DEBATE CLUB
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > (Intelectual Debaters Club) Topik 35 : Perlukah UU Anti Penistaan Agama?
Total Views: 126104 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 325 of 332 | ‹ First  < 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 >  Last ›

masdheki - 07/10/2012 07:52 AM
#6481

Penistaan agama itu seperti apa, sih?......bingungs

Apakah karena tokoh agama yang dihina itu juga termasuk penistaan?

Kalau dilihat dari sejarah, memang tokoh agama / keyakinan itu sendiri sudah banyak dihina dari dulunya.

Contoh :

- Yesus dihina dan dicemooh kaum Farisi dan para tentara Romawi 2000 tahun yang lalu. Jaman sekarang malah video / buku2 yang melecehkan Yesus beredar di mana-mana

- Ada cerita Buddha Siddharta Gautama yang dicaci maki oleh Brahmana Akkosaka. Jaman sekarang malah ada Sepatu Buddha yang diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Icon Shoes.

- Nabi Muhammad ketika masa hidupnya pernah dilempari batu dan diludahi orang quraisy. Jaman sekarang ada film IOM.




Kalau mau membuat UU penistaan agama ya harus konsisten......Nggak cuma agamanya sendiri saja, namun membiarkan atau malah melakukan pelecehan agama yang lain.
UU-nya harus berdasarkan hukum sekuler, bukan agama.



Kalau klip yang dibawah ini termasuk menistakan nggak, ya?
Kalau menurut saya sih hanya sekedar lucu2an, walaupun agak kelewatan juga bercandanya.........nohope:

[youtube]POiMC6igWKY&NR[/youtube]
muhas14.v2 - 07/10/2012 07:53 AM
#6482

brur
klo mau buat aturan
jangan obok2 dalemnya

sekali lagi
selamat mengarang indah beer:
prop1000 - 07/10/2012 09:04 AM
#6483

^^ nih atas gw selamat mengarang indah melulu dari kemarin.

kalau gak punya argumen mendingan mingkem aja. fuck2:
Quote:
Original Posted By Gaion
sejarah manusia mencatat kemiskinan dan kebodohan tidak pernah hilang
atau loe berdua punya data hilangnya kemiskinan dan kebodohan?

kan sering dibilang, orang pinter dan kaya biasanya punya anak sedikit
sedangkan orang miskin dan bodoh anaknya banyak

yah gak se-ekstrim itu dihilangkan lah.
nyatanya umat manusia memang makin cerdas dan makmur kok.

cuma yah itu, masih ada kantong2 kemiskinan & kebodohan.
IkutNyolot - 07/10/2012 09:10 AM
#6484

Quote:
Original Posted By babiperang.v3
tuwolol lu yah! DD
kan udh gw nyatakan bahwa "sometimes" nya mereka itu tdk tepat, krn mereka tdk memahami konsep agama!
which mean, tetap aja mereka salah, dan tidak ada pembelaan yg gw lakukan p
guoblok luh!


Ya ampun nyet.
Babi kayak elo bisa mikir apa sih?.. gila:

Istilah sometimes itu yang membuat moral umat elo mudah terdistorsi. Hal tersebut adalah hal yang sudah diatur didalam agama kalian.

Lo bilang sometimes mereka tidak tepat, yang muncul hampir diseluruh dunia mengganggap waktu dan perbuatan mereka tepat.

Artinya?..
Masalahnya muncul dari sumber agama elo sendiri yaitu tidak ada doktrin mengikat yang mengatakan tidak boleh menggunakan kekerasan.

Makanya sebenarnya adalah sumber masalah ini semua, bukan dari kesalahan orang mengartikan perintah agama itu, melainkan dari perintah agama itu sendiri. Agama itu sendiri.

In this case is the FLAW Religion called islam.

Makanya mengkontra UU ini agar tidak diterapkan adalah sangat penting. Dengan tujuan untuk mendewasakan umat elo. Atau paling tidak mulai bisa menerima fakta bahwa banyak yang tidak memandang nabi mereka semulia yang mreka pikirkan.

Dan bahwa mereka akan menjadi belajar bahwa kekerasan mereka tidak akan berbuah apa-apa melainkan serangan balik yang keras seperti seluruh dunia makin menunjukkan borok si mamad dan peradaban islam.

Sehingga mw tidak mw mereka akan mulai menerima fakta dunia, atau mungkin malah menjadi sadar bahwa kedamaian akan muncul jika saja mereka tidak mengikuti perintah agama itu.

Yang mana hal tersebut akan menjadi baik bagi kita semua, bagi dunia. angel:


Quote:
Original Posted By babiperang.v3

entah ya, ngga paham gw confused:
padahal sebagai umat yg menghormati konsep Ketuhanan, otomatis gw jg menghormati tempat peribadatannya. walaupun secara konsep, Tuhan itu tercermin dari apa yg lu katakan, apa yg lu lakukan, dan apa yg lu pikirkan (tuhan sebagai sesuatu yg abstrak). akan tetapi, menurut gw tempat peribadatan bukanlah sekedar bangunan biasa, krn disitulah tempat gw (dan umat2 lainnya) mendekatkan diri kpd Tuhan. walaupun itu bukanlah rumah Tuhan (literally), tapi itu merupakan media utk mengembalikan konsep Ketuhanan dalam pikiran lu DDDD dan aneh aja gw bilang, kalo ada umat yg memperbolehkan rumah ibadahnya dimalfungsikan beer:


Lo lagi curhat njing! mad:

Yang gw tunjukkan adalah kedewasan umat lain. Dalam bentuk skala global.
Sehingga mereka tidak repot meminta UU penistaan ditegakkan atau bahkan ribut sampe mbunuh orang ketika agama mereka dihina.

