Bogor
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Bogor > Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Total Views: 14153 Share : Facebook ShareFacebook Twitter ShareTwitter Google+ ShareGoogle+
Page 5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 

raikiriki - 01/06/2010 01:26 AM
#81

ane perantauan garut yang tinggal di bogor.
geblek sumpah , pertanyaan ane terjawab kenapa pasar yang deket kontrakan ane namanya pasar caringin , keren sangat foto nya .

happy 528 Anniversary Bogor ! semoga ane bisa menaklukan kejam nya hidup di daerah mu , hahaha
kavalerisemut - 17/07/2010 03:03 AM
#82

jadi kangen nyokap..
natshuke22 - 25/07/2010 09:46 PM
#83

mantab gan infonya
natshuke22 - 25/07/2010 09:47 PM
#84

agan di bogor dimnanya gan
ghozt_inzide - 28/07/2010 11:53 PM
#85

Quote:
Original Posted By natshuke22
mantab gan infonya


Quote:
Original Posted By natshuke22
agan di bogor dimnanya gan


si asu ngakak
denieko416 - 02/08/2010 01:17 AM
#86

Wuihh mantep abiss gan, ama ane minta izin kalo gambarnya ane donlot buat pamer ke temen ane hehehehe :toast
46novianto - 09/09/2010 10:39 PM
#87

my lovely hometown D
ane suka banget trit ini gan... ilovekaskus
setyonie - 21/09/2010 08:27 PM
#88

kereenn juga yah gan... hihihihi...
juragansperma - 01/11/2010 09:36 AM
#89

thread yang luar biasa

salut ane, agan2 bisa berbagi info sejarah ini,

salam.

ilovekaskus

iloveindonesia
Saitonakagawa - 14/11/2010 03:06 PM
#90

Gan Klo ada Gath sejarah and xenology kota bogor kabar2in ya gan iloveindonesia iloveindonesia iloveindonesiailoveindonesia
Saitonakagawa - 14/11/2010 03:17 PM
#91

Sorry double post kaskusnya kepenuhan mulu neh he ilovekaskus ilovekaskus ilovekaskusilovekaskus
cacaderz... - 18/11/2010 12:06 PM
#92

kota kelahiran..

cakep banget yah jaman dulu..
sekarang mah , angkotnya suram nohope:
diskonekz - 18/11/2010 01:51 PM
#93
10 Keunikan Kota Bogor
10. Delman
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Delman di kota bogor sendiri memiliki keunikan , selain sering "Mangkal" di Kebun Raya Bogor Sampai BTM (Bogor Trade Mall) akhir - akhir ini sering terdapat diperumahan sebagai hiburan anak - anak kecil keliling komplek \) ,walau sekarang mulai kalah persaingan dengan Odong - Odong (Endong Vs Odong, huehehehe D) .Konon nama Delman sendiri diambil nama pembuatnya yaitu "Charles Theodore Deeleman" . Delman kira - kira masuk ke Indonesia pada Jaman Hindia Belanda dahulu ,Mungkin dulu delman sekelas mobil "Jaguar" ya? \)

9. Asinan
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Ah yang ini paling enak dimakan waktu panas - panas sambil dicocol - cocol pake kerupuk , makyos deh! D.Makanan khas bogor ini tiada duanya di kota kota besar lain ,karena hanya di Bogor lah terdapat "Asinan Bogor" .Makanan terbuat dari kuah cuka cabai dicampur ,bengkuang,pepaya ,mangga,nanas,jambu air ,dan toge ini ,sering ditemui di gerobak - gerobak penjual kaki lima sepanjang jalan trotoar .Jadi kalau ke Bogor jangan lupa beli "Asinan Bogor " ya ;).

