DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > (Intelectual Debaters Club) Topik 35 : Perlukah UU Anti Penistaan Agama?
Total Views: 126104 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 322 of 332 | ‹ First  < 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 >  Last ›

babiperang.v3 - 05/10/2012 10:07 PM
#6421

Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Nah yang diatas juga adalah bentuk CACATnya para pro UU penistaan Agama ini.

Alih-alih mengakui bahwa ada doktrin yang berbeda dengan agamanya.
Dia membelokkan pada fungsi agama bagi pemeluk agama lain.

Jika kita melihat dengan jelas :
Di kristiani ada doktrin : Jika ditampar pipi kanan, maka berikan pipi kiri.
Di budism ada doktrin : Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan.

Sedang bagi agama islam, yang klo mesjid dilharammnya dilecehkan adalah "PERANG dan MEMBUNUH atas nama pelecehan terhadap mereka, karena hal tersebut berarti MEMUSUHI mereka".

Padahal klo diliat secara jujur, bahwa bagi umat lain pun agama difungsikan untuk mengatur kehidupan mereka baik secara sosial ataupun pribadi. Hanya doktrinnya saja yang berbeda sehingga menjadikan agama lain lebih dewasa.


nah disinilah cacatnya orang GOBLOK bertag DE satu ini

bagi agama islam?? oh sob, lu bahkan kaya ngga tau apa2 disini

di islam, tiap muslim wajib membela agama, tapi tidak pernah diprioritaskan menggunakan kekerasan

goblok lu! sama gobloknya kaya org yg ngaku muslim2 anjing yg kalo ngebunuh macem buang kondom sembarangan! fuck:
IkutNyolot - 05/10/2012 10:08 PM
#6422

Quote:
Original Posted By kakang_sentanu
gue setuju sama homo laknat satu ini

lebih tepatnya gak usah deh ada UU anti penistaan buat agama kristen DDD

toh umatnya juga gak peduli peduli banget


Kasian banget sih.... cd:

Ngarep agama lain bakal menjatuhkan diri sama kek kelompoknya.....

MENYEDIHKAN!!

DDD
IkutNyolot - 05/10/2012 10:11 PM
#6423

Quote:
Original Posted By babiperang.v3
nah disinilah cacatnya orang GOBLOK bertag DE satu ini

bagi agama islam?? oh sob, lu bahkan kaya ngga tau apa2 disini

di islam, tiap muslim wajib membela agama, tapi tidak pernah diprioritaskan menggunakan kekerasan

goblok lu! sama gobloknya kaya org yg ngaku muslim2 anjing yg kalo ngebunuh macem buang kondom sembarangan! fuck:


Oh yeah.......

Maka disini kita akan sampe lagi pada satu dilema Islam...

Mereka bilang, tidak diprioritas kekerasan..

Artinya masih boleh menggunakan kekerasan..

Fakta dilapangan : Lebih banyak yang menggunakan kekerasan.

Kenapa?...

Karena pandangan yang di bold diatas.

Oh, what a FLAW RELIGION!... DDD
babiperang.v3 - 05/10/2012 10:15 PM
#6424

Quote:
Original Posted By IkutNyolot

Apakah semua tidak bisa melihat betapa memalukannya cara berpikir umat yang satu ini.

- Disatu pihak dia berkata seolah-olah ini adalah untuk kepentingan bersama. [Lagak menjadi pahlawan dan melindungi kepentingan bersama]
- Di sisi lain, dia melindungi tindakan kelompoknya atas kritikan dan berkata bahwa yang ada cuma rasa iri dari agama lain [dikarenakan mengkritik mereka akan tindakan mereka].

Maka jelaslah, bahwa yang diutamakan mereka hanya kepentingan mereka. Yang mereka utamakan hanya ketakutan mereka agama mereka dibongkar boroknya habis2an.

Dan dilain pihak mereka tidak bisa menerima bagaimana agama lain bisa bersikap lebih dewasa dalam menghadapi kritikan seperti yang mereka alami.

Sudah mulai bisa melihat PEMBODOHAN yang dilakukan, Makhluk TOLOL?!

