Bogor
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Bogor > Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Total Views: 14153 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 3 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

sextooges - 14/06/2009 06:08 PM
#41

Bogor emang bikin kangen maho
Tithit Kejepit - 14/06/2009 06:44 PM
#42

Quote:
Original Posted By sextooges
Bogor emang bikin kangen maho


yup, palagi cew bogor yg guru senam itu ya prof D
overlord75 - 25/06/2009 12:15 AM
#43

Quote:
Original Posted By Tithit Kejepit
yup, palagi cew bogor yg guru senam itu ya prof D


sia mah awewe wae
arif_ibrahim - 03/07/2009 10:05 AM
#44

wa...lengkap broo... gw bangga jadi orang bogor... tapi kalo ada silsilah kalawargi kota bogor...lebih lengkap lagi tuh
RetroPolic - 08/07/2009 03:04 PM
#45

I Love Bogor

ilovekaskus
sembalun - 16/07/2009 06:49 PM
#46

boleh nambahin dikit. mungkin ini termasuk sejarah bogor juga
yaitu soal toko-toko zaman baheula

kalo orang gang menteng dan sekitarnya dulu pasti kenal ama Toko Semeru
ini toko kelontong tionghoa jaman baheula, kalo ngeliat bangunannya dulu mungkin dah dari jaman belanda (bener ga ya)
modelnya toko dengan halaman luas, di depannya ada pohon beringin besar dan ada tempat duduk-duduk dari semen dekat beringin tadi

sayang toko ini dah ga ada lagi, digusur dan dibongkar
sekarang jadi lokasi stm yktb di jalan semeru....
sembalun - 16/07/2009 06:51 PM
#47

oh nambahin ama pertanyaan dong

dulu thn 80-an pas ultah bogor pernah diterbitkan buku tentang sejarah bogor
sampulnya warna merah dan banyak foto2 di dalamnya

kalo kaskuser bogor ada yg masih punya buku itu, boleh ga saya beli fotokopiannya
makasih
ghozt_inzide - 16/07/2009 07:28 PM
#48

Quote:
Original Posted By sembalun
oh nambahin ama pertanyaan dong

dulu thn 80-an pas ultah bogor pernah diterbitkan buku tentang sejarah bogor
sampulnya warna merah dan banyak foto2 di dalamnya

kalo kaskuser bogor ada yg masih punya buku itu, boleh ga saya beli fotokopiannya
makasih


wow baru tau nih.....
pasti mantep bgt mau juga donhg
anggisoesalit - 27/07/2009 05:24 PM
#49

Bos tampilin donk, sekolah pertanian pertama dibogor... sekarang STPP
kanjut semaput - 27/07/2009 11:13 PM
#50

Quote:
Original Posted By anggisoesalit
Bos tampilin donk, sekolah pertanian pertama dibogor... sekarang STPP


yang di cibalagung bkn bro, depan polsek ciomas

dulu namanya masih SPMA, enak tempatnya adem
jurig666 - 27/07/2009 11:17 PM
#51

klo STTP yg di maksud yg diciomas ..

wiiiii .. pernah masuk ke situ .. masih banyak bagian bangunan yg asli peninggalan belanda .. wc nya serem abis .. kaya nya banyak bungker deh disitu .. banyak ruangan2 tertutup rapat ..
-redfin- - 28/07/2009 08:06 AM
#52

Quote:
Original Posted By anggisoesalit
Bos tampilin donk, sekolah pertanian pertama dibogor... sekarang STPP


ditunggu aja minggu depan sob :thumbup

Quote:
Original Posted By jurig666
klo STTP yg di maksud yg diciomas ..

wiiiii .. pernah masuk ke situ .. masih banyak bagian bangunan yg asli peninggalan belanda .. wc nya serem abis .. kaya nya banyak bungker deh disitu .. banyak ruangan2 tertutup rapat ..


enya kang masih banyak bangunanan anu ori pas jaman walanda D

tapi STTP anu di muara juga masih ada kok bangunan jadul na di bagian belakang malu:
fetroeck - 30/07/2009 12:31 PM
#53

hidup bogor, majulah dan terus tegar beriman
The_M@neZ - 02/08/2009 02:52 PM
#54

Quote:
Original Posted By kanjut semaput
yang di cibalagung bkn bro, depan polsek ciomas
nyaho wee bsa ngaronda didithu nya hehe

dulu namanya masih SPMA, enak tempatnya adem

Nyaho we ngenah t4,Bsa nongkrong len didithu hehe

Quote:
Original Posted By jurig666
klo STTP yg di maksud yg diciomas ..

wiiiii .. pernah masuk ke situ .. masih banyak bagian bangunan yg asli peninggalan belanda .. wc nya serem abis .. kaya nya banyak bungker deh disitu .. banyak ruangan2 tertutup rapat ..

