MELEK HUKUM new
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Tips Jual Beli Tanah dan Bangunan
Total Views: 71740 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 89 of 89 | ‹ First  < 84 85 86 87 88 89

keitai7.01 - 18/10/2012 01:23 PM
#1761
beda luas di pbb yang tercantum
gan , ada kasus gini ,

luas bangunan yang tercantum di pbb masih ukuran kecil , namun penjual bilang uda mereka renov tu rumah jadinya luasnya kan nambah yang di realitanya , tapi pbb ga mereka update.

akan ada masalah ga ya di kemudian hari utk hal2 spt ini?

terus utk sppt pbb, harus 5 tahun ya ? kalo cuma tahun terakhir gmn?
diliat dari surat hak milik, katanya tu rumah hasil lelang.

yang pengen ditanyakan lagi : kalo dulu-nya : telepon diputus, pln jadi sistim voucher, air jadi pam >- katanya sih semua baru >- bagaimana kita sebagai pembeli bisa ngecek tu tempat uda bener ga ada tunggakan ?

sertifikat hak milik di depannya dicoret2 dari tulisan buku tanah HAK : ....
dari "guna bangunan" dicoret jadi tulisan MILIK, sama nomernya juga katakan 12345 , dicoret jadi 6789 ( ada perbedaan panjang nomor ) . tapi didalam sertifikat ada tertulis memang perubahan dari HGB jadi milik , dan ada cap kepala kantor pertanahan. ini sah ga sih gan ? tkt coretan2 gitu ga sah soalnya.

trims gan info2nya.

regards,
keitai7 :addfriends
LinMichaeL - 18/10/2012 05:51 PM
#1762

Quote:
Original Posted By momog1
gile ane abis 800rb gan bikin SKW
mahal bener


Di tempat saya 2.5-3.5jt gan.. Kayaknya itu sudah rata-rata..iloveindonesias

Quote:
Original Posted By archilles1987
yg dimaksud wali dr anak kecil ini sp y mastah..? sdngkan papax sndri sdh tdk menafkahi lg sejak kaka sy meninggal..

dan apa tdk ada surat" yg diperlukan untk ke 2 anak kecil tsb..? (akte lahir, akte nikah (dibawa suami kaka sy) ato dll..?)

thank's alot y mastah, atas informasix sangat bermanfaat skali.. :salaman


Wali biasanya salah satu org tua yg masih hidup..iloveindonesias
Kalo dirasa tidak mampu untuk menafkahi (tdk bertanggung jwb), maka bisa minta penetapan PN untuk wali yg baru.

Quote:
Original Posted By sidjabat
Ane juga lagi belajar nih gan,
mohon pencerahan n koreksi kalau ane salah malus

*NJOPTKP (Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak) Rp. 80.000.000,- (Jakarta)
**Yang dipakai untuk perhitungan pajak adalah salah satu dari nilai tertinggi antara NJOP atau Nilai Pengikatan Jual Beli

Untuk BPHTB waris (Jakarta)
BPHTB Waris = { (NJOP – 350 juta) x 5%} x 50%


Thanks infonya nya gan... Saya g tau di daerah Jakarta brp NJOPTKP nya..iloveindonesiasiloveindonesias
LinMichaeL - 18/10/2012 05:54 PM
#1763

Quote:
Original Posted By keitai7.01
gan , ada kasus gini ,

luas bangunan yang tercantum di pbb masih ukuran kecil , namun penjual bilang uda mereka renov tu rumah jadinya luasnya kan nambah yang di realitanya , tapi pbb ga mereka update.

akan ada masalah ga ya di kemudian hari utk hal2 spt ini?

terus utk sppt pbb, harus 5 tahun ya ? kalo cuma tahun terakhir gmn?
diliat dari surat hak milik, katanya tu rumah hasil lelang.

yang pengen ditanyakan lagi : kalo dulu-nya : telepon diputus, pln jadi sistim voucher, air jadi pam >- katanya sih semua baru >- bagaimana kita sebagai pembeli bisa ngecek tu tempat uda bener ga ada tunggakan ?

sertifikat hak milik di depannya dicoret2 dari tulisan buku tanah HAK : ....
dari "guna bangunan" dicoret jadi tulisan MILIK, sama nomernya juga katakan 12345 , dicoret jadi 6789 ( ada perbedaan panjang nomor ) . tapi didalam sertifikat ada tertulis memang perubahan dari HGB jadi milik , dan ada cap kepala kantor pertanahan. ini sah ga sih gan ? tkt coretan2 gitu ga sah soalnya.

trims gan info2nya.

regards,
keitai7 :addfriends


Harus diupdate donk PBBnya.. Syukur2 kalo gak disurvey sama PemKot, kalo disurvey maka kena deh kurang bayar pajak.

Tanya di PemKot ada denda n tunggakan ato gak gan. PemKot punya datanya.

Tanya di instansi yang berkaitan gan...iloveindonesias

Tidak apa2 gan.. Emang banyak yang gitu.. Hahaha... Ada yg rapi, ada yg coretan gitu..cendolscendols

Semoga dapat membantu...cendolbcendolb
LinMichaeL - 18/10/2012 05:57 PM
#1764

Quote:
Original Posted By simonchenriady
Agan Michael yg baik, saya mau nanya, soal biaya akta HIBAH. Barusan saya ke notaris di daerah saya, bawa copy akte hak milik dan PBB terakhir thn 2012,dimana tertera NJOP Bumi rp.59.348.000, Bangunan rp.121.804.000 total rp.181.152.000.
Yang saya tanyakan ke notaris tsb, berapa biaya untuk mengubah nama di surat hak milik rumah orang tua saya, dan di sarankan untuk membuat akta HIBAH saja, setelah di hitung2 nya(berdasarkan PBB), biaya nya sekitar (lebih kurang) rp.21.550.000.

Apakah memang harga tersebut wajar?Saya sama sekali gak tau apa itu kemahalan atau sudah murah nya. Sebelum nya saya juga sudah coba itung berdasar kan rumus yg di depan,sekitar rp.10jutaan saja.Mungkin saya yg salah itung.Oya saya di daerah SUMUT.

Sebelum dan sesudah nya,saya ucapkan banyak terima kasih.


Itu relatif gan.. Tergantung pasaran di daerah sana berapa mengurus yg seperti itu.. Soalnya kalo di Kota besar tentu lebih murah dari pada di daerah..berdukas

Coba cek aja di Notaris/PPAT lainnya..cendols
entrenario - 18/10/2012 09:10 PM
#1765

Quote:
Original Posted By entrenario
mohon dibantu gan,

ane rencana mau beli tanah, tanah itu udah ada imb nya dengan luas bangunan 100m 2 lantai. Nah berhubung ane belum punya duit, ane rencananya mau bangun 1 lantai dulu gan dengan luas kira-kira 60m. pertanyaan ane, apakah perlu melakukan revisi IMB yg udah ada gan? kalo iya gmn caranya? kalau ane ga revisi kira-bakal bermasalah ga ya gan, terus nanti pas pengurusan PBB, luas bangunannya berdasarkan real bangunan apa berdasarkan IMB?

thx gan


tolong bantu ane gan... thx...
Page 89 of 89 | ‹ First  < 84 85 86 87 88 89
Home > CASCISCUS > MELEK HUKUM new > Tips Jual Beli Tanah dan Bangunan