8. Becak
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Inilah kendaraan idaman Pria Masa Kini (Hoek!?).Ya ,beca memang kendaraan yang juga ada di Bogor .Beca di Bogor memiliki keunikan karena sangat banyak ditemukan di sepanjang jalan (kecuali Jalan TOL D) .Becak merupakan kendaraan yang ramah lingkungan dan sangat menyehatkan (Gak Percaya !?, coba anter saya dari Bogor Ke Bandung ,dijamin sehat! D) .Becak juga kendaraan paling pemberani di Bogor ,tidak takut melawan Angkot ataupun Mobil - mobil lainnya . Walau sekarang becak dianggap kuno ataupun kurang modern saat ini ,akan tetapi becak juga merupakan transportasi yang sering digunakan dimana - mana ."Lumayan Bantuin Bawa Belanjaan ",menurut Sumber yang tak lain nenek gw D

7. Gereja Zebaoth
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Gereja ini dahulunya disebut gereja ayam ,karena patung ayam di puncak menaranya terletak di lingkungan Istana Bogor yang dulunya merupakan tempat kediaman Gubernur Jenderal Belanda. Pada awalnya yang beribadah di Gereja Zebaoth hanyalah orang eropa, sedangkan bagi orang non eropa beribadah di gedung yang sekarang ini menjadi Kantor Pos Pusat Bogor. Gereja ini terdapat di Dekat Istana Bogor ini terdapat sebuah batu yang bertuliskan "Zend Uw Licht en Uw Waarheid Dat Die Mij Leiden Dat Zij Mij Brengen Tot Den Berg Uwer Heiligheid En Tot Uw Woningenn" yang artinya "Suruhlah terang-Mu dan kesetiaan-Mu datang, supaya aku dituntun dan dibawa ke gunung-Mu yang kudus dan ke tempat kediaman-Mu!" yang diletakan oleh Gubernur Jendral Belanda Ke -61 pada tanggal 30 Januari 1920

6. Pasar Bogor
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Waktu kecil saya sering kesini D .Plaza Bogor terletak di Sukasari .Jantung kota Bogor ada disini .Banyak sekali para pedagang kaki lima disini ,yang membuat Bogor semakin semarak ;) .Di Plaza Bogor ini terdapat "Pasar Bunga" didepan "Klenteng Dewi Quan In " yang menjajakan berbagai bunga disini .Apalagi dibelakang Plaza bogor terdapat "Pasar Bogor" yang sangat ramai dikunjungi setiap harinya .Letaknyadidekat "Jalan Tol Jagorawi" ,"Kebun raya Bogor " Membuat tempat ini sangat strategis untuk berbelanja .Mah! Ayo Ke plaza Bogor Lagi D.

5. Toge Goreng
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Inilah makanan Termakyos di Bogor bagi gw ,Toge goreng juga makanan unik di Kota Bogor yang sering dijajakan dimana - mana .Ngomong - ngomong tentang Toge Goreng ,gw mempunyai sedikit cerita , Dahulu di kota Bogor terdapat penjual Toge Goreng yang sangat Melegenda Namanya ,Yaitu "Pak Gebro" .Toge Goreng Pak Gebro melegenda namanya karena Toge Goreng Enaknya ,konon Pak Gebrolah yang merintis atau mempopulerkan Toge Goreng ini sendiri sampai akhir hayatnya (Huaa Sedih banget deh! :c) .Makanya sekarang gerai - gerai makanan Toge Goreng di Bogor biasanya Dinamakan "Toge Goreng Gebro Saputra " karena banyak yang mengaku - ngaku sebagai ahli waris resepnya / putranya Pak Gebro (Mana yang asli?? D)

4. Prasasti Batu Tulis
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Banyak orang cuma sekedar lewat di Jalan Batu tulis Bogor , Tapi tetep aja blom sadar kalau disini itu ada sebuah prasti yang nongol ngintip - ngintip pengen diliatin :r ,ternyata prasasti ini terdapat disebuah rumah berukuran +/- 5 meter .Prasasti ini juga merupakan sejarah kota Bogor yang ribuan tahun lalu berada di tempat hening sepi dan berkabut (cocok buat pacaran D) yang konon dikeramatkan orang - orang sekitar dan dianggap keramat karena diaanggap sebagai tahta sigasana Raja Pajajaran (Padahal disana itu kerajaan Tarumanegara lho!?) .Disana juga terdapat sebuah batu yang diangaap tapak kaki Prabu Surawesa , tapi anehnya begini : Kok batu bisa ada tapaknya ?? ,emangnya semen ??? D.Memang itu merupakan hal percaya tidak percaya oleh warga setempat ;)

