MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
Total Views: 4881 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

LinMichaeL - 05/11/2011 09:54 AM
#61

Quote:
Original Posted By zaqdc
FIDUSIA = Jaminan secara kepercayaan (kalo gak salah hehehe)


Bukan gan, itu Lembaga Jaminan untuk Benda Bergerak, namun benda yang dijadikan jaminan masih dalam penguasaan Pemilik.

Bedanya dengan Gadai apa? Kalau Gadai sama untuk Benda Bergerak, tapi penguasaannya tidak di tangan Pemilik, tapi di tangan Kreditornya (yang ngasih utangan).

Dasar hukum tentang Fidusia: UU No. 42 Tahun 199 tentang Jaminan Fidusia.
Pasal 1
Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.
Pasal 2
Jaminan Fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang tetap berada dalam penguasaan Pemberi Fidusia,sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada Penerima Fidusia terhadap kreditor lainnya.

Dasar hukum tentang Gadai di Pasal 1150-1160 BW (Burgerlijk Wetboek) atau org2 menyebutnya Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPER).
Gadai adalah suatu hak yang diperoleh kreditor (si berpiutang) atas suatu
barang bergerak, yang diserahkankepadanya oleh debitur (si berutang),
atau oleh seorang lain atas namanya,dan yang memberikan kekuasaan kepada
kreditor itu untuk mengambil pelunasandari barang tersebut secara didahulukandaripada kreditur-kreditur lainnya,dengan kekecualian biaya untuk
melelang barang tersebut dan biaya yangtelah dikeluarkan untuk
menyelamatkannya setelah barang itu digadaikan, biaya-biaya mana harus didahulukan.
alul_aban - 06/11/2011 01:22 PM
#62

Wakakkakakakaka..
ane demen dah kalau bahas leasing..
umumnya yang sering terjadi adalah :
* Si A ambil kredit motor selama 3 tahun,,tetapi Si A menginjak bulan ke 6 bulan ke 7 bulan ke 8,,gak bayar2 motor,,,eh langsung disita sama leasing..
coba perhatiin unsur2nya:
1. Perjanjian Fidusia wajib didaftarkan,,biasanya para perusahaan leasing gak mau daftarin..
2. Perjanjian Fidusia,,dalam hal penyitaan harus ada surat ketetapan dari pengadilan...kenyataannya bukan surat dari pengadilan yang dibawa tapi orang2 berbadan gede
3. liat contoh diatas,,Perjanjian selama 3 tahun....tapi pas bulan ke 6,7,8 dianggap wanprestasi..sedangkan perjanjian pembayaran itu HARUSNYA sampe 3 tahun,,jadi belum dianggap wanprestasi sampe 3 tahun..

coba perhatiin Surat Keputusan dari MABES POLRI
Spoiler for
SURAT EDARAN Kabareskrim No.Pol : B/2110/VIII/2009/Bareskrim
tanggal 31 Agustus 2009

Surat ini memuat 2 pokok yang harus diikuti oleh penyidik Polri di seluruh Indonesia :
1. Pelaporan yang dilakukan oleh debitur atas ditariknya unit jaminan oleh lembaga fnance ketika debitur itu wanprestasi, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl pencurian, perampasan dan lain sebagainya.

2. Pelaporan yang dilakukan oleh lembaga finance ketika mengetahui debiturnya melakukan pengalihan unit jaminan, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl penggelapan dll sebagainya.


surat bareskrim ini mempertimbangkan KUHAP dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sebagai bahan rujukan dikeluarkannya surat tersebut.
Sehingga dengan demikian, masih menurut surat bareskrim, maka bila terjadi 2 persoalan diatas penyidik harus menolak proses laporan dan menyarankan kepada pihak pelapor untuk menyelesaikannya di BPSK karena badan itulah yang berwenang melakukan penyelesaian sengketa konsumen.

sumber: LPKSM KOMNAS PK-PU INDONESIA
asinmulut - 06/11/2011 10:17 PM
#63

Nah, kalo dalam tempo waktu tersebut, barang sudah digadai atau dipindah tangan, gimana tuh, Gan..?
unyubunch - 07/11/2011 12:35 AM
#64

