasih harga yang masuk akal. Cuma sepuluh ribu. Hihihi

Kumpulan cerpen ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berjudul "Suatu Malam, Aku Jatuh Cinta". Terdapat 14 cerita pendek bersambung yang menyusun bagian ini. Berkisah tentang kehidupan malam seorang bartender dan semua orang serta hal yang ia saksikan dalam sepinya.

Bagian kedua bertajuk "Suatu Malam, Aku Bercerita". Bagian ini terdiri 10 cerpen Seno Gumira yang berserak di berbagai media cetak dalam kurun 1983-1987. Dibuka dengan "Pelajaran Mengarang" yang menceritakan kisah Sandra yang kelu ketika harus menceritakan siapa ibunya dalam pelajaran mengarang. Ada pula "Max" yang menceritakan nasib seorang peramal yang merindukan suaminya yang bernama Max.

Saya paling suka dengan cerpen "Episode", yaitu tentang wartawan kesepian yang mendapat kabar bahwa pelacur yang dua hari lalu "bermain" dengannya ditemukan mati overdosis. Cerpen ini dengan cerdas menggambarkan keras sekaligus datarnya pekerjaan wartawan, terutama ketika harus netral menuliskan berita tentang orang yang dia kenal. Betapa kecil arti manusia di tengah lautan kata dalam berita, di tengah keriuhan hidup di alam semesta.

SGA selalu memukau saya dengan gaya tuturnya yang sederhana. Beberapa kali dia menggunakan kata-kata yang baru saya lihat, namun dia tidak bergenit-genit ria dengan segala jenis kiasan. Kumcer ini apik menjelaskan kesunyian orang-orang malam.
PandiaLangdia - 22/02/2012 07:28 PM
#1356
Review Komik "1SR6" karya Muh F. Haq (4/5)
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Data Buku

Penerbit: Koloni
Terbit: 2010
Harga: Rp.16.500,00

***

Mitos yang berkembang dalam kelas seni rupa adalah para penghuninya yang nyeleneh. Bukannya dibantah, hal itu disahkan oleh Muh Haq dalam komik ini.

Berkisah tentang kelas 1 Seni Rupa 6 yang diisi oleh murid-murid cowok berandalan dan satu banci. Banyak guru menyerah bahkan menyesali cita-cita menjadi guru setelah bertemu mengajar di 1SR6. Di kelas itu ada murid bernama Alif, jago silat, yang tidak merasa menjadi bagian dari para berandalan. Hidupnya datar saja.

1SR6 berubah ceria setelah cewek pindahan bernama Melanie masuk ke kelas. Melanie yang cantik langsung menjadi idola. Ada peta yang menggambarkan lokasi duduk para murid yang sebelumnya berjauhan, tapi di peta setelah kedatangan Melanie, para lelaki ingin duduk dekat dia, namun Melanie memilih duduk di sebelah Alif.

Kepala Sekolah yang memantau kekacauan di 1SR6 mendapatkan seorang guru spesial. Nama guru itu Eko Wahyudi, badannya boncel, umurnya 24 tahun, mukanya lugu. Karakteristik korban bully berikutnya. Mereka yang memandang sepele Eko langsung babak belur karena kekuatan tarung Eko mengerikan. Alif yang songong juga jadi korbannya.

Masalah bermula ketika dewan guru memutuskan 1SR2 yang menjadi tim upacara saat pengawas datang ke sekolah mereka, padahal seharusnya itu adalah giliran 1SR6. Para guru tidak mau ambil risiko menugaskan para sampah untuk maju. Eko murka dan tidak mau muridnya dibilang sampah, maka dia melancarkan sebuah aksi gila untuk membuat upacara yang 'merdeka'.

***

Baru kali ini saya baca komik lokal yang berhasil membawakan cerita SMA lebay ala Great Teacher Onizuka, namun terlihat otentik. Tidak meniru! Gambaran kelas rusuh jelas sekali dan saya sebagai pembaca dapat merasakan atmosfer kelas itu serta perasaan para karakternya.

