ALL ABOUT DESIGN
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > Apa sih bedanya BRAND CONSULTANT, ADVERTISING AGENCY dan GRAPHIC BOUTIQUE?
Total Views: 7300 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 

pixeljunkie - 24/05/2010 04:18 PM
#61

Mantap penjelasannya.. Thanks bro D
tempoedoloe - 24/05/2010 05:04 PM
#62

Quote:
Original Posted By kiko_koki
Job Desc di setiap advertising agency kadang berbeda dari apa yang "seharusnya". Di agency kecil mungkin kita bisa liat pekerjaan yang overlapping, alias mengerjakan beberapa task secara bersamaan. Bahkan di multinasional sekalipun, kadang seorang Art Director mengerjakan FA (idealnya FA Artist yg bikin). atau seorang copywriter yang dengan susah payah membuat presentasi untuk pitching (idealnya AE yg bikin). percaya ga percaya, Ini Bener Bener Terjadi.

Ada juga yang disebut dengan kondisi IDEAL. dimana sebuah profesi mempunyai job description yang sesuai segimana mestinya. Kalau beruntung, ini bisa didapat, baik di agency kecil ataupun agency besar. kurang lebih tugasnya seperti ini:

[*]Art Director
seperti yang sudah seharusnya, Art Director bertugas sebagai pengarah seni, bertanggung jawab dalam hal visual di suatu pekerjaan (TVC, Print Ad, POS Material, dll). Harus mempunyai skill managerial yang baik. Disamping harus bisa mengarahkan Tim nya (teamwork), AD juga dituntut untuk bisa bekerja sendiri (individual). Must be good in presentation also. dan minimal in english, kali-kali aja dapet CD orang luar yang ga bisa bahasa Indo, dan atau klien yang minta presentasi dalam bahasa inggris.
.
[*]Copywriter
Copywriter selalu bermain di kata-kata. Dia bertanggung jawab terhadap copy (naskah) suatu iklan. Mulai dari Grammar, Spelling, sampai kata-kata kreatif yang musti dihasilkannya. Must be extremely good in english and bahasa. No Excuse. Copywriter biasanya lebih mengerti brief daripada AD yang suka males baca D (karena lebih ke visual oriented). Sama seperti AD, harus mampu presentasi dan punya communication skill yang baik. Dan ngga jarang sebuah iklan ide (visual) nya datang dari copywriter. jadi ga harus AD, dan sebaliknya.
.
[*]Graphic Designer
Posisi dengan skill khusus, harus mampu menerjemahkan apa yang dimandatkan kepadanya. udah jelas, graphic designing. Dia yang bertanggung jawab tentang layout, grid, komposisi, pewarnaan, tipografi, dll yang sudah seharusnya dikerjain sama dia. Biasanya dapet arahan dari AD, Creative Grouphead ataupun CD nya langsung. Graphic Designer juga harus punya ide dan konsep yang kuat. Proaktif, jangan nunggu ditanya, tapi harus cepat ngasih solusi. Dan sekali lagi, harus bisa mempresentasikan apa yang dikerjakannya. untuk job desc lainnya, kaya'nya udah sering dibahas di thread lain.



Graphic Designer tidak sama dengan Vizualizer, agak sedikit berbeda tugasnya, tapi bukan berarti seorang visualizer ga bisa ngerjain tugas graphic designer atau sebaliknya. Seorang visualizer biasanya lebih dibutuhkan ketika mau bikin storyboard, atau sketch (hand drawing) print ad, dll. Beda dengan graphic designer yang lebih banyak ngerjain Layout Print ad, Poster, Brochure, POS Material, dan collaterals lainnya. Dua-duanya punya skill masing-masing, bukan tentang lebih hebat siapa.

biasanya visualizer di jaman sekarang lebih banyak yg freelance. kecuali di beberapa agency menengah dan multinasional, suka ada yang tetap, tapi di bagian studio atau produksi, terpisah dari tim inti kreatif nya.