Quote:
Original Posted By alul_aban
Wakakkakakakaka..
ane demen dah kalau bahas leasing..
umumnya yang sering terjadi adalah :
* Si A ambil kredit motor selama 3 tahun,,tetapi Si A menginjak bulan ke 6 bulan ke 7 bulan ke 8,,gak bayar2 motor,,,eh langsung disita sama leasing..
coba perhatiin unsur2nya:
1. Perjanjian Fidusia wajib didaftarkan,,biasanya para perusahaan leasing gak mau daftarin..
2. Perjanjian Fidusia,,dalam hal penyitaan harus ada surat ketetapan dari pengadilan...kenyataannya bukan surat dari pengadilan yang dibawa tapi orang2 berbadan gede
3. liat contoh diatas,,Perjanjian selama 3 tahun....tapi pas bulan ke 6,7,8 dianggap wanprestasi..sedangkan perjanjian pembayaran itu HARUSNYA sampe 3 tahun,,jadi belum dianggap wanprestasi sampe 3 tahun..

coba perhatiin Surat Keputusan dari MABES POLRI
Spoiler for
SURAT EDARAN Kabareskrim No.Pol : B/2110/VIII/2009/Bareskrim
tanggal 31 Agustus 2009

Surat ini memuat 2 pokok yang harus diikuti oleh penyidik Polri di seluruh Indonesia :
1. Pelaporan yang dilakukan oleh debitur atas ditariknya unit jaminan oleh lembaga fnance ketika debitur itu wanprestasi, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl pencurian, perampasan dan lain sebagainya.

2. Pelaporan yang dilakukan oleh lembaga finance ketika mengetahui debiturnya melakukan pengalihan unit jaminan, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl penggelapan dll sebagainya.


surat bareskrim ini mempertimbangkan KUHAP dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sebagai bahan rujukan dikeluarkannya surat tersebut.
Sehingga dengan demikian, masih menurut surat bareskrim, maka bila terjadi 2 persoalan diatas penyidik harus menolak proses laporan dan menyarankan kepada pihak pelapor untuk menyelesaikannya di BPSK karena badan itulah yang berwenang melakukan penyelesaian sengketa konsumen.

sumber: LPKSM KOMNAS PK-PU INDONESIA


parahnya lagi lembaga Leasing meminta duit kepada Debitur alasannya buat akta jaminan fidusia di notaris dan didafftarkan di kemenkumham tapi itu BOHONG. malah gak didaftarin.
soalnya ane korban dari lembaga leasing, lagi kredit motor sekitar 5 bulan ane nanya ttg jaminan fidusianya. katanya udah didaftarin, padahal ane tengok ke kemenkumham gak ada nama ane.
Penipuan apa penggelapan ya?
belajar lagi hukum pidana materiil. . .
jatmikoo - 07/11/2011 02:07 AM
#65

Quote:
Original Posted By unyubunch
parahnya lagi lembaga Leasing meminta duit kepada Debitur alasannya buat akta jaminan fidusia di notaris dan didafftarkan di kemenkumham tapi itu BOHONG. malah gak didaftarin.
soalnya ane korban dari lembaga leasing, lagi kredit motor sekitar 5 bulan ane nanya ttg jaminan fidusianya. katanya udah didaftarin, padahal ane tengok ke kemenkumham gak ada nama ane.
Penipuan apa penggelapan ya?
belajar lagi hukum pidana materiil. . .

penipuan dong...:addfriends
itu fidusia nya ga sah dong, kan ga didaptarin D
alul_aban - 07/11/2011 02:15 AM
#66

Quote:
Original Posted By unyubunch
parahnya lagi lembaga Leasing meminta duit kepada Debitur alasannya buat akta jaminan fidusia di notaris dan didafftarkan di kemenkumham tapi itu BOHONG. malah gak didaftarin.
soalnya ane korban dari lembaga leasing, lagi kredit motor sekitar 5 bulan ane nanya ttg jaminan fidusianya. katanya udah didaftarin, padahal ane tengok ke kemenkumham gak ada nama ane.
Penipuan apa penggelapan ya?
belajar lagi hukum pidana materiil. . .


