MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
Total Views: 4881 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 

pareang - 03/11/2011 09:34 AM
#1
Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
Slamat pagi agan2 skalian pernghuni MELEK HUKUM KASKUS...
Gan ane mau nanya seputar hukum hutang-piutang (kredit motor) . Ane udh 2x ngambil motor (kredit) sampe dgn lunas ane gk pernah ngerti tuh apa yg dimaksud dengan FIDUSIA dalam perjanjian kontrak, ketika ane nanya ke SURVEYOR nya hanaya bisa menjelaskan sekilas aja ( sama sekali gak mudeng ) mungkin agan-agan yg ngerti hukum baik perdata maupun pidana bisa menjelaskan.. Thq ya agan-agan...

Oh ia maaf agan2 saya ingin menambahkan....

KENAPA DALAM HAL KREDIT MOTOR HARUS DI FIDUSIA-IN? APA GAK CUKUP DENGAN PERJANJIAN KONTRAK AJA...


?. TAMBAHAN DARI AGAN KASKUS ?


sebagian besar agan2 diatas udah banyak menjelaskan mengenai fidusianya... tapi yg menjadi keprihatinan saya.. adalah lemahnya posisi debitur (konsumen) dari kredit pembiayaan yang motornya menjadi obyek fidusia.. jika terlambat motornya main rebut aja sama COLLECTOR leasing nya,,, padahal dalam UU jaminan Fidusia.. ada perindungan hukum yg diberikan kepada Pemberi jaminan fidusia (konsumen), sedangkan di lain pihak Jaminan fidusia yg dibuat antara konsumen dan perusahaan leasing sering TIDAK DIDAFTARKAN ke kantor pendaftaran fidusia (DEPKUMHAM) sehingga kekuatan penjaminan fidusianya tidak mengikat secara hukum..
jadi agan2 yg mau ditarik motornya kerena nunggak.. tanyakan kepada collector leasingnya... apakah perjanjian fidusia yg di tandatangi di awal pembiayaan sudah didaftarkan.. kalau dia bilang belum atau gak tahu.. suruh daftarkan dulu... kalau motor tetap diambil.. lapor ke polisi dengan alasan perampasan... hehehehe... serius gan ane udah nyoba.. kalang kabut perusahaan leasing nya
KALO BERKENAN TARO PEJWAN GAN

iloveindonesias

iloveindonesias iloveindonesiasYb Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
zaqdc - 03/11/2011 09:36 AM
#2

FIDUSIA = Jaminan secara kepercayaan (kalo gak salah hehehe)
sylvana. - 03/11/2011 09:39 AM
#3

pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan tapi benda eang hak kepemilikannya dialihkan tetap dlm penguasaan pemilik benda. :cool
kiddz - 03/11/2011 09:41 AM
#4

Menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA

Jaminan Fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang tetap berada dalam penguasaan Pemberi Fidusia, sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada Penerima Fidusia terhadap kreditor lainnya.

Waktu agan kredit motor, motor agan dibebankan jaminan fidusia. Maksudnya adalah, selama dalam masa pelunasan kredit kepada leasing, motor yg udah agan beli jadi benda jaminan perjanjian kredit tersebut, walopun motor dalam penguasaan agan. Kalo agan gagal bayar kredit, motor akan disita pihak leasing
pareang - 03/11/2011 09:43 AM
#5

Brarti pihak leasing mengalihkan kepemilikan motor ke ane atas dasar kepercayaan, tetapi motor tersebut tetap dalam penguasaan pihak leasing selama itu msh masa kredit Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
sylvana. - 03/11/2011 09:48 AM
#6

Quote:
Original Posted By pareang
Brarti pihak leasing mengalihkan kepemilikan motor ke ane atas dasar kepercayaan, tetapi motor tersebut tetap dalam penguasaan pihak leasing selama itu msh masa kredit Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??


betul tar penerima fidusia wajib mengembalikan HAK MILIK itu motor jika beri fidusia (agan) udah bayar lunas
allthaticansay - 03/11/2011 09:53 AM
#7

sepengetahuan ane, Perjanjian fidusia artinya perjanjian tersebut dibuat berdasarkan asas kepercayaan dari salah satu pihak terhadap pihak lainnya.
kucingbakar - 03/11/2011 09:59 AM
#8

ente ngutang sama A, jaminan pake barang B. cuma barang B ente yang pegang(dikuasai sama ente)

nah loh, trus yang punya itu barang siapa?? hammer:
pareang - 03/11/2011 10:09 AM
#9

Quote:
Original Posted By kucingbakar
ente ngutang sama A, jaminan pake barang B. cuma barang B ente yang pegang(dikuasai sama ente)

nah loh, trus yang punya itu barang siapa?? hammer:


Ane ngutang sama Leasing brupa pinjaman UANG utk beli motor, ane jaminkan BPKB motor tsb ke LEASING tetapi Motornya ttp ane pegang! Kalau trjadi ssuatu hal katakan nunggak tuh jaminan yg ane pegang bisa di ambil ma leasing? Begitu x ya....
Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
kiddz - 03/11/2011 10:14 AM
#10

begitu lah gan kira-kira fidusia itu o
pam242 - 03/11/2011 10:14 AM
#11

Quote:
Original Posted By pareang
Ane ngutang sama Leasing brupa pinjaman UANG utk beli motor, ane jaminkan BPKB motor tsb ke LEASING tetapi Motornya ttp ane pegang! Kalau trjadi ssuatu hal katakan nunggak tuh jaminan yg ane pegang bisa di ambil ma leasing? Begitu x ya....
Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??


