Saltwater Fish
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > Tips Merawat Penyu
Total Views: 42521 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 155 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

kutulecetz - 09/10/2011 01:13 PM
#1
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu

Quote:
Quote:
Dasar Perawatan Penyu


Penyu adalah binatang carnivora (pemakan daging), di habitat aslinya (laut) penyu suka makan ubur-ubur dan ikan kecil.
Anda bisa memberinya ikan mas kecil atau jenis lain yang masih hidup, dia akan mengejarnya.
Merawat penyu sebenarnya mudah saja, Tapi Penyu yang sudah di perdagangkan biasanya di taruk di air tawar dan dia adaptasikan untuk makan pelet dan sayuran. ini yang membuat merana si penyu.
Kalo ini yang terjadi pada penyu anda, segera taruh penyu itu di air laut, dia akan lebih segar dan berkembang dengan sehat.

--------
Quote:

SARAN DAN LARANGAN

saran & larangan ane utk agan2 smua :
1. [COLOR="Red"]Jgn pernah beli benda apapun yg terbuat dr penyu[/COLOR],
Entah itu karapas kering, ato penyu awetan ato sup daging penyu. Klo mo makan hewan enak, masih banyak kok hewan yg ga dilindungi yg rasanya ga kalah ma daging penyu.

2. Jgn perna beli tukik dr pedagang ikan kecuali agan da yakin & memiliki komitmen kuat utk miara mpe gede.
Karena penyu itu hewan berumur panjang, mgkn agan da mati, mrka masi idup. Jadi perlu ketelatenan utk stiap hari motong2 cumi bwt mereka.

3. Menyumbanglah barang sepuluh ribu ato duapuluh ribu klo agan ketemu stand penyelamatan penyu.
Gw yakin kalian sanggup kok. Apalah artinya uang sekecil itu utk penyelamatan hewan seanggun penyu.

4. JANGAN PERNA MENCOBA PIARA PENYU BELIMBING. ITU PENYU PALING LANGKA & PALING SUSA DIPIARA.
BIARKAN ALAM YG MIARA AJA


Special thanks to aquafionna
Edited from original post:cara merawat tukik


thread ini merupakan lanjutan dr thread merawat penyu
kutulecetz - 09/10/2011 01:13 PM
#2
Tips Perawatan Penyu
Quote:
Quote:

PEMBUKAAN

Gw bkn peneliti pnyu, tpi gw pecnta pnyu bngt, dr kcl malah gw dah sk pnyu. Skrg uda 6 taunan gw brgrak di bdng penyelamatan tukik2 yg tlanjur nyasar di tangan pedagang2 ikan hias. Biasanya gw bli tu penyu2 trz gw piara mpe 8 bln (sktr 10cm) trus gw lepas lg ke laut (sewa prahu nlayan). Pas awal2 gw ngelakuin ini, byk jg tukik yg mati di tngn gw, tpi skrg uda ga lagi, gw uda ckp mahir piara penyu. Skrg paling mati 1 dari 30 ekr aja.

Nah, gw mo share ilmu gw ke agan2 semua, biar penyu2 kalian ga menemui ajal gt. Gw nulis smw yg gw tau di sini. Smoga bermanfaat utk smwnya.


Quote:

FAKTA UMUM TENTANG PENYU

Pertama, gw mo kasi tau fakta yg umumnya terjadi:
1. Tukik yg dijual di jkt ato bandung biasanya cm 2 jenis (penyu hijau >- warna karapaks item & penyu sisik >- warna karapaks coklat). Gw cm skali berhasil dpt tukik lekang, tpi itu mati, susa jg piaranya. T.T
2. Populasi penyu hijau paling tinggi di slrh dunia, jadi itulah sebabnya kenapa penyu ijo paling banyak dijual tukik & dagingnya.
3. SEMUA JENIS PENYU DILINDUNGI UU DI INDONESIA, jd siap2 aja diciduk polisi, tpi itu agk jrg terjadi kok.
4. Semua penyu adlh hewan laut, jd mrka PERLU AIR LAUT & MAKANAN LAUT.
5. Semua jenis penyu adlh reptil, jd MEREKA TIDAK AKAN BISA BERNAPAS DIDALAM AIR. Mrka ga pny insang, mrka hrs muncul ke permukaan biar bisa ngambil napas.

Quote:

FAKTA MENARIK TTG PENYU

Kdua, gw mo kasi tau fakta menarik yg ada di penyu :
1. Tau ga kenapa smw tukik itu selalu mengambang? Mksdnya ga bisa/sulit menyelam, pasti bawaannya ngambang terus kan?
Spoiler for Jawaban

Tukik itu hewan rapuh, bayangkan klo agan berenang di laut trz dateng ombak kcl aja, agan belom tentu sanggup ngelawan tu ombak kan? Nah, apalagi si tukik. Begitu masuk laut, mrka bakal diombang ambing ma ombak, jd Tuhan menciptakan mrka dgn gelembung renang di perut mrka, fgsinya kaya pelampung, jadi dihantem ombak ky apapun, mrka ttp ngambang, jd mrka ttp bisa napas gt. Itulah sebabnya gw yakin ga ada satupun tukik agan yg bs nyelem lama2 kan??? (PERHATIAN, ini hanya berlaku utk tukik, ketika mrka da remaja ato dewasa, mrka sanggup kok nyelem krn gelembung renangnya da ga ada)


2. Tau ga kenapa smw tukik terutama tukik pnyu hijau berusaha berenang terus walopun udah nabrak dinding akuarium?
Spoiler for Jawaban

Itu adlh insting mereka. Jadi segera setelah menetas mrka hrs mencari lautan & berenang sejauh mgkn utk menghindari pemangsa di daratan (kepiting, burung, anjing, manusia, dll). Di laut jg mrka hrs menghindari ikan bsr, hiu dan predator2 lain. Itulah sebabnya tukik2 yg baru menetas slalu gerak terus. Kalo dia uda agak anteng berenangnya, bisa dipastikan penyu itu uda sktr seminggu menetas.


3. Bagaimana membedakan jenis kelamin penyu saat masih berupa tukik?
Spoiler for Jawaban

Sulit sekali membedakan penyu jantan ma betina ketika mrka masi tukik krn cara ngebedainnya dari panjang ekor mereka.


4. Penyu itu termasuk hwan herbivora ato karnivora?
Spoiler for Jawaban

Para ahli blg penyu hijau akan menjadi herbivora stlh berukuran di atas 15 cm, mrka katanya cm makan rumput laut ato alga ato lamun (sejenis rumput laut), tapi gw menemukan fakta lain, penyu ijo gw yg di atas 15 cm masi doyan daging tuh, en sbaliknya penyu ijo kcl gw jg doyan ager.
[spoiler=Saran bagi pemula]Agar tidak mogok makan untuk tukik sebaiknya beri mereka makan brupa daging2 laut, cth: [B]potongan ikan, udang, cumi, dll. Kalau sdh agak besar, bisa divariasikan dengan sayur2an sprti rumput laut, agar2, dll.[/B]

[/spoiler]

5. Bisakah kita merawat beberapa penyu dalam 1 wadah/akuarium?
Spoiler for Jawaban

Semua penyu adalah hewan soliter (penyendiri). Mereka idup mandiri di laut bebas, kecuali klo musim kimpoi ya, klo ga gimana kimpoinya dnk klo co ga ketemu ce?? (ini bisa menjelaskan kenapa penyu sk cokot"an, pertama mrka ga terbiasa idup berame2 gt, kdua mrka lapar, jd mrka cb gigit sirip dayung temennya krn mrka pikir itu makanan).
[spoiler=Kesimpulannya]Sebaiknya pelihara 1 penyu saja dalam 1 akuarium agar tidak terjadi perkelahian

[/spoiler]

6. Ini pendapat gw aja, gini, mnrt gw, penyu itu lapar terus
Spoiler for
Misal dia makan kenyang mpe ga bs makan lg jam 8 pagi trz 3 jam kmdian dia EE* trus abis hajatan dia laper lagi deh. Gitu kira2 pendapat gw.


Quote:

PERSIAPAN MEMELIHARA PENYU

Ktiga, ini yg plg penting, gw mo share cara ngerawat penyu :
1. Siapkan 2 wadah (akuarium/ember/baskom/pot/apapun dah asal dy ckup luas, di atas 10*10 cm lah). 1 wadah lebih besar & tinggi dr wadah lainnya.

