TANAMAN
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Semua tentang Pupuk dan Media Tanam
Total Views: 27525 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 23 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

jangBubuy - 17/09/2010 08:56 PM
#21

Quote:
Original Posted By board123
wah sdh diterima cendolnya..
makasih lho lgsg di kasih 3 cendol. \)


sama2 shakehand2
segitu dulu ya besok lg

tambahin lg donk infonya
seneng nih liat anak muda(masih smp) tapi udah suka ama tanaman :thumbup
board123 - 17/09/2010 09:13 PM
#22

Quote:
Original Posted By jangBubuy
sama2 shakehand2
segitu dulu ya besok lg

tambahin lg donk infonya
seneng nih liat anak muda(masih smp) tapi udah suka ama tanaman :thumbup


iy besok ane cari2 lg.. \)

cb tmen2 ane jg pd suka tanaman.. tp syg cmn sedikit doang yg suka.. o
midas - 17/09/2010 10:08 PM
#23

Quote:
Original Posted By board123
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080929222715AAFxMIV

semoga dpt membantu.. \)


maksud ane seperti contoh unsur calcium bisa di dapat dari dolomit, unsur N di dapat dari kotoran ayam.....nah kalau unsur besi, magnesium,belerang, mangan , tembaga, terdapat di mana aja??? getho loh gan
board123 - 17/09/2010 10:13 PM
#24

Quote:
Original Posted By midas
maksud ane seperti contoh unsur calcium bisa di dapat dari dolomit, unsur N di dapat dari kotoran ayam.....nah kalau unsur besi, magnesium,belerang, mangan , tembaga, terdapat di mana aja??? getho loh gan


oo.. maaf ya gan ,ane ga tw. o
( tolong pakar tanaman yg lain supaya membantu )
board123 - 18/09/2010 07:39 AM
#25
Tingkat Kesuburan Tanah
Jenis tanah akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan tanah. Tanah yang subur apabila ditanami tanaman pertanian akan menghasilkan produksi yang besar, sebaliknya tanah yang tandus akan sulit untuk ditanami. Pengaturan air (drainase) suatu lahan juga berpengaruh terhadap kondisi kesuburan tanah,jika pengaturan airnya jelek, maka tingkat kesuburannya akan rendah.

Ciri-ciri tanah subur adalah sebagai berikut:
1. Struktur tanahnya bagus, yaitu butir-butir tanahnya renggang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
2. Tanah mempunyai air dalam jumlah yang banyak dan berfungsi untuk melarutkan garam-garaman.
3. Tanah mempunyai garam-garaman dalam jumlah banyak sebagai bahan makanan tumbuh-tumbuhan.

Ciri-ciri yang kurang subur antara lain sebagai berikut:
1. Struktur tanahnya kurang baik.
2. Air yang ada di dalam tanah jumlahnya sedikit.

Dilihat dari tingkat kesuburannya tanah dibedakan sebagai berikut:
1. Tanah muda, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan yang belum banyak sehingga tingkat kesuburannya masih relatif rendah.
2. Tanah dewasa, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan sangat banyak sehingga tanah ini sangat subur. Tanah inilah yang sangat baik untuk pertanian
3. Tanah tua, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan yang sudah mulai berkurang, sehingga tingkat kesuburannya juga mulai berkurang.
4. Tanah sangat tua, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan sangat sedikit bahkan hampir habis, sehingga ada yang menyebut jenis tanah ini sebagai tanah yang mati. Tanah ini sangat tidak subur.

Beberapa usaha untuk melestarikan kesuburan tanah, antara lain:
1. pemupukan yang tepat dan terus-menerus terutama dengan pemakaian pupuk alami
2. sistem irigasi yang baik
3. penghutanan lereng-lereng yang gundul dan penghutanan kembali daerah yang telah gundul (reboisasi)
4. mengelola tanah miring dengan cara yang tepat.

