Bogor
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Bogor > Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Total Views: 14153 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

rudybogor - 12/01/2010 07:54 AM
#61
sejarah jl perniagaan
minta tolong siapa yang bisa memberitahukan tahun berapa jl. perniagaan(d/h handelstraat) diubah menjadi jl. suryakencana ?shakehand2
zhulatо - 12/01/2010 10:11 AM
#62

wah2 baru tau ada ginian cool:

join ya...
Mr_J - 15/02/2010 08:50 PM
#63

nice inpoh banget neh gan...jadi lebih tau tentang kota kelahiran deh...

thanks for share...

cendolbig cendolbig cendolbig
gamgam - 16/02/2010 01:56 AM
#64

Spoiler for BoGor TeMpO DoElOe PaRt 1

Kartinischool_te_Buitenzorg
Sejarah dan Xenology Kota Bogor



sakolaan uink ..

ooh .. masa2 indah dan kelam terjadi disana ..
willie112 - 17/02/2010 01:40 AM
#65

TOPONIM : ASAL-USUL NAMA TEMPAT DI BOGOR

Spoiler for Panaragan
Menurut keterangan yang dihimpun dari para sesepuh Bogor, nama Panaragan memiliki pengertian sebagai panah ragragan. Artinya, banyak panah-panah yang berjatuhan. Kapan dan bagaimana hal itu bisa terjadi? Tempat tersebut konon pernah menjadi ajang pertempuran antara pasukan Banten dan laskar Pajajaran. Ratusan anak panah dilepaskan dari busurnya oleh prajurit Banten dan berjatuhan di lokasi tersebut. Peperangan itu dilakukan dengan misi merebut daerah teritorial laskar Pajajaran pada tahun 1579. Kejadian itu memang diakui pernah ada.

Versi lainnya, terkait dengan nama Panaragan mulanya berasal dari kata Sunda ngarag yang artinya membersihkan buah dari kotoran. Kemudian, buah itu dijemur di halaman menggunakan pangaragan atau awi pangaragan. Bentuknya berupa bambu yang ditanamkan kedalam tanah. Alat ini berguna untuk menjemur bibit cengkeh, kopi, kacang-kacangan serta jagung untuk bibit. Semua hasil bumi ditaruh di atas tampir kemudian diletakan pada bambu pangaragan untuk dijemur. Tempat untuk menjemur hasil bumi itu diyakini dengan nama Pangaragan seperti yang dikenal sekarang. Seharusnya namanya Pangaragan, tapi berlarut huruf 'g' dihilangkan hingga menjadi nama Panaragan.


Spoiler for Lebak Pilar
Di tempat tersebut, dahulu terdapat pilar yang tinggi. Disinyalir usianya sebanding dengan Istana Bogor. Bangunan pilar itu sangat kokoh. Arsitek Belanda yang membangun pilar bermaksud menerangkan tempat tersebut sebagai pusat sentral utama Bogor. Bahkan, keutamaan titik sentral itu berguna untuk seluruh pulau Jawa.

Letak pilar tersebut lurus dengan jalan. Titik ujung atas pilar tepat ke kubah Istana Bogor. Sekitar tempat itu tidak terdapat terdapat bangunan yang melebihi tinggi pilar. Kalaupun ada, maka harus dibongkar karena diangga merusak lingkungan yang asri. Sejauh mata memandang, terhampar keindahan Lembah Sempur. Yang dimaksud dengan sebutan Lebak Pilar adalah kampung yang berada di lembah pilar tersebut.

Pilar yang dibangun guna tujuan ilmiah dan lambang kemegahan Bogor ini mengalami kehancuran pada tahun 1964. Cukup disayangkan, pilar tersebut musnah oleh sekelompok orang yang tidak mengerti makna sejarah secara benar.


klo agan2 mw make post ini sebagai referensi, post d blog, post d notes fb, dll. harap mencantumkan penulis & bukunya :

[code] oleh Eman Soelaeman dalam buku "Milangkala ka 521 : Tetengger Urang Bogor Pakeun Heubeul Jaya Dina Buana" susunan Drs. Wawan Aries S.[/code]
ASS_ruri - 19/02/2010 12:17 AM
#66