Itu harusnya yang elo soroti.

Nah kenapa kemudian elo menyoroti ketidakmampuan elo untuk memahami bagaimana seorang kristen bertindak ketika agamanya dilecehkan?

Itu wajar. Karena sedari kecil lo udah dicekoki dogma yang membuat elo ga bisa berpikir dewasa dan bijak. Lo memang diajari untuk sangat mudah mengalami distorsi moral dan kehilangan pemahaman.

Oleh karena itu adalah sangat penting bagi elo untuk mengetahui bahwa sumbernya adalah agama elo itu sendiri.

Saat elo udah menyadari ini, maka lo mulai bisa memberikan counter measure yang tepat agar elo mulai bisa menjadi lebih dewasa dan bijak. angel:
IkutNyolot - 07/10/2012 09:34 AM
#6485

Quote:
Original Posted By dcantripe
Yang penting pengaplikasiannya, toh untuk semua agama, panteker jg masuk agama toh.. \)


Makanya gw bilang ini adalah bentuk PEMBODOHAN.
Sebelumnya kita agama lain dinistakan tidak ada kehebohan sampai memakan nyawa orang tak bersalah seperti ini (dalam skala global).

Tetapi muncul ketika islam merasa dihina. Dan ini terjadi tidak hanya sekali tapi berulang kali.

Nah, artinya apa yang dilakukan dalam hal ini adalah seperti mengajak agama lain untuk bersikap kanak-kanak seperti dunia islam ini.

Justru seharusnya untuk menciptakan solusi yang lebih baik, setiap agama menolak UU yang diajukan oleh islam ini.

Sehingga peradaban islam mulai bisa melihat fakta bahwa hanya peradaban mereka sendiri saja yang belum dewasa.
Dan agama lain harus bisa melihat bahwa tindakan ini, ajakan menyetujui UU penistaan, adalah suatu tindakan untuk menarik agama lain kedalam pemahaman dangkal versi islam.



Quote:
Original Posted By dcantripe

B*ngsat dimananya?
Justru agama satu ini punya apresiasi yang tinggi dan penghormatan trhdp agama sekaligus figur2nya.

Kalo anda lebih suka agama bebas dijadikan kelakar, yesus dijadikan dildo dibuat gambar2 tidak senonoh, itu justru bertentangan dengan nilai moril toh?

Dalam dasar2 ilmu budaya segala yang menyangkut agama itu sakral, jadi wajar kalo ada UU yang mengatur untuk meminimalisir pergesekan dan perpecahan.


You talking bulshit njing!!

Justru UU penistaan begini seringkali dijadikan alasan pembenaran tindakan anarkhis yang bakal terjadi.

Ga usah banyak omong, hal serupa sudah pernah dialami oleh umat Ahamadiyah. Jadi seharusnya dari sini semua peradaban harus belajar melihat bahwa yang perlu dilakukan bukan mengakomodir keinginan agar sifat kekanak-kanakan pengikut mama ini melainkan dengan memberi pelajaran bahwa tindakan anarkhis atas dasar apapun yang mengakibatkan kerugian pada orang lain adalah salah.

Sekalipun hal itu berasalan karena agama adalah sakral tidak dapat dibenarkan.



Quote:
Original Posted By dcantripe

Yang berpikiran kerdil siapa?
Mentang2 usulan diajukan dari agama I lalu apriori serta merta ditolak, tanpa melihat kerangka yang lebih besar.. \)


Apakah semua tidak bisa melihat betapa memalukannya cara berpikir umat yang satu ini.

Yang menjadi permasalahan bukanlah membongkar borok2 tapi ajaran agama sekaligus figur2nya ditafsirkan dan digambarkan secara serampangan. Tanpa pake hermeneutika yang bener.

Bukan karena kedewasaan tapi karna ketidak pedulian dan mereka sendiri tidak yakin apakah yang mereka yakini itu perlu diperjuangkan sedangkan ajarannya sendiri cacat dimana2 dan real terlihat.

rain:


Nah, disini lah satu lagi letak ketidakdewasaan dan ketolollan makhluk yang satu ini.

Yang membuat kita menjadi melihat Fenomena berpikir dikalangan pengikut mamad ini.

Didalam dunia dengan begitu banyak orang yang berpikir, pasti interpretasi setiap orang berbeda.

Yang ada sekarang dapat dilihat bagaimana makhluk tolloll ini menunjukkan ketidaksiapan dan tidak terima ketika orang menganggap nabinya tidak lebih dari seorang penjahat, perampok padang pasir dan pemuja kontol.

Dasar untuk hal ini tentu saja ada, ga perlu lagi kita buka hadist dan alquran segala macam untuk membuktikan hal ini.

Nah, disinilah letak CACATnya makhluk tersebut, dia mengganggap bahwa apa yang dia lihat tentang agamanya dan nabinya adalah suatu harga mati dimana orang lain harus setuju.

Selama tidak ada yang bisa menunjukkan dengan fakta real "video" kisah bagaimana mamad dijamannya, maka studi literatur dan belajar sejarah untuk kemudian menyimpulkan seperti apa mamad dan peradaban islam adalah hal yang masuk ke ranah interpretasi bebas.

Tidak senang orang menginterpretasikan demikian?
Counter dengan argumen sperti yang dilakukan oleh agama lain yang lebih dewasa seperti kristen, budhist... ect.

Karena yang perlu di pahami oleh umat padang pasir ini adalah setiap orang berhak berpendapat.

