BUKU new
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
Total Views: 87632 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 99 of 105 | ‹ First  < 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 >  Last ›

komet795 - 03/09/2012 10:39 AM
#1961

Quote:
Original Posted By daninoviandi
yang pertama: udah lama itu, terbitan 2007 \) http://www.goodreads.com/book/show/1658116.Ketika_Cinta_Berbuah_Surga

yang kedua: waduh, berapa ya harganya bingung: soalnya ini dikasih temen malu:


sekitar 50rb-an kalo gak salah harganya... itu di toko buku ya
kalo di online lebih murah biasanya D
Zuko99 - 03/09/2012 11:17 PM
#1962

Quote:
Original Posted By komet795
parah emang bang darwis... gantung mulu... gregetan sendiri jadinya... nohope:


Keknya salah satu keahliannya dia deh, Selain bikin mewek jugak bikin greget para pembaca, dengan ending yang gak asyik,.. Apalagi ending cerita "daun yang jatuh" itu,.. Parah gak happynya,.. capedes
komet795 - 04/09/2012 11:36 AM
#1963

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Buku : 7 Keajaiban Rejeki
Penulis : Ippho 'Right' Santosa
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : 2010
Tebal : 190 Halaman (hard cover)
Harga : Rp84.800,00 (Toko Buku Gramedia)

Buku motivasi ini berisi 7 jurus ampuh sukses dunia akhirat. Jujur, dengan mengikuti semua step by step di buku ini, saya merasakan perubahan yang lumayan berarti dan semoga menambah keimanan saya akan Keesaan dan kekuatan Tuhan. Ippho juga menuliskan setiap kata-kata motivasinya dengan gaya seolah-olah dia ada di samping kita mengatakan itu semua dengan semangat berapi-api.

Terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian lingkar diri, lingkar keluarga, dan lingkar sesama. Lingkaran ini membantu saya memetakan isi dari buku tersebut akan ditujukan ke mana.

Apa saja 7 keajaiban rejeki itu?

1. Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)

Pada bab ini, tidak akan ada bacaan apa-apa yang bisa kita resapi. Hanya ada lembaran kertas kosong tempat untuk Anda menuliskan apa mimpi-mimpi Anda dan bagaimana cara mencapainya. Karena menurut Ippho, setiap orang memiliki cara masing-masing dan berbeda-beda. Seperti halnya sidik jari Anda yang tidak akan pernah sama dengan sidik jadi orang lain.

2. Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)

Sepasang bidadari bukan berarti bidadari beneran loh haha. Ini adalah istilah yang Ippho gunakan untuk menggambarkan keistimewaan orangtua dan pasangan hidup kita. Yup! Bidadari yang pasang pertama yaitu orang tua kita. Kalo ga ada restu orang tua, susah juga buat ndapetin restu dari Allah. Pun, pasangan hidup. Banyak yang galau soal ini nih. Soal menikah. Tapi, Ippho menjawab semua pertanyaan soal nikah dengan tegas dan penuh percaya diri. Benar-benar provokatif! Bikin saya pengen cepetan nikah. Hahaha!

3. Golongan Kanan (Lingkar Diri)

Ini menurut saya adalah dasar babnya. Ippho meminta kita untuk berpikir menggunakan otak kanan. Lho? kalau memand ini bab dasar/permulaan, kenapa dia ditaruh di urutan ketiga dalam bab buku ini? Nah, justru di sini letak kerennya, imho ya. Kata Ippho, cuma tukang urut yang mesti ngurut. Hehehehe. Para parkar otak kanan gak mengenal istilah 'urutan' dan 'sistematis'. Alasannya? Ya karena kalau hidup kita terpaku pada yang namanya urutan, jika suatu waktu kita stuck di satu titik terntentu, kita akan susah move on, karena ya itu tadi, kita terlalu berpatokan pada urutan! Lebih baik spontan saja.

4. Simpul Pedagang (Lingkar Sesama)

Di ajaran agama Islam, yang mengatakan '9 dari 10 pintu rejeki, itu pintu perdagangan' yah lebih kurang seperti itu. Artinya? Kita diminta berdagang, berbisnis. Bahkan Rasullullah SAW pun sudah berdagang sejak usia 12 tahun.

5. Perisai Langit (Lingkar Diri)

6. Pembeda Abadi (Lingkar Diri)

7. Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)

Buku ini ga perlu dibaca secara berurutan. Bisa dibaca dari bab berapa saja. Ingat! Karena hanya tukang urut yang boleh ngurut. Hehehe! Satu hal yang penting : Action!

Misal untuk menikah, semakin tua, semakin matang, biasanya semakin banyak pemikiran untuk menikah. Pengen punya rumah dulu lah, harus mapan dulu lah, bahagiain ortu, dll. Wah, kalo gitu kapan nikahnya? Nah, Bung Ippho ini bilang : nikah saja dulu. Gak usah banyak tanya. Nikah itu kan ibadah, insya Allah, Allah pasti mencukupkan, malah bisa dilebihkan rejekinya. Intinya sih, percaya sama Allah. *saya seketika galau* hiks

Sama halnya kayak buka usaha. Takut gagal, takut bangkrut. Banyak alasan yang dikemukakan sehingga sampai sekarang belom ada eksennya. Padahal sih intinya, just do it. Kelamaan mikir, entar gak usaha-usaha deh hehe... Usaha itu butuh modal? Itu benar! Tapi, ingat, modal itu bukan cuma uang! So, Ippho mengajak kita untuk tetap buka usaha sendiri meskipun ga punya uang. Loh, terus dengan cara yang gimana? Baca saja bukunya! Hehehe...

Satu lagi yang gak kalah penting : sedekah. Buang segala kemalangan dengan sedekah. Otak kanan berpikir, jangan kaya dulu baru sedekah. Tapi, sedekahlah biar jadi kaya! Jangan ketatkan pengeluaran, tapi tingkatkan pendapatan!

