Lampu Senter/Flashlight
Total Views: 6471 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

fabienne - 14/12/2011 12:59 PM
#1
Surefire Lego
Thread ini ditujukan untuk guide dan juga diskusi lebih lanjut untuk Standard Surefire yang sering dipakai di kalangan flashaholic dan para pembuat flashlight baik home industry maupun pabrikan.

Secara garis besar ada 4 standard Surefire yang banyak dipakai / dijadikan patokan yaitu :
- Standard D26 / P60
Senter yang populer di format ini adalah seri 6P, 9P, C2, C3, Z2, Z3, G2, G3
Seri ini cukup populer di kalangan budget flashlight karena banyaknya klonengan yang muncul dengan nama berakhiran fire, seperti Ultrafire, Trustfire, Superfire, dll. Satu yang cukup menonjol dari pabrikan china dalam hal format ini adalah Solarforce.

- Standard E-series
Standard ini dulu lebih populer diadopsi oleh para custom flashlight maker karena ukuran yang lebih kecil baik dari body, tailcap maupun head. Disebut E-series karena cikal bakal ini dari Surefire E2, E1.

- Standard D36
Standard ini dulunya dipakai untuk seri weapon light diatas D26 yang lebih mengutamakan throw sehingga bentuknya menggunakan deep reflektor dengan diameter yang lebih besar juga. Meskipun Surefire sudah discontinued seri ini (Terakhir dengan Surefire M3 Weaponlight), tetapi bentuknya tetap diadopsi di beberapa senter customs.

- Standard M-series
Standard ini merupakan kelanjutan dari seri D36 dimana seri Weaponlight Surefire itu menggunakan diameter yang lebih besar untuk reflektor-nya.

Untuk sementara saya masih belum jelas antara upgradeability antara D36 dengan M-series karena sampai sekarang belum pernah memegang dan melihat Surefire format D36

Penjelasan lebih lengkap :

STANDARD D26 / P60
Sering juga disebut C series karena kepopuleran Surefire seri C2 dan C3 dengan clip-nya.
Seri ini terdiri dari 4 bagian :
- Head
- Drop-in
- Body
- Tailcap
Untuk beberapa seri Surefire itu memang ada yang head dan drop-in udah menjadi satu kesatuan tetapi kita akan memfokuskan pada seri yang terpisah.

Dari segi material dan coating :
- Surefire 6P, 9P itu biasanya hanya ada warna black saja dengan lapisan HAII anodized.
Spoiler for Surefire 6P Original by Surefire.com

Surefire Lego

- Surefire C2, C3 itu berwarna Gray Natural HAIII, jadi lapisannya relatif lebih kuat. Biasanya ada terjadi variasi perbedaan antara head, tailcap dan body.
Spoiler for Surefire

Surefire Lego
kiri - kanan :
Surefire C2 Gray Natural HAIII Anodized
Surefire 6P Black HAII Anodized
Surefire Patriot (4th July Edition) lupa coating apa.
Surefire L1 Gray Natural HAIII Anodized
Surefire L2 Gray Natural HAIII Anodized
Surefire LX2 Gray Natural HAIII Anodized (smooth)
Surefire E2E Black HAIII Anodized

- Surefire G2, G3 itu terbuat dari nitrolon, semacam plastik. Biasanya body dengan seri ini tidak disarankan untuk dipakaikan dengan head-dropin lebih dari 100 lumen. Surefire dulu juga pernah mengeluarkan seri G2FYL dengan head 120 lumen aluminium, untuk para petugas Pemadam Kebakaran.
Spoiler for Surefire G2

Surefire Lego

- Surefire Z2, Z3 itu sama dengan C2 dan C3 tetapi tanpa klip dan difokuskan pada para Polisi yang sering menggunakan flashlight pada senjata dengan cigar style (seperti memegang cerutu, senter antara jari telunjuk dan jari tengah, sementara jempol memegang switch tailcap). Pada body ada semacam karet yang dapati dipindah-pindah posisinya untuk ganjalan jari tengah dan telunjuk.
Spoiler for Surefire Z2