Namun sama seperti ajaran mamad tempo dulu.... meragukan atau mencela dirinya adalah salah, maka interpretasi bebas terhadap mamad adalah salah.

Dan yang paling bodohnya adalah mamadnya juga mengindikasikan bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan oleh siapapun (termasuk diluar islam). Sehingga hal ini menjadikan kejadian yang sering kita liat di dunia.

So, jika kita lihat CACATnya cara berpikir Dcantripe adalah karena ke CACATan, apa yang diajarkan ke dia.

Maka sebenarnya ga salah mengatakan klo agama ini adalah FLAW Religion.
Dan untuk berhadapan dengah hal seperti ini adalah bukan dengan mengakomodir kecacatan berpikir dan kekanak-kanakan mereka melainkan dengan keras membuat mereka menjadi dewasa dan paham.

Maka sudah seharusnya UU ini ditolak, dan kemudian seluruh DUNIA ramai-ramai mengungkapkan sejarah islam dan mamad.. Kalau perlu diadakan hari mengambar Karikatur mamad sedunia.

angel:
mentaru - 07/10/2012 09:45 AM
#6486

lepas dari berangkatnya si beye ngemeng hal itu
ane pribadi setuju UU anti penistaan ini

terutama di Indonesia

biar FPI dan Muslim kadalan gak belaga sok suci lagi

hell yeah


tapi... bukannya ngaskus jadi berabe nanti yeh nantinya klo nyerempet2 ke SARA ?

eh

ga tau dah ngacir:
Gaion - 07/10/2012 11:08 AM
#6487

Quote:
Original Posted By prop1000
^^ nih atas gw selamat mengarang indah melulu dari kemarin.

kalau gak punya argumen mendingan mingkem aja. fuck2:
yah gak se-ekstrim itu dihilangkan lah.
nyatanya umat manusia memang makin cerdas dan makmur kok.

cuma yah itu, masih ada kantong2 kemiskinan & kebodohan.


@bold red itu bener2 debatable lho...
kemiskinan dan kebodohan faktanya tidak pernah hilang

so, uu ini (paling tidak sementara) bisa mencegah atau mengurangi kerusuhan yang ditimbulkan akibat tersulutnya mereka yang "sumbunya pendek".
prop1000 - 07/10/2012 11:48 AM
#6488

Quote:
Original Posted By Gaion
@bold red itu bener2 debatable lho...
kemiskinan dan kebodohan faktanya tidak pernah hilang

gak debatable ah. standar kemiskinan yang suka didebatin.
coba aja berkaca dunia 50 tahun yang lalu. bukankah sekarang lebih pinter & makmur?
Quote:

so, uu ini (paling tidak sementara) bisa mencegah atau mengurangi kerusuhan yang ditimbulkan akibat tersulutnya mereka yang "sumbunya pendek".

argumen ini aneh sebenarnya. sensi isu agama karena goblok & miskin dijadikan alasan buat aturan yang sifatnya mendunia. nohope:

loe lupa kalau tiap2 negara diakui kedaulatannya. dan loe berharap negara2 sekuler mau menuruti? kalau yang menuruti cuman negara2 timur-tengah, sub-sahara serta indo, malay, pakistan dan bangladesh, apa gak malu?

akhirnya nanti benar juga argumen diatas bahwa sebenar2nya UU anti-penistaan-islam. DD
Hashimi - 07/10/2012 12:51 PM
#6489

Gw PRO dengan tujuan untuk mendewasakan semua pihak shakehand

kalo kita lihat, strategi cerdas untuk menghadapi prinsip yg sudah sangat saklek, adalah dgn memilih jalan tengah dan pintar bermain tarik ulur.
Kita sebagai pihak Islam sudah saatnya memperjuangkan keyakinan kita dgn cara2 yg luhur dan elegan. Bukan seperti anak kecil yg cuma bisa nangis menuntut tapi tidak mau memahami kondisi sekitar. Padahal uztad2 sering menceritakan kebaikan Rasulullah ketika memberi makan yahudi buta, tapi entah kenapa implementasinya selalu berlawanan berdukas

Karena itu kita harus mengakui, bahwa ada sebagian saudara kita yg mudah tersulut emosinya lalu menyalurkannya dgn cara2 yg anarkis. Orang2 seperti ini harus diedukasi bahwa cara2 anarkis mereka cuma merugikan negri sendiri dan nama Islam. Alih2 menggolkan UU anti penistaan agama, yg ada mereka cuma ngomong sama tembok D D

Jika pendapat mereka ingin didengarkan, maka harus mau mengikuti tata cara dunia internasional seperti yg dilakukan SBY. Masyarakat Islam dunia harus bersatu menyampaikan petisi kpd PBB, dgn cara yg damai tentunya agar menundang simpati \) Lalu masing2 pemerintah dunia Islam harus berjuang tanpa henti untuk menggolkan UU anti penistaan agama tersebut. Gw rasa ini bukan hal yg mustahil, asal pemimpin2 timteng mau bersatu dan melakukan penawaran dgn minyak mereka. Yah... main tarik ulur lah Yb

Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Oke kita mulai aja..

UU Penistaan Agama.

Contra.

OS :

UU penistaan agama yang belakangan di gembar-gemborkan oleh SBY si prestol, makhluk gila pencitraan jebolan demokrat itu, adalah suatu bentuk suara yang diinginin atau berasal dari keinginan hampir islam seluruh dunia dalam rangka ketidak senangan mereka terhadap trailer yang baru keluar yaitu the innocent of moeslim. Ditambah dengan semakin banyaknya orang-orang yang makin berani berbicara dan mengkritik umat islam bahkan sampe berani membongkar semua borok-boroknya nabi umat mereka.

