Palu
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SULAWESI > Palu > -o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Total Views: 12656 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 1 of 70 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›

amad_dlg - 22/12/2011 11:38 PM
#1
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Sambutan RL :
Quote:
Original Posted By hammer_keeper
Gunakan dgn sebaik2nya... bukan sebagai lounge t4 chit-chat...

Selanjutnyabuntuk diingat......!

1. Diharapakan Komitmen menjaga thread dari hal2 yang OOT dan bahasan yang tidak spesifik Toli2 dan Buol, untuk ditegur, dan dilaporkan ke thread laporan posting.

2. Agar dengan thread ini diharapkan menjadi wadah konsolidasi Kaskuser Kabupaten Buol dan Tolitoli untuk melaksanakn kegiatan2 offline sesuai program kerja KRP pada thread diskusi kegiatan offline...

3. Mematuhi Rules Kaskus, Rules Regional, Rules KRP serta Rules tambahan di thread ini, karena menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan akan kelanhsungan thread.

4. OOT dan gurauan mungkin masih dapat d toleransi asal tidak berlanjut apalagi sampai beberapa postingan terus menerus....

5. Selamat berbenah d rumah barunya.

:toast




Quote:
~~ R U L E S ~~


[*]Wajib mematuhi yang ada pada Rules KRP
[*]Gunakan Fasilitas Quote / MultiQuote
[*]Mengedit Dopost dengan menyertakan quote, tripost pasti d merge.
[*]Untuk gambar2 yang non emoticon apalagi yang BW Killer. Silahkan di spoiler, gambar tanpa spoiler akan di request delete begitu juga yang mengquote tanpa spoiler. army:
[*]Dilarang keras posting hal yang berbau SARA ataupun posting gambar BB
[*]Dilarang posting hanya sekedar salam (selamat sore, selamat malam dan sejenisnya ) dan ingat postingan yang tidak ada kaitannya dengan bahasan di Thread (ijin melintas, numpang lewat, numpang duduk, walik² dan +1 sejenisnya) juga dilarang.
[*]Tidak diperkenankan memancing suasana jadi panas/nge-flame, untuk masalah diluar dari topik bahasan Thread, silahkan menggunakan fasilitas VM/PM masing masing
[*]Tidak hanya untuk newbie !!! sesepuh thread pun akan dikenakan sanksi jika melakukan pelanggaran. army: Mari menjaga kedamaian, persahabatan, persaudaraan sesama Kaskuser Regional Palu. iloveindonesias



Informasi Tambahan

[*]Buat yang belum sensus silahkan Sensus Disini [Sensus dan Buku Tamu] Prime-Id Only (New Rules Baca dulu pekiwan)
[*]Buat yang mau chit chat , balap², kejang² topik bebas silahkan gabung di sini ۩۞۩ [NEW] DeGo-DeGo (Lounge Kaskuser se-Sulawesi Tengah) tetamu wajib Prime ۩۞۩
[*]Buat yang mau jualan atau belanja dsb... silahkan ke sini [FJB-nya KRP] jual-Beli/Tanya barang-jasa/berbagi ongkir/promosi/info lowongan kerja
[*]Buat para newbie atau yang masih baru ngaskus silahkan kesini Masih Baru di KRP..? Masuk sini dulu (Q n A seputar ngaskus ala KRP) , atau dsini : -o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-




Quote:

Kabupaten Tolitoli

##############################
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
##############################
[CENTER]-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
##############################[/CENTER]



Quote:

Profil Kabupaten Tolitoli
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Kabupaten Tolitoli atau Tolitoli adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tolitoli. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.079.6 km² dan berpenduduk sebanyak 211.283 jiwa (2010). Kabupaten Tolitoli sebelumnya bernama Kabupaten Buol Tolitoli, namun pada tahun 2000 berdasarkan UU No. 51 Tahun 1999 daerah ini dimekarkan menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tolitoli sebagai kabupaten induk dan Kabupaten Buol sebagai kabupaten hasil pemekaran.