Yup betul gan
soalny untuk beli motor agan,kreditur kan harus keluar uang dulu buat byr ke dealer.
jadi BPKB motor agan dipegang sebagai jaminan atas kredit motor agan D
smuk - 03/11/2011 10:17 AM
#12

Quote:
Original Posted By kucingbakar
ente ngutang sama A, jaminan pake barang B. cuma barang B ente yang pegang(dikuasai sama ente)

nah loh, trus yang punya itu barang siapa?? hammer:


begini.. contoh:

A ngutang ke B, jaminan barang X, memakai fidusia

hak milik atas benda X ada di B selama A ngutang, tapi benda X berada di tangan A

tentu ada dalam klausul perjanjian sewa beli ini, siapa yang mempunyai hak milik terhadap benda, dan tentu saja si B

dalam hukum,

bila barang di tangan A, tidak berarti bahwa A adalah si pemilik benda kecuali A dapat membuktikan sebaliknya

dalam fidusia, dalam hal ini A menjadi bezziter, namun hak eigendom ada di B

utk istilah bezit dan eigendom di googling ya, males jelasinnya.. p
kucingbakar - 03/11/2011 10:30 AM
#13

Quote:
Original Posted By smuk
begini.. contoh:

A ngutang ke B, jaminan barang X, memakai fidusia

hak milik atas benda X ada di B selama A ngutang, tapi benda X berada di tangan A

tentu ada dalam klausul perjanjian sewa beli ini, siapa yang mempunyai hak milik terhadap benda, dan tentu saja si B

dalam hukum,

bila barang di tangan A, tidak berarti bahwa A adalah si pemilik benda kecuali A dapat membuktikan sebaliknya

dalam fidusia, dalam hal ini A menjadi bezziter, namun hak eigendom ada di B

utk istilah bezit dan eigendom di googling ya, males jelasinnya.. p


.eigendom masih laku ya gan . .
.ohh, kalo hak milik sama B, berarti B bisa sewaktu2 menjual barang tersbut donk ya. kasian si A . . . .
smuk - 03/11/2011 10:32 AM
#14

Quote:
Original Posted By kucingbakar
.eigendom masih laku ya gan . .
.ohh, kalo hak milik sama B, berarti B bisa sewaktu2 menjual barang tersbut donk ya. kasian si A . . . .


bukannya masih laku ya? emang hak milik ud ga berlaku lagi?

ya kan ada perjanjiannya.. isinya kan pasti ada negative covenant

bisa dijalaskan? maaf klo saya ada salah


Quote:
pasal 1 angka 1 UU Fidusia

" Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda."

70NI770 - 03/11/2011 10:33 AM
#15

gara2 thread ini ane jadi lebih ngerti tentang fidusia,makasih gan \)b
hoze - 03/11/2011 10:35 AM
#16

Quote:
Original Posted By pareang
Ane ngutang sama Leasing brupa pinjaman UANG utk beli motor, ane jaminkan BPKB motor tsb ke LEASING tetapi Motornya ttp ane pegang! Kalau trjadi ssuatu hal katakan nunggak tuh jaminan yg ane pegang bisa di ambil ma leasing? Begitu x ya....
Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??


Fidusia itu sendiri diatur didalam Undang - undang No. 42 Tahun 1999 tentang jaminan fidusia .

Pasal 1
Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.


Jaminan Fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang tetap berada dalam penguasaan Pemberi Fidusia,sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada Penerima Fidusia terhadap kreditor lainnya.

jadi bisa dibilang fidusia itu intinya adalah kepercayaan sebagaimana yang telah disebutkan diatas, namun yang perlu diingat adalah HAK KEPEMILIKAN DARI BARANG YANG DIJAMINKAN FIDUSIA BERPINDAH KEPADA PENERIMA FIDUSIA SELAMA FIDUSIA ITU BELUM DICABUT
zaqdc - 03/11/2011 10:38 AM
#17

Quote:
Original Posted By 70NI770
gara2 thread ini ane jadi lebih ngerti tentang fidusia,makasih gan \)b


yep... bermanfaatkan gan dengan bisa berdiskusi seperti ini
kucingbakar - 03/11/2011 10:39 AM
#18

Quote:
Original Posted By smuk
bukannya masih laku ya? emang hak milik ud ga berlaku lagi?

ya kan ada perjanjiannya.. isinya kan pasti ada negative covenant

bisa dijalaskan? maaf klo saya ada salah




soal kepemilikan baca aja bukunya tan kamelo apa gunawan widjaja..
males jelasinnya . . .p
D.I.O - 03/11/2011 10:40 AM
#19

intinya si gampang aja gan..

utang piutang dengan jaminan surat hak kepemilikan D

hanya berlaku untuk jaminan benda bergerak bernama contoh sepedah motor, mobil D

jadi jaminannya BPKB kendaraan agan, tapi kendaraan tetap bisa agan pake D

CMIIW
chuba. - 03/11/2011 10:43 AM
#20

Quote:
Original Posted By D.I.O
intinya si gampang aja gan..

utang piutang dengan jaminan surat hak kepemilikan D

hanya berlaku untuk jaminan benda bergerak bernama contoh sepedah motor, mobil D

jadi jaminannya BPKB kendaraan agan, tapi kendaraan tetap bisa agan pake D

CMIIW


piutang,stok,mesin2 juga bisa difidusiaian D
Page 1 of 6 |  1 2 3 4 5 6 > 
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??