Well, mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa buku motivasi itu bullshit ya. Tapi, saya punya keyakinan sendiri dan saya percaya buku Ippho gak begitu kok (at least bagi saya). Ambil sisi positivenya dan eksyen.

Buku ini dicetak dalam edisi hardcover. Hanya kurang dari 200 halaman. Lumayan tipis menurut saya. Font yang digunakan juga besar-besar dan gak kaku sehingga saya gak jenuh mbacanya. Disajikan juga gambar-gambar motivasi, tokoh tokoh pengnspirasi, ilustrasi yang menarik, dll. Juga terdapat bonus CD yang isinya lagu-lagu motivasi (dijamin anti galau 100%) dan cerita inspiratif dari para pengusaha-pengusaha muda semisal Mas Mono (Pemilik Ayam Bakar Mas Mono). Desain kavernya menarik menurut saya karena di situ ditulis benefit berupa bonus langsung Rp1.350.000!!! Apaan aja tuh?

Dan di belakang kavernya ditulis 'garansi uang kembali kalau buku ini tidak bermanfaat' ke alamat bla bla bla.

For the greatest book like this, what can I do except give it 5 of 5 stars???

***


sebenernya udah baca dari lama, tapi baru sempet bikin ripiu sekarang Peace:
komet795 - 04/09/2012 11:39 AM
#1964

Quote:
Original Posted By Zuko99
Keknya salah satu keahliannya dia deh, Selain bikin mewek jugak bikin greget para pembaca, dengan ending yang gak asyik,.. Apalagi ending cerita "daun yang jatuh" itu,.. Parah gak happynya,.. capedes


iyah banget!!!
parah banget emang tuh buku... ckckckck...
jadi inget belum ngeripiu ituh malu:
ntar deh
daninoviandi - 04/09/2012 12:19 PM
#1965

Quote:
Original Posted By komet795
iyah banget!!!
parah banget emang tuh buku... ckckckck...
jadi inget belum ngeripiu ituh malu:
ntar deh

kayanya jadi pengen baca bukunya bang Ippho itu mot malu:
bawa ya besok D
komet795 - 04/09/2012 05:46 PM
#1966
SRC September 2012
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Buku : Antologi Rasa
Penulis : Ika Natassa
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2011
Tebal : 344 Halaman
Harga : Rp 40.800,00(bukabukudotcom)


Non mihi, non tibi, sed nobis
*Not for you, not for me, but for us


Quote:
Quotes:

Quote:
“Karena kecanggungan tidak pernah ada di antara dua orang yang tidak ada apa-apanya. So maybe there is something between us.”


Quote:
“Doesn't it scare you sometimes how time flies and nothing changes?”


Quote:
“So you see, being pathetic has also been my normalcy, as your presence here, means the absence of my sanity.”



Buku ini memang berjudul Antologi Rasa. Tapi, kalau kamu pikir ini adalah kumpulan cerita pendek, kamu salah. Novel metropop bergenre drama romantic ini, bercerita tentang persahabatan dan cinta segiempat.

Adalah Keara, wanita banker yang tidak disebutkan dengan jelas oleh penulisnya berusia berapa, tapi saya menebaknya mungkin sekitar 27-28 tahun. Gaya hidup Keara begitu glamour. Keara lulusan Universitas New York, Amerika Serikat. Ketimbang bekerja di kantornya di kawasan Mega Kuningan, ia lebih suka ke salon atau shopping. Kalau kamu pernah baca Confessions of Shoppaholic atau Sex and The City, ya seperti itulah kira-kira gaya hidup Keara. Pesta, belanja, clubbing, flirting, dan… freesex. Bukan berarti Keara cewek bodoh ya. Hanya saja memang seperti itu cara dia menikmati hidup.

Sangat berbeda dengan Ruly. Cowok yang setengah mati dicintai Keara ini, alim dan workaholic. Sayangnya, Ruly gak pernah melirik Keara yang dengan begitu idealnya dideskripsikan oleh penulis sebagai sosok perempuan yang cantik dan seksi. Buat Ruly, cintanya hanya untuk Denise. Sayangnya (lagi), Denise sudah jadi istri orang.

Dan Harris. Sahabat cowok Keara ini ternyata menaruh perasaan cinta padanya. Tapi, dia tahu, Keara sebegitu tololnya mencintai Ruly yang gak pernah sedikitpun sadar kalau Keara selalu ada buat dia. Karena itu, Harris menyimpan perasaannya rapat-rapat kepada Keara seperti halnya Keara memendam cintanya untuk Ruly, yang sama halnya, memendam perasaan kepada Denise. Rumit, eh?

Permulaan bab menceritakan liburan Keara dan Harris yang akhirnya menimulkan perpecahan di antara keduanya. Keara kemudian membenci Harris setengah mati dan bersumpah tidak akan pernah mau melihatnya lagi. Harris pun tersiksa sekali. Dia tidak bisa menemui ‘cintanya’ itu. Lama-lama Keara pun menyerah akan Ruly. Dia mulai mendekati pria lain, namanya Panji. Tapi, bukannya lupa dengan Ruly, bayangan Ruly malah semakin jelas bagi Keara. Duuuh…pusiiing…!

Namun, hubungan Keara dengan Panji yang tadinya hanya untuk main-main, nampaknya mulai menjadi sedikit lebih serius. Perlahan Keara melupakan Ruly. Tapiiiii, gak lama, Keara malah dijadikan satu tim sama Ruly untuk sebuah proyek besar. Di situ Ruly mulai memandang Keara sebagai cewek yang otaknya berisi, setelah selama ini di matanya Keara hanyalah cewek tukang party. Nah, proyek itu mengharuskan mereka tinggal di Bali selama 2 minggu.

