OUTDOOR ADVENTURE & NATURE CLUBS
Home > LOEKELOE > OUTDOOR ADVENTURE & NATURE CLUBS > Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]
Total Views: 620 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 2 |  1 2 > 

arahs - 20/12/2011 01:26 AM
#1
Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]
Tahun baru akan segera tiba
banyak dari masyarakat tak terkecuali para penggiat alam,
banyak yang merencenakan pesta perayaan pergantian tahun 2011 ke 2012
Ada yang ngumpul dirumah, kafe dan menghadiri pesta lainnya

Bagi OANC'ers mungkin lebih memilih untuk merayakan atau memanfaatkan libur tahun baru sebagai ajang untuk berkumpul bersama sahabat di tengah-tengah damainya alam, ada yang merencanakan long trip, ngecamp atau naik gunung.

Momen Tahun baru tak pernah lepas dari makanan dan minuman yang enak-enak, dan cenderung makanan yang instant. belum lagi ditambah pernak-pernik perayaan seperti : kembang api, petasan, terompet. dll

Namun yang jarang disadari oleh kita semua adalah pasca perayaan sering menimbulkan sampah yang menumpuk dan tak teratur berserak disana-sini...cd

Sebagai data sampah pasca perayaan tahun baru dibeberapa kota besar :
- Kota Bandung menyisakan sampah sebesar 250 meter kubik atau setara dengan gedung setinggi 10 meter.

- Jakarta 1.100 meter kubik, atau sekitar 7.000 ton setinggi gedung 40 meter lebih

Nah, bagaimana kalau itu terjadi di gunung, atau di area berpetualang dan ngecamp di alam???

SO :
1. Rencanakan matang perjalanan kawan-kawan OANC'ers, terutama barang logistik yang akan dibawa jangan sampai menimbulkan banyak sampah
2. Perhatikan jenis sampah yang bisa terurai atau tidak, jika sampah tidak bisa teruraimaka wajib dibawa pulang jangan ditinggalkan.
3. Sampah yang bisa habis dibakar mungkin bisa dijadikan bahan bakar untuk api unggun, sisanya yang tidak dapat dibakar ya wajib dibawa pulang untuk didaur ulang.
4. Saling mengingatkan sesama penggiat alam agar peduli terhadap kelestarian dan keasrian alam.

Bijaklah terhadap lingkungan, karena lingkungan merupakan tempat untuk kehidupan kita...



Ingat kata Bu guru " Kebersihan Pangkal Kesehatan" dan " Bersih itu Indah"

Atau ingat kata guru ngaji "Bersih itu sebagian dari iman"

"Saling mengingatkan dan berbagi itu indah"

Semoga perjalanan Liburan tahun baru para OANC'ers berjalan dengan lancar dan menyenangkan...

Tambahan dari agan-agan OANC'ers
Quote:
Original Posted By TempiXeR
MAU TAHUN BARUAN ATAUPUN PENDAKIAN DI HARI BIASA, BAWA TURUN KEMBALI SAMPAHMU ADALAH WAJIB.

Ingat, adalah WAJIB !!!
Sebisa mungkin hanya sampah organik yang boleh ditinggal (dipendam), misalnya sisa sayur2an, kulit telur, kulit buah, sisa nasi.
Jangan menjadikan api unggun untuk membakar sampahmu, karena bungkus plastik dan non organik lainnya hasil pembakarannya akan sangat beracun terhadapa kelangsungan hidup ekosistem di sekitarnya.
Jangan bawa kelakuan busuk hidup di kota ke gunung.

Saya doakan yg gak bawa turun sampahnya kembali akan mandul 7 turunan.


Quote:
Original Posted By anginhutan
intinya sih kesadaran kita kurang mengenai hal itu dengan makin banyak nya sampah di gunung, padahal kalo kita itung2 satu orang bawa satu plastik yang isinya sampah saya yakin gunung akan bersih, tapi karna kurang adaya kesadaran tentang itu, ya gunung hanya akan jadi tempat sampah baru...
frantino - 20/12/2011 01:40 AM
#2

pendapat TS bagaimana? Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]
arahs - 20/12/2011 01:51 AM
#3

Quote:
Original Posted By frantino
pendapat TS bagaimana? Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]


kalau menurut ane :
1. Rencanakan matang perjalanan kawan-kawan OANC'ers, terutama barang logistik yang akan dibawa jangan sampai menimbulkan banyak sampah
2. Perhatikan jenis sampah yang bisa terurai atau tidak, jika sampah tidak bisa teruraimaka wajib dibawa pulang jangan ditinggalkan.
3. Sampah yang bisa habis dibakar mungkin bisa dijadikan bahan bakar untuk api unggun, sisanya yang tidak dapat dibakar ya wajib dibawa pulang untuk didaur ulang.
4. Saling mengingatkan sesama penggiat alam agar peduli terhadap kelestarian dan keasrian alam.

Bijak terhadap lingkungan, karena lingkungan merupakan tempat untuk kehidupan kita yang harus senantiasa dijaga dan dilestarikan dengan baik...

CMIIW...malu
Vandaxa - 20/12/2011 07:45 AM
#4

Membawa banyak sampah sih gak masalah selama kita mau bertanggung jawab akan kewajibannya
seperti sampah anorganik harus dibuang ditempatnya
kalo sampah organik saya biasa buang di tempat yg gk kelihatan, biar gak merusak pemandangan
Kayak kulit jeruk saya buang di semak2 D
ngacir: Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]
rendra 3 - 20/12/2011 08:18 AM
#5

tahun barunan di gunung sih seru2 aja , yg penting sampahnya harus dibawa turun , hehe
babiguling22 - 20/12/2011 08:32 AM
#6

itulah yang buat ane rada sedih gan..
di satu sisi, ane seneng kalo banyak temen2 ane yang gak pernah mendaki gunung jadi suka daki gunung..
tapi di sisi lain, masih banyak sekali pendaki2 yang "gak tahu diri"..
udah di kasi kenikmatan berupa pemandangan dan rasa damai yang luar biasa dari alam..
tapi gak ada kesadaran buat ngejaga alam itu sendiri..
makanya ane kalo ngajak orang2 baru, ane selalu ingetin dan bahkan ane marahin kalo mereka ninggalin sampah sembarangan, khususnya sampah plastik..
kalo ngeyel, ane ancam gak bakal ane ajak naik gunung lagi.. D
jadi bukan cuma hoby naik gunung ny yg ane tularin..
tapi juga jiwa yang peduli dengan alam juga ane pindahin.. \)
mangap kalo kepanjangan.. D
CMIIW
joeitem - 20/12/2011 08:54 AM
#7

intinya sih tetap saling mengingatkan dan saling kontrol aja \)
rreign - 20/12/2011 10:48 AM
#8

Iya ane juga suka miris kalo ngetrip masih banyak banget orang ga peduli dan asal buang sampah sembarangan, sempet ada temen baru yg buang sampah dijalan pas kita lg camping langsung aja disindir" sampe akhirny itu sampah dia dipungut lagi trus dikantongin \) Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]
cikamiring - 20/12/2011 11:38 AM
#9

nah itu dia gan. apalagi pas ane naek gunung gede. sampahnya ampun2an dah.
arahs - 20/12/2011 11:44 AM
#10

Quote:
Original Posted By babiguling22
itulah yang buat ane rada sedih gan..
di satu sisi, ane seneng kalo banyak temen2 ane yang gak pernah mendaki gunung jadi suka daki gunung..
tapi di sisi lain, masih banyak sekali pendaki2 yang "gak tahu diri"..
udah di kasi kenikmatan berupa pemandangan dan rasa damai yang luar biasa dari alam..
tapi gak ada kesadaran buat ngejaga alam itu sendiri..
makanya ane kalo ngajak orang2 baru, ane selalu ingetin dan bahkan ane marahin kalo mereka ninggalin sampah sembarangan, khususnya sampah plastik..
kalo ngeyel, ane ancam gak bakal ane ajak naik gunung lagi.. D
jadi bukan cuma hoby naik gunung ny yg ane tularin..
tapi juga jiwa yang peduli dengan alam juga ane pindahin.. \)
mangap kalo kepanjangan.. D
CMIIW


Sepakat gan...
parameter keberhasilan naik gunung tidak hanya ditandai dengan sampai kepuncak gunung, tapi salah satunya mampu menjaga kelestarian alam...:selamat
babiguling22 - 20/12/2011 01:25 PM
#11

Quote:
Original Posted By arahs
Sepakat gan...
parameter keberhasilan naik gunung tidak hanya ditandai dengan sampai kepuncak gunung, tapi salah satunya mampu menjaga kelestarian alam...:selamat


puncak gunung adalah bonus dari sebuah pendakian..
apalah arti mencapai puncak gunung, jika masih meninggalkan sampah di jalur pendakian.. D
surosumenggo - 20/12/2011 03:35 PM
#12

bener gan ane setuju banget, keren gan
kemaren - 20/12/2011 04:08 PM
#13

Quote:
Original Posted By surosumenggo
bener gan ane setuju banget, keren gan

^
^
^

bener apaan bozz bingung:
------------------
kalo menurut ane sih kalo sampah
masih bisa di tanggulangin dan di angkut ke bawah
nahh kalo coretan pilox biji mana gan berbusa:
babiguling22 - 20/12/2011 04:51 PM
#14

Quote:
Original Posted By surosumenggo
bener gan ane setuju banget, keren gan


Quote:
Original Posted By kemaren
^
^
^

bener apaan bozz bingung:
------------------
kalo menurut ane sih kalo sampah
masih bisa di tanggulangin dan di angkut ke bawah
nahh kalo coretan pilox biji mana gan berbusa:


setuju buat ninggalin sampah di gunung kali gan.. D Peace:
arahs - 20/12/2011 04:59 PM
#15

Quote:
Original Posted By kemaren
^
^
^

bener apaan bozz bingung:
------------------
kalo menurut ane sih kalo sampah
masih bisa di tanggulangin dan di angkut ke bawah
nahh kalo coretan pilox biji mana gan berbusa:


Bener gan budaya coret-mencoret dan vandalisme harus dimusnahkan...
ngapain coba kegunung bawa-bawa pilok...marah
grahapala313 - 24/12/2011 02:15 AM
#16

kasian alam kita,yg harusnya dijaga malah dijadiin tmpat sampah
contoh : TNGR d tempat ane,padahal pemandangannya indaaah banget,tapii...ga nahan juga ngeliat sampahnya banyak amaaaaat :berbusa terutama sampah tisu n bungkus makanan cd

selain itu,menurut ane,lebih baik kita taon baruan dirumah ato tempat lain ajalah,drpd di gunung,soalnya kalo akhir taon,rata" gunung tutup bwt pendakian,ga usahlah maksa naik pas cuaca lg buruk = ga dapet view = setor nyawa
selaen tu,kita kasilah kesempatan bwt tu gunung bebas dr jamahan tangan kita bwt sementara waktu Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]
Vandaxa - 24/12/2011 04:56 AM
#17

Quote:
Original Posted By arahs
Bener gan budaya coret-mencoret dan vandalisme harus dimusnahkan...
ngapain coba kegunung bawa-bawa pilok...marah


kalo coret2nya pake odol boleh gak malu:
Y2YO - 24/12/2011 10:58 AM
#18

hi:

Kalau bisa cuman ninggallin Paws: aja gan kalau sampah ya harus dibawa kembali kecuali yg bisa mudah terurai. rainbow:
mykinabalu - 24/12/2011 01:11 PM
#19

Quote:
Original Posted By kemaren
^
^
^

bener apaan bozz bingung:
------------------
kalo menurut ane sih kalo sampah
masih bisa di tanggulangin dan di angkut ke bawah
nahh kalo coretan pilox biji mana gan berbusa:


gpp gan,,coretan2 keren kok,,jadi tahu siapa aja yg pernah ksana. ngakak
basanya sispala, dan PA kampung nih mad:

tinggal langsung aja,,suatu saat ada yg mau ndata coretan2 itu,,laporin ke basecamp.
langsung blacklish aja organisasi yg melakukan coret2 tsb.
perabotanlenong - 24/12/2011 02:59 PM
#20

emang tuh bgono,abis senang2 ngerayain taun baru,lebaran,natalan,or liburan ! langsung dah,bejibun tuh sampah digunung! tpi ya,ghak salah semua pendaki,smua itu gak bakalan terjadi kl kita sebagai penggiat alam punya kesadaran menjaga alam kita tetap terjaga dan lestari! ya salah satu'a jgn meningggalkan sampah kita dan tidak membuang'a sembarangan! san kl ada sampah yg terserak sembarangn,sudah seharus'a kita mau memungut'a dan membuang'a ditempat yg sudah seharus'a(note'' bukan maksud menggurui) Yb
Page 1 of 2 |  1 2 > 
Home > LOEKELOE > OUTDOOR ADVENTURE & NATURE CLUBS > Antara Perayaan Tahun Baru dan Sampah yang menggunung [Diskusi OANC'ers]