MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Tips Jual Beli Tanah dan Bangunan
Total Views: 71740 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 8 of 89 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›

LinMichaeL - 19/11/2011 07:31 AM
#141

Quote:
Original Posted By chuba.
Minta keringanan bayar juga bisa ajuinnya ke kanwil, kalo diterima denda2 nya bisa ga bayar..lumayanlah 2% perbulan x skian taun D Tips Jual Beli Tanah dan Bangunan


betul, bisa juga minta keringanan bayar. tp cukup lama prosesnya. kalo sudah mau transaksi biasa pada minta cepet. kalo nunggu urus keringanan bayar, gak ttd2 dah... batas
LinMichaeL - 19/11/2011 07:32 AM
#142

Quote:
Original Posted By tarunafit99
bro, tolong dong di bantu

https://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=553240341#post553240341

thanks


meluncur segera, br bangun ane
JohnLemod - 19/11/2011 11:22 AM
#143

Quote:
Original Posted By LinMichaeL
Pada dasarnya anda harus dilihat dulu apakah tanah2 yg hendak agan beli itu sudah bersertipikat atau belum (belum itu dalam artian masih petok atau letter dll). apabila belum, tentu prosesnya harus melewati lurah atau camat, untuk melihat dari buku tanah yg mereka miliki mengenai kepemilikan tanah tersebut scr turun temurun. Hal ini untuk mengetahui apa benar tanah tersebut adalah benar milik petani2 itu. Namun, agan gak perlu repot mengurus proses tersebut dr awal, sebab PPAT yg agan pilih nantinya yg akan mengurus prosesnya, agan hanya perlu melengkapi data2 yg berhubungan dengan petani dan tanah yg agan beli. Apabila tanah2 yg agan beli sudah bersertipikat, tentu agan lebih mudah dan cepat (seperti beli tanah di kota pada umumnya).

Mengenai PPAT yg dipilih untuk transaksi tentu itu kebebasan para pihak. Apabila di desa tsb sudah ada PPAT, tentu agan bebas memilih dari PPAT yg ada di sana.

iloveindonesiasiloveindonesias


Jadi utk pemilihan PPAT tidak harus dari pihak pembeli? Karena dr pihak lurah dan camat menyarankan notaris setempat supaya smua urusan lancar. Saya hanya mau ekstra hati2 saja supaya tidak dibokongi dri belakang. Utk AJB dgn tanah yg mayoritas petok D, apakah sama saja dgn AJB utk tanah yg bersertifikat? Kira2 proses pengangkatan dari petok D menjadi SHM butuh dana dan waktu berapa lama ya gan?
chuba. - 19/11/2011 11:38 AM
#144


Quote:
Original Posted By JohnLemod


Jadi utk pemilihan PPAT tidak harus dari pihak pembeli? Karena dr pihak lurah dan camat menyarankan notaris setempat supaya smua urusan lancar. Saya hanya mau ekstra hati2 saja supaya tidak dibokongi dri belakang. Utk AJB dgn tanah yg mayoritas petok D, apakah sama saja dgn AJB utk tanah yg bersertifikat? Kira2 proses pengangkatan dari petok D menjadi SHM butuh dana dan waktu berapa lama ya gan?

Sama aja, yg beda di dokumen2 pelengkapnya..
Itu namanya konversi hak om. Prosesnya lama, kurang lebih setahun sejak dimohonkan di BPN .. Tips Jual Beli Tanah dan Bangunan
JohnLemod - 19/11/2011 02:07 PM
#145

LinMichael dan chuba. :

Trima kasih gan atas jawabannya. Saya skrg dlm proses nego harga, diharapkan minggu depan sdh bisa tanda tangan AJB dan segera memulai usaha beer:
merysie - 19/11/2011 02:59 PM
#146

gan bisa ga minta tolong di rinciin biaya yg harus saya keluarkan bila nilai NJOP 251.000.000 ???
biaya tsb spt :
biaya yg mesti dikeluarkan utk jasa notaris dan pngurusan surat
thx ya ganiloveindonesias
LinMichaeL - 19/11/2011 11:54 PM
#147

Quote:
Original Posted By JohnLemod
Jadi utk pemilihan PPAT tidak harus dari pihak pembeli? Karena dr pihak lurah dan camat menyarankan notaris setempat supaya smua urusan lancar. Saya hanya mau ekstra hati2 saja supaya tidak dibokongi dri belakang. Utk AJB dgn tanah yg mayoritas petok D, apakah sama saja dgn AJB utk tanah yg bersertifikat? Kira2 proses pengangkatan dari petok D menjadi SHM butuh dana dan waktu berapa lama ya gan?


tidak harus dr pembeli donk, itu kesepakatan para pihak aja. kalo agan merasa punya kenalan PPAT yg lebih ahli, tentu akan lebih cepat dan mudah penyelesaiannya. Yg pasti PPAT yg berkedudukan di wilayah tanah tersebut berada.