Semoga bermanfaat ilovekaskus
board123 - 18/09/2010 07:46 AM
#26

Quote:
Original Posted By midas
maksud ane seperti contoh unsur calcium bisa di dapat dari dolomit, unsur N di dapat dari kotoran ayam.....nah kalau unsur besi, magnesium,belerang, mangan , tembaga, terdapat di mana aja??? getho loh gan


sepertinya yg belerang itu Pupuk ZA
klo yg mangan cb lihat di sini :
http://girlsoilscientist.blogspot.com/2009/03/unsur-hara-mikro-esensial-mangan-mn.html
klo magnesium ntu pupuk kiserit
kenarof - 18/09/2010 12:27 PM
#27

Quote:
Original Posted By board123
Jenis tanah akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan tanah. Tanah yang subur apabila ditanami tanaman pertanian akan menghasilkan produksi yang besar, sebaliknya tanah yang tandus akan sulit untuk ditanami. Pengaturan air (drainase) suatu lahan juga berpengaruh terhadap kondisi kesuburan tanah,jika pengaturan airnya jelek, maka tingkat kesuburannya akan rendah.

Ciri-ciri tanah subur adalah sebagai berikut:
1. Struktur tanahnya bagus, yaitu butir-butir tanahnya renggang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
2. Tanah mempunyai air dalam jumlah yang banyak dan berfungsi untuk melarutkan garam-garaman.
3. Tanah mempunyai garam-garaman dalam jumlah banyak sebagai bahan makanan tumbuh-tumbuhan.

Ciri-ciri yang kurang subur antara lain sebagai berikut:
1. Struktur tanahnya kurang baik.
2. Air yang ada di dalam tanah jumlahnya sedikit.

Dilihat dari tingkat kesuburannya tanah dibedakan sebagai berikut:
1. Tanah muda, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan yang belum banyak sehingga tingkat kesuburannya masih relatif rendah.
2. Tanah dewasa, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan sangat banyak sehingga tanah ini sangat subur. Tanah inilah yang sangat baik untuk pertanian
3. Tanah tua, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan yang sudah mulai berkurang, sehingga tingkat kesuburannya juga mulai berkurang.
4. Tanah sangat tua, yaitu tanah dengan kandungan zat makanan sangat sedikit bahkan hampir habis, sehingga ada yang menyebut jenis tanah ini sebagai tanah yang mati. Tanah ini sangat tidak subur.

Beberapa usaha untuk melestarikan kesuburan tanah, antara lain:
1. pemupukan yang tepat dan terus-menerus terutama dengan pemakaian pupuk alami
2. sistem irigasi yang baik
3. penghutanan lereng-lereng yang gundul dan penghutanan kembali daerah yang telah gundul (reboisasi)
4. mengelola tanah miring dengan cara yang tepat.

Semoga bermanfaat ilovekaskus





kalo tanah indonesia gan......heheheheheh.....
jangBubuy - 18/09/2010 12:33 PM
#28

Quote:
Original Posted By kenarof
kalo tanah indonesia gan......heheheheheh.....


tanah indonesia mana nih?
indonesia luas bgt
LuckY 'PoY' - 18/09/2010 04:33 PM
#29

coba in atu" buat andenium ah.. wkwk
midas - 18/09/2010 05:55 PM
#30

Quote:
Original Posted By board123
sepertinya yg belerang itu Pupuk ZA
klo yg mangan cb lihat di sini :
http://girlsoilscientist.blogspot.com/2009/03/unsur-hara-mikro-esensial-mangan-mn.html
klo magnesium ntu pupuk kiserit


just link???? cd


Come on broda, I'm not a google farmer ngakak
jendol13 - 18/09/2010 06:48 PM
#31

Quote:
Original Posted By kenarof





kalo tanah indonesia gan......heheheheheh.....
oalah gan..ts capek2 nulis gitu banyak tp cuman lu quot dengan komen gak mutu? hammer hammer mau ngejunk, mau lipstick?Semua tentang Pupuk dan Media Tanam
board123 - 18/09/2010 09:34 PM
#32

