Budaya
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.
Total Views: 26797 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 13 of 80 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›

prabuanom - 11/11/2011 04:34 PM
#241

Quote:
Original Posted By pleke.nyut
sebenarnya kebanyakan manusia adalah rakus. Dari rakyat kecil yang tanpa jabatan sampai raja sekalipun dan seterusnya, dan lagi sangat tidak menghargai nilai2 kebenaran.
berbakti kepada tanah tumpah-darahnya adalah satu bentuk kebaikan. cenderung memaksakan kehendak, tidak pada tempatnya, memalukan, tidak sepantasnya, berbuat sesuatu dengan menyuruh orang lain.
Itu semua adalah kejahatan dan itulah yang dilakukan manusia dari jaman dulu hingga sekarang. Dan itulah maksud bahwa hidup ini relative (tidak mutlak baik dan tidak mutlak buruk). Jika ada yang mutlak itulah yang special.
Tetapi itu semua adalah usaha sang dalang bagaimana menyampaikan sebuah pengetahuan kepada penikmat wayang.

Di jaman sekarang, apakah sudah betul jika kita mengasihi mereka yang menderita, sementara penderitaan yang kita lihat ternyata hanya buatan alias kamuflase, beberapa hal baik yaitu ada petunjuk, pemberi petunjuk, dan yang butuh petunjuk "janganlah kita melihat masalah baik dan benar dengan melihat hasil akhir, karena dalam proses ternyata yang “baik” belum tentu “benar” dan yang “jahat” belum tentu “salah”.


kembali ke lakonnya masing masing mbah, kalo manusia cuma pengen lakon suci, maka berahirlah dunia karena ibaratnya yg ada cuma pandawa tak ada kurawa maka tak ada lagi greget didunia ini. pertanyaannya kalo disuruh memilih siapa yg mau jd kurawa yg di perankan menjadi jahat akan dicerca dihina dan pasti masuk neraka?. kalo disuruh memilih adakah yg mau memilih dengan jantan menjadi orang semacam ini tanpa menyesal. tanpa mereka dunia berahir, karena berahirnya dualitas. disinilah keberadaan kurawa adalah salah satu letak penjaga keseimbangan D
prabuanom - 11/11/2011 04:38 PM
#242

Quote:
Original Posted By klenut
Mungkin bgtu mbah.
Selain tegas dan lugas, mrk jg berkesan angkuh. Mungkin utk mengatasi perasaan terluka ya.
..sepo, sepi, sepah..
Duh, ngenes bacanya. Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.


pastilah kang, kalo pernah dibuang tentu akan merasa bahwa "kebahagiaan" itu mahal. karenanya ga akan mudah olehnya diecer. harga diri lama terinjak, pantang terinjak lagi untuk kedua kalinya. sipatnya terbangun keras dan pantang diinjak lagi.
prabuanom - 11/11/2011 04:41 PM
#243

Quote:
Original Posted By Digdadinaya
beda kang,terbuangnya Pandawa itu kan dari kerajaan....Boma, Karna, Burisrawa adalah anak yang tidak merasakan punya orang tua.

Biar gimanapun.Pandawa masih dapat kasih sayang dari ibunya (Dewi Kunthi), Kakeknya (Bisma n Abyasa), Gurunya (Durna), Pamannya (Widura n Salya) dan kakak sepupunya (Kresna).Apalagi ditambah sama Dewa2....dan terutama,Punokawan yang selalu setia membimbing...


bener mbah, pandawa walo dibuang tetep disertai oleh dewi kunti dalam lara lapanya. jadinya ya sebenernya mereka sempurna sebagai manusia yang disayangi. perhatikan kisah senapati kurawa mulai bhisma, drona, karna, salya. kayanya pada mengalami sesuatu hal di masa mudanya dulu D
abijoz - 11/11/2011 05:13 PM
#244

ada lagi Wisanggeni yang tadinya tidak diaku anak oleh arjuna tapi berkat kasih sayang ibunya yaitu dewi dersanala dapat mengalahkan dewasrani anak betara guru. Jadi orang yang mendapat kasih sayang ibu pun bisa jadi mesin perang mbah . D
angel.wijaya - 11/11/2011 05:26 PM
#245

Quote:
Original Posted By abijoz


kalo Gatotkaca keknya mengalami masa anak-anak cuma beberapa menit deh

masa sih...?
klo dlm pertunjukan,mgkn bener juga Peace:
Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.
buhitoz - 11/11/2011 05:37 PM
#246

