Original Posted By
►Sesuai judul, saya ingin menyatakan kekecewaan saya kepada Jakartanotebook.com (singkat: Jaknot) atas jawaban yang seenaknya dan tidak bertanggung jawab atas keluhan saya terhadap pembelian salah satu tablet Android dengan merk Ainol Novo7 Paladin.
Begini kronologisnya;
Pada hari Senin, 12 Maret 2012 saya membeli tablet di atas secara online di website ybs dan memilih untuk dikirim tabletnya ke alamat kantor saya, singkat kata semua detail sudah saya masukan dan di kolom "berita tambahan (atau kurang lebih isinya seperti itu)", saya tuliskan "Mohon diberi sticker FRAGILE" karena elektronik.
Pada hari Selasa, 13 Maret 2012, table sampai di kantor saya sore (prosedur di kantor, semua barang masuk ke mailing room dahulu dan didistribusikan oleh Office Boy, jadi jam pastinya saya tidak tahu), dan diantarkan ke meja saya sekitar pukul 17.00, dan betapa terkejutnya saya, paket tidak diberikan sticker fragile (sesuai permintaan) ataupun diberi bubble (di saat saya berjualan kutek saja, selalu saya pakaikan bubble sebelum pengiriman, betapa "pintarnya" bukan Jaknot ini), dan jelas-jelas di sticker yang mereka tempelkan di paket (FYI, Jaknot selalu memberikan sticker berisi detail pengiriman), ada pesan saya sebelumnya yang meminta "mohon diberikan sticker FRAGILE"
Sesampainya di rumah, saya buka paket ini dan setelah saya cek, saya menemukan adanya SATU TITIK DEAD PIXEL di bagian kiri atas tablet ini dan acceleromater tidak bekerja (yang ini hanya masalah setting saja). Dan cek punya cek, ternyata tablet ini SUDAH PERNAH DIGUNAKAN SEBELUMNYA, karena language & keyboard sudah disetting ke US (bagi yang pernah membeli tablet ini pasti lebih familiar)
Dikarenakan keesokan harinya sampai Sabtu saya berada di luar kota, saya segera melayangkan email ke Jaknot pada pukul 21.15 untuk menjelaskan keadaan detail dan saya hanya bisa datang pada hari Sabtu. Saya mendapatkan jawaban pada Rabu siang yang menyatakan silahkan dikirim kembali.
Pada hari Sabtu, 17 Maret 2012, saya mendatangi Jaknot untuk klaim barang ini, dan setelah antri sekian lama, saya mendapat jawaban bahwa Dead Pixel tidak dapat diklaim (minimal harus ada 8 dead pixel baru bisa diganti..WTF!!), dan setelah cukup lama saya berdebat saya minta dipanggilkan supervisor/manager incharge dan ybs tidak berkenan menemui, saya semakin emosi dan terus berdebat, sampai pada akhirnya customer service (CS) mengatakan silahkan ditinggal saja dulu tabletnya, nanti coba kami cek lagi (saya baru tahu akhirnya ini hanya strategi busuk dari Jaknot untuk menunda-nunda, karena pada hari Sabtu itu, keadaan toko sedang ramai & mereka seakan takut memperpanjang dengan saya). Jadi tablet ini saya tinggal dan mendapatkan email notifikasi Jaknot akan memberi kabar lebih lanjut.
Namun, sampai kemarin, Selasa, 20 Maret 2012, tidak ada kabar sama sekali. Dan kebetulan plug charger dell yang saya beli disini juga rusak, jadi saya harus membeli kembali, dan sekalian saya cek status tablet saya, dan dengan santainya salah satu CS ini mengembalikan tablet saya dan mengatakan tidak bisa diklaim tanpa mengabari saya sama sekali mengenai ini.
Sebelumnya juga saya pernah mengalami kekecewaan dengan pembelian online di Jaknot ini. Singkatnya barang yang tertera masih "available" di website, setelah saya bayarkan semua, saya mendapatkan info bahwa sebagian barang tidak available dan harus menunggu beberapa bulan. Setelah saya menunggu cukup lama, tidak ada kabar sama sekali, sampai saya email berkali2 tidak dibalas, dan dibalas pada email ke 7 saya, dan disana saya minta refund saja karena barang belum tersedia juga. Ybs menyampaikan proses refund 4-7 hari kerja, tetapi kenyataannya berbulan-bulan dan saya harus mengirimkan email berkali-kali dan email "ancaman", barulah uang saya benar-benar direfund.
Kesimpulannya:
1. Saya mendapatkan tablet yang ada dead pixelnya dan tidak bisa ditukar (apakah ini modus untuk menjual barang-barang yang cacat dengan harga full?)
2. Pesan tambahan di kolom "berita tambahan" tidak pernah diperhatikan oleh Jaknot (lalu apa fungsinya kolom tersebut).
3. Supervisor/Manager/Owner tidak bertanggung jawab untuk handle komplain.
4. Saran saya, lebih baik pembelian ke Jaknot ini, melalui proses datang langsung ke counter untuk menghindari "ketidakprofesionalan" dari Jaknot ini.
5. Saran saya kepada Pak Budi, barang yang memang sudah cacat (contoh: ada Deadpixel nya), bisa di "sale" di website anda bukan? sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan sama sekali.
Terima kasih
FYI Nota saya YFEM*