Entrepreneur Corner
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner >    [share] peluang usaha 
Total Views: 211335 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 87 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›

exc@libur - 06/10/2008 09:26 PM
#61

Quote:
Original Posted By FUSE
terima kasih, jadi membuka wawasan info bisnis saya..cendolnya hari ini habis gan.. \)

ayo post lagi


sip... makasih banyak atas commentnya....
cendolnya juga oke tuh... fm:

shakehand
loop7 - 07/10/2008 12:58 AM
#62

wah mantep nih .. lanjut gan ...
exc@libur - 07/10/2008 09:30 AM
#63

Quote:
Original Posted By loop7
wah mantep nih .. lanjut gan ...


sip shakehand
exc@libur - 07/10/2008 09:32 AM
#64

Rental Moto road race Mini, Omsetnya Tidak Sekecil Motornya

Jangan biarkan lahan Anda ditumbuhi semak belukar, jadikan sirkuit moto road race mini. Pada hari libur Anda bisa mengantongi Rp 700 ribu per hari.

Seringkali orang memiliki lahan yang tidak produktif dan hanya ditumbuhi semak belukar. Aset tidak produktif ini bisa diubah menjadi aset produktif tanpa terlalu banyak merogoh biaya. Salah satunya adalah mengubhanya menjadi sirkuit moto road race mini, seperti yang ditempuh Amir Yusuf, warga, Cibinong, Bogor ini.

Dengan memanfaatkan tanah kosong seluas satu hektar, dirinya nekat membuka usaha sewa motor mini, plus sirkuitnya, untuk anak-anak yang keberadaannya terbilang masih jarang. Ide membuat usaha rental motor dan sirkuit mini tersebut, sebenarnya bermula dari iseng-iseng. Awalnya, Yusuf melihat sang buah hatinya sering bermain motor mini berukuran 50 cc, setiap sore di area tempat pencucian mobil miliknya.

“Setiap hari Minggu saya sering membawa anak saya kesini untuk main motor mini, saat main motor itulah banyak anak-anak sebayanya melihat dan bertanya di mana bisa membeli motor mini tersebut. Dari pertanyaan anak-anak itu, saya berfikir kenapa tidak membuka rental motor mini plus sirkuitnya saja, di lahan yang tidak terpakai ini,”kata pemilik nama lengkap Amir Yusuf ini.

Tanpa fikir panjang, Yusufpun meneruskan niatnya untuk membuat sebuah sirkuit moto road race mini di lahan kosong milik keluarganya. Saat itulah, lahan yang tadinya semak belukar tidak terurus yang terletak di kawasan Cikaret, dekat Pemda Bogor disulap menjadi sirkuit mini berukuran 400 meter.

Saat mulai membuka rental moto road race mini ini, pria kelahiran 39 tahun silam tersebut tak sekaligus membeli banyak motor, tetapi merintis secara perlahan-lahan.”Pertamakali memulai usaha ini, saya hanya membeli dua motor mini, seharga Rp 2 juta. Tapi setelah berjalan sebulan, peminat makin bertambah, dan saya memutuskan untuk terus menambah motor,”ucap Yusuf yang kini telah mempunyai 11 motor mini.

Tidak seperti motor besar pada umumnya, motor mini jenis road race ini masih jarang di pasar umum. Jangan heran dengan motor buatan China ini, walaupun harganya terbilang murah hanya Rp 2 juta tapi masih sulit didapatkan.

Sistem penggunaan sewa motor mini tersebut dengan cara membeli tiket. Untuk satu tiketnya dijual dengan harga Rp7000. Dengan membeli satu tiket pengunjung yang kebanyakan anak-anak berusia 10-15 tahun itu bisa menikmati menjadi pembalap walaupun hanya tujuh kali putaran di sirkuit mini.

Sayang, usaha yang masih terbilang jarang ini, hanya ramai saat hari libur. “Kalau hari biasa dan tidak hujan, saya bisa menjual tiket 5 lembar.Tapi kalau hari Sabtu dan Minggu bisa menjual sampai seratus tiket lebih,”terangnya.