DDD


uwoy, goblok lu DDDD

ini jelas utk melindungi santri2 bertitit yg bahkan belom lolos les kenyot tete selama belajar di madrasah2 kampung, supaya tidak terkena doktrin2 cinak!! cool:

lu bayangin, tampang seperti gobloq dari calon2 mantri sunat yg baru hafal al fatehah tsb, terkena iklan2 tuwolol multifungsi spt halnya iklan sembuh kanker tongfang sampe iklan membesarkan peler yg jelas2 bikin goblok siapa2 yg percaya iklan tsb (walopun dgn pecaya aja udh dikategorikan sbg goblok nohope: ) mau jadi apa??

nah, satu2nya tabir yg bisa melindungi mereka adalah tabir agama

shit banget kan cool:

sekarang, tarik tabir tsb, mereka cuma jadi calon gigolo lugu yg defenseless!!

maka itulah, dibutuhkan perlindungan thd tabir tsb, supaya tetap bisa menjadi lini defense terakhir agar para santri2 calon potong titit anak orang ini tidak dibodoh2i cinak cool:

jadi ini bukan masalah sepele seperti yg otak goblok lu pikirkan. cuih, apalah itu masalah kritik dan tdk bisa terima kritik DDDDD
arif_juve - 05/10/2012 10:18 PM
#6425

hallooooooooooooo














Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Kasian banget sih.... cd:

Ngarep agama lain bakal menjatuhkan diri sama kek kelompoknya.....

MENYEDIHKAN!!

DDD


Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Nah yang diatas juga adalah bentuk CACATnya para pro UU penistaan Agama ini.

Alih-alih mengakui bahwa ada doktrin yang berbeda dengan agamanya.
Dia membelokkan pada fungsi agama bagi pemeluk agama lain.

Jika kita melihat dengan jelas :
Di kristiani ada doktrin : Jika ditampar pipi kanan, maka berikan pipi kiri.
Di budism ada doktrin : Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan.

Sedang bagi agama islam, yang klo mesjid dilharammnya dilecehkan adalah "PERANG dan MEMBUNUH atas nama pelecehan terhadap mereka, karena hal tersebut berarti MEMUSUHI mereka".

Padahal klo diliat secara jujur, bahwa bagi umat lain pun agama difungsikan untuk mengatur kehidupan mereka baik secara sosial ataupun pribadi. Hanya doktrinnya saja yang berbeda sehingga menjadikan agama lain lebih dewasa.


Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Nah, disini akan gw beri contoh lagi, betapa CACATnya pemikiran para peminta UU penistaan ini.



Disini dia meminta agar semua elemen mendukung UU penistaan agama.




Nah, disini alih-alih menanggapi bahwa isi Quran mereka saja sudah melakukan penistaan terhadap agama lain, dia menunjukkan rasa keberatan bahwa Qurannya tidak boleh berada dibawah UU penistaan.

Disinilah letak cacatnya para pro UU penistaan ini.
Disatu pihak dia mengganggap pandangannya adalah SAKLEK.
Padahal klo otaknya bekerja, maka seharusnya dia juga bisa menyadari ada bahwa mengutarakan pendapat adalah sesuatu yang SAKLEK juga.

Maka yang dilakukan oleh makluk-makhluk Bodoh ini adalah agar tuntutan mereka lebih di utamakan... karena mereka lebih tidak dewasa, karena mereka lebih kanak-kanak..

Maka seluruh dunia harus mengakomodir ke-kanak-kanakan dan ketollollan mereka. Tidak peduli orang lain seperti apa.

Sekalipun orang lain lebih dewasa, maka mereka bukan orang-orang dewasa itu, sehingga mereka harus diperlakukan istimewa karena sifat mereka yang gagal menjadi dewasa itu.

Apakah semua sudah dapat melihat suasana PEMBODOHAN yang dilakukan disini?...

Ini ibara menarik seluruh dunia untuk berpikir dalam logika anak umur 5 tahun yang telah menerima pengajaran salah dari orang tuanya yang bangsat.


cuman mau ngequot BSH gue yang paling setia DDD
babiperang.v3 - 05/10/2012 10:20 PM
#6426

Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Oh yeah.......

Maka disini kita akan sampe lagi pada satu dilema Islam...

Mereka bilang, tidak diprioritas kekerasan..

Artinya masih boleh menggunakan kekerasan..

HANYA jika lawan yg memulai duluan dan hal tsb bisa mengancam keselamatan DDD

well, agama tolol spt kristen memang mengajarkan utk memberi pipi kiri setelah pipi kanan ditampar. tapi, berapa persen sih yg ngikutin? p temen gw yg ngaku kristen taat pun ngga pernah ngasi pipi kirinya.. nohope:

Quote:
Fakta dilapangan : Lebih banyak yang menggunakan kekerasan.