Lebaynya juga oke. Misalnya ketika Eko marah dan menonjok papan tulisa sampai hancur. Para murid melongo. Alif yang tidak senang sampai ngajak ribut itu guru, tapi keok juga. Sementara guru di kelas sebelah pingsan karena kena tenaga gamparan Eko Wahyudi sewaktu meninju papan tulis. Hahaha.. Ancuuurrr..

Perkelahian dengan kakak kelas yang sengak juga seru. Kakak kelas 3 dengan resek mengambil barang-barang 1SR6 saat mereka istirahat. Lalu 1SR6 yang tidak terima langsung baku hantam dengan para senior di lapangan basket. Yang paling lebay justru ada pada cara Eko Wahyudi memaksa dewan guru dan kepala sekolah untuk membiarkan 1SR6 menjadi petugas upacara. Di situlah terdapat drama kematian salah satu murid, air mata Alif, dan perjuangan.

Sekolah Seni Rupa di Yogyakarta, helikopter, intel, narkoba, cinta, dan persahabatan, kemudian twist yang oke. Haha.. Seru!
SimonBlack - 22/02/2012 11:41 PM
#1357
Review Buku SRC : Feb 2012
EFEK MOZART BAGI ANAK-ANAK By Don Campbell (2000)

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Efek Mozart bagi anak-anak adalah sebuah bacaan wajib bagi orangtua yang menginginkan perubahan bagi anak-anaknya semasa dalam kandungan maupun setelah melahirkan bahkan sampai anak berumur 15 tahun. Don Campbell memberikan banyak bukti-bukti dalam buku ini bahwa musik merupakan alat yang sempurna untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, kelincahan, keterampilan emosional pada anak-anak.

didalam buku ini penjelasan diberikan secara terperinci oleh penulis, dan khususnya penekanan kepada penggunaan musik klasik yang digubah oleh Wolfgang Amadeus Mozart atau yang lebih dikenal sebagai Mozart saja, menurut Campbell penggunaan musik semenjak dini sangat disarankan bagi para ibu atau orangtua yang menginginkan berbagai kecerdasan pada anaknya kelak, musik adalah bentuk metode yang pertama kali mampu dipelajari oleh manusia bahkan semenjak bayi didalam kandungan, itulah mengapa sangat dianjurkan pembiasaan mendengarkan musik secara dini dilakukan disaat kehamilan dan setelah kelahiran.

pemahaman yang sudah bisa dibilang cukup lama ini diteliti oleh banyak ilmuwan dan mereka melakukan berbagai macam ujicoba serta tes kepada ribuan anak-anak yang menghasilkan efek positif, terutama dalam hal pembelajaran serta perilaku, selain itu musik juga memberikan ketenangan yang membuat pendengarnya lebih mampu belajar secara efektif.

penggunaan musik sebagai pembelajaran juga dijelaskan secara jelas oleh Don Campbell dalam buku ini, banyak hal yang bermanfaat yang bisa dilakukan bukan hanya dengan mendengar secara pasif terhadap musik tapi juga turut aktif seperti memainkan alat musik, bernyanyi dan menciptakan lagu pribadi yang bertujuan untuk menciptakan memori yang berharga.

buku ini memang sarat dengan informasi dan hampir setiap bab akan menambahkan wawasan kita akan musik serta kegunaannya yang ajaib, saya merekomendasikan buku ini bagi para orangtua maupun calon orangtua yang berniat memberikan sebuah anugerah kepada anak-anaknya dengan memasukan salah satu warna dalam kehidupan manusia yaitu musik.
tidak salah memang jika ada istilah 'Musik adalah hidupku'

buku ini menurut saya patut dinilai 8.5 dari 10 karena sarat dengan informasi yang berguna.
PandiaLangdia - 23/02/2012 10:22 AM
#1358
Review "Enrique's Journey" karya Sonia Nazario
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Genre jurnalisme sastrawi adalah genre yang memikat saya. Para penulisnya dengan jenius menggabungkan tulisan naratif ala karya sastra dan fakta-fakta lapangan yang menjadi unsur dasar berita. Saya suka "In Cold Blood"-nya Truman Capote, "The Travels of A T-Shirt in The Global Economy"-nya Pietra Rivoli, dan antologi "Jurnalisme Sastrawi". Satu lagi yang 'menyihir' saya adalah "Enrique's Journey" karya Sonia Nazario.

