Entrepreneur Corner
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner > █│DISKUSI│█ Semua tentang impor/ekspor/shipping/forwarding/bea cukai
Total Views: 292553 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 364 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

yuzsky - 16/10/2008 11:52 AM
#21

DItunggu upload buku panduan BTBMI nya bozz beer:
Flicus - 16/10/2008 12:20 PM
#22

Quote:
Original Posted By one_starlight
HP emang tergolong kategori merah, tapi itu teori di atas buku. Kenyataan dilapangan banyak yg bisa masukin hp dr luar negeri (bukan hand carry).

Nah...gimana caranya ? Kalo emang ada yg forwarder yg bisa seperti kenapa tidak membuka peluang bisnis di sini ?

drpd kita bisnis hyip ato ptc melulu hammer:



Yup, setuju sis, category merah dalam rules n regulation. Pada kenyataannya di Indonesia itu semua mungkin.

Sekarang permasalahannya adalah how visible is it. Kalau kita pemain lama yg sudah kenal jalur2 nya. Mulai dari forwarder mana yg bisa dipercaya atau apa kita mau clearance sendiri , siapa saja yg harus di berikan “pelicin”,, berapa costny n berapa lama clearancenya n dll. Tentu saja business ini sangat menjanjikan.

Tapi kalau kita adalah pemain baru di lapangan. Banyak masalah yg harus menjadi pertimbangan juga.

Contoh sederhana adalah Quantity n cost. Seperti yg kita tahu, margin Hp tidaklah se wah itu (in term % ) . Untuk category merah seperti ini, dipastikan org2 di bea cukai akan meminta “amplop” yg diatas rata. Berapa quantity yg harus kita jual untuk misalkan BEP. Dan dari quantity untuk BEP ini, berapa cost kita .

Assumption angka kasar:
1.FCL. FCL 40ft. 30 000kg
Cost 1 HP: 1 juta. 1 HP = 1.5 kg
Cost total untuk 1FCL: 30 000/1.5 x 1juta. = 20 rb unit HP = 20 miliar.

Dengan kata lain kita perlu 20 miliar untuk modal hp nya saja, belum risk HP tsb stuck di Custom tanpa jaminan kapan akan keluar + etc2 ( silakan bayangkan sendiri the worst case).

LCL.:
Kita assume pengiriman HP 1500 unit. = 150 juta.
Next: Berapa pelicin untuk category “merah” agar lancar? Dipastikan kita bicara min puluhan bahkan ratusan juta. Jadi apakah pengiriman hanya 1500 unit akan BEP?



Bila kita menggunakan forwarder. Pertanyaannya pasti : seberapa reliable and trustworthy kah forwarder yg kita pilih + biaya berapa.



IMHO, yg perlu dianalisa bukan ada atau tidaknya peluang ini. Peluang akan selalu ada tapi how visible it is buat kita sebagai pemain baru untuk masuk ke market ini.

Sedikit gambaran lagi: TRIKOM sekali import ke indo itu satu container valuenya around 3-4 million USD.

Ps: buat yg udh masukin HP / rice bowlny dari business ini mungkin bisa berbagi cerita.


Cheers
prya300804 - 16/10/2008 12:29 PM
#23

Ayo sharing EXIM bro and sist

Gw mau nambahin aja deh, setau gw bisnis exim ini sangat menguntungkan, apalagi pas dolar naik wah pasti pengusaha yang expor pasti sangat diunutngkan dengan selisih nilai dolar, ada berapa metode pembayaran yang digunakan dalam exim, secara garis besarnya ada 2, yaitu secara kredit (pakai LC) dan Cash (Telex Transfer), tinggal pilih saja yang mana yang menguntungkan

1. Letter of Credit (LC) biasanya digunakan apabila buyer yang akan membeli barang kita masih baru dan kita juga ga berharap kan kalo setelah barang kita dikirim tiba2 kita tertipu karena tidak dibayar, dengan LC ini kita mendapat jaminan dari bank sebab buyer kita menruh sejumlah uang pada bank nya dia, tapi yang harus kita perhatikan dalam LC ini adalah masalah pembuatan dokument, yang mana dokument yang kita kirimkan kepada bank haruslah sesuai dengan kondisi dan ketetapan yang di minta dala LC tsb, kalo ga pasti kita akan mendapatan potongan (dicrepancy) dan lumayan lo.