Quote:
Original Posted By jatmikoo
penipuan dong...:addfriends
itu fidusia nya ga sah dong, kan ga didaptarin D


rata2 sih emang gak didaftarin gan..tapi ada juga yang gitu..
jadi inget kasus bulan kemarin ,,ormas hampir tawuran sama pihak leasing..hampir kantornya dibakar massa..
AjaxForever70 - 08/11/2011 10:20 AM
#67

Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
Slamat pagi agan2 skalian pernghuni MELEK HUKUM KASKUS...
Gan ane mau nanya seputar hukum hutang-piutang (kredit motor) . Ane udh 2x ngambil motor (kredit) sampe dgn lunas ane gk pernah ngerti tuh apa yg dimaksud dengan FIDUSIA dalam perjanjian kontrak, ketika ane nanya ke SURVEYOR nya hanaya bisa menjelaskan sekilas aja ( sama sekali gak mudeng ) mungkin agan-agan yg ngerti hukum baik perdata maupun pidana bisa menjelaskan.. Thq ya agan-agan...

Oh ia maaf agan2 saya ingin menambahkan....

KENAPA DALAM HAL KREDIT MOTOR HARUS DI FIDUSIA-IN? APA GAK CUKUP DENGAN PERJANJIAN KONTRAK AJA...


?. TAMBAHAN DARI AGAN KASKUS ?


sebagian besar agan2 diatas udah banyak menjelaskan mengenai fidusianya... tapi yg menjadi keprihatinan saya.. adalah lemahnya posisi debitur (konsumen) dari kredit pembiayaan yang motornya menjadi obyek fidusia.. jika terlambat motornya main rebut aja sama COLLECTOR leasing nya,,, padahal dalam UU jaminan Fidusia.. ada perindungan hukum yg diberikan kepada Pemberi jaminan fidusia (konsumen), sedangkan di lain pihak Jaminan fidusia yg dibuat antara konsumen dan perusahaan leasing sering TIDAK DIDAFTARKAN ke kantor pendaftaran fidusia (DEPKUMHAM) sehingga kekuatan penjaminan fidusianya tidak mengikat secara hukum..
jadi agan2 yg mau ditarik motornya kerena nunggak.. tanyakan kepada collector leasingnya... apakah perjanjian fidusia yg di tandatangi di awal pembiayaan sudah didaftarkan.. kalau dia bilang belum atau gak tahu.. suruh daftarkan dulu... kalau motor tetap diambil.. lapor ke polisi dengan alasan perampasan... hehehehe... serius gan ane udah nyoba.. kalang kabut perusahaan leasing nya
KALO BERKENAN TARO PEJWAN GAN




Sebetulnya secara teori yang ada sebutkan benar secara hukum, tapi dari sisi perjanjian, anda juga salah jika tidak membayar. Setau saya, motor-motor yang dilakuakn eksekusi oleh debt collector adalah motor yang sudah nunggak minimal 5 bulan. Namun kelemahan sistem peradilan indonesia yang lama dan mahal menyebabkan perusahaan memakai jasa debt collector untuk mempercepat urusannya.
Picasso19 - 08/11/2011 12:19 PM
#68

FIDUSIA spt nama hotel di Jakarta, gan?? ngakak

Jgn2 tu hotel mmg barang yg dijaminkan kale y?
amrozilagi - 08/11/2011 10:38 PM
#69

Quote:
Original Posted By LinMichaeL
Bukan gan, itu Lembaga Jaminan untuk Benda Bergerak, namun benda yang dijadikan jaminan masih dalam penguasaan Pemilik.


Pasal 2
Jaminan Fidusia adalah hak jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud dan benda tidak bergerak khususnya bangunan yang tidak dapat dibebani hak tanggungan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang tetap berada dalam penguasaan Pemberi Fidusia,sebagai agunan bagi pelunasan utang tertentu, yang memberikan kedudukan yang diutamakan kepada Penerima Fidusia terhadap kreditor lainnya.

Dasar hukum tentang Gadai di Pasal 1150-1160 BW (Burgerlijk Wetboek) atau org2 menyebutnya Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPER).
Gadai adalah suatu hak yang diperoleh kreditor (si berpiutang) atas suatu
barang bergerak, yang diserahkankepadanya oleh debitur (si berutang),
atau oleh seorang lain atas namanya,dan yang memberikan kekuasaan kepada
kreditor itu untuk mengambil pelunasandari barang tersebut secara didahulukandaripada kreditur-kreditur lainnya,dengan kekecualian biaya untuk
melelang barang tersebut dan biaya yangtelah dikeluarkan untuk
menyelamatkannya setelah barang itu digadaikan, biaya-biaya mana harus didahulukan.

hehe...bukan cuman benda bergerak benda tak bergerak juga bisa..