Well, kira-kira, bakal kayak apa yah Keara dan Ruly akhirnya? Apakah Ruly akhirnya bisa mencintai Keara? Terus, bagaimana perasaan Keara ke Ruly padahal tadinya sudah berpaling ke Panji? Penasaran juga kan sama nasib persahabatan Harris-Keara? Xixixi… just read the book, gan…

***

Bagi saya, novel dengan konflik model begini gampang banget ketebak gimana endingnya. Jadi, jangan berharap si penulis akan membuat twist yang heboh, karena malah akan jadi terlihat sangat aneh dan maksa. Overall, aku suka gaya penulisan Mbak Ika Natassa ini. Keren! Gimana aku bisa bilang keren? Lha iya! Teknik penokohannya kuat banget sehingga sifat masing-masing tokoh merekat dengan baik di setiap karakternya. Misalnya, saat bercerita dari sudut pandang Ruly. Penulis membuat saya seketika menjadi Ruly. Dan saya bisa merasakan rasanya jadi Ruly, perasaan apa yang sedang Ruly rasakan. Juga terasa sekali perpindahan karakter antara Ruly, Keara, dan Harris. Di mana saat bagian sudut pandang Keara, ditulis dengan gaya yang cewek banget. Full of rumpi. Hahaha! Sedangkan di bagian Ruly yang cool, kita ( pembaca), tiba-tiba (mau tidak mau) tanpa sadar menjadi sosok Ruly yang cool dan manis. Eits, baru beberapa menit ‘merasakan’ rasanya jadi Ruly, sudut pandang sudah berubah ke sudut pandang Harris dan kita akan merasakan berperan jadi Harris yang santai, rame dan humoris.

Satu hal yang cukup mengganggu adalah banyaknya kata-kata tercetak miring karena monolog dan dialog antar tokohnya yang memang menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini mungkin dimaksudkan supaya pembaca lebih meresapi ‘perannya’ saat membaca bagian Keara, Ruly, ataupun Harris yang memang pernah kuliah di luar negeri. Well, buat saya yang ngerti sedikit Bahasa Inggris sih bukan masalah besar ya. Tapi, gak semua orang bisa dan mau baca tulisan Bahasa Inggris kan? Jangan-jangan bukannya menikmati membaca ceritanya malah sibuk buka tutup kamus, hehehehe…

Quote:
"Harris darling, udah deh, nggak usah sok manis. Go back being the chauvinistic jerk that I love."


Satu hal yang menarik adalah setiap bab diberi judul dengan quote Bahasa Perancis dan Latin. Sangat ciri khas Ika Natassa di setiap novel karangannya. Dengan arti/makna dalam Bahasa Inggris, dijelaskan di footnote.

Physically, kesan saya pertama kali lihat kaver buku ini adalah simple dan minimalis. Sangat modern. Ada gambar jantung yang bertuliskan berbagai macam perasaan. Mungkin itu kenapa diberi judul Antologi Rasa. Karena konflik yang dihadapi para tokoh-tokoh di dalamnya menimbulkan berbagai macam perasaan. Yeah, meskipun warnanya agak butek yah. Perpaduan coklat tua dan merah hati. Mengenai font dan space using, menurut aku sih kurang nyaman di mata yah. Fontnya cukup rapat dan kecil. Satu halaman saja biasanya saya habiskan 1-2 menit, kali ini harus makan waktu 2-3 menit. Akan terasa jenuh berada di halaman itu-itu saja. Alur ceritanya dominan maju dan berjalan agak lambat, dengan setting Singapore, Bali, dan mayoritas daerah perkantoran Sudirman Jakarta Selatan. Setting ini membuat cerita terasa nyata dan serasa lagi gak baca fiksi.

Layaknya novel metropop pada umumnya, ini bacaan berkonten dewasa ya. Banyak adegan dan kata-kata makian yang cukup vulgar. Akhir kata, 4 dari 5 bintang.

***
m4r4b4h4y4 - 04/09/2012 06:08 PM
#1967

Gan, bisa request buku Karl May yang seri Winnetou sama Kara ben Nemsi?
Kalo bisa yang bahasa Indonesia ya gan. malus
komet795 - 05/09/2012 03:15 PM
#1968

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Buku : The Not So Amazing Life of @aMrazing
Penulis : Alexander Thian
Penerbit : Gagas Media
Tahun Terbit : 2012
Tebal : 220 Halaman
Harga : Rp 34.400,00 (bukabukudotcom)

“Meributkan yang tak penting,
Menyepelekan yang penting”


Buku berwarna kuning cerah ini bukan fiksi lho. Menurut saya, buku ini masuk kategori personal literature semacam buku Kambing Jantan-nya Raditya Dika. Berisi cerita dan pengalaman seru seorang @aMrazing saat menjadi penjaga counter hape. Who is @aMrazing actually? @aMrazing adalah akun twitter si penulis. Tadinya, saya pikir buku ini akan berisi cerita kekonyolan yang seperti biasa ditweetkan di akun twitternya itu. Tapi, ternyata (lagi dan lagi) saya salah besar. Alex, begitu nama asli @aMrazing, dulunya adalah seorang penjaga counter handphone di sebuah trade centre di Depok. Wow, siapa sangka? Saya juga tadinya gak percaya! Hehehe…

Selama menjadi penjaga counter ini, banyak hal-hal konyol, gila, ajaib, sekaligus mengharukan yang dirasakan oleh Alex. Pelanggannya macem-macem dan terdiri dari berbagai kalangan karena counter hape yang Alex jaga ini memiliki koleksi lagu-lagu paling lengkap seantero mall. Loh? Kok jadi lagu-lagu sih? Iya, soalnya counter hape ini melayani pengisian mp3 di hape juga. Pengisian lagu dari komputer ke hape dengan model begini memang sempat booming di tahun 2003-an pada waktu itu.