Surefire Lego


Bagian Head
Pada bagian head seri ini biasanya ada dua aksesoris yang menempel pada bagian ini :
- Bezel
Bagian ini sebetulnya merupakan plastic ring yang menahan lensa, tetapi karena plastic ring ini dapat dilepas dan diganti dengan ring
Pilihan yang ada dari segi material : Stainless Steel, Kuningan, Titanium Untuk bentuknya ada dua macam variasi dari bezel tersebut yaitu polos dan crenelated/bergerigi. Tujuan dari dua macam bezel itu pada dasarnya sama yaitu untuk melindungi bagian head jikalau jatuh.
Kemudian untuk finishing ada banyak variasi finishing / coating yang dapat dipakai pada ring tersebut seperti : plain polished, plain bead-blasted, Ti-AlN (warna hitam), TiN (warna kuning), dll
Spoiler for Oveready bezel variation

Surefire Lego

Variasi terakhir yang dapat ditambahkan itu adalah penambahan Tritium, yang merupakan tabung berisi zat radioaktif yang tidak berbahaya yang dapat menyala sendiri (tanpa di-charge dulu dengan cahaya dulu).
Spoiler for USA Tritium Oveready

Surefire Lego


- Lensa
Lensa ini meskipun kelihatan bagian yang sepele tetapi dapat berpengaruh kepada output. Upgrade yang paling umum dari lensa ini adalah dengan memakai lensa Ultra Clear Lens (UCL) yang paling tidak bisa meningkatkan 5-10% output karena bisa meminimalisir refleksi pada bagian kaca tersebut. Selain itu lensa ini juga berpengaruh pada pemakaian secara jangka panjang. Jikalau lensa itu mudah tergores, maka output juga akan berkurang seiring dengan makin banyaknya goresan tersebut.
Selain UCL lens, sekarang ini juga ada upgrade lens berupa frosted lens. Tujuan pemakaian lensa ini adalah menjadikan semua cahaya yang keluar menjadi smooth flood beam.

Bagian Body
Ukuran Internal :
Surefire sendiri pada dasarnya mengeluarkan body untuk pemakaian batere primary CR123 saja, sehingga diameter internal body itu selalu berkisar antara 16mm - 17mm. Hal ini berakibat munculnya jasa untuk bore / boring untuk melebarkan internal diameter sehingga menjadi 18mm, terutama untuk menampung batere 18650 yang merupakan batere dengan densitas energi yang paling padat saat ini.

Ukuran panjang
Panjang dari body seri P60 ini cukup beragam tetapi mengambil acuan pada panjang CR123 secara umum misalnya :
- 3P
Artinya panjang 1 x CR123 dengan 3 volt.
Diameter : 16mm
Panjang : 34mm
Biasanya hanya cukup untuk CR123 primary saja, kecuali AW yang protection circuit termasuk tipis.
- 6P / C2 / Z2 / M2
Artinya panjang 2 x CR123 dengan 6 volt
Diamter : 16/17mm
Panjang : 65 - 70 mm (ada spring / per)
Body seri ini jikalau diameter 16mm, hanya bisa dipakai 2xCR123
Jikalau diameter 17mm, bisa dipakai 2x16340 atau 1 x 17670 (tergantung drop-in)
Untuk dapat menggunakan batere 18650, Surefire type ini harus dilakukan bore / boring.
Body seri ini yang paling sering dipakai oleh kalangan flashaholic, termasuk juga dibuat cloning / klonengan. Termasuk jenis Ultrafire, Trustfire, Solarforce, dll. Malahan klonengan-nya tidak harus dibore lagi karena sudah mempunyai diameter internal 18mm.
- 9P / C3 / Z3 / M3
Artinya panjang 3 x CR123 dengan 9 volt
Diameter : 16/17mm
Panjang : 105 - 110 mm
Body ini ukurannya cukup spesial karena panjangnya hampir sama dengan 2xAA. Biasanya body ini bisa diberikan delrin sleeve, pipa pvc supaya dapat center didalam body.
- Surefire M4
Surefire sendiri hanya mengeluarkan seri 4 x CR123 dengan 12 volt ini tetapi menggunakan head dengan mounting M-series.
Oveready, Fivemega, TNC, kebanyakan mengadopsi ukuran body ini karena untuk memaksimalkan batere 18650 dan kelipatannya.