Selama membuka usaha ini,Yusuf mengaku kendala yang kerap dijumpainya adalah masalah motor itu sendiri. Pasalnya, motor mini buatan China tersebut mempunyai kesulitan masalah sparepartnya.”Kalau sudah rusak, yaa servis sendiri. Sparepartnya nggak ada yang jual, kalau sudah begitu kita beli motor baru deh,”tutur pria berusia 39 tahun ini.

Sementara itu, untuk menyiasati jika motor-motor lain ada yang rusak, motor yang telah menjadi bangkai itu dikorbankan untuk penggunaan sparepart lainnya. Cara ini sering disebut sebagai kanibal.

Rental Motor Road Race MiniSelain menyewakan moto road race mini dan sirkuitnya,Yusuf dan delapan orang pekerjanya tersebut juga menerima servis motor serupa yang rusak. Setiap minggunya, tempat usaha yang diberi nama Sirkuit Canchiel ini menerima 2-3 jenis motor mini yang akan diservis.

Tidak puas melihat hasil dari rental motor mininya, Yusuf berekspansi melanjutkan usaha di bidang serupa yang belum ada. Setelah melihat peluang, Yusuf memutuskan untuk merambah ke mobil gokart mini.

Lagi-lagi ide ini datang begitu saja tanpa sengaja, bermula saat melihat pengantar pengunjung yang ingin menyewa motor hanya bengong melihat kakak atau saudaranya beraksi di sirkuit bohong-bohongan.

“Banyak anak-anak di bawah umur lima tahun, yang hanya datang untuk mengantar kakaknya dan hanya diam saja. Tak sedikit juga anak balita itu yang minta untuk naik motor, tapi karena belum bisa, kami tidak memperbolehkan. Akhirnya saya berinisiatif meyediakan mobil gokart mini, yang resiko jatuhnya tidak ada,”ujar pria yang pernah mengenyam kuliah di Universitas Parahiyangan,Bandung, jurusan Ekonomi.

Tak jauh berbeda dengan harga sewa motor mini, gokart-gokartan ini juga disewakan dengan harga sangat murah. Hanya Rp. 15000/lima belas menitnya.

Kini saat musim penghujan datang, pria kelahiran Aceh yang besar di Bandung tersebut mengaku sedang ketar-ketir. Wajar jka dirinya merasa khawatir, pasalnya semenjak musim hujan datang, pertengahan Januari silam, omsetnya turun drastis.

“Sudah beberapa minggu ini pendapatan menurun, kalau hujannya terus menerus bisa tekor juga nih. Kalau biasanya hari Minggu bisa sampai 150 tiket, karena hujan sekarang setiap hari libur cuma 30 tiket,”tandasnya.

Bisnis ini memang terpengaruh musim. Namun secara keseluruhan prospeknya bagus. Apalagi jika sirkuit mini terletak tidak jauh dari perumahan-perumahan, yang kebanyakan merupakan keluarga muda dengan anak-anak yang belum beranjak dewasa. Dipastikan omsetnya tidak sekecil motornya.
Peluang Menyewakan Motor Mini dan Sirkuitnya

- Bisa memanfaatkan lahan tidak produktif
- Tidak membutuhkan biaya yang besar untuk menyulap lahan tidak produktif menjadi sirkuit mini
- Pesaingnya masih jarang
- Bisa dibarengi dengan bisnis lain, misalnya berjualan makanan atau mainan anak-anak, karena pada hari libur banyak dikunjungi oleh anak-anak

sumber
exc@libur - 08/10/2008 08:40 PM
#65

salam kenal buat semuanya...