Quote:
Original Posted By midas
just link???? cd


Come on broda, I'm not a google farmer ngakak


yg ptg kan sdh berusaha mencari. p
board123 - 18/09/2010 09:36 PM
#33

@jangBubuy : thx ya cendolnya.. \)
jangBubuy - 19/09/2010 09:33 AM
#34

Quote:
Original Posted By board123
@jangBubuy : thx ya cendolnya.. \)


sama2 shakehand2
terus cari lagi info2 yg laennya
ntar ditambahin lg pupuk ijo nya D

itu PR yg dari pak midas coba di jawab D
board123 - 19/09/2010 10:20 AM
#35

Quote:
Original Posted By jangBubuy
sama2 shakehand2
terus cari lagi info2 yg laennya
ntar ditambahin lg pupuk ijo nya D

itu PR yg dari pak midas coba di jawab D


iy.. \)

PRnya ssh o di usahakan deh.. \)
board123 - 19/09/2010 11:33 AM
#36
[INFO]Pupuk Kandang dan Kompos
Pupuk kandang adalah pupuk organik yang berasal dari kotoran ternak, baik berupa padatan (feces) yang bercampur sisa makanan, ataupun air kencing (urine). Walaupun demikian sepertinya orang-orang sepertinya enggan membicarakan kotoran cair yang berupa urine ternak. Dalam hal ini mengumpulkan kotoran padat memang jauh lebih praktis dibanding urin ternak. Padahal dari segi kadar haranya, urine jauh lebih tinggi dibanding feces.

Kadar hara kotoran ternak berbeda-beda karena masing-masing ternak mempunyai sifat khas tersendiri. Makanan masing-masing ternak berbeda-beda. Padahal makanan inilah yang menentukan kadar hara. Jika makanan yang diberikan banyal mengandung hara N, P dan K maka kotorannyapun akan kaya dengan zat tersebut.

Selain jenis makanan usia ternak juga menentukan kadar hara dalam kotorannya. Ternak muda akan menghasilkan feses dan urine yang kadar harannya rendah terutama N, karena ternak muda memerlukan sangat banyak zat hara N dan beberapa macam mineral dalam pembentukan jaringan tubuhnya. berikut komposisi unsur hara kotoran dari berbagai jenis ternak.

Kandungan Pupuk Kandang Sapi :
Nitrogen 1,67% , P2O5 1,11% , K2O 0,56% , Kelembaban 80%

Kandungan Pupuk Kandang Kuda :
Nitrogen 2,29% , P2O5 1,25% , K2O 1,38% , Kelembaban 75%

Kandungan Pupuk Kandang Domba :
Nitrogen 3,75% , P2O5 1,87% , K2O 1,25% , Kelembaban 68%

Kandungan Pupuk Kandang Babi :
Nitrogen 3,75% , P2O5 3,13% , K2O 2,50% , Kelembaban 68%

Kandungan Pupuk Kandang Ayam :
Nitrogen 6,27% , P2O5 5,92% , K2O 3,27% , Kelembaban 56%

Kandungan Pupuk Kandang Merpati :
Nitrogen 5,68% , P2O5 5,74% , K2O 3,23% , Kelembaban 52%

Selain mengandung 3 unsur di atas pupuk kandang mempunyai kandungan unsur hara mikro yang sangat lengkap walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit. Perlu diingat sekali lagi bahwa makanan yang dimakan ternak dan umur ternak sangat berpengaruh terhadap kandungan hara yang ada pada kotoran.
Dan sebaiknya saat kita membicarakan pupuk kandang, janganlah kita terpatok pada kandungan haranya saja, namun lebih dari itu bahwa pupuk kandang mempunyai kelebihan lain yaitu semakin memperbanyak dan beragamnya bakteri positif tanah yang ada pada alahan kita, dimana bakteri tersebut sebagian adalah bakteri penambat N, P dan K sehingga secara tidak langsung bakteri-bakteri tersebut akan menyediakan unsur hara bagi tanaman itu sendiri, dan kelebihan lain yang didapat dari pupuk kandang dan pupuk organik lain yaitu kemampuannya untuk memperbaiki struktur tanah. Bisa dikatakan dengan menambahkan pupuk kandang dan pupuk organik lainnya kita mempunyai keuntungan:

