Sejarah & Xenology
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Perang Vietnam
Total Views: 12431 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 9 of 9 | ‹ First  < 4 5 6 7 8 9

merkapa - 23/06/2012 04:52 PM
#161

Quote:
Original Posted By kasamago
Salah satu negara yg kenyang makan asam garam pertempuran selain Indo di Asean..

mantab


pengalaman kita gak ada bandingnya ama mereka gan seeujung kuku aja gak ada? mereka menghadpi firepower besar mulai Prancis, AS dan RRT

bom yg dijatuhkan AS selama perang Vietnam jumlahnya mencapi 7 juta ton yg artinya 2x yg dijatuhkan AS selama PD II di 3 fron, Afrika, Barat dan Pasifik bisa kebayang khan


terus pernah dengar battle of Khe Sanh?
eugen - 23/06/2012 05:51 PM
#162

^^

setuju dah, jauh kalo dibandingin vietnam. untungnya buat mereka disuplai china en soviet. indonesia perang kemerdekaan aja peluru howitzer or mortar yang ga meledak sampe dibela2in didaur ulang dipake lagi sampe banyak yang jadi korban
rockbandparts - 23/07/2012 08:04 PM
#163

Quote:
Original Posted By winidepuh
perang yang dilakukan oleh amerika untuk mencoba banyak persenjataan baru (coba liat film we were soldiers)


manteb bener nech... ada perang vietnam segala rupa. Ikut nimbrung yach gan.

yg namanya perang itu yach harus innovasi. alias nyoba taktik dan senjata baru.
Di perang vietnam ini emang diperkenalkan taktik airmobile.
benernya penggunaan helicopter di perang itu dimulai di perang korea. Tetapi karena zaman itu helicopternya masih pake mesin piston jadinya gak efektif / gak bisa ngangkut pasukan banyak apalagi pake ransel, amunisi dsb.

di perang vietnam mulai dikembangkan helicopter dengan mesin turbin (turbojet) jadinya bisa ngangkut pasukan banyak.

kalo urusan perang nyoba senjata baru.. sebenarnya justru di vietnam ini amerika kedodoran. karena disangkanya perang abis PD II itu justru di eropa pake pesawat jet, tank, bom nuklir dsb. ternyata malah perang convensional lagi.
bigpandu - 24/07/2012 01:16 AM
#164

Quote:
Original Posted By merkapa


pengalaman kita gak ada bandingnya ama mereka gan seeujung kuku aja gak ada? mereka menghadpi firepower besar mulai Prancis, AS dan RRT

bom yg dijatuhkan AS selama perang Vietnam jumlahnya mencapi 7 juta ton yg artinya 2x yg dijatuhkan AS selama PD II di 3 fron, Afrika, Barat dan Pasifik bisa kebayang khan


terus pernah dengar battle of Khe Sanh?


kita gak ada apa2nya kalo perang dibanding vietnam
perang ama belanda ? militer belanda termasuk minor di eropa gk ada bandingannya ama RRC bahkan AS
perang ama inggris di surabaya ama di malaysia ? cuma dikit aja...gk sebanding ama jumlah pasukan AS di vietnam.
perang ama jepang ? gak terlalu sporadis,hanya konflik senjata lebih tepatnya

di indochina itu banyak bom yang masih tertanam di bawah tanah,terutama di laos.sampe sekarang masih di gali tuh...

ini nih...http://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Khe_Sanh
acupat6 - 24/07/2012 12:04 PM
#165

Quote:
Original Posted By bigpandu
kita gak ada apa2nya kalo perang dibanding vietnam
perang ama belanda ? militer belanda termasuk minor di eropa gk ada bandingannya ama RRC bahkan AS
perang ama inggris di surabaya ama di malaysia ? cuma dikit aja...gk sebanding ama jumlah pasukan AS di vietnam.
perang ama jepang ? gak terlalu sporadis,hanya konflik senjata lebih tepatnya

di indochina itu banyak bom yang masih tertanam di bawah tanah,terutama di laos.sampe sekarang masih di gali tuh...

ini nih...http://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Khe_Sanh


kalo Indonesia - Belanda tuch mungkin (mungkin yach).. mirip2 perang Indocina I, alias vietnam lawan prancis. Tapi itu juga masih lebih serem perang vietnam yach. Indonesia khan gak ada acara bawa2 meriam / artilery naek gunung (sambil bikin galian buat meriam).

Lagian belanda khan lagi bokek tuch abis dijajah ama jerman, trus gak dapet pemasukan gara2 Indonesia dijajah jepang. Jadi gak macem2 dech.

Untungnya Amerika perang ama komunis di vietnam, jadi ajaran komunis gak sempet menyebar ke thailand, malaysia dan akhirnya Indonesia (teori domino).