Sejarah
Nama Tolitoli berasal dari kata Totolu yang berarti tiga. Bangsa Tolitoli berasal dari 3 manusia kahyangan yang menjelma ke bumi melalui Olisan Bulan (Bambu Emas), Bumbung Lanjat (Puncak Pohon Langsat) dan Ue Saka (Sejenis Rotan). Jelmaan Olisan Bulan dikenal sebagai Tau Dei Baolan atau Tamadika Baolan yang menjelma melalui Ue Saka yang dikenal sebagai Tau Dei Galang atau Tamadika Dei Galang. Sedangkan seorang putri yang menjelma sebagai Bumbung Lanjat dikenal sebagai Boki Bulan.

Kemudian nama Totolu berubah menjadi tontoli sebagaimana tertulis dalam Lange-Contrack 5 Juli 1858 yang ditandatangi pihak Belanda antara Dirk Francois dengan Raja Bantilan Syaifuddin. Tahun 1918 berubah menjadi Tolitoli seperti terlihat dalam penulisan Korte Verklaring yang ditandatangani Raja Haji Mohammad Ali dengan pemerintah Belanda yang berpusat di Nalu.

Bahasa yang dipakai sehari-hari adalah Bahasa Geiga. Bahasa ini menurut Ahli Bahasa AC. Kruyt dan DR. Adriani termasuk dalam kelompok Bahasa Tomini yang tersebar antara Desa Towera di daerah Kabupaten Donggala sampai dengan Desa Molosipat di perbatasan Gorontalo.


Legislatif
Ketua DPRD:H. Abdul Aziz Bestari,ST,MM
Wakil Ketua I: Ir. Hj. Nursidah Hi. Kasim, MM
Wakil Ketua II: Arifin Achmad, SH
Sekretaris DPRD: Drs. Moh. Sabran, M.Si


Ekekutif
Bupati : DR(Hc). H. Moh. Saleh Bantilan, SH, MH
Wakil Bupati : Amran H. Yahya
Sekretaris Daerah : Ir. H. Nurdin HK, SE, MM


Komoditi dan Perdagangan
Daerah ini merupakan penghasil rempah-rempah seperti: cengkeh, kopra dan kakao yang berkualitas tinggi. Selain itu Tolitoli juga kaya akan hasil laut (ikan, rumput laut dan lain-lain) karena berada di daerah pesisir. Tolitoli saat ini dalam proses melakukan perdagangan internasional yang dikenal dengan nama TOTATA (Tolitoli-Tarakan-Tawao) dan TOSAMIN (Tolitoli-Sabah-Mindanao).


Transportasi
Daerah Tolitoli merupakan salah satu daerah yang perkembangan transportasinya dari tahun ke tahun cenderung lambat. Sejak tahun 1980-an hingga sekarang pesawat udara yang dapat mendarat masih sebatas Casa dengan penumpang 12 orang dengan jadwal penerbangan tidak setiap hari. Pembangunan transportasi darat kurang lebih sama, padahal untuk mendukung kelancaran distribusi hasil perkebunan rakyat yang dikatakan melimpah seharusnya didukung dengan sarana transportasi yang memadai. Ada beberapa tempat wisata di Tolitoli yang sangat indah, yaitu pantai Lalos, Sabang Tende, Bajugan, Kolondom dan wisata bawah laut dengan terumbu karang yang masih asli dan berbagai pulau yang sangat cocok untuk resort.



Quote:

WILAYAH TOLITOLI DAN PENDUDUK
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Sumber : BPS Kab. Tolitoli - Hasil sensus Penduduk Tahun 2010

Luas
Luas Areal sekitar : 4,079,77 Km2
Terdiri dari 73 Desa, 5 Kelurahan dan 10 Kecamatan.