-Memperbaiki sifat fisik tanah
-Memperbaiki sifat kimia tanah
-Memperbaiki biologi tanah

Kompos adalah hasil penguraian parsial/tidak lengkap dari campuran bahan-bahan organik yang dapat dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai macam mikroba dalam kondisi lingkungan yang hangat, lembab, dan aerobik atau anaerobik.

Jenis-jenis kompos :

- Kompos cacing (vermicompost), yaitu kompos yang terbuat dari bahan organik yang dicerna oleh cacing. Yang menjadi pupuk adalah kotoran cacing tersebut.
- Kompos bagase, yaitu pupuk yang terbuat dari ampas tebu sisa penggilingan tebu di pabrik gula.
- Kompos bokashi.

Manfaat Kompos :
1. Meningkatkan kesuburan tanah
2. Memperbaiki struktur dan karakteristik tanah
3. Meningkatkan kapasitas penyerapan air oleh tanah
4. Meningkatkan aktivitas mikroba tanah
5. Meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi, dan jumlah panen)
6. Menyediakan hormon dan vitamin bagi tanaman
7. Menekan pertumbuhan/serangan penyakit tanaman
8. Meningkatkan retensi/ketersediaan hara di dalam tanah

Semoga bermanfaat ilovekaskus
galecok - 19/09/2010 12:45 PM
#37

Bermanfaat sekali nih gan, ane ada rencana bikin pupuk
dari bahan2 alami dan tanpa kimia
kira2 prospeknya gimana tuh kalo untuk dijual
trims
board123 - 19/09/2010 01:31 PM
#38

Quote:
Original Posted By galecok
Bermanfaat sekali nih gan, ane ada rencana bikin pupuk
dari bahan2 alami dan tanpa kimia
kira2 prospeknya gimana tuh kalo untuk dijual
trims


http://sinarharapan.co.id/feature/hobi/2002/05/2/hob3.html

klo prospek penjualan ane ga tw o

semoga membantu \)
kenarof - 24/09/2010 03:18 PM
#39

Quote:
Original Posted By jendol13
oalah gan..ts capek2 nulis gitu banyak tp cuman lu quot dengan komen gak mutu? hammer hammer mau ngejunk, mau lipstick?Semua tentang Pupuk dan Media Tanam


ini quote bukan gak bermutu........

tanah indonesia kan banyak, kan bisa TS beri sedikit ilmu ke kita2, kl bingung tanh indonesia yg mana,,,kasih tau aja yg ada di pulau jawa ke atw yg mana kek,,bgt tooooooo...............banyak yg bisa di lakukan untuk menjawab sesuatu dgn sesuatu yg bermutu.......bukan berarti 1 kata yg ada tidak bermutu......tp bgmn kita menanggapi pertanyaan serupa dgn iklas dan sedikit eleganlah....terimaksih...ilovekaskusiloveindonesiakisskiss
bbsparepart - 24/09/2010 06:21 PM
#40

Gan, mau tanya kalo pupuk kimia kayak NPK gitu ada pengaruhnya buat buah gak, jadi kayak mengandung zat berbahaya gitu apa gak ? soalnya ane punya tulambupot selama ini rajin dipupukin pake NPK gitu dan yg merangsang buah. Sekarang lagi berbuah. Maklum nubie jadi gak gitu ngerti soal pupuk....thx pencerahannya
Page 2 of 23 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > LOEKELOE > TANAMAN > Semua tentang Pupuk dan Media Tanam