MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > ►۞ ۩ Tanya Jawab Seputar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia ۩ ۞◄
Total Views: 9969 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

b3y - 02/11/2011 01:02 PM
#1
►۞ ۩ Tanya Jawab Seputar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia ۩ ۞◄
Segala yg berkaitan dengan ketenagakerjaan mari kita share disini.

dalam hukum Indonesia, ketenagakerjaan diatur dalam :

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO.13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

Undang - Undang Terkait :
*yg punya linknya boleh di tambahain ya, segala undang" yg berkaitan dgn ketenagakerjaan

Trit yg berkaitan, dsb :
Perpanjangan dan pembaharuan perjanjian karyawan kontrak
Minta info tentang peraturan pemotongan gaji dan hukum-hukumnya

F.A.Q
#1
#2




RULES
chicomendez - 02/11/2011 01:11 PM
#2

Reserper ►۞ ۩ Tanya Jawab Seputar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia ۩ ۞◄
chicomendez - 02/11/2011 01:12 PM
#3

Reserper ►۞ ۩ Tanya Jawab Seputar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia ۩ ۞◄
wild.geese - 02/11/2011 01:13 PM
#4

Masih sepi ini tritnya?? bingungs
kid5234 - 02/11/2011 01:16 PM
#5

Quote:
Original Posted By wild.geese
Masih sepi ini tritnya?? bingungs

namanya juga sf baru o
b3y - 02/11/2011 01:19 PM
#6

Quote:
Original Posted By chicomendez
Reserper ►۞ ۩ Tanya Jawab Seputar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia ۩ ۞◄


ntr bantu jaga tritnya ya ;)

Quote:
Original Posted By wild.geese
Masih sepi ini tritnya?? bingungs


baru juga dibaut bro p

Quote:
Original Posted By kid5234
namanya juga sf baru o


iya D
wild.geese - 02/11/2011 01:32 PM
#7

Quote:
Original Posted By b3y

baru juga dibaut bro p


Salken Bro shakehand:

Ikut nongkrong dimari ah \)
arul warior - 02/11/2011 01:35 PM
#8

salam kenal
ane dulu ngangkat skripsi tentang "perlindungan upah bagi buruh yg telah berkeluarga"

dan sekarang menyusun tesis tentang "membumikan keadilan dalam sistem pengupahan di Indonesia"

lets share about labour

"WORKER CLASS NEVER SURRENDER"
MelekHukum - 02/11/2011 01:41 PM
#9

Reserved, semoga bermanfaat nih threadbeer:
pandukusumo - 02/11/2011 01:44 PM
#10

wah gw lg ambl perburuhan..ada Sub forum ginian bnt bgt dah..hehe:bookmarks
b3y - 02/11/2011 01:44 PM
#11

Quote:
Original Posted By wild.geese
Salken Bro shakehand:

Ikut nongkrong dimari ah \)


salken juga ya shakehand2

bantu jaga juga ya D

Quote:
Original Posted By arul warior
salam kenal
ane dulu ngangkat skripsi tentang "perlindungan upah bagi buruh yg telah berkeluarga"

dan sekarang menyusun tesis tentang "membumikan keadilan dalam sistem pengupahan di Indonesia"

lets share about labour

"WORKER CLASS NEVER SURRENDER"


mantab bang, semoga sukses untuk tesisnya beer:

Quote:
Original Posted By MelekHukum
Reserved, semoga bermanfaat nih threadbeer:


amin :angel

Quote:
Original Posted By pandukusumo
wah gw lg ambl perburuhan..ada Sub forum ginian bnt bgt dah..hehe:bookmarks


iya gan,

alasan lain karna sebagian besar penduduk berkaitan dengan ketenagakerjaan kan D
pandukusumo - 02/11/2011 01:53 PM
#12

Quote:
Original Posted By b3y


iya gan,

alasan lain karna sebagian besar penduduk berkaitan dengan ketenagakerjaan kan D


klo gw mau ksh ide boleh ga?kyk ksh UU terkait selain UU ketenagkerjaan
kyk jaminan sosial,serikat buruh dll..hehhe
fransto - 02/11/2011 01:54 PM
#13

Kebetulan nih ane mau tanya2 mengenai aturan dan hukum mengenai ketenagakerjaan :
Ceritanya begini : Perusahaan tempat ane kerja sekarang mulai goyang dan pemilik (dua orang) kelihatannya lebih milih pecah dari pada mencari alternatif untuk memajukan perusahaan. ane kerja udah 5th lebihlah
dengan adannya keputusan untuk bubar maka ane dan karyawan yg lain otomatis tidak bekerja lg tp kita di fasilitasi oleh salah satu pemilik untuk bekerja diperusahaannya yang lain sehingga kita tidak nganggur nah yg jadi pertanyaan ane :
1. apakah kita (karyawan) termasuk kategori PHK dalam kasus ini
2. apakah hak kita sama (aturan PHK / pesangon dll) walau sudah dijamin bekerja di perusahaan pemilik yg lain.
3. bagaimana jika perusahaan tidak mau membayar pesangon sesuai dengan UUD dengan alasan memang tidak ada uang karena keadaan perusahaan yg memang sedang sulit keuangannya.