2. Isi wadah besar dgn air laut semaksimal mgkn (misalnya klo tinggi wadahnya 30 cm, ya isi dgn aer laut mpe 25 cm lah kira2)

3. Air laut bisa didapat dr laut asli ato beli di pedagang air laut ato buat ndiri dgn cara air tawar dicampur garam (jgn garam ikan, garam dapur yg non yodium adlh yg terbaik). Takarannya, makin asin makin baik, klo agan pny salinity test (alat utk ukr keasinan aer laut) itu lebih baik. Airnya minimal hrs di antara batas wajar yg ada di alat itu.

4. Filter / saring air laut di wadah besar dgn pompa filter + saringan akuarium biasa slama semalaman ato sampe aernya bening skali. Klo uda angkat aja tu filter ma saringannya, ga dipake lg mpe tiba waktunya ganti aer kok.

5. Lepaskan tukik agan ke dalam wadah besar. Ga perlu adaptasi2 sgala, lgsg aja lepas di wadah bsar.

6. Letakkan wadah bsar di tmpt yg teduh, mksdnya siang kena matahari scra ga langsung, malam dia bisa kena ma udara bebas.
JANGAN TARO DI INDOOR ATO RUANG BER AC.

7. Beri makan 2 kali sehari, pagi dan sore setiap hari. Caranya ada di no 8

8. Agar air di wadah besar tidak cpat kotor, maka beri makan penyu di wadah kecil
Spoiler for Contoh

- Ambil segayung aer laut dr wadah bsr dan tuangkan di wadah kcl.
- Pindahkan tukik dari wadah bsar ke wadah kecil.
- Kmdian cincang udang beku / cumi beku / ikn beku jns apa aja.
- Cincang sekecil mgkn, gw si biasa cincang mpe sktr 2 mm*2 mm gt. Biar bisa dimakan ma tukiknya.
- Banyaknya cincangan kira2 seukuran perut si tukik.


9. Biarkan ampe makanan abis ato jika stlh 2 jam dibiarkan makanan belum habis, segera pindahkan si tukik ke wadah besar lg.
TUKIK GA TAHAN DI AER KOTOR DLM WAKTU LAMA.

10. Usahakan beri makan tukik selagi matahari masih tinggi, krn tukik for sure ga akan bisa ngeliat tanpa cahaya.

11. Beri makan si tukik di wadah kecil hingga air laut di wadah besar habis. Klo uda habis, saatnya sikat wadah besar dgn sabut pencuci piring (hrs sabut bersih ya, bkn yg bekas sabun cuci piring) mpe ga licin permukaannya. Klo uda, isi lg dgn aer laut mpe batas maksimal trz filter lg, trz ngasi makan lg deh utk berhari2 ke dpn.

Quote:

INFO TAMBAHAN

Keempat adalah tambahan2 yg kadang berguna jg :
1. Utk makanan sampingan, bisa buatkan mrka agar2 ato nutrijel.
Cemplungkan di wadah kecil, sdkit saja stiap pagi. itu membantu pencernaan mrka.

2. PERHATIKAN BAIK2 KARAPAKS TUKIK AGAN.
Seharusnya karapaksnya mengkilap gt, jd sikat dgn lembut pake sabut pencuci piring bersih di karapasnya, kpala bagian atas dan di perutnya. Bersihkan semuanya dari lumut, jamur & parasit yg menempel di sana.

3. Tukik ga tahan ma udara panas,
Jd jangan jemur kelamaan tukik agan, klo aernya panas, niscaya mrka akn tewas. Mereka lebih kuat di air dingin (tpi ga ampe aer es gt ya).

4. Tukik ga akan berumur panjang klo dikasi makan ikan mas ato ikan lele ato pelet ikan aer tawar ato pelet ikan aer laut ato cacing beku.
Mereka cuma cocok ma makanan segar dr laut yg belum diolah. Pergilah ke pasar, beli sedikit cumi, sedikit udang, sedikit kerang, sedikit daging ikan mentah. Kemudian bekukan smua itu di kulkas. Potong sdikit2 stiap pagi & sore.

5. Tukik yg sehat adlh tukik yg gendut.
Cara liatnya, angkat tukik dari aer trz balik mpe kliatan perut putihnya (item klo agan miara penyu sisik). Kalo mrka sehat, harusnya gendut skali. Kalo perut putihnya rata ma karapaks ato lebih gawatnya cekung ke dalam, itu artinya penyu agan da ga tahan lama lagi. Saran gw, segera pergi ke laut dan lepas mrka, biar Tuhan yg urus, mo mati ato idup tu penyu. Gw ga bisa memberi saran klo mrka da sesakit itu.

6. Penyu sisik jauh lebih karnivor dr penyu ijo, tpi mrka cenderung anteng,
Ga kaya penyu ijo yg enerjetik banget, gerak mulu.

Quote:

JENIS-JENIS TUKIK

Klima gw kasi contoh gambar anak tukik :
1. Tukik Penyu Hijau (punggung hitam dgn garis coklat di tengahnya kdg2, perut putih, duri di sirip depannya cm 1)
Spoiler for penamakan
Tips Merawat Penyu



2. Tukik Penyu Sisik (punggung coklat dgn sisik yg agak bertumpuk, perut hitam, duri di sirip depannya ada 2)
Spoiler for penampakan
Tips Merawat Penyu

3. Tukik Penyu Belimbing (punggungnya kayak belimbing)
Spoiler for penampakan
Tips Merawat Penyu


kutulecetz - 09/10/2011 01:14 PM
#3
Tips Perawatan Penyu
Quote:
Quote:
PENUTUP

Semua di atas adalah pengalaman pribadi gw dlm usaha gw utk menyelamatkan tukik2 yg ada di tangan2 pedagang ga tau diri. Gw sadar melihara tukik itu dilarang negara, so gw bersedia dihukum, tpi yg penting gw tau apa yg gw lakukan ini benar, gw cm mo mencoba menyelamatkan mereka aja.

Silakan ditambahkan jika sekiranya gw kurang di atas coz gw tau mskipun gw da lama bergerak di bidang ini, toh tetep aja kadang masih ada tukik gw yg ketemu penciptanya tanpa permisi gt, so gw yakin, gw masih pny kekurangan, tlg dikoreksi ya klo salah.

Dan perlu dicatat, gw ga merendahkan siapapun di sini, gw cm mo berbagi ilmu saja.

thx & smoga bermanfaat.
maap kepanjangan.


TIPS MERAWAT

Quote:

Setelah Anda mendapatkan kura-kura sebagai hewan peliharaan Anda, Anda harus mulai belajar bagaimana Anda benar dapat mengurusnya. Karena ada berbagai jenis penyu, Anda harus mengetahui kebutuhan spesifik dari satu yang Anda beli. Berikut adalah 5 tips dalam merawat terbaik untuk setiap jenis kura-kura sehingga mereka akan mendapatkan perawatan kura-kura yang tepat dan hidup lebih lama:


Membuat mereka merasa di rumah

Lingkungan yang tepat sangat penting untuk kura-kura Anda. Namun sebelum melakukannya, Anda mungkin ingin tahu dulu lebih banyak tentang kura-kura dan apa kebutuhan mereka dalam suatu lingkungan. Ada beberapa kura-kura yang membutuhkan lingkungan baik kering atau basah tapi di sini ada juga orang lain yang membutuhkan keduanya.


Berikan diet kura-kura yang cocok

Jangan lupa untuk memberikan jumlah yang cukup dari makanan untuk kura-kura anda. Hal ini akan membantu kura-kura anda memiliki hidup yang lebih sehat serta lebih lama. Lebih sering daripada tidak, pola makan kura-kura lebih pada sayuran segar terutama selada. Namun, direkomendasikan bahwa Anda mencoba untuk membuat penelitian tentang kura-kura untuk mengetahui diet yang akan sesuai dengan kura-kura hewan peliharaan Anda.


Kelompok mereka sesuai

Mengetahui kondisi hidup penyu Anda sangat penting. Pengelompokan mereka adalah salah satu cara yang paling penting tentang cara merawat kura-kura. Beberapa ingin hidup dengan kura-kura lainnya sementara yang lain ingin dibiarkan sendiri. Jika kebetulan yang berkembang biak kura-kura Anda 'tinggal bersama kelompok pastikan bahwa Anda mengelompokkan mereka sesuai dengan ukuran mereka serta proporsi yang sama mereka.


