Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Perang Vietnam
Total Views: 12431 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 2 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›

batal - 27/11/2008 07:12 AM
#21

Quote:
Original Posted By deepoceanblue
peluru dilumurin tokai? p ngotorin senapan lo aja itumah..
di forum MA, kalo ngelawan orang tekbal perasaan ga ada yg ngelumurin tangan n kakinya pake tokai D


oala, nda ada yh? o tp ya masa dilumurin ke tangan ama kaki? berbusa: klo di indo setau saya kaya yg waktu nyerang org yg menyebarkan agama lokal ato apalah itu di kalimantan, cmiiw
deepoceanblue - 27/11/2008 08:25 AM
#22

ada juga jaman dulu tuw.. peluru harus diminyakin biar ga karatan.. pake lemak babi D makanya sepoys di india pada berontak D kalo ga salah taktik ini juga dipake di filipin dulu buat numpas pemberontak2 mindanao..
flaad - 28/11/2008 11:18 AM
#23

wow perang vietnam...
btw guys....... banyak korban perang yang traumatized oleh perang ini loh...
and fakta membuktikan bahwa AS ga bisa menang tanpa adanya dukungan / bekingan negara lain... kalo dia perang sama negara2 asia jarang sekali menang....
contoh :
PD II -- jepang menyerah tanpa syarat karena bom nuklir yang dijatuhkan us di
hiroshima dan nagasaki, dipikir oleh pemerintah jepang masih banyak
tersedia di AS sana...tapi coba bayangkan apabila Jepang menyadari
AS hanya memiliki 2 bom sejenis itu?? bisa2 pangkalan mereka yang s
sedang dipersiapkan di pulau2 pasifik sana langsung menyerbu US..
Vietnam-banyak korban2 jatuh juga dari AS selain orang vietnamnya dan sampe
stress masyarakat AS pada mendemo kebijakan pemerintah sebelumnya
yang menyarankan dimulainya perang vietnam,,, banyak korban
menjadi trauma, tidak normal, dan hancurnya kepercayaan terhadap
senjata AS yang katanya sedemikian canggih namun tidak mampu
menghancurkan semua musuh2 mereka esp. vietcongs, yang
notabene jago gerilya
Korea- yeah indeed mereka berhasil memukul mundur pasukan KORUT hingga
hampir ke pyong yang, tapi mereka kalah telak saat RRC saat itu
mendukung korut, makanya dibikin tapal batas antara korea utara
dan korea selatan, kalau ga bisa abis tuh korsel wew....
Rachordbilly - 12/12/2008 09:35 PM
#24

wah keren tuch gan
Trainz - 12/12/2008 09:46 PM
#25

Quote:
Original Posted By InRealLife
data?

di satu buku kedokteran yg pernah gw baca, tingkat kematian korban luka tentara AS di Perang Vietnam mengalami penurunan drastis dibanding perang-perang sebelumnya (Korea/PD2/dll), karena pada perang Vietnam-lah pertama kali tentara AS menggunakan helikopter sebagai alat antar-jemput pasukan secara efektif. Pengangkutan korban yang dulunya lambat jadi jauh lebih cepat, sehingga korban tewas banyak yang dikurangi.

.



Amerika pertama kali mengembangkan penggunaan helicopter untuk Combat evacuation bukan di Perang Vietnam tapi di perang Korea (pernah liat film MASH...).
Tapi memang penggunaan besar-besaran dan efektif baru diterapkan di Perang Vietnam...
redemption - 13/12/2008 03:17 AM
#26

Tet Offensive, Da Nang, blum dogfight2nya, gile cuy, nih perang emang seru banget, btw, ada yang pernah denger ga gosip2 kalo salah satu military advisor amrik buat perang vietnam adalah A.H. Nasution n Benny Moerdani?
Trainz - 14/12/2008 03:18 AM
#27

Tambahan walopun dilapangan dah ada 54rb korban plus 2200 yg MIA, dari segi hukum Amerika hanya menganggap perang Vietnam sebagai konflik bersenjata (aksi polisionil) dan bukan perang.

Perang secara hukum membutuhkan pernyataan perang dari Konggres Amerika yang waktu itu tidak ada.
Schattendjagger - 14/12/2008 02:13 PM
#28

Quote:
Original Posted By Trainz
Tambahan walopun dilapangan dah ada 54rb korban plus 2200 yg MIA, dari segi hukum Amerika hanya menganggap perang Vietnam sebagai konflik bersenjata (aksi polisionil) dan bukan perang.

Perang secara hukum membutuhkan pernyataan perang dari Konggres Amerika yang waktu itu tidak ada.