Tentang brainstorm, tergantung scoop kerjaan dan deadline nya. dan ini juga tergantung behaviour dari company nya sendiri. ada beberapa kemungkinan:

[*]Brainstorm bareng-bareng
Semua personil tim yang terlibat brainstorm bareng, Mulai dari AE, Strategic Planner, CD, AD, Copywriter, GD, dll. Semua duduk bareng mikirin gimana cara mengolah brief yang dikasih klien. cara ini efektif, tp ga efisien.
.
[*]Brainstorm-nya Parsial
terpisah, biasanya pentolan masing2 team yang brainstorm duluan. Account Director, Creative Director, Managing Director dll. Baru setelah itu diturunin ke anak buah masing-masing. Cara yang ini biasanya lebih efektif dan efisien.
.
[*]Brainstorm bareng tim masing
Disini AE ngasih brief ke Traffic Manager, nanti Traffic yang bakal ngatur flow kerjaan antar tim kreatif dan Account Management supaya ga konflik. Nanti setelah tau briefnya apa, AD biasanya langsung ngasih ke GD, atau bisa juga brainstorm bareng, tergantung tingkat urgensi dan bobot kerjaan.
.
[*]You do your job, I do My Job
Jangan merasa tersinggung kalau suatu saat dapet kerjaan tanpa diajak brainstorm dulu sama AD dan Copywriternya. Karena kadang hal ini malah bisa lebih efektif dan efisien, terutama dalam kondisi deadline yang extremely fast. Jadi kasarnya, Kata AD "Gw yg mikirin konsepnya, lo mikirin harus jadinya gimana ya". Masing2 nge-riset sesuai dengan tanggung jawab masing, lebih efektif dan efisien. dan ga ngabisin waktu.


sebenernya masih banyak berbagai macam kondisi brainstorm, ga pernah ada yang sama, masing2 team dan company punya cara sendiri untuk brainstorm, jadi ya nikmatin aja gimana jalannya.


Untuk Salary, no comment D


Thanks bgt atas infonya nih :toast:toast
noskill1343 - 24/05/2010 05:51 PM
#63

thanx banget om kiko_koki atas pencerahannya, berguna sekali shakehand o
Bambangc1877 - 30/05/2010 10:20 PM
#64

Ini trit bagus gw naikin lagi biar gakmasukdi archive, ayo agan2 juga bantu
iloveindonesia
hasan_x303 - 30/05/2010 10:50 PM
#65

ne ada buku tuk nambah wawasan tentang dunia creative desain. barangkali bermanfaat.. isina bagus tu. ngupas agency lokal dengan suka dukanya yg dituturkan dgn bagus.

Apa sih bedanya BRAND CONSULTANT, ADVERTISING AGENCY dan GRAPHIC BOUTIQUE?


iloveindonesiailovekaskus
cellozart - 02/06/2010 03:12 PM
#66

trit yg bermanfaat!

nubie ijin gabung....
kebetulan masih freelance, jd bs byk bljr disini

cheers
amanda234 - 02/06/2010 06:09 PM
#67
Brand Consultant atau Marketing Consultant
Oh ya kembali ke topik awal.Aku dapat infonya dari sebuah website sebuah brand consultant di Brand Consultant. Perusahaan ini memiliki tujuan, yaitu:Sustainable Sales

Apa yang lebih penting dari penjualan? Hampir seluruh perusahaan sependapat hanya penjualan yang benar-benar penting bagi kelangsungan pertumbuhan perusahaan. Penjualan akan memastikan bahwa perusahaan memiliki cukup sumber dana untuk terus melakukan proses kerja dan terus menciptakan produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Perusahaan harusmengerti benar hal tersebut dan karena itulah salah satu fokus utama kami sebagai partner perusahaan dalam bidang branding adalah memastikan bahwa penjualan perusahaan akan terus tumbuh secara kontinue dari waktu ke waktu.

Brand Equity

Apa artinya sebuah nama? Jika saja william Shakespeare masih ada saat ini mungkin beliau akan meralat kata-katanya yang sangat terkenal tersebut. Saat ini nama adalah segalanya, dengan nama perusahaan bahkan bisa memasarkan barang tanpa konsumen bertanya soal harga, dengan nama perusahaan bisa menciptakan sekumpulan orang yang mau membela perusahaan setiap saat. Nama bahkan terkandang identik dengan agama bagi bisnis di era kompetisi yang sangat tinggi saat ini.