Kura-kura yang tepat perawatan dan pemeliharaan yang baik

Kura-kura hanya seperti hewan peliharaan lainnya. Sebagai pemilik, Anda memiliki tanggung jawab untuk menghadiri kepada mereka setiap hari. Meskipun menjaga kura-kura sebenarnya tidak sulit, perawatan kura-kura yang tepat masih penting. Anda harus menyadari jika ada perubahan dalam perilaku kura-kura anda yang mungkin karena masalah lingkungan atau kesehatan pada hewan peliharaan Anda. Menghabiskan beberapa menit dari waktu Anda adalah salah satu kura-kura peduli bahwa semua pemilik harus dilakukan. Ini adalah untuk mengetahui dengan mudah jika ada perubahan terjadi di kura-kura.


Pastikan bahwa Anda berdedikasi

Jika Anda akan membaca tentang kura-kura Anda akan tahu bahwa mereka memiliki umur yang panjang. Biasanya, mereka mencintai dari 30 hingga 50 tahun. Bahkan ada beberapa yang bisa mencapai ulang tahun keseratus mereka. Oleh karena itu, Anda harus memiliki careso penyu berkomitmen bahwa Anda dapat memupuk dan menghargai hewan peliharaan Anda sebagai Anda berdua menjadi tua.


Quote:

Anda telah membawa bayi penyu air ke rumah Anda dan bertanya-tanya bagaimana cara merawat kura-kura. Nah, perawatan kura-kura air sampai batas tertentu tergantung pada sifat spesies, yaitu jumlah air, semi air, air tawar atau laut. Habitat dasar kurang lebih sama. habitat penyu Perairan harus meniru habitat alami kondisi mereka sehingga mereka mampu membangun niche sempurna dalam mereka sendiri. Jadi membaca isi berikutnya untuk mengetahui kondisi ideal untuk pemeliharaan kura-kura air di rumah. Dapatkan beberapa info lebih lanjut tentang habitat penyu air.



Perumahan
Spoiler for Perumahan

Penyu membutuhkan ruang besar untuk tumbuh dan berenang. Untuk 4-6 ” ukuran, sebuah tank 10 galon minimum diperlukan pada awalnya.. Harus ada berenang dalam area di dalam casing atau perumahan air dangkal sangat ideal untuk kura-kura bayi ketika mereka belajar berenang awalnya. Dapatkan batuan dan kerang dalam menyediakan mereka beristirahat dan tidur. Anda juga dapat mengambil penyu di musim panas dan memungkinkan untuk berjemur di kolam yang memiliki pulau-pulau batu kecil di dalamnya.




Suhu
Spoiler for suhu

Anda perlu mempertahankan suhu di dalam perumahan. Aquarium pemanas biasanya digunakan untuk menjaga suhu antara 65-85 F. Anda juga dapat menempatkan sumber cahaya UV di atas akuarium untuk merangsang sinar matahari. Ini juga merupakan pengganti yang baik yang dapat digunakan bersama-sama dari sinar matahari langsung. suhu rendah membuat mereka lesu dan mereka cenderung untuk hibernate dan berhenti makan.




Penyaringan
Spoiler for Penyaringan

Anda harus membersihkan akuarium setidaknya sebulan sekali. Bahkan kolam harus dibersihkan bila Anda menjaga mereka di luar ruangan untuk berjemur. Mereka harus filtrasi sistem yang memadai untuk membersihkan air dari produk-produk limbah. Tabung filter, kekuasaan kotak submersible filter dan filter spons adalah pilihan yang baik.




Makanan
Spoiler for Makanan

Kura-kura tumbuh baik bila diberi pakan komersial, seperti ReptoMin. Anda juga dapat memberi mereka makan ikan mentah, daging atau ayam kalkun. Serangga, cacing dan tanaman air juga item makan baik untuk kura-kura air. makanan kering seperti chow trout atau ReptoMin tetra juga sehat bagi mereka. Anda tidak boleh memberi makan penyu dengan makanan yang membusuk dengan cepat dalam air. Jangan meloloh mereka karena akan sia-sia, dan juga merusak lingkungan di dalam tangki. Anda juga bisa memberikan blok kalsium untuk pengembangan shell kuat.




Penyakit
Spoiler for Penyakit

kura-kura Perairan menghadapi masalah jika kondisi ideal tidak dipelihara. gizi yang buruk, suhu dan lingkungan tidak higienis sering membuat mereka sakit. shell mereka seringkali rentan terhadap serangan jamur. Bintik-bintik putih dan abu-abu, gumpalan, dan serpih terlihat pada shell mereka. Anda dapat membersihkan kulit mereka dengan 5% larutan yodium secara terus menerus. Berdaging kulit, luka, luka dan mata bengkak adalah gejala umum dari penyakit. Jika Anda mengamati perubahan, membawa hewan peliharaan anda ke dokter hewan untuk pemeriksaan. Baca lebih lanjut tentang penyu air sebagai hewan peliharaan.

kutulecetz - 09/10/2011 01:14 PM
#4
Perbedaan Penyu Dan Kura-Kura
Quote:

Selama ini saya suka bingung untuk penggunaan kata penyu dan kura-kura. Setelah jalan-jalan iseng ke sea world kini saya tau perbedaan antara penyu dan kura-kura.

PENYU
Tips Merawat Penyu

KURA-KURA
Tips Merawat Penyu
Quote:

Penyu vs. Kura-kura
Quote:

Penyu merupakan hewan laut, yang banyak menghabiskan masa hidupnya di air asin. Penyu pergi ke darat ketika dia ingin bertelur (yaitu tempat dimana dia dahulu menetas). Sedangkan kura-kura lebih banyak menghabiskan waktunya di air tawar atau daratan.
Penyu tidak memiliki kuku seperti kura-kura yang digunakan untuk membantunya makan dan berjalan di darat. Tangan dan kaki penyu merupakan sisik yang membatunya untuk berenang di lautan.
Penyu tidak dapat memasukan kepalanya kedalam tempurungya (untuk penyu biasanya digunakan istilah karapas), berbeda dengan kura-kura yang dapat memasukan kepalanya ke dalam tempurung yang berguna untuk melindunginya dari predator.

Dan kalau ditanya bahasa inggrisnya, maka saya akan membedakan antara penyu dan kura-kura. Jika penyu saya menggunakan istilah sea turtle sedangkan untuk kura-kura hanya turtle. hhee... p

Tips Merawat Penyu

Quote:
[quote]
1% Yang Menentukan Dalam Siklus Hidup Penyu

Penyu dewasa melakukan perkimpoian pada perairan dangkal dekat pantai peneluran, atau habitat yang biasa untuk mencari makan (Carr 1954 cit. Witzell 1983; Zamani 1996 cit. Mulyono 2000). Penyu jantan akan terlihat dengan satu atau beberapa penyu betina pada masa kimpoi (Bustard 1972). Perkimpoian biasanya dilakukan pada pagi hari atau saat matahari akan muncul. Perkimpoian mereka terjadi di lepas pantai 1-2 bulan sebelum peneluran pertama pada musim tersebut.



Saat kimpoi, penyu jantan berada di punggung penyu betina dengan jalan mencengkeram bahu betina dengan kuku yang terdapat pada flipper depan. Waktu yang dibutuhkan mulai bercumbu hingga selesai kopulasi kurang lebih 4-6 jam. Kopulasi dilakukan dengan pasangan yang berbeda-beda selama musim kimpoi.



Penyu betina menyimpan sperma yang diperoleh dari beberapa jantan di dalam tubuh mereka untuk membuahi 3-7 kumpulan telur (nantinya menjadi 3-7 sarang) yang akan ditelurkan pada musim tersebut, dengan selang waktu 2 minggu. Hanya penyu betina yang akan naik ke pantai untuk bertelur. Biasanya waktu yang dipilih adalah malam hari karena suhu lebih dingin dan sedikit pemangsa. Penyu bertelur berkisar antara 75-195 butir telur, dengan kedalaman sarang 30-60 cm. Setelah meletakkan telurnya penyu menutup lubang sarang dengan pasir menggunakan sirip belakangnya, kemudian menimbun lubang badan dengan keempat siripnya dan kembali ke laut. Proses ini terjadi kurang lebih selama 1-2 jam.



Seekor penyu jantan melakukan kopulasi dengan beberapa ekor betina, setelah melakukan kopulasi penyu jantan akan bermigrasi ke feeding ground. Penyu betina melakukan aktivitas tidak jauh dari pantai peneluran. Beberapa minggu setelah kopulasi, penyu betina menuju daratan untuk bertelur. Setelah bertelur, penyu betina akan kembali kelaut (Nuitja 1992).