Bener tuh malahan tentara darat Amerika jg gak boleh ngelewatin Vietnam utara buat nyerang.. hehehe padahal vietkong malah bikin markasnya di kamboja ama laos..
betcoy - 14/12/2008 03:26 PM
#29

nice inpo gan keren bgt
keep posting
robienrose - 14/12/2008 11:37 PM
#30

....Maaf kk, berati yang di Film Rambo ituh Boongan ya?.. malu:....


kucing:
Trainz - 15/12/2008 02:23 AM
#31

Quote:
Original Posted By Schattendjagger
Bener tuh malahan tentara darat Amerika jg gak boleh ngelewatin Vietnam utara buat nyerang.. hehehe padahal vietkong malah bikin markasnya di kamboja ama laos..


yup US army n USMC di vietnam ga pernah menyerang di utara garis 17 derajat LU.... ato beroperasi di sekitar DMZ. paling nyerang pake pesawat doank n itu jg ga pernah nyerang Hanoi secara langsung (cm di operasi trakhir sblm perang akhirnya hanoi di bom scr terbatas).

btw dalam perang ini, selain Amerika, Korea Selatan, Australia, selandia baru, n filipina serta Thailand jg ngirim pasukan tempurnya untuk membantu Vietnam Selatan.........
vanabout - 15/12/2008 04:13 PM
#32

Quote:
Original Posted By Trainz
Amerika pertama kali mengembangkan penggunaan helicopter untuk Combat evacuation bukan di Perang Vietnam tapi di perang Korea (pernah liat film MASH...).
Tapi memang penggunaan besar-besaran dan efektif baru diterapkan di Perang Vietnam...


bener. AS pertama kali pake Heli itu pas Korean War. nama heli ny choctaw kalo ga salah.. o
Trainz - 21/12/2008 01:15 AM
#33

Quote:
Original Posted By flaad
wow perang vietnam...
btw guys....... banyak korban perang yang traumatized oleh perang ini loh...
and fakta membuktikan bahwa AS ga bisa menang tanpa adanya dukungan / bekingan negara lain...
.


Di perang Vietnam, Amerika dibantu (dengan pengiriman tentara) Korea Selatan, Australia, New Zealand, Filipina n Thailand lho............
Eichmann - 21/12/2008 05:10 PM
#34

Quote:
Original Posted By InRealLife
data?

di satu buku kedokteran yg pernah gw baca, tingkat kematian korban luka tentara AS di Perang Vietnam mengalami penurunan drastis dibanding perang-perang sebelumnya (Korea/PD2/dll), karena pada perang Vietnam-lah pertama kali tentara AS menggunakan helikopter sebagai alat antar-jemput pasukan secara efektif. Pengangkutan korban yang dulunya lambat jadi jauh lebih cepat, sehingga korban tewas banyak yang dikurangi.


Tapi Gan Gara gara Itu Bnyak Tentara yang cacat setelah perang itu, Dan Perang Vietnam itu kan perang yang gagal buktinya amrik gak bisa menang dalam perang itu, klo bisa di bilang Moto mati satu tumbuh seribu.
ModalNekat - 21/12/2008 05:47 PM
#35

Ini perang paling menjemukan yang ada, ngapain negara lain ikut2an dalam perang internal 2 kubu, utara dan selatan.
ultranas - 21/12/2008 09:43 PM
#36

Quote:
Original Posted By batal
Perang Vietnam

foto yg ini rasanya ko 'familiar' yh?

--

perang ini dimenangkan vietnam ( utara ) kan yh? tp dgn jumlah korban yg jauh lbh banyak dibandingin di sisi musuhnya [?] jadi miris dgn definisi menang dalam perang..



Foto ini terkenal karena pernah menang Pulitzer Prize. Kejadiannya tahun 1972, di propinsi Tay Ninh, Vietnam Selatan. Waktu itu pesawat Vietnam Selatan (VNAF) yang akan melakukan pengeboman ke sebuah desa yang diduduki tentara Vietnam Utara (NVA) salah mengira rombongan pengungsi sebagai pasukan musuh. Akibatnya rombongan tersebut dihajar dengan napalm.

Sebagai latar belakang sedikit, bulan Maret dan April 1972, Vietnam Utara melancarkan ofensif besar2an secara konvensional (bukan gerilya), lengkap dengan tank2 dan dukungan artileri 130mm yg disuplai Soviet. Ofensif tsb kemudian dikenal sebagai Easter Offensive. Akibat serangan ini propinsi paling utara Vietnam Selatan, Quang Tri, jatuh ke tangan Vietnam Utara. Pertempuran besar juga terjadi di beberapa kota strategis di bagian lain Vietnam Selatan, seperti Kontum dan An Loc. Memasuki Mei, Juni dst, Vietnam Selatan melancarkan serangan balik untuk merebut kembali wilayah2 yang sebelumnya jatuh ke tangan Vietnam Utara.

[code]http://en.wikipedia.org/wiki/Phan_Thi_Kim_Phuc[/code]
aanx - 21/12/2008 09:52 PM
#37

perang vietnam akan terus jadi bad memory and good lesson for uncle sam..nohope:
redemption - 21/12/2008 10:37 PM
#38

Quote:
Original Posted By ModalNekat
Ini perang paling menjemukan yang ada, ngapain negara lain ikut2an dalam perang internal 2 kubu, utara dan selatan.


