Kepolisian
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Garuda bhayangkara
Total Views: 1052 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+

danielldt - 06/11/2011 02:26 PM
#1
Mengenal Lebih Jauh Tentang FPU GARUDA BHAYANGKARA
Quote:

Quote:


Garuda bhayangkara
UNAMID
United Nations-African Union Mission in Darfur


Quote:


FORMED POLICE UNIT (FPU)

Formed Police Units (FPU) merupakan 125 s.d. 140 personil unit polisi dengan reaksi mobilitas yang benar-benar cepat yang seluruhnya terbentuk dari satu kontingen, menyokong unit sendiri dengan utuh dan memperlengkapi peralatan, tunduk pada hukum sipil dan tata tertib lainnya, mendukung perkembangan kemampuan polisi lokal, dan kemampuan polisi sebagai individu. Perserikatan Bangsa Bangsa untuk pertama kalinya mengirim FPU pada bulan Oktober 1999 ke Cosovo, kemudian di Timor Leste. Operasi tersebut telah merubah komponen polisi di Department Peacekeeping Operations UNDPKOs. Evolusi operasional telah berperan dalam stabilisasi dan pengamanan pemilu di Liberia, Haiti, Pantai Gading, dan R.D. Kongo.


Quote:


Sekilas Tentang FPU Garuda Bhayangkara Indonesia

Formed Police Units Garuda Bhayangkara Indonesia memiliki kemampuan Penanggulangan Huru Hara, Search And Rescue, Penjinakan Bom, Investigasi, Intelijen, Kontra Teroris, Perlindungan VVIP, Penembak Jitu, Komunikasi Elektronik, Mekanik, Memasak dan Kedokteran dan dipimpin oleh seorang perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi.

Setelah sehari sebelumnya diupacarakan oleh Kapolri, FPU Garuda Bhayangkara Indonesia berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma menuju Bandar Udara El Fasher, Darfur–Sudan bertugas selama satu tahun dalam operasi hybrida antara PBB dan Uni Afrika yaitu UNAMID (United Nations African Mission In Darfur).

FPU Garuda Bhayangkara Indonesia yang fokus utamanya adalah mendukung petugas polisi perorangan agar efektif melaksanakan tugas sesuai mandat yang diberikan, akan bertugas selama satu tahun, FPU Garuda Bhayangkara Indonesia akan membantu melindungi komunitas lemah dari ancaman kekacauan, memimpin patroli dengan mayakinkan, dan mengawal tugas-tugas ke Internally Displaced Persons (IDP’s) Zam Zam atau Abu Shouk dan El Salam dengan sebaik mungkin untuk memelihara kehadiran PBB di kamp IDP. Selain itu, FPU Garuda Bhayangkara Indonesia juga akan membantu tugas monitoring dan melindungi personil PBB/Uni Afrika dan fasilitas-fasilitasnya.


Quote:

Kegiatan-Kegiatan FPU Garuda Bhayangkara Indonesia

Pembagian Tugas Sesuai kebutuhan organisasi, dalam satu FPU dapat terbagi menjadi dua bagian yaitu kelompok staff dan tactical. Staff sebagai pendukung tactical melaksanakan tugas administrasi, operasional, finance, camp security, komunikasi & elektronik, mekanik, juru masak, penghubung, dan kesehatan. Unit tactical akan melaksanakan tugas-tugas taktis seperti patroli, pengawalan, monitoring, perlindungan terhadap aset PBB/AU dan masyarakat, serta memberikan pelatihan-pelatihan kepada polisi lokal. Pelaksanaan patroli menggunakan kekuatan satuan setingkat peleton dan bergabung dengan Police Advisor, Language Assistance, badan-badan PBB seperti UNICEF, UNHCR, dan sebagainya.


Quote:

Patroli dan Pengawalan

Patroli gabungan dilaksanakan bersama antara FPU setingkat peleton, Police Advisor, Penerjemah bahasa lokal, dan badan-badan PBB lainnya. Setelah koordinasi dan siap melaksanakan patroli, team akan berangkat menuju Internally Displaced Persons (IDP’s) dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dan mengumpulkan informasi dari GoS (Government of Sudan) Army/Police, SLA (Sudan Liberation Army), Umdah (kepala suatu IDP’s) yang menguasai daerah yang akan dilalui atau dikunjungi. Sebelum memasuki IDP’s, informasi dibahas untuk diolah kembali untuk persamaan persepsi di dalam CPC (Community Policing Center) yang terdapat di dalam IDP’s. Setelah itu, team patroli akan memasuki IDP’s untuk mengumpulkan informasi dan mengetahui situasi dan kondisi terakhir dengan melakukan dialog langsung dengan pengungsi. Dalam satu rangkaian patroli, taktikal menggunakan satu atau dua mobil Land Cruiser lapis baja, tiga atau empat mobil patroli double cabin, satu mobil ambulance, dan satu atau dua APC (Armoured Personnels Carrier).