Aksesoris body
- Extender
Untuk fleksibilitas pemakaian itu Surefire juga mengeluarkan extender yang berfungsi untuk memperpanjang body tube. Extender yang paling umum dipakai itu A19 Extender (sepanjang 1xCR123), untuk memperpanjang type 9P menjadi 2x18650. Sementara A14 Extender kurang populer karena menjadikan 6P supaya bisa memakai 3x18500 batere, yang ukurannya sendiri sangat jarang digunakan (dulu A14 extender itu merupakan bagian dari Surefire upgrade kit B90 battery rechargeable sehingga 6P lama bisa menggunakan rechargeable).
- Extender 3rd party
Extender ini berasal dari Fivemega dan tersedia 2 macam 68mm dan 102mm, dengan konfigurasi :
18650 + 68mm = 2 x 18650
18350 + 102mm = 2 x 18650
Yang lazim digunakan itu 68mm extender karena bisa dipakai 2x sehingga dapat mengakomodasi 3 x 18650 (konfigurasi batere untuk Malkoff M91 series, Malkoff Wildcat)
- Adapter internal body
Adapter ini bertujuan untuk membuat center batere dengan panjang yang sama seperti :
3 x CR123 = 2 x 14500 = 2 x 17500 = 2 x 18500 = 2 x AA
32600 / 32650 / 32700 = 4 AA battery holder
31600 = D size battery = 3 AA battery holder
fabienne - 14/12/2011 01:00 PM
#2

Bagian Tailcap
Secara fitur, tailcap itu mempunyai beberapa fitur yang dapat diupgrade / ditambahkan, seperti :
Jenis switch :
Twisty :
- tekan untuk menyalakan sementara (push for temporary on)
- putar untuk menyalakan permanen (twist for permananent on)
Forward Clicky :
- dalam keadaan mati, tekan setengah untuk menyalakan sementara (push for temporary on)
- dalam keadaan mati, tekan setengah dan lepas dan tekan lagi untuk mengganti mode
- tekan full untuk menyalakan sepenuhnya.
Reverse Clicky :
- tekan full untuk menyalakan sepenuhnya
- dalam keadaan menyala, tekan setengah untuk mematikan sementara
- dalam keadaan menyala, tekan setengah, kemudian lepas dan tekan setengah lagi untuk mengganti mode

Kebanyakan senter Surefire P60 adalah twisty dan biasanya diupgrade dengan McClicky (sejarah McClicky lebih lanjut dibawah). Sementara untuk merk - merk cloning seperti Solarforce dulu lebih banyak menggunakan reverse clicky karena lebih tahan lama dibandingkan forward clicky, meskipun sekarang forward clicky sudah banyak ditonjolkan untuk menjadi upgrade tailcap tersendiri ataupun nilai jual tambah untuk body cloning.

Clip
Tambahan clip pada tailcap ini tergantung tailcap yang dipakai. Pada tailcap Surefire, maka clip dapat ditempatkan diantara body dan tailcap yang berakibat pada munculnya bagian tailcap jikalau senter di-clip-kan di celana. Maka ada beberapa tailcap maker 3rd party yang menyertakan clip sebagai bagian dari tailcap mereka sehingga tailcap itu lebih tidak menonjol di kantong celana seperti Modoolar Triad Tailcap, yang disebut sebagai low-profile carry karena tidak menonjol.

Fitur Tailstand
Fitur ini berarti senter dapat diberdirikan pada bagian tailcap sebagai dasar. Beberapa maker menambahkan delrin/plastik untuk menyangga bagian tailcap. Tetapi kebanyakan senter tactical itu tidak bisa tailstand karena untuk mempermudah akses kepada switch.