3. Taman Safari
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Hanyo... ngaku yang rumahnya disini D .Udah gak asing lagi kita denger "Taman Safari Indonesia " yang ada di Bogor ,Gak kalah deh sama Ragunannya Jakarta ;) .Kelebihan "Taman Safari Indonesia " yaitu dengan kendaraan kita bisa tour ke kandang - kandang binatang sambil memberi makan mereka ,tapi awas jangan kasih makan Macannya D .Taman safari Indonesia ini juga terdapat tempat rekreasi yang cukup lengkap dan bagus .Apalagi dengan Kolam Renang yang ada disana ,"Dingin - dingin " asik juga berenang disana ;) .Sekarang Taman Safari hanya ada 2 yaitu di Bogor dan di Bali .Ayo - ayo Liburan Akhir Tahun jangan lupa kesana ;)

2. Curug Luhur
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Air terjun ini memang sangat indah ! \) .Gw suka sekali jika pergi kesana bersama - sama keluarga .Curug Luhur memiliki 2 air terjun utama , seperti halnya curug nangka yang juga tidak jauh dari sana .Nuansa yang masih alami dengan pemandangan dan juga air pegunungan yang jernih memang sangat cocok buat piknik sekeluarga , apalagi dengan pacar ;).banyak juga monyet - monyet disini ,hehehehe D .Pesan aja nih, kalau mau kasih makan monyet hati - hati Monyetnya suka galak wekekekekeke D

Jreng Jreng Jreng !!!


1. Kebun Raya Bogor
Sejarah dan Xenology Kota Bogor
Belum ke Bogor Rasanya kalau belom pernah ke "Kebun Raya Bogor " ini .Kebun raya bogor , merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri dan juga luar negeri .Ini juga dikarenakan banyaknya koleksi tumbuh-tumbuhan Cryptogamae, 25 spesies Gymnospermae, 51 spesies Monocotyledonae dan 2200 spesies Dicotyledonae (tauk tuh artinya apa D) .Tapi yang paling menggemparkan dunia persilatan ,eh paling populer maksudnya yaitu ,Siapa lagi Selain Bunga Bangke (Bunga bangkai) yang tumbuh di sini .Bunga yang tingginya sampai 6 meter ini pernah ada di sini dan menjadi fenomenal .Kebun Raya Bogor juga cocok menjadi tempat piknik bersama keluarga , Disini juga ada monyet dan Kalong lho... .Sayang sekarang mereka sudah jarang terlihat , padahal dahulu setiap sorenya terlihat gerombolan Kalong/kelelawar datang ke Kebun Raya Bogor.


iloveindonesia
dr.sukmana - 18/11/2010 02:54 PM
#94

udah mau 9 taon dibogor... tp blm pernah k KRB... hammer:
vanndie - 20/11/2010 12:32 AM
#95

hduhh..mani endah gan kota bogor ti jaman kiwari dugikeun ayeuna..
makin cinta ka kota bogor.. kiss
zalfa.zahiriah - 25/11/2010 07:01 PM
#96
[share] asal mula nama daerah di Reg, Bogor.
sekedar iseng-iseng, newbie memberanikan diri membuat trit di Reg. Bogor ini.
hapunten ka sadayana,
mungkin agan-agan ataw sista-sista juga ada yang belum tau asal nama kampung sendiri.
ane juga tau dari nenek ane yang kemudian ane susun bersama orang tua ane.
mungkin ane masih newbie, kata2nya masih belum dimengerti.

