Dunia Kerja & Profesi
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Dunia Kerja & Profesi > Gaji Cukup itu Menurut Agan Berapa sih?
Total Views: 944 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

PrincessTatia - 13/12/2011 04:18 PM
#1
Gaji Cukup itu Menurut Agan Berapa sih?
Emang udah ada sih thread tentang gaji, tapi kayanya ini agak beda ya.

Mau tanya aja, gaji cukup itu menurut agan berapa sih Yb



Quote:
Original Posted By PrincessTatia
Artian cukup disini = Bisa memenuhi kebutuhan agan yang (paling ga sama) dengan standar hidup yang agan dapetin waktu agan masih sekolah/kuliah shakehand


Quote:

Kasih
-nominal
-kalkulasi
-lokasi
-cewe/cowo
-berkeluarga/sendiri


Warning :Cukup, bukan lebih, jangan greedy Peace:




nb: kalo buat cowo pasti mikir nyicil mobil, rumah, motor. Yang berkeluarga pasti mikir buat pendidikan anak, kalo anak lagi sakit, ke dokter, pengeluaran tak terduga, dll dah...
Auschwitz - 13/12/2011 05:05 PM
#2

Menarik pertanyaannya \)
Menurut saya gaji yang cukup adalah gaji perbulan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup saya (sandang pangan) dan juga hobby selama 1 bulan, dengan catatan tentunya besarannya nilai sangat dipengaruhi oleh gaya hidup serta pengeluaran untuk pembayaran kredit. iloveindonesias
PrincessTatia - 13/12/2011 05:44 PM
#3

Quote:
Original Posted By Auschwitz
Menarik pertanyaannya \)
Menurut saya gaji yang cukup adalah gaji perbulan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup saya (sandang pangan) dan juga hobby selama 1 bulan, dengan catatan tentunya besarannya nilai sangat dipengaruhi oleh gaya hidup serta pengeluaran untuk pembayaran kredit. iloveindonesias


iya, berapa...

kalo ga mau nyebutin angka, rangenya ajalah...
PrincessTatia - 13/12/2011 05:59 PM
#4

Pada ga ada yang mau jawab yah?

Agan udah ngerasa cukup dengan gaji yang sekarang?

Kalo ngerasa ga cukup, speak up donk. Boss bakalan ngerasa gaji agan cukup ketika agan diem aja...
bazhoror - 13/12/2011 10:54 PM
#5

cukup? u freshgraduate menurut ane si cukup 2.5-3 juta gan ..
kalo da berkeluarga minimal 5 juta...

berkeluarga 4 juta masih bisa cuman mepet...

inget itu minimal ya menurut ane \)
kadang susah mau nabung juga dgn gaji segitu..

palagi d jkt mgk bisa beda ya ama di kota2 laen..kebetulan ane di jatim gan

karena kalo ditanya cukupnya berapa..pasti lebih gan dari range yg ane sebutin hehehe...di saat gaji kita naek, biasanya kebutuhan juga akan lebih.
so pinter2 aja manage kebutuhan
rdp.ka - 14/12/2011 12:26 AM
#6

Syukur Alhamdulillah.... itu kuncinya untuk umat muslim, karena berapapun gaji yang kita terima gak bakal ada rasa cukup, karena saat gaji naik, pasti ada kebutuhan yang ikut naik
bazhoror - 14/12/2011 07:15 AM
#7

come on guys tell me nominalna dnk .. :games
cendol.lover - 14/12/2011 07:29 AM
#8

Standard setiap orang berbeda-beda gan...
kesempatannya pun juga berbeda-beda...
sehingga gajinya pun beda-beda

Ada yg fresh graduate cuma dapet UMR...
tapi ada juga yg fresh graduate langsung dapet 13 juta atau bahkan lebih...
so, harus pinter2 cari peluang.. :addfriends
cendol.lover - 14/12/2011 07:35 AM
#9

Standard setiap orang berbeda-beda gan...
kesempatannya pun juga berbeda-beda...
sehingga gajinya pun beda-beda

Ada yg fresh graduate cuma dapet UMR...
tapi ada juga yg fresh graduate langsung dapet 13 juta atau bahkan lebih...
so, harus pinter2 cari peluang.. :addfriends
PrincessTatia - 14/12/2011 10:02 PM
#10

Cukup untuk ukuran SPG/Kasir/Tukang (kerja kasaran) di Jakarta
Kost di jakarta yang layak itu mulai 450-700, dibawah itu kumuh, kotor, bau, banyak tikus. Layak disini maksudnya ada kasur ada kipas ada exhaust fan.