Sejarah McClicky Switch
Surefire sendiri mempunyai pasar yang sangat spesifik pada di US yaitu tentara dan polisi sehingga mereka mementingkan silent operation mode. Dalam hal ini bunyi click sekalipun akan dianggap mengganggu. Makanya tailcap senter handheld type Surefire Z41 itu jenis twisty

Kemudian Surefire seri E sendiri mengeluarkan tailcap type clicky untuk mengakomodasi pasar civilian / masyarakat umum yang lebih butuh sisi praktis daripada fitur silent itu. Waktu itu dijual clicky tailcap e-series dengan harga sekitar USD 40-50 tetapi dianggap mahal sehingga akhirnya McGizmo merancang suatu mekanisme clicky switch yang murah untuk mengupgrade tailcap e-series lama yang twisty seharga USD 20, sehingga orang berbondong-bondong melakukan upgrade sendiri. Clicky switch itu akhirnya lebih sering disebut sebagai McClicky Switch.

McClicky switch itu seiring dengan perjalanan waktu dimana Surefire lebih banyak menggunakan clicky switch pada E-series mereka, akhirnya lebih banyak dipakai oleh kalangan custom flashlight maker karena arus maksimum (maximum amperage) yang bisa dilalui itu cukup tinggi batasannya (4A max).

Format D26 / C series juga menjual clicky switch yaitu type Surefire Z59 tetapi karena tailcap ini mempunyai "safety feature" yang akan meleleh jikalau lebih dari 3A arusnya, maka banyak juga yang akhirnya memilih untuk melakukan upgrade pada Surefire Z41 twisty tailcap mereka.

Adapun McClicky switch yang ukurannya lebih kecil itu membutuhkan brass/metal adapter untuk dipasang pada Surefire Z41 sehingga secara biaya pada akhirnya akan jauh lebih mahal untuk melakukan upgrade McClicky tetapi orang - orang tetap melakukan itu karena batas arus yang lebih besar pada McClicky itu (rated 4A, tetapi pernah dicoba 9,8A masih bisa dan tidak meleleh D ).

Prosedur untuk penggantian McClicky Switch pada Surefire Z41 itu tidak semudah mengganti mekanisme pada tailcap e-series. Biasanya harus direbus untuk melelehkan lem didalam tailcap itu (tetapi pengalaman sendiri sih belum pernah berhasil mencopot sendiri).


Standard E-series
Standard ini lebih banyak dipakai oleh custom flashlight maker di US.
Secara garis besar e-series hanya terbagi atas 3 bagian saja :
- Head
- Body
- Tailcap

Head E-series
Bagian head dari Surefire e-series ini agak berbeda dengan Surefire D26, dimana terbagi dari jenis bohlam-nya :
- Surefire Incandescent / bohlam jadul
Untuk seri ini Surefire terdiri dari bagian head dan reflektor yang tidak terpisahkan dan modul bohlam yang dapat diupgrade. Dalam hal ini upgrade menjadi LED itu agak terbatas karena LED harus mounted pada semacam tower module sehingga bentuknya seperti bohlam jadul dan LED masuk melalui lubang reflektor. Saat ini yang membuat modul upgrade adalah :
* bohlam jadul : lumensfactory
* led module : kuku427/veleno design, dan norcimbus
Upgrade LED module tanpa disertai penyesuaian reflektor menyebabkan beamshot dari LED module ini lebih bersifat flood.
- Surefire LED
Untuk seri E-series LED seperti E2DL, E1B, bagian head benar-benar merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari LED dengan TIR optic-nya. Beberapa berhasil membongkar bagian dalamnya, tetapi hanya sebatas mengganti LED untuk mendapatkan tint neutral / warm.

Karena banyak custom flaslight maker yang mendasarkan desain mereka pada e-series ini untuk mempermudah interchangeability antar body part yang ada, seperti :
McGizmo yang mempopulerkan sistem Aleph Light Engine
Malkoff dengan Valiant Malkoff E-series (VME) head

Body E-series
Pada body Surefire E-series ini bagian tailcap itu sendiri lebih banyak berfungsi untuk tailcap lock-out dan part yang terpisah, tetapi bukan sebagai akses keluar masuk batere seperti pada umumnya sebuah senter. Dengan alasan itu pula, ada cukup banyak desain senter custom yang menggabungkan bagian body dan tailcap menjadi satu bagian.
.....