Kenapa?...


krn yg turun di lapangan itu lebih banyak yg gobloknya. bahkan mungkin hukum agama sendiri mereka ngga ngerti DDDDDD

Quote:
Karena pandangan yang di bold diatas.

Oh, what a FLAW RELIGION!... DDD

ngakak
ini kesalahan saat pembelajaran agama DDD gw ngga menutupi fakta bahwa ngga sedikit muslim2 yg gagal mempelajari akidah dan tauhid secara memadai.
kikillust - 05/10/2012 10:23 PM
#6427

biar gw tambahin bagaimana pro UU penistaan agama ini berat sebelah .

didalam UU KPU juga ada UU sara yang dimaksudkan untuk tidak melakukan PENISTAAN AGAMA ketika kampanye .

masih segar diingatan kita ketika bapak haji roma irama melakukan PENISTAAN AGAMA salah satu wakil calon gubernur dalam sebuah mesjid.


tapi kenapa roma irama tidak ditangkap ! alasannya DAKWAH .

jadi DAKWAH memiliki kekuasaan yg tidak bisa dijangkau UU kampanye .

apa nanti bila UU penistaan agama disetujui DAKWAH juga berada diatas UU penistaan agama ???


dengan alasan membacakan ayat2 tuhan dengan toa2 yg keras dan jelas2 menistakan agama lain dan pasti akan didengar oleh non-muslim dan meraka pasti merasa agama mereka telah dihina/dinistakan apa non-muslim yang mendengar DAKWAH2 ini bisa mengadukan kotib karena telah melanggar UU penistaan agama exclamati
babiperang.v3 - 05/10/2012 10:24 PM
#6428

Quote:
Original Posted By muhas14.v2
selamat mengarang indah beer:


anak bp selamat mengopas beer:
muhas14.v2 - 06/10/2012 12:50 AM
#6429

Quote:
Original Posted By babiperang.v3
anak bp selamat mengopas beer:

sorry brur
tak punya waktu aku beer:
idlehand - 06/10/2012 08:36 AM
#6430

Quote:
Original Posted By kakang_sentanu
gue setuju sama homo laknat satu ini

lebih tepatnya gak usah deh ada UU anti penistaan buat agama kristen DDD

toh umatnya juga gak peduli peduli banget


buat saya pribadi, agama dan simbol2nya itu ndak penting2 banget.. kenapa sih manusia (khususnya yg masih terbelakang budayanya) suka banget ama simbol?

sama aja kayak manusia jaman purba, menyembah pohon, api, lukisan, patung etc. atau elo pengen bilang islam setara dengan manusia purba? hmm, maybe that's true. same logical thinking, same culture, same behaviour, same intellectual D

kembali lagi.. sbg umat beragama, elo menyembah tuhan atau menyembah simbol tuhan?
idlehand - 06/10/2012 08:41 AM
#6431

Quote:
Original Posted By dcantripe
Knapa disenggolnya langsung ke Islam...
Emang ini UU Penistaan agama tok apa pake embel2 Islam.

Yang dilindungi disini Islam tok?

Pembodohan?
Kaga ngarti saya.,. siul:

Sebenernya mereka cuma iri karna umat islam slalu bersatu melindungi agamanya dari pencemaran dan penyimpangan aqidah... Tidak seperti agama2 samawi yang sebelumnya...berbusa:


(Intelectual Debaters Club) Topik 35 : Perlukah UU Anti Penistaan Agama?


delusional as usual. hail the next hitler from the grave!
idlehand - 06/10/2012 08:46 AM
#6432

Quote:
Original Posted By keboBudhug
^^
sejarah gak pernah nunjukin bahwa tiap2 orang punya sebuah pandangan yang sama, dari situlah bahwa sebuah tatanan peraturan dibikin untuk membuat sebuah aturan yang dianggap bisa menjadi tolak ukur mengenai nilai tentang suatu hal bukankah begitu kang arip?