   [share] peluang usaha 
bluemoyz - 08/10/2008 09:29 PM
#66

ngemeng2 tombol thanksnya dimana yah?
ane ijin bukmak yah TS...beer:
exc@libur - 09/10/2008 09:00 AM
#67

Quote:
Original Posted By bluemoyz
ngemeng2 tombol thanksnya dimana yah?
ane ijin bukmak yah TS...beer:


tombol thanksnya masih di hilangin ama mimin... shakehand

silahkan di bukmak... Peace:
panda22 - 10/10/2008 02:00 PM
#68

nice psoting D
kuyabesar - 10/10/2008 03:55 PM
#69

mantap kali bahhh.. ininya yang awak cari-cari selama ini.. makasih tulang ya..
bennq - 10/10/2008 04:13 PM
#70

thanks a lot buat tred nya, saya masukin ke index of good thread yach \)
4X4V - 10/10/2008 04:56 PM
#71

Quote:
Original Posted By mongkipiggy
yang rental ikan hias, baru tau saya..shakehand


tul tuh thumbup:, semakin membuka wawasanbeer:
bangkuang - 10/10/2008 06:38 PM
#72

nice info gan.
bener2x membantu nih.
beer:beer:beer:
exc@libur - 10/10/2008 08:03 PM
#73

Quote:
Original Posted By bennq
thanks a lot buat tred nya, saya masukin ke index of good thread yach \)


makasih banyak gan..... shakehand
exc@libur - 10/10/2008 08:03 PM
#74

Quote:
Original Posted By 4X4V
tul tuh thumbup:, semakin membuka wawasanbeer:


Quote:
Original Posted By bangkuang
nice info gan.
bener2x membantu nih.
beer:beer:beer:


shakehand
exc@libur - 10/10/2008 08:07 PM
#75

Peluang Usaha dan Bisnis Salon Anak

Peluang Usaha dan Bisnis Salon AnakPeluang bisnis dan peluang usaha dalam hal menata rambut tidak akan ada habisnya. Hal ini karena rambut yang secara alamiah bertambah panjang dari waktu ke waktu. Khusus untuk anak-anak yang secara naluriah memang senang bermain dan bergerak maka bila si kecil diminta untuk duduk diam dalam waktu yang cukup lama akan sangat menyiksa untuknya. Untuk menyiasati hal ini maka pihak penyedia jasa pemotongan rambut atau yang biasa disebut salon dapat melengkapi dan memberikan desain salon yang unik yang akan menciptakan suasana seperti tempat bermain sehingga para konsumen cilik ini menjadi betah dan tidak “berkeberatan” mahkotanya dipangkas dan dirapikan.

Target Pasar

Target pasar dari salon anak ini adalah anak-anak dari kalangan ekonomi menengah keatas. Hal ini disebabkan karena tarif salon yang lumayan besar. Tarif ini untuk menutupi investasi yang perlu dilakukan untuk memberikan kelengkapan yang memadai.

Hal-hal Yang Dibutuhkan

Ada dua hal yang menjadi penentu keberhasilan usaha ini yakni penata rambut dan lokasi. Untuk penata rambut yang diperlukan disini adalah bukan hanya keterampilan dalam menata rambut namun juga keterampilan dalam menangani anak. Untuk itu para penata rambut ini perlu diberikan pelatihan dalam hal ini. Tentang lokasi sebaiknya berada di mal yang mayoritas pengunjungnya datang dari kalangan menengah keatas atau berada dipinggir jalan utama yang berada di kompleks perumahan menengah keatas.

Selain kedua hal diatas maka faktor keamanan juga perlu diperhatikan. Keamanan disini dalam arti alat-alat yang digunakan sebaiknya yang aman dan didesain khusus untuk penataan rambut anak-anak.

Hal lainnya yang juga menjadi pelengkap yang sangat menunjang usaha ini adalah perlengkapan salon seperti kursi yang menyerupai mainan seperti mobil, motor hingga helikopter. Kelengkapan lainnya seperti televisi untuk menonton film kartun serta alat permainan seperti playstation akan membuat pelanggan cilik ini betah untuk diam dalam waktu yang diperlukan untuk merapikan rambut mereka.

Kendala

Usaha salon anak ini untuk saat ini belum ada kendala yang terlalu berarti karena pemain di bisnis salon khusus anak ini boleh dibilang masih belum terlalu banyak.

Tips Sukses

Hendaknya pelayanan yang diberikan tidak hanya terbatas pada pemotongan rambut saja tapi juga dapat dilengkapi dengan perawatan rambut seperti creambath/masker rambut dan menghias rambut dengan jepit atau ikat rambut khusus untuk anak perempuan yang juga dapat dibeli ditempat ini.