Saat ini untuk mempermudah kompatibilitas antara P60 dan E-series, maka ada E2C adapter yaitu adapter untuk menggabungkan antara body E-series dengan D26/P60/C series head untuk lebih mempermudah upgrade LED dikemudian hari.

Selain itu juga dibuat C to M adapter untuk menjembatani antara pengguna D26/P60/C series body dengan M head.

Macam - macam custom flashlight maker :

McGizmo / Don Mcleish
McGizmo membuat suatu sistem tersendiri yang mendasarkan pada e-series thread (ulir) yang terdiri dari :
- head, saat ini McGizmo / Don Mcleish hanya membuat 3 macam head pada seri-nya, yaitu Haiku, Makai dan Mule. Kalau dulu McGizmo memberi nama type head berdasarkan ukurannya untuk mempermudah lego seperti di sini
Haiku : head dengan ukuran e-series standard (diameter 17mm)
Makai : head dengan ukuran yang lebih besar (diameter 38mm)
Mule : head tanpa reflektor, langsung LED sehingga cahaya menyebar semua (pure floody)
Ada satu lagi jenis yang agak berbeda dan tidak lazim :
Sundrop XRU (seharusnya merupakan mule head tetapi dengan tambahan aspherical lens didepan), type mule dulu disebut Sundrop (karena biasanya memakai LED high CRI yang menyamai sinar matahari)
- reflektor, reflektor ini menyesuaikan jenis LED yang terpasang karena mempengaruhi beamshot yang ada. XM-L, XP-G dan XP-E akan menggunakan reflektor yang berbeda karena ukuran die yang berbeda juga.
- Aleph Light Engine, mempermudah upgrade LED dan jenis driver yang ada
- body : sekarang hanya ada 3 ukuran yang tersedia 1x123, 2x123, 2xAA clicky pack.

Malkoff
Malkoff menempuh dua jalan yang berbeda pada produk mereka untuk mencapai kompatibilitas dengan Surefire yaitu :
- mendesain drop-in yang ada sehingga dapat dimasukkan dalam head Surefire D26/P60 series
- bekerjasama dengan Valiant Concept yang mendesain VME Head dimana drop-in Malkoff dapat dimasukkan dalam head tersebut dan thread / ulir VME head tersebut compatible dengan E-series body.

Jalan ketiga yang ditempuh oleh Malkoff itu adalah menciptakan MD (Malkoff Device) head, body, dan tailcap tersendiri dimana ada tambahan suatu mekanisme high-low ring pada bagian head sehingga memungkinkan ada low output dengan merenggangkan head (loosen head). Tailcap Malkoff sendiri itu compatible dengan C-series sehingga dapat diganti dengan merk lain meskipun jarang yang melakukan karena Malkoff tailcap cukup terjangkau harganya dengan fitur McClicky dan sudah bisa tailstand.

Fivemega
Fivemega saat ini adalah produsen custom flashlight body yang mempunyai variasi paling banyak, mulai dari seri Maglite elephant yang dapat menampung 16x18650 sampai body terkecil yang hanya dapat menampung 1CR123.
......

Vital Gear
Merk ini muncul dengan 4 macam produk : yang cukup populer dikalangan penyuka lego E-series thread (body dan tailcap menjadi satu)
FB 1 : 1xCR123
FB 2 : 2xCR123
FB 3 : 3xCR123 / 2xAA
E to C adapter.
Dari pengalaman memakai sih ada beberapa hal yang menarik dari body Vital Gear ini :
- silent click, feature ini paling sering disinggung karena clicky mechanism yang ada itu hampir tidak bersuara sehingga dapat dikategorikan silent clicky
- posisi clip yang paling memojok sehingga memungkinkan ditaruh di kantong celana tanpa menonjolkan tailcap sama sekali.
- diameter internal sama dengan Surefire lama sehingga tidak terjadi rattle sama sekali, tapi konsekuensinya body 2xCR123 tidak memungkinkan memakai 17670, tapi AW RCR123 itu sangat - sangat pas.