Batas Wilayah
- Utara: Buol dan Laut Sulawesi
- Selatan: Kabupaten Donggala
- Barat: Selat Makassar
- Timur: Kabupaten Buol


Geografi
Tolitoli dengan letak geografis yang sangat strategis yaitu berada diselat Makassar, salah satu dari tujuan selat strategi didunia, hubungan langsung dengan dunia internasional mendorong pemerintah untuk terus mengembangkan potensi daya terik investasi didaerah Tolitoli.

Seperti tertera di rencana strategis pengembangan daerah, ditahun 2011 Tolitoli dapat berdiri sebagai kabupaten mandiri dan sejahtera bertumpu pada pertanian, perkebunan, industri, perikanan dan perdagangan.


IKLIM DAN TOPOGRAPI
Tolitoli memiliki ketinggian yang didominasi perbukitan dengan tinggi 0-2.500 meter dpl (diatas permukaan laut). Sebagai bagian dari wilayah tropis memiliki suhu udara rata-rata 22,4-3,7 0C dengan kelembaban udara pada kisaran 82-86%. Curah hujan pertahun 1.760,6 mm dengan rata-rata 142 hari/tahun. Kecepatan angina berada pada kisaran 10-15 knot.


Objek Pariwisata
1. Pantai Lalos, Batu Bangga, Kec. Galang
2. Pantai Tende dan Pantai Sabang Desa Tende Kecamatan Galang
3. Pantai Taragusung-Pulau Dolangan Desa Santigi Kecamatan Tolitoli Utara.
4. Pantai Dermaga Batu di Tolitoli Utara
5. Konservasi Burung Maleo, di Pantai tj. Matop, Pantai Pinjan
Desa Salumpaga Kec. Tolitoli Utara
6. Pulau Telur, Pulau Lingayan : Pemandangan Bawah Air
7. Air Terjun Kolasi Desa Bambapun Kecamatan Dampal Utara
8. Air Terjun Sigelan Desa Oyom Kec. Lampasi
9. Rumah Adat Balai Masigi, Desa Tambun Kecamatan Baolan
10.Makam Raja Tolitoli di Pulau Lutungan
amad_dlg - 22/12/2011 11:39 PM
#2
Selayang Pandang Tolitoli
SELAYANG PANDANG TOLITOLI
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-

PENDAHULUAN/SEJARAH

Orang Toli-Toli juga dikenal sebagai Tontoli, Totoli, atau Gage. Mereka tinggal di distrik Utara Toli-Toli, Galang, Baolan dan Dondo di Kabupaten Toli Toli Kabupaten Provinsi Sulawesi Tengah. Daerah Toli-Toli memiliki bukit-bukit yang curam di sepanjang pantai. Toli-Toli berasal dari kata totolu berarti tiga. Menurut cerita rakyat, nenek moyang orang Toli-Toli yang berasal dari tiga orang yang menjelma dari surga ke bumi melalui olisan bulan (emas bambu), Bumbung lanjat (pohon puncak Langsat) dan ue Saka (mirip dengan rotan). Olisan menjelma bulan dikenal sebagai Tau Dei Baolan atau Tamadika Baolan. Ue saka menjelma dikenal sebagai Tau Dei Galang atau Tamadika Dei Galang. Seorang putri yang menjelma sebagai Bumbung lanjat dikenal sebagai Buki Bulan. Bahasa Toli Toli lebih erat berhubungan dengan bahasa Boano. Hal ini terkait dengan kelompok Tomini bahasa (Dampelas, Dondo, Lauje, Tomini, Balaesang, Pendau, Taje dan Tajio).