tidak hanya gadai yg didahulukan pembayarannya, tapi seluruh pemegang hak jaminan kebendaan dan apa yg disebut di pasal 1139,1145,1149 BW D
LinMichaeL - 09/11/2011 12:06 AM
#70

Quote:
Original Posted By amrozilagi
hehe...bukan cuman benda bergerak benda tak bergerak juga bisa..

tidak hanya gadai yg didahulukan pembayarannya, tapi seluruh pemegang hak jaminan kebendaan dan apa yg disebut di pasal 1139,1145,1149 BW D


iya, gw mau jelasin tp takut orgnya tmbh bingung. seperti fidusia bangunan atau tanah yg belum bersertipikat seperti tanah YKP di Surabaya atau Surat Ijo di Surabaya.

Betul jg yg kedua, ada Hak Tanggungan, Fidusia, Hipotik, Gadai, Resi Gudang, dan Creditverband.iloveindonesiasiloveindonesias
amrozilagi - 09/11/2011 01:07 AM
#71

Quote:
Original Posted By LinMichaeL


iya, gw mau jelasin tp takut orgnya tmbh bingung. seperti fidusia bangunan atau tanah yg belum bersertipikat seperti tanah YKP di Surabaya atau Surat Ijo di Surabaya.

Betul jg yg kedua, ada Hak Tanggungan, Fidusia, Hipotik, Gadai, Resi Gudang, dan Creditverband.iloveindonesiasiloveindonesias

Kan ada terusannya.."Sepanjang yg tidak dapat dibebani hak2 tanggungan"

Hak tanggungan kan limitatif,,,diatas jg udah dibahas tuh kaya mesin2 yg menempel di bumi dsb kan jg dianggap benda tak bergerak tapi ga bisa dibebani HT & hipotik. D

Intinya hak mendahulu itu merupakan hak istimewa karena hanya bisa dilahirkan dr UU slaen hak2 jaminan kebendaan rinciannya ada di 1139 (biaya perkara,retensi,menyelamatkan barang,pemborong dsb), 1149 (upah buruh dsb), 1145 (hak reklame),1137 (pajak,tagihan2 negara) BW & uu lain sperti uu pajak dsb. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
volxyone - 09/11/2011 03:23 PM
#72

Fidusia tanpa pendaftaran itu NOTHING

dan fidusia tanpa pendaftaran itu bukan jaminan preference, hanya jaminan konkuren saja.
redemption - 09/11/2011 04:53 PM
#73

Quote:
Original Posted By volxyone
Fidusia tanpa pendaftaran itu NOTHING

dan fidusia tanpa pendaftaran itu bukan jaminan preference, hanya jaminan konkuren saja.


maksudnya nothing itu gimana ya gan? menjadi tidak berlaku kah fidusianya? atau?

hanya menjadi jaminan konkuren? apakah maksudnya ketika si debitur pailit maka si kreditur penerima fidusia tidak mendapat hak preferen atas objek fidusia?
chuba. - 09/11/2011 05:56 PM
#74

Quote:
Original Posted By redemption


maksudnya nothing itu gimana ya gan? menjadi tidak berlaku kah fidusianya? atau?

hanya menjadi jaminan konkuren? apakah maksudnya ketika si debitur pailit maka si kreditur penerima fidusia tidak mendapat hak preferen atas objek fidusia?

Fidusia wajib didaftar di kantor pendaftaran fidusia. Dan harus jelas tertera objeknya, nilainya objeknya,nilai penjaminannya,akta nya, atas dasar perjanjian apa dst...

Kalo engga ada ya bukan fidusia namanya, cuman perjanjian utang-mengutang biasa.

Hak mendahulu (preferen) harus dilahirkan dari undang2. Untuk itulah BW menamakan sebagai tagihan/piutang2 istimewa. Karena diatur dgn jelas dlm ketentuan2 UU. Seperti jaminan kebendaan (HT,fidusia,gadai,hipotik) dan apa2 yg tertera di ketentuan 1137,1139,1145,1149 bw dan peraturan uu lainnya sperti uu KUP, ketenagakerjaan dsb.

Selain dari apa yg disebut diatas maka piutang kreditor merupakan piutang konkuren dgn kata lain kreditor yg ga punya jaminan kebendaan. (Pemegang Jaminan perorangan pun termasuk kreditor konkuren)

Artinya dalam pembagian harta debitor piutang preferen dulu yg harus dibayar, baru setelah itu piutang konkuren.