Quote:

Mempertahankan Kemampuan dengan latihan

Untuk menjaga kebugaran fisik dan membina kemampuan, telah dibuat jadwal rutin olah raga dan latihan kemampuan. Kegiatan tersebut disesuaikan dengan tugas pokok sesuai mandat. Para pelatih atau instruktur berasal dari taktikal atau staff yang menguasai bidang yang akan dilatihkan.


Quote:

Promosi Budaya Indonesia kepada masyarakat mancanegara

Pada kesempatan-kesempatan tertentu, FPU Garuda Bhayangkara Indonesia mempertontonkan budaya tradisional Indonesia seperti tari-tarian, memberikan informasi tentang keindahan nusantara serta tempat-tempat wisata, dan keindahan Bhinneka Tunggal Ika.


Quote:

Spoiler for kliping koran tentang Profil BRIGADIR ANDI SUTANTO
Garuda bhayangkara



Quote:

Spoiler for Interacting with local People in Abu Shouk IDP Camp,..

Garuda bhayangkara

Spoiler for Community Policing process between me and GoS Police,...

Garuda bhayangkara

Spoiler for Are those troopers going to protect them ?????,... what do you think ? tell me now,..

Garuda bhayangkara



Quote:

Disarikan dari berbagai sumber


danielldt - 06/11/2011 02:27 PM
#2
Artikel mengenai Garuda Bhayangkara
danielldt - 06/11/2011 02:28 PM
#3
Foto Foto GARUDA BHAYANGKARA
1. Pra ops
2. Pemberangkatan
3. Giat garuda bhayangkara di sudan
4. Medal parade
5. Kembali ke tanah air
danielldt - 06/11/2011 02:28 PM
#4

reserve for update
danielldt - 06/11/2011 02:29 PM
#5

reserve for update
danielldt - 06/11/2011 02:34 PM
#6
Penugasan Pasukan Garuda Bhayangkara di Darfur Sudan
Oleh: Iptu Wahyu Nugroho, Kontingen Garuda Bhayangkara I Darfur - Sudan, Kontributor TANDEF

Pemerintah Indonesia khususnya dalam hal ini Polri, tahun 2008 ini telah mengirimkan satu kontingen Satuan Tugas Formed Police Unit (FPU) ke Sudan sebagai bagian dari peacekeeping force dibawah bendera PBB. Satuan tugas ini tergabung dalam UNAMID (United Nations African Union Hybrid Mission In Darfur) seperti yang tertera dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1769. Pengiriman satgas FPU ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mengemban amanat pendiri bangsa yang tercantum pada pembukaan UUD 1945 alenia yang keempat. Hal ini merupakan yang pertama bagi Polri untuk mengirimkan pasukan dalam jumlah besar dalam sebuah Peacekeeping Operation. Selama ini Polri lebih banyak mengirimkan personelnya secara individual sebagai UN Civillian Police. Selanjutnya satuan tugas ini dinamakan Kontingen Garuda Bhayangkara I.

Formed Police Unit (FPU) adalah sebuah satuan tugas yang terdiri dari 140 personel polisi berseragam yang memiliki ketrampilan khusus kepolisian, seperti dalam pengendalian massa, menggunakan persenjataan dengan dibekali teknik dan taktik pertempuran kota, pembebasan sandera, serta mempu mengatasi gangguan keamanan bersenjata dalam tingkat intensitas resiko yang tinggi, dan mampu bergerak dengan cepat di dalam lingkup area penugasan misi perdamaian PBB.

Konflik di Darfur sendiri meletus pada tahun 2003, yang menyebabkan 2,7 juta manusia terpaksa mengungsi di IDP (Internally Displaced Persons) camps, dan sekitar 300 ribu orang terbunuh akibat konflik berkepanjangan yang melibatkan faksi-faksi pemberontak yang melawan pemerintah Sudan. Dimana pemerintah Sudan sendiri menggunakan milisi bayaran dari suku keturunan Arab yang dikenal sebagai "Janjaweed" untuk menghadapi pemberontak yang berasal dari suku asli Afrika itu.