Jawabannya adalah EFEK DOMINO! army:
yup, A.S. takut kalo Vietnam sampe jatuh ketangan komunis dengan cepat (pas taun 1960-an), maka akan terbentuk jaringan komintern (komunis internasional) yang terhubung dari Soviet, RRC, dan Asia Tenggara, terutama karena saat itu Indonesia lebih condong ke blok timur, jadi beberapa pengamat geopolitik menyatakan bahwa perang vietnam itu cuma buat ngedelay, agar pengaruh negara-negara blok timur di Asia tenggara redup dulu hingga tidak tercipta efek domino, tapi diluar perkiraan, Indonesia cepet banget berganti haluan (thx to Suharto though..), sehingga Amerika yang tadinya budgetnya udah diatur buat perang jangka panjang jadi mengganti objective mereka, yaitu sekalian aja buat ngegulingin pemerintahan Komunis di Vietnam, yang sayangnya ga segampang itu...
ultranas - 21/12/2008 10:54 PM
#39

Quote:
Original Posted By redemption
Jawabannya adalah EFEK DOMINO! army:
yup, A.S. takut kalo Vietnam sampe jatuh ketangan komunis dengan cepat (pas taun 1960-an), maka akan terbentuk jaringan komintern (komunis internasional) yang terhubung dari Soviet, RRC, dan Asia Tenggara, terutama karena saat itu Indonesia lebih condong ke blok timur, jadi beberapa pengamat geopolitik menyatakan bahwa perang vietnam itu cuma buat ngedelay, agar pengaruh negara-negara blok timur di Asia tenggara redup dulu hingga tidak tercipta efek domino, tapi diluar perkiraan, Indonesia cepet banget berganti haluan (thx to Suharto though..), sehingga Amerika yang tadinya budgetnya udah diatur buat perang jangka panjang jadi mengganti objective mereka, yaitu sekalian aja buat ngegulingin pemerintahan Komunis di Vietnam, yang sayangnya ga segampang itu...


Setuju bro, alasan utama AS masuk ke Vietnam karena teori efek domino.

Tapi AS masuk Vietnam bukan utk menggulingkan pemerintahan Komunis di Vietnam, melainkan untuk mencegah Vietnam Selatan yg non komunis jatuh ke tangan Vietnam Utara yang komunis. Sedikit banyak mirip dengan perang Korea.

Bedanya kalo di perang Korea, Korut langsung melancarkan serangan konvensional yg nyaris membuat Korsel jatuh ketangan Komunis, jika gak dibantu AS dan pasukan PBB lainnya.

Dalam kasus Vietnam, Vietnam utara memulai serangan bukan dengan serangan konvensional. Melainkan dengan menyelundupkan gerilyawan dan senjata pada awal 60-an, yang kemudian menjadi gerilyawan Vietcong. Vietcong yg kadang disebut NLF, selalu dipermukaan menyatakan diri sebagai gerilyawan Komunis vietnam selatan yang seolah2 tidak dikendalikan oleh Vietnam Utara. Meskipun sebenarnya sejak dari awal gerakan, operasi2 mereka direncanakan dan disuplai dari Utara. Malahan ketika makin nyata pada pertengahan 60-an bahwa dengan bermodalkan Vietcong saja, Vietnam Selatan tidak bisa ditundukkan, maka tentara Vietnam Utara (NVA) secara terang2an ikut menginvasi dan bergerilya di Selatan.
Trainz - 22/12/2008 01:24 AM
#40

Quote:
Original Posted By ultranas
Setuju bro, alasan utama AS masuk ke Vietnam karena teori efek domino.

Tapi AS masuk Vietnam bukan utk menggulingkan pemerintahan Komunis di Vietnam, melainkan untuk mencegah Vietnam Selatan yg non komunis jatuh ke tangan Vietnam Utara yang komunis. Sedikit banyak mirip dengan perang Korea.

Bedanya kalo di perang Korea, Korut langsung melancarkan serangan konvensional yg nyaris membuat Korsel jatuh ketangan Komunis, jika gak dibantu AS dan pasukan PBB lainnya.

Dalam kasus Vietnam, Vietnam utara memulai serangan bukan dengan serangan konvensional. Melainkan dengan menyelundupkan gerilyawan dan senjata pada awal 60-an, yang kemudian menjadi gerilyawan Vietcong. Vietcong yg kadang disebut NLF, selalu dipermukaan menyatakan diri sebagai gerilyawan Komunis vietnam selatan yang seolah2 tidak dikendalikan oleh Vietnam Utara. Meskipun sebenarnya sejak dari awal gerakan, operasi2 mereka direncanakan dan disuplai dari Utara. Malahan ketika makin nyata pada pertengahan 60-an bahwa dengan bermodalkan Vietcong saja, Vietnam Selatan tidak bisa ditundukkan, maka tentara Vietnam Utara (NVA) secara terang2an ikut menginvasi dan bergerilya di Selatan.


pertempuran pertama antara NVA ma Pasukan Amrikdi Vietnam adanya di Ia Drang Valley antara pasukan 1st Batalyon 3rd Brigade 1st Cavalry Division (Air Cavalry).... yg dibuat film We Were Soldiers................
Page 2 of 9 |  < 1 2 3 4 5 6 7 >  Last ›
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Perang Vietnam