KEHIDUPAN DI TOLITOLI

Toli-Toli terbagi dari desa kecil dan terdiri dari rumah panggung. Warga Toli-Toli yg hidup di pantai seringnya sbg nelayan, sedangkan di perbukitan biasanya menanam padi di ladang tadah hujan, serta jagung dan sagu. Di Toli-Toli menghasilkan rempah-rempah berkualitas tinggi seperti cengkeh, serta kopra dan kakao. Karena daerah pesisir, Toli-Toli merupakan daerah yang kaya akan hasil laut seperti ikan, rumput laut, dll. Saat ini, pemerintah sedang dalam proses melakukan perdagangan internasional dengan provinsi Kalimantan Timur, Malaysia dan Filipina yang dikenal sebagai Totata (Toli -Toli - Tarakan - Tawau) dan Tosamin (Toli Toli - Sabah - Mindanao). Ini diharapkan membawa banyak lapangan kerja dan peluang bisnis. Di era sebelumnya, Toli-Toli orang diperintah oleh sultan. Setiap wilayah dipimpin oleh seorang kepala yang dipilih sepanjang garis leluhur. Karena itu, kelas sosial yang dikembangkan di kalangan masyarakat terbagi empat kelas: kesultanan, bangsawan, orang awam dan budak. Di daerah Toli-Toli, pengembangan fasilitas transportasi darat, udara dan laut cenderung menjadi lambat. Sarana transportasi yang memadai yang diperlukan untuk mendukung kelancaran distribusi tanaman mereka yg berlimpah .


KEBUTUHAN DAN POTENSI TOLITOLI

Pendidikan yang lebih baik di sekolah dan pelatihan kejuruan yang lebih baik akan membantu meningkatkan kesempatan kerja bagi warga Toli-Toli. Orang-orang secara keseluruhan perlu perbaikan infrastruktur untuk memasarkan produk mereka dan meningkatkan perdagangan, untuk berpartisipasi penuh dalam ekonomi nasional dan internasional. Ada beberapa situs yang sangat indah yang masih dapat dikembangkan, yaitu pantai Lalos, Sabang, Tende, Bajungan dan Kolondom, bersama dengan pariwisata bawah laut terumbu karang murni, serta berbagai pulau yang sangat cocok untuk resor.


PEMERINTAH KABUPATEN TOLITOLI


-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-

-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o- -o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-

SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN
ntar nyusul
:cool
Ir. Nurdin H.K, SE,MM
Pembina Utama Muda (IV/c)
19590107 198703 1 009
amad_dlg - 22/12/2011 11:39 PM
#3
Kabupaten Buol
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-

Quote:
KABUPATEN BUOL

Wilayah Buol merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang beribukota di Biau.Secara administratif tahun 2009 Kabupaten Buol terdiri atas 11 kecamatan dan 101 desa serta 7 kelurahan, dengan luas wilayah 4.043,57 km2.
Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 oleh BPS, jumlah penduduk Kabupaten Buol mencapai 132.381 jiwa yang terdiri dari laki-laki 67.892 jiwa dan perempuan 64.489 jiwa, dengan tingkat kepadatan penduduk rata-rata 29 jiwa/Km2. Jumlah rumah tangga mencapai 26.929 KK dengan rata-rata anggota rumah tangga 4-5 orang.


Quote:
Potensi Daerah Kabupaten Buol

Sektor pertanian dalam arti luas menyebar pada seluruh wilayah dengan didominasi tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, coklat, cengkeh, kelapa, kopi, lada, dan tanaman pangan lainnya seperti padi, jagung, kedelai, dan kacang-kacangan. Potensi hortikultura berupa buah-buahan seperti jeruk, duku, mangga, nangka, pepaya, nanas, dan rambutan memungkinkan untuk dikembangkan dalam skala besar dan memberikan kontribusi terhadap PDRB Kabupaten Buol karena didukung oleh kesuburan tanah, iklim, dan curah hujan yang cukup. Tahun 2009 produksi padi di Kabupaten Buol 31.588 dengan luas areal sawah 2.503 Ha.
Produksi Kacang-kacangan pada tahun 2009 mencapai 780 ton, dengan luas areal panen 106 Ha dan hasil per hektar sebesar 7,36 Kw/Ha. Produksi Lombok pada tahun 2009 mencapai 1.239 ton, dengan luas areal panen 194 Ha dan hasil per hektar sebesar 6,39 Kw/Ha.