Oveready .......
Kuku427 / Veleno Design......
fabienne - 14/12/2011 01:00 PM
#3

reserved
fabienne - 14/12/2011 01:02 PM
#4

reserved
fabienne - 14/12/2011 01:05 PM
#5

reserved
setanis - 14/12/2011 01:17 PM
#6

ah, akhirnya ko yoni bikin threat ttg lego juga. . . . reserved deh buat persiapan maenan lego. . .

update 16-12-2011 sudah mulai ngumpul bahan2nya. . . sip sip sip. . . postingan membawa berkah banget nih. . . :P

Spoiler for sementara segini dulu
Surefire Lego
pitjo - 14/12/2011 03:33 PM
#7

Siap2 dpt transfer ilmu baru lagi...mantap...
Buying $elling - 14/12/2011 05:28 PM
#8

selamat sore om yoni...
hanya ingin sedikit bertanya, apakah solarforce bisa masuk di thread ini...???"
karena (sepertinya) solarforce juga mengadopsi dr surefire ini, bahkan beberapa tipenya bisa dipadupadankan dng surefire....CMIIW....
btw....arti LEGO itu apa yyaa...???
karena seingat saya...LEGO adalah nama permainan (toys) yg edukatif.....
maturnuwun
Surefire Lego
embunrandu - 14/12/2011 07:16 PM
#9

Greaaaaaaaaaaat gw tunggu2 ni mas fab. keren threadnya.

mau tanya langsung ah. surefire yang Bored itu body nya. kira2 memungkinkan gak ya di bore up di sini, maksudnya di indonesia di tukang bubut lokal. ada yang pernah coba mungkin ?

Quote:
Original Posted By Buying $elling
selamat sore om yoni...
hanya ingin sedikit bertanya, apakah solarforce bisa masuk di thread ini...???"
karena (sepertinya) solarforce juga mengadopsi dr surefire ini, bahkan beberapa tipenya bisa dipadupadankan dng surefire....CMIIW....
btw....arti LEGO itu apa yyaa...???
karena seingat saya...LEGO adalah nama permainan (toys) yg edukatif.....
maturnuwun
Surefire Lego



saya ijin jawab ya mas, solarforce masuk kok mas. dan banyak yang canibalin surefire sama solarforce atau part lain nya. solarforce sendiri kan memang ngeluarin part per part buat aliran satu ini.

Lego sendiri mungkin diambil konsepnya dimana bongkar pasang, lepas sana lepas sini pasang sana pasang sini, makanya dinamain LEGO Flashlight karena kita bisa bebas padu padankan antara 1 part dengan part lain yang cocok.
KeN_19 - 14/12/2011 09:31 PM
#10

Page one dulu di trit keren.. haha... baca" dulu ya om...Yb

selamat atas trit baru nya. semoga sukses dan rame ya..

udah abis baca nya om., ditunggu tambahannya.. menarik dan mendasar sekali... nanti saya yg nubie ini bantu kasih pertanyaan yg umum aja om.. hehehe...Yb
Must Seagate - 14/12/2011 11:15 PM
#11

Nice, sambil ngikutin sambil cari bahan kalo ada yang perlu ditambah, tapi banyak belajarnya sih daripada nambahnya hahahaha
fabienne - 14/12/2011 11:19 PM
#12

