YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC)
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > 6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
Total Views: 24577 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 45 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

rintodes - 19/10/2011 08:30 PM
#1
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
Spoiler for Hot Thread Ke-63
Alhamdulillah HT, Bersyukur pada Allah SWT
Terimakasih MIMIN, CO-MIN, MOMOD, KASKUSER & WARGA ANTIK
5 Januari 2012
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
Quote:
6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

Sadarkah anda, bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan setiap hari? Makanan apa yang kamu makan hari ini, baju apa yang kamu pakai saat bekerja, film apa yang akan kamu tonton saat akhir minggu, dan berbagai pilihan lain baik yang kamu sadari atau tidak. Namun tidak semua keputusan yang kamu hadapi sesimpel itu, banyak keputusan yang membutuhkan perenungan, pemikiran dan rencana yang matang untuk diambil seperti keputusan-keputusan di dunia kerja yang sering dihadapkan dengan masalah dan dilema.

Tidak seorangpun di dunia ini lahir dengan kemampuan mengambil keputusan yang baik. Itu adalah kemampuan yang harus dipelajari dan diperkuat dengan sering menghadapi suatu masalah yang menantang (memiliki masalah dalam hidup tidak selalu buruk, kan?). Oh ya, tidak semua keputusan membutuhkan proses yang sistematis. Keputusan untuk memilih teman yang baik atau pasangan hidup adalah keputusan yang membutuhkan kontemplasi dan perenungan saja. Maka artikel ini hanya membahas mengenai keputusan yang memerlukan rencana yang sistematis (biasanya berhubungan dengan karir dan keuangan). Berikut ini adalah 6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat secara Sistematis:


Quote:
[SIZE="4"]1. Tetapkan sasaranmu (set your goals)

Langkah pertama tentu saja kamu harus mengetahui dengan jelas masalah apa yang sedang kamu hadapi. Kamu juga harus memiliki tujuan dan hasil yang ingin dicapai setelah kamu mengambil keputusan. Secara umum ada 2 jenis keputusan:[*]Keputusan ya atau tidak. Contohnya haruskah kamu membeli mobil atau haruskah kamu berganti pekerjaan.
[*]Memilih dari pilihan yang ada. Contohnya mobil jenis apa yang akan kamu beli atau pekerjaan apa yang terbaik buat kamu.

Ini permulaan yang penting karena tujuan akhir akan mempengaruhi caramu dalam bertindak dan berpikir. Berikan tenggat waktu (deadline) kapan kamu harus mengambil keputusan untuk memastikan kamu tidak terlalu lama fokus di satu masalah tanpa memperdulikan masalah yang lain.[/SIZE]

Quote:
[SIZE="4"]2. Cari informasi yang tepat

Informasi adalah kunci untuk mengambil keputusan yang benar. Carilah fakta dan opini yang mendukung keputusanmu. Lakukanlah observasi, interview, survey, membaca literatur, atau meminta pendapat orang lain untuk mendapatkan informasi baik yang subyektif maupun obyektif. Tapi ingat, jangan sampai mencari suatu informasi pada orang yang salah atau meminta sarat dari orang yang tidak berpengalaman misalnya meminta pendapat tentang cara mengatur keuangan dari orang yang memiliki utang yang banyak atau cara menurunkan berat badan yang tepat dari orang yang kelebihan berat badan. Hal-hal semacam itu kadang tidak diperhatikan yang membuat informasi atau saran yang kamu dapat tidak benar.
[/SIZE]

Quote:
[SIZE="4"]3. Mencari opsi dan kemungkinan yang ada dari berbagai sudut pandang

Dalam mengambil keputusan, kamu harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada terutama apabila keputusan yang kamu ambil adalah suatu keputusan yang besar. Jelajahi setiap perspektif yang berbeda, jangan batasi dirimu oleh sesuatu yang sudah tersedia atau sesuatu yang sudah ada di pikiranmu. Berpikir out-of-the-box awalnya pasti tampak tidak relevan atau tidak sesuai dengan situasi yang ada, namun justru solusi sering muncul dari ide-ide semacam itu. Tapi, tentu saja berbagai kemungkinan itu harus didukung oleh fakta dan riset yang benar.[/SIZE]


Quote:
[SIZE="4"]4. Menganalisis tiap kelebihan dan kekurangan opsi yang akan kamu ambil