Produk shampoo dan conditioner yang digunakan khusus untuk anak-anak juga dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai tambahan, dapat juga dibuatkan kartu member/keanggotaan dimana akan mendapatkan diskon pada setiap kunjungan atau potong rambut gratis pada saat anak berulang tahun.

Buatlah kerja sama dengan pihak lain untuk kartu member ini dimana kartu ini dapat memberikan diskon pada saat pemegang kartu berbelanja dengan pihak rekanan usaha tersebut.

Anda tertarik untuk mencoba peluang usaha dan bisnis salon anak ini?
exc@libur - 10/10/2008 08:08 PM
#76

Peluang Usaha dan Bisnis Lukis Wajah (Face Painting)

Peluang Usaha dan Bisnis Lukis Wajah (Face Painting)Sebelum saya membuat artkel tentang peluang usaha dan bisnis lukis wajah (face painting) ini, saya telah mencoba untuk mencari lewat mesin pencari Google.com atau Google.co.id namun yang muncul adalah informasi mengenai membuat lukisan wajah dan bukan melukis wajah atau yang biasa disebut dengan face painting. Hal ini bisa berarti bisnis lukis wajah ini belum banyak yang melakukannya.

Untuk anak-anak Indonesia mungkin hal ini belum menjadi hal yang umum. Namun untuk anak-anak yang hidup di negara seperti Australia dan Inggris maka kegiatan face painting ini bukanlah suatu hal yang asing untuk mereka lakukan dimana dapat anda lihat jenis-jenis lukis wajah (face painting)nya disini

Banyaknya anak-anak yang menyukai face painting atau lukis wajah ini karena bentuknya dapat disesuaikan dengan permintaan mereka. Anak-anak menjadi tidak takut untuk dilukis wajahnya karena tinta yang digunakan adalah tinta khusus yang tidak berbahaya untuk kulit dan mudah untuk dibersihkan dengan air.

Biasanya lukis wajah (face painting) ini dapat ditemukan pada tempat-tempat tertentu seperti tempat pameran, tempat hiburan dan lain-lainnya.

Yang mungkin menjadi kendala untuk memulai bisnis lukis wajah (face painting) ini adalah konsumen dan peralatan baik buku-buku referensi maupun peralatan yang digunakan untuk lukis wajah (face painting) ini. Untuk mencari konsumen maka dapat anda lakukan dengan berbagai cara seperti hadir di acara-acara yang banyak dihadiri oleh anak-anak dimana anda dapat memberikan “contoh”lukisan gratis misalnya di lengan mereka dimana tidak dibutuhkan cat dalam jumlah banyak. Bila mereka sudah “mengenal”nya dan menyukainya maka secara otomatis anda akan dicari oleh mereka baik untuk acara disekolah, ulang tahun, karnaval, didekat pusat permainan anak-anak seperti TimeZone dan lain-lainnya.

Untuk mendapatkan referensi tentang segala sesuatu yang anda butuhkan untuk memulai bisnis lukis wajah (face painting) ini baik mulai dari DVD intruksional, buku-buku model lukis wajah serta peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan lukis wajah (face painting) itu sendiri maka dapat anda lihat di situs Lukis Wajah ini.

Anda tertarik untuk melirik peluang usaha dan bisnis lukis wajah (face painting) ini? Kebetulan belum masih banyak yang melakukannya di Indonesia.
exc@libur - 10/10/2008 08:15 PM
#77

kalo ada yang mau nyoba: http://www.dbc-network.com/index.php

   [share] peluang usaha 
exc@libur - 10/10/2008 08:26 PM
#78

daveee - 11/10/2008 03:36 PM
#79

Quote:
Original Posted By exc@libur
Peluang Usaha - Laundry

   [share] peluang usaha 

Di kota-kota besar, bisnis 'kotor' ini sudah tak asing lagi. Bahkan Anda banyak melihat bisnis ini sudah berkembang dengan sistem waralaba. Memang kelihatannya dengan waralaba akan tampak lebih mudah, cepat terkenal dan langsung ramai. Tapi di sisi lain sistem waralaba ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar pula kan?? Tak ada salahnya Anda mencoba mendirikan sendiri usaha Laundry. Kalau dipikir-pikir sih usaha ini terbilang mudah dan simpel karena intinya kita hanya mencuci dan merawat baju konsumen. Nan...dengan sedikit keuletan dan melirik kiat sukses Laundry sistem waralaba, usaha Anda tentu sama suksesnya dengan Laundry waralaba.