Oleh karena itu keberatan gw akan gw bagi dalam 2 point utama yaitu :

1. UU tersebut adalah bentuk pembodohan umat muslim terhadap seluruh dunia. Saat peradaban mulai dewasa, dimana kebebasan berpendapat diutamakan, muslim-muslim ini ingin agar seluruh dunia masuk kedalam peraturan tollolll mereka. Bahwa mereka tidak bisa menerima pendapat orang lain.


Justru usaha menggolkan UU antipenistaan agama bisa mengedukasi kaum muslim, terutama yg radikal dan mudah tersulut emosinya. Bahwa mereka gak bisa memaksakan aturan main mereka ke masyarakat dunia, mereka yg harus patuh dgn kesepakatan internasional. Menyampaikan pendapat harus dgn cara2 yg luhur dan tertib, bukan dgn cara anarkis. Masyarakat muslim harus disatukan, agar mencurahkan energinya untuk mendukung UU ini, bukan mencurahkan energinya untuk melakukan anarki \(

Pemimpin2 negara muslim juga harus pandai bermain cantik. Tidak hanya menggalang dukungan dari kaum muslim sendiri, tapi juga kalangan non-muslim. Melakukan transaksi politik, semisal sebagai timbal-balik akan membuat UU antiterorisme yg akan mensertifikasi ulama dan mencegah fundamentalisme. Atau mau meningkatkan produksi minyak hanya jika UU anti penistaan itu disahkan hammers

Jika cara2 ini berhasil, akan menjadi contoh bahwa dgn cara2 yg luhur saja keinginan kita bisa diloloskan, bukan dgn cara kekerasan shakehand

Quote:
2. Alasan penistaan tersebut mengada-ngada. Interpretasi orang terhadap agama bisa berbeda. Jika interpretasi berbeda maka akan sangat mudah melakukan penuduhan terhadap kelompok lain atas dasar penistaan agama.

Maka dalam hal ini, karena semua bermasalah dari islam-islam yang mudah sekali hilang moralitasnya ketika agama dan nabinya di olok-olok, maka yang dilakukan seharusnya oleh PBB bukanlah memuluskan UU penistaan agama ini, melainkan harus mendukung agar seluruh film sejenis seperti innocent of moeslim, pengambaran karikatur nabi Muhammad dan sebagain harus semakin digalakkkan.


Hahahaha sepertinya lu ada dendam sama muslim
Padahal Obama saja tidak setuju dgn video tersebut o

Ulasan kritis sejarah yg objektif apa adanya gw rasa bukan masalah. Masalahnya jika sudah dibubuhi opini yg menjurus menjelek2kan atau tindakan2 yg melecehkan. Tentu saja akan sangat sulit untuk menyusun UU yg harus menengahi kaum agama dan kaum sekuler, tapi asal ada kemauan pasti bisa shakehand

Contoh, soal tuhan jelas tidak boleh dihina. Tapi kepercayaan terhadap Tuhan bisa dikritisi, semisal mendasari gap of the God sbg bukti keberadaan Tuhan. Kritikan2 secara cantik ini pernah menjadi perdebatan antara sadhana dan baka o

Nabi Muhammad memang pernah mendeklarasikan perang, tapi membubuhi opini dia sebagai pembunuh atau kejam tentu sebuah opini yg bertedensi. Inilah gw kira sulitnya, menentukan apakah opini itu bersifat netral atau melecehkan nohope: Tapi gw kira hal ini tidaklah serumit menentukan apakah samsung menjiplak iphone nohope:

Quote:
Kenapa harus digalakkan?

Untuk mengajari umat islam menjadi dewasa. Untuk memberitahukan umat islam, bahwa tindakan keras mereka yang membunuh/merusak membabi buta tidak akan berdampak apa-apa.

Sehingga akan mengajari mereka untuk menerima fakta dan kenyataan, bahwa hampir 2/3 penduduk dunia memandang agama mereka tidak lebih dari ciptaan perampok dan penjahat kelamin abad ke-6 yang sukses menipu hampir satu milyar jiwa lebih.

Jika UU ini sampai disahkan maka akan sama dengan membiarkan seorang bocah untuk tidak dapat belajar menjadi dewasa. Dan akhirnya akan membuat peradaban islam selalu berpikir tidak ada yang salah dengan tindakan mereka sewaktu membela agama dan nabi mereka.

Jadi, solusi utama untuk permasalahan tersebut adalah : Seluruh DUNIA harus semakin gencar membuka borok nabi mereka dan membuka keburukan agama mereka.

Terimakasih. \)


Jika UU ini goal, maka kaum muslim harus belajar mematuhi kesepakatan dunia (sekuler). Jika mereka ingin orang2 tidak menghina junjungannya, maka harus berempati dgn tidak menghina agama lain. Jika mereka ingin menghukum orang yg menistakan agama, maka harus melalui jalur hukum yg sudah disediakan. Bukan dgn melempari kedubes asing, merusak restoran asing, atau melakukan terorisme! Lagipula sudah ada contoh UU yg melarang kebencian terhadap semit, kenapa UU ini tidak bisa diterapkan siul:

Bagi PBB juga ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan soft intervention bagi negara2 muslim. Seperti pembentukan UU antiterorisme, intel anti teror, atau apalah sebagai transaksi atas berlakunya UU ani penistaan agama.
Gaion - 07/10/2012 01:24 PM
#6490

Quote:
Original Posted By prop1000
gak debatable ah. standar kemiskinan yang suka didebatin.
coba aja berkaca dunia 50 tahun yang lalu. bukankah sekarang lebih pinter & makmur?

standar tidak makmur dan tidak pintar jadinya selalu berubah dan semakin meningkat dong
buat orang indonesia 50 thn yl punya motor mungkin bisa dibilang berada. sekarang ada tuh yang punya motor merasa bukan orang berada...

karena pola pikirnya ini orang yang merasa miskin selalu ada, dan sumbunya pendek...

soal pinter agak beda... tapi untuk saat ini keliatannya orang yang cukup pintar untuk ngga menimbulkan kerusakan masih banyak. so sementara uu ini diperlukan. see?