Makan di jakarta di pinggir jalan 7rb-10rb, minum? tiga kali sehari? sebulan jadi berapa?

Kredit motor 500rb perbulan

Kredit rumah min 500rb perbulan (tipe 21 di pelosok banget)

Nabung? Jalan2? Kirim orang tua?
bazhoror - 15/12/2011 05:24 AM
#11

Quote:
Original Posted By PrincessTatia
Ah, bener-bener ga ada yang mau sebutin angka ya
Ane mulai dulu aja deh kalo gitu

Cukup yang paling minim (Diambang batas ga cukup)
Kost di jakarta yang layak itu mulai 450-700, dibawah itu kumuh, kotor, bau, banyak tikus. Layak disini maksudnya ada kasur ada kipas ada exhaust fan.

Makan di jakarta di pinggir jalan 7rb-10rb, minum? tiga kali sehari? sebulan jadi berapa?

Kredit motor 500rb perbulan

Kredit rumah min 500rb perbulan (tipe 21 di pelosok banget)

Nabung? Jalan2? Kirim orang tua?


buset kalo disebutin semua jelas ga cukup gan ...hehehe..
yang kebutuhan utama aja menurut ane ..
tapi serius tu? di jkt masih dapet makanan segitu??
Auschwitz - 15/12/2011 10:20 AM
#12

Nih coba buat gambaran :

Bayar cicilan apartemen dalam kota (beli rumah diluar kota Jakarta sangat tidak worthed dari segi waktu)
- > 8,2jt / bln selama 5 tahun
Estimasi Makan 20 - 30 rb x 3 = 60 - 90 rb / hari =
- > 1.800.000 - 2.700.000 / bln
Cicilan Mobil =
- > 7jt / bln selama 3 tahun
Biaya operasional & Lain - lain
- > 2,5jt /bln
Nabung =
- > Diusahakan 20% dari gaji
Jalan-jalan dan hobi tergantung dari sisa pendapatan dikurangi pengeluaran diatas.
- > Sangat kecil sekali, hampir tidak bersisa.
Kirim Orang Tua =
- > Belum terlaksana sampai saat ini.

Status : Belum Menikah

Kesimpulannya jadi sampai saat ini masih belum merasa cukup, karena budget untuk hobby maupun jalan-jalan hampir tidak ada. berdukas
jozz_gandozz - 15/12/2011 10:39 AM
#13

wellehh... berapapun gajinya gak akan pernah ada kata cukup gan..

karena besarnya kebutuhan akan mengikuti besarnya gaji..capedes
sanjipak619 - 15/12/2011 01:20 PM
#14

klo menuruta ane gan gaji yang cukup itu:
cukup buat beli rumah
cukup buat beli sandang pangan
cukup buat beli kendaraan
cukup buat jalan-jalan
cukup buat kirim ortu
dan cukup buat yang lain2.... Peace:
karena gan...standard cukup untuk tiap orang tu beda2

ini keren ni
Quote:
Original Posted By rdp.ka
Syukur Alhamdulillah.... itu kuncinya untuk umat muslim, karena berapapun gaji yang kita terima gak bakal ada rasa cukup, karena saat gaji naik, pasti ada kebutuhan yang ikut naik
callme_harry - 15/12/2011 02:43 PM
#15

Langsung minta nominal kan?
Aye langsung sebut deh.

Versi aye 25jt/bulan
dailyneedsshop - 15/12/2011 05:18 PM
#16

minta nominal?

yah cukup lah sekitar 40 jt /bulan

rincian

10-15 juta buat kebutuhan rumah dan keluarga

20 juta buat usaha/invest/apa pun itu lah

5 juta buat foya2 / tabung buat jalan2 D
PrincessTatia - 15/12/2011 09:05 PM
#17

Quote:
Original Posted By bazhoror
cukup? u freshgraduate menurut ane si cukup 2.5-3 juta gan ..
kalo da berkeluarga minimal 5 juta...

berkeluarga 4 juta masih bisa cuman mepet...

inget itu minimal ya menurut ane \)
kadang susah mau nabung juga dgn gaji segitu..