Untuk menentukan lokasi usaha Laundry, pilih lokasi di daerah kampus, kost-kostan, atau perkantoran. Para mahasiswa atau pelajar yang kost kebanyakan 'malas' jika melihat pakaian kotor menumpuk (apalagi kaum pria). Sedangkan di daerah perkantoran, tak jarang para pegawainya juga tak memiliki waktu lebih untuk mengurusi pakaian kotor. Waktu mereka pun habis untuk pekerjaan, berangkat pagi - pulang malam. Berikutnya tempat usaha Anda nanti setidaknya memiliki luas yang memadai.


Berikut beberapa persiapan jika Anda ingin menjalankan bisnis Laundry ini
• Lokasi yang strategis. Sesuaikan pula dengan harga sewa tempat.
• Mesin cuci dan pengering pakaian. Jumlahnya menyesuaikan budget Anda.
• Alat setrika listrik.
• Pegawai/ karyawan. Sementara itu, untuk tenaga administrasi bisa Anda tangani sendiri terlebih dahulu.
• Biaya operasional untuk biaya detergent, pewangi & pelembut pakaian, biaya air, listrik, plastik pembungkus.
• Peralatan pendukung seperti : keranjang pakaian kotor, rak / almari untuk menempatkan pakaian yang siap kirim, gantungan baju, timbangan ( untuk Laundry kiloan).
• Armada untuk antar jemput pesanan.

Beberapa tips yang bisa diterapkan dalam bisnis ini
• Rekrut tenaga pencuci dan training mereka untuk selalu ramah terhadap pelanggan, memahami standart pencucian yang baik, dan tepat waktu dalam pengerjaan order ( hal-hal inilah yang menjadi standart layanan Laundry waralaba)
• Buatlah sistem pembukuan sederhana.
• Buatlah nota order cucian, jangan lupa beri logo / alamat usaha Laundry Anda (promosi terselubung).
• Pelajari standart pencucian yang bersih, pengeringan dan tahap setrika yang baik sesuai jenis kain.
• Pelajari tentang resiko kerusakan pakaian karena perubahan warna saat dicuci, luntur atau kusut. Jangan sampai Anda mengecewakan pelanggan terhadap kesalahan pencucian, karena bisa membuat Anda kehilangan pelanggan.
• Buat spanduk di tempat Anda dan sebarkan brosur Laundry Anda ke lokasi kost-kostan, perumahan, perkantoran, losmen, rumah sakit dll. Setidaknya Anda harus giat sebar brosur setiap 3 bulan sekali. Ini dimaksudkan untuk menggaet pelanggan baru.
• Buat promosi dengan gratis pencucian setiap pengumpulan nota 10x cuci atau setiap nominal tertentu.

Jika Anda menjalankan dengan sungguh-sungguh, lambat laun Anda bisa menambah armada mesin cuci Anda dengan banyaknya pelanggan yang datang. Jangan menganggap ini adalah bisnis rendahan, karena dengan keuletan, Anda bisa meraup rupiah hanya bermodal mesin cuci.

Oke, sudah siapkah Anda mulai berbisnis?

boss klo bisnis kayak gini modal'a brapa yawh boss..??
bs bantu ksh pendapat ngak??
thanksbeer:beer:
exc@libur - 11/10/2008 03:47 PM
#80

Quote:
Original Posted By daveee
boss klo bisnis kayak gini modal'a brapa yawh boss..??
bs bantu ksh pendapat ngak??
thanksbeer:beer:


cek di sini http://kaskus.us/showpost.php?p=47199814&postcount=40
Page 4 of 87 |  < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner >    [share] peluang usaha 