klw berkenan mungkin ada yang mau kasih cendol,
jangan dibata ya gan

Spoiler for JASINGA
Asal Nama Jasinga
Cerita rakyat ( Foklore ) menyatakan bahwa di daerah galuh ( ciamis dan banjar ) ada seorang raja bernama Sang Hyang Mandiri saat itu dalam satu pertempuran atau perang Sang Hyang Mandiri mengalami kekalahan, karena mendapatkan tekanan dari lawan maka beliau terdesak dan di kejar terus untuk di bunuh.
Sang Hyang Mandiri lari, hingga masuk ke sebuah hutan ( saat sekarang makam pagutan jasinga ) pada saat akan dilakukan penyergapan dan penangkapan oleh musuh saat itu pula Sang Hyang Mandiri berubah wujud menjadi SINGA, maka musuh yang mengejar dan akan menangkapnya merasa kaget dengan menyebut “ JASINGA “.
setelah Sang Hyang Mandiri selamat dari pengejaran dan pembunuhan, beliau menetap di hutan tersebut ( saat sekarang makam pagutan atau di belakang pasar jasinga ) maka sejak saat itu daerah sekitar di sebut daerah / wilayah JASINGA.
Sang Hyang Mandiri setelah menetap dan berkeluarga di JASINGA beliau di karuniai atau memiliki anak sebanyak 5 ( lima ) orang yaitu :

1. Wira Singa
2. Wira Kosa
3. Wira Jaya
4. Wira Sukma
5. Wira Langlang Buana

Waktu berputar masapun tiba suatu saat Sang Hyang Mandiri rindu kampung halaman, beliau ingin pulang ke tempat asal ( ke daerah galuh ciamis / banjar ), Sang Hyang Mandiri oleh anak-anaknya agar dapat membantu pulang, setelah diantar di dalam perjalanan Sang Hyang Mandiri dan akhirnya menetap di suatu daerah yang belum memiliki nama, karena sakitnya bertambah parah maka daerah itu di beri nama SINGAPARNA ( Tasikmalaya ) hingga Sang Hyang Mandiri menemui ajalnya atau meninggal dunia. Dan beliau di makamkan di daerah SINGARAJA.

Perjuangan Prabu Wira Singa
Setelah Prabu Wira Singa menetap di JASINGA dalam perjuangan melawan musuh beliau mengundang para wali dari jawa khususnya orang-orang yang mempunyai ilmu tinggi salah satunya adalah Syech Shahid, karena Prabu Wira Singa sangat cocok berjuang dengan Syech Shahid maka Prabu Wira Singa memanggilnya Syech Shahid dengan sebutan Syech Shohib ( sahabat ).

Tempat Gugurnya Para Syuhada
Pada saat terjadi pertempuran atau peperangan Prabu Wira Singa dan Syech Shohib melawan musuh-musuhnya ( hindu dan budha ) maka para pengikutnya yang gugur dalam pertempuran di makamkan di makam curug dan di gunung kulantung, tetapi sebelum mereka dikebumikan mereka dibaringkan ditempat atau di lokasi yang saat sekarang disebut Ranca Peda yaitu lokasi antara makam curug dan gunung kulantung.
kangzhavra - 28/12/2010 06:00 AM
#97

Izin meninggalkan jejak di thread xenology bogor...
ane kangen bogor...
pengen pulang,,,
:mewek
giga7667 - 04/01/2011 05:40 PM
#98

i love bogor........................
R312A - 04/01/2011 09:49 PM
#99

gan...walau pun ane bukan orang bogor asli...tapi ane dah betah banget di bogor...kaya nya enak ya bogor tempo dulu...masih alami...
asembuah87 - 12/01/2011 12:34 PM
#100

iloveindonesiailoveindonesia

I LOVE BOGOR makasih yaaa
Page 5 of 6 |  < 1 2 3 4 5 6 > 
Home > Kaskuser Regional > INDONESIA > JABAR, DKI & BANTEN > Bogor > Sejarah dan Xenology Kota Bogor