Ker naon diwc na cuy..numpang len..

Quote:
Original Posted By fetroeck
hidup bogor, majulah dan terus tegar beriman
si-emul - 05/08/2009 05:37 PM
#55

wah, gan!! ganteng banget dah lo..
ni ensiklopedi sejarah bogor terlengkap yg pernah gw liat :lebay:

sup2:
geoipunk - 24/08/2009 05:51 PM
#56

tambahan sama foto yang sekarang kondisi dahulu dan kondisi sekarang kalau bisa foto pas persis beer:
buddye_shelly - 24/08/2009 11:59 PM
#57

i love bogor D
bin99o - 02/09/2009 02:43 PM
#58

keren gan...
kang ajie - 04/09/2009 04:51 AM
#59

sedikit mengungkap sejarah kebun raya bogor dari beberapa tempat \)

Quote:
Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari monumen Batu Tulis yang didirikan oleh Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi) dari Kerajaan Pajajaran tahun 1474-15131 Kebun Raya pada saat itu dinamakan Samida ( hutan buatan atau taman buatan ), yang

menutnarik .JPG (21189 bytes)
di tujukan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan menjaga dan tempat memelihara benih benih kayu yang langka.

Di samping Samida itu (yang kemudian dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor), pada saat itu dibuat pula Samida yang serupa di batas Cianjur Bogor (Hutan Ciung Wanara), baik dari segi ke aslian jenis tumbuhan yang ditanam maupun tata letak dari tanaman. Bila demikian kenyataannya, maka Raffles dan Van den Bosh hanya merupakan tokoh pemugar dan penambah koleksi tanaman bagi kebun raya yang telah didirikan sejak akhir abad ke 14 oleh dinasti Kerajaan Pajajaran.Ide pendirian Kebun Raya bermula dari seorang ahli biologi yaitu Reindwardt yang menulis kepada Komisaris Jenderal G. S. G. P. van der Capellen. Dalam suratnya Reindwardt mengemukakan keinginannya untuk meminta sebidang tanah yang akan dijadikan kebun tumbuhan yang berguna, sebagai tempat pendidikan guru, koleksi tumbuhan juga dikembangkan menjadi kebun yang lain.

Kebun Botani yang didirikan tanggal 18 Mei 181 7 oleh, Prof. Dr. C. G. L. Reindwardt yang kemudian dinamakan, s'Lands Plantentuinte Buitenzorg tersebut lebih dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor sepanjang perjalanan sejarahnya mempunyai berbagai nama yaitu "s'Lands Plantentuin, "Syokubutzuer "Botanical Garden of Buitenzorg, "Botanical Garden of Indonesia", Kebun Gede dan Kebun Jodoh. Namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama Kebun Raya Bogor. Pendiriannya diawali dengan menancapkan ayunan cangkul pertama di bumi Pajajaran sebagai pertanda dibangunnya pembangunan Kebun itu, yang pelak sanaannya dipimpin oleh Reindwardt sendiri, dibantu oleh Mr. James Hooper dan W. Kent dari Kebun Botani Kew yang terkenal di Inggris, di kota Richmond. Reindwardt perintis usaha di bidang Herbarium. Ia juga dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense.

Pada tahun 1822 Reindwardt diganti oleh Dr. Carl Ludwig Blume yang melakukan inventarisasi tanaman koleksi yang tumbuh di kebun. Ia juga menyusun katalog kebun yang pertama berhasil dicatat sebanyak 912 jenis (species) tanaman.
kang ajie - 04/09/2009 04:57 AM
#60

patut diketahui.....ini adalah salah satu instansi pemerintah tertua di kota bogor...berikut sejarah nya o

Balai Besar Industri Agro

Quote:
Balai Besar Industri Agro (BBIA) merupakan institusi yang memberikan jasa
pelayanan teknis kepada masyarakat industri, khususnya industri hasil pertanian,
dalam rangka mewujudkan pengembangan industri yang berdaya saing
kompetitif baik secara nasional maupun internasional.

Awal berdiri tahun 1890 dengan nama Agricultuur Chemisch Laboratorium dalam lingkungan Departement van Landbouw, Nijverheid en Handel dengan tugas antara lain :

1. Melayani para ahli dan sarjana pertanian dalam meneliti tanaman-tanaman tropis terutama yang ada di Kebun Raya serta arti ekonomi dari tanaman-tanaman tersebut.
2. Memeriksa/menguji barang-barang dan bahan untuk intansi pemerintah terutama dalam bidang pertanian, perdagangan dan sebagainya.

