MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
Total Views: 4881 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 6 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6

hoze - 01/12/2011 01:15 PM
#101

Quote:
Original Posted By enci
biasanya emang nggak didaftarin gan, kalo ada masalah pembayaran alias kredit macet beru deh didaftarin. Tapi kalo didaftarinnya belakangan, apakah juga berlaku surut gan??

misalnya gini :
A kredit sepeda motor, lancar nyicil sampe bulan ke 3, bulan ke 4 dst mulai macet. Nah pihak leasing baru daftarin fidusia pada bulan ke 5 (biasanya setelah menunggak lebih dari 3 bulan baru didaftarin; dari pengalaman temen).
Nah pas fidusia terbit dan A berniat membayar, leasing menolak dengan alasan udah terlanjur telat, gimana tuh gan??


liat lagi didalam Perjanjiannya .. biasanya finance akan memberikan peringatan terlebih dahulu ... klo sampe peringatan tersebut gak digubris ... finance akan meminta pelunasan secara keseluruhan ....

mengenai fidusia ... gak ada kewajiban bagi kreditur untuk mendaftarkan fidusia .... karena prinsip dari fidusia itu adalah timbulnya hak preference ... jadi klo krediturnya mw hak preference ,,, daftarin fidusia ... klo gak mau ... ya gak didaftarin ...

saat ini Pihak Kepolisian sudah mengeluarkan Perkap No. 8 Tahun 2011 mengenai pendampingan eksekusi fidusia ...

karena fidusia mempunyai kekuatan parate eksekusi ... maknya tidak memerlukan penyitaan dari pengadilan ... alasannya adalah didalam sertifikat fidusia terdapat irah - irah ... dan oleh karenanya mempunyai kekuatan yang sama dengan putusan pengadilan ....
chuba. - 01/12/2011 03:36 PM
#102

Quote:
Original Posted By enci


biasanya emang nggak didaftarin gan, kalo ada masalah pembayaran alias kredit macet beru deh didaftarin. Tapi kalo didaftarinnya belakangan, apakah juga berlaku surut gan??

misalnya gini :
A kredit sepeda motor, lancar nyicil sampe bulan ke 3, bulan ke 4 dst mulai macet. Nah pihak leasing baru daftarin fidusia pada bulan ke 5 (biasanya setelah menunggak lebih dari 3 bulan baru didaftarin; dari pengalaman temen).
Nah pas fidusia terbit dan A berniat membayar, leasing menolak dengan alasan udah terlanjur telat, gimana tuh gan??

Waktu pendaftaran memang tidak ditentukan dlm uu diserahkan kepada para pihak.
Tapi yg jelas pembebanannya harus dgn akta otentik (notariil) & tanpa sertifikat fidusia, penerima fidusia/kreditur tdk mempunyai hak parate eksekusi.
Eksekusi thd benda fidusia pun bersyarat, yg jelas debitur dan/atau pemberi fidusia hrs sudah wanprestasi.(Pasal 29)

Jika mengikuti titel eksekusi/grosee sertifakat dlm pasal 15 disini ada perbedaan pendapat pelaksanaannya tunduk pada ketentuan pelaksanaan eksekusi dalam HIR, dgn kata lain ada fiat pengadilan disini atau dapat langsung dilakukan kreditor tapi dgn syarat harus dijual di muka umum (lelang).

Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
agietz - 01/12/2011 03:41 PM
#103

Jd itu maksudnya fidusia kl lg kredit motor. Br ngeh ane. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
chuba. - 01/12/2011 03:44 PM
#104

Quote:
Original Posted By agietz
Jd itu maksudnya fidusia kl lg kredit motor. Br ngeh ane.

