SUPRANATURAL
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Ilmu Warisan Leluhur
Total Views: 20232 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 32 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›

GhostBe - 15/10/2011 01:00 AM
#101
Pengertian, Tujuan dan Makna
Islam jawa kasunyataning urip itu laku tirakat, bukan ilmu, akan tetapi jika diklasifikasi bisa termasuk kasunyatan atau hakikat. Kasunyatan karena berhubungan langsung dengan kehidupan kita sehari-hari. Termasuk hakikat karena berhubungan dengan sendi2 dasar kehidupan manusia (ikhlas, pasrah, nrimo ing pandum, jujur, yakin) menuju hny bergantung kpd Allah (tawwakal).

Tujuan menjalani laku tirakat Islam Jawa kasunyatane urip semata-mata hanya pasrah diri kpd Allah swt ; sehingga Allah berkenan memberi bimbingan dan tuntunan Nya langsung. Tuntunan/ bimbingan itu bisa lewat mimpi ataupun kejadian2 yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Laku tirakat ini dikerjakan tanpa batasan waktu alias seumur hidup

Sedangkan pengertian Islam Jawa dimari bukanlah agama Islam ala Jawa atau paham Jawa berbalut keislaman; juga bukan Islam Kejawen (kolaborasi dari kepercayan /kebatinan Jawa dengan aqidah Islam).

Islam Jawa dimari pemahamanny adalah wong Islam yang memahami benar titah Allah swt atas dirinya (jawa marang Gusti Allah) serta tulus ikhlas menjalani kehidupannya di dunia berdasarkan tuntunan nilai-nilai moral di dalam Al Qur'an.

Makna hakiki Islam Jawa
Secara horisontal bermakna hablum minan nash,
pengamalan nilai keluhuran budi pekerti Jawa; bentuk aplikasi nilai-nilai akhlaqul karimah di dalam Al Qur'an ke dalam kehidupan sehari-hari.
Makna secara vertikal, hablum minallah
pengamalan tata cara beribadah kepada Allah swt berdasarkan syariat Islam sebagaimana amalan ibadah yang dituntunkan Nabi Muhammad saw.
GhostBe - 15/10/2011 02:24 AM
#102

Quote:
Original Posted By asyarigila
Mbah... Babar ilmu santet pring sedapur dong ?

Mematikan sampai 7 turunan. Ilmu Warisan Leluhur


weleh2 agan.... ade2 aje... ngamalin kgak, disuruh mbabar lagee?
btw ilmu ntuh dipke khusus tux membalas sakit hati pd seseorg..
cukup ampuh..
bagian ane mah.. nasi sepiring di dapur gan... malu


Quote:
Original Posted By Paplienk
tek arep coba, tp ada efek samping'y g ya puh..??


utk me minimalkan efek samping..
bab ilmu2 kanuragan "harus" ada guru pembimbing.
bab laku tirakat Islam Jawa, boleh diamalkan dulu sblm b'temu pembimbingnya
GhostBe - 15/10/2011 09:11 AM
#103
Hakikat Ajaran
Laku tirakat Islam Jawa Kasunyatane Urip pada hakikatnya adalah ajaran kasampurnan (kesempurnaan).

Hubungan antara Gusti Allah dengan kawulanya bersifat individualistik, sehingga pencapaian pada tingkatan yang lebih tinggi lagi adalah urusan dari masing-masing individu yang mempelajarinya, disamping juga bergantung pada kemampuan dan ihtiyar/usahanya dalam menyerap makna hakikat yang di"hadirkan" oleh NYA di dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaku Islam Jawa Kasunyatane Urip menempatkan Al Quran sebagai satu-satunya pedoman untuk menjalani kehidupan di dunia.
Para pelakunya hanya bersandar kepada Allah swt, sehingga apapun yang terjadi pada dirinya tidak akan meminta pertolongan kepada sesama mahluk, para pelakunya hanya memohon pertolongan kepada Allah swt saja.