Kalo kamu tanya buku ini lucu atau gak, saya akan jawab : begitulah. Hehe, datar banget ya kesannya? Well, mentok-mentok palingan cengar cengir aja karena kekonyolan pelanggan-pelanggan Alex yang ajaib. Gak akan sampai tertawa terbahak-bahak (itu kalo saya loooh. Selera humor setiap orang kan beda-beda ya mas, mbak… hehehehe). Dan seperti layaknya buku-buku personal literature kebanyakan, bahasa yang dipakai dalam buku ini tentunya gak baku. Sangat santai. Cocok dibaca untuk yang lagi butuh bacaan selingan ringan. Eeeiiitttsss… meskipun kayaknya ini buku buat cengar cengir aja, jangan dikira buku ini gak punya pesan moral loh.

Ada satu cerita berjudul Dummy Seharga Dua Juta yang lumayan bikin saya merasa “nyesss” karena bercerita tentang kasih sayang seorang bapak kepada anaknya yang autis. Si bapak ini tadinya berniat membelikan anaknya hape baru di hari ulang tahun putranya. Apa daya, niat baik itu hanya tinggallah niat karena nyatanya saat membeli hape di salah satu orang, bapak itu ternyata ditipu. Kemudian dia dating ke counter hape Alex menanyakan kenapa hapenya kok nggak bisa di-charge? Setelah diteliti Alex, ternyata itu hape dummy alias hape tiruan! Bagaikan disambar petir di siang bolong (ya ampun, maafkan saya pakai peribahasa njadul) bapak itu langsung pucat mendengar penuturan Alex. Di situlah bapak itu sadar kalau dia ternyata sudah ditipu sama seseorang yang tempo hari menjual hape itu kepadanya.

Ada juga cerita soal anak perempuan 6 SD yang totally-annoying-dan-minta-dijambak-banget sampai “menyiksa” ibunya untuk membeli hape keluaran terbaru hanya karena si anak malu kepada teman-temannya bahwa hapenya hape jadul. Padahal si ibu sedang ga punya uang. Sampai akhirnya si ibu menjual hape miliknya sendiri untuk ditukar tambah dengan hape baru buat anaknya.

Tunggu dulu! Ada satu lagi yang nempel juga di pikiran saya. Salah satu pelanggan Alex adalah seorang loper koran! Waktu pertama kali si loper koran datang ke counter hape Alex, Alex sempat mengunderestimate dan berburuk sangka-ria kepada si loper. Bagaimana tidak? Lha wong penampilannya kayak gembel banget! Lusuh dengan baju yang compang camping. Tapi ternyata Alex salah besar! Loper koran itu bukan loper koran biasa! Dia jago banget bahasa inggris dan punya duit banyak buat beli hape keluaran terbaru. Kok bisa? Hahahah… baca saja… yang pasti, Alex dapat pelajaran berharga kalau kita gak seharusnya menilai orang hanya dari penampilan luar atau gadget apa yang dia punya.

Quote:
“Terkadang manusia memang hanya memandang penampilan luar. Menghakimi bahwa sebuah buku pasti jelek isinya hanya karena cover yang buruk.” – p. 34

Quote:
“Padahal, menilai seseorang dari kulit luarnya kan jahat. Kita nggak memberikan kesempatan ke diri kita untuk mengenal lebih jauh.” – p. 116


Well, harus aku akui, buku ini lumayan bagus. Ada nilai hidup yang bisa kita ambil. Gak hanya sekedar cerita yang bisa bikin cengengesan saja. 14 cerita yang ada di buku ini benar-benar beda. Alex benar, kadang banyak hal penting kita sepelekan. Atau banyak hal sepele yang kita anggap gak penting. Padahal gak selalu begitu loh kalau saja kita sudi meluangkan pikiran dan hati kita untuk melihat segalanya lebih dalam *tsaaah bahasa gueee*

Akhir kata, 3 dari 5 bintang! Nice book! iloveindonesias
dansus.06 - 05/09/2012 03:59 PM
#1969

Quote:
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

JUDUL: Through the Looking Glass (Alice di Negeri Cermin)

PENULIS: Lewis Carroll

PENERJEMAH: Anggun Prameswari

PENERBIT: Atria

EDISI: Softcover

ISBN: 978-979-024-479-5

HARGA: Rp29.900,-


Quote:
Sebelumnya saya mohon maaf kepada Lewis Carroll, para fans Alice, dan panitia 1001 Books You Must Read before You Die. Untuk Mr. Carroll, saya tidak habis pikir apa sebenarnya yang ada di benak Anda ketika menulis buku ini. Untuk para fans Alice, saya juga tidak habis pikir kenapa kalian bisa menyukai buku-bukunya. Dan untuk panitia 1001 Books You Must Read before You Die, saya sangat tidak habis pikir apa pertimbangan kalian memasukkan buku ini ke dalam list. No offense yah.... Memang selera setiap orang berbeda-beda, tapi untuk buku yang satu ini saya pribadi menilainya sebagai buku yang tidak jelas jluntrungan-nya. Yb