@KeN_19 : Iya nih, kadang justru makin banyak ditanyain baru ingat hal - hal yang harus ditulis. Jadi lebih baik ditulis aja kira-kira yang pingin dijadikan guide / patokan itu apa aja.
@embunrandu : kayaknya bore disini belum ada yang mau (bukan gak bisa lho). Lagian ketelitiannya itu harus sampai 0.1mm seperti kualitas oveready yang selalu pas dan bisa menyisakan sedikit ganjalan pada bagian leher untuk penahan batere. Kemudian dari segi persiapan, setahu saya disana mereka akan membuat semacam holder dari delrin terlebih dulu sehingga senter itu coatingnya tidak tergores waktu dicengkeram oleh bagian steady rest (?? gak tahu nama Indo-nya, nama part-nya juga comot dr wikipedia).
Oh ya kalau nggak salah sih dulu malam2 waktu di rumah Goldy ada customer-nya yang pamer body jetbeam rrt-2 bikinan sendiri tapi memakai ukuran CR123. Bisa tanya tuh ama Goldy nama temennya itu siapa. Katanya sih dia silent reader di kaskus ini.
KeN_19 - 14/12/2011 11:26 PM
#13

Quote:
Original Posted By Must Seagate
Nice, sambil ngikutin sambil cari bahan kalo ada yang perlu ditambah, tapi banyak belajarnya sih daripada nambahnya hahahaha


haha.. saya lebih parah om... cuma banyak tanya nya.... hahahha....YbYb

Quote:
Original Posted By fabienne
@KeN_19 : Iya nih, kadang justru makin banyak ditanyain baru ingat hal - hal yang harus ditulis. Jadi lebih baik ditulis aja kira-kira yang pingin dijadikan guide / patokan itu apa aja.
@embunrandu : kayaknya bore disini belum ada yang mau (bukan gak bisa lho). Lagian ketelitiannya itu harus sampai 0.1mm seperti kualitas oveready yang selalu pas dan bisa menyisakan sedikit ganjalan pada bagian leher untuk penahan batere. Kemudian dari segi persiapan, setahu saya disana mereka akan membuat semacam holder dari delrin terlebih dulu sehingga senter itu coatingnya tidak tergores waktu dicengkeram oleh bagian steady rest (?? gak tahu nama Indo-nya, nama part-nya juga comot dr wikipedia).
Oh ya kalau nggak salah sih dulu malam2 waktu di rumah Goldy ada customer-nya yang pamer body jetbeam rrt-2 bikinan sendiri tapi memakai ukuran CR123. Bisa tanya tuh ama Goldy nama temennya itu siapa. Katanya sih dia silent reader di kaskus ini.


kalo gitu nanti saya copy kan aja yg kmrn saya tanya sama penjelasannya. dijadikan FAQ nya. hehe... semoga membantu ya om..


Spoiler for Bantu-bantu

Q= Apa sih FiveMega itu
A= Fivemega itu salah satu pembuat part senter custom yang harganya lumayan terjangkau.

Q=Apa sih solarforce itu

A=Solarforce saat ini merupakan produsen senter china yang cukup konsisten terutama untuk format P60/D26 (standard dari Surefire). Dalam hal ukuran dan kualitas hampir sama dengan Surefire jadi untuk urusan lego head, tailcap dan body itu bisa diganti-ganti dengan Surefire dengan mudah.

solarforce mungkin lbh tepat dibilang varian ekonomisnya surefire krn bisa dpt bentuk yg lbh beragam, hanya ga semua type bisa dilego. Misalnya surefire 6P, 9P dgn solarforce type L2x.
Fyi ga cuma solarforce yg bikin legoan surefire, kl mau yg bagus bisa lirik2 torch lab, cryos, fivemega dll

[spoiler=compatible host]
Surefire Lego

Spoiler for kimpoi silang

dari ujung, bezel xeno, head surefire C2, body solarforce L2T, Tail cap Triad tail moddoolar.
Drop In Ultrafire XML T5, switch McClicky.
Surefire Lego
*om fabienne pinjem propertynya bentar utk foto yah


mau coba2 lego host/body cekidot
or mau coba2 berbagai drop in cekidot

Q= Apa sih drop in itu?
A= Drop In itu kasarnya ya modul led yang di masukkan ke dalam si head nya, jadi intinya drop in itu gak sama head nya skalian.
Drop in itu hanya module emiter,driver dan reflektor, tanpa headnya