Gunakan logika dan akal sehatmu untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan atau keuntungan dan kelemahan dari setiap opsi yang ada. Apa keputusan ini masuk akal? Jika ya, mengapa, jika tidak, mengapa tidak? Apa resiko dari keputusan ini? Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir resiko yang ada? Tanyalah pertanyaan-pertanyaan itu pada dirimu sendiri.[/SIZE]


Quote:
[SIZE="4"]5. Jangan mencoba untuk sempurna

Banyak orang menunda-nunda keputusan karena takut salah. Pertama-tama kamu harus tahu bahwa, manusia tidak ada yang sempurna, bahkan seorang pemimpin yang berpengalaman kadang membuat kesalahan. Kedua, meskipun kamu membuat kesalahan, kamu bisa belajar banyak dari kesalahanmu dan itu adalah pengalaman yang sangat berharga[/SIZE]


Quote:
[SIZE="4"]6. Lakukan, meskipun keputusanmu sulit

Seringkali, kamu harus menghadapi situasi sulit untuk mengambil suatu keputusan. Jika kamu menghadapi situasi semacam itu, jangan terus menghindar karena kamu hanya menambah masalah. Keputusan seperti apakah kamu harus mengakhiri sebuah hubungan atau apakah kamu harus berganti pekerjaan, memang bukan keputusan yang mudah namun kamu tetap harus membuat suatu keputusan tegas agar kamu tidak berlama-lama berkonsentrasi di satu situasi dan mengabaikan masalah lain yang menunggu keputusanmu juga.[/SIZE]


Quote:
Setelah kamu membuat sebuah keputusan, bukan berarti pekerjaanmu selesai disitu saja. Kamu harus memonitor dan mengevaluasi dampak dan efek nyata dari keputusan yang sudah kamu buat. Apabila ternyata hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasimu, kamu bisa memutar jalan dan mengambil jalan yang lain.

Quote:
[SIZE="4"][COLOR="Green"]Pesan TS :
Ingat! Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri
[/COLOR]:toast[B]Semoga Bermanfaat:toast[/B][/SIZE]
Quote:
rintodes - 19/10/2011 08:31 PM
#2

Quote:
[SIZE="5"]Bunker Thread Starter rintodes

Pantai Natsepa, Mutiara dari Timur Indonesia

Pahlawan Internet yang Telupakan [Miris gan]

Kumpulan Ide-ide Usaha Kecil Menengah

Tips Cerdas Mengelola Keuangan Usaha

Tips Jitu Menggaet Mitra Bisnis Melalui Dunia Maya

[AMAZING] Y125 Moegi, Sepeda Motor "Onthel" Masa Depan yang Elegan

13 Hewan Eksotis Penguasa Kawasan Arktik (Kutub Utara)

Melihat Stadion Penyelenggara Euro 2012

10 Selebriti Dunia Yang Dulunya Sering di Bully

Brough Superior, Sepeda Motor Antik Termahal di Dunia

Bu Muslimah, Sosok Guru Teladan (Laskar Pelangi)

[WoooW] Inilah 7 Misteri Terbesar Planet Mars

Curiosity Rover, Kendaraan Penjelajah Planet Mars Paling Canggih

5 Cara Agar Hidup Lebih Bahagia

Berkunjung ke Museum Istana Topkapi, di Istambul - Turki

[Awas!] Sering Berdebat Sengit Bisa Merusak Kesehatan

7 Tips agar Tetap Termotivasi Berolahraga

Pantai Nagsasa Cove, Harta Karun Wisatanya Filipina

Kenali 7 Tanda Bahaya ini Saat Hamil

Hamilton Poll, Kolam Renang Alami di Austin Texas

►► Mengenal Ayam Ketawa (Ayam Gagak) ◄◄

Nih gan, Empat Misteri Tentang Komodo yang Berhasil Dikuak oleh para Peneliti

Sudahkah Anda "BERSYUKUR" Hari Ini ?

Yuk Tes IQ Kemakmuran [Masuk gan]

8 Cara Membentengi Rumah dari Aksi Pencurian

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis

[Amazing] Inilah 50 Keunikan Tubuh Manusia yang Mengagumkan

~[Renungan] Hidup Ini Jalani Saja~

Berbuat yang Terbaik untuk Hari ini

Keajaiban Akar Tumbuhan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Mari Berkunjung Ke Istana Gyeongbokgung, Korea