Cerita di awal buku ini sebenarnya masih masuk akal. Si Alice bermain-main dengan kucingnya di rumah. Nah, yang kemudian mulai agak tidak masuk akal adalah ujug-ujug Alice ini nyasar ke negeri cermin saat sedang ngaca. Di sinilah petualangan Alice dimulai. Alice kemudian bertemu dan bercakap-cakap dengan Ratu Merah (atau Ratu Putih ya?). Dari sini Alice ingin sekali menjadi ratu dan menanyakan pada ratu bagaimana caranya. Kemudian sang ratu menjelaskan bahwa Alice harus berjalan hingga petak kedelapan untuk menjadi ratu. Ibaratnya Alice ini adalah sebuah pion—dan seperti dalam permainan catur, pion dapat "menjelma" menjadi ratu (atau apa saja sesuai keinginan pecatur) jika mampu mencapai petak kedelapan. Selanjutnya dimulailah perjalanan Alice untuk mencapai petak kedelapan tersebut. Dan sepanjang perjalanan ini jalan cerita menjadi aneh dan benar-benar di luar jangkauan imajinasi saya. Beberapa bagian yang saya ingat antara lain ketika Alice kehausan dan meminta minum, eh malah dikasih roti. Dari sini saya mulai berpikir bahwa di negeri cermin semua makna jadi terbolak-balik. Namun, ketika sampai di bagian akhir buku ternyata kehidupan di negeri cermin tidak sesimpel perkiraan saya tersebut! Contohnya saja ada tahanan yang ditahan terlebih dahulu baru kemudian melakukan kejahatannya. Jadi gampangannya urutan kejadian di negeri cermin pun terbalik! Dan sampai saya menamatkan buku ini, saya tidak paham-paham apa sebenarnya yang ingin disampaikan oleh Lewis Carroll, walau hanya setetes... setetes....

Terakhir, saya bingung juga mau memberi rating berapa untuk buku ini. Kalau bintang nol, itu sama saja saya tidak memberi rating alias tidak memberi nilai. Kalau bintang satu, buku ini juga enggak jelek-jelek amat tampilannya. Jadi saya putuskan memberi bintang dua saja untuk buku ini karena tampilan dan pengemasan buku ini yang menarik, penerjemahan yang cukup bagus, serta ukuran font dan line spacing yang membuat buku ini nyaman di mata kita.

RATE: 2/5
daninoviandi - 05/09/2012 04:03 PM
#1970
Ini Bukan Cerita Anak-anak
     Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Seorang gadis cilik yang tidak menyukai buku (yang hanya berisikan tulisan, tanpa gambar), melihat hal ganjil ketika sedang menemani kakaknya di bank. Hal ganjil tersebut ialah seekor kelinci yang tidak biasa. Kelinci ini bisa berbicara dan memegang arloji! Rasa ingin tahu gadis cilik ini membawanya ke dalam dunia yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Wonderland, sebuah negeri ajaib. Sudah bisa menebak siapa gadis cilik ini? Ya, dia adalah Alice.

Hari itu Alice sungguh mengalami hari yang sangat tidak biasa. Awal mula saja ia sudah terjebak dengan sebuah botol yang bertuliskan “drink me”. Naasnya, cairan di dalam botol itu malah membuatnya mengecil. Untung saja, ada sebuah kue kecil yang bertuliskan “eat me”. Kue ini membuatnya membesar kembali, tetapi tidak menjadi ukuran normal seperti sedia kala. Ya, Alice sudah berada di dalam Wonderland, gara-gara ia mengikuti kelinci aneh tadi masuk ke dalam lubang di dalam tanah.

Petualangan Alice di dunia ajaib pun dimulai. Dunia ini benar-benar ajaib. Dia bertemu dengan berbagai macam hewan-hewan aneh dan unik yang bisa beraktivitas layaknya manusia. Mulai dari seekor tikus yang bisa berbicara, burung dodo, seekor ulat yang sedang menghisap shisha, hingga prajurit-prajurit yang mempunyai tubuh selembar kartu remi. Belom lagi kejadian-kejadian yang tidak terduga yang ia alami, seperti dijamu minum teh dalam perjamuan yang sedikit gila, sampai berbalap lari dengan hewan-hewan tadi. Ada juga ikan dan katak yang berkaki manusia, hingga seekor kucing yang gemar nyengir.

***

Siapa yang tidak mengenal Alice? Tokoh ini populer berkat serial kartun adaptasi yang dibuat oleh disney. Namun sayangnya, saya merasa dibuatnya buku ini menjadi tokoh kartun untuk menjadi konsumsi anak-anak terkesan salah kaprah. Sebabnya, buku ini bukan untuk anak-anak, banyak hal-hal negatif yang anak-anak dapat tiru dari buku ini, yang tentunya bisa berakibat kurang baik terhadap mereka. Alice ini dikenal luas sebagai gadis cilik dengan baju dan rok terusan berwarna biru muda, dan memang di bukunya sendiri terdapat bermacam-macam ilustrasi yang menyenangkan, sehingga kenapa buku ini bisa dianggap buku anak-anak dapat dipahami alasannya.

Cerita Alice ini dibuat pada tahun 1865 oleh Lewis Carroll. Imajinasi Carroll tentang dunia ajaib sungguh sangat luar biasa menurut saya. Bayangkan saja, tahun segitu sudah terbayangkan binatang-binatang berkaki manusia, bahkan imajinasi tentang binatang-binatang yang berkelakuan seperti manusia saja sudah saya anggap gila. Mungkin di alam sana Carroll bisa tersenyum melihat sosok-sosok imajinasinya berhasil dituangkan ke dalam dunia layar kaca dengan begitu indah oleh Disney.

Buku ini terbagi menjadi 12 bab utama. Dimana tiap bab-nya berkaitan satu sama lain, tetapi dengan tema-tema utama pada masing-masing bab-nya. Seperti bab 5, “Advice from Caterpillar”. Bab ini berisi cerita tentang Alice yang berhadapan dengan seekor ulat yang merokok menghisap shisha. Si ulat ini merupakan seekor ulat yang bisa dikatakan bijak. Dia memberi Alice nasihat tentang bagaimana caranya untuk berubah wujud jadi kecil atau besar. Tentang hal-hal yang besar-kecil ini dibahas pula di wikipedia, dimana disana dikatakan bahwa Carroll menulis bab ini dalam keadaan sedang migrain dan epilepsi, sehingga disebutkan bahwa dalam imajinasinya, benda-benda seolah membesar dan mengecil. Kejadian ini bahkan dijadikan nama penyakit, yaitu sindrom Alice in Wonderland, dimana sindrom ini terjadi pada anak kecil yang mengalami gangguan saraf, sehingga seolah-olah benda-benda yang dilihat oleh seorang anak kecil cenderung membesar dan mengecil. Hal di bab ini pula yang membuat buku ini tidak layak dikategorikan buku anak-anak. Bayangkan saja, seekor ulat yang sedang menghisap shisha (atau merokok), tentunya hal ini bukanlah hal yang patut dicontoh.