Bogor I lup u \)
kangramdan666 - 20/02/2010 03:59 PM
#67

naiz inpoh kang

iloveindonesia
garlicos - 28/02/2010 04:42 PM
#68

gw pun pernah denger ttg asal-usul panaragan (versi pertama)

guru sd gw yang cerita.. katanya pasukan yang satu manah dari gunung batu, pasukan yang satunya lagi manah dari kebon raya..

pikir gw, pantes aja gak nyampe2 panahnya.. beraninya dari jauh doank!ngakak
milikbersama - 07/04/2010 08:15 PM
#69

Quote:
Original Posted By sembalun
oh nambahin ama pertanyaan dong

dulu thn 80-an pas ultah bogor pernah diterbitkan buku tentang sejarah bogor
sampulnya warna merah dan banyak foto2 di dalamnya

kalo kaskuser bogor ada yg masih punya buku itu, boleh ga saya beli fotokopiannya
makasih


bukunya ada di perpustakaan kota bogor kang yang ada di GOR... tanya aja ama petugasnya...
Syzeck - 07/04/2010 11:07 PM
#70

ssssssstt......
mapenti - 15/04/2010 08:15 PM
#71

klo jalan baru dlu nama belandanya ap gan? bingung:
ptwvhtblst1 - 20/04/2010 12:44 PM
#72

gan,kecamatan bogor utara dulunya termasuk buitenzorg ga sih? ane liat yang namanya buitenzorg (jaman dulu) perasaan cuma kecamatan bogor tengah,kecamatan bogor timur ama kecamatan bogor barat,mohon ilmunya. ane ga pernah liat misal cibuluh atau bantarjati termasuk dalam buitenzorg yang disebut di halaman pertama
brandalz[$] - 23/04/2010 01:07 PM
#73

di stiky atuh kang
hunterbogor - 02/05/2010 03:37 AM
#74

bedana jauh nya??
Movementi - 02/05/2010 06:27 PM
#75

Ih baguuuuuussss, ane baru liat tuh foto2nya yg lengkap. Walaupun bukan asli Bogor,tp ane dari lahir ampe sekarang tinggal di Bogor. I love my hometown.
sembalun - 09/05/2010 10:59 PM
#76

suka sedih kalo pulang ke bogor dan liat kondisi bogor sekarang...
jauh beda jeung keur masi sakola baheula..euweuh macet...


btw ada yang tahu sejarah perumahan mewah kayak vila duta? setahu gw dulu di bogor satu2 nya perumahan elit ya vila duta itu ...
sama kenapa daerah kolam renang pemandangan disebut kota paris?
enam66 - 09/05/2010 11:09 PM
#77

Quote:
Original Posted By sembalun
suka sedih kalo pulang ke bogor dan liat kondisi bogor sekarang...
jauh beda jeung keur masi sakola baheula..euweuh macet...


btw ada yang tahu sejarah perumahan mewah kayak vila duta? setahu gw dulu di bogor satu2 nya perumahan elit ya vila duta itu ...
sama kenapa daerah kolam renang pemandangan disebut kota paris?


bogor ayeuna tos beda jauh bang anwar, tos teu karasa pas jaman sakola mun isuk sok narik simbut keneh da tiris, ayeuna mah kipas angin panteng ti peuting ka isuk...


soal kota paris teu terurang tah da ti pertama kenal ge tos disebut kota paris. bade renang diditu kang?? urang balapan jeung kodok D;DD
geniuz jepzz - 10/05/2010 12:16 AM
#78

Quote:
Original Posted By enam66
bogor ayeuna tos beda jauh bang anwar, tos teu karasa pas jaman sakola mun isuk sok narik simbut keneh da tiris, ayeuna mah kipas angin panteng ti peuting ka isuk...


soal kota paris teu terurang tah da ti pertama kenal ge tos disebut kota paris. bade renang diditu kang?? urang balapan jeung kodok D;DD


kota paris mah baheula ngaranna bakbis dul .. D D
minyak rem - 10/05/2010 12:30 AM
#79

Quote:
Original Posted By geniuz jepzz
kota paris mah baheula ngaranna bakbis dul .. D D


bakbis naon kk ... mun lembur urang baheulana di sebut lasvegas dul ... ngakak

loba tukang judi ... DDD
lazialee - 19/05/2010 01:17 AM
#80

nice inpo n muantafff....iloveindonesia
Page 4 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Bogor > Sejarah dan Xenology Kota Bogor