Tapi konon sech Ho Chi Minh banyak belajar gerilya dari bukunya Jendral Sudirman.. Maklum teori perang gerilya khan masih dikit (belum bisa nyedot dari Internet), dan kita duluan konflik daripada vietnam - prancis
Finkolstein - 24/07/2012 12:44 PM
#166

Quote:
Original Posted By acupat6

Untungnya Amerika perang ama komunis di vietnam, jadi ajaran komunis gak sempet menyebar ke thailand, malaysia dan akhirnya Indonesia (teori domino).


Di Malaysia sudah sempet ada gerilya bersenjata oleh gerakan komunis gan, namanya PKM (Parti Komunis Malaya) yang berontak sejak 1948 - 1989.

Quote:
Original Posted By acupat6
Tapi konon sech Ho Chi Minh banyak belajar gerilya dari bukunya Jendral Sudirman.. Maklum teori perang gerilya khan masih dikit (belum bisa nyedot dari Internet), dan kita duluan konflik daripada vietnam - prancis


Dan kabarnya pula pihak US memakai buku Jenderal Nasution untuk melakukan operasi anti-gerilya terhadap Vietkong.


CMIIW Peace:
acupat6 - 24/07/2012 01:19 PM
#167

Quote:
Original Posted By Finkolstein


Di Malaysia sudah sempet ada gerilya bersenjata oleh gerakan komunis gan, namanya PKM (Parti Komunis Malaya) yang berontak sejak 1948 - 1989.



Dan kabarnya pula pihak US memakai buku Jenderal Nasution untuk melakukan operasi anti-gerilya terhadap Vietkong.


CMIIW Peace:


ini ada gambarnya

Perang Vietnam

ternyata ada beberapa buku lain
Fundamentals of guerrilla warfare (pokok - pokok perang gerilya)
Towards a people's army
To safeguard the banner of revolution

tapi sayangnya gak ada pratinjau-nya di google books. artinya gak masuk perpustakaan congress amerika yach.
bigpandu - 24/07/2012 09:51 PM
#168

Quote:
Original Posted By acupat6


ini ada gambarnya

Perang Vietnam

ternyata ada beberapa buku lain
Fundamentals of guerrilla warfare (pokok - pokok perang gerilya)
Towards a people's army
To safeguard the banner of revolution

tapi sayangnya gak ada pratinjau-nya di google books. artinya gak masuk perpustakaan congress amerika yach.


aduh,harusnya pak nasution gak perlu ngasih bukunya ke amrik.
soalnya senjata andalan kita cuma gereliya.
mungkin kita kudu perkuat SDM tentara ama alutsista biar gk ngandalin gereliya aja.sorry OOT
rockbandparts - 25/07/2012 04:04 PM
#169

Quote:
Original Posted By bigpandu
aduh,harusnya pak nasution gak perlu ngasih bukunya ke amrik.
soalnya senjata andalan kita cuma gereliya.
mungkin kita kudu perkuat SDM tentara ama alutsista biar gk ngandalin gereliya aja.sorry OOT


susah.. itu khan textbooknya TNI. kayak kita donlod buku US Army Field manual (FM) di internet aja.

Judul aslinya "pokok-pokok perang gerilya" trus diterjemahin jadi "fundamentals of Guerrilla warfare".

Tauk dech bayar royalti gak tuch ya ? iloveindonesias
de'slenco - 05/08/2012 07:56 AM
#170

serem ya gan
rooseno16 - 05/08/2012 12:42 PM
#171

Quote:
Original Posted By bob86
Are you sure too ? I got it from History Channel, and this picture is labeled under "Vietnam's War", so what do you think ? How could you say that it is one of Khmer's Genocide ?


That was a farmer, prosecuted as an NVA spy, then shot by a South Vietnam police chief..
Shuma-Gorath - 20/10/2012 09:43 AM
#172

Quote:
Original Posted By acupat6

Untungnya Amerika perang ama komunis di vietnam, jadi ajaran komunis gak sempet menyebar ke thailand, malaysia dan akhirnya Indonesia (teori domino).


Tapi ternyata teori domino yg ditakutkan akhirnya terjadi di awal-awal. AS cabut dari Vietnam, terus Vietnam, Kamboja, & Laos berubah menjadi negara komunis

Lucunya, sesudah itu Vietnam & Kamboja justru malah terlibat konflik satu sama lain sehingga penyebaran komunisme yg ditakutkan tidak pernah sampai ke negara-negara tetangga Indocina semisal Thailand
Page 9 of 9 | ‹ First  < 4 5 6 7 8 9
Home > CASCISCUS > EDUCATION > Sejarah & Xenology > Perang Vietnam