Limpus (1985) juga menjelaskan bahwa setelah telur penyu menetas, tukik akan keluar dari sarang dan bergerak menuju laut. Selanjutnya anak penyu/tukik akan berkelana, mula- mula di perairan dangkal dan kemudian ke laut bebas hingga tidak di ketahui lagi tempatnya. Para ahli menyebut sebagai Tahun Yang Hilang ( The lost Year ) sampai dewasa kelamin dimana penyu akan datang lagi ke pantai peneluran.



Jika kita perhatikan daur hidup penyu di atas maka terlihat bahwa penyu betina akan naik ke darat selama 1-2 jam untuk bertelur, selebihnya hidup penyu dihabiskan di laut. Hidup penyu di darat tidak lebih dari 1 % dari hidupnya namun sangat menentukan bagi perbaikan populasinya di dunia. Oleh karena upaya perlindungan dan pelestarian habitat penyu merupakan upaya konservasi yang sangat berharga bagi keleastarian populasi penyu di dunia.


Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu

sumber.
sumber.
[/quote]
kutulecetz - 09/10/2011 01:15 PM
#5
Kesehatan Penyu
Quote:
Quote:
[quote]
Kesehatan Penyu

Mereka mengatakan bahwa ketika Anda ingin merasakan bagaimana untuk memiliki anak, mendapatkan hewan peliharaan Anda sendiri. Jika Anda bertahan, maka mungkin, Anda siap untuk memiliki bayi Anda sendiri Kura-kura adalah seperti anak-anak yang perlu diurus.. Mereka membutuhkan perhatian, perawatan yang konstan dan cinta dari pengasuh mereka. Mereka juga sakit. Tidak seperti anak-anak yang dapat dengan mudah menangis ketika ada sesuatu yang menyakiti, ini bergerak lambat hewan peliharaan jelas tidak memiliki kapasitas untuk mengatakan apa yang mereka rasakan. Tapi pengamat akan tahu bahwa ada sesuatu yang salah dengan hanya melihat kura-kura. Sebuah perubahan kecil dalam perilaku dan bahkan perubahan warna shell atau bahkan perubahan pada pola renang mereka akan menunjukkan sesuatu yang salah dengan perawatan hewan peliharaan Anda Penyu mencakup pengetahuan tentang tanda-tanda..

Indikator termudah dari kura-kura yang sakit adalah penampilan fisik. Cangkang mereka mengatakan banyak tentang hal itu. Sebuah perubahan kecil dalam warna atau cacat benar-benar akan mengungkapkan bahwa ada kekurangan pada vitamin atau asupan kalsium. Ruam atau bahkan awal adalah tanda cedera. Kulit shedding untuk beberapa hewan mungkin normal tetapi untuk kura-kura hewan peliharaan mungkin menjadi tanda infeksi jamur.

Kura-kura yang sakit juga mendapatkan hidung meler dan mata bengkak. Bersin, batuk dan megap-megap tidak terbatas pada manusia karena kura-kura sakit mendapatkan mereka juga. Jika Anda melihat tanda-tanda kelesuan ditambah dengan kura-kura Anda, hal ini dapat berarti bahwa hewan peliharaan Anda menderita infeksi bakteri atau pernapasan. Ini biasanya terjadi jika habitatnya terkontaminasi jadi lebih baik periksa tangki penyu mereka dan tetap bersih selalu. Hal ini juga mungkin karena diet yang salah dan tidak seimbang.

Jika kura-kura hewan peliharaan Anda berhenti makan atau berenang secara tidak menentu ditambah dengan gejala lain yang disebutkan di atas, maka mungkin menderita dari kekurangan dan / atau cedera telah disebutkan. Membawa mereka ke dokter hewan biasa benar-benar akan membantu banyak dalam menentukan penyakit mereka. Juga mempertimbangkan tangki mereka atau akuarium jika bersih. Makanan mereka juga mungkin menjadi faktor besar, maka, mengetahui kebiasaan makan mereka sebelum mengambilnya benar-benar penting.

Sekarang Anda tahu tanda-tanda bahwa kura-kura hewan peliharaan Anda mungkin sakit dan alasan yang mungkin mengapa mereka mengalami gejala seperti itu, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi apa yang menyebabkan penyakit ini. Melindungi kesehatan kura-kura Anda adalah mudah jika Anda dapat dengan mudah mengenali tanda-tanda. Jika semuanya gagal, Anda selalu memiliki dokter hewan Anda yang akan membantu dalam merawat kura-kura Anda sakit.

Quote:

Quote:

About Proses Penawaran

selamat brooo
tapi hati2 lo bro, masa lemas tukik mulai letoy mulai 2minggu di tawar.

saya juga lg proses penawaran, sudah hampir 2bulanan di air tawar, tp harus di supply air laut minimal 3jam setiap 1 minggu sekali

gejala2 mulai letoy seperti ini bro
- badan mulai kutilan, kecil2 tp
- mata berkabut, agak sayu
- mata keluar gumpalan air mata (ini lendir lunak)

fase2 (menurut ane mulai ga mampu) walau secara fisik masih oke
- mata sering di pejamkan (kemungkinan 1 mata aja), terutama kalo airnya di obok2, matanya bakal di tutup (semacam perih gitu mungkin)
- kl hunting makanan sering meleset dan aga lamban, sering salah caplok, alias ngawur makannya

tapi diatas gejala2 diatas, tukik masih sehat, masih lincah, masih aktif dan gerak2 gitu, cmn ane ga tau fejala2 diatas itu bakal bermasalah apa engga, cmn ane takud aja. penyu di kota ane super langka soalnya wkekke


setelah di kasi air laut +/- 3jam an
- lendir hilang
- mata cerah
- gerakan enak dilihat dan nyaplok makanan juga sip
- mata terpejam hilang juga hehe

semoga kita sama2 berhasil gan hehe

-----------------------------------------------------------------------

bantu jawab ya gan
1. tukik ga nyaman di air tawar reaksinya, dia berenang2 terus, serasa mau loncat, kalo diaquarium gampang banget keliatannya..
kalo pantat tukik dibawah, hampir 50derajat, itu kategori mau serasa mau loncat, alias ga nyaman.. memang penyu walau diair laut juga kadang keluar posisi 50derajatnya, tp ga begitu seterusnya, biasanya kl diair laut berenangnya bener2 datar, tenang, kadang selem2, indah pokoknya

2. air tawar itu, bukan air laut, meliara tukik pertama kali harus, disarankan air laut gan, kl air tawar+garam juga konon bisa, tp takaran harus pas, dan tidak bisa sesuai dgn air laut kan ?

3. air non kaporit, air tidak mengandung kaporit gan.
tp pada dasarnya penyu itu bukan ikan, bernapas dgn paru2, jadi air bukan masalah, jadi semacam aerator itu tidak berguna untuk penyu (malah kadang buat maenan dikira ubur2) >.<

** memelihara penyu sangat mudah, ga usah pake teori baku, jalani aja
asal mau makan itu sudah cukup membuat penyu hidup dan sehat

mau di jemur 3 jam ga masalah (ane jemur tiap hari 3jam waktu tukik, sekarang sudah lebih)

kasi makan di baskon terpisah ga harus pake air laut, jika pertama kasi kasi baskom + air tawar, lalu si penyu panik, itu wajar, tp nanti terbiasa kok hehe

secara kebetulan karena ane skrg lagi banyak kesibukan, setiap hari jam 9 pagi sampe 5 sore, penyu ane masukin ke kolam koi ful tawar, baru malamnya jam 6an ane masukin ke rumah air payau nya, sudah hampir 1 bulan penyunya berpola seperti ini, dan fine2 aja hehe, kapan2 ane upload videonya hehe
sumber.
sumber.





Quote:
Quote:

Mengobati Penyu Berlumut


kayaknya saya tau gan kenapa penyunya sering lumutan

1. aquarium pasti letaknya di tempat terbuka + kena sinar matahari langsung, juga menggunakan sistem "air terjun", dlm artian air mengalir berulang2 dan kena sinar matahari terus menerus, ini bikin lumut ceped banget tumbuhnya
(saya tau karena kolam ikan saya lumutnya buanyak banget)

dan kalo diliad , itu lumut nya sangking berkembang biaknya sampe batok kepala penyunya ijo2 ada lumut O_O, jadi keknya indikasi penempatan aquarium yg bikin lumut cpd berkembang

cara test nya:
- coba dinding aqua rium nya di pegang pake tangan, licin ga ? kl licin berarti itu banyak lumut kasat mata, sedang menurut saya penyu sama ikan berbeda, kl ikan ada minyaknya, jadi bisa aja dinding aqua licin karena minyak itu, sedang penyu itu ga berminyak/lendir

untuk tukik yg di leher ada kotorannya seperti punya agan thatha, kl mo dibersihin gpp kok, kulit tukik itu tebel lo (maklum tergolong reptile)
sumber.