mungkin dalam pelem tersebut dimana sentimennya terhadap agama tertentu ada namun perlu dilihat lagi bahwa masyarakat yang memeluk agama tersebut juga lebih terbiasa dalam melihat hal2 seperti itu adalah sebagai sebuah hal yang biasa untuk dikritisi... dalam hal ini mungkin budaya atau kebiasaan sebuah masyarakat dalam menyikapi hal2 tertentu seperti dalam masalah sentimen agama ini memang menjadi sebuah hal yang kmpleks dan tidak sesederhana dalam membuat peratyran tentang masalah lain...

namun mengingat reaksi dari penganut agama islam dalam isu terakhir tentang film innocence of muslim yang ane pikir dapat meruncing pada maslah yang dapat mengganggu perdamaian antar agama pada khususnya dan dunia pada umumnnya, apa salahnya di sebuah era dimana demokrasi diagung2kan demi kepentingan perdamaian, sebuah hal kecil seperti perundangan tentang penistaan agama diberlakukan demi melindungi sebuah hal yang lebih besar yaitu perdamaian?


gw pengen tahu "hal kecil seperti uupenistaan agama".. saya rasa anda tidak mengerti yg anda bicarakan disini

bisa dibayangkan ga kalo umat parno sensi datang bulan itu dilegalisasi kesensiannya? ibarat cewe mens yg sensi, islam itu apapun bisa jadi salah di mata dia. yg sebenarnya menurut org normal itu adalah hal biasa..

kalau anda ga bisa bayangkan, maka jgn coba2 debat ttg UU tong! debat ttg aturan di RT RW aja lu tong
idlehand - 06/10/2012 08:52 AM
#6433

Quote:
Original Posted By arif juve

apakah kitab suci bisa diedit?
apakah kitab suci bisa disensor?
tingkat urgensinya bagaimana?
apakah penting ayat ayat seperti "alif-lam mim"??
apakah bisa ayat seperti itu dihilangkan?
bagaimana pendapat tentang orisinalitas?

beberapa orang tidak begitu mempermasalahkan agama
beberapa orang menganggap agama hanya sebatas sebagai pelengkap status sosial seseorang dalam masyarakat


bila hal itu secara psikologis maupun kejiwaan sudah tertanam maka wajar saja bila pola pikir edit mengedit bukan suatu masalah yang besar, selama sejalan dengan "tuntutan sosial".


don't try to sugarcoat your fail religion!

anda jgn berpikir jauh2 bahwa ayat di koran yg anti agama (atau bahkan manusia) lain selain islam itu irrelevant atau ndak. kenyataannya tot, hasilnya tot, itu adalah sering gw dengar gimana org islam mendiskreditkan "kafir". justifikasi nya jelas. apa perlu si ultra dongok dr trid sebelah dibawa kesini juga? biar ngeles muter-muter disini walaupun sudah ditunjukkan gimana ayat dr koran itu menjadi legitimasi (dan memang itu dilegalisasi di koran) utk menistakan agama lain?

berlian di dlm lumpur adalah berlian, tai di dalam berlian adalah tetap tai. dan elu berjuang agar tai itu dikubur dalam berlian.. dan mencoba menghukum org2 yg mencoba menggambarkan kenyataan itu dgn suatu UU

shame on you
IkutNyolot - 06/10/2012 10:02 AM
#6434

Quote:
Original Posted By babiperang.v3
uwoy, goblok lu DDDD

ini jelas utk melindungi santri2 bertitit yg bahkan belom lolos les kenyot tete selama belajar di madrasah2 kampung, supaya tidak terkena doktrin2 cinak!! cool:

lu bayangin, tampang seperti gobloq dari calon2 mantri sunat yg baru hafal al fatehah tsb, terkena iklan2 tuwolol multifungsi spt halnya iklan sembuh kanker tongfang sampe iklan membesarkan peler yg jelas2 bikin goblok siapa2 yg percaya iklan tsb (walopun dgn pecaya aja udh dikategorikan sbg goblok nohope: ) mau jadi apa??

nah, satu2nya tabir yg bisa melindungi mereka adalah tabir agama

shit banget kan cool:

sekarang, tarik tabir tsb, mereka cuma jadi calon gigolo lugu yg defenseless!!

maka itulah, dibutuhkan perlindungan thd tabir tsb, supaya tetap bisa menjadi lini defense terakhir agar para santri2 calon potong titit anak orang ini tidak dibodoh2i cinak cool:

jadi ini bukan masalah sepele seperti yg otak goblok lu pikirkan. cuih, apalah itu masalah kritik dan tdk bisa terima kritik DDDDD


Justru kagak njing!