Tugas-tugas yang diemban FPU antara lain yaitu memberikan dukungan kepada individual Police officer PBB untuk melaksanakan program-programnya, memberikan perlindungan kepada personel PBB, fasilitas, instansi, perlengkapan, serta memberikan keamanan untuk pergerakan staf PBB dan pekerja kemanusiaan Internasional, memberikan perlindungan kepada komunitas sipil yang rentan terhadap ancaman tindak kekerasan dengan melakukan patroli "confidence building" dan pengawalan, memberikan kontribusi keamanan di lingkungan IDP (Internally Displaced Persons) camps serta mendorong para pengungsi lokal dalam IDP itu untuk kembali ke tempat tinggalnya masing-masing, serta tugas-tugas kepolisian lain seperti Pengendalian massa dan Pengawalan VIP.

Saat ini FPU Indonesia I atau Kontingen Garuda Bhayangkara I memiliki Area Of Rensponsbility (AOR) di Kota El Fasher, ibukota North Sector Darfur. Indonesia merupakan FPU kedua yang berada di Darfur setelah FPU Bangladesh yang ditempatkan di kota Nyala, South Sector. Keseluruhan seharusnya ada 19 FPU yang direkomendasikan oleh UNAMID. Sejak di "deploy" pada tanggal 12 Oktober 2008, telah cukup banyak tugas-tugas yang dilaksanakan. Tugas rutin yang sementara ini menjadi tanggung jawab FPU Indonesia adalah pengawalan Police Adviser Unamid untuk melaksanakan Community Policing di tiga IDP camps besar di El Fasher, yaitu Al Salaam, Abu Shouk, dan Zam zam, serta Patroli malam yang dilakukan gabungan dengan unsur militer dari Rwanda Defense Force. Sebagai Komandan kontingen Garuda Bhayangkara I adalah Akbp. Drs. Johni Asadoma, M. Hum dan sebagai Wadan Akbp. Reinhard Hutagaol, Sik.

Sumber : http://www.tandef.net/penugasan-pasukan-garuda-bhayangkara-di-darfur-sudan

Catt: salah satu orang yang tergabung di kontingen tersebut adalah salah satu perintis FORPOL, mudah2an suatu saat Beliau berkenan membagi pengalamannya bersama kita
Penulis adalah salah satu Danton ketika saya masih Bintara Remaja dan bertugas di Sat Dalmas Di Samapta Polda Metro Jaya, Rangking 1 Akpol di angkatannya
Reds440 - 06/11/2011 05:33 PM
#7

ternyata polri ada pasukan garudanya ya gan ? iloveindonesias
danielldt - 06/11/2011 11:48 PM
#8

BERIKUT BEBERAPA FOTO KEGIATAN REKAN REKAN GARUDA BHAYANGKARA DI DARFUR SUDAN
Spoiler for Patroli di musim dingin
Garuda bhayangkara

Spoiler for foto bersama Polisi dari Negara Lain???
Garuda bhayangkara

Spoiler for suasana camp FPU Indonesia
Garuda bhayangkara

Sumber: Foto FB BRIGADIR ANDI SUTANTO
cokker - 07/11/2011 08:24 AM
#9

maju terus bhayangkara indonesia
balen82 - 07/11/2011 01:50 PM
#10

Quote:


Ane kenal bgt sama orangnya....
FPU sudan pertama
Garuda bhayangkara
balen82 - 07/11/2011 01:51 PM
#11

Quote:


Ane kenal bgt sama orangnya....
FPU sudan pertama
Skr di korspripim Garuda bhayangkara
dithonjok - 02/05/2012 03:26 PM
#12

para specialist neh, jadi ngiler ane gan pengen gabung
8.11, 8.13 Gan :2thumbup






—QR™
dvsandhi - 05/05/2012 08:57 PM
#13

Btw, itu tugas pasukan Garuda Bhayangkara di Sudan mana gan, Selatan atau Utara? Untuk daftar menjadi peace keeper kayak mereka syaratnya apa yak.. Mohon pencerahannya..
brainfood - 24/05/2012 08:10 PM
#14

reques ni gan :request, kalo bsa ditambah dengan proses seleksi untk menjadi Garuda Bhayangkara.
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Kepolisian > Garuda bhayangkara