Quote:
Quote:

Pengobatan Bintik-Bintik Kuning Pada Penyu


pertolongan pertama, air harus besih/diganti air baru, lalu tukik HARUS mau makan, asal mau makan, dijamin aman

kalo sempet di jemur gan, lama gpp kok, ane biasa jemur 2 jam, jam 9 sampe jam 11 biasanya, itu buat mattin semacam bakterinya

kl bintik kuning ga usah kawatir gan, asal mau makan aja, ane pernah sampe sobek dayungnya yg di ketiak, tp skrg sembuh normal, padahal sampe menuning kek jamur besar banget

------------------------------------------------------------------------

siripnya jerawatan apa sobek ?
pengobatannya ada 3 cara
1. bisa di sebut cara alami
- kutil, jerawat, luka sobek, lecet, itu akan menjadi koreng (putih2 keras gitu) ini didiam kan aja, nti bisa sembuh n lepas sendiri kok cmn proses pelepasannya lama, kadang sampe kek karang nempel di kulit gitu

2. cara alami + pengobatan
- ini biasa dipake agan aqua, jadi lukanya di biarin jadi karang / koreng dolo, sampe keras, kemudian di cutik/cungkil, tp luka harus bener2 sudah keras ya, jadi siap di cutik

3. cara pengobatan
- ini biasa di pake agan torto, untuk obatnya bisa tanya dia, ini langsung di obati menuju pusat syarat, cieeee hehe.. jadi penyu diperlakukan layaknya manusia begitu

nah selama kutilan ini, biasanya penyu bisa jadi lemas, yg paling parah napsu makan turun
biasanya kl napsu makan turun ujungnya ga mau makan, lalu mokad O_O

------------------------------------------------------------------------

kutil makin banyak berarti air nya kotor gan, coba sering2 di jemur, lama gpp kok, ane kl jemur 3 jam, malah baru2 ini sepanjang hari, soalnya ane kasi ke kolam koi, lagi banyak kerjaan jd ga bisa sering tengok >.<

kutil makin gede wajar kok, itu nanti makin lama makin besar, keras dan kadang smpe menggunung, ngeri kek kutilan kasar gitu, tp lama2 lepas sendiri dan mulus seperti sedia kala

tukik kl kecil nyelemnya sulit gan, hehe, nti diatas 2 bulan dah bisa ambil makan di bawah (asal keliatan target nya) hehe

kl makanin dikasi wadah sendiri aja, air di sesuaikan, jadi udang nya yg tenggelam bisa dimakan krn airnya ga tinggi2 amad
sumber.
sumber.
sumber.
[/quote]
kutulecetz - 09/10/2011 01:15 PM
#6
Apakah Penyu Pet Pilihan Tepat untuk Anda?
Quote:
Quote:

Panduan Anda Untuk penyu Pet - Apakah Penyu Pet Pilihan Tepat untuk Anda?


Kura-kura hidup yang sangat panjang, namun Anda perlu tahu cara merawat kura-kura dengan cara yang benar sehingga mereka dapat hidup bahagia. Jadi kura-kura peliharaan pilihan yang tepat bagi Anda? Mari kita cari tahu.

Anda mungkin telah mendengar tentang hewan peliharaan terrapins, kura-kura darat dan Penyu.

Jadi apa bedanya?

Terrapins umumnya berkembang di darat tetapi membutuhkan air untuk sesekali mencelupkan masuk Mereka berdua karnivora dan vegetarian, yang berarti mereka baik dapat mengkonsumsi ikan kecil atau gulma / ganggang. Di sisi lain, kura-kura sepenuhnya vegetarian. Mereka cenderung untuk hibernate semua sepanjang musim dingin dan hidup dengan baik sebagai hewan peliharaan dan taman cocok untuk rumah daripada ruang hidup yang lebih kecil seperti apartemen.

Penyu terutama ditemukan di laut. Mereka mengkonsumsi kedua ikan dan sayuran. Satu-satunya saat mereka pergi di darat adalah ketika mereka bertelur. Kura-kura tidak cocok untuk hewan peliharaan yang, bagaimanapun, istilah "kura-kura" umumnya digunakan untuk umumnya menggambarkan baik terrapins dan kura-kura.

Quote:
Perawatan Penyu :


Sekarang mari kita bicara tentang merawat kura-kura hewan peliharaan secara umum. Sebuah panduan penyu akan memberi Anda ide apakah memiliki satu adalah pilihan tepat untuk Anda. Berbeda dengan keyakinan umum, kura-kura peliharaan memerlukan banyak perawatan dan komitmen. Cara Anda merawat kura-kura hewan peliharaan akan tergantung pada kebutuhan yang spesifik-mencari tahu apa jenis lingkungan dan diet itu cocok untuk (lihat di atas). Selain itu, Anda perlu tahu apakah Anda benar-benar dapat memiliki kura-kura hewan peliharaan: itu adalah ilegal di beberapa negara.

Akuarium biasanya dianjurkan asalkan cukup besar. Hal ini disarankan untuk mendapatkan galon tangki 29 atau lebih besar. Jika Anda akan mendapatkan kura-kura hewan peliharaan yang memerlukan baik tanah kering dan air untuk berenang, Anda perlu memastikan ia memiliki cukup ruang. Batu-batu besar dapat digunakan sebagai lahan kering untuk kura-kura anda. Air tidak harus lebih rendah daripada cangkang kura-kura. Untuk kura-kura hewan peliharaan yang banyak berenang, Anda dapat meningkatkan tingkat air sedikit. Anda dapat memberikan pemanas kapal selam untuk menjaga suhu. Dianjurkan agar Anda membersihkan tangki penyu setiap beberapa hari. Filter dapat membantu.

Banyak kura-kura suka berjemur, sehingga menyediakan sumber penerangan di akuarium. Sebuah reptil 25-40 watt jemur cahaya diperbolehkan. Dianjurkan untuk meninggalkan cahaya pada hanya pada malam hari saat suhu mulai turun.

Ketika makan, Anda tidak melakukannya terlalu sedikit atau terlalu banyak. Pakan kura-kura hewan peliharaan muda hanya sekitar dua kali sehari. Vegetarian kura-kura biasanya menikmati pisang, tomat, apel dan daun selada. Jika penyu karnivora, Anda dapat makan ikan, jangkrik dan cacing tanah. Selalu bertanya tentang diet penyu disarankan sebelum membeli satu. Kebanyakan kura-kura membutuhkan sumber kalsium yang baik dan vitamin D untuk shell sehat.

Selain mengetahui cara merawat kura-kura, Anda perlu tahu panas untuk mencegah infeksi Salmonella. Jika Anda punya anak, penting untuk mengajarkan mereka bagaimana menangani kura-kura benar sehingga mereka tidak kontrak Salmonella. Entah mencegah mereka dari penanganan kura-kura atau pastikan mereka mencuci tangan segera setelah penanganan.

Lihat panduan kura-kura hewan peliharaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang perawatan kura-kura . Sekarang Anda tahu sedikit tentang kura-kura hewan peliharaan dan cara merawat kura-kura, kini Anda dapat memutuskan apakah akan membeli satu atau tidak.


Quote:
Quote:

Sebuah Panduan untuk Kebiasaan Makan Penyu Anda

Quote:
Makanan yang Anda akan berikan kepada kura-kura hewan peliharaan Anda akan menentukan apakah hewan peliharaan Anda akan bertahan dengan Anda. Itulah sebabnya mengetahui jenis kura-kura hewan peliharaan Anda sangat penting sehingga Anda benar dapat memberikan diet yang sehat dan seimbang untuk itu. Juga, mengetahui kapan dan apa yang harus memberi mereka benar-benar diperlukan dalam rangka untuk memiliki hewan peliharaan kura-kura sehat.

Apakah benar-benar ada seperti panduan tentang makan kura-kura hewan peliharaan Anda ini tidak berarti tugas yang panjang dan sulit makan hewan peliharaan Anda,? Ini sebenarnya sederhana dan hanya mengingatkan setiap pemilik hewan peliharaan untuk mengamati kebiasaan hewan peliharaan mereka makan. Ini akan membantu mereka banyak dalam merawat kura-kura mereka kurang kerumitan pada setiap pemilik hewan peliharaan.