Atas bantuan dan sarannya ane ucapkan terima kasih
OperaVanKaskus - 02/11/2011 02:32 PM
#14

Gan klo kita kerja melebihi jam kerja tp gak ada lemburan,
apa si pemilik perusahaan bisa di perkarakan, dasarnya apa yah gan?
b3y - 02/11/2011 02:33 PM
#15

Quote:
Original Posted By pandukusumo
klo gw mau ksh ide boleh ga?kyk ksh UU terkait selain UU ketenagkerjaan
kyk jaminan sosial,serikat buruh dll..hehhe


nanti di apdet bang D

Quote:
Original Posted By fransto
Kebetulan nih ane mau tanya2 mengenai aturan dan hukum mengenai ketenagakerjaan :
Ceritanya begini : Perusahaan tempat ane kerja sekarang mulai goyang dan pemilik (dua orang) kelihatannya lebih milih pecah dari pada mencari alternatif untuk memajukan perusahaan. ane kerja udah 5th lebihlah
dengan adannya keputusan untuk bubar maka ane dan karyawan yg lain otomatis tidak bekerja lg tp kita di fasilitasi oleh salah satu pemilik untuk bekerja diperusahaannya yang lain sehingga kita tidak nganggur nah yg jadi pertanyaan ane :
1. apakah kita (karyawan) termasuk kategori PHK dalam kasus ini
2. apakah hak kita sama (aturan PHK / pesangon dll) walau sudah dijamin bekerja di perusahaan pemilik yg lain.
3. bagaimana jika perusahaan tidak mau membayar pesangon sesuai dengan UUD dengan alasan memang tidak ada uang karena keadaan perusahaan yg memang sedang sulit keuangannya.

Atas bantuan dan sarannya ane ucapkan terima kasih


1. di bilang PHK sih tidak gan. apa pengusaha sudah memberitahukan kepada karyawan mengenai PHK ?
2. hak apa nih gan ? hak untuk menerima pesangon kah ?
3. dilakukan permohonan pailit gan, nanti kurator yg akan mengurus dan menghitung aset dr perusahaan tsb. aset tersebut yg akan digunakan untuk membayar segala hutangnya..

Quote:
Original Posted By OperaVanKaskus
Gan klo kita kerja melebihi jam kerja tp gak ada lemburan,
apa si pemilik perusahaan bisa di perkarakan, dasarnya apa yah gan?


bisa gan

dasarnya : pasal 78 ayat 2
"Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1) wajib membayar upah kerja lembur."

sanksi : pasal 187 ayat 1
"Barang siapa melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37 ayat (2),
Pasal 44 ayat (1), Pasal 45 ayata (1), Pasal 67 ayat (1), Pasal 71 ayat (2), Pasal 76
ayat (2), Pasal 78 ayat (2), Pasal 79 ayat (1), dan ayat (2), Pasal 85 ayat (3), dan
Pasal 144, dikenakan sanksi pidana kurungan paling singkat 1 (satu) bulan dan
paling lama 12 (dua belas) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp, 10.000.000,00
(sepuluh juta rupiah) dan paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah)."
Mahendza - 02/11/2011 03:18 PM
#16

Quote:
Original Posted By OperaVanKaskus
Gan klo kita kerja melebihi jam kerja tp gak ada lemburan,
apa si pemilik perusahaan bisa di perkarakan, dasarnya apa yah gan?


Terus gaji gak naik-naik gmna tuh gan? udah 3 tahun lebih, tpi ttep aja gak naik, pdhal udh lembur..
(pertanyaan kka spupu ane) hammers
4james - 02/11/2011 04:02 PM
#17

Quote:
Original Posted By b3y


*nanti malem di apdet malu:


Ditunggu updatenya gan. Ane pengen nambah ilmu perburuhan nih. iloveindonesias
iqbalsyuhada - 02/11/2011 04:23 PM
#18

Salken Gan shakehand2
Reserped Dulu Deh Peace:
raylucker - 02/11/2011 04:43 PM
#19

reserved om shakehand
JasmineJava - 02/11/2011 05:01 PM
#20

Quote:
Original Posted By fransto
Kebetulan nih ane mau tanya2 mengenai aturan dan hukum mengenai ketenagakerjaan :
Ceritanya begini : Perusahaan tempat ane kerja sekarang mulai goyang dan pemilik (dua orang) kelihatannya lebih milih pecah dari pada mencari alternatif untuk memajukan perusahaan. ane kerja udah 5th lebihlah
dengan adannya keputusan untuk bubar maka ane dan karyawan yg lain otomatis tidak bekerja lg tp kita di fasilitasi oleh salah satu pemilik untuk bekerja diperusahaannya yang lain sehingga kita tidak nganggur nah yg jadi pertanyaan ane :
1. apakah kita (karyawan) termasuk kategori PHK dalam kasus ini
2. apakah hak kita sama (aturan PHK / pesangon dll) walau sudah dijamin bekerja di perusahaan pemilik yg lain.
3. bagaimana jika perusahaan tidak mau membayar pesangon sesuai dengan UUD dengan alasan memang tidak ada uang karena keadaan perusahaan yg memang sedang sulit keuangannya.

Atas bantuan dan sarannya ane ucapkan terima kasih


Perlu dilihat apakah perusahaan tempat agan kerja sekarang apakah leburan atau pecahan dari perusahaan yang lama - maka tidak terjadi PHK? Atau apakah perusahaan yang lama itu benar2 sudah diliquidasi?

Berdasarkan UU aturan pesangon perusahaan yang sudah diliquidasi hanya sebesar 2 bulan kerja beserta tunjangan tapi ya dilihat juga kemampuan perusahaan tersebut.

Good luck memperjuangkan hak-haknya

Terima kasih
Page 1 of 14 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > ►۞ ۩ Tanya Jawab Seputar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia ۩ ۞◄