Tugas pengujian berkembang dengan pesat dengan mengikuti kemajuan bidang pertanian dan perdagangan terutama dengan barang-barang ekspor serta perdagangan dalam negeri sebagai hasil pembinaan dari bagian Nijverheid dalam Departement Van Lanbouw, Nijverheid en Handel. Maka dalam tahun 1909 nama Laboratorium diganti menjadi Bureau voor Landbouw en Handal-analyse berdasarkan keputusan Gubernur Jendral Ned. Indie tanggal 29 Januari 1909 dan tercatat dalam Javasche Couran sebagai Besluit van Directuur voor Landbouw No. 3952 Tanggal 27 Mei 1909.

Tugas pengujian makin berkembang di samping tugas-tugas rutin penelitian, dan dengan perbaikan serta penambahan fasilitas, tempat dan peralatan menjadikan Laboratorium ini paling terkemuka di Indonesia pada waktu itu. Dengan makin meningkatkan peranan Laboratorium ini dalam menguji barang-barang ekspor, impor dan perdagangan dalam negeri, serta dalam penelitian-penelitian agrokimia yang merintis pertumbuhan agro industri dalam negeri maka terjadi penggantian nama Laboratorium, yaitu dalam tahun 1911 menjadi Handels Laboratorium dan tahun 1918 menjadi Analytisch Laboratorium.

Dalam tahun 1934 Laboratorium Kimia Tumbuh-tumbuhan (Phytochemisch Laboratorium) dalam lingkungan Kebun Raya dan balai penelitian yang tergabung dalam Balai Besar Penyelidikan Pertanian (Algemeen Proefstation voor de Landbouw ) melebur diri kedalam Analytisch Laboratorium, dan gabungan menamakan diri sebagai Laboratorium voor Scheikundig Onderzoek terdiri dari Laboratorium-laboratorium sebagai berikut :

1. Laboratorium Analitika
2. Laboratorium Kimia Tumbuh-tumbuhan
3. Laboratorium Kimia Pertanian
4. Laboratorium Harsa
5. Laboratorium Minyak Atsiri

Penelitian-penelitian di bidang agrokimia berjalan dengan seiring tugas pengujian yaitu pengujian hasil-hasil pertanian dalam arti yang luas untuk kepentingan ekspor dan memajukan industri pengolahan hasil pertanian dalam negeri. Penelitian phytokimia dan minyak atsiri sudah dirintis sejak didirikannya Laboratorium ini. Diberlakukannya sistem pengawasan susu, ditunjuknya Laboratorium ini sebagai penguji kulit kina oleh pabrik kina Bandung, sistem pengujian air minum dan pengawasan minuman beralkohol, membuat Laboratorium voor Scheikundig Onderzoek menjadi Laboratorium terkemuka di jaman Hindia Belanda.

Di jaman pendudukan Jepang (1942-1945), Balai Penyelidikan Kimia di beri nama Gunsaikanbu Kagaku Kenkyusyu dengan tugas terutama melakukan “applied research”. Tugas ini menjadi cirri Balai seterusnya.

Pada jaman Revolusi Fisik, Balai di masukan dalam Kementrian Kemakmuran Republik Indonesia dan ikut hijrah ke Klaten, Solo dan Yogyakarta, Pada waktu kantor di bogor dikuasai Belanda. Pada tahun 1950, pemerintah R.I. kembali ke Jakarta dan Balai Penyelidikan Kimia kembali melakukan tugasnya seperti biasa. Lanjutan hijrah ke Klaten telah melahirkan Balai Penyelidikan Kimia Surabaya (Sekarang Balai Riset dan Standarisasi/BARISTAN SURABAYA) dalam tahun 1951.

Tahun 1951 Balai Penyelidikan Kimia dimasukan ke dalam Departemen Perdagangan dan Perindustrian yang kemudian berubah menjadi kementrian Perekonomian, Tahun 1957 Balai dimasukan ke dalam Kementrian Perindustrian dan tahun 1959 di dalam Departemen Perindutrian Rakyat.

Tahun 1980 Balai Penyelidikan Kimia/Balai Penelitian Kimia berubah menjadi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Hasil Pertanian (BBPPIHP) dan berada dibawah Departemen Perindustrian

Tahun 2002 Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Hasil Pertanian berubah menjadi Balai Besar Industri Agro (BBIA) sampai saat ini dan berada dalam lingkungan Departemen Perindustrian


patut berbagga seagai urang bogor...ternyana kota ini termasuk pemilik instansi tertua seindonesia o

sumber Takken from Balai Besar Industri Agro
Page 3 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Bogor > Sejarah dan Xenology Kota Bogor