Makanan yang tepat adalah kuncinya. Sebagian besar kura-kura makan daging dan sayuran (omnivora). Jadi diet seimbang akan mencakup kombinasi keduanya sehat. Namun, beberapa spesies seperti kura-kura benar-benar mencintai dan makan sayuran hanya pada tanaman dan rumput. Beberapa pemulung makan serangga dan bahkan makhluk laut lainnya. Tahu mana kelompok makanan hewan peliharaan Anda berada. Sebenarnya Anda tidak perlu membeli makanan dikomersialisasikan. Makanan umum Anda seperti daging dan sayuran dapat dimakan oleh mereka jika benar dibagi dan cincang.

Waktu adalah segalanya. Beberapa kura-kura memiliki waktu ketika mereka mengambil makanan mereka. Anda bisa mengamati ini pada hari-hari pertama mereka tinggal dengan Anda. Alasan mengapa Anda harus tahu ini tentu saja untuk menghindari memasok makanan yang mereka tidak akan makan. Makanan yang mereka tidak makan benar-benar menyebabkan kontaminasi tank mereka. Hal ini membuat lingkungan mereka kotor. Oleh karena itu, mengetahui kapan harus memberi makan mereka benar-benar akan mengurangi kontaminasi ini. Selanjutnya, adalah perlu bahwa mereka memiliki air minum yang bersih dengan menyediakan wadah terpisah untuk air minum mereka.

Penyu fakta makanan membantu tetapi variasi yang menyambut. Ya, Anda tahu kebiasaan makan hewan peliharaan Anda. Mereka makan sayuran dan mereka tampaknya puas dengan itu. Namun, para peneliti telah menunjukkan bahwa mengekspos kura-kura hewan peliharaan Anda untuk ikan kecil yang mereka bisa menangkap sebenarnya latihan dan jalan baru untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Titik di sini adalah penyu omnivora mungkin ingin lebih banyak sayuran saat mereka tumbuh lebih tua atau sebaliknya. Anda benar-benar tidak akan pernah tahu kecuali Anda mencoba untuk mengekspos mereka untuk varietas makanan lainnya. Tapi tentu saja, ini harus diambil dengan tindakan pencegahan.



sumber .
kutulecetz - 09/10/2011 01:16 PM
#7
SEA TURTLES Reproduction
Quote:
Quote:

SEA TURTLES Reproduction

1. Estimates of sexual maturity in sea turtles vary not only among species, but also among different populations of the same species. Maturity may range from as early as three years in hawksbills to 12-30 years in loggerheads to 20-50 years in green sea turtles.

2. Sexual maturity often is related to carapace size. Studies have shown that hawksbills reach sexual maturity at a carapace size of 60 to 95 cm (24-37 in.); loggerheads reach maturity at a carapace size of 79 cm (31 in.); and green sea turtles reach maturity at 69 to 79 cm (27-31 in.).

3. Evidence suggests that some turtles continue to grow after reaching sexual maturity, while some stop growing after reaching maturity.


Quote:

MATING ACTIVITY

1. For most species, courtship activity usually occurs several weeks before the nesting season.

2. Two or more males may court a single female.

3. Male sea turtles of all species except leatherbacks have enlarged claws on their front flippers. These help grasp the shells of the females during mating.

4. Fertilization is internal. Copulation takes place in the water, just offshore.

Quote:

NESTING BEHAVIOR

1. Like other turtles, sea turtles lay eggs.

2. Females come ashore on a sandy beach to nest a few weeks after mating.
Tips Merawat Penyu
Female sea turtles must come ashore to build nests and lay their eggs.

• Females usually nest during the warmest months of the year. The exception is the leatherback turtle, which nests in fall and winter.

• Females of most species usually come ashore at night, alone, most often during high tide. A female sea turtle crawls above the high tide line and, using her front flippers, digs out a "body pit". Then using her hind flippers, she digs an egg cavity. The depth of the cavity is determined by the length of the stretched hind flipper.

• A female deposits 50 to 200 (depending on the species) Ping Pong ball shaped-eggs into the egg cavity. The eggs are soft-shelled, and are papery to leathery in texture. They do not break when they fall into the egg cavity. The eggs are surrounded by a thick, clear mucus.

Tips Merawat Penyu
Sea turtle eggs are soft-shelled and papery to leathery in texture. A female may deposit as many as 50 to 200 (depending upon species) Ping Pong ball-shaped eggs into the egg cavity that she digs in the sand.

• The female covers the nest with sand using her hind flippers. Burying the eggs serves three purposes: it helps protect the eggs from surface predators; it helps keep the soft, porous shells moist, thus protecting them from drying out; and it helps the eggs maintain proper temperature. Experts can identify the species of turtle by the type of mound left by the nesting female and by her flipper tracks in the sand.

• Females may spend two or more hours out of the water during the entire nesting process.

• It is possible that through the storage of sperm from one or several males in the oviducts of the females, all clutches of the current nesting season may be fertilized without repeated mating.

3. Female Kemp's ridley and olive ridley sea turtles form masses called arribadas (Spanish for "arrival"). Arribadas contain thousands of egg-bearing females that come ashore at the same time to lay eggs.

4. Most females return to the same beach where they hatched to nest each year.

• Recent studies suggest that some females of some species will visit more than one nesting beach (other than the original beach) in a season.
• Females usually lay between one and nine clutches (groups) of eggs per season.
• Females may nest every two or three years.

SUMBER.
kutulecetz - 09/10/2011 01:16 PM
#8
Multi-celled animals (Metazoa)
Quote:
Quote:
[quote]
[B]CHORDATA (VERTEBRATES)
Marine turtles [/B]
Tips Merawat Penyu

Marine turtles
(Chelonoidea and Dermochelyoidea)
Tips Merawat Penyu

TURTLES IN DANGER OF EXTINCTION

There are only seven species of marine turtles throughout the world (if you count Chelonia agassizi as a separate species of the sea turtles, then there are eight species). Unfortunately their continued existence is very much threatened. Turtles rank high among the world's endangered species. In many areas people eat turtle meat and eggs and their oils are used in the cosmetic industry and their shells are used for combs (Tortoiseshell has been used to decorate jewelry and other objects). Moreover many turtles drown accidentally because they get entangled in nets. Bits of plastic are often mistaken for their favorite food, jellyfishes, and once swallowed they block the breathing and digestive passages.

Characteristics of marine turtles

Most species of marine turtle are much larger than their land relatives. Marine turtles, unlike land turtles cannot retract their heads completely into their shells. They have a compressed streamlined shell and broad flattened forelimbs to paddle. They weight over 500 kg. The span of their forelimbs is over 3m and the leatherback turtle can be over 2m long.


Tips Merawat Penyu
Comparison of the length of marine turtles:
1. Leatherback turtle 120-210cm 2. Green turtle 80-120cm 3. Loggerhead turtle 70-110cm 4. Hawksbill turtle 55-95 cm

Ecology and range of marine turtles

Turtles are found in around the world. Most migrate over long distances to reach their favored breeding sites. Turtles can dive down to depths of over 1500 meter.

Behavior of marine turtles

Turtles breathe air, but they spend as much as 3 hours submerged. They prefer open water, but are occasionally encountered close to reefs. Most turtles are mainly carnivores and feed on jellyfish, tuncates (ascidians, sea squirts), sponges (one of a few animals that eat them), soft corals, crabs, squids and fishes. Some turtles also feed on seagrasses and algae.

Breeding occurs in cycles that vary from 1-5 years. Turtles live and mate at sea, but during reproduction season the females return to the beach on which they themselves emerged as hatchlings to lay their eggs. Turtles are built for swimming, so they appear very slow and clumsy when emerging from the sea. A single female usually lays several batches of eggs at 2-3 weeks intervals. A hole is excavated with the hind flippers and about 50-150 eggs are deposited. The turtle immediately covers them with a layer of sand. Mucus streams from her eyes to moisten them. Finally after about 8 hours she returns to the sea.

Incubation time is about 2 months. The heat of the sun incubates the eggs. If temperatures rise above 29.9° C the embryos become female, lower temperatures result in male hatchlings. Eggs hatch usually at night. After emerging from the nest the young turtles must literally run for their live. Sharks and other large fishes as well as birds pick them off while they dash to the sea.