2. Telex Transfer = seberannya dengan pembayara ini lebih mudah dan lebih efisien, tapi asalkan cost kita sudah kenal atau minimal sudah sering order

Segitu dulu aja deh, ntar kalo ada pertanyaan post aja disini atau pm aja deh ke gw, tak coba bantu sebisa gw
ferry enjoy - 16/10/2008 01:06 PM
#24

Quote:
Original Posted By prya300804
Ayo sharing EXIM bro and sist

Gw mau nambahin aja deh, setau gw bisnis exim ini sangat menguntungkan, apalagi pas dolar naik wah pasti pengusaha yang expor pasti sangat diunutngkan dengan selisih nilai dolar, ada berapa metode pembayaran yang digunakan dalam exim, secara garis besarnya ada 2, yaitu secara kredit (pakai LC) dan Cash (Telex Transfer), tinggal pilih saja yang mana yang menguntungkan

1. Letter of Credit (LC) biasanya digunakan apabila buyer yang akan membeli barang kita masih baru dan kita juga ga berharap kan kalo setelah barang kita dikirim tiba2 kita tertipu karena tidak dibayar, dengan LC ini kita mendapat jaminan dari bank sebab buyer kita menruh sejumlah uang pada bank nya dia, tapi yang harus kita perhatikan dalam LC ini adalah masalah pembuatan dokument, yang mana dokument yang kita kirimkan kepada bank haruslah sesuai dengan kondisi dan ketetapan yang di minta dala LC tsb, kalo ga pasti kita akan mendapatan potongan (dicrepancy) dan lumayan lo.

2. Telex Transfer = seberannya dengan pembayara ini lebih mudah dan lebih efisien, tapi asalkan cost kita sudah kenal atau minimal sudah sering order

Segitu dulu aja deh, ntar kalo ada pertanyaan post aja disini atau pm aja deh ke gw, tak coba bantu sebisa gw


nice info.. btw kalo ada info tentang proses ekspor dari bea cukai atau source terpercaya boleh ya di share \) (buat nambah2 skripsi o)
one_starlight - 16/10/2008 06:04 PM
#25

BTBM sudah di upload di post #1...

Semoga makin banyak jagoan yg share beer:
citracool - 16/10/2008 06:44 PM
#26

pertanyaan gw gak dijawab!!!
kalo iPod, kaos, topi, CD, buku termasuk hijau atau merha???
lebah genit - 16/10/2008 08:21 PM
#27

C Susan, asal surat2 dr eksportir dan importirnya lengkap mudah kok keluarin barang. yg lg masalah skrg ini importir2 yg biasanya pake import borongan atau undername.
Sakutaro - 16/10/2008 10:21 PM
#28

kl pelabuhan besar lg red line.......
apa pelabuhan kecil juga gt??
one_starlight - 16/10/2008 10:28 PM
#29

Quote:
Original Posted By lebah genit
C Susan, asal surat2 dr eksportir dan importirnya lengkap mudah kok keluarin barang. yg lg masalah skrg ini importir2 yg biasanya pake import borongan atau undername.


ini kan bidang lu sis...ayo keluarin donk semua ilmunya D

kalo bisa yg dibahas bukan cuman soal teoritisnya.

sapa tau besok2 gue punya perusahaan forwarder p hammer:
lebah genit - 16/10/2008 10:36 PM
#30

^
set dah kalo semua bisa ga tidur kita hammer: private aja dah yuk D

FYI yg lagi hot ajah, satu perusahaan shipping besar baru2 ini bangkrut : Dongnama / C & Line.
tiranos - 17/10/2008 11:03 AM
#31

wah kebetulan nih sy kan di priok
diablo889 - 17/10/2008 12:35 PM
#32

Quote:
Original Posted By prya300804

1. Letter of Credit (LC) biasanya digunakan apabila buyer yang akan membeli barang kita masih baru dan kita juga ga berharap kan kalo setelah barang kita dikirim tiba2 kita tertipu karena tidak dibayar, dengan LC ini kita mendapat jaminan dari bank sebab buyer kita menruh sejumlah uang pada bank nya dia, tapi yang harus kita perhatikan dalam LC ini adalah masalah pembuatan dokument, yang mana dokument yang kita kirimkan kepada bank haruslah sesuai dengan kondisi dan ketetapan yang di minta dala LC tsb, kalo ga pasti kita akan mendapatan potongan (dicrepancy) dan lumayan lo.


utk Buyer2 baru, biasakan minta Irrevocable L/C at Sight deh..


sun: diablo's sun:
Sakutaro - 17/10/2008 07:48 PM
#33

Quote:
Original Posted By prya300804
Ayo sharing EXIM bro and sist

Gw mau nambahin aja deh, setau gw bisnis exim ini sangat menguntungkan, apalagi pas dolar naik wah pasti pengusaha yang expor pasti sangat diunutngkan dengan selisih nilai dolar, ada berapa metode pembayaran yang digunakan dalam exim, secara garis besarnya ada 2, yaitu secara kredit (pakai LC) dan Cash (Telex Transfer), tinggal pilih saja yang mana yang menguntungkan

1. Letter of Credit (LC) biasanya digunakan apabila buyer yang akan membeli barang kita masih baru dan kita juga ga berharap kan kalo setelah barang kita dikirim tiba2 kita tertipu karena tidak dibayar, dengan LC ini kita mendapat jaminan dari bank sebab buyer kita menruh sejumlah uang pada bank nya dia, tapi yang harus kita perhatikan dalam LC ini adalah masalah pembuatan dokument, yang mana dokument yang kita kirimkan kepada bank haruslah sesuai dengan kondisi dan ketetapan yang di minta dala LC tsb, kalo ga pasti kita akan mendapatan potongan (dicrepancy) dan lumayan lo.