Blm tentu, liat lagi akad kreditnya seperti apa.. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
chuba. - 01/12/2011 03:47 PM
#105

Quote:
Original Posted By hoze


liat lagi didalam Perjanjiannya .. biasanya finance akan memberikan peringatan terlebih dahulu ... klo sampe peringatan tersebut gak digubris ... finance akan meminta pelunasan secara keseluruhan ....

mengenai fidusia ... gak ada kewajiban bagi kreditur untuk mendaftarkan fidusia .... karena prinsip dari fidusia itu adalah timbulnya hak preference ... jadi klo krediturnya mw hak preference ,,, daftarin fidusia ... klo gak mau ... ya gak didaftarin ...

saat ini Pihak Kepolisian sudah mengeluarkan Perkap No. 8 Tahun 2011 mengenai pendampingan eksekusi fidusia ...

karena fidusia mempunyai kekuatan parate eksekusi ... maknya tidak memerlukan penyitaan dari pengadilan ... alasannya adalah didalam sertifikat fidusia terdapat irah - irah ... dan oleh karenanya mempunyai kekuatan yang sama dengan putusan pengadilan ....

Ga salah juga, tapi hrs dimuka umum (lelang) loh penjuannya kecuali pemberi fidusia/debitor sepakat dgn kreditor jual di bawah tangan. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??
enci - 02/12/2011 02:19 AM
#106

Quote:
Original Posted By hoze

mengenai fidusia ... gak ada kewajiban bagi kreditur untuk mendaftarkan fidusia .... karena prinsip dari fidusia itu adalah timbulnya hak preference ... jadi klo krediturnya mw hak preference ,,, daftarin fidusia ... klo gak mau ... ya gak didaftarin ...

saat ini Pihak Kepolisian sudah mengeluarkan Perkap No. 8 Tahun 2011 mengenai pendampingan eksekusi fidusia ...

karena fidusia mempunyai kekuatan parate eksekusi ... maknya tidak memerlukan penyitaan dari pengadilan ... alasannya adalah didalam sertifikat fidusia terdapat irah - irah ... dan oleh karenanya mempunyai kekuatan yang sama dengan putusan pengadilan ....


memang gan, hak preference adalah pilihan krediturnya (secara teori sih gitu) tapi selama ini ane merhatiin di dunia nyata, kreditur yang tidak mau menggunakan hak tsb, masih maksa buat eksekusi. Nah biasanya paling ruwet di masalah eksekusi yang pake DC berotot. ( Menurut mereka pendaftaran fidusia bisa dganti otot kali ya bata )

Quote:
Original Posted By chuba.
Waktu pendaftaran memang tidak ditentukan dlm uu diserahkan kepada para pihak.
Tapi yg jelas pembebanannya harus dgn akta otentik (notariil) & tanpa sertifikat fidusia, penerima fidusia/kreditur tdk mempunyai hak parate eksekusi.
Eksekusi thd benda fidusia pun bersyarat, yg jelas debitur dan/atau pemberi fidusia hrs sudah wanprestasi.(Pasal 29)

Jika mengikuti titel eksekusi/grosee sertifakat dlm pasal 15 disini ada perbedaan pendapat pelaksanaannya tunduk pada ketentuan pelaksanaan eksekusi dalam HIR, dgn kata lain ada fiat pengadilan disini atau dapat langsung dilakukan kreditor tapi dgn syarat harus dijual di muka umum (lelang).

Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??


bener gan, tiap kali pengajuan kredit pasti ada rincian biaya pendaftaran fidusia yang dibebankan ke debitur,
terus ane mohon pencerahan sekali lagi gan, menurut ente kalo akta itu dibuat sepihak alias kagak dihadapan notaris, apakah itu masih otentik??
hoze - 02/12/2011 09:01 AM
#107

Quote:
Original Posted By chuba.
Ga salah juga, tapi hrs dimuka umum (lelang) loh penjuannya kecuali pemberi fidusia/debitor sepakat dgn kreditor jual di bawah tangan. Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??



yuppp ...

itu khan juga diatur di UUJF tepatnya didalam pasal 29 yang berbunyi sebagai berikut :

Pasal 29
(1). Apabila debitor atau Pemberi Fidusia cidera janji, eksekusi terhadap Benda yang menjadi obyek Jaminan Fidusia dapat dilakukan dengan cara:

a. pelaksanaan titel eksekutorial sebagaimana dimaksud dalam pasal 15 ayat (2) oleh Penerima Fidusia;

b. penjualan Benda yang menjadi obyek Jaminan Fidusia atas kekuasaan Penerima Fidusia sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan;

c. penjualan di bawah tangan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan Pemberi dan Penerima Fidusia jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak.