Siapapun yang mengamalkan Laku Tirakat Islam Jawa Kasunyatane Urip hakikatnya adalah berupaya secara totalitas (kaffah) untuk memurnikan ketaatan kepada Nya. Allahu Akbar !!!
misteryhanif - 15/10/2011 10:01 AM
#104

nubi ijin nyimak dan mengaamalkan yg islam jawa kasunyataning urip puh..moga barokah
GhostBe - 15/10/2011 10:15 AM
#105

Quote:
Original Posted By misteryhanif
nubi ijin nyimak dan mengaamalkan yg islam jawa kasunyataning urip puh..moga barokah


silakan...
ane bantuin pembersihan awalnya gan...
biar hati lebih terang n tenang.
azkum - 15/10/2011 05:03 PM
#106

Quote:
Original Posted By GhostBe

Laku tirakat ini dikerjakan tanpa batasan waktu alias seumur hidup


gito yaa puh...
kyknya berat jga yaa, senin kamis seumur hidup..Yb
maklum dah karatan malu
misteryhanif - 15/10/2011 05:40 PM
#107

Quote:
Original Posted By GhostBe
silakan...
ane bantuin pembersihan awalnya gan...
biar hati lebih terang n tenang.


harus ketemu langsung ya puh untuk pembersihan awalnya?
pdheatok - 15/10/2011 11:43 PM
#108

shakehand2
Salim GusBe
Ijin ndeprok ngangsu kaweruh
Ilmu Warisan Leluhur
andreyo - 16/10/2011 12:10 PM
#109

salam salim puh ,, shakehand2

mantappp sharenya,,, nubiee baca2 dulu,, sapa tau kecipratan ilmunya n kebagian di "bersihin",, malus ..
k4f4 - 16/10/2011 02:44 PM
#110

Quote:
Original Posted By GhostBe
Lanjutan...

Laku tirakat Islam Jawa Kasunyatane Urip pada hakikatnya adalah ajaran kasampurnan (kesempurnaan).

Hubungan antara Gusti Allah dengan kawulanya bersifat individualistik, sehingga pencapaian pada tingkatan yang lebih tinggi lagi adalah urusan masing-masing individu yang mempelajari, juga bergantung pada kemampuan dan ihtiyar/usahanya dalam menyerap makna hakikat yang ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaku Islam Jawa Kasunyatane Urip menempatkan Al Quran sebagai satu-satunya pedoman untuk menjalani kehidupan di dunia.
Para pelakunya hanya bersandar kepada Allah swt, sehingga apapun yang terjadi pada dirinya tidak akan meminta pertolongan kepada sesama mahluk, para pelakunya hanya memohon pertolongan kepada Allah swt saja.

Siapapun yang mengamalkan Laku Islam Jawa Kasunyatane Urip hakikatnya adalah berupaya secara totalitas (kaffah) untuk memurnikan ketaatan kepada Nya. Allahu Akbar !!!


ijin nyimak puh
mantab sekali pembabarannya tentang hakikat hidup
rasanya ingin sekali saya yg msh nubi ini tuk banyak belajar tentang hakikat hidup dr panjenengan maklum puh kagak pernah ngaji yg beginian
GhostBe - 16/10/2011 06:44 PM
#111

Quote:
Original Posted By misteryhanif
harus ketemu langsung ya puh untuk pembersihan awalnya?


sbenere iyyaa.. krna kita "berjauhan" pake cara lain

cara lain >-- pake aqua gelas
taruh diatas tmpat terbuka yg langsung m'hadap langit.

misalnya naruh air sehabis isya' >-minum airnya kalo bisa pas adzan subuh.
sblum minum baca Al Fatihah, niatnya pasrah diri kepada Nya.

Kalo Ibu msh sugeng, dapatkan "sorga dibawah telapak kaki ibu"
cuci kaki Ibu dengan air bersih >- airnya diminum n pake mandi besar
mohon ampunan n mnta restu

(ritual cuci kaki Ibu secara hakikat bermakna bahwa restu Ibu adalah jalan terdekat untuk mendapatkan restu Allah swt)

NB: jika ente taruh air, tolong PM ane. Txs
GhostBe - 16/10/2011 07:03 PM
#112

Quote:
Original Posted By pdheatok
shakehand2
Salim GusBe
Ijin ndeprok ngangsu kaweruh
Ilmu Warisan Leluhur


Salim @pdeatok.. monggo ndeprok bareng2.