Kabupaten Buol juga memiliki komoditi unggulan dibidang perkebunan misalnya Kelapa Sawit, Kelapa, Kakao dan Cengkeh. Perkebunan besar yang ada di kabupaten Buol adalah perkebunan kelapa sawit yang di kelola oleh PT. Hardaya Inti Plantation dengan luas areal perkebunan 12.553 Ha dengan fasilitas pabrik berkapasitas 45 ton/ hari yang produksinya mencapai 53.402 ton pada tahun 2009.
Untuk perkebunan rakyat produksi Kelapa mencapai 14.157 ton dengan luas areal tanam 11.769 Ha, produksi Kakao mencapai 12.228 ton dengan luas areal tanam 12.063 Ha, dan produksi Cengkeh mencapai 621 ton dengan luas areal tanam 1.610 Ha.

Kabupaten Buol memiliki areal hutan seluas 258.228 Ha, yang terdiri dari hutan lindung 63.602 Ha, hutan produksi biasa tetap 60.413 Ha, hutan produksi terbatas 100.341 Ha, hutan yang dapat dikonversi 24.070 Ha dan hutan suaka alam dan hutan wisata 9.802 Ha.
Populasi ternak di Kabupaten Buol terdiri dari ternak besar (sapi), ternak kecil (kambing dan babi) dan ternak unggas (ayam kampung, ayam ras dan itik). Usaha perternakan di Kabupaten Buol pada saat ini merupakan usaha skala kecil sebagai usaha peternakan rakyat dengan pola pemeliharaan yang masih tradisional sehingga produktifitas sektor peternakan ini masih rendah.

Pada tahun 2009 jumlah populasi sapi sebanyak 13.494 ekor dengan produksi daging mencapai 256,87 ton, populasi kambing sebanyak 13.099 ekor dengan produksi daging mencapai 61,27 ton, populasi babi sebanyak 1.045 ekor dengan produksi daging mencapai 12,91 ton. Populasi ayam kampung sebanyak 55.190 ekor dengan produksi telur mencapai 33,11 ton, populasi ayam ras pedaging sebanyak 4.000 ekor dengan produksi daging mencapai 4,64 ton, populasi ayam ras petelur sebanyak 12.000 ekor dengan produksi telur mencapai 135,13 ton dan populasi itik sebanyak 5.685 ekor dengan produksi telur mencapai 89,75 ton.
Kabupaten Buol memiliki potensi disektor perikanan. Untuk perikanan laut, potensinya berupa perairan Luas mencapai 40.320 Km2 yang terbentang di sepanjang garis pantai dengan panjang 234.634 Km. Wilayah perairan tersebut memiliki potensi berkembangnya berbagai jenis ikan tuna, cakalang, tongkol, karapu, napoleon serta berbagai jenis ikan lainnya. Pada tahun 2009 produksi perikanan tangkap laut mencapai 7.009,43 ton dengan nilai produksi sebesar Rp. 34.045.000.000,-. Sedangkan produksi perikanan budidaya tambak mencapai 656,5 ton dengan nilai produksi Rp. 4.321.000.000,-, produksi perikanan budidaya laut mencapai 218,8 ton dengan nilai produksi Rp. 1.094.000.000,- dan produksi perikanan budidaya kolam mencapai 567,3 ton dengan nilai produksi sebesar Rp. 12.160.000.000,-.