Ada satu hal lagi yang sangat utama mengapa buku ini bukan buat anak-anak. Hal itu merupakan rasa ingin tahu Alice yang begitu besar. Kalau istilah zaman sekarangnya, Alice itu terlalu kepo. Tidak mungkin Alice masuk ke dunia ajaib kalau dia tidak kepo terhadap si kelinci ajaib. Juga kebiasaan kepo-nya ini berdampak pada mulut Alice yang tidak bisa diam ketika orang (atau hewan?) lain sedang berbicara, bawaannya si Alice ini ingin menyela terus pembicaraan yang sedang dilakukan orang lain. Ada satu kejadian lucu yang membuat saya terpingkal membaca buku ini, masih tentang sifat kepo si Alice ini. Pada halaman 65, ketika Alice sedang mendengarkan cerita dari seekor kura-kura jadi-jadian (mock turtle), si kura-kura ini sangat lama mengambil jeda antar kalimatnya, dan ini sangat membuat Alice tidak tahan untuk tidak kepo, kutipannya adalah:

“Once,” said the Mock Turtle at last, with a deep sigh, “I was a real Turtle.”
These words were followed by a very long silence, broken only by an occasional exclamation of “Hjckrrh!” from the Gryphon, and the constant heavy sobbing of the Mock Turtle. Alice was very nearly getting up and saying “Thank you, Sir, for your interisting story,” but she couldn’t help thinking there must be more to come, so she sat still and said nothing.


Untung saja disini Alice berhasil menahan kepo-nya, kalau tidak, mungkin bakal terjadi hal yang tidak menyenangkan terhadap Alice. Nah, sifat kepo ini juga yang membuat buku ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Bayangkan jika ada anak kecil yang menyela perbincangan orang lain.

Buku ini sangat tipis. Saya membaca edisi yang berjumlah 86 halaman, namun itu pun tidak full tulisan (hal ini mungkin mengikuti keinginan si Alice yang tidak suka buku yang full tulisan), tetapi ada ilustrasi-ilustrasi asli yang dibuat oleh Sir John Tenniel, puisi-puisi, dan (yang paling unik) ada kata-kata di buku ini yang membentuk ekor tikus ketika Alice sedang mendengarkan kisah yang panjang dan sedih dari si tikus (the mouse’s long and sad tale). Hal ini menurut saya merupakan hal yang menjadikan buku ini nyaman untuk dibaca. Apalagi, kisah di buku yang masuk list 1001 Buku yang Wajib Dibaca Sebelum Wafat ini cenderung membingungkan, dan membuat otak sedikit berkerut dalam menangkap maksud dari tulisan yang dibuat oleh Lewis Carroll ini. Hal yang paling mengecewakan di buku ini hanya satu, ending dari buku ini yang ternyata hanya begitu saja. Seakan ending buku ini menjadi antiklimaks dari kisah-kisah Alice di negeri ajaib ini. Satu hal, buku ini sangat layak untuk dibaca dan masuk list 1001, mengingat sudah sebegitu terkenalnya tokoh Alice, dan untuk menghilangkan salah kaprah selama ini. Yah, setidaknya di rak toko buku, jangan sampai buku ini ada di bagian buku anak. Maka dari itu, baca dulu, dan simpulkan, apakah ini buku untuk anak apa bukan.

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
The Mouse's Tale

Last, saya memberi bintang 3 untuk buku ini. Walaupun hanya tiga, tetapi wajib untuk dibaca.


Judul: Alice's Adventure in Wonderland
Penulis: Lewis Carroll
Ilustrator: Sir John Tenniel
Penerbit: Dover
Tahun Terbit: 1993
Teabl: 86 hal.
Rate: 3/5
meroa167 - 06/09/2012 05:53 AM
#1971

bagi saran nya dong gan... buku yang bagus buat di kasih ke gebetan pas ultah itu kira-kira ap yah gan?? D
eclips3 - 06/09/2012 01:37 PM
#1972

Quote:
Original Posted By meroa167
bagi saran nya dong gan... buku yang bagus buat di kasih ke gebetan pas ultah itu kira-kira ap yah gan?? D


box set nya ilana tan D sekitar 160 ribuan D
meroa167 - 06/09/2012 01:55 PM
#1973

Quote:
Original Posted By eclips3
box set nya ilana tan D sekitar 160 ribuan D


thank you masukan nya gan... baru 2 buku yang masuk daftar saran kado untuk doi. 1 Andrei Aksana, 2 set nya Ilana Tan. yang lain lagi dong, biar banyak pilihan D
meroa167 - 06/09/2012 01:59 PM
#1974

dopost... sory
meroa167 - 06/09/2012 02:00 PM
#1975

maaf gan, inet lg lelet
KRS1 - 06/09/2012 04:27 PM
#1976
1984~Georger Orwell
Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul: 1984
Penulis: George Orwell
Penerjemah: Landung Simatupang
Penerbit: Bentang
ISBN: 9789793062778
Jumlah Halaman: 436


PERANG IALAH DAMAI
KEBEBASAN IALAH PERBUDAKAN
KEBODOHAN IALAH KEKUATAN


Di tahun 1984, dimana dunia terbagi menjadi 3 negara besar: Oceania, Eurasia, dan Eastasia, kehidupan Winston Smith seoranga nggota Partai yang berkuasa di Oceania hanyalah kehidupan yang menjemukan. Bagaimana tidak menjemukan, apabila dalam setiap kehidupannya, diawasi oleh partai. Kehidupan sosial orang-orang diawasi oleh sebuah alat, teleskrin, yang dapat mengawasi kehidupan orang. Ditambah lagi poster besar di jalan-jalan, berupa gambar BUNG BESAR (big brother), sosok yang dianggap pimpinan partai, dengan bertuliskan BUNG BESAR MENGAWASI SAUDARA.