Quote:
Original Posted By prop1000

argumen ini aneh sebenarnya. sensi isu agama karena goblok & miskin dijadikan alasan buat aturan yang sifatnya mendunia. nohope:

loe lupa kalau tiap2 negara diakui kedaulatannya. dan loe berharap negara2 sekuler mau menuruti? kalau yang menuruti cuman negara2 timur-tengah, sub-sahara serta indo, malay, pakistan dan bangladesh, apa gak malu?

akhirnya nanti benar juga argumen diatas bahwa sebenar2nya UU anti-penistaan-islam. DD


ya kita berharap dong uu ini bisa diterima semua pihak... alasan logisnya, untuk mengurangi kerusuhan. bisa dijelaskan bahwa ngga semua orang sabar kalo identitasnya diserang.

gue sendiri ngeliat uu ini emang ke arah anti penistaan islam sebenernya..
Hashimi - 07/10/2012 01:36 PM
#6491

Quote:
Original Posted By prop1000
ikut ramein ah.
apa sih alasan paling kuat dalam menentang usulan aturan ini?
Freedom of Speech!! ini yang menjadi argumen Obama terhadap kasus film itu.

apa film itu menghina nabi? bagi muslim iya.
tapi dalam pandangan FoS itu adalah kebebasan ekspresi dimana si nabi tidak se'mulia' itu melainkan dari sisi pandang yang sebaliknya. lalu apakah si nabi mulia atau malah tercela?
that is an open question yang hanya bisa diulas lewat FoS tadi.

dunia sekarang ini dibangun lewat akal sehat & hati nurani bukan DOGMA.
dunia islam harus belajar soal itu.


yg paling sulit dalm membuat UU penistaan itu mendefinisikan penistaan itu sendiri \(
gw rasa cara paling mudah adalah jika opini tersebut berdetensi untuk membenci tokoh tersebut
mendekripsikan tokoh asal sesuai dg sejarah, seperti yg dilakukan national geograpic, bbc, discovery channel, dll bukan masalah
Justru penyajian berita yg fair dan berimbang, lebih cocok dijadikan rujukan pendidikan
daripada hanya insult2 kosong yg tidak berguna dan hanya menyulut kebencian
Open question tadi bisa dijawab dgn kembali kepada masing2 individu. Apakah arek2 suroboyo yg membunuh jenderal Wallaby merupakan tindakan patriotik atau bar-bar? Coba tanya ke orang Inggrs dan orang surabaya gan Yb

Apakah menurut lo tidak menistakan agama lain bertentangan dgn hati nurani? o
Jangan salah, bukan Islam yg akan diuntungkan. Malah Islam yg harus berbenah lebih banyak, mengingat cara dakwah umat muslim sering menjelekkan umat lain Yb
Mr.Makarov - 07/10/2012 01:55 PM
#6492

Cara dakwah orang2 Islam juga suka menjelek2an agama lainnya. Walaupun alasannya adalah demi menyampaikan "kebenaran".

boleh2 aja sih.. tapi masalahnya ga diimbangi dakwah cara beradab yang baik dan bener sehingga yang timbul hasilnya adalah kebencian dalam tubuh muslim2 itu sendiri.
dcantripe - 07/10/2012 02:33 PM
#6493

Quote:
Original Posted By prop1000
well, gw juga bisa bilang yang sama kok.
loe tuh dah kemakan propaganda orang arab. p

the truth must be spoken, itu semangat FoS.


Truth??
Kalo mau memberi sanggahan pada dogma tertentu berikan data yang mencukupi juga dong.

Kalo menuduh Rasulullah maniak seks dan penjahat perang itu sih lagu lama.
Dulu pernah juga diutarakan Robert Moorey dalam bentuk buku walau dasar2 kitabi dan historinya yang dipake berantakan tapi setidaknya penolakan tidak sebesar kasus 'innocence oh Muslim' yang memakai penggambaran Rasulullah.

Penyanggahan pun lebih dari segi akademis daripada demo besar2an. Berbeda dalam konteks film ini saya melihatnya lebih kepada provokasi dan kesengajaan.


Quote:
dialog? dialog macam apa yang loe harepin kalau topiknya "apakah muhammad penjahat perang?".
yah itu khan pendapat loe sendiri bukan mewakili muslim.
ada gak kaum muslim menuntut taliban dihukum ngebom patung budha?
mana?


Dialog untuk menyimpulkan apakah setiap orang yang terlibat perang itu adalah selalu penjahat perang. Atau sekedar kebencian pihak2 tertentu dengan standard tak berdasar.

Masalah pengeboman patung Budha di ABMM sendiri pernah pada bahas, dan banyak anak ABMM yang menolak pengrusakan heritage tersebut.
Tapi begini coba kita lihat dengan kerangka yang lebih luas.