Perkembangan usaha Budidaya Laut di Kabupaten Buol mempunyai prospek yang cukup baik karena memiliki perairan arus dengan kecepatan sedang dan mempunyai plankton yang cukup bagus. Luas potensi Budidaya Perikanan Laut tersebut antara lain untuk Ikan kerapu 237,2 Ha, Baronang 306,9 Ha, Sunu 139,2 Ha, Lobster 171,8 Ha, Napoleon 137,0 Ha, Ikan Hias 184,9 Ha, Kepiting Kenari 104,2 Ha, Teripang 91,6 Ha, Rumput laut 245,3 Ha, sedangkan komoditas ikan kakap, belanak, kepiting ± 225,9 Ha. Untuk kegiatan usaha Budidaya laut saat ini yang sedang digalakkan adalah usaha Budidaya Rumput laut yang baru dimanfaatkan kurang lebih 25 Ha.


Quote:
Daftar nama kecamatan di wilayah kabupaten Buol:

1. Biau
2. Bokat
3. Bukal
4. Bunobogu
5. Gadung
6. Lipunoto
7. Momunu
8. Paleleh
9. Tiloan


Obyek Wisata & Budaya
Untuk sektor pariwisata, Kabupaten Buol juga memiliki obyek wisata yang tidaj kalahnya dengan kabupaten lain, antara lain:
Obyek Wisata Alam, meliputi:
a. Air terjun di Desa Body dan Desa Kokobuka
b. Permandian air panas di Desa Pinamula, Kecamatan Momunu.
Obyek WisataTirta/Bahari, meliputi:
a. Batu susun di Kecamatan Biau, Desa Lakuan II.
b. Pantai pasir putih di beberapa kecamatan, Pulau Busak, Pulau Boki dan Pulau Raja.


Batu Susun di Pantai Lakea Buol
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Quote:
Salah satu objek wisata terkenal di kabupaten buol adalah pantai lakea yang terletak di desa lakea kecamatan Biau. Pantai ini sangat indah dengan landmark yang khas berupa batuan karang bersusun yang oleh masyarakat setempat di sebut batu susun, berjarak kurang lebih 30 km dari kota Buol, Sulawesi Tengah.
Kota Buol sendiri berjarak sekitar 600 km dari Palu dan Manado, Karena lokasinya yang cukup jauh ini maka pantai ini belum banyak dikunjungi para wisatawan, apalagi promosi wisata yang dilakukan masih sangat kurang. Keindahan pasir putih akan semakin memikat ketika laut surut.
Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat dari kota Buol yang memakan waktu kurang lebih 1 jam. Untuk mecapai Kota Buol dapat dilakukan melalui beberapa alternative rute perjalanan, melalui perhubungan udara ke bandara Pogogul dengan pesawat Merpati sekali seminggu dari Manado, Gorontalo atau Palu.
Buol memiliki empat pelabuhan. terletak di Desa Lamadong, Kecamatan Momunu. Pelabuhan laut Buol masing-masing Pelabuhan Leok, Paleleh, Kumaligon, dan yang terbesar sebagai pelabuhan utama lalu lintas penumpang dan barang.


Permandian Rakyat Kumaligon
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Quote:
Terletak di desa Kumaligon sekitar 8 kilometer arah selatan Buol dan dapat dicapai dengan semua jenis kendaraan ke desa Kumaligon dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 5 kilometer. Pemandian alam ini merupakan tempat rekreasi masyarakat dan juga sudah dikunjungi wisatawan mancanegara.


“Festival Pulau Busak”
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Quote:
Festival ini yang diikuti Oleh semua kecamatan yang ada di Kabupaten Buol, dengan Kegiatan-kegiatan antara lain pameran, nyanyian rakyat tradisional, tarian yang tradisional, seni dan capaian budaya dan juga pawai seni dan budaya tradisional dan yang lain kompetisi olahraga yang tradisional.


sumber , sumber




Quote:
~~Space For Buol~~

tolong di bantu yah malus
amad_dlg - 22/12/2011 11:40 PM
#4
Gallery Tolis and Buol
Gallery of Tolis
Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Tugu Cengkeh" Icon Kota Tolitoli


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Sunset Di Tanjung Batu Tolitoli