Photos of marine turtles (photo collection) click for enlargement

Tips Merawat Penyu
INFO - Green Sea turtle (Chelonia mydas)

Tips Merawat Penyu
INFO - Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata)

Tips Merawat Penyu
Baby turtle, just hatched

Quote:

How to distinguish the 7 species of marine turtles?

Click on the illustration and jump to a description of that species.
Key to the identification of 1. hawksbill turtle 2. loggerhead turtle 3. green sea turtle 4. olive Ridley turtle 5. leatherback turtle 6. Australian flatback turtle 7. Kemp's ridley

Tips Merawat Penyu
[/quote]
kutulecetz - 09/10/2011 01:18 PM
#9
Multi-celled animals (Metazoa)
Quote:
Quote:

1. Hawksbill turtle
(Eretmochelys imbricata)
Tips Merawat Penyu
- Color: dark, greenish-brown, juveniles have the "tortoiseshell" pattern
- Length: 55-95 cm
- Weight: around 55 kg
- 4 pairs of overlapping, sharp scutes on the edges of its shell
- Particularly narrow jaw, upper jaw is overhanging
- Front flippers with 2 claws on each
- Males: long and thick tails, bigger claws and more concave plastron
- Diet: Sponges, tunicates (ascidians, sea squirts), mollusks and sea urchins
- Distribution: all oceans, tropical waters
- Habitat: reef areas and rocky coastal areas
- Listed as an endangered species
Tips Merawat Penyu
Key to the identification of the
Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata):
a) Overlapping scutes
b) Curved beak with distinct overbite
c) 2 claws on the front flippers

Quote:

2. Loggerhead turtle(Caretta caretta)
caretta)
- Color: reddish brown
- Length: 55-95 cm
- Weight: about 55 kg
- Pairs of coastal and vertebral scutes, 3 pairs of inframarginal scutes
- First coastal plate touches neck
- Large heads and powerful jaw
- 2 claws each on fore-flippers
- Males: narrower shells and longer and thicker tails
- Diet: Crabs, mollusks, shrimp and jellyfish
- Distribution: all oceans, primarily temperate waters
- Habitat: near shore but also open ocean
- Listed as a threatened species
Tips Merawat Penyu
Key to the identification of the Loggerhead turtle (Caretta caretta) :
a) Inter prefrontal scute (and 2 postorbital scutes)
b) 5 lateral scutes
c) 2 claws on the front flippers

Quote:

3. Green Sea turtle
(Chelonia mydas)
- Color: brown (common name derived from the color of its green fat). Hatchlings almost black, but lighten in color within their first year
- Length: 80-120cm
- Weight: 130-250 kg
- 4 coastal scutes, none of which overlap
- Pair of scales at the front of head
- Fore-flippers one claw each
- Diet: as juveniles: shellfish, jellyfish and other marine creatures
- Diet: as adults: sea grasses and algae
- Distribution: Mediterranean, Atlantic, Golf of Mexico, Argentinean coast, Indo pacific
- Habitat: bays and coastal waters
- Over hunted, because of the use of its flesh in turtle soup
Tips Merawat Penyu
Key to the identification of the
Green Sea turtle (Chelonia mydas):
a) Head with serated jaw
b) 1 claw on front flipper

Quote:

4. Olive Ridley turtle
(Lepidochelys olivacea)
- Color: grayish-brown as juveniles, olive green as adults
- Length: 50-75cm (smallest of the ocean-going turtles)
- Weight: about 50 kg
- 6 - 9 costal scutes, number may be asymmetrical
- 5 pairs of coastal plates and 3 or 4 inframarginal scutes. Inframarginal scutes have 1 pore near the back edge.
- First coastal plate touches neck
- Almost circular shell
- Distribution: tropical waters of Pacific, Indian and South Atlantic Oceans
- Habitat: off shore in surface waters, can dive to depths of 150m
- Diet: Crabs, mollusks, shrimp and jellyfish
- Probably the most endangered species of sea turtle in the world
Tips Merawat Penyu
Key to the identification of the
Olive Ridley turtle (Lepidochelys olivacea):
a) 1 or 2 claws on front and rear flippers
b) 6 to 9 lateral scutes

Quote:

5. Leatherback turtle
(Dermochelys coriacea)
Tips Merawat Penyu
- Color: black to dark blue, with occasionally patches of white or pink
- Length: 120-210cm (world's largest sea turtle)
- Weight: up to 900kg
- Smooth, leather-like skin in which are embedded thousands of tiny bones. 7 raised ridges
- Flippers with no claws
- Distribution: all oceans, subarctic to tropical. Likes to migrate over large distances (up to 5000km)
- Habitat: pelagic, deep diver (1500 meter)
- Diet: Primarily jellyfish, squids and marine fauna
- Ability to maintain their internal body temperature much higher than the surrounding water. Can tolerate a wide range of temperatures.
- Endangered species
Tips Merawat Penyu
Key to the identification of the
Leatherback turtle (Dermochelys coriacea):
a) Tapered, leathery with 5 ridges (no scales)
b) Tooth-like notch on either side of upper jaw
c) No claws

Quote:

6. Australian flatback turtle
(Natator depressus)
- Color: olive grey
- Length: 97 cm
- Weight: 84 kg
- Shell is very flat
- 4 costal scutes
- Diet: Invertebrates, seagrass
- Range: northern tropical coastal Australia
- Habitat: inshore waters, bays, coastal coral reef

Quote:

Tips Merawat Penyu
Key to the identification of the
Australian flatback turtle (Natator depressus):
a) Northern Australia or the Gulf of Papua New Guinea
b) Round and very flat carpace
c) Margins folded and covered by thin, non-overlapping waxy scutes

Quote:

7. Kemp's ridley
(Lepidochelys kempii)
- Color: gray to light olive green
- Length: up to 70 cm
- Weight: up to 45kg
- 5 lateral scutes
- 1 claw on front flipper, rear flippers have 1 or 2 claws
- Diet: crustaceans, fish, invertebrates
- Distribution: Gulf of Mexico (95% of the female lie their eggs in a 17km wide coastal strip, Rancho Nuevo)
- Listed as Critically Endangered

Quote:

Tips Merawat Penyu
Key to the identification of the
Kemp's ridley (Lepidochelys kempii):
a) Gulf of Mexico and eastern USA
b) 5 lateral scutes
c) 1 claw on front flipper and 1 or 2 claws on rear flipper

Quote:

Black turtle
(Chelonia agassizi)
- The status of the Black Turtle or east Pacific Green Turtle remains uncertain. It might be a subspecies of the Green Sea Turtle (Chelonia mydas)
- Color: black or grayish with black markings
- Length: Up to 117cm
- Weight: up to 126kg
- Serrated jaw
- Fore-flippers one claw each
- Diet: Seagrass, algea, mangroves shoots
- Range: East Pacific Ocean
- Habitat: Bays and coastal waters


Quote:

Turtles and tourism
Please quietly observe a nesting turtle from a distance. Do not shine any lights on or around her - she may abandon her effort to nest. No flash photography. Stay behind the turtle so that she cannot see you. Do not harass a turtle by touching her or prodding her to move. Stay out of the way as she crawls back to the water.

Turtle hatcheries are often a tourist attraction. But not all hatcheries treat their turtles so well. Please notice, that turtles usually hatch during the night and not during the day. Hatchlings should then be able to reach the ocean as quickly as possible. If kept in tanks and released during the day the hatchling may loose their ability to "smell" their birthplace (and return to lay eggs later in their lifecircle) and they are more likely to be picked up and eaten by birds and large fish.