Saat itu rakyat Afghanistan benar2 sedang terpuruk, kekurangan makanan untuk hidup, tempat tinggal mereka luluh lantah, air bersih susah didapat.
Ditengah kesulitan hidup itu para arkeolog utusan PBB datang dengan dana milyaran mengurus benda mati dalam konteks ini sebuah patung budha yang bahkan penganut buddha di afghanistan hampir bisa dikatakan tidak ada.
Nyawa mereka dianggap tidak lebih berharga dari patung2 ini.

Saya tidak membenarkan penghancuran patung ini, tapi cobalah melihat dari sisi yang lain, dimana humanity sekedar wacana. Dan media mengesampingkan ini mengambil sudut yang mereka suka.
dcantripe - 07/10/2012 02:58 PM
#6494

Quote:
Original Posted By IkutNyolot
Makanya gw bilang ini adalah bentuk PEMBODOHAN.
Sebelumnya kita agama lain dinistakan tidak ada kehebohan sampai memakan nyawa orang tak bersalah seperti ini (dalam skala global).

Tetapi muncul ketika islam merasa dihina. Dan ini terjadi tidak hanya sekali tapi berulang kali.

Nah, artinya apa yang dilakukan dalam hal ini adalah seperti mengajak agama lain untuk bersikap kanak-kanak seperti dunia islam ini.

Justru seharusnya untuk menciptakan solusi yang lebih baik, setiap agama menolak UU yang diajukan oleh islam ini.

Sehingga peradaban islam mulai bisa melihat fakta bahwa hanya peradaban mereka sendiri saja yang belum dewasa.
Dan agama lain harus bisa melihat bahwa tindakan ini, ajakan menyetujui UU penistaan, adalah suatu tindakan untuk menarik agama lain kedalam pemahaman dangkal versi islam.


Jatuhnya korban memang tidak dapat dibenarkan.
Tapi masalah kedewasaan,, cara berpikir kamu terbalik nak..

Justru kedewasaan itu terlahir saat anda bisa menghormati kepentingan orang lain dan mengemukakan pendapat dengan benar.

Kamu ikut campur ngurusin masalah rumah tangga tetangga kamu,dikiranya baek? Emang tetangga kamu butuh...?
Kalopun pantas pasti pake permisi2 dulu gak langsung maen terobos.



Quote:
You talking bulshit njing!!

Justru UU penistaan begini seringkali dijadikan alasan pembenaran tindakan anarkhis yang bakal terjadi.

Ga usah banyak omong, hal serupa sudah pernah dialami oleh umat Ahamadiyah. Jadi seharusnya dari sini semua peradaban harus belajar melihat bahwa yang perlu dilakukan bukan mengakomodir keinginan agar sifat kekanak-kanakan pengikut mama ini melainkan dengan memberi pelajaran bahwa tindakan anarkhis atas dasar apapun yang mengakibatkan kerugian pada orang lain adalah salah.

Sekalipun hal itu berasalan karena agama adalah sakral tidak dapat dibenarkan.




Ahmadiyah konteksnya beda, mereka dikasih jalan tengah tapi tetep ngeyel.
Anda pikir sakral itu maknanya apa, perlakuannya seperti apa?
Apa disamakan dengan hal2 profan?

Begini, demo anarkis yang bahkan sampe memakan nyawa memang tidak bisa dibenarkan dan kamipun tidak mencegah kalo ada tindak lanjut hukum.

Tapi penolakan kami dengan propaganda2 provokasi kepada agama yang bersifat sakral inilah yang harus dicegah.
Penolakan2 seperti ini sebenarnya banyak dilakukan toh, coba ingat waktu diterbitinnya buku ato film Da Vinci Code.

Padahal ini konteksnya novel fiksi, meski data2nya gak bisa dibilang 100% omong kosong, tapi toh tetap ada boikot.

Jangan memaksa kami mengadopsi sifat 'masa bodoh' kalian.
Kami merasa ada hal2 yang memang pantas diperjuangkan.


Quote:
Nah, disini lah satu lagi letak ketidakdewasaan dan ketolollan makhluk yang satu ini.

Yang membuat kita menjadi melihat Fenomena berpikir dikalangan pengikut mamad ini.

Didalam dunia dengan begitu banyak orang yang berpikir, pasti interpretasi setiap orang berbeda.

Yang ada sekarang dapat dilihat bagaimana makhluk tolloll ini menunjukkan ketidaksiapan dan tidak terima ketika orang menganggap nabinya tidak lebih dari seorang penjahat, perampok padang pasir dan pemuja kontol.

Dasar untuk hal ini tentu saja ada, ga perlu lagi kita buka hadist dan alquran segala macam untuk membuktikan hal ini.

Nah, disinilah letak CACATnya makhluk tersebut, dia mengganggap bahwa apa yang dia lihat tentang agamanya dan nabinya adalah suatu harga mati dimana orang lain harus setuju.

Selama tidak ada yang bisa menunjukkan dengan fakta real "video" kisah bagaimana mamad dijamannya, maka studi literatur dan belajar sejarah untuk kemudian menyimpulkan seperti apa mamad dan peradaban islam adalah hal yang masuk ke ranah interpretasi bebas.

Tidak senang orang menginterpretasikan demikian?
Counter dengan argumen sperti yang dilakukan oleh agama lain yang lebih dewasa seperti kristen, budhist... ect.

Karena yang perlu di pahami oleh umat padang pasir ini adalah setiap orang berhak berpendapat.

Namun sama seperti ajaran mamad tempo dulu.... meragukan atau mencela dirinya adalah salah, maka interpretasi bebas terhadap mamad adalah salah.