2. Telex Transfer = seberannya dengan pembayara ini lebih mudah dan lebih efisien, tapi asalkan cost kita sudah kenal atau minimal sudah sering order

Segitu dulu aja deh, ntar kalo ada pertanyaan post aja disini atau pm aja deh ke gw, tak coba bantu sebisa gw


gmn cara kerja LC ini.....
apa kita buat dokumen di bank dulu...uang kita setor ke bank..tp mereka blm bisa ngambil ya...tar barang uda sampe ...baru mereka bisa ambil uang nya ya??
apa kira2 begitu... o

jd persyaratan buat dokumen LC ni gmn ya?

mohon pencerahannya... o
diablo889 - 18/10/2008 01:01 AM
#34

Quote:
Original Posted By Sakutaro
gmn cara kerja LC ini.....
apa kita buat dokumen di bank dulu...uang kita setor ke bank..tp mereka blm bisa ngambil ya...tar barang uda sampe ...baru mereka bisa ambil uang nya ya??
apa kira2 begitu... o

jd persyaratan buat dokumen LC ni gmn ya?

mohon pencerahannya... o


L/C ada mcm2 sih bro...ada usance, red clause,at sight, etc..
spy gak melebar, mending dibahas the most commonly used ya, yaitu L/C at Sight.
secara garis besar, prinsip kerjanya:
-Buyer membuka L/C di bank si Buyer (in most cases, Buyer's bank akan membekukan uang Buyer sejumlah yg tertera di L/C)
-Buyer's Bank akan mengirimkan L/C tsbt ke Seller's bank via SWIFT
-Di L/C tersebut tertera syarat2 documents (documents requirement) yg harus dilampirkan utk pencairan l/C (yg paling umum B/L, Packing List, Invoice, tp banyak juga yg mensyaratkan document2 lain besides these 3)
-Seller melakukan pengapalan
-Setelah barang dikapalkan, Seller submit the required documents to Seller's Bank
-Seller's Bank will check the submitted docs and if there is no discrepancy
-Seller's Bank will send these docs to Buyer's bank via airmail
-Buyer's bank will check the docs, if the docs are "clean" (no discrepancy), Buyer's Bank will execute the payment (remitted to Seller's Bank)

yg perlu dicatat: At Sight means: Buyer's Bank has 5 banking days to accept (means pay to Seller's Bank) or refuse the docs..


sun: diablo's sun:
zafar - 18/10/2008 02:27 AM
#35

Quote:
Original Posted By Flicus
Quantity bro,

Misalnya biaya LCL n FCL berbeda. Tapi quantity yg bisa masuk di satu FCL juga jauh lebih banyak. Belum biasa documentation dll. Jadi variable costnya dipastikan lebih rendah


ga ngerti malu:
Sakutaro - 18/10/2008 10:25 AM
#36

Quote:
Original Posted By diablo889
L/C ada mcm2 sih bro...ada usance, red clause,at sight, etc..
spy gak melebar, mending dibahas the most commonly used ya, yaitu L/C at Sight.
secara garis besar, prinsip kerjanya:
-Buyer membuka L/C di bank si Buyer (in most cases, Buyer's bank akan membekukan uang Buyer sejumlah yg tertera di L/C)
-Buyer's Bank akan mengirimkan L/C tsbt ke Seller's bank via SWIFT
-Di L/C tersebut tertera syarat2 documents (documents requirement) yg harus dilampirkan utk pencairan l/C (yg paling umum B/L, Packing List, Invoice, tp banyak juga yg mensyaratkan document2 lain besides these 3)
-Seller melakukan pengapalan
-Setelah barang dikapalkan, Seller submit the required documents to Seller's Bank
-Seller's Bank will check the submitted docs and if there is no discrepancy
-Seller's Bank will send these docs to Buyer's bank via airmail
-Buyer's bank will check the docs, if the docs are "clean" (no discrepancy), Buyer's Bank will execute the payment (remitted to Seller's Bank)

yg perlu dicatat: At Sight means: Buyer's Bank has 5 banking days to accept (means pay to Seller's Bank) or refuse the docs..


sun: diablo's sun:


thx bgt...... o
Sakutaro - 19/10/2008 03:05 PM
#37

sup:
rianhafiz - 19/10/2008 04:18 PM
#38

mantau ya bos ts mo belajar nih beer:
Arothron - 19/10/2008 04:39 PM
#39

maap kalo oot ya...
gue mau tanya tentang mencari peluang ekspor. gue punya produk yang cukup diminati para backpacker bule. tapi gue gak punya kontak diluar sana. selama ini pembeli gue bule2 jalan jaksa doang dan mereka gak bisa ngebukain pasar diluar. ada saran gak gue masuk ke forum mana untuk mencari pasar?
TheDorikiN - 19/10/2008 05:37 PM
#40

BTBMI nya numpang nyedot yah cc..

thanx.. beer:
Page 2 of 364 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Entrepreneur Corner > █│DISKUSI│█ Semua tentang impor/ekspor/shipping/forwarding/bea cukai