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
The Beatifully of Sunrise


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Obyek Wisata Pulau Lutungan


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Kehidupan Masyarakat Pulau Lutungan


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Pantai Sabang Tende


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Rumah Adat Tolitoli


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Bandar Udara Sultan Bantilan Tolitoli


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Konservasi Burung Maleo di Desa Pinjan


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Gunung di penuhi Cengkeh


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Terumbu Karang Pulau Kapas (1)


Spoiler for gallery
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Terumbu Karang Pulau Kapas (2)


tambahan dari agan KRP :thumbup
Quote:
Original Posted By hajarhantam
sedikit poto-poto saya pas lagi di tolitoli, di sabang tende..
sepanjang sabang tende ke belakang yang lewatin batu-batu besar..


Spoiler for sabang tende

-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-


Spoiler for sabang tende
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-


Spoiler for sabang tende
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-


Spoiler for sabang tende
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-



karya salah satu kaskuser tolis

Quote:
Original Posted By SonnoRAP
Buat semua warga Tolitoli,ada lagu bagus untuk di dengar,coba di cek :
http://www.4*shared.com/mp3/DWU3rDbf/Sonno_ft_NalzMC_-_Tolitoli_is_.html
Wajib bagi yg belum dengar :2thumbup


tanda * di hapus

the other link D
Quote:
Original Posted By SonnoRAP
Sonno' free doenload (Lagu) :
http://www.reverbnation.com/sonno :cool



Gallery of Buol
Spoiler for pulau busak
-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Pulau Busak
Keindahan Pulau Di Daerah Kabupaten Buol Desa Busak, dapat dilihaat pada gambar,, begitu indah alam Kabupaten Buol,, tetapi sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah untuk memperhatikan wisata alam ini....
amad_dlg - 22/12/2011 11:41 PM
#5
News For Tolis
amad_dlg - 22/12/2011 11:41 PM
#6
kegiatan kegiatan offline KRP Tolis
* kopdar / ngaskus bareng Untuk kaskuser tolis...

Quote:
akan di agendakan jadwal tetap untuk kopdar+online bareng kaskuser tolitoli....

tempat : cafe everglow
Lokasi : jalan baru / jalan lingkar (tempatnya kakang)
waktu : mulai jumat sore jam 16.00 - selesai

TQ untuk setiap kehadirannya agan²

beer:


kopdar kaskuser tolis

* 1st gath tolis's kaskuser di tanjung kekot desa lalos

[FR] 1st Gathering KRP Sub-Regional Tolitoli

tahap pertama untuk bersilaturahmi saling mengenal antar kaskuser satu sama lain

awalcapunk - 23/12/2011 12:22 AM
#7

kurang tunggu agan-agan dari tolis untuk meramaikan threadnya...

:2thumbup

*duduk nyimak sambil menunggu mangge winixis

mudah-mudahan tidak ada lagi surat-surat terbuka..
hammer_keeper - 23/12/2011 12:24 AM
#8

Keduax krna ganti id lagi.. td so pake anak...

Gunakan dgn sebaik2nya... bukan sebagai lounge t4 chit-chat...
Selanjutnyabuntuk diingat......!

1. Diharapakan Komitmen menjaga thread dari hal2 yang OOT dan bahasan yang tidak spesifik Toli2 dan Buol, untuk ditegur, dan dilaporkan ke thread laporan posting.

2. Agar dengan thread ini diharapkan menjadi wadah konsolidasi Kaskuser Kabupaten Buol dan Tolitoli untuk melaksanakn kegiatan2 offline sesuai program kerja KRP pada thread diskusi kegiatan offline...

3. Mematuhi Rules Kaskus, Rules Regional, Rules KRP serta Rules tambahan di thread ini, karena menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan akan kelanhsungan thread.

4. OOT dan gurauan mungkin masih dapat d toleransi asal tidak berlanjut apalagi sampai beberapa postingan terus menerus....