Quote:
Original Posted By andreyo
salam salim puh ,, shakehand2

mantappp sharenya,,, nubiee baca2 dulu,, sapa tau kecipratan ilmunya n kebagian di "bersihin",, malus ..


walaikum salam gan.. silakan.

Quote:
Original Posted By k4f4
ijin nyimak puh
mantab sekali pembabarannya tentang hakikat hidup
rasanya ingin sekali saya yg msh nubi ini tuk banyak belajar tentang hakikat hidup dr panjenengan maklum puh kagak pernah ngaji yg beginian


dipersilakan.. jgn sungkan2 gan.
azkum - 16/10/2011 11:02 PM
#113

Quote:
Original Posted By GhostBe
sbenere iyyaa.. krna kita "berjauhan" pake cara lain

cara lain >-- pake aqua gelas
taruh diatas tmpat terbuka yg langsung m'hadap langit.

misalnya naruh air sehabis isya' >-minum airnya kalo bisa pas adzan subuh.
sblum minum baca Al Fatihah, niatnya pasrah diri kepada Nya.

Kalo Ibu msh sugeng, dapatkan "sorga dibawah telapak kaki ibu"
cuci kaki Ibu dengan air bersih >- airnya diminum n pake mandi besar
mohon ampunan n mnta restu

(ritual cuci kaki Ibu secara hakikat bermakna bahwa restu Ibu adalah jalan terdekat untuk mendapatkan restu Allah swt)

NB: jika ente taruh air, tolong PM ane. Txs


ikuuuut puh... ikuuut...... ngacir2 ngacir2 ngacir2 nuju TKP.... .....x aj ane da jodoh !!!
azkum - 17/10/2011 12:58 AM
#114

mhon cekpm matur nuwun shakehand2
GhostBe - 17/10/2011 03:11 AM
#115

Quote:
Original Posted By azkum
mhon cekpm matur nuwun shakehand2


sama-sama mase.. shakehand
GhostBe - 17/10/2011 10:58 PM
#116
Penjelasan tentang hakikat sholat.
Sholat hakikatnya adalah menghadap ka haribaanNya (mi’raj), dalam sholat itu kita melakukan perjalanan menuju arsy untuk menghadap kepadaNya atas ridho’NYA. Sejatinya di dalam mi’raj itu kita melakukan “rogoh sukmo”.

Rogoh sukmo adalah sebuah prosesi dimana ruh bisa meninggalkan jasad, untuk kemudian (ruh) beraktifitas di alam “kematian”. Pemahaman kami menyebutnya dengan hidup di dalam kematian (urip sajrone mati).

Sepertinya istilah urip sajrone mati memang kurang familier di telinga karena saya dulunya juga menyebutnya dengan istilah mati sajroning urip.
Tapi memang demikianlah adanya.

Untuk menunjang kekhusyukan ketika sholat, pejamkanlah kedua mata, menutup ke 9 indera (nutupi babahan hawa 9), buang angan-angan, rileks dan fokus ke hati.

Dalam fase ini, semua bacaan sholat dibaca dalam hati. Karena dalam sholat hakikat yang sholat adalah hatinya, adalah ruhnya, adalah sukmonya; yang nantinya bakal mempertanggung jawabkan perbuatan kita kepada Allah swt.

Hal penting lainnya yang harus dipahami adalah Allah swt bersifat maha adil, di hadapan Nya siapapun ia sebelum Allah swt mengangkat derajatnya untuk dijadikan rasul atau nabi adalah sama seperti manusia lainnya.

Jadi siapapun ia mempunyai kesempatan yang sama untuk diangkat derajatnya menjadi apa saja sesuai dengan kehendak Allah swt. Dan itu tergantung seberapa tinggi tingkat ketaatan kita, keyakinan kita kepada Allah swt.