Dalam kepailitan kreditor konkuren demi asas keadilan harus mendapatkan porsi dari pembagian boedel pailit yg besarnya di tetapkan Hakim pengawas. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
BlackDaggerGirl - 09/11/2011 06:18 PM
#75

Jadi inget waktu ospek pernah disuruh cari artikel tentang fidusia. D
raqfat - 10/11/2011 02:49 PM
#76

Quote:
Original Posted By DedekAK
\)b sepakat om, itulah Fidusia...
ane mau share sedikit dengan harapan mendatangkan manfaat,,ini kan forum diskusi jd gak ada ruginya kalau kita repot2 membahasnya disini krn ilmu akan bertambah...CMIIW
kita ketahui dulu bahwa BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) adalah bukti yuridis yang menyatakan mengenai siapakah pemilik suatu kendaraan bermotor (roda dua /lbh).

dalam prakteknya, umpamanya klo kita mau beli sepeda motor secara kredit kepada perusahaan leasing maka prinsipnya kita melakukan perjanjian sewa beli. maksudnya selama angsuran belum lunas, sepeda motor penguasannya secara fisik ada di tangan pembeli, berarti terjadi perjanjian sewa . sedangkan secara yuridis kepemilikan benda masih di tangan penjual (perusahaan leasing) karena BPKB masih ditangan perush leasing, lalu setelah angsuran dilunasi maka terjadilah (perjanjian jual-Beli) yaitu dengan pembeli memberikan sejumlah harga (angsuran dilunasi) maka penjual menyerahkan (levering) fisik sepeda motor tersebut berikut BPKB kepada pembeli.

fidusia atau lebih sering disebut jaminan fidusia itu adalah perjanjian penjaminan dengan jaminan berupa benda bergerak dan (juga benda tidak bergerak yang tidak dapat dibebani HT/Hipotik). sifat perjanjian jaminan fidusia adalah sebagai perjanjian ikutan dari perjanjian pokoknya (perjanjian accesoir). maksudnya perjanjian fidusia itu ada karena ada perjanjian pokok yang mendahuluinya, perjanjian pokok itu bisa perjanjian sewa beli (leasing), perjanjian hutang piutang (kredit) dan lain-lain.

seperti pertanyaan TS, jika kita mengadakan perjanjian kredit sepeda motor dengan perush leasing, maka kita biasanya menandatangani perjanjian pokok yaitu perjanjian sewa beli (leasing) berikut perjanjian penjaminan fidusia (sebagai perjanjian accesoir). perjanjian penjaminan fidusia diadakan bertujuan untuk mengikat / mengamankan perjanjian pokoknya yaitu perjanjian leasing. (sama halnya dengan pengikatan jaminan Hak Tanggungan dalam perjanjian kredit pada Bank), dalam teorinya perjanjian fidusia dilakukan dengan pembuatan akta otentik mengenai penjaminan fidusia yang dibuat dihadapan Notaris antara pemberi fidusia (debitur) dengan penerima fidusia (kreditur/ perush leasing). (bentuk perjanjiannya bisa dilihat di buku fidusia karangan tan kamelo, J satrio dll)

namun yang perlu diketahui sesuai dengan amanat UU Fidusia, akta Notaris berupa Akta penjaminan fidusia tersebut harus didaftarkan pada Departemen Hukum dan HAM sesuai dengan prosedur yang berlaku dlm UU Fidusia (termasuk biaya-biayanya) lihat juga buku-buku referensi mengenai Fidusia yang saya sebutkan diatas.

tujuan pendaftaran Akta Jaminan Fidusia tersebut adalah agar diterbitkan Sertifikat Jaminan Fidusia yang terdapat Irah-irah : "Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa" sama dengan irah-irah pada kepala putusan pengadilan yang artinya Sertifikat jaminan fidusia tersebut memiliki kekuatan eksekutorial sama dengan putusan pengadilan.