(2). Pelaksanaan penjualan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf c dilakukan setelah lewat waktu 1 (satu) bulan sejak diberitahukan secara tertulis oleh Pemberi dan atau Penerima Fidusia kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan diumumkan sedikitnya dalam 2 (dua) surat kabar yang beredar di daerah yang bersangkutan.
hoze - 02/12/2011 09:06 AM
#108

Quote:
Original Posted By enci
memang gan, hak preference adalah pilihan krediturnya (secara teori sih gitu) tapi selama ini ane merhatiin di dunia nyata, kreditur yang tidak mau menggunakan hak tsb, masih maksa buat eksekusi. Nah biasanya paling ruwet di masalah eksekusi yang pake DC berotot. ( Menurut mereka pendaftaran fidusia bisa dganti otot kali ya bata )


kenapa kreditur gak mau menggunakan fidusia ... balik lagi liat didalam Perjanjiannya ... disitu biasanya disebutkan kalo debitur harus menyerahkan unit itu apabila terjadi wanprestasi ... jadinyaaaaa .... ya gituuu dech ....


Quote:
Original Posted By enci
bener gan, tiap kali pengajuan kredit pasti ada rincian biaya pendaftaran fidusia yang dibebankan ke debitur,
terus ane mohon pencerahan sekali lagi gan, menurut ente kalo akta itu dibuat sepihak alias kagak dihadapan notaris, apakah itu masih otentik??


nach klo setiap kali pengajuan kredit ada rincian biaya pendaftaran fidusia dan NYATANYA DARI FINANCE TIDAK MENDAFTARKAN ... itu bisa masuk kedalam ranah TIPIKOR ....

FYI ... KEJAGUNG beberapa waktu belakangan ini lagi giat - giatnya memanggil finance - finance untuk menyelidiki permasalahan ini ... contoh kasus yang cabang adira diacak - acak sama kejaksaan .....
enci - 02/12/2011 10:31 PM
#109

Quote:
Original Posted By hoze
kenapa kreditur gak mau menggunakan fidusia ... balik lagi liat didalam Perjanjiannya ... disitu biasanya disebutkan kalo debitur harus menyerahkan unit itu apabila terjadi wanprestasi ... jadinyaaaaa .... ya gituuu dech ....
nach klo setiap kali pengajuan kredit ada rincian biaya pendaftaran fidusia dan NYATANYA DARI FINANCE TIDAK MENDAFTARKAN ... itu bisa masuk kedalam ranah TIPIKOR ....
FYI ... KEJAGUNG beberapa waktu belakangan ini lagi giat - giatnya memanggil finance - finance untuk menyelidiki permasalahan ini ... contoh kasus yang cabang adira diacak - acak sama kejaksaan .....


yup, di lapangan mah nggak ada bedanya, ada fidusia atau nggak, pasti yang maju ke debitur adalah DC berotot capedes
btw ane setuju tuh gan kalo Kejagung turun tangan, kalo perlu KPK juga,
bayangin aja gan, berapa banyak uang debitur yang udah digelapin dan kagak disetor ke negara ( padahal bisa masuk PNBP )mad:
lumus - 16/04/2012 12:40 PM
#110

Quote:
Original Posted By DedekAK
biasanya kalau leasing sepeda motor jarang yang dibuatkan akta fidusia di hadapan Notaris bahkan sampai didaftarkan serta ada sertifikat fidusianya, karena perush leasing cendrung enggan mendaftarkan karena memakan waktu dan biaya sehingga cukup dibuatkan perjanjian dibawah tangan...