palagi d jkt mgk bisa beda ya ama di kota2 laen..kebetulan ane di jatim gan

karena kalo ditanya cukupnya berapa..pasti lebih gan dari range yg ane sebutin hehehe...di saat gaji kita naek, biasanya kebutuhan juga akan lebih.
so pinter2 aja manage kebutuhan

Tolong kasih kalkulasinya gan shakehand
Quote:
Original Posted By rdp.ka
Syukur Alhamdulillah.... itu kuncinya untuk umat muslim, karena berapapun gaji yang kita terima gak bakal ada rasa cukup, karena saat gaji naik, pasti ada kebutuhan yang ikut naik

Tapi cukup pasti ada nominalnyalah, batas atas batas bawah, diatas itu masuk kategori lebih shakehand
Quote:
Original Posted By bazhoror
come on guys tell me nominalna dnk .. :games

yeach, nominal sama kalkulasi
Quote:
Original Posted By cendol.lover
Standard setiap orang berbeda-beda gan...
kesempatannya pun juga berbeda-beda...
sehingga gajinya pun beda-beda

Ada yg fresh graduate cuma dapet UMR...
tapi ada juga yg fresh graduate langsung dapet 13 juta atau bahkan lebih...
so, harus pinter2 cari peluang.. :addfriends

gue ga nanya dapet gaji berapa besar, tapi berapa gaji yang cukup itu
Quote:
Original Posted By bazhoror
buset kalo disebutin semua jelas ga cukup gan ...hehehe..
yang kebutuhan utama aja menurut ane ..
tapi serius tu? di jkt masih dapet makanan segitu??

Masih,mie ayam sama bubur ayam di hawker ama warteg juga, selain itu jangan harap deh ngakaks:
Quote:
Original Posted By Auschwitz
Nih coba buat gambaran :

Bayar cicilan apartemen dalam kota (beli rumah diluar kota Jakarta sangat tidak worthed dari segi waktu)
- > 8,2jt / bln selama 5 tahun
Estimasi Makan 20 - 30 rb x 3 = 60 - 90 rb / hari =
- > 1.800.000 - 2.700.000 / bln
Cicilan Mobil =
- > 7jt / bln selama 3 tahun
Biaya operasional & Lain - lain
- > 2,5jt /bln
Nabung =
- > Diusahakan 20% dari gaji
Jalan-jalan dan hobi tergantung dari sisa pendapatan dikurangi pengeluaran diatas.
- > Sangat kecil sekali, hampir tidak bersisa.
Kirim Orang Tua =
- > Belum terlaksana sampai saat ini.

Status : Belum Menikah

Kesimpulannya jadi sampai saat ini masih belum merasa cukup, karena budget untuk hobby maupun jalan-jalan hampir tidak ada. berdukas

Makasih gan udah mau kasih kalkulasinya \), yang lain tulis juga ya kaya agan ini, yang lengkap \)
Quote:
Original Posted By jozz_gandozz
wellehh... berapapun gajinya gak akan pernah ada kata cukup gan..

karena besarnya kebutuhan akan mengikuti besarnya gaji..capedes

Pasti ada kata cukup
Quote:
Original Posted By sanjipak619
klo menuruta ane gan gaji yang cukup itu:
cukup buat beli rumah
cukup buat beli sandang pangan
cukup buat beli kendaraan
cukup buat jalan-jalan
cukup buat kirim ortu
dan cukup buat yang lain2.... Peace:
karena gan...standard cukup untuk tiap orang tu beda2

ini keren ni

iya kalo menurut agan cukup itu berapa?
Quote:
Original Posted By callme_harry
Langsung minta nominal kan?
Aye langsung sebut deh.

Versi aye 25jt/bulan

Taruh kalkulasi sekalian shakehand
Quote:
Original Posted By dailyneedsshop
minta nominal?

yah cukup lah sekitar 40 jt /bulan

rincian

10-15 juta buat kebutuhan rumah dan keluarga

20 juta buat usaha/invest/apa pun itu lah

5 juta buat foya2 / tabung buat jalan2 D

foya2 ga masuk itungan ya, disini ane bilang cukup bukan lebih shakehand

Itu segitu kasih kalkulasinya, mungkin emang cukup buat agan buat lebih shakehand