Manfaat pendaftaran tersebut diantaranya kreditur bisa mengetahui apakah suatu benda bergerak sudah pernah didaftarkan atau belum, kreditur/pemegang hak fidusia memiliki kedudukan istimewa (privilage right) sebagai kreditur preferen. Maksudnya jika debitur cidera janji, maka pemegang fidusia dpt melakukan parate eksekusi (menjual sec dibawah tangan dg persetujuan debitur, atau melalui pelelangan di lembaga pelelangan) shg pemegang hak fidusia tidak perlu lagi mengajukan gugatan ke pengadilan dan sebagai kreditur preferen pemegang hak fidusia lebih utama dan berhak mendapat pelunasan terlebih dahulu dari kreditur2 lainnya (jika debitur memiliki banyak tanggungan hutang kpd lbh dr 1 kreditur), manfaat pendaftaran lainnya adalah pemasukan bagi Negara.he

cuma masalahnya, karena pendaftaran memerlukan biaya dan lumayan mahal, orang cenderung enggan mendaftarkannya

benda stock juga bisa difidusiakan, contohnya perusahaan mebel jati (yg memproduksi kursi, meja jati dll), perusahaan ini dapat memfidusiakan barang persediaan (stock) seperti kursi dan meja jati digudangnya, namun ada kelemahan karena stock bersifat float atau mengambang, jumlah stock selalu naik turun seiring kegiatan produksi, misalnya berkurang karena dijual dan bertambah krn baru diproduksi lagi. Shg orang jarang memfidusiakan stock, kalau pun stock difidusiakan biasanya kreditur meminta jaminan tambahan berupa jaminan Hak Tanggungan dll.


mantap gan penjelasannya... ente kaya profesor ane aja... hehehe...

Moga2 terus ngejelasin begini gan... mantap, maap blom bisa cendolin...
chuba. - 15/11/2011 10:48 AM
#77

Quote:
Original Posted By alul_aban
Wakakkakakakaka..
ane demen dah kalau bahas leasing..
umumnya yang sering terjadi adalah :
* Si A ambil kredit motor selama 3 tahun,,tetapi Si A menginjak bulan ke 6 bulan ke 7 bulan ke 8,,gak bayar2 motor,,,eh langsung disita sama leasing..
coba perhatiin unsur2nya:
1. Perjanjian Fidusia wajib didaftarkan,,biasanya para perusahaan leasing gak mau daftarin..
2. Perjanjian Fidusia,,dalam hal penyitaan harus ada surat ketetapan dari pengadilan...kenyataannya bukan surat dari pengadilan yang dibawa tapi orang2 berbadan gede
3. liat contoh diatas,,Perjanjian selama 3 tahun....tapi pas bulan ke 6,7,8 dianggap wanprestasi..sedangkan perjanjian pembayaran itu HARUSNYA sampe 3 tahun,,jadi belum dianggap wanprestasi sampe 3 tahun..

coba perhatiin Surat Keputusan dari MABES POLRI
Spoiler for
SURAT EDARAN Kabareskrim No.Pol : B/2110/VIII/2009/Bareskrim
tanggal 31 Agustus 2009

Surat ini memuat 2 pokok yang harus diikuti oleh penyidik Polri di seluruh Indonesia :
1. Pelaporan yang dilakukan oleh debitur atas ditariknya unit jaminan oleh lembaga fnance ketika debitur itu wanprestasi, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl pencurian, perampasan dan lain sebagainya.

2. Pelaporan yang dilakukan oleh lembaga finance ketika mengetahui debiturnya melakukan pengalihan unit jaminan, tidak boleh diproses oleh penyidik polri dengan psl-psl penggelapan dll sebagainya.


surat bareskrim ini mempertimbangkan KUHAP dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen sebagai bahan rujukan dikeluarkannya surat tersebut.
Sehingga dengan demikian, masih menurut surat bareskrim, maka bila terjadi 2 persoalan diatas penyidik harus menolak proses laporan dan menyarankan kepada pihak pelapor untuk menyelesaikannya di BPSK karena badan itulah yang berwenang melakukan penyelesaian sengketa konsumen.

sumber: LPKSM KOMNAS PK-PU INDONESIA

Nih surat barasekrimnya masih berlaku ga negh??

Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
redemption - 15/11/2011 02:32 PM
#78

Quote:
Original Posted By chuba.
Fidusia wajib didaftar di kantor pendaftaran fidusia. Dan harus jelas tertera objeknya, nilainya objeknya,nilai penjaminannya,akta nya, atas dasar perjanjian apa dst...

Kalo engga ada ya bukan fidusia namanya, cuman perjanjian utang-mengutang biasa.