Beda gan, kalo dr petok harus di sertipikatkan dulu. Baru setelah itu bisa AJB.
Waktu yg dibutuhkan tergantung kondisi, paling cepat kalo di sby tuh 8 bulan, kalo paling lama saya pernah dgr 2 thn lebih. kadang banyak pihak/instansi yg kurang kooperatif jd lama. bisa jadi ada kekurangan berkas2 dan lain sebagainya.

untuk urusan dari petok ke sertipikat, saran saya cuma 1, sabar gan.. tp entah kalo di daerah sana cukup cepat, soalnya tiap daerah kan beda2 Kantor Pertanahannya. Kalo di surabaya, karena terlalu ribetnya smpe gak semua PPAT mau ngurus lho. Terlalu lama gt deh prosesnya. (sekedar info saja) oleh karena itu agan bisa tny2 di daerah sana gmn..

iloveindonesias
LinMichaeL - 20/11/2011 12:01 AM
#148

Quote:
Original Posted By merysie
gan bisa ga minta tolong di rinciin biaya yg harus saya keluarkan bila nilai NJOP 251.000.000 ???
biaya tsb spt :
biaya yg mesti dikeluarkan utk jasa notaris dan pngurusan surat
thx ya ganiloveindonesias


Itu NJOP apa? tanah dan bangunan sudah total? Kalo sudah total gini gan coba ane bantu.. (itu ada rumus di halaman pertama gan..)
Kalo agan sebagai:
1. PENJUAL, rumusnya: 5% x 251.000.000
2. PEMBELI, rumusnya: 5% x (251.000.000-75.000.000*)
*saya kurangi 75.000.000 karena di surabaya BPHTBTKP nya 75.000.00. Jd tergantung agan di daerah mana. setiap daerah beda2, agan bisa tnykan ke PPAT yg menangani.

Biaya AJB + Balik Nama di surabaya untuk NJOP segitu krg lebih 3.5 jt. Ditambah biaya checking sertipikat, PNBP, NIB (kalo belum ada), maka total sekitar 4jt.
*sekali lagi itu biaya untuk surabaya ya.. di tiap daerah bisa jadi lebih murah/lebih mahal. jd buat perkiraan saja saya memberikan perinciannya.

thx..iloveindonesiasiloveindonesias
slmnarief - 20/11/2011 06:03 AM
#149

gan....numpang nanya nih....
apa saja yang perlu diperhatikan dalam jual beli tanah SHGB yang dimiliki oleh PT?
apakah selain sertifikat dan pbb ada hal lain yg perlu diperhatikan seperti akta pendirian PT atau dokumen lain yang bersangkutan dengan PT?
terimakasih
connectingbali - 20/11/2011 07:03 AM
#150
info
Quote:
Original Posted By Picasso19
Agan2,

Ane mau ke Lombok akhir bulan ini.
Ane lg butuh notaris PPAT di lombok, tp cari di internet susah bgt dpt infonya.
Mgkn krn org2 di Lombok msh blm terbiasa OL kali y?

Mhn bantuan agan2 kl ada rekomendasi notaris PPAT yg bagus di Lombok dan orgnya kudu jujur ga neko2 & mau kerjanya bagus/efisien.

Makasih sblmnya cendolb


cm info gan, Notaris ga bole psg iklan d net..kbetulan ada kenalan d lombok, cek Pm bro..
LinMichaeL - 20/11/2011 11:04 AM
#151

Quote:
Original Posted By connectingbali
cm info gan, Notaris ga bole psg iklan d net..kbetulan ada kenalan d lombok, cek Pm bro..


menurut UU Jabatan Notaris, notaris gak boleh pasang iklan gan.. Ane lupa pasalnya, cm kebetulan temen ane ambil tesis ttg itu, jd inget, hehe..iloveindonesias
LinMichaeL - 20/11/2011 11:11 AM
#152

Quote:
Original Posted By slmnarief
gan....numpang nanya nih....
apa saja yang perlu diperhatikan dalam jual beli tanah SHGB yang dimiliki oleh PT?
apakah selain sertifikat dan pbb ada hal lain yg perlu diperhatikan seperti akta pendirian PT atau dokumen lain yang bersangkutan dengan PT?
terimakasih


Kalau SHGB nya atas nama PT itu sendiri, beberapa data PT yg diperlukan antara lain:
1. KTP Direksi dan Dewan Komisaris
2. Persetujuan Dewan Komisaris untuk menjual aset PT
3. RUPS LB untuk menjual aset PT
3. Akta Pendirian sampai Akta Berita Acara perubahan PT tersebut yg terakhir.
4. SK Menteri Hk dan HAM.
*Kadang ada yg minta akta2 perubahan dr awal sampai akhir, tp ada yg cuma minta yg terakhir aja. Cuma buat analisa dan kelengkapan berkas aja si, lebih lengkap lebih enak gt.