Di creasion, kami selalu akan mengatakan bahwa selain penjualan aktivitas membangun nama (merek) yang memiliki nilai (value) adalah hal yang terlalu penting untuk diabaikan. Penjualan dan aktivitas membangun merek adalah segalanya, keduanya harus berjalan secara berdampingan.

Adapun service yang diberikan oleh perusahaan ini adalah: strategic planning, brand activation, brand design, brand research, brand communication [B]atau bahkan online strategy.
[/B]Info lengkapa baca di web Creasionbrand yang merupakan brand consultant di Bandung
Bambangc1877 - 12/06/2010 09:58 PM
#68

tuh kan pada tambah lagi ilmunya, ayo yg punya tambahan lagi di share dong
huggiescelanaku - 20/06/2010 01:33 AM
#69

Quote:
Original Posted By kiko_koki
kalo Brand Activation tuh seperti apa yah om? o
terus kalau "campaign" yang masuk ke Tactical gimana tuh maksudnya?
makasih sebelumnya... beer:



hai agan kiko_kiko
maap nih,,ane br aktif lg di kaskus...

Brand activation itu sebuah event yg membuat masyarakat langsng mencoba/mengetahui benefit dr produk yg kita pny....
kita langsng turun ke jalan2 sambil bawa2 spanduk/branding materials yg lain (poster,,,papan,,,ato apapun itu),,,,layak'nya org mau demo,,,tp dikemas secara kreatif...
salah satu yg msh terekam di memori sy adl XL yg memanfaatkan tukang becak untuk berkeliling kota (membawa penumpang yg sdh disiapkan) sambil bawa papan bertuliskan layanan XL (mgkn bs di googling)

Campaign ini sebener'nya event kategori jangka panjang jg karna kita merancang strategi'nya dr A-Z,,,mulai dr media,,strategi marketing,,marketing communication'nya,,dll,,buanyakk bgt soal'nya...
salah satu campaign yg sukses adalah obama...
huggiescelanaku - 20/06/2010 01:50 AM
#70

ini contoh brand activation minuman kaleng "Birdy"
para SPG turun ke jalanan untuk bagikan sampel produk "Birdy"
http://phienbancu.tuoitre.vn/Tianyon/Cache/Image/979/229979.jpg

ini brand activation di supermarket,,istilah'nya Direct Selling (penjualan secara langsung)
http://www.mir-vn.com/images/Shopper%20Activation_683162.jpg

brand activation lwt CSR (Corporate Social Responsibility / kegiatan sosial)
http://hariansumutpos.com/wp-content/uploads/2010/03/sharptanampohon.jpg

lewat demo masak
http://www.atzvietnam.com/AtZ%20Credentials_files/slide0075_image159.jpg

sampe yg seperti ini pun,,jg brand activation
http://3.bp.blogspot.com/_ErMw25yJ7g4/SqSphzkx-5I/AAAAAAAAAE8/SPpmC8hB0zY/s400/backdrop+gurame.JPG

lewat musik
http://www.mpcinternational.org/pictures/51millo-rs-lagos.jpg

bahkan dgn trailer
http://images03.olx.in/ui/2/02/95/32719795_2.jpg

buannyyyaaaakkkk bgt macam'nya....
CMIIW
:toast
abenk182 - 03/07/2010 08:43 AM
#71

luar biasa bermanfaat nih trit,
mungkin 2,5 jam ane di kelas lebih manfaat baca 7 page dari nih trit.
ane ga bisa ngasih wejangan soalnya masih nubie malu
kalo nanya di forum kan bisa dapet jawaban langsung dari pelakunya. niceApa sih bedanya BRAND CONSULTANT, ADVERTISING AGENCY dan GRAPHIC BOUTIQUE?
Neo_local - 04/07/2010 05:51 AM
#72

Ikut ya......?
Mungkin agak sedikit OoT... Naya boleh kan...?