Subhanallah... 3x

Semua aktifitas per"sholat"an yang dilakukan baik sholat-sholat wajib 5 waktu dan sholat-sholat sunah diniatkan menyerahkan segala urusan dengan ikhlas, pasrah kepada Allah (lillahi ta'ala).

Khususon ketika sholat sunah, janganlah berpengharapan pada fadhilah/keutamaan sholat yang dilakukan.
Quote:
misalnya sholat dhuha dengan harapan mendapatkan kelapangan, kebarokahan rizqinya. contoh lainnya, sholat tasbih, fadhilahnya menghapuskan 10 macam dosa.

di dalam Laku kasunyatane Urip, sholat sunah apa saja tujuannya tidak berpengharapan kepada fadhilahnya. Sholat sunahnya bertujuan pasrah diri kepada Allah swt, dengan begitu Allah sendiri yang menentukan apa yang terbaik bagi umat Nya. Allah Maha Tahu kebutuhan umatNya.

Quote:
Seperti Firman Allah swt dalam QS At Thalaag [65. 2-3]:

[65. 2] "Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar."
[65. 3] "Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."
pounch - 18/10/2011 02:37 AM
#117

Quote:
Original Posted By GhostBe
Islam jawa kasunyataning urip itu laku tirakat, bukan ilmu, akan tetapi jika diklasifikasi bisa termasuk kasunyatan atau hakikat. Kasunyatan karena berhubungan langsung dengan kehidupan kita sehari-hari. Termasuk hakikat karena berhubungan dengan sendi2 dasar kehidupan manusia (ikhlas, pasrah, nrimo ing pandum, jujur, yakin) menuju hny bergantung kpd Allah (tawwakal).

Tujuan menjalani laku tirakat Islam Jawa kasunyatane urip semata-mata hanya pasrah diri kpd Allah swt ; sehingga Allah berkenan memberi bimbingan dan tuntunan Nya langsung. Tuntunan/ bimbingan itu bisa lewat mimpi ataupun kejadian2 yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Laku tirakat ini dikerjakan tanpa batasan waktu alias seumur hidup

Sedangkan pengertian Islam Jawa dimari bukanlah agama Islam ala Jawa atau paham Jawa berbalut keislaman; juga bukan Islam Kejawen (kolaborasi dari kepercayan /kebatinan Jawa dengan aqidah Islam).

Islam Jawa dimari pemahamanny adalah wong Islam yang memahami benar titah Allah swt atas dirinya (jawa marang Gusti Allah) serta tulus ikhlas menjalani kehidupannya di dunia berdasarkan tuntunan nilai-nilai moral di dalam Al Qur'an.

Makna hakiki Islam Jawa
Secara horisontal bermakna hablum minan nash,
pengamalan nilai keluhuran budi pekerti Jawa; bentuk aplikasi nilai-nilai akhlaqul karimah di dalam Al Qur'an ke dalam kehidupan sehari-hari.
Makna secara vertikal, hablum minallah
pengamalan tata cara beribadah kepada Allah swt berdasarkan syariat Islam sebagaimana amalan ibadah yang dituntunkan Nabi Muhammad saw.