Kehidupan yang dijalani oleh Winston adalah kehidupan dimana diktatorisme partai menguasai kehidupan rakyatnya. Partai menguasai kehidupan rakyatnya. Teleskrin menjadi alat pengawas rakyat sekaligus sarana komunikasi satu arah buat rakyat, dimana kabar dari partai, jargon-jargon kekuasaan, berita perang disuarakan melalui teleskrin. Juga unsur merekayasa informasi dilakukan oleh kekuasaan, dengan usaha merubah informasi dan data tentang sejarah masa lalu, serta usaha pembuatan bahasa baru, newspeak, sebagai bahasa yang mendukung totalitarianisme partai, dimana bahasa tersebut merupakan perwujudan revisi bahasa lama (oldspeak) dengan menghilangkan kata-kata yang bisa dimanfaatkan untuk pemberontakan. Sebuah pengaturan yang sangat lua biasa oleh kekuasaan sebuah negara.

Winston memiliki pemikiran yang tidak sejalan dengan partainya. Pertemuan dengan Julia, yang menyatakan cintanya kepada Winston, membuat semangat pemberontakan di hati Winston semakin meluap-luap. Dengan berusaha meloloskan diri dari pengawasan Polisi Pikiran yang selalu memantau aktivitas anggota partai, Winston selalu mengadakan pertemuan secara sembunyi-bunyi dnegan Julia, untuk melakukan kencan dan saling berkesepahaman masalah ketidaksenangan mereka terhadap partai.

Semakin senang hati Winston, ketika ia didekati oleh O'Brien yang menurut Winston adalah seorang anggota persaudaraan, sebuah organisasi bayangan Winston yang merupakan organisasi bawah tanah, bertujuan untuk memberontak terhadap kekuasaan Big Brother. Apakah Winston berhasil mewujudkna cita-citanya? Menggapai negeri yang bebas dari dominansi Big Brother?

1984 adalah novel fantastis! Meski ditulis sehabis Perang Dunia II usai, Orwell sudah memperkirakan kemungkinan arah ke depannya tentang perpolitikan sebuah negara: dominasi mayoritas dari sebuah partai mengakibatkan diktatorisme tunggal. Meskipun novel yang ditulisnya berbau politik, tapi bahasanya yang memang agak 'spesial' menurut saya menjadikan novel ini berat tapi selalu ingin menuntaskannya.
Kehebatan Orwell bagi saya adalah di zamannya, Orwell sudah mampu menciptakan karya yang futuristik. Meskipun apa yang dia tulis sampai sekarang, suasananya belum (tidak) terjadi, rasanya suasana di tahun 1984 di Oceania lekat dengan berbagai kehidupan politik di berbagai negara. Meskipun tidak sama persis, memang. Tapi banyak sudah negara yang menggunakan determinasi pengawasan sebagai sarana mempertahankan kekuasaan partai/orang tertentu.

Satu yang saya anggap jenius dari Orwell, adalah bagaimana diktatorisme Big Brother, salah satunya diapresiasikan dengan pembuatan bahasa baru (newspeak). Ini di luar kebiasaan umum. Dan baru saya temui di 1984 ini. Menggunakan sarana bahasa baru, dengan memotong kata-kata yang diimplikasikan bisa mempengaruhi orang-orang untuk memberontak. Di saat membacanya, saya langsung berpikir: ide jenius dan orisinil dalam sebuah karya sastra!

Buku ini masuk dalam berbagai kategori buku terbaik, 1001 books you must read before die, 100 Top BBC Big Reads, dan All Times 100 Novels. Sebuah penghargaan yang sangat luar biasa terhadap buku yang luar biasa.
KRS1 - 06/09/2012 04:32 PM
#1977

Quote:
Original Posted By CSdnadychi
SRC 2012 - Bulan Agustus


Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul: The Road to The Empire
Pengarang: Shinta Yudisia
Penerbit: Forum Lingkar Pena





The Road to The Empire, novel ini merupakan novel terakhir dari dua buah novel karya Shinta Yudisia yang berjudul Sebuah janji (buku pertama) dan The Lost Prince (buku kedua). Berbeda dari buku pertama dan kedua yang sampulnya agak kekanak-kanakan,



Trilogi sebuah janji ini hanya bisa diungkapkan dalam satu kata, "EPIK!"



rate heart:heart:heart: heart: heart: untuk novel ini D

eh masih ada lanjutannya ko \)
yang ini: Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu
9ijnuhb - 06/09/2012 07:14 PM
#1978

Quote:
Original Posted By komet795
Judul Buku : Eclairs : Pagi Terakhir Di Rusia
Author : Prisca Primasari
Tahun Terbit : 2011
Penerbit : GagasMedia

Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


3 jam saya membaca buku ini D
Fiuh!
Dada saya sesak setiap membuka lembar demi lembar halaman bukunya. Menantikan kejutan dan cerita apa lagi yang akan disajikan penulis. Jujur, awalnya saya sempat underestimate dengan buku ini. Saya pikir akan sama halnya dengan roman-roman yang lain, ya, sedikit picisan. p

Cover depan buku didesain sangat masa kini. Namun sayang, di cover bagian belakang tidak disajikan sinopsisnya, tetapi semacam sajak yang -jujur- kurang saya pahami maksudnya.