Yang elo lakukan dan temen2 elo lakukan justru menimbulkan kebingungan di antara umat-umat elo.

Disaat babi macam elo bilang, mereka salah dan tidak bisa memahami agamanya.

Elo masih menyisakan sedikit pembelaan terhadap mereka bahwa kekerasan itu sometimes di perlukan.

Padahal yang elo lakukan justru harus seperti para pencari pengantin bom itu lakukan. Menceritakan yang sebenarnya tentang agama elo.

BTW, justru dibagian ini yang gw suka.

Lo lupa melihat saat agama lain dilecehkan mereka adem-ayem aja.
Tapi lo mulai mencari pembenaran bahwa ada agama kristen yang tidak melakukan doktrin yang mereka terima.

Tapi fakta....... selalu berbeda.. klo udah bicara skala globlal.

Keep bego njing!

DDD


Quote:
Original Posted By arif_juve
hallooooooooooooo




cuman mau ngequot BSH gue yang paling setia DDD


Kepedean si TELOR satu ini..

Jadi setiap orang yang gw debat itu yang buat gw BSH.

Kepedean lo NJING!! ngakaks:

Lo mah cuma gw anggap taik cepirit tok!
Alih-alih menanggapi dengan seharusnya.. cuma bisa bilang begitu.

Y udah taik cepirit.... Keep Cepirit aja dah.... DDD
babiperang.v3 - 06/10/2012 11:48 AM
#6435

Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Justru kagak njing!

Yang elo lakukan dan temen2 elo lakukan justru menimbulkan kebingungan di antara umat-umat elo.

Disaat babi macam elo bilang, mereka salah dan tidak bisa memahami agamanya.

Elo masih menyisakan sedikit pembelaan terhadap mereka bahwa kekerasan itu sometimes di perlukan.

tuwolol lu yah! DD
kan udh gw nyatakan bahwa "sometimes" nya mereka itu tdk tepat, krn mereka tdk memahami konsep agama!
which mean, tetap aja mereka salah, dan tidak ada pembelaan yg gw lakukan p
guoblok luh!


Quote:
BTW, justru dibagian ini yang gw suka.

Lo lupa melihat saat agama lain dilecehkan mereka adem-ayem aja.
Tapi lo mulai mencari pembenaran bahwa ada agama kristen yang tidak melakukan doktrin yang mereka terima.

entah ya, ngga paham gw confused:
padahal sebagai umat yg menghormati konsep Ketuhanan, otomatis gw jg menghormati tempat peribadatannya. walaupun secara konsep, Tuhan itu tercermin dari apa yg lu katakan, apa yg lu lakukan, dan apa yg lu pikirkan (tuhan sebagai sesuatu yg abstrak). akan tetapi, menurut gw tempat peribadatan bukanlah sekedar bangunan biasa, krn disitulah tempat gw (dan umat2 lainnya) mendekatkan diri kpd Tuhan. walaupun itu bukanlah rumah Tuhan (literally), tapi itu merupakan media utk mengembalikan konsep Ketuhanan dalam pikiran lu DDDD dan aneh aja gw bilang, kalo ada umat yg memperbolehkan rumah ibadahnya dimalfungsikan beer:
idlehand - 06/10/2012 12:51 PM
#6436

Quote:
Original Posted By babiperang.v3
akan tetapi, menurut gw tempat peribadatan bukanlah sekedar bangunan biasa, krn disitulah tempat gw (dan umat2 lainnya) mendekatkan diri kpd Tuhan. walaupun itu bukanlah rumah Tuhan (literally), tapi itu merupakan media utk mengembalikan konsep Ketuhanan dalam pikiran lu DDDD dan aneh aja gw bilang, kalo ada umat yg memperbolehkan rumah ibadahnya dimalfungsikan beer:


see? "menurut gw" ? kelihatan bahwa masalah utama nantinya akan menjadi "urusan sudut pandang"..

sesuai kata gw, disinilah "UU penistaan agama" hanya akan jadi "UU penistaan agama islam". karena hanya kaum satu ini yg selalu menghubungkan segala sesuatu yg spiritual dgn sgala sesuatu yg duniawi. sangat tipikal.