Salam salim puh Ghostbe, ikut nyimak2 puh,
klo diperkenankan sembari tanya2 yg tidak paham Yb, nubi karatan mencerna pemahaman sering tambah ruwet puh.
hubungan pencerahan diatas kenapa diperlukan "pembukaan" ato yg diistilahkan "pembersihan"
mohon maaf klo tidak salah selama ini yg ane tahu toh memang seperti ini tujuannya :
"bentuk aplikasi nilai-nilai akhlaqul karimah di dalam Al Qur'an ke dalam kehidupan sehari-hari.
Makna secara vertikal, hablum minallah
pengamalan tata cara beribadah kepada Allah swt berdasarkan syariat Islam sebagaimana amalan ibadah yang dituntunkan Nabi Muhammad saw."
sejak dr sekolah dasar smp sekolah2 diatasnya tentang agama yg dianjurkan adalah hal2 tsb.
maksud ane kok diperlukan lagi "pembersihan" maaf puh spt yg dibabarkan sampai2 dgn air sorga bunda Yb
mangap selebarlebarnya puh, pengetahuan ane hanya sebatas yg diberikan disekolahan umum.
atas pencerahan yg diberikan matur suwun
shakehand2
GhostBe - 18/10/2011 11:24 AM
#118
Penjelasan tentang Pembersihan
Quote:
Original Posted By pounch
Salam salim puh Ghostbe, ikut nyimak2 puh,
klo diperkenankan sembari tanya2 yg tidak paham Yb, nubi karatan mencerna pemahaman sering tambah ruwet puh.
hubungan pencerahan diatas kenapa diperlukan "pembukaan" ato yg diistilahkan "pembersihan"
mohon maaf klo tidak salah selama ini yg ane tahu toh memang seperti ini tujuannya :
"bentuk aplikasi nilai-nilai akhlaqul karimah di dalam Al Qur'an ke dalam kehidupan sehari-hari.
Makna secara vertikal, hablum minallah
pengamalan tata cara beribadah kepada Allah swt berdasarkan syariat Islam sebagaimana amalan ibadah yang dituntunkan Nabi Muhammad saw."
sejak dr sekolah dasar smp sekolah2 diatasnya tentang agama yg dianjurkan adalah hal2 tsb.
maksud ane kok diperlukan lagi "pembersihan" maaf puh spt yg dibabarkan sampai2 dgn air sorga bunda Yb
mangap selebarlebarnya puh, pengetahuan ane hanya sebatas yg diberikan disekolahan umum.
atas pencerahan yg diberikan matur suwun
shakehand2


wah.. bisa aja neh, ane tambah malu

Kenyataan na mang seperti itu master...
Al Qur'an sbg tuntunan moral/perilaku hidup di dunia..
Pejabat kita saat sumpah jabatan >--- Al Qur'an ditaruh diatas kepalanya,
maksudnya bhw jabatan itu amanah, perilakunya harus ngikuti Al Qur'an.
tapi nyatana penyalahgunaan jabatan malah tambah2 trus.

Sebabnya apa? krn hati mereka tak bermoral Qur'ani >- ada missing links antara pedoman hidup dgn pengamalnya,
Jadi joko sembung lah... ga nyambung >- moral na error.
Inilah yg terjadi dewasa ini.

Untuk memperbaiki moral na harus dikembalikan kepada Yang Maha Kuasa, yaitu dengan :
Laku tirakat, pasrah diri kpd NYA >--
Allah swt ridho' aktivasi moral Qur'ani >--- akhlaqul karimah/berbudi luhur
KUNCINYA pada PUASA SENIN KAMIS

Tentang pembersihan.
yg dibersihkan adalah "sesuatu" yg menyelimuti hati.
Hati yg tertutupi "sesuatu" cahayanya tidak bisa memancar keluar sehingga wajah sebagai pencerminan hati akan tampak lusuh, tidak bersinar.
"Sesuatu" itu adalah mahluk ghaib yg ikut tinggal di ruh manusia, mahluk ini ada akibat kesalahan perilaku baik yg disadari ataupun tidak disadari "mengundang" mahluk ini untuk datang menempati ruh/jiwa/sukma. Mahluk ini seolah membantu manusia tapi sejatinya tugasnya menghalangi info/petunjuk langsung dari Allah swt.
Oleh sebab itu diperlukan "pembersihan".

Sesungguhnya Hati, nurani atau kalbu adalah tmpat dimana nilai kebenaran hakiki berada. Dan smua yg hakiki pasti berasal dr Allah swt.
contoh: setiap orang di dalam hatinya pasti mengetahui perbuatannya yang salah.