Alur yang dipaparkan maju-mundur. Kadang flashback yang agak panjang, namun kembali lagi ke masa depan dengan dinamis.

Latar belakang berada di 3 negara. Indonesia (Surabaya), Rusia, dan Perancis (Paris). Sangat klasik, menurut saya. Diselipkan pula sedikit suasana musisi klasik Rusia semisal Tchaikovsky dan Rochmaninoff (secara pribadi, saya suka keduanya ^_^ that's what makes me tenggelam lebih dalam ke dalam cerita).

Ohya! Tokoh-tokohnya pun dikisahkan dengan pemeran bule. Jadi bayangkan sendiri ya bentuk wajah dan postur tubuhnya yang tidak biasa. Hehe. Sudut pandang yang digunakan yaitu penulis serba tahu, dengan gaya bahasa sesuai EYD.

Secara keseluruhan oke. Tidak pasaran tapi agak lebay terutama bagian musuh-musuhan yang membuat persahabatan mereka putus tiba-tiba. Kayak gimana lebaynya? Baca saja! D

Sisi menarik dari buku ini ada 1 bab cerita detektif yang diselipkan (buat saya itu nilai plus! D ), karakter-karakter yang unik dan tidak biasa, romantisme yang sangat dewasa (tidak ABG-minded), tips membuat eclairs (yummy) dan tokoh utama wanitanya dihubung-hubungkan dengan Rasputin! (siapa Rasputin? monggo search di google D )

Rate 4/5

Bisa bantu ane ga analisis buku ini dari unsur interistiknya?!
Pm ane gan!
Thnks
VanDaniestha - 06/09/2012 08:04 PM
#1979


Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu

Judul Buku : 7 Keajaiban Rezeki
Author : Ippho 'Right' Santosa
Terbit : Maret 2010
Penerbit : Elex Media Komputindo


Buku setebal 192 halaman ini berhasil membuat saya terkagum saat membacanya. Dibeberkannya 7 Keajaiban yang bisa membuka pintu rejeki yang selama ini kita idam-idamkan.

Buku ini terdiri dari 7 Bab yang telah membuat pikiran saya menjadi cerah.

1. Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)

Bab Pertama ini hanya berisi suatu tulisan yang dimana anda hanya disuruh untuk menuliskan Sidik Jari Kemenangan ditempat kosong yang sudah disediakan dibawahnya. Sidik Jari Kemenangan; sesuatu tentang diri anda, sesuatu yang mewakili diri anda, sesuatu yang anda inginkan, sesuatu apapun tentang anda.

2. Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)

Disini mas Ippho mengambarkan betapa besar peran Sepasang Bidadari yang dinamakan Orang Tua, betapa lugas mas Ippho menuliskannya, bahkan disisipi cerita pendek pentingnya berbakti kepada Orang Tua

3. Golongan Kanan (Lingkar Diri)

Pokok inti dalam permasalahan bab ini, dimana kita diharuskan menjadi seorang yang kreatif, imajinatif dalam menjalani kehidupan.
Menjadi Golongan Kanan itu perlu.

Saya suka kutipan dibab ini yang "Boss is always right"
Bos itu selalu menjadi Golongan kanan, hahaha.

4. Simpul Pedagang (Lingkar Sesama)

Berdagang adalah sesuatu penting untuk membuka pintu rezeki, bahkan Al-qur'an mengajarkannya, begitulah sekiranya yang diterangkan Ippho dalam Bab ini, dimana kita harus memulai untuk berhenti berkerja dan mulai berdagang.
Sudah siapkah ? kalau saya pribadi.... hehehe

5. Perisai Langit (Lingkar Diri)

Bab yang paling menginspirasi saya, bab ini mengajarkan betapa pentingnya bersedekah, baru membaca Bab ini dan saya langsung mempraktikannya, Subhanallah saya benar-benar mendapat rezeki yang saya pikir sudah bukan Rezeki Saya.

6. Pembeda Abadi (Lingkar Diri)

Jangan jadikan anda orang rata-rata dengan memperbaiki kelemahan anda, tapi tingkatkan lah kekuatan utama dalam diri anda agar menjadi orang yang benar-benar berbeda.
Bab ini menjelaskan betapa pentingnya menjadi berbeda (Law of Difference) dalam kehidupan. Manusia memang diciptakan berbeda kan ?

7. Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)

buku ini menjelaskan 7 sesuatu yang mendukung anda membuka rezeki Anda.

7 Sesuatu itu : Impian, Tindakan, Kecepatan, Keyakinan, Pembelajaran, Kepercayaan dan Keikhlasan yang masing-masing mengkait satu sama lain.

Buku yang mengajarkan betapa pentingnya percaya kepada Allah SWT berhasil membuka pikiran , hati , dan wawasan saya. Bahwa sesungguhnya sedekah tak harus menunggu kaya, bahwa menjadi berhasil teruslah kreatif dan gunakan otak kanan.

Pada akhirnya saya akan sebut ini buku Self-help yang paling keren yang pernah saya baca, dengan senang hati saya memberi buku ini bintang 5 \)
CSdnadychi - 06/09/2012 10:09 PM
#1980

Quote:
Original Posted By KRS1
eh masih ada lanjutannya ko \)
yang ini: Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu


haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kagets: kagets:

Eh, puh, itu beli di mana? Ane demen banget ceritanya shinta yudisia. Aku penasaran ama ceritanya takudar ama almamuchi \(\(\(

di mana aku bisa dapetin buku ini? eek:
Page 99 of 105 | ‹ First  < 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUKU new > Serapium Catalogue ~ Silahkan Review, Saran dan Diskusi Buku Favoritmu