SUMBER.
kutulecetz - 09/10/2011 01:17 PM
#10
Wall Of Pict
Quote:

Spoiler for kutulecetz

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
[spoiler=]
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu

[/spoiler]

Spoiler for tortois

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
[spoiler=]
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu

[/spoiler]

Spoiler for rboy

Tips Merawat Penyu


Spoiler for aquafiona

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for edwineka1803

Tips Merawat Penyu


Spoiler for giizmo

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for mick0303

Tips Merawat Penyu


Spoiler for denisa07

Tips Merawat Penyu


Spoiler for dc0r

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for seminoma

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for ks18

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for rizqin3

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for remon1989

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for gulaku1

Tips Merawat Penyu


Spoiler for arthalita.S

[spoiler=berdua]Tips Merawat Penyu

Spoiler for si besar dan tutup botol
Tips Merawat Penyu

Spoiler for si besar
Tips Merawat Penyu

Spoiler for si kecil
Tips Merawat Penyu
[/spoiler]

Spoiler for T0ZZY

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for thatayank

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Quote:
Original Posted By thatayank
[spoiler=nyunyu]
Tips Merawat Penyu

Spoiler for nyunyu

Tips Merawat Penyu



[/spoiler]

Spoiler for HizQchriz

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for bejita

Tips Merawat Penyu


Spoiler for pangeranjablay

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for SWirayudha

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for dhony.ilham

Tips Merawat Penyu
[spoiler=pas pertama sampe di kosan. perkiraan umur kurang dari seminggu]
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for langsung setup di tank darurat buat sementara nunggu kiriman aquarium dari rumah

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for uda pindah di tank p60xt35 umur sekitar 2 mingguan

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu



Spoiler for lagi jemur2an.. umur 3mingguan atau sebulan

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu



Spoiler for penyakit yg pernah di alamin

[spoiler=ga tau apaan ini kaya udel bodong.. ngga tau cadangan makanan apa kutil. umur seminggu]
Tips Merawat Penyu

Spoiler for bodongnya ilang

Tips Merawat Penyu

Spoiler for jerawat2 nya pas umur 2 mingguan

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu

[/spoiler][/spoiler]

Spoiler for crazelo
[img]Tips Merawat Penyu[/img]


Spoiler for klepon3g

Tips Merawat Penyu

Tips Merawat Penyu


dhony.ilham - 09/10/2011 04:15 PM
#11

Reserved update foto malu

Spoiler for awas bewok


[spoiler=foto penyu w]
Tips Merawat Penyu



Spoiler for ekh salah deng yg ini maksudnya malu


[spoiler=pas pertama sampe di kosan. perkiraan umur kurang dari seminggu]
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for langsung setup di tank darurat buat sementara nunggu kiriman aquarium dari rumah

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu


Spoiler for uda pindah di tank p60xt35 umur sekitar 2 mingguan

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu



Spoiler for lagi jemur2an.. umur 3mingguan atau sebulan

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu



Spoiler for penyakit yg pernah di alamin

[spoiler=ga tau apaan ini kaya udel bodong.. ngga tau cadangan makanan apa kutil. umur seminggu]
Tips Merawat Penyu

Spoiler for bodongnya ilang

Tips Merawat Penyu

Spoiler for jerawat2 nya pas umur 2 mingguan

Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu
Tips Merawat Penyu



[/spoiler]

[/spoiler]

[/spoiler]

cendols
baca19 - 09/10/2011 09:23 PM
#12
nanya
Bukan penyu di lindungin?
Apa beda penyu sm kura kura Tips Merawat Penyu
kutulecetz - 09/10/2011 09:51 PM
#13

.................................
dhony.ilham - 10/10/2011 01:00 AM
#14

Quote:
Original Posted By kutulecetz
Quote:
Original Posted By baca19
Bukan penyu di lindungin?
Apa beda penyu sm kura kura http://img.kaskus.us/images/kaskusmobile_hp.gif


perbedaan penyu dan kura-kura
penyu memang dilindungi, cuma kita dsini sebagai perorangan / individu berniat memelihara bukan untuk diperjual belikan,, bukan seperti "pedagang-pedagang yg tdk bertanggung jawab"
contoh :
penjual tukik biasanya hanya ditaro dibak berisikan air tawar,
*pdhl penyu itu sudah jelas" hidup di air laut bukan air tawar.
(terkecuali penyu yg sudah di tawarkan/berganti air tawar dgn proses yg cukup lama)
*penjual telur" penyu yg bnyk dan berjualan bebas di pinggir jalan.

kalau menurut anda lbh baik di pelihara oleh orng" yg peduli apa di perjual belikan sma pedagang" tsb ?
:"https://s.kaskus.id/banner/1x1.gif"
setidaknya kita" dsini sudah berusaha menyelamatkan dr para "pedagang yg tdk bertanggung jawab"
cmiiw~


Benar sekali..
Jujur klo pribadi ane pelihara penuh tanggung jawab.. Ane kan beli 2 sampe yg satu lagi ane rencana mau ngelepasin cz klo 2 tukik dlm 1 tank suka berantem klo senggol2an berenang nya..
Pgn nya si satu mau ke seaworld-in biar ane klo kangen bisa ngeliat.. Tp uda jarang pulang ke bdg naek mobil.. Cz kasian si tukik jg klo di bawa di toples atau plastik sambil naek motor atau angkutan umum dr bdg ke jkt..
So kita si dsni bukan buat nyiksa atau apa.. Toh klo ada pihak yg bertanggung jwb mau ambil ni tukik yg di ane skrng silahkan aja asal di dasar lembaga yg bener sesuai yg ngambil tukiknya..
Ya tu si baru menurut individu ane si..
Tp ane yakin kaskuser SWF khusus penyu penghuni rumah sblum nya pasti berpikiran yg sama sm ane.. malus

Cmiiw klo da salah2 kata
SWirayudha - 10/10/2011 01:47 PM
#15

setelah dy mogok makan 2x lumayan dapet pembelajaran.

ganti air laut agar dy fresh dengan air barunya, trus sikat semua badannya biar dy bersih juga, cuci penyu pake air tawar 10-20 detik(proses ini juga di pake dengan ikan2 air laut yg biasanya kena kutu/jamur. trutama budidaya ikan kerapu). jemur penyu di jam2 matahari pagi cukup 10 menit. biasanya besoknya atau besoknya lagi dy udah mau makan, pertama makan dy sedikit cz masih lemes, tapi besok nya makannya top markotop . sekian tips dari pengalaman ane
crazelo - 10/10/2011 02:55 PM
#16

rumah baru, mejeng juga aah,horeee :selamat
kutulecetz - 10/10/2011 02:59 PM
#17

Quote:
Original Posted By dhony.ilham
Benar sekali..
Jujur klo pribadi ane pelihara penuh tanggung jawab.. Ane kan beli 2 sampe yg satu lagi ane rencana mau ngelepasin cz klo 2 tukik dlm 1 tank suka berantem klo senggol2an berenang nya..
Pgn nya si satu mau ke seaworld-in biar ane klo kangen bisa ngeliat.. Tp uda jarang pulang ke bdg naek mobil.. Cz kasian si tukik jg klo di bawa di toples atau plastik sambil naek motor atau angkutan umum dr bdg ke jkt..
So kita si dsni bukan buat nyiksa atau apa.. Toh klo ada pihak yg bertanggung jwb mau ambil ni tukik yg di ane skrng silahkan aja asal di dasar lembaga yg bener sesuai yg ngambil tukiknya..
Ya tu si baru menurut individu ane si..
Tp ane yakin kaskuser SWF khusus penyu penghuni rumah sblum nya pasti berpikiran yg sama sm ane.. malus

Cmiiw klo da salah2 kata


ahh ikut"an aja lu ngakaks
Quote:
Original Posted By SWirayudha
mejeng dulu di pejwan :cool


mejeng bayar cendol mad:
Quote:
Original Posted By crazelo
rumah baru, mejeng juga aah,horeee :selamat


poto penyunya dong malu:
underminer - 10/10/2011 03:18 PM
#18

Dulu pernah punya penyu, kata ibu yg jual penyu air tawar, ane binun, perasaan gak pernah denger penyu air tawar, tapi ibunya ngotot, akhirnya bungkus juga.
2 hari di rumah, mokat tuh penyu :angel

:sorry sorry nyu.. :sorry
crazelo - 10/10/2011 03:21 PM
#19

aduh,sori gan,masi belum sempet moto, sibuk kuliah ama ngurusin kakak ane abis operasi nih.. secepetnya punya waktu,ntar langsung nge post deh malu:
kutulecetz - 10/10/2011 03:22 PM
#20

Quote:
Original Posted By underminer
Dulu pernah punya penyu, kata ibu yg jual penyu air tawar, ane binun, perasaan gak pernah denger penyu air tawar, tapi ibunya ngotot, akhirnya bungkus juga.
2 hari di rumah, mokat tuh penyu :angel

:sorry sorry nyu.. :sorry


turut berdukaberdukas
contoh "pedagang yg tidak bertanggung jawab"
Quote:

contoh :
penjual tukik biasanya hanya ditaro dibak berisikan air tawar,
*pdhl penyu itu sudah jelas" hidup di air laut bukan air tawar.
(terkecuali penyu yg sudah di tawarkan/berganti air tawar dgn proses yg cukup lama)
Page 1 of 155 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > LOEKELOE > MY PETS > Saltwater Fish > Tips Merawat Penyu