Untuk obyeknya seperti Page 1:
1. Asli Sertipikat
2. IMB + Blueprint kalo ada
3. PBB

iloveindonesiasiloveindonesias
LinMichaeL - 20/11/2011 11:12 AM
#153

Quote:
Original Posted By connectingbali
cm info gan, Notaris ga bole psg iklan d net..kbetulan ada kenalan d lombok, cek Pm bro..


gak ada PM tuh gan...:berbusas
JohnLemod - 20/11/2011 10:14 PM
#154

Quote:
Original Posted By LinMichaeL
tidak harus dr pembeli donk, itu kesepakatan para pihak aja. kalo agan merasa punya kenalan PPAT yg lebih ahli, tentu akan lebih cepat dan mudah penyelesaiannya. Yg pasti PPAT yg berkedudukan di wilayah tanah tersebut berada.

Beda gan, kalo dr petok harus di sertipikatkan dulu. Baru setelah itu bisa AJB.
Waktu yg dibutuhkan tergantung kondisi, paling cepat kalo di sby tuh 8 bulan, kalo paling lama saya pernah dgr 2 thn lebih. kadang banyak pihak/instansi yg kurang kooperatif jd lama. bisa jadi ada kekurangan berkas2 dan lain sebagainya.

untuk urusan dari petok ke sertipikat, saran saya cuma 1, sabar gan.. tp entah kalo di daerah sana cukup cepat, soalnya tiap daerah kan beda2 Kantor Pertanahannya. Kalo di surabaya, karena terlalu ribetnya smpe gak semua PPAT mau ngurus lho. Terlalu lama gt deh prosesnya. (sekedar info saja) oleh karena itu agan bisa tny2 di daerah sana gmn..

iloveindonesias


Wah kalo tanah belum bersertifikat lalu namanya apa gan kalo bukan AJB? Apa ada semacam perjanjian tersendiri yg mengikat penjual dan pembeli seperti AJB?
Of.Birth - 20/11/2011 10:44 PM
#155

mantap ney trit.
info yang sangat bermanfaat,
thanks
LinMichaeL - 20/11/2011 11:14 PM
#156

Quote:
Original Posted By JohnLemod
Wah kalo tanah belum bersertifikat lalu namanya apa gan kalo bukan AJB? Apa ada semacam perjanjian tersendiri yg mengikat penjual dan pembeli seperti AJB?


Iya, yg namanya AJB atau kepanjangan dari Akta Jual Beli itu artinya sebuah Akta PPAT yg digunakan untuk memindahkan Hak atas Tanah (hak atas tanah ini ada 3, yaitu: Hak Milik, Hak Guna Bangunan, dan Hak Guna Usaha, selain itu bukan Hak atas Tanah) dan SHMSRS dari Penjual ke Pembeli. Jd kalo masih bentuk petok, gak bisa pake AJB deh..

Ada gan perjanjian seperti itu, namanya Perjanjian Ikatan Jual Beli atau disingkat PPJB..iloveindonesiasiloveindonesias
LinMichaeL - 20/11/2011 11:14 PM
#157

Quote:
Original Posted By Of.Birth
mantap ney trit.
info yang sangat bermanfaat,
thanks


iloveindonesiasiloveindonesias

cendolscendols
slmnarief - 20/11/2011 11:37 PM
#158

terimakasih atas inpohnya gan....nice inpo

Quote:
Original Posted By LinMichaeL
Kalau SHGB nya atas nama PT itu sendiri, beberapa data PT yg diperlukan antara lain:
1. KTP Direksi dan Dewan Komisaris
2. Persetujuan Dewan Komisaris untuk menjual aset PT
3. RUPS LB untuk menjual aset PT
3. Akta Pendirian sampai Akta Berita Acara perubahan PT tersebut yg terakhir.
4. SK Menteri Hk dan HAM.
*Kadang ada yg minta akta2 perubahan dr awal sampai akhir, tp ada yg cuma minta yg terakhir aja. Cuma buat analisa dan kelengkapan berkas aja si, lebih lengkap lebih enak gt.

Untuk obyeknya seperti Page 1:
1. Asli Sertipikat
2. IMB + Blueprint kalo ada
3. PBB

iloveindonesiasiloveindonesias
LinMichaeL - 20/11/2011 11:39 PM
#159

Quote:
Original Posted By slmnarief
terimakasih atas inpohnya gan....nice inpo


terima kasih kembali..iloveindonesiasiloveindonesias
6301263 - 21/11/2011 01:03 AM
#160

Nice inpoh gan Tips Jual Beli Tanah dan Bangunan
Page 8 of 89 | ‹ First  < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 >  Last ›
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Tips Jual Beli Tanah dan Bangunan