Quote:
Hadits Rasulullah: Dalam diri manusia terdapat segumpal daging. Apabila segumpal daging itu rusak. Maka rusaklah seluruhnya. Segumpal daging itu bernama qolbu


Quote:
[QS. Qaaf 50:16] Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya


Pembersihan yang dimaksudkan dalam laku tirakat Islam Jawa Kasunyatane Urip (IJKU) hakikatnya pembersihan hati dari belenggu mahluk ghaib/syaithon yang hanya bisa dilakukan langsung oleh Yang Maha Kuasa. Sehingga standard kebersihannya adalah bersih menurut Allah swt.
Sedangkan ane disini bertugas sebagai "operator" penghubung antara agan dengan Allah swt. Pembersihan ini adalah salah satu sarana utk membuka hubungan langsung agan dengan NYA.
pounch - 18/10/2011 12:56 PM
#119

Quote:
Original Posted By GhostBe
wah.. bisa aja neh, ane tambah malu

tapi ini kenyataan na emang bgitu master...
Al Qur'an sbg tuntunan moral..
Pejabat kita disumpah jabatan >--- Al Qur'an ditaruh atas kepalanya,
maksudnya bhw jabatan itu amanah, perilakunya harus ngikuti Al Qur'an.
tapi nyatana penyalah gunaan jabatan tambah2 trus.

Sebabnya krn moral Qur'ani ga ada di hati >- ada missing links antara pedoman hidup dgn pengamalnya.
Inilah yg terjadi dewasa ini. Joko sembung lah... ga nyambung >- moral na error.

Laku tirakat >---- Allah swt ridho' aktifasikan moral Qur'ani >---- akhlaqul karimah
KUNCINYA pada PUASA SENIN KAMIS

Tentang pembersihan.. yg dibersihkan itu "sesuatu" yg menyelimuti hati.
Hati yg tertutupi "sesuatu" cahayanya tidak memancar keluar sehingga wajah tampak lusuh, tidak bersinar.

Sesungguhnya Hati, nurani atau kalbu adalah tmpat dimana nilai kebenaran hakiki berada. Dan smua yg hakiki pasti berasal dr Allah swt.
contoh: dalam hati kita mengetahui jika berbuat salah.


lanjoot puh tentang pembersihan ... Yb
.. yg dibersihkan itu "sesuatu" yg menyelimuti hati.
Hati yg tertutupi "sesuatu" cahayanya tidak memancar keluar sehingga wajah tampak lusuh, tidak bersinar.


nah ini yg demen puh "bikin kinclong2" Yb
disebelah juga pernah dapat 'Sir - Budi - Cipta - Rasa - Karsa' dari hati yg bersih diharapkan mengalirkan sikap, tingkah, laku dan perbuatan yg sesuai dng tuntunan.
klo berkenan puh dng pembersihan tsb apakah kodam keilmuan bisa tergelontor ? yg ini berat puh kosong lagi dong hammers

shakehand2
GhostBe - 18/10/2011 01:37 PM
#120

Quote:
Original Posted By pounch
lanjoot puh tentang pembersihan ... Yb
.. yg dibersihkan itu "sesuatu" yg menyelimuti hati.
Hati yg tertutupi "sesuatu" cahayanya tidak memancar keluar sehingga wajah tampak lusuh, tidak bersinar.


nah ini yg demen puh "bikin kinclong2" Yb
disebelah juga pernah dapat 'Sir - Budi - Cipta - Rasa - Karsa' dari hati yg bersih diharapkan mengalirkan sikap, tingkah, laku dan perbuatan yg sesuai dng tuntunan.
klo berkenan puh dng pembersihan tsb apakah kodam keilmuan bisa tergelontor ? yg ini berat puh kosong lagi dong hammers

shakehand2


ngakak ini neh yg ane demen... maaaap...

sejatinya semua ilmu itu kepunyaan Allah swt.
baik itu punya khodam atau apalah nama na.. smuanya.

orang yang ngamalin ilmu khodam hakikatnya tidak memiliki ilmunya, ilmunya tetep punya si khodam itu (dia jg nglakoni utk dapetin ilmu dr Allah)
kalo khodam nya pergi ente ya ga punya ilmu apa2 :

Pembersihan itu memurnikan ilmu2 Allah swt.
nah... si khodam pergi ngacir: ilmunya tinggal. siul:

Pernah denger Mekar'e Kembang Liman master? flower:
Page 6 of 32 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Ilmu Warisan Leluhur