Berapapun yang kalian tulis disini, tolong dipertanggungjawabkan dengan kalkulasi yang valid shakehand
sevenfoldian - 16/12/2011 09:11 AM
#18

kebutuhan pokok:

sandang (pakaian) :
pakaian2 lama masih bisa dipake sih. tapi gak bisa mengelak juga ternyata setelah kerja butuh yg baru2 karena gaya hidup dan kebutuhan berubah. untuk jatah pakaian ini, ane jatahin kira2 500 ribu per bulan dengan asumsi harga sepotong kemeja/celana/sepatu beli di toko2/mall2 adalah sekitaran 300 ribu sebiji.

pangan (makanan sehari2) :
ane dapet jatah makan siang dari kantor. jadi dalam sehari senen-jumat cuma keluar buat sarapan sama makan malem doang. karena kalo sarapan pagi waktunya mepet jadi biasanya beli roti ato snack ato dagangan kaki lima depan kantor cem bakso/ketoprak/soto dll. itu sekitar 10ribuan.
untuk makan malem biasanya lebih fancy dikit (masih kaki lima, bukan masak sendiri) yaitu sekitar 20 ribuan.
jadi untuk 5 hari kerja uang makan keluar 30 ribuan sehari dikali 5 = 150.000 seminggu. dalam sebulan yah kira2 600.000 sebulan.
itu baru untuk hari kerja. gimana weekend? weekend biasanya biaya makan bengkak. apalagi kalo weekend dipake jalan2 keluar. katakanlah dalam dua hari (sabtu-minggu) untuk biaya makan habis 100.000 maka dalam sebulan (4 weekend) akan habis 400.000.
kesimpulannya. untuk biaya makan sebulan kurang lebih sekitar 1.000.000 (sejuta).

papan (tempat tinggal) :
ane masih ngekost dengan biaya kost 400.000 per bulan. kamarnya lumayan lah. kamar mandi luar. listrik pake sepuasnya. jadi bisa bawa kipas angin/komputer/tv/dll. btw, ane tinggal di daerah industri gunung putri bogor.

kebutuhan rutin penting tapi gak primer :
ini adalah kebutuhan2 yg bukan primer tapi sangat2 mendukung dan ane butuhin banget. yaitu:
pulsa buat biaya telp/paket bb per bulan 150.000
internet 100.000 per bulan

lain-lain:
katakanlah untuk hal2 yg tak terduga (ngamplop kondangan, sumbangan2, arisan) atau sifatnya darurat kita harus siap dana tiap bulannya sekitar 200.000 (dana ini variabel tidak tetap...bisa bengkak lebih gede ato malah gak kepake sama sekali dalam sebulan)

jadi untuk kehidupan yang cukup pas-pasan, buat ane idealnya adalah sekitar:
500.000
1.000.000
400.000
250.000
200.000

2.350.000/bulan

itu belum bisa nabung
belum bisa foya2 (kalo jalan2 cuma bisa makan, belum bisa nonton, dufan, konser, pameran, dll)
belum bisa nyicil rumah
belum bisa nyicil kendaraan
gak bisa pacaran (apalagi klo harus ngebayarin pacar nya hehehe)
gak bisa pulang kampung
biaya transport tidak termasuk.
jozz_gandozz - 17/12/2011 04:52 AM
#19

Quote:
Original Posted By PrincessTatia


Pasti ada kata cukup


OK.. gw kasih gambaran kasar
- angsuran mobil : 5jt
- angsuran rumah : 5jt
- kebutuhan rumah : 5-10 jt
- lain2 = 5 jt
- tabungan : 5 jt

Total 25-30 jt..mungkin cukup..malus
Berarti gw saat ini kondisinya belum cukup..capedes
poilukasi - 17/12/2011 07:12 AM
#20

berapa gaji yg cukup???

TIDAK AKAN PERNAH CUKUP

karna emang sifat dasar manusia tidak akan pernah merasa puas...

EX :

saat gaji kecil, makan warteg, kos kecil2an, nyicil motor doank (gaji kurang)
saat gaji menengah, makan masi warteg, kos pasti ga mau yg kecil, motor pasti ganti yg bagus (gaji kurang lagi)
saat gaji gede, makan dah ga mau warteg, kos yg mewah, dah ga mau naek motor, maunya mobil (gaji kurang lagi deh deh deh)

jd yg bener cari kerja sebaik2nya dapet gaji baru sesuaikan gaya hidupmu dengan gaji yg lu dapet...
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > CASCISCUS > BUSINESS BOARD > Dunia Kerja & Profesi > Gaji Cukup itu Menurut Agan Berapa sih?