pernah lihat tuhan keberatan bahwa objek yg diciptakan manusia dan oleh manusia sendiri yg menganggapnya sbg "cermin dari tuhan" akhirnya objek itu dicaci maki? i mean, OH REALLY? D
idlehand - 06/10/2012 12:54 PM
#6437

oh yes! tentunya tuhan marah ketika bintang film porno datang ke negara berpenduduk islam di dunia (dgn tingkat korupsi masuk 5 besar, tingkat kemiskinan tinggi, tingkat ketidak merataan pembangunan sangat tinggi, tingkat pelacuran masih tinggi, dan tingkat kemunafikan beyond imagination).. tuhan marah dan what? mendatangkan tsunami ke aceh yg disebut sbg serambi mekah indonesia D

OO REALLY? D
idlehand - 06/10/2012 12:57 PM
#6438

jangan memaksakan agama ke tingkat logika atau apapun yg eksak (dlm hal ini UU).. hasilnya pasti gagal total.

come and drop your argument, i'll gladly bash u here. time and time again
AccretiaStriker - 06/10/2012 01:20 PM
#6439

Wah, tampaknya sudah panas \)

Bagi saya, saya KONTRA terhadap UU ini.

Alasan :

1. Undang-undang ini tidak akan pernah bisa diartikan secara jelas.
Ini mungkin merupakan core argument dari sisi kontra. Hal-hal agama, hal-hal toleransi agama, bersifat relatif dari satu agama ke agama yang lain. Bagaimana bentuk penistaan agama itu sendiri? Bagi satu agama mungkin hanya ejekan, bagi agama lain merupakan suatu penistaan. Hal ini tidak mungkin dikodifikasi. Dengan peraturan yang tidak jelas, maka pelaksanaan akan menjadi semakin tidak jelas, dan akhirnya malah menghancurkan orang banyak.

2. Membatasi free of speech.
Karena alasan diatas pula, maka kebebasan free of speech menjadi terganggu. Seberapa batas free of speech yang diperbolehkan? Sekali lagi, tidak dapat dikodifikasi. Bagi negara Barat, freedom of speech sangat dijunjung, Presiden dan lambang negara/agama pun boleh dihina, berbeda dengan kondisi di daerah Timur. Perbedaan budaya ini juga membuat aturan ini sulit untuk dikodifikasi.

3. Kesulitan kodifikasi lintas budaya dan agama
Perbedaan budaya dan agama, akan memicu pula perbedaan persepsi atas "penistaan agama". Tidak mungkin semua pihak mau menerima konteks penistaan agama yang diajukan.

Asumsi lainnya :

1. Undang-undang ini berlaku untuk melindungi semua agama dan kepercayaan, dan bukan agama atau kepercayaan tertentu saja.
AccretiaStriker - 06/10/2012 01:31 PM
#6440

Quote:
Original Posted By arif juve
baik, tentunya ini adalah itikad yang baik agar terjadi perdamaian, meskipun sulit dalam pelaksanaannya.

sangat sangat mendukung sekali dan tentunya diharapkan semua elemen masyarakat mau bekerjasama untuk mewujudkan hal tersebut.


Betul, itikad nya baik, maksudnya juga baik.
Tapi tentu Anda tahu pelaksanaan nya sulit, malah dalam pelaksanaanya bisa membenturkan satu agama dengan agama yang lain. Level Freedom of Speech dan level "penistaan agama" bukan hanya relatif dari suatu agama ke agama yang lain, tapi juga relatif dari orang ke orang yang lain.

Karena memang budaya (culture) manusia sangat beragam dan kompleks, sangat tidak mungkin menerapkan peraturan ini. Peraturan ini pun tidak boleh kita lihat dari konteks agama. Toh, semua agama sama kan? Baik Muslim, Kristen, Buddha, Hindu, dan lain-lain sama kan posisinya? Sehingga "at the same time" semua harus sama-sama dihargai.

Quote:
Original Posted By kakang_sentanu
gue setuju sama homo laknat satu ini

lebih tepatnya gak usah deh ada UU anti penistaan buat agama kristen DDD

toh umatnya juga gak peduli peduli banget


Menunjukkan otak Anda yang tolol D
Mungkin Anda sudah tahu kenapa reaksi orang Kristen berbeda dengan reaksi orang Muslim (saya tidak mempermasalahkan reaksi orang Muslim).
Page 322 of 332 | ‹ First  < 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > (Intelectual Debaters Club) Topik 35 : Perlukah UU Anti Penistaan Agama?