Dan yang paling bodohnya adalah mamadnya juga mengindikasikan bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan oleh siapapun (termasuk diluar islam). Sehingga hal ini menjadikan kejadian yang sering kita liat di dunia.

So, jika kita lihat CACATnya cara berpikir Dcantripe adalah karena ke CACATan, apa yang diajarkan ke dia.

Maka sebenarnya ga salah mengatakan klo agama ini adalah FLAW Religion.
Dan untuk berhadapan dengah hal seperti ini adalah bukan dengan mengakomodir kecacatan berpikir dan kekanak-kanakan mereka melainkan dengan keras membuat mereka menjadi dewasa dan paham.

Maka sudah seharusnya UU ini ditolak, dan kemudian seluruh DUNIA ramai-ramai mengungkapkan sejarah islam dan mamad.. Kalau perlu diadakan hari mengambar Karikatur mamad sedunia.

angel:


Oke saya dapat pointnya...

ANDA MEMAKSA KAMI MENGHORMATI FOS VERSI ANDA TANPA ANDA PERLU MENGHORMATI HAK2 KEPERCAYAAN YANG BENAR2 KAMI JAGA.

Bagus sekali nak,, bagus sekali.. Benar2 dewasa.. o
DombIsmailParan - 07/10/2012 03:02 PM
#6495

Quote:
Original Posted By Mr.Makarov
Cara dakwah orang2 Islam juga suka menjelek2an agama lainnya. Walaupun alasannya adalah demi menyampaikan "kebenaran".

boleh2 aja sih.. tapi masalahnya ga diimbangi dakwah cara beradab yang baik dan bener sehingga yang timbul hasilnya adalah kebencian dalam tubuh muslim2 itu sendiri.


menjelekkan agama lain? contohnya? amazed:
paling bilang tuhan kok ada 3 terus kita pertentangkan ayat2 mereka sendiri. gak bikin karikatur/video melecehkan Yesus tuh
DombIsmailParan - 07/10/2012 03:05 PM
#6496

Quote:
Original Posted By masdheki
Penistaan agama itu seperti apa, sih?......bingungs

Apakah karena tokoh agama yang dihina itu juga termasuk penistaan?

Kalau dilihat dari sejarah, memang tokoh agama / keyakinan itu sendiri sudah banyak dihina dari dulunya.

Contoh :

- Yesus dihina dan dicemooh kaum Farisi dan para tentara Romawi 2000 tahun yang lalu. Jaman sekarang malah video / buku2 yang melecehkan Yesus beredar di mana-mana

- Ada cerita Buddha Siddharta Gautama yang dicaci maki oleh Brahmana Akkosaka. Jaman sekarang malah ada Sepatu Buddha yang diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Icon Shoes.

- Nabi Muhammad ketika masa hidupnya pernah dilempari batu dan diludahi orang quraisy. Jaman sekarang ada film IOM.




Kalau mau membuat UU penistaan agama ya harus konsisten......Nggak cuma agamanya sendiri saja, namun membiarkan atau malah melakukan pelecehan agama yang lain.
UU-nya harus berdasarkan hukum sekuler, bukan agama.



Kalau klip yang dibawah ini termasuk menistakan nggak, ya?
Kalau menurut saya sih hanya sekedar lucu2an, walaupun agak kelewatan juga bercandanya.........nohope:

[youtube]POiMC6igWKY&NR[/youtube]


di dunia barat susah utk menggolkan penistaan agama karena bagi mereka agama itu bullshit & hanya main2 dgn alasan FoS. beruntunglah anda kristen indonesia bukan kristen amerika shakehand2
prop1000 - 07/10/2012 04:22 PM
#6497

Quote:
Original Posted By Gaion
standar tidak makmur dan tidak pintar jadinya selalu berubah dan semakin meningkat dong
buat orang indonesia 50 thn yl punya motor mungkin bisa dibilang berada. sekarang ada tuh yang punya motor merasa bukan orang berada...

karena pola pikirnya ini orang yang merasa miskin selalu ada, dan sumbunya pendek...

soal pinter agak beda... tapi untuk saat ini keliatannya orang yang cukup pintar untuk ngga menimbulkan kerusakan masih banyak. so sementara uu ini diperlukan. see?
loe aneh banget, bilang kemiskinan & kebodohan terus ada tapi UU diperlukan SEMENTARA.
Quote:

ya kita berharap dong uu ini bisa diterima semua pihak... alasan logisnya, untuk mengurangi kerusuhan. bisa dijelaskan bahwa ngga semua orang sabar kalo identitasnya diserang.

sorry, FoS gak bisa dikalahin sama sensitivitas orang yang goblok & gak berpendidikan.
Quote:

gue sendiri ngeliat uu ini emang ke arah anti penistaan islam sebenernya..
artinya gak cocok dijadikan aturan yang mendunia. shakehand
prop1000 - 07/10/2012 04:24 PM
#6498

Quote:
Original Posted By Hashimi


yg paling sulit dalm membuat UU penistaan itu mendefinisikan penistaan itu sendiri \(
gw rasa cara paling mudah adalah jika opini tersebut berdetensi untuk membenci tokoh tersebut
mendekripsikan tokoh asal sesuai dg sejarah, seperti yg dilakukan national geograpic, bbc, discovery channel, dll bukan masalah
Justru penyajian berita yg fair dan berimbang, lebih cocok dijadikan rujukan pendidikan
daripada hanya insult2 kosong yg tidak berguna dan hanya menyulut kebencian
Open question tadi bisa dijawab dgn kembali kepada masing2 individu. Apakah arek2 suroboyo yg membunuh jenderal Wallaby merupakan tindakan patriotik atau bar-bar? Coba tanya ke orang Inggrs dan orang surabaya gan Yb

Apakah menurut lo tidak menistakan agama lain bertentangan dgn hati nurani? o
Jangan salah, bukan Islam yg akan diuntungkan. Malah Islam yg harus berbenah lebih banyak, mengingat cara dakwah umat muslim sering menjelekkan umat lain Yb

gw kasih contoh wikipedia yang memunculkan gambar nabi.
itu penistaan bukan? lalu wikipedia mau dikriminalkan atas hal itu?