Hak mendahulu (preferen) harus dilahirkan dari undang2. Untuk itulah BW menamakan sebagai tagihan/piutang2 istimewa. Karena diatur dgn jelas dlm ketentuan2 UU. Seperti jaminan kebendaan (HT,fidusia,gadai,hipotik) dan apa2 yg tertera di ketentuan 1137,1139,1145,1149 bw dan peraturan uu lainnya sperti uu KUP, ketenagakerjaan dsb.

Selain dari apa yg disebut diatas maka piutang kreditor merupakan piutang konkuren dgn kata lain kreditor yg ga punya jaminan kebendaan. (Pemegang Jaminan perorangan pun termasuk kreditor konkuren)

Artinya dalam pembagian harta debitor piutang preferen dulu yg harus dibayar, baru setelah itu piutang konkuren.

Dalam kepailitan kreditor konkuren demi asas keadilan harus mendapatkan porsi dari pembagian boedel pailit yg besarnya di tetapkan Hakim pengawas. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??


jadi kalo ga didaftarkan berarti tidak ada jaminan fidusia apa tidak dapet hak preferennya gan? soalnya kata UU Fidusia kan dia tidak bisa menikmati keuntungan2 dari ketentuan yang ada di UU Fidusia? apa itu maksudnya ga dapet hak preferen atau berarti ga dianggap fidusia ya gan? confused:
chuba. - 16/11/2011 08:02 AM
#79

Quote:
Original Posted By redemption


jadi kalo ga didaftarkan berarti tidak ada jaminan fidusia apa tidak dapet hak preferennya gan? soalnya kata UU Fidusia kan dia tidak bisa menikmati keuntungan2 dari ketentuan yang ada di UU Fidusia? apa itu maksudnya ga dapet hak preferen atau berarti ga dianggap fidusia ya gan? confused:

Fidusia lahir pada tanggal pendaftraan. SF terbit bersamaan pada saat pendaftaran JF dalam buku daftar fidusia.

Maka kalo tidak didaftar ya bukan fidusia namanya.

Keuntungan yg dimaksud hak utk mendapat titel eksekusi & pelunasan terlebih dahulu.

Karena bukan piutang yg di bebani jaminan kebendaan (juga yg diistimewakan oleh UU) ya konkuren jadinya. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
mokrytyov - 16/11/2011 08:42 AM
#80
sedikit pendapat dari ane gan,..
[QUOTE=AjaxForever70;546612335]Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
Slamat pagi agan2 skalian pernghuni MELEK HUKUM KASKUS...
Gan ane mau nanya seputar hukum hutang-piutang (kredit motor) . Ane udh 2x ngambil motor (kredit) sampe dgn lunas ane gk pernah ngerti tuh apa yg dimaksud dengan FIDUSIA dalam perjanjian kontrak, ketika ane nanya ke SURVEYOR nya hanaya bisa menjelaskan sekilas aja ( sama sekali gak mudeng ) mungkin agan-agan yg ngerti hukum baik perdata maupun pidana bisa menjelaskan.. Thq ya agan-agan...

Oh ia maaf agan2 saya ingin menambahkan....

KENAPA DALAM HAL KREDIT MOTOR HARUS DI FIDUSIA-IN? APA GAK CUKUP DENGAN PERJANJIAN KONTRAK AJA...


pendapat ane gan : fiducia adalah perjanjian accesoir (tambahan), yang mempunyai kekuatan eksekutorial apabila diproses dan didaftarakan sesuai prosedur yang bertujuan untuk memudahkan proses eksekusi barang yang dibebani fiducia apabila debitur ingkar janji (wanprestasi). irah-irah (kata-kata) "DEMI KEADILAN YANG BERKETUHANAN YANG MAHA ESA" secara aturan dan teori menandakan bahwa hak yang diperoleh melalui perjanjian jaminan tersebut dapat dilakukan eksekusi dengan sendirinya tanpa perlu penetapan pengadilan (parate eksekusi). tapi dalam prakteknya, setiap eksekusi yang mau dilaksanakan atas fiducia/Hak Tanggungan masih saja harus meminta penetapan pengadilan untuk mengeksekusi barang jaminan.
itulah mengapa perusahaan leasing lebih memilih memakai debt collector dari pada mendaftarkan fiducianya...apalagi perhitungan biaya pengurusan fiducia untuk 1 (satu) unit sepeda motor kira2 antara 1-2 jt dan pendaftaranya hanya ada di ibukota provinsi...

suwun gan...
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??