[/SIZE]
ryanyanuarsyah - 19/10/2011 09:06 PM
#3

nice info banget gan, :2thumbup

kalo dalam mengambil keputusan tuh suka ini yang bikin masalah "Banyak orang menunda-nunda keputusan karena takut salah"

lagian kalo kita di hadapkan dengan keadaan yang mendadak dan harus segera mengambil keputusan, pasti keputusannya akan kurang memuaskan,
apa itu karna kita kurang berpikir kedepan ato gmn gan?? bingung

oia satu hal gan,
ane pernah denger kata bijak gini,
"jangan langsung ambil keputusan kalo keadaan sedang marah". D
TokeMinyak - 19/10/2011 09:51 PM
#4

kadang kadang gw takut salah mengambil keputusan gan\(
topaz46 - 19/10/2011 09:55 PM
#5

penting nih buat yang suka ragu2....

thanks for share gan

:2thumbup
premmpremm - 19/10/2011 11:16 PM
#6

ragu sih semua orang pasti sering ragu klo gak pernah atau gak terbiasa dalam hal itu gan\)
hokisoldier2 - 19/10/2011 11:20 PM
#7

nice info nih gan makasih nih bisa memotivasi gw
denys09 - 20/10/2011 06:12 AM
#8

Quote:
Original Posted By TokeMinyak
kadang kadang gw takut salah mengambil keputusan gan\(


Sama ama agan yg ini \(

Kadang kurang PD mad:
JasaSpredCendoL - 20/10/2011 08:10 AM
#9

cari informasi dulu yang tepat baru ambil keputusan beer:
airec - 20/10/2011 08:44 AM
#10

nice share...:thumbup
agiesandie - 20/10/2011 09:18 AM
#11

jangan mencoba untuk sempurna, ini yang penting gan D

karena dengan tidak mengetahui kesalahan kita, kita tidak akan tahu kebenaran itu dimana letaknya
habibmaster.Jr - 20/10/2011 09:19 AM
#12

wah...tips yang bagus gan :thumbup
leodiscjoki - 20/10/2011 09:26 AM
#13

6. Lakukan, meskipun keputusanmu sulit
ini yg kdg kdg susahhammers






leodiscjoki

6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis
antonius joje - 20/10/2011 09:44 AM
#14

Renungan yg bagus tapi sulit untuk dipraktekkan
Cocok untuk seorang pemimpin
Harusnya para elite politik bisa menanamkan 6 langkah di atas agar mereka bisa arif dan bijaksana

Nice trit ... ane bantu :rate5
Aktivis.Lounge - 20/10/2011 10:10 AM
#15

yang psti jgn pernah takut ambil keputusan
rintodes - 20/10/2011 10:20 AM
#16

Quote:
Original Posted By ryanyanuarsyah
nice info banget gan, :2thumbup

kalo dalam mengambil keputusan tuh suka ini yang bikin masalah "Banyak orang menunda-nunda keputusan karena takut salah"

lagian kalo kita di hadapkan dengan keadaan yang mendadak dan harus segera mengambil keputusan, pasti keputusannya akan kurang memuaskan,
apa itu karna kita kurang berpikir kedepan ato gmn gan?? bingung

oia satu hal gan,
ane pernah denger kata bijak gini,
"jangan langsung ambil keputusan kalo keadaan sedang marah". D


bner gan, jgn ambil keputusan pas lg marah, krn pst kputusannya salah
Decepticons. - 20/10/2011 10:28 AM
#17

nice tips nih gan thumbup:
semua cara diatas pasti bakal manjur tuh
:matabelo
WooooooooW - 20/10/2011 10:38 AM
#18

     
Quote:
5. Jangan mencoba untuk sempurna

Banyak orang menunda-nunda keputusan karena takut salah. Pertama-tama kamu harus tahu bahwa, manusia tidak ada yang sempurna, bahkan seorang pemimpin yang berpengalaman kadang membuat kesalahan. Kedua, meskipun kamu membuat kesalahan, kamu bisa belajar banyak dari kesalahanmu dan itu adalah pengalaman yang sangat berharga


bener gan quotan ini, tidak ada yang sempurna, yg penting tetep berusaha dan jangan menyerah, toh nanti nya kesempurnaan itu pun akan datang dengan sendirinya
:rate5
rintodes - 20/10/2011 10:48 AM
#19

Quote:
Original Posted By hokisoldier2
nice info nih gan makasih nih bisa memotivasi gw

iya gan, semoga bermanfaat yahD
BE5708RB - 20/10/2011 11:05 AM
#20

mantap nih langkah2 yg dipaparkan TS
Page 1 of 45 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > YOUNG ON TOP KASKUS COMMUNITY (YOTKC) > 6 Langkah Mengambil Keputusan Yang Tepat Secara Sistematis