Buku ini secara garis besar menceritakan realitas eksodus para imigran gelap dari Amerika Selatan dan Tengah menuju Amerika Serikat yang para latin bilang "El Norte". Umumnya pergi ke Utara untuk keluar dari jurang kemiskinan di negara-negara mereka. Para ayah dan ibu dengan berat hati meninggalkan anak-anak mereka. Anak-anak yang merindukan orang tua mereka, meski masih kecil, nekat ke Utara melalui perjalanan "kereta maut".

Sonia mengambil contoh satu perjalanan berhasil dari Honduras menuju Amerika lewat tokoh Enrique. Enrique ditinggalkan ibunya, Lourdes, saat dia masih berusia lima tahun. Kehangatan ibunya hilang digantikan barang-barang kiriman dari ibunya yang bekerja serabutan di sana. Ibunya selalu mengatakan mencintai Enrique dan berjanji pulang, namun setelah sebelas tahun janjinya tidak mewujud juga. Enrique kemudian memutuskan meninggalkan kampung halamannya (kakak, pacarnya yang hamil, nenek, dan bibinya) demi bertemu sang ibu dan mengetahui langsung apakah benar Lourdes masih menyayangi Enrique.

Enrique merasakan perjalanan maut di atap kereta yang melalui perbatasan antarnegara. Seringkali dia mesti bersembunyi di semak atau kuburan untuk menunggu kereta melaju. Kegagalan berarti mati. Bandit kerte, geng narkoba, perampok, polisi korup juga menjadi pemangsa yang kapan saja siap merampas harta, bahkan nyawa. Enrique berkali-kali gagal dan tidak pantang menyerah. Akhirnya ia berhasil melewati perbatasan Amerika dan bertemu ibunya, namun semua tidak seperti yang diharapkan.

***

Gaya bertutur buku ini jelas memikat, seperti yang sudah saya tulis di atas. Pembukaannya apik dengan pertanyaan Sonia terhadap pembantunya yang merupakan imigran latin "Bagaimana kau bisa meninggalkan anak-anakmu?" Lalu dengan mulus dia memaparkan fakta-fakta berupa angka statistik dari berbagai lembaga tentang jumlah imigran latin yang pindah ke Amerika. Kemudian secara halus dia berpindah lagi dengan memaparkan perjalanan Enrique sebagai contoh kasus.

Reka ulang yang Sonia lakukan sungguh brilian. Dia dengan fasih merekam masa kecil dan remaja Enrique, lalu dibenturkan dengan keadaan ibunya di Amerika. Tentang kasih sayang dan kepahitan karena kehilangan. Kita diajak melihat transisi anak baik-baik menjadi nakal karena kurang kasih sayang. Ini membuat saya berpikir kembali tentang nasib anak-anak jalanan. Mereka seringkali menjadi seperti itu karena nasib yang kejam.

Bagian paling mengenaskan adalah ketika membaca para imigran yang tidak sampai tujuan mereka. Kebanyakan mati dan yang hidup cuma menyisakan trauma karena diperkosa, dihajar babak belur oleh bandit, dipalak polisi korup, dan cacat karena jatuh dari kereta.

"Enrique's Journey" mengajarkan tentang cinta orang tua tak akan mungkin tergantikan oleh barang-barang, oleh apapun. Dan satu lagi, hidup ini adalah tentang perjuangan dan bersyukur kepada Tuhan.
bosminum - 23/02/2012 10:48 AM
#1359

Quote:
Original Posted By dewok
Aku Nggak berbuat Itu Kok!