Namun bukan perjanjian dibawah tangan seperti ini yang akan dilindungi sebagaimana ketentuan UU Fidusia, jika tidak ada sertifikat fidusia maka seharusnya kreditur hanya dapat mengambil sepeda motornya jika debitur dg sukarela menyerahkan, jika debitur tidak mau menyerahkan maka jalan satu-satunya kreditur harus mengajukan gugatan ke Pengadilan agar mendapat putusan berupa amarnya perintah bagi debitur menyerahkan sepeda motor kepada kreditur. (seperti halnya gugatan pengosongan rumah apabila itu objek Hak Tanggungan)

Lain cerita jikalau kreditur mengambil paksa sepeda motor dari tangan debitur dengan bantuan debt collector / preman disertai ancaman atau kekerasan, maka debitur atas dasar itu dapat membuat laporan terhadap debt collector tsb kepada polisi dg sangkaan melakukan perbuatan tidak menyenangkan, penganiayaan atau perampasan.
Disitu letak lemahnya posisi kreditur, apabila terjadi seperti itu debt collectornya terpaksa harus diproses secara hukum (bisa-bisa masuk hotel prodeo)

makanya debt colelctor sering kerepotan kalau berhadapan dg debitur yg sedikit tahu ttg hukum, intinya debt collector jg manusia, mereka juga tidak mau masuk bui..

CMIIW



liked this.. kl didaftarkan.. apa harga motor kreditnya dibungakan setinggi itu?? tanya kenapa??
bpkb stnk terdaftar nama kita kan.. bukan nama leasing(sewa beli) perjanjian sepihak dr lising sering disebut jual beli,kadang nyesatin bahasanya. kl lising yg berhak narik di perjanjian sepihak lising bukan jual beli.. tapi sewa beli.. kendaraan atas nama perusahaan leasing.. bukan atas nama pribadi pengkredit motor, lagian ud dpt dana tiap bulan bpkb disekolahin lg.. modal satu motor bs kreditin 2 motor lg,krn itu leasing ngejamur.. wong modalnya enak.. indonesia kebanyakan abu".. yg ngerti bs menang.. yg gk ngerti bs di setir.. hahahaha
Night Stalker - 16/04/2012 11:05 PM
#111

eh, sapi bisa difidusiakan gak sih?
anggep aja gw juragan sapi punya 100 ekor sapi limo dan butuh kredit dari bank
clone.gree - 16/04/2012 11:39 PM
#112

tiap ngomongin fidusia gw selalu kepikiran heineken.....beer:
kikcitt - 14/10/2012 01:09 PM
#113

Quote:
Original Posted By Night Stalker
eh, sapi bisa difidusiakan gak sih?
anggep aja gw juragan sapi punya 100 ekor sapi limo dan butuh kredit dari bank


gan... ente bisa aja.. ini bukan forum jokes... capedes capedes capedes

trit ente bikin ane ngakak..... ngakak ngakak
hoze - 18/10/2012 06:55 PM
#114

Quote:
Original Posted By clone.gree
tiap ngomongin fidusia gw selalu kepikiran heineken.....beer:


kenapa kepikiran heineken om ???

btw .. saham itu bisa di fidusiakan gak yak ???

nanya looohhhh..... D
clone.gree - 19/10/2012 07:03 AM
#115

sistem fidusia kan asalnya dari notaris yang mbikin skema penjaminan sehubungan pengembangan pabrik heineken.....p
hoze - 19/10/2012 07:34 PM
#116

Quote:
Original Posted By clone.gree
sistem fidusia kan asalnya dari notaris yang mbikin skema penjaminan sehubungan pengembangan pabrik heineken.....p



ooooowwwww....baru tau om ....
Page 6 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Apakah yang dimaksud dengan FIDUSIA ??