Q= Drop in Triple, Quad, Septa XPG itu apa sih? Apa beda nya dari drop in biasa?
A= ??? tolong dibantu om
Spoiler for Triple XPG
Surefire Lego


Spoiler for Quad XPG
Surefire Lego


Spoiler for Septa XPG
Surefire Lego


Q= Direct drive itu apa?
A= Direct drive itu langsung menarik dari batere jadi satu2nya batasan itu dari baterenya sendiri. Biasanya ini terkait langsung dengan batere yang dipasang, misalnya
RCR123 < protected 18650 < IMR 18650 < IMR 26650
Kemampuan supply arus saat ini tertinggi pada IMR 26650


Q= apa keuntungan LEGO?
A= Battery Configuration
Itu ada body pilihan dari 18350/16340, 18650, 2AA, 3AA sampai 2x18650
Spoiler for keluarga besar fivemega

Surefire Lego

Tujuan lego itu untuk mendapatkan fleksibilitas batere dan drop-in. Jadi kita bisa aja punya konfigurasi dari batere :
- CR123
- 2 x CR123 / 17670
- 3 x CR123
- 18650
- 2 x 18650
- 2 x AA
- 3 x AA
- 4 x AA
Kemudian kita punya drop-in Malkoff M-61 itu bisa 2 x RCR123 (max 9v). Jadi kita bisa pakai konfigurasi :
- body Surefire standard C2 pake batere 2 x CR123 atau 17670
- body Surefire standard C3 pake batere 3 x CR123 atau 2 x 17500
- body Surefire bored C2 / Solarforce L2P pake batere 18650
- body Surefire bored C3 pake batere 3 x 18500
Drop-in Malkoff M31 (max 3.3 volt) :
- body surefire c3 dan adaptor pake batere 2 x AA
- body Valiant Concept 2AA twisty
- body Fivemega 2AA Clicky
Drop-in Oveready Modoolar Triple XPG itu hampir sama dengan Malkoff M61 series (max 9v) jadi konfigurasi hampir sama tetapi tidak disarankan memakai primary / CR123 karena arus yang diambil terlalu besar.

kalo kata sesepuh sih, "Endless possibilities"

[/spoiler]
whoiskliwon - 14/12/2011 11:38 PM
#14

izin nyimak dulu..om itu gambarnya di awal2 koq ngga pada nongol yah cendols
nohuhu - 15/12/2011 04:40 AM
#15

harga2nya ditampilin juga dong om matabelo:
harga rata2 per piece sekarang ini.

biar yg mau ikut beginian langsung lemes duluan shutup:
maksudnya supaya bisa ngumpulin duit sampe budget cukup untuk bikinnya. Yb
KeN_19 - 15/12/2011 06:47 AM
#16

Quote:
Original Posted By nohuhu
harga2nya ditampilin juga dong om matabelo:
harga rata2 per piece sekarang ini.

biar yg mau ikut beginian langsung lemes duluan shutup:
maksudnya supaya bisa ngumpulin duit sampe budget cukup untuk bikinnya. Yb


haha... kalo harga lgsg ke web aja om....
www.oveready.com
menggiurkan sekali barangnya... saya cyma tau web 1 ini sih.. coba yg pengen tau harganya silahkan main kesini.. hahaa...Yb
G0ldy - 15/12/2011 09:58 AM
#17

wahhh ada thread baru.... mantau dulu ahh sambil cuci mata D
sobaroy - 15/12/2011 10:36 AM
#18

Ijin gelar tiker ya gan
:matabelo
hanz petzl - 17/12/2011 04:29 AM
#19

permisi para senior,master,suhu flashaholics...numpang ijin untuk menyimak juga, om fabienne..,this my waiting list...pembahasan yang lama saya nanti-nantikan.
fabienne - 19/12/2011 01:25 PM
#20

teman - teman mungkin bisa memberi ide kira-kira yang perlu dibahas lagi apa yah ? Untuk sementara pointer udah saya buat dan tinggal saya bereskan bagian terakhir untuk custom flashlight saja.
Page 1 of 7 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›