5. Selamat berbenah d rumah barunya.

:toast
panjibux - 23/12/2011 01:34 AM
#9

Wow so ada ya D
Dipuas2sin saja dulu ya ala kadarnya semoga yg tergembok bisa ikut2tan lagi

-o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
Agung5343 - 23/12/2011 04:50 AM
#10

wah, selamat deh buat trit baru nya...
semoga bermanfaat buat semua beer:
winixis - 23/12/2011 07:32 AM
#11

Quote:
Original Posted By awalcapunk
kurang tunggu agan-agan dari tolis untuk meramaikan threadnya...

:2thumbup

*duduk nyimak sambil menunggu mangge winixis

mudah-mudahan tidak ada lagi surat-surat terbuka..


kmu minta ditusbol yah :genits

Im here... linux2:

----
Update Cuaca : Tolitoli Hujan terus...Program banyak anak makin lancar! hammers
buagus - 23/12/2011 09:57 AM
#12

Thread pertama kabupaten yang dibuka lagi.. beer:
Semoga semakin berkembang para kaskuser toliz - buol dan sekitarnya.. beer: -o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-
436448 - 23/12/2011 11:22 AM
#13

Quote:
Original Posted By buagus
Thread pertama kabupaten yang dibuka lagi.. beer:
Semoga semakin berkembang para kaskuser toliz - buol dan sekitarnya.. beer: -o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-


Di evaluasi dulu.....
semoga dengan thread ini, para Kaskuser Buol/Toli2 bisa berkonsolidasi untuk melakukan kegiatan offline di sana...., dan mendukung program kerja KRP ke depan....



NB : ini bukan dibuka kembali, tetapi di buat dalam format baru yg lebih sesuai rules Regional dan KRP.

beer:
rendi290510 - 23/12/2011 01:37 PM
#14

keren
tolitoli ee

ngakak
SadarAljaber - 23/12/2011 01:40 PM
#15

Selamat...

semoga kaskuser toli2 tambah banyak yah D

:selamat :selamat
rendi290510 - 23/12/2011 01:42 PM
#16

Quote:
Original Posted By SadarAljaber
Selamat...

semoga kaskuser toli2 tambah banyak yah D

:selamat :selamat


amin ta rabb
INSA
D
amad.dlg - 23/12/2011 03:14 PM
#17

Quote:
Original Posted By SadarAljaber
Selamat...

semoga kaskuser toli2 tambah banyak yah D

:selamat :selamat


Quote:
Original Posted By rendi290510
amin ta rabb
INSA
D


ikut ba donor darah nanti ngoni e D

sama sama torang pigi,,, kan lumayan.. di kasi makan enak habis itu. di kasi minum susu lagi malus
agung_gitaris86 - 23/12/2011 03:23 PM
#18

mohon jangan OOT yahh...

mohon di jadikan thread yang bermanfaat bagi smuaa..

bukan hanya bermanfaat buat pembalap shutup:
SadarAljaber - 23/12/2011 03:48 PM
#19

Quote:
Original Posted By amad.dlg
ikut ba donor darah nanti ngoni e D

sama sama torang pigi,,, kan lumayan.. di kasi makan enak habis itu. di kasi minum susu lagi malus


nda kita om takuts saya kalo ada rokonya..
hahahaha ngakaks
amad_dlg - 23/12/2011 03:49 PM
#20

Quote:
Original Posted By agung_gitaris86
mohon jangan OOT yahh...

mohon di jadikan thread yang bermanfaat bagi smuaa..

bukan hanya bermanfaat buat pembalap shutup:


kami upayakan semaksimal mungkin bro shakehand
Page 1 of 70 |  1 2 3 4 5 6 >  Last ›
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > SULAWESI > Palu > -o۩۩۩o- [SHARE] Serba-Serbi Kab. Tolitoli dan Kab. Buol-o۩۩۩o-