Quote:
Original Posted By abijoz
ada lagi Wisanggeni yang tadinya tidak diaku anak oleh arjuna tapi berkat kasih sayang ibunya yaitu dewi dersanala dapat mengalahkan dewasrani anak betara guru. Jadi orang yang mendapat kasih sayang ibu pun bisa jadi mesin perang mbah . D

Ha ha ha
Kl mau disamaratakan, yg namanya kelas satria itu ya mesin perang semua.
Tinggal gmn pabrikan, cc, ama setelan mesin.
Ketika baratayudha, dipacu semuanya
Ngeeeeng ngeeeeng ngeeeeng
Ha ha ha Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.
abijoz - 11/11/2011 05:41 PM
#247

Quote:
Original Posted By buhitoz
Ha ha ha
Kl mau disamaratakan, yg namanya kelas satria itu ya mesin perang semua.
Tinggal gmn pabrikan, cc, ama setelan mesin.
Ketika baratayudha, dipacu semuanya
Ngeeeeng ngeeeeng ngeeeeng
Ha ha ha Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.


betul itu mbah Yb
abijoz - 11/11/2011 05:49 PM
#248

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
masa sih...?
klo dlm pertunjukan,mgkn bener juga Peace:
Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.


memangnya tepatnya berapa lama ya waktu yang dibutuhkan Gatotkaca untuk mengalahkan sekipu, wah saya jadi bingung nih ?, terimakasih pencerahannya.. ane jadi tersardar ..\)

ya maaf kalo ane salah menyamakan kejadian sebenarnya dengan yang di pertunjukan. Jangan jangan perangnya selama 20 tanun. Durasi pertunjukan emang bikan salah tafsir. wkwkwkwk

mohon dibabar
buhitoz - 11/11/2011 06:00 PM
#249

Quote:
Original Posted By abijoz


memangnya tepatnya berapa lama ya waktu yang dibutuhkan Gatotkaca untuk mengalahkan sekipu, wah saya jadi bingung nih ?, terimakasih pencerahannya.. ane jadi tersardar ..\)

ya maaf kalo ane salah menyamakan kejadian sebenarnya dengan yang di pertunjukan. Jangan jangan perangnya selama 20 tanun. Durasi pertunjukan emang bikan salah tafsir. wkwkwkwk

mohon dibabar

Pertarungan Gatot "iron" kaca vs. Sekipu itu dijadwalkan 12 ronde. Sekipu TKO ronde 11, rahangnya ke hantam upper cut kiri gatotkaca dari sasana pringgandani.
Ha ha ha Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.
abijoz - 11/11/2011 06:02 PM
#250

Quote:
Original Posted By buhitoz
Pertarungan Gatot "iron" kaca vs. Sekipu itu dijadwalkan 12 ronde. Sekipu TKO ronde 11, rahangnya ke hantam upper cut kiri gatotkaca dari sasana pringgandani.
Ha ha ha Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.


ahak ahak ahak ahak ahak ...!
pakde buhitoz lucu juga D
prabuanom - 11/11/2011 06:02 PM
#251

numpang nanya gan, kesatrian randu watangan neh punyanya siapa?saya baru beli buku tokoh pewayangan. anehnya antaredja dikatakan berkesatryan di randu watangan. bukannya di sapta pratala atau sumur jalatunda?dan anehnya antasena disebut kesatriyannya jangkar bumi?apa jangkar bumi bukan tempatnya antaredja?atau bukannya antasena di kisik narmada ya?atau sama ya antara kisik narmada dan jangkar bumi?
buhitoz - 11/11/2011 06:11 PM
#252

Quote:
Original Posted By abijoz


ahak ahak ahak ahak ahak ...!
pakde buhitoz lucu juga D

Mbah abijoz jg menyenangkan
Ha ha
Makanya kita santai aja, gk usah dibawa ruwet.
Setuju, mbah?
Ha. Ha ha Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.
prabuanom - 11/11/2011 06:15 PM
#253

ternyata randu watangan adalah kampnya pandawa saat bharatayudha.... hammer:
kayanya buku ini ga bisa dipercaya seratur persen o
angel.wijaya - 11/11/2011 07:06 PM
#254

Quote:
Original Posted By prabuanom
numpang nanya gan, kesatrian randu watangan neh punyanya siapa?saya baru beli buku tokoh pewayangan. anehnya antaredja dikatakan berkesatryan di randu watangan. bukannya di sapta pratala atau sumur jalatunda?dan anehnya antasena disebut kesatriyannya jangkar bumi?apa jangkar bumi bukan tempatnya antaredja?atau bukannya antasena di kisik narmada ya?atau sama ya antara kisik narmada dan jangkar bumi?