NO!
prop1000 - 07/10/2012 04:39 PM
#6499

Quote:
Original Posted By dcantripe
Truth??
Kalo mau memberi sanggahan pada dogma tertentu berikan data yang mencukupi juga dong.

Kalo menuduh Rasulullah maniak seks dan penjahat perang itu sih lagu lama.
Dulu pernah juga diutarakan Robert Moorey dalam bentuk buku walau dasar2 kitabi dan historinya yang dipake berantakan tapi setidaknya penolakan tidak sebesar kasus 'innocence oh Muslim' yang memakai penggambaran Rasulullah.

Penyanggahan pun lebih dari segi akademis daripada demo besar2an. Berbeda dalam konteks film ini saya melihatnya lebih kepada provokasi dan kesengajaan.

nah itu dia. standar penistaannya gak jelas.
jangankan bikin kartun atau film, nampilin gambar si nabi aja udah dibilang penistaan.
Quote:

Dialog untuk menyimpulkan apakah setiap orang yang terlibat perang itu adalah selalu penjahat perang. Atau sekedar kebencian pihak2 tertentu dengan standard tak berdasar.

tuh, loe aja belon2 udah kayak gitu tanggapannya.
gimana mau benar2 ada dialog?
Quote:

Masalah pengeboman patung Budha di ABMM sendiri pernah pada bahas, dan banyak anak ABMM yang menolak pengrusakan heritage tersebut.
Tapi begini coba kita lihat dengan kerangka yang lebih luas.

Saat itu rakyat Afghanistan benar2 sedang terpuruk, kekurangan makanan untuk hidup, tempat tinggal mereka luluh lantah, air bersih susah didapat.
Ditengah kesulitan hidup itu para arkeolog utusan PBB datang dengan dana milyaran mengurus benda mati dalam konteks ini sebuah patung budha yang bahkan penganut buddha di afghanistan hampir bisa dikatakan tidak ada.
Nyawa mereka dianggap tidak lebih berharga dari patung2 ini.

Saya tidak membenarkan penghancuran patung ini, tapi cobalah melihat dari sisi yang lain, dimana humanity sekedar wacana. Dan media mengesampingkan ini mengambil sudut yang mereka suka.

ah lebay, bisa dibalikin juga omongan ini.
itu rudal2 emangnya gak mahal? malah dipake buat ngebom patung.
udahlah DOGMA bego begitu kagak usah dibela.
dcantripe - 07/10/2012 05:05 PM
#6500

Quote:
Original Posted By prop1000
nah itu dia. standar penistaannya gak jelas.
jangankan bikin kartun atau film, nampilin gambar si nabi aja udah dibilang penistaan.


Truth must be spoken lu bilang kan?

Harus pake gambar buat memaparkan truth?

Quote:
tuh, loe aja belon2 udah kayak gitu tanggapannya.
gimana mau benar2 ada dialog?


Ngerti gak standar ganda yang mereka pake... Pola pikir awur2an gak pake hermeneutik.

Ngerti gak mereka dulu poligami itu hal yang lumrah di peradaban manapun.
Hendrik II, Hendrik IV, Lodeewijk XV, Rechlieu, Napoleon I.. Raja2 eropa ampe jawa.. Kaum ningrat ampe rakyat biasa.

Masa ini saja toh yang menganggap poligami tidak lazim, dan alasannyapun debatable.
Emang kamu kira knapa Rasulullah pada masanya tidak pernah dituduh seks maniak? Karena kelumrahan pada saat itu to,,

Masalah perang, ngerti engga mereka kalo masa itu mau tidak mau perang tetap terjadi sebagai bentuk pembelaan diri.
Standard apa yang mereka pakai sampe menyebut Rasulullah penjahat perang.
Silahkan standard itu dipakai juga kepada orang2 yang mereka agung2kan sebagai pahlawan atau penguasa besar legendaris yang mereka rasa patut buat dibanggakan.

Kita lihat siapa yang lebih pantas disebut penjahat.

Banyak yang sudah mengupas atau mengutip kehidupan Rasulullah dengan standard2 objektif dan tidak jadi soal.Thomas Carlyle, Bernard Shaw, Gotah, dll...
Yang jadi soal adalah FOS ini dipake untuk memuaskan kebencian manusia2 tak berotak.


Quote:
ah lebay, bisa dibalikin juga omongan ini.
itu rudal2 emangnya gak mahal? malah dipake buat ngebom patung.
udahlah DOGMA bego begitu kagak usah dibela.

Naluri manusia lebih memprioritaskan keamanan daripada kenyamanan.
Afghanistan dalam masa perang mau tidak mau dituntut memiliki persenjataan buat pertahanan diri toh...

Lu pikir mereka lebih suka beli dinamit daripada beli roti? nohope:
Page 325 of 332 | ‹ First  < 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 >  Last ›
Home > CASCISCUS > DEBATE CLUB > (Intelectual Debaters Club) Topik 35 : Perlukah UU Anti Penistaan Agama?