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

24 Wajah Billy
Judul asli: The Minds of Billy Milligan
Penulis: Daniel Keyes
Penerjemah: Miriasti dan Meda Satrio
Penerbit: Qanita, Bandung


Pernahkah anda merasa kehilangan waktu dan tak sadar apa saja yg telah anda kerjakan hari itu? Mungkin ada baiknya anda memeriksakan diri ke psikiater karena siapa tahu, ada yg telah merebut tempat utama selama anda tertidur.

William Stanley Milligan (Billy), 23 tahun, ditangkap oleh kepolisian Ohio, Amerika Serikat dengan tuduhan penculikan dan pemerkosaan terhadap 3 orang wanita di sekitar kampus Ohio State University. Billy tentu saja menyangkal tuduhan tersebut karena ia merasa tidak pernah melakukannya.

Dari hasil pemeriksaan psikologis pertama, Billy memiliki IQ 68 dan diduga menderita penyakit skizofrenia akut. Atas dasar hasil pemeriksaan tersebut, tim pembelanya dibantu oleh dr. Caul, seorang psikiater yg berempati pada Billy, berjuang supaya Billy bisa mendapatkan perawatan yg layak.

Billy ternyata memiliki kepribadian majemuk. Bukan hanya 2 kepribadian tapi 24 sekaligus. 24 kepribadian tersebut silih berganti mengambil alih tempat utama. Billy adalah Arthur, pria asal Inggris yg memiliki intelektual tinggi, Ragen, 24 tahun, pria temperamental berkebangsaan Yugoslavia yg ahli dalam pertahanan diri, sangat melindungi wanita dan anak kecil. Billy juga Danny, 14 tahun, seorang anak laki-laki yg selalu memiliki ketakutan tersendiri terhadap pria dewasa. Adalana, 19 tahun, lesbian yg pintar memasak, pemalu dan kesepian.

Allen, Tommy, David, Christene, Christopher, Kevin, Phillip, dsb.

Buku ini terbagi dalam tiga bagian. Bagian pertama, menceritakan kisah Billy saat ditangkap oleh polisi dan munculnya 10 kepribadian utama. Bagian kedua, kemunculan sang Guru yg memiliki kesadaran penuh hasil fusi dari 24 kepribadian lainnya. Bagian ketiga adalah cerita usai kemelut terjadi, yg menceritakan kondisi Billy yg mulai terkendali setelah mengetahui kebenaran cerita dan bagaimana Billy menghadapi tekanan dari masayrakat sekitarnya.

Meskipun buku ini bukan buku baru, tetap saja sebuah buku yg pantas dibaca siapapun juga terutama oleh praktisi dunia kedokteran, psikiater dan psikolog bahkan para politisi. Dari buku ini kita bisa belajar untuk tidak menghakimi orang lain sebelum kita tahu dengan pasti akar masalahnya. Memang Billy telah melakukan kejahatan tapi dia juga korban. Sayang buku ini berakhir dengan ending yg sedikit menggantung dan tanpa kejelasan akan nasib Billy.


wah keknya menarik nih tante dew. saya jd ingat ada novel lain (atau film yah?) yg mirip sama ide ceritanya. novelnya udh pernah di film-in kah? btw ini ada gk di "buku-murah" gramedia? Ybcapedes
dewok - 23/02/2012 12:47 PM
#1360

Quote:
Original Posted By bosminum
wah keknya menarik nih tante dew. saya jd ingat ada novel lain (atau film yah?) yg mirip sama ide ceritanya. novelnya udh pernah di film-in kah? btw ini ada gk di "buku-murah" gramedia? Ybcapedes


Bagus om, diangkat dari kisah nyata. Sekarang saya sedang baca Pertarungan Jiwa Billy, ini sequel dari 24 wajah billy.

Ada beberapa novel dengan tema sejenis, Sybill kisah nyata juga (tapi saya belum baca hammer) perempuan dengan 16 kepribadian, klo ga salah ini ada filmnya CMIIW terus ada fifth sally klo ini murni fiksi D

Ini buku lama om, taun 2006. Tapi tersedia di perpuserap kok.
Page 68 of 105 | ‹ First  < 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu