Militer
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Yang mau bertanya tentang Intelijen silahkan disini - Part 3
Total Views: 243516 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 138 of 139 | ‹ First  < 133 134 135 136 137 138 139 > 

kimi mabok - 13/10/2012 12:37 PM
#2741

ngotot rupanyah

JAKARTA, KOMPAS.com — Kuasa hukum pemohon uji materi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, Wahyudi Djafar, mengatakan pihaknya akan kembali mengajukan uji materi terhadap UU tersebut. Sebab, putusan MK yang menolak uji materi sebelumnya dinilai multitafsir. Wahyudi menyebutkan, pasal yang akan kembali diuji materi adalah Pasal 32 Ayat (1). Pasal tersebut terkait ketentuan dan wewenang penyadapan. Ia melihat putusan Mahkamah atas pasal tersebut multitafsir dan tidak konsisten.

"Para pemohon akan kembali melakukan uji materi UU Intelijen dengan perspektif berbeda. Hal itu telah diatur juga dalam UU MK," kata Wahyudi, dalam diskusi ditolaknya uji materi UU Intelijen, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2012).

Penilaian tidak konsisten dan multitafsir itu didasarkan pada pertimbangan putusan yang pernah digunakan MK dalam putusan-putusan uji materi sejumlah UU. Ia menyebutkan, dalam putusan UU Intelijen, MK menggunakan dalil Pasal 28 F UUD 1945 tentang keterbatasan informasi. Sementara itu, dalam putusan uji materi UU yang lain mengenai penyadapan, misalnya, UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan UU No 30 Tahun 2002 tentang KPK, MK menggunakan dalil pasal 28 D UUD 1945.

"Soal penyadapan itu terkait dengan hak privasi warga negara Pasal 28 D Ayat 1 UUD 45, tetapi kenapa justru MK menggunakan dalil Pasal 28 F yang mengatur tentang keterbatasan informasi. Ini tidak ada keterkaitan," katanya.

Pada intinya, kata Wahyudi, pemohon ingin mengingatkan MK untuk tidak mengenyampingkan putusan sebelumnya. Ia meminta MK agar mempertimbangkan hal tersebut.

Sementara itu, Direktur Imparsial Bhatara Ibnu Reza mengungkapkan, dalam putusannya, MK tidak mempertimbangkan kemungkinan lain yang dapat terjadi, seperti penyalahgunaan wewenang intelijen.

"Meskipun ada UU Intelijen di negara ini, kita pesimistis akan pelaksanaannya. Kecuali, MK memutuskan untuk membatasi peran intelijen yang digunakan untuk melakukan kesewenangan terhadap sipil. Kami akan terus melakukan uji materi dengan perspektif berbeda agar hal itu bisa digolkan MK," kata Bhatara.
Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary

=========
ini emang wilayah abu2x... sama kyk pornografi...
kalo dibikin UU pasti muncul pro-kontra batasnya seberapa....
dewatuak - 13/10/2012 02:21 PM
#2742

penyadapan adalah cara paling efektif saat ini.

melakukan penyadapan dipermasalahkan, penangkapan dipermasalahkan... trus musti bagaimana?

bubarin?
kimi mabok - 13/10/2012 02:51 PM
#2743

Quote:
Original Posted By dewatuak
penyadapan adalah cara paling efektif saat ini.

melakukan penyadapan dipermasalahkan, penangkapan dipermasalahkan... trus musti bagaimana?

bubarin?


makanya MA pun sudah menerima kok UU tersebut o

cuma ada rakyat yg merasa ndak suka yah...harus dimaklumi lah ndak ada yg suka kalo privacynya disadap... trutama di zaman para politisi demen uang simpanan dan isteri simpanan D
tapi diatur/dibatasi UU pun saya rasa rulez 'everything allowed, just dont get caught' tetep berlaku think:
rumah.KENYOT - 13/10/2012 03:35 PM
#2744

nemu terit aneh dari BP

Quote:
Original Posted By yssabilillah
Catatan hitam ini tidak pernah ditulis dalam sejarah kemerdekaan kita, padahal berbagai wacana yang bisa didapat, jelas merupakan bukti yang tak terbantahkan.
Awalnya pada penyelenggaraan konferensi Mejabundar di Den Haag, Belanda th. 1949 atau empat tahun setelah Soekarno-Hatta memproklamirkan Indonesia Merdeka tgl. 17 Agustus 1945. Pihak barat terutama penjajah Belanda tidak mau mengakui proklamasi. Namun karena desakan dunia, AS selanjutnya berinisiatip untuk menyenggarakan sebuah konferensi lengkap di Den Haag. Dan disetujui oleh pihak Indonesia dengan mengirimkan tim perunding terdiri dari Drs. Moh. Hatta dan Sultan Hamid.
Pada peristiwa itu delegasi Indonesia dipaksa untuk menerima Keputusan-keputusan konferensi yang kontroversial, seperti kemerdekaan untuk Republik Indonesia Serikat akan diberikan, tetapi negara baru ini harus mengambil alih utang Belanda untuk mengurus Indonesia sebesar 6,2 miliar gulden.
Bung Karno yang menerima laporan dari tim tentang paksaan untuk mengaku utang, menjadi berang. Bukan saja ia menolak atas utang itu, bahkan Bung Karno langsung menasionalisasi (menyita) perusahaan-perusahaan Belanda, Inggris dan Perancis di Indonesia.
Cuma sialnya, keberanian Bung Karno tsb. dipatahkan saat kekuasaannya tumbang ditangan rezim militer Suharto th 1967. Rezim militer Suharto mendapat arahan dari penasehat-penasehat ahli ekonomi Mafia Berkeley hingga akhirnya Suharto harus menyerah kepada tuntutan Barat agar seluruh utang yang diputuskan konferensi Mejabundar diakui ditambah ganti rugi untuk nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda, Inggris dan Perancis oleh Bung Karno sebesar 600 juta gulden. Dan Suharto hanya mengiyakan. Utang-utang itu disetujui dicicil dan selsai th. 2003.
cocema - 13/10/2012 05:16 PM
#2745

Quote:
Original Posted By rumah.KENYOT
nemu terit aneh dari BP


fakta adalah fakta walaupun menyakitkan berdukas
KangPri - 13/10/2012 09:05 PM
#2746

Quote:
Original Posted By dewatuak
penyadapan adalah cara paling efektif saat ini.

melakukan penyadapan dipermasalahkan, penangkapan dipermasalahkan... trus musti bagaimana?

bubarin?


Ilangin aja om, karungin tanpa bukti ngakak:....
Kalo ndak ada bukti kan ndak ada kejahatan kan ? kalo ketauan ya repot emang. Tapi Indonesia itu luaass lho, laut ama daratanya o....
breedaniela - 14/10/2012 01:07 AM
#2747

Quote:
Original Posted By rumah.KENYOT
nemu terit aneh dari BP


ga aneh ah gan

waktu inggris perang sama cina jaman perang candu juga, waktu cina kalah, sebagai syarat damai, cina disuruh bayar seluruh biaya perang armada inggris capedes

yang diserang disuruh bayar biaya perang si penyerang DD
rianto80 - 14/10/2012 07:04 PM
#2748

Quote:
Original Posted By baru_lahir
200halaman lebih ilang.... hecker sialan...


Malam om kasih cendol dong om
TheAxis.Of.Evil - 14/10/2012 11:14 PM
#2749

Quote:
Original Posted By rianto80
Malam om kasih cendol dong om


confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused:


==========================================================

dari BP lagi

Quote:
Original Posted By kangpran
Yang mau bertanya tentang Intelijen silahkan disini - Part 3

LENSAINDONESIA.COM: Lisa Pease, seorang penulis asal Amerika Serikat, membuat artikel menarik berjudul “JFK, Indonesia, CIA & Freeport Sulphur”. Artikel heboh ini dimuat dalam Majalah Probe, edisi Maret-April 1996. Kemudian, artikel ini disimpan di dalam National Archive di Washington DC, Amerika Serikat.

Paling menarik, dalam artikelnya Lisa Pease menulis penjarahan Freeport atas gunung emas di Papua sudah dimulai sejak tahun 1967. Namun, kiprah Freeport sendiri di Indonesia sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya.

Freeport Sulphur, demikian nama perusahaan itu awalnya, nyaris bangkrut berkeping-keping ketika terjadi pergantian kekuasaan di Kuba tahun 1959.

Saat itu Fidel Castro berhasil menghancurkan rezim diktator Batista. Oleh Castro, seluruh perusahaan asing di negeri itu dinasionalisasikan. Freeport Sulphur yang baru saja hendak melakukan pengapalan nikel produksi perdananya terkena imbasnya. Ketegangan terjadi. Berkali-kali CEO Freeport Sulphur merencanakan upaya pembunuhan terhadap Castro, namun selalu pula menemui kegagalan.

Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian, pada Agustus 1959, Forbes Wilson yang menjabat sebagai Direktur Freeport Sulphur melakukan pertemuan dengan Direktur Pelaksana East Borneo Company, Jan van Gruisen.

Pada saat itu, Gruisen bercerita bahwa dirinya menemukan sebuah laporan penelitian atas Mountain Ersberg (Gunung Tembaga) di Irian Barat yang ditulis Jean Jaques Dozy di tahun 1936. Uniknya, laporan itu sebenarnya sudah dianggap tidak berguna dan tersimpan selama bertahun-tahun begitu saja di Perpusatakaan Belanda. Van Gruisen tertarik dengan laporan penelitian yang sudah berdebu itu dan membacanya.

Dengan berapi-api, Van Gruisen bercerita kepada pimpinan Freeport Sulphur itu jika selain memaparkan tentang keindahan alamnya, Jean Jaques Dozy juga menulis tentang kekayaan alamnya yang begitu melimpah. Tidak seperti wilayah lainnya di seluruh dunia. Kandungan biji tembaga yang ada di Gunung Ersberg itu terhampar di atas permukaan tanah, jadi tidak tersembunyi di dalam tanah.

Mendengar hal itu, Wilson sangat antusias dan segera melakukan perjalanan ke Irian Barat untuk mengecek kebenaran cerita itu. Di dalam benaknya, jika kisah laporan ini benar, maka perusahaannya akan bisa bangkit kembali dan selamat dari kebangkrutan yang sudah di depan mata.

Selama beberapa bulan, Forbes Wilson melakukan survei dengan seksama atas Gunung Ersberg dan juga wilayah sekitarnya. Penelitiannya ini ditulisnya dalam sebuah buku berjudul The Conquest of Cooper Mountain. Wilson menyebut gunung tersebut sebagai harta karun terbesar yang untuk memperolehnya tidak perlu menyelam lagi. Karena semua harta karun itu telah terhampar di permukaan tanah.

Dari udara, tanah di sekujur gunung tersebut berkilauan ditimpa sinar matahari. Wilson juga mendapatkan temuan yang nyaris membuatnya gila. Karena selain dipenuhi bijih tembaga, gunung tersebut ternyata juga dipenuhi bijih emas dan perak! luar biasa.

Menurut Wilson, seharusnya gunung tersebut diberi nama Gold Mountain, bukan Ersberg Mountain atau Gunung Tembaga. Sebagai seorang pakar pertambangan, Wilson memperkirakan jika Freeport akan untung besar dan dalam waktu tiga tahun sudah kembali modal.

Pimpinan Freeport Sulphur ini pun bergerak dengan cepat. Pada 1 Februari 1960, Freeport Sulphur menekan kerjasama dengan East Borneo Company untuk mengeksplorasi gunung tersebut.

Namun lagi-lagi Freeport Sulphur mengalami kenyataan yang hampir sama dengan yang pernah dialaminya di Kuba. Perubahan eskalasi politik atas tanah Irian Barat tengah mengancam. Hubungan Indonesia dan Belanda telah memanas dan Soekarno malah mulai menerjunkan pasukannya di Irian Barat.

Tadinya Wilson ingin meminta bantuan kepada Presiden AS John Fitzgerald Kennedy agar mendinginkan Irian Barat. Namun ironisnya, JFK malah sepertinya mendukung Soekarno. Kennedy mengancam Belanda akan menghentikan bantuan Marshall Plan jika ngotot mempertahankan Irian Barat.

Belanda yang saat itu memerlukan bantuan dana segar untuk membangun kembali negerinya dari puing-puing kehancuran akibat Perang Dunia II terpaksa mengalah dan mundur dari Irian Barat.

Ketika itu, sepertinya Belanda tidak tahu jika Gunung Ersberg sesungguhnya mengandung banyak emas, bukan tembaga. Sebab jika saja Belanda mengetahui fakta sesungguhnya, maka nilai bantuan Marshall Plan yang diterimanya dari AS tidak ada apa-apanya dibanding nilai emas yang ada di gunung tersebut.

Dampak dari sikap Belanda untuk mundur dari Irian Barat menyebabkan perjanjian kerjasama dengan East Borneo Company mentah kembali. Para pimpinan Freeport jelas marah besar. Apalagi mendengar Kennedy akan menyiapkan paket bantuan ekonomi kepada Indonesia sebesar 11 juta AS dengan melibatkan IMF dan Bank Dunia. Semua ini jelas harus dihentikan.

Segalanya berubah seratus delapan puluh derajat ketika Presiden Kennedy tewas ditembak pada 22 November 1963. Banyak kalangan menyatakan penembakan Kenndey merupakan sebuah konspirasi besar menyangkut kepentingan kaum Globalis yang hendak mempertahankan hegemoninya atas kebijakan politik di Amerika.

Presiden Johnson yang menggantikan Kennedy mengambil siap yang bertolak-belakang dengan pendahulunya. Johnson malah mengurangi bantuan ekonomi kepada Indonesia, kecuali kepada militernya.

Salah seorang tokoh di belakang keberhasilan Johnson, termasuk dalam kampanye pemilihan presiden AS tahun 1964, adalah Augustus C Long. Ia juga salah seorang anggota dewan direksi Freeport. Tokoh yang satu ini memang punya kepentingan besar atas Indonesia.

Selain kaitannya dengan Freeport, Long juga memimpin Texaco, yang membawahi Caltex (patungan dengan Standard Oil of California). Soekarno pada tahun 1961 memutuskan kebijakan baru kontrak perminyakan yang mengharuskan 60 persen labanya diserahkan kepada pemerintah Indonesia.
Caltex, sebagai salah satu dari tiga operator perminyakan di Indonesia jelas sangat terpukul oleh kebijakan Soekarno ini.

Augustus C Long amat marah terhadap Soekarno dan amat berkepentingan agar orang ini disingkirkan secepatnya. Mungkin suatu kebetulan yang ajaib. Augustus C Long juga aktif di Presbysterian Hospital, New York di mana dia pernah dua kali menjadi presidennya (1961-1962). Sudah bukan rahasia umum lagi jika tempat ini merupakan salah satu simpul pertemuan tokoh CIA.

Lisa Pease dengan cermat menelusuri riwayat kehidupan tokoh ini. Antara tahun 1964 sampai 1970, Long pensiun sementara sebagai pimpinan Texaco. Apa saja yang dilakukan orang ini dalam masa itu yang di Indonesia dikenal sebagai masa yang paling krusial.

Lisa mendapakan data jika pada Maret 1965, Augustus C Long terpilih sebagai Direktur Chemical Bank, salah satu perusahaan Rockefeller. Agustus 1965, Long diangkat menjadi anggota dewan penasehat intelijen kepresidenan AS untuk masalah luar negeri.

Badan ini memiliki pengaruh sangat besar untuk menentukan operasi rahasia AS di negara-negara tertentu. Long diyakini salah satu tokoh yang merancang kudeta terhadap Soekarno, yang dilakukan AS dengan menggerakkan sejumlah perwira Angkatan Darat yang disebutnya sebagai “our local army friend”.

Salah satu bukti adalah sebuah telegram rahasia Cinpac 342, 21 Januari 1965, pukul 21.48, yang menyatakan ada kelompok Jenderal Suharto yang akan mendesak angkatan darat agar mengambil-alih kekuasaan tanpa menunggu Soekarno berhalangan. Mantan pejabat CIA Ralph Mc Gehee juga pernah bersaksi jika hal itu benar adanya.

Setelah Soeharto berkuasa, maka Freeport dengan leluasa menjarah Gunung Ersberg yang disamping terkandung tembaga juga terdapat kandungan emas dan perak, bahkan terdapat kandungan uranium.

http://www.lensaindonesia.com/2012/10/12/oh-begitu-asal-mulanya-freeport-menjarah-di-papua.html
rianto80 - 15/10/2012 10:27 AM
#2750

Quote:
Original Posted By TheAxis.Of.Evil
confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused: confused:


==========================================================

dari BP lagi


kenapa bingung om capedes
hantulah - 15/10/2012 12:07 PM
#2751

Quote:
Original Posted By KangPri
katanya pensiun ngaskus om, kangen ya?o...


masa sih saya omong seperti itu ? anda kali yg kangen ama saya ? ngakaks
hantulah - 15/10/2012 12:08 PM
#2752

Quote:
Original Posted By man-jakarta
he he he...@kang hantu nga komen kang..biar makin seru..
biar agak panas dikit lah threadnya kang..D


malas ahh bukan seru malah tambah mirip lawakkan srimulat Yb
kimi mabok - 15/10/2012 01:21 PM
#2753

Quote:
Original Posted By hantulah
masa sih saya omong seperti itu ? anda kali yg kangen ama saya ? ngakaks


iya kok situ dulu bilang mau pindah ke negara gak jelas diujung dunia jadi mau berenti ngaskus o
mostingnya sambil pamer poto mobil gituh o
Judess - 15/10/2012 01:35 PM
#2754

^^^

Aku kangen dikirimi g-string ungu kang. D ngacir:
kimi mabok - 15/10/2012 01:43 PM
#2755

Quote:
Original Posted By Judess
^^^

Aku kangen dikirimi g-string ungu kang. D ngacir:


wanita bergandhul ndak pantes pake gstring ngacir:
kimi mabok - 15/10/2012 01:59 PM
#2756

Yg begini mau sampe kapan dibiarkan ?
yg cuma pengacara teroris mau dikaitkan, yg beneran teroris didiamkan o
main api alias managing crime begini bisa out of control loh --"

Spoiler for ;
Aktivis Tegaskan Perjuangan Terus Berkobar, Tak Sesali Serangan Bom Bali
Jumat, 12 Oktober 2012 14:50 WIB

SOLO – Sejumlah mantan aktivis di Ambon, Poso dan Moro, Filipina, yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Jawa Tengah, menegaskan bahwa mereka tidak akan berhenti.Mereka juga akan siap ke mana pun ada ladang jihad, termasuk di Solo sekali pun.

Hal ini ditegaskan oleh sejumlah aktivis itu saat bertemu di Masjid Wustho, Ketelan, Solo, Jumat (12/10/2012) siang. Kepada wartawan, salah satu mantan aktivis di Ambon dan Poso tahun 2000, Yuli Sya’ban, 32, menyatakan bahwa dalam jihad tidak akan pernah ada rasa penyesalan. “Karena itu selama masih dibutuhkan upaya amar makruf nahi mungkar di mana saja, kami akan selalu siap terjun,” tegas warga Gondangrejo, Karanganyar ini.

Yuli juga menyatakan, pertemuan Forum yang saat ini kebetulan berlangsung bersamaan dengan peringatan Bom Bali I sama sekali tidak dimaksudkan untuk memperingati hal itu. “Kami tidak mengenal peringatan-peringatan seperti itu. Pertemuan ini sebenarnya rutin tiap dua pekan, dan kebetulan kali ini bersamaan dengan peringatan Bom Bali I. Jadi itu kebetulan saja,” tegasnya.

Sementara Ketua Forum Silaturahmi, Joko Tri Harmanto, 34, yang kebetulan mantan narapidana kasus Bom Bali I karena terlibat menyembunyikan Noordin M Top, menegaskan pula bahwa serangan Bom Bali bukan soal salah atau benar. “Ini semua terkait keyakinan,” ujar warga Manang, Grogol, Sukoharjo, yang dulu ditahan di LP Cipinang tahun 2004-2008 itu. Dia pun menyatakan sama sekali tidak ada penyesalan karena terlibat dalam apa yang disebutnya sebagai perjuangan itu.

Joko juga mengakui dia dulu mengenal Noordin saat masih dalam tahap perencanaan serangan Bom Bali I. Dia pun pernah menyembunyikan Noordin di rumahnya di kawasan penumping Solo. Dia juga membenarkan bahwa Noordin memang tewas dalam penyergapan oleh Densus 88 Mabes Polri di Mojosongo, Solo.

SUMBER

Eks Napi Bom Bali I Juga Gelar Doa Bersama
Mereka akan menggelar refleksi kegiatan jihad di tanah air.
Jum'at, 12 Oktober 2012, 19:37 Arry Anggadha, Fajar Sodiq (Solo)


VIVAnews - Peringatan 10 tahun bom Bali I diperingati hari ini di Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran Bali. Sementara di Solo, eks narapidana bom Bali I menggelar doa untuk trio bomber Bali yang telah dihukum mati.

Panitia kegiatan tersebut, Yuli Sya'ban mengatakan selain melakukan refleksi, kegiatan pertemuan para bekas narapidana bom Bali juga untuk menggelar doa bersama untuk Amrozi, Muklas dan Imam Samudera pelaku bom Bali.

"Doa tersebut dilakukan di beberapa tempat secara terpisah," ucap dia, Jumat 12 Oktober 2012.

Sementara itu, salah satu mantan terpidana kasus bom Bali I, Joko Tri Harmanto mengatakan sejumlah jamaah yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Mujahid berencana melakukan refleksi. "Jumlah anggota ada sekitar 40 orang. Mereka rutin berkumpul untuk berdiskusi," kata dia yang juga koordinator Forum Mujahid wilayah Jawa Tengah.

Dari jumlah anggota forum tersebut, tidak semuanya bekas narapidana bom Bali I, tetapi ada juga eks pelaku bom Bali II, bom Atrium, bom JW Mariot, Mindanao, eks pelaku konflik Ambon dan Poso.

"Untuk pertemuan yang nanti akan diisi dengan refleksi kegiatan jihad di tanah air," ujar dia yang pernah mendekam di penjara dari 2004 hingga 2008.

Anggota forum tersebut saat ini banyak yang bergerak di bidang dakwah dan wirausaha. Ia sendiri saat ini aktif berwirausaha dalam bidang kuliner dan konveksi.

Ketika disinggung mengenal keterlibatannya dalam bom Bali I, ia mengaku tidak pernah menyesal dalam kasus itu. Meski demikian, Joko berharap kepada kelompok teror yang ada saat ini supaya menahan diri tidak melakukan tindakan serupa.

Seperti diketahui, Joko Tri Harmanto alias Harun alias Jack terpidana 6 tahun dalam kasus bom Bali I. Ia dinyatakan bersalah karena menyembunyikan Noordin M Top dan Dr Azahari. (umi)

SUMBER

Benar2 tidak tahu diri para pom2girls teroris ini, di saat para keluarga korban bom bali mendoakan para korban bom bali, para pom2girls teroris malah mendoakan para teroris yang sudah jadi bangkai. marah

Gak jauh beda dengan gerombolan pengangguran ini. malu
Judess - 15/10/2012 02:15 PM
#2757

Quote:
Original Posted By kimi mabok
wanita bergandhul ndak pantes pake gstring ngacir:


klo bergandul, ndak mungkin waktu itu ada yang nyapa siapa nih? salam kenal ya.. D ngacir:
kimi mabok - 15/10/2012 02:33 PM
#2758

Quote:
Original Posted By Judess
klo bergandul, ndak mungkin waktu itu ada yang nyapa siapa nih? salam kenal ya.. D ngacir:


sopo kuwi ? yg jelas bukan saya :cool
man-jakarta - 15/10/2012 11:02 PM
#2759

Quote:
Original Posted By hantulah
malas ahh bukan seru malah tambah mirip lawakkan srimulat Yb


he he he he pepesan kosong om hantu...
KangPri - 16/10/2012 01:36 PM
#2760

Ada kabar rumput bergoyang dari lingkaran naga.....
Hayo Sapa tuh yg main main ama anak punk/brandalan dan kangen ama '98 ? moga moga cepet diselsekan ama sesepuh disini yak ngacir:...
Page 138 of 139 | ‹ First  < 133 134 135 136 137 138 139 > 
Home > CASCISCUS > MILITER & KEPOLISIAN > Militer > Yang mau bertanya tentang Intelijen silahkan disini - Part 3