Sekarang bagaimana cara "MEMASYARAKATKAN DESAIAN & MENDESAINKAN MASYARAKAT" (wuiiihhh... kayak olah raga aja...). Maksudnya, langkah-langkah seperti apa yang harus dilakukan temen-temen desainer yang penuh talenta, kreatif dan inovatif khususnya yang ada di daerah atau di kota-kota kecil meyakinkan sang klien bahwa "nge-branding" sebuah brand,toko,dllnya itu sangatlah penting. Masalahnya ngedesain sesuatu itu gak terlalu dianggap penting dan cumaan dipandang sebelah mata doang sama sang klien. Dan yang lebih mirisnya lagi "desain gratis, bayar ongkos cetak doang"...
Segitu dulu deh.....thx.

iloveindonesiailoveindonesia
charqoen77 - 13/07/2010 12:34 PM
#73

@ kiko_koki:mantep infonya, namabah wawasan gw nihilovekaskus
leao - 14/07/2010 08:30 PM
#74

o gitu toh ilovekaskus
OverheadkickTee - 15/07/2010 12:41 PM
#75

Quote:
Original Posted By plezy
Gw pernah baca2 ada agency lokal namanya PETAKUMPET dia nyebutnya advertising plus, katanya bisa bikin Iklan, branding sampe graphic boutique...manteb juga tuh.

Kira2 menurut pandangan klien (misal ada ada perusahaan pengen bikin logo sampe turunannya/logo application )...klo di indonesia sejauh ini kebanyakan, udah pada tau blom ya, musti bikin ke siapa BRAND CONSULTANT, ADVERTISING AGENCY atau GRAPHIC BOUTIQUE?...


ane newbie mau nambahin dikit..

petakumpet emang advertising plus..bener bisa dari iklan,branding,graphic boutique,ilustrasi jg bisa..
manteb sih manteb gan..cuma ya kerjnaya kya kerja rodi walaupun hari sabutunya libur..
soalnya ne pernah ngrasain ndiri sebentar..

Soal buku, dari bukunya pak budiman hakim yg ngobrolin iklan yuk&lanturan tapi relevan,dan bukunya pak arif jualan ide segar bagus2 gan..

recommended deh buat dibaca.. :2thumbup
Bambangc1877 - 17/07/2010 06:38 PM
#76

Nih gw naikin lagi biar lebih rame, gw suka topiknya nih. ayo..ayo...
r4pro - 05/08/2010 03:42 PM
#77

ilovekaskus

Awesome thread, banyak ilmunya.

Thanks agan2 yang udah sharing dimari
kulisablon - 05/08/2010 08:05 PM
#78

Quote:
Original Posted By OverheadkickTee
ane newbie mau nambahin dikit..

petakumpet emang advertising plus..bener bisa dari iklan,branding,graphic boutique,ilustrasi jg bisa..
manteb sih manteb gan..cuma ya kerjnaya kya kerja rodi walaupun hari sabutunya libur..
soalnya ne pernah ngrasain ndiri sebentar..

Soal buku, dari bukunya pak budiman hakim yg ngobrolin iklan yuk&lanturan tapi relevan,dan bukunya pak arif jualan ide segar bagus2 gan..

recommended deh buat dibaca.. :2thumbup


petakumpet kan dulu buka di daerah,
yaaa namanya di daerah pasti semuanya lebih complicated lah,
denger2 udah sejak beberapa tahun lalu petakumpet buka di jakarta juga,
nah kalo yang dijakarta ga tau, masih main general ato spesialis tertentu.
dipencetpencet - 11/08/2010 05:51 AM
#79
XXI & Sabrina - I Love acoustic
Mudah2an gk OOT hammer:

Hampir setiap kali kalo gw pergi ke bioskop XXI,
Lagu-lagunya SABRINA dari album I LOVE ACOUSTIC, selalu gw denger
dan tiap kali gw denger lagunya SABRINA yang gw inget selalu XXI

Mungkin gk sih lagu SABRINA yg selalu diputer sama XXI itu bagian dari Branding mereka?

CMIIW

beer:
A6n1 - 14/08/2010 10:57 AM
#80

mantab gan penjelasannya..iloveindonesia
Page 4 of 5 |  < 1 2 3 4 5 > 
Home > LOEKELOE > ALL ABOUT DESIGN > Apa sih bedanya BRAND CONSULTANT, ADVERTISING AGENCY dan GRAPHIC BOUTIQUE?