mgkn jawabannya ga nyambung
ini versi sundanya
Giri Kadasar kerajaan dari Prabu Kalalodra yg dikalahkan oleh Antasena, lalu oleh para dewa negara tsb diberikan padanya
Kisik Narmada tempatnya Begawan Mintuna, yaitu kakek dari Antasena

Jangkar Bumi kerajaan dari Prabu NagaBaginda yg dikalahkan oleh Antareja
Sapta pertala tempatnya Sanghyang Antaboga

randu watangan bukannya tempat perkemahan pandawa kang shakehand
prabuanom - 11/11/2011 11:00 PM
#255

Quote:
Original Posted By angel.wijaya
mgkn jawabannya ga nyambung
ini versi sundanya
Giri Kadasar kerajaan dari Prabu Kalalodra yg dikalahkan oleh Antasena, lalu oleh para dewa negara tsb diberikan padanya
Kisik Narmada tempatnya Begawan Mintuna, yaitu kakek dari Antasena

Jangkar Bumi kerajaan dari Prabu NagaBaginda yg dikalahkan oleh Antareja
Sapta pertala tempatnya Sanghyang Antaboga

randu watangan bukannya tempat perkemahan pandawa kang shakehand


nah itu dia, randu watangan tempatnya kampnya pandawa. makanya ini buku ada yg aneh. hehehee gamabrnya pun salah dia menempatkan. gamabr antasena masa diisi antaredja. pakem soloan apa ya?
prabuanom - 11/11/2011 11:33 PM
#256

dlm buku ini, antaredja memiliki istri dewi dewaningsih melahirkan anak danurwendha,nah kalo antasena istrinya dewi subaswara melahirkan anak udaraga. nah kalo yg antaredjanya saya tahu nama anak antaredja memang danurwenda. nama istrinya bener ga ya?saya kurang tau istri dr antaredja. nah kalo antasena, saya pernah denger mp3 wayang antasena rabi dimana antasena rabi dengan dewi jenaka wati anak arjuna. tp saya ga tau anaknya namanya siapa. di buku itu namanya jd subaswara, apakah sama orang?dan anaknya namanya udaraga?saya baru denger ini nama udaraga. bagaimana dengan temen temen neh?
buhitoz - 11/11/2011 11:49 PM
#257

Quote:
Original Posted By prabuanom
dlm buku ini, antaredja memiliki istri dewi dewaningsih melahirkan anak danurwendha,nah kalo antasena istrinya dewi subaswara melahirkan anak udaraga. nah kalo yg antaredjanya saya tahu nama anak antaredja memang danurwenda. nama istrinya bener ga ya?saya kurang tau istri dr antaredja. nah kalo antasena, saya pernah denger mp3 wayang antasena rabi dimana antasena rabi dengan dewi jenaka wati anak arjuna. tp saya ga tau anaknya namanya siapa. di buku itu namanya jd subaswara, apakah sama orang?dan anaknya namanya udaraga?saya baru denger ini nama udaraga. bagaimana dengan temen temen neh?


subaswara dan udaraga ane baru denger, mbah
tapi kalo emang muncul nama itu
mungkin memang ada dalam salah satu versi yang tidak umum
prabuanom - 12/11/2011 12:00 AM
#258

Quote:
Original Posted By buhitoz
subaswara dan udaraga ane baru denger, mbah
tapi kalo emang muncul nama itu
mungkin memang ada dalam salah satu versi yang tidak umum


nah itu dia mbah, saya menemukan hal yg baru disini, cuman karena nama kesatriyannya td salah (cuma dlm kasus antaredja antasena, yg lainnya saya lihat bener sih) makanya saya agak agak ragu mau memahaminya lebih dalam.
prabuanom - 12/11/2011 12:02 AM
#259

kalo di googling munculnya cuma dr situs ini:

http://omahwayangklaten.blogspot.com/2010/08/putra-pandhawa.html
buhitoz - 12/11/2011 12:11 AM
#260

Quote:
Original Posted By prabuanom
kalo di googling munculnya cuma dr situs ini:

http://omahwayangklaten.blogspot.com/2010/08/putra-pandhawa.html


dari mana ya muncul udaraga itu?
rada ajaib namanya
he he he
Page 13 of 80 | ‹ First  < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 >  Last ›
Home > LOEKELOE > SUPRANATURAL > Budaya > Wayang